Anