Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit – TANYA DOKTER HEWAN
Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit

Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit

Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit

Kondisi pada Anjing dan Kucing yang sangat tidak bisa dihindari salah satunya kondisi sakit.

Sakit merupakan respon  yang muncul jika ada ketidakseimbangan dalam tubuh yang menyebabkan rasa tidak nyaman dan mengganggu.

Sakit pada kucing dan anjing  bisa juga disebut sensasi tubuh yang sangat mengerikan, tidak menyenangkan. Sakit pada kucing dan anjing disebabkan oleh daya tahan tubuh menurun, terkena gangguan dari luar tubuh seperti penyakit, kecelakaan, luka, atau memang sakit karena tubuh tidak sanggup menanggung beban tertentu (stress yang berlebihan).

Tidak hanya manusia, kucing dan anjing sebagai makhluk hidup yang peka terhadap rangsang, memiliki sistem syaraf juga merasakan sakit. Sakit pada anjing dan kucing, tidak mudah diketahui karena komunikasi secara verbal tidak mungkin terjadi, hanya bisa melihat saja.

Tapi, sebagai pet owner yang mengamati setiap hari, tentu peka dan tau jika anjing dan kucingnya mengalami perubahan perilaku. Perubahan perilaku ini bisa merujuk pada kondisi sakit maupun karena kelainan perilaku lainnya.

Berikut adalah 6 tanda k sakit menurut IVAPM (International veterinary academy of pain management) :

  1. Aktifitas berkurang.

    Biasanya sangat jelas terlihat hewan menjadi lebih diam, lesu, hanya mau tiduran saja, diajak jalan, bermain tidak ada antusias, cenderung ingin bersembunyi di kotak maupun tempat yang hangat

  2. Tidak mau loncat ke permukaan yang lebih tinggi.

    Biasanya kucing sangat senang loncat ke meja, kursi, maupun permukaan lain yang lebih tinggi. Namun saat kondisi sakit, cenderung tidak ingin melakukan aktifitas ini. Bisa juga ini dikaitkan adanya gangguan pada otot, sendi, dan tulang. Misalnya terjadi patah tulang, pergeseran tulang, pergeseran sendi, ataupun luka memar di otot.

  3. Tidak nafsu makan.

    Sering sekali mendapatkan keluhan dari pet owner mengenai kondisi ini pada anjing dan kucing. Biasanya disertai dengan menanyakan pengobatannya, padahal seharusnya dilihat dan diperiksa secara seksama terlebih dahulu baru menanyakan pengobatan nya. kondisi ini kita bisa refleksikan pada diri sendiri. Jika kita sedang demam, sakit, ada luka apakah kita nafsu makan? menelan saja sulit kan? begitu juga dengan kondisi hewan peliharaan kita.

  4. Tidak mau naik dan turun tangga.

    Jika dirumah ada tangga menuju lantai lebih atas rumah, anjing maupun kucing akan sangat aktif naik dan turun tangga. Namun saat kondisi sakit biasa nya ada peradangan pada persendian dan tulang, cenderung tidak mau melakukan aktifitas ini lagi karena menyebabkan nyeri dan ngilu saat digerakkan.

  5. Gemetar, sulit bergerak setelah lama berbaring.

    Ini sering terjadi pada anjing dan kucing usia lanjut, yang biasanya mengalami gangguan pada pertulangan dan sendi, atau bisa juga pada anjing dan kucing yang sudah terlalu lama berbaring sehingga lemas.

  6. Menjilati berlebihan (overgrooming), atau bisa juga menjilati bagian tertentu secara berulang :

    Kondisi ini menandakan kondisi sakit yang cukup parah, namun kucing maupun anjing berusaha menyembunyikannya dan membuat nyaman dirinya dengan menjilati tubuh maupun bagian yang sakit dan luka.

 

Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit
Kenali 6 Tanda Kucing dan Anjing Sakit (credit : IVAPM)

 

Istilah lain yang umum saat kondisi sakit yaitu sakit akut dan sakit kronis. Sakit akut merupakan sakit yang terjadi seketika atau dalam waktu yang sebentar, misalnya sakit karena luka kecelakaan, sakit post operasi.

Sementara, sakit kronis merupakan sakit yang terjadi secara menahun atau dalam waktu yang lama, biasanya berhubungan dengan metabolisme misalnya sakit jantung kronis, infeksi ginjal kronis.

Biasanya pada kucing karena tidak terlalu ekspresif dalam menunjukkan rasa sakitnya, pemilik baru mengetahui kondisi sakit setelah kronis.

Kasus yang paling sering adalah adanya batu pada ginjal maupun saluran kemih, menyebabkan ginjal bekerja lebih keras sehingga lama kelamaan mengalami kegagalan ginjal kronis (CRF/Chronic renal failure).

Jika kondisi akut atau sakit pada kucing dan anjing yang baru biasanya bisa diamati dan dilihat dengan jelas tingkat kesakitannya:

Tingkat kesakitan bisa dinilai dari tingkat 0 untuk kondisi tidak sakit, dan nilai 4 untuk kondisi sangat sakit.

Bisa dinilai dari respon saat dilakukan palpasi atau memegang bagian yang kita anggap sakit serta dari kondisi fisik dan tingkah lakunya.

Nilai 0 : akan menunjukkan tingkah laku normal, masih bisa bergerak dengan nyaman, postur tubuhnya normal. saat disentuh bagian luka tidak terganggu.

Nilai 1 : gejala kesakitan seperti tidak nafsu makan, ingin bersembunyi biasanya di tempat yang hangat dan sepi.

Nilai 2 : mulai mengalami perubahan ekspresi, postur tubuh, rambut kusam, lemah, tidak nafsu makan, mulai marah jika dipegang bagian yang sakit.

Njlai 3 : perubahan postur menjadi lebih melindungi bagian yang sakit, bisa jadi sering mengeong kesakitan, atau mengeluarkan suara lirih seperti menangis pada anjing,

Nilai 4 : tidak bisa duduk, hanya bisa berbaring, respon sangat lemah, bahkan tidak ada respon sama sekali ketika disentuh bagian luka (karena rasa sakit yang teramat sangat), tubuh kaku agar tidak merasa kesakitan saat digerakkan.

Tingkat kesakitan pada kucing
Tingkat kesakitan pada kucing (credit : colorado university)

 

Kondisi sakit pada kucing dan anjing tentu sangat tidak nyaman, sama juga seperti yang kita rasakan ketika sakit, badan merasa tidak enak, tidak ingin banyak bergerak, tidak ingin melakukan aktifitas apapun.

Postur tubuh kucing yang mengalami kondisi sakit (B-E), A (kondisi normal)
Postur tubuh kucing yang mengalami kondisi sakit (B-E), A (kondisi normal) (credit : WSAVA)

Bagaimana untuk mengatasi kondisi sakit pada anjing dan kucing?

Anjing dan kucing yang sakit, perlu diberikan perhatian khusus agar tetap nyaman dan merasa aman, serta mengurangi kondisi sakitnya.

  1. memberikan alas tidur yang hangat dan lembut
  2. biarkan di kandang selama beberapa hari, agar persembuhannya bisa lebih cepat
  3. memberikan makan yang lembut dan bau nya menyengat
  4. memberikan minum yang cukup
  5. jika diperlukan, dokter akan memberikan obat anti nyeri untuk anjing dan kucing
  6.  pengobatan yang diberikan oleh dokter perlu diberikan secara teratur sesuai resep.

 

Sakit itu sangat tidak nyaman, sebaiknya ketika menemukan hewan sakit perlu diperhatikan bagian yang kira-kira menjadi sumber sakit, segera lakukan tindakan dengan membuat nyaman hewan.

Perlu segera diperiksakan ke dokter hewan jika kondisi sakit sudah muncul. Semakin ditunda atau melakukan tindakan yang tidak semestinya seperti memberikan obat sembarangan tanpa konsultasi dokter, tak jarang akan membuat kondisi semakin parah.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

Referensi :

Robertson S.2014. Feline Acute Pain Series ASSESSMENT OF ACUTE PAIN IN CATS. Today’s veterinary practice journal.

WSAVA : guidelines for recognition, assessment, and treatment of pain.

150 comments

hallo dok, salam kenal ya. saya mau tnya kucing kitten saya sakit dari awal saya adopt (flu) tiap pagi nya saya jemur 10-15mnt sampai dia merasa ga nyaman, tapi makan dan keadaan ya baik nafsu makan dan licah bermain, sekitar 2 mngguan ada dirmh dan rutinitas saya jemur, di minggu ke 3 saya bawa ke dokter untuk vaksin pertama dalam kondisi sudah sehat. dan setelah itu baru lah kitten saya mulai ga aktif bermain dan nafsu makan berkurang. saya ga tega dok lemes batuk berdahak nya pun di sertai flu mulai kambuh lagi. saya kasih makan RC RECOVERY pun tdk di respon sama kucing saya. umur kitten saya kira” 2-2,5 bulan. mohon info ya dok. terima kasih

Hallo dok.. aq mw tanya dong….
Aq ad beli dog food kualitas super premium… dan terkadang ad belatung dan kutu ny.. dan hasil dr googling itu ad yg menyatakan bahwa belatung itu kemungkinan muncul karena repacking yg kurang n dikarenakan kualitas dog food itu sendiri (super premium – tingkat pengawetan rendah). Dan pertanyaan adalah aman kah dog food yg ad belatung tersebut dan ad kah recommended merk dog food lain… terima kasih

sebaiknya kalau sudah ada kontaminasi dari luar sudah tidak layak untuk dikonsumsi, bisa karena packing yg kurang baik sehingga mudah dimasuki lalat dan berubah menjadii larva atau belatung. kalau menurut saya untuk ketika dalam bentuk kibbles kemungkinan penggunaan pengawet tentu ada karena jika tidak akan mudah menyebabkan tengik karena teroksidasi (tentu dalam batas yang dianjurkan), kecuali memang proses pembuatan makanannya berbeda seperti dehydrated food atau prosesnya hanya dikeringkan saja. dalam memilih produk tentu perlu diperhatikan kemasannya, lalu expire date nya. silahkan baca ini ya : panduan makanan pada anjing

Boleh, tapi tidak bisa membasmi semua cacing yang ada di kucing, JD sebaiknya mmg yg khsus untuk kucing. Krn dosisnya juga berbeda2

Maaf mau tanya .nih sy beli kucing pesmed.2 minggu yg lalu.kta yg jual ny kucing sehat ga ad penykit.pas selang 3 hari kucing ny kejang”di barengin am pipis.di mulut ny keluar cairan.itu kenapa yh dok .trus bisa nular ga ke manusia dok.se andainy klu di kawinin entr anak sm ga kaya induk..kejang” juga.tolong dok impormasi mksih banyk

sudah diperiksakan ke dokter belum? sebaiknya sih segera periksakan ke dokter saja ya. pastikan juga vaksinasi nya lengkap loh sebelum mengadopsi.

Hallo dokter: kucing saya Berumur 03 Bulan Suka tidur dok kdng sehari Bisa tidur 2 sampai 4 kali dok apakah itu wajar dok?? Atau kucing saya sdng sakitt??

Usia kitten sangat wajar masih sering tidur. Bahkan pada kucing dewasa saja normalnya 12 jam dihabiskan untuk tidur. Selama tidak demam, masih mau aktifitas dengan baik, makan dengan baik seharusnya tidak perlu dikhawatirkan.

Dokter saya tanya . Kucing saya sdh 2 hari ini nafasnya sesak dan tidak bisa pup. Kencingnya cuma dikit dikit aja. Masih agak lincah cuma ayan ayan ke box nya tapi gak keluar pub nya. Terapinya bagaimana dokter .

Dok, saya mau tanya. Kucing saya umurnya 5 Bulan. Tiba tiba demam dan gamau makan. Selalu tidur. Setelah seharian baru sudah ga demam tapi tetap gamau makan. Cuma mau minum itupun hnya sedikit, terus si kucing juga diare dan pupnya berlendir. Bagaimana penanganannya ya dok?

Saran saya diperiksakan ke Dokter. Untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut ya.

Dok kucing saya demam tinggi, tidak mau makan dan minum, sudah saya bawa ke dokter hewan kemungkinan keracunan serangga sudah di suntik dn diberi obat tp 2 hari blm ada perubahan dok, tetap sja tdk mau makan dn minum tapi jika dipaksa di suapi dn dikasih minum lewat pipet selang beberapa menit yg dimakan pasti di muntahkan lagi dok, kira kira kucing saya sakit apa ya dok?

Untuk mengetahui penyakitnya, konsultasi kembali dgn dokter nya. Dokter yg memeriksakan tentu lebih tau kondisi sesungguhnya. Demam tinggi mgkn juga infeksi bakteri, virus, parasit, atau ada radang dan infeksi lainnya.

Hallo doc, saya mau bertanya, saya baru mengadopsi kucing punya teman saya. Kucing saya ras Himalayan dok ,jd dia itu sakit dok mencret kotoran berwarna hijau, di tambah badanya lemas dan dia nafsu makan turun Nah awalnya saya bahas dr segi makanan dok. Makanan yang saya kasih itu punya EurekA kitten tetapi sebelumnya kucing sya di kasih makanya adalah equilibrio kitten , tetapi pas td sore saya ajak bercanda masih mau dok, cuma mulai terlihat pas ba’da isya kok lama kelamaan kucing jadi lemes dan saya ajak main gak di respon balik, apa itu efek dari makanan atau yg lainya ya dok. mohon bantuanya dok soalnya saya baru atau newbe merawat kucing. Trims

Dok mau tanyak ni. Kucing saya pernah sakit dulu jdi makanan nya sesuai resep dok. Jdi klo stok makanan habis drumah atau di tempat dokter pun habis. Dokter nyaran kan buat ganti yg lain. Cuma dia makan dikit trus muntah”. Ini usah 2 hari gak mau makan. Jdi solusi nya gmna dok?

nama saya bryan
nama kucing saya elco

dok saya baru pertama kali memelihara kucing dan saya bingun kenapa kucing saya sering batuk2 gitu dan saya bingun untuk mengatasinya dok
dan saya tadi setelah memandikan elco malah dia menjilat kakinya dok
kira2 kenapa dengan elco dok
mohon bantuannya yah dok

kalau grooming atau menjilati tubuh pada kucing sangat wajar ya, krn kucing memang suka dgn kebersihan, jadi suka menjilati. kalau sering batuk kemungkinan ada gangguan di saluran nafas. konsultasikan dengan dokter ya

dok anjing saya husky umur 4 bulan
kemarin dia masih aktif dan lincah (normal) tapi tiba” pagi ini dia jadi lemas dan diam saja
kira” apa penyebabnya ya dok, apakah harus saya bawa ke dokter hewan atau tidak
trimakasih

NB: makannya dan lain” normal saja saya tidak pernah kasih yang aneh” dan anjingnya juga sudah di vaksin bulan lalu

dok kucing saya udh 2hari ini matanya belekan sebelah kanan terus idungnya seperti pilek tersumbat nanti bisa tibatiba dia ntah bersin atau batuk yang mengeluarkan ingus dari idungnya nafsu makannya juga berkurang mulutnya juga agak bau, nah itu kenapa ya dok? sekiranya klo bisa saya beri obat itu apa?

dok, kucing saya sudah 5 hari tidak mau makan dan minum. badannya lemes dan mata sedikit berair. bulunya pun sedikit rontok. pup nya maav mencret juga.
kenapa iah dok ?
terimakasih

Dokter kucing saya matanya asik berair terus, kemudian dia lemas dan pupnya mencret. Kalau dia di angkat dia mengeong kayak kesakitan. Tapi dia mau makan. Itu kenapa ya dok dan obatnya apa dok?

untuk pengobatan sebaiknya diperiksakan dulu ya. kalau mata terus berair bisa juga ciri2 radang atau iritasi pada mata

Dok kenapa ya,padahal kucing saya itu sudah saya sediain minum,tpi malah suka air bak mandi dan wc,kenapa ya dok?

dok, kucing saya betina, alat kelaminnya keluar darah, dok. dan itu sering.
Sekitar 3 minggu yang lalu kucing saya kawin.
ini tanda keguguran atau ada penyakitnya, dok.

keguguran salah satu cirinya memang mengalami pendarahan pada vagina, segera periksakan ke dokter ya

Dokter mau tany 2hr lalu kucingku habis disuntik krn cacingan. Tp skrg kok kucingku jadi doyong-doyong gitu ya. Kira” apa karena obatnya ya dok?

Selamat sore Dokter,
Dok, saya memelihara anjing pom di dalam rumah, saat ini berumur 3 bulan.
Kami satu keluarga sangat menyayanginya. Walaupun dia punya kandang di ruang keluarga kami, dia juga sering tidur di lantai kamar saya.
Pertanyaan saya Dok :
1. Apakah benar memelihara anjing bisa menyebabkan kemandulan pada wanita? (Kebetulan saya masih belum menikah Dok)

2. Saya memberi makan anjing saya dengan royal canin di bulan genap dan orijen di bulan ganjil (supaya anjing saya tidak bosan) apakah yang saya lakukan sudah benar atau tidak Dok?

3. Apakah pemberian vitamin wajib pada anjing? Sejauh ini saya belum memberikan vitamin dok, tapi setiap siang saya memberikan susu SGM LLM+ yg Free Lactosa.
Dan apabila perlu diberi vitamin, vitamin apa yg baik utk anjing pom Dok?

Maaf Dok saya banyak bertanya.
Terima kasih sebelumnya Dokter.
Selamat sore.

banyak penyebab infertilitas pada wanita bisa dari diri sendiri maupun dr lingkungan, tapi anjing tidak bisa menyebabkan kemandulan atau infertilitas kecuali memakan daging anjing (tapi tentu ini tidak mungkin anda lakukan kan? karena anda petlovers). karena daging anjing sangat mungkin mengandung parasit toxoplasma yang memang bisa berkembang pada otot kalau memakan daging mentah atau setengah matang. jika yang anda khawatirkan adalah rambutnya, sangat lah tidak tepat karena rambut tidak bisa membuat wanita menjadi infertil.

baca juga ini ya : toxoplasmosis

untuk pemberian makanan silahkan baca ini ya : panduan lengkap makanan anjing kucing

vitamin sifatnya suplemen, bisa diberikan bisa juga tidak, sebenarnya vitamin dan mineral bisa didapatkan dari sayur dan buah, silahkan baca artikel ini ya ; sayur untuk anjing
buah untuk anjing

Terima kasih Ibu Dokter yang baik hati untuk penjelesannya.
Saya sangat lega mengetahui anjing tidak menyebabkan kemandulan, karena di rumah, saya punya 3 orang saudara perempuan (yang masih gadis a.k.a belum menikah juga, Dok) yang juga sangat sayang dan dekat dengan anjing saya, Dok.

Dok, maaf, bila berkenan menjawab kembali, saya mau tanya lagi Dok,
Bila kita memelihara anjing, kemudian hamil, apakah bulu, urine, dan fases anjing dapat membuat kecacatan pada janin/bayi pada wanita sedang mengandung/ibu hamil?
Karena maaf Dok, apabila anjing saya pipis dan pup, saya lah yg membersihkan (saya yg mengelap, maaf p*nt*t anjing dengan tisue basah setelah pup) dan membuang urine dan fasesnya keluar rumah.

Mohon penjelsannya Dok, terima kasih banyak Dok sebelumnya.

tetap perlu menjaga kebersihan setelah bersentuhan dengan pup nya, perlu cuci tangan. kecacatan pada janin penyebabnya banyak sekali, tapi dr anjing sepengetahuan saya tdk masalah jika melakukan bberapa kegiatan tsb asal cuci tangan setelahnya. penyakit dari anjing yang berbahaya rabies, cacing dr anjing kalau terlur maupun larva nya termakan, tapi tidak menyebabkan kecacatan pada janin

Baik Dok, terima kasih banyak untuk penjelasannya.
Semoga sukses selalu Dok, dan mohon jangan kapok untuk menjawab pertanyaan saya yg lainnya Dok.
Selamat malam Dok.

Dok, saya mau nanya. Saya punya anak anjing kira2 umurnya mau 2bln kelesek tulang ayam jd dia batuk bengek gitu. Udh kasih pertolongan pertama sesuai yg saya cari di google, tp tetap begitu. Kl dibawa ke dokter hewan kira2 biayanya brp ya dok dgn gejala spt itu? Terimakasih sebelumnya

biaya tergantung dengan tindakan yang dilakukan ya, yang terpenting konsultasikan terlebih dahulu saja

dok mau nanya anjing saya umur 5 bln sudah 3 hari susah makan tapi terkadang masih aktif tapi sekarang dia lemes gitu udah saya bawa ke dokter sushu tinggi 39,9 C tapi di kasih makanan lembek sama dokternya langsung dimakan kebetulan dia juga lagi pergantian gigi ini kira2 dia gamau makan karna faktor giginya mau ganti atau kerna dia demam dok?solusinya gimana yaa dok biar nafsu makannya kembali oiya udah di suntik juga sama dokternya suntik nafsu makan sama suntik penurun demam makasih dok

Dok saya mau tanya kaki depan sebelah kiri kucing saya bengkak, jalan pincang, awalnya saya kira keseleo tapi pas td di liat trnyata bengkak… itu kenapa ya? Serius kah?

mungkin ada luka, ada cedera, serius kalau sampai ada cedera dan patah tulang. jadi sebaiknya memang diperiksakan ya

Dok kucing saya tertular kutu loncat dr kucing luar, sangat banyak walopun sudah dimandikan dan disuntik, gmn ya dok cara lain biar cpt? Soalnya sudah mulai botak dan agak lesu, terimakasih dok

Assalamualaikum dok, saya mau tnya, Kucing saya ini kan sering muntah Terus kalo di pegang dia ngeong2 kayak kesakitan, untuk pengobatannya apa ya dok? Terima kasih.

Permisi, selamat pagi, maaf saya ingin bertanya mengenai euthanasia, apakah ada tempat untuk bisa melakukannya dan kira2 biayanya berapa ya…?

Terima kasih sebelumnya

perlu konsultasikan dengan dokter. jika masih bisa diberikan terapi dan prognosa nya baik tentu tidak perlu di euthanasi, untuk biaya tentu tergantung klinik masing masing ya

Halo dok saya punya kucing masih kecil kira ” umurnya 4-5 minggu. Udah dua hari ini kucing saya tidak mau makan, lesu, badan nya terlihat lemas, kurang beraktivitas maunya tiduran aja. Biasanya dia gak gitu dok biasanya dia lincah tapi suara sikucing juga serak dan kehabisan suara susah untuk mengeong. Matanya terus mengeluarkan air, dia juga kelihatannya sdg flu. Hidung nya mengeluarkan ingus kekuning kuningan. Yg mau saya tanyakan, apakah kucing saya terkena penyakit yg serius? Lalu bagaimana cara mengobati kucing saya dok dan membujuknya agar makan. Terima kasih sebelumnya dok. Dan saya butuh jawaban atas pertanyaan saya tadi salam kenal 🙂

Assalamualaikum ibu dokter, saya punya kucing persia usianya kira2 8 bulan, sudah 2 hari ini dia tidak mau makan. Dia seperti ingin muntah tapi tidak bisa, kecurigaan saya sepertinya dia tersedak. Untuk minum dia masih mau bu. Dia selalu menggaruk telinga secara berlebihan.

silahkan baca ini ya : radang telinga

kalau bukan dari dalam telinga tapi bagian luar nya kemungkinan ada radang dan infeksi juga soalnya sdh ada nanah. sebaiknya segera ke dokter ya

Pagi dokter.. saya mau tanya. Kucing saya sdh 2hari tdk mau mkn. Bawaannya tdr saja. Padahal biasanya aktif luar biasa. Matanya berair dan hdgnya juga. Perutnya kyk ada lemak gitu.klw dipegang lunak. Gak kesakitan dia. Trs skrg badannya gemetaran gitu. Kyk susah bernafas juga.

dok saya mau nanya. kucing kitten saya tiba-tiba jadi lemas, ga bisa bangun, dan dia ngeluarin kotoran sambil diposisi dia yg berbaring. nafasnya jg sedikit menurun. padahal tadi malem kucing itu biasanya, masih bisa jalan dan ikutan makan sama kucing sodaranya.. kira kira itu kenapa ya dok? khawatir mati kucingnya 🙁

Halo dokter..kucing saya demam..sempat diare sehingga badan nya bau sekali.boleh tidak memandikannya saat kondisi demam seperti itu.badan ny kotor dan berbau sehingga banyak lalat datang.tolong saran nydok. Terima kasih

Dok saya mau tanya, kucing saya masih kecil dari awal adopsi memang kurus sekali tetapi bafsu makan dan kelincahan baik, namun sudah beberapa hari ini kucing saya hanya tidur lemas, jika dipegang atau diusap dia mengeluarkan suara jeritan tanpa membuka mulutnya, lalu sempat sembuh seharian aktif lagi lalu kembali lagi seperti itu dia lemas, gemetar, mengeluarkan air mata, makan dan minum hanya sedikit. Bisa kasih saran dok?

Halo dok. Jadi kucing saya yang berumur 3 bulan waktu itu kakinya luka bolong bengkak dan bernanah ( abses). Lalu saya bawa ke drh. Dia diberi antibiotik amoxcillin dll dalam bentuk puyer. Dan juga salep. Tapi sampai skrg lukanya belum kering dan malah bolongnya membesar disekitar lukanya bulu-bulunya sudah botak. Dan bahkan sekarang pahanya luka dan bernanah juga. Obat-obatan dr drh terus saya beri. Padahal sudah seminggu pemberian obat. Tapi luka blm kering juga. Kira-kira gimana ya dok, supaya lukanya cepat kempes dan tertutup. perlukah diberi obat-obatan lain? Kucingnya juga aktif sekali dok, tapi saya risih lihat luka nya yg tak kunjung kempes. Terimakasih dok

Selamat pagi dok, saya menemukan anak kucing ditinggal induknya, saya bawa pulang namun tidak mau makan atau minum susu kucing yang saya berikan. Saya khawatir kucingnya menjadi sakit. Apa yang harus saya lakukan ya dok?

Halo dok, sy mau tnya beberapa hari kucing berak lembek pdhal beberapa wkt kmren endak, apakah faktor makanan atau faktor kucing strees ya? Trus solusinya gmna? Mksih

Dok saya mau tanya. Kucing saya berumur 2 tahun. Jadi gini tadi pagi saya keluarin dari kandangnya, karena mau di kasih makan. Tpi dia gak mau makan, trs pas saya lihat nafasnya juga seperti ngos2san. Kira2 itu kenapa yaa dok?

nafas cepat bisa juga krn kelelahan, stress, kelainan di sistem pernafasan, jantung, kesakitan dan penyebab lainnya. perlu dikonsultasikan dulu ya jika memang nafas nya cepat dan terus menerus terjadi

Hallo Dok , saya mau bertanya dok , kucing Saya yang 4 bulan tadi subuh itu jalannya aga pincang , tapi sebeluny ga kenapa2 , tolong kasih solusi dok
Terimakasih dok

halo dok , saya mau bertanya . saya memiliki kucing betina usia sekitar 3 tahunan. belum saya kawinkan sama sekali. apakah nantinya akan berdampak buruk pada kucing saya dok ? trimakasih

bisa meningkatkan resiko radang rahim bernanah (pyometra) dan gangguan hormonal lainnnya. kasian kalau tdk dikawinkan kalau memang tdk berencana steril,

selamat siang dok saya mau tanya. kucing saya jenis himalaya terkena infeksi jamur ringworm.. kondisinya semakin parah, kurang aktif lagi jalan pun males siang ini dia tergeltak dan ga mau gerak. apa yg harus saya lakukan dok, saya coba berikan kelapa ijo di minum dan mulai gerak tp tidak bangun cuma gerakan kaki sedikit2 saja. tolong saya dok

Dok saya ingin bertanya sudah dua hari ini kucing saya tiba tiba tidak bisa bergerak,tidak nafsu makan. Dan mulutnya basah terus. Itu kucing saya kenapa ya dok dan bagaimana agar kucing saya normal kembali?

perlu diperiksakan ke dokter ya, kasihan kalau didiamkan saja. sudah dibaca artikelnya? saya rasa ciri-ciri nya sama dengan yang dijelaskan di artikel yaa

Halo Dok, saya 3 mnggu ini punya anak kucing awal saya nemu nafasnya grok grok gitu Dok tapi jarang. lincah dan ga bisa diem hehehe tapi tadi pagi kaya lemes badannya mau tidurnya dikasur saya. Pas (maaf) pup, pupnya lembek Dok tapi masih berwarna dan bukan encer. belum sempet saya vaksin karena kata temen juga masih kecil. gimana ya Dok?

dok mau tanya, saya punya kucing dia suka menggaruk daerah leher terus dan menjilatnya juga sampe korengan gitu dok banyak, itu kenapa ya dok? kalo boleh tau obat untuk itu apa? apakah perlu k dokter hewan jg?

Assalamualaikum dok,
Saya mau tanya ,, kucing sya baru 2 minggu , awalnya gesit lari”, namun skrg setiap hbis makan tidur , setiap habis di beersihkan tidur ,, apa itu normal dok ???

usia 2 minggu biasanya belum bisa lari-lari loh, krn masih merangkak. masih butuh asi juga belum bisa makanan padat

Hallo dok selamat pagi, saya punya anjing pom dok, kebetulan kmrn di cek darah dia anemia jadinya 70% parasit darah. Kemarin udh ke dokter katanya dikasi obat tiongkok pien tze huang, dan dikasi jga obat antibiotik, sangobion, vitalbumin. Tp sampe skrng masih lemes banget dok kira kira berapa hari ya dok perkembangan nya? Terimakasih dok

Oh ya dok kalau untuk makanannya dia dikasi sari dari daging sapi. Nah setiap 2 jam/3jam dikasi itu. Tapi masalahnya kencing terus tapi ga pop dokk. Apa karena makannnya yg kurang berat dok? Kemarin dikasi daging cincang jga blm mau dok. Lbh baik ksh makan berat apa dok? Terimakasih

memangg cukup sulit persembuhan nya kalau sudah terkena infeksi penyakit darah. krn dia parasitnya terletak di bagian dalam sel darah merah. tentu sangat mempengaruhi proses penyampaian nutrisi ke sel. yang terpenting pengobatan terutama antibiotik perlu diberikan secara tuntas, penambah darah juga selalu diberikan. perlu bersabar dalam terapi nya, makan juga perlu dirangsang agar nafsu makan baik, kalau nafsu makan baik persembuhan akan lebihh cepat

Dok sekitar 3 minggu yang lalu kucing saya melahirkan , tp malangnya anak cuma 1 dan mati , terus semenjak itu dia makan cuma sedikit dan tidur terus / kurang bergerak badan jadi kurus jalan sudah sempoyongan gimana ya itu dok ?

kucing juga bisa mengalami stress, sebaiknya tetap diberikan makan dan suplemen yang baik, akan sangat lebih baik diperiksakan ke dokter ya

Selamat pagi Dokter..
Dok saya punya anjing pom umur 2 bulan..akhir2 ini kalau malam hari dia tidur sering terbangun,kayak sesak nafas dan kayak mau ngeluarin sesuatu d mulutnya,pas di cek di google ternyata batuk..tapi dia aktif dok,makannya juga bagus..
Saya mesti gimana ya dok?mau d bawa langsung k dr hewan atau ada obat yg bisa langsung dibeli dan di kasih minum k anjing saya?

sebaiknya memang diperiksakan terlebih dahulu ya, agar dokter bisa melihat kondisinya secara langsung.

Dok..anjingkuu bbrp hari ini hanya tiduran&lemas..makannya pun gak mau..
Kmrn smpt jatuh ke got,dmandikan lalu djemur..kmdn slang harinya aku mandikan lg,krn tnyt masih Ada bagian yg kurang bersih&bau..
Chiwa suka seperti mau mgongogong kecil sprt ingin mwngeluarkan ssuatu,mgkn mau muntah kali ya..kira2 apa yg harus saya lakukan..
Oiya,hari inii Chiwa blm pup..
Terima kasihh dok..

Dokter, saya mau tanya anjing saya sudah sekitar 3 hari sakit . Lemas, tidak nafsu makan, hanya mau tiduran dan badannya jadi kurus . Padahal sebelumnya anjing saya termasuk aktif dan doyan makan, suka bermain juga suka sekali minum susu . Sekarang tidak mau sama sekali kecuali air putih itupun cuma sedikit . Kira”sakit apa ya dokter ? Dan penanganan apa yg harus saya berikan ? Terimakasih .

gejala klinisnya bisa sakit apa saja, bs krn infeksi virus, bakteri, dan lainnya. sebaiknya segera periksakan ke dokter ya

Dok, saya mempunyai kucing berjenis kelamin laki laki. Saya menemukan nya bulan februari lalu di jalan. Saya sudah periksakan dan dia hanya terkena jamur dan itupun sudah diobatin. Beberapa minggu terakhir kucing saya yang di rumah hamil dan akhirnya dikeluarkan dari kandangnya. Kucing yang saya temukan tadi dikejar kejar sampe akhirnya dia terkencing kencing dan sempat pup. Akhirnya saya pisahkan, tetapi beberapa hari lalu saya lihat bagian d*b*r nya seperti luka dan setiap dia pup berbentuk cair. Makin hari, setiap dia setelah pup berbekas darah dibagian d*b*r nya. Apa yang harus saya lakukan ya dok? Untuk nafsu makan masih ada. Dan aktifitas pun masih seperti biasa. Terimakasih sebelumnya dok.

kalau memang ada luka bisa dibersihkan lukanya dgn antiseptik dan diobati. tapi pup berdarah juga penyebabnya bisa beragam ya, selain luka bs juga ada iritasi saluran pencernaan krn bakteri, bs juga krn infeksi cacing atau parasit lainnya

Siang dokter kucing saya udah2:dua hari ini susah makan kalo mau nelan kayak kesakitan mengerang trus gemeteran padahal mau makan tapi karena nelennya sakit maka makannya sedikit gimana dok makasih

Kalau tersedak bs juga jd sulit menelan, atau bs juga krn ada infeksi saluran nafas, jd ada bagian yg bengkak, juga membuat sakit dan sulit menelan

Dok, saya mau nanya nih, saya punya anjing usianya 2,5 bulan, tadi pagi saya kasih makan masih lahap banget, tapi kenapa siang ini anjing saya ga mau makan ya?

Hallo dok, saya nevi
Baru seminggu saya beli anjing jenis husky umurnya 10bulan, 3 hari yg lalu anjingnya saya bawa ke luar kota sekitar 5jam perjalanan. Dan skrg anjing saya itu malas makan, kurang aktif, seperti ada yg mau dikeluarkan dari tenggorokannya, terus pernah saya melihat anjingnya mengeluarkan dahak warna hijau. Baiknya diberikan obat apa ya dok untuk penanganan awal? Serta makanan yg baik buat anjing saya yg sperti apa? Karna kebetulan skrg saya lg ada di perkampungan dan sangat susah untuk pergi ke dr hewan butuh 2,5 jam peejalanan.
Terimakasih sebelumnya dokter

dok kucing saya sudah dua hari suhu badannya tidak seperti biasanya agak lebih anget dia jga ga mau makan dan seharian cuma tidur ga seperti biasanya . badannya jga agak lemes , sampai sekarang dia hanya minum air mineral saja tidak makan mau makan sudah saya kasih susu jga tidak mau. mohon bantuannya dok terimakasih sebelumnya

halo dok, mau nanya nih, perut anak kucing saya yg berumur 3 bulan kenapa agak besar dan keras ya kalau di pegang padahal pupnya lancar, makan juga mau. apa itu normal dok ? Terimakasih.

Kalau makan terlalu banyak bisa juga menyebabkan perutnya besar, cacingan juga bisa menyebabkan perut besar biasanya disertai gejala lainnya spt rambuy kusam, lemas,beratnya badan tidak meningkat

Dok kenapa ya kucing saya melahirkan nya seperti tidak serius? Kmarin melahirkan 1 anak,sehari kemudian baru lahir lagi 1 anak.anak nya baru 2,tp perut nya kmrn besar kok ank ny cuma 2,kalau memang ada masalah d perutnya tapi Dy terlihat sehat2 saja dan msh semangat,mau makan minum,tp tdk pup.saya bingung Dy knp dok saya tkt ny d perut ny msh ada anak dan membahayakan Dy dok.soalnya kehamilan Dy yg pertama lancar2 saja jarak antar anak sekitar 10 menit saja dan ank ny 5.saya mau bw k dokter lagi tdk punya uang 🙁 tlng bantu penjelasan ny dok supaya saya tenang dan tau hrs berbuat apa.terimakasih

Kalau kucing nya tdk nyaman misalnya tempat nya terlalu ramai, atau mungkin ada kucing lainnya, bisa juga membuat proses melahirkan terganggu. TP bs juga memang hanya 2 anaknya, atau mgkn saja masih ada anak lagi walau mmg setelah melahirkan perut TDK langsung mengecil seperti sedia kala.

Dok, boleh tidak vitamin manusia seperti stimuno/imboost diberikan untuk kucing ?
dosisnya bagaimana ya dok untuk kucing dewasa?

Dok, kucing saya sering mengeluarkan cairan bercampur darah lewat yang biasannya buat pipis, nafsu makan juga hilang, matanya kuning, gimana dok?

Dok, kucing saya pasca melahirkan 2 minggu, induknya sudah tidak mau makan. Sudah seminggu ga mau makan sama sekali. Maunya minum saja. Sudah di kasih kuning telur, ikan, madu, vitamin biolysn anak, tapi tetap tidak mau makan. Dan masih sering menyusui 3 bayinya. Sekarang kondisinya buruk sekali. Tapi matanya tidak berselaput.

selamat pagi dok, saya ingin berkonsultasi mengenai kucing saya. usianya 1,5 tahun. kemaren jam 2 pagi muntah cairan, jam 6 pagi muntah cairan lagi. setelah muntah tidak mau makan, hanya tidur ditempat gelap dan tersembunyi dan sudah saya beri liquid tapi harus dipaksa agar mau. badannya tidak lemas, hanya saja tidak aktif seperti biasanya. kemaren malam saya kasih air gula agar tidak lemas, dan pagi tadi juga saya beri air gula, tapi tetap tidak mau makan. menurut dokter apakah kucing saya harus segera dibawa ke dokter hewan atau melakukan yg ada di dlm artikel kucing tidak nafsu makan terlebih dahulu?

kemaren malam sudah saya bawa ke dokter hewan dok, diberi suntikan vitamin. sekarang keadaannya masih lemas tapi dok tidak mau makan, apa saya belikan recovery saja dok?

Bisa saja, sebaiknya juga perlu konsultasi ke dokter terkait pakannya. Krn dikhawatirkan mempengaruhi kondisi nya kalau memberikannya tdk sesuai

Dokter saya mau tanya, saya punya kucing persia tapi dri siang smpai malam dia tidur terus cuman bangun makan terus tidur lagi. Itu tandanya apa yah dok? Sakit atau bawaan genetik? Mohon infonya dok.

kalau bawaan genetk biasanya akan terlihat sejak bayi, apakah dr usia kitten sudah seperti ini?

Dok. Kucing saya mencret, ada lendir dan darah sedikit 2 hari ini. Tapi dia tetap makan seperti biasa dan sehat penampakannya. Saya kurung di rumah karena dia luka di kakinya. Sejak dikurung dia malas makan lalu saya ganti makanannya dengan ayam dan ikan rebus. Lalu dia lahap makannya. Apakah dia sakit dok? Apakah saya perlu khawatir dengan mencret darahnya dok?

Kalau terlalu sering dikurung mmg tdk baik, bs menyebabkan stress jd daya tahan tubuhnya menurun, g nafsu makan, kalau ada kondisi sakit jd lama persembuhannya

Mencret darah penyebabnya bs krn infeksi saluran cerna akibat parasit, cacing, bakteri, dan lainnya. Lama2 bisa.menyebabkan anemia dan dehidrasi . Jd sebaiknya diperiksakan ke dokter

Malam dok, kucing sy lagi hamil tua nih tp dia doyan tdr di lantai, itu gpp dok? Trs kalo malem dia suka ke kamar bangunin saya, itu knp ya? Makasih

Kalau perutnya besaf jd berat, gerah, g nyaman, jd wajar kalau lebih senang dilantai krn dingin , membangunkan owner bs krn lapar,

Dok kucing saya 5hr yg lalu melahirkan, tp dua hr ini nafsu makan dia berkurang, masih mau makan sih dok tp dikit, minum jg jarang dan seharian ini dia blm bab atau pipis . Sy harus gmn dok? Tolong

Permisi dok. kucing saya mengalamin mencret dan sering buang air kecil. kondisi jadi sering diam dan cenderung lemas. padahal kamarin nya selalu aktif
terimakasih

dok saya mau tanya, 3 hari yg lalu anjing saya muntah2 selama 2 hari (sudah 3 hari ga muntah), tp sejak muntah pupnya sangat sedikit dan tidak mau makan. biasa makan nasi dan cemilan, ini cuma mau makan dog stick saja. kira2 knp ya dok? makasih

Halo dokter… Saya mau tanya
Saya melihat anak kucing kasihan dokter jd saya rawat ternyata
Stlh saya bawa pulang… Anak kucing tsb garuk garuk terus dan mntanya di lantai saya ksh handuk atau kain untk alas tdk mau dan di lantai ada darah tp kaya hnya titik titik sja…dlm jmlh bnyk. Saya cek tp nda ada yg berdarah sya bingung saya cek lg terus. Lalu saya kaget bulu kucingnya bnyak sekali.. Kutuu banyakk sekali.. Nah saya lihat kutu itu masuk pd kulit kucing….atau mgkn gara gara kutu. Dan anak kucing itu semkin lemas dan garuk garuk gerak kesana kemari jalannya jg tdk tegapp tdk gagah saya takut dan saya bingung. Apa penyebabnya. Trimakash dokter..

kalau infeksi kutu nya sangat banyak sgt mungkin menyebabkan lemas, malnutrisi, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya.

dokter, ekor kucing saya bengkak, apabila disentuh dia marah. ekornya menjuntai tapi masih bisa digerakkan dan kesulitan untuk duduk, tidak nafsu makan, lesu, masih mau meloncat ke tempat yg tinggi, apa yg harus saya lakukan? saya gak tau dokter hewan di daerah ini
apabila dibiarkan saja apakah akan sembuh sendiri?

Untuk info dokter hewan bs d search d google maupun menguhubgi dokter hewan di dinas peternakan terkait. Bengkak bs salah satu ciri abses atau radang bernanah, tentu kalau dipegang kesakitan. Kalau sakit jadi tdk mau makan, sama juga seperti kita kalau sakit tdk mau makan krn gak enak badan.

Dok saya mau tanya . saya punya kucing dan habus diajak perjalanan jauh kucing masih seperti biasa terapi setelah bangun pagi2 kakinya pincang satu . kira2 kenapa ya dok? Mohon pencerahannya . Terimaksih dok..

Terlalu lama duduk bisa juga menyebabkan ada syaraf yg tertekan jadi menyebabkan kesulitan berdiri terutama kalau perjalanannya jauh. Perlu diperhatikan jika kondisinya tdk kunjung membaik, kemungkinan ada cedera maupun luka pada syaraf, otot, dan tulang.

Dok kucing saya demam tinggi, tidak mau makan dan minum, sudah saya bawa ke dokter hewan kemungkinan keracunan serangga sudah di suntik dn diberi obat tp 2 hari blm ada perubahan dok, tetap sja tdk mau makan dn minum tapi jika dipaksa di suapi dn dikasih minum lewat pipet selang beberapa menit yg dimakan pasti di muntahkan lagi dok, kira kira kucing saya sakit apa ya dok?

Dok. mau tanya. Sy punya kucing. Dia kucing kampung biasa yg sy piara sejak kecil. Sekarang dia udah dewasa. Sebelumnya dia gapernah sakit. Tp beberapa bulan terakhir kucing sy itu kalo nafas ‘bunyi’, kadang bunyinya ky dengkuran kecil kadang ‘grok grok’ jg. Tp dengkuran itu kadang berhenti sendiri. Ga terus menerus. Kira-kira kucing sy kenapa ya dok ? Apa kucing sy sakit ? Kalo iya sakit, kira-kira resep obat buat ngilangin suara nafasnya yg keras itu apa ya ? Mohon bantuannya dok?

Pada kucing terdapat istilah purring, hal tersebut normal selama tdk ada demam, tdk ingus atau lendir berlebih.

Dok saya mau tanya..kucing saya kan kena ke tabrak..dan menyebabkan luka di pangkal kaki.(alat gerak) saya sdh bawa ke dokter hewan dan sudah berobat juga..tetapi ko lukanya malah tambah melebar dan bengkak ya dok,dan di sertai ada nanahnya,,saya harus bagaimana ya? Apalagi nafsu makannya kurang dan lbh sering tidur dok..mohon bantuannya dok?

Luka yg tdk dibersihkan dgn benar bs menyebabkan infeksi, slh satu cirinya ada nanah. Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokteer untuk dilakukan pembersihan nanah dan diberikan terapi lainnya.

Leave a Reply

*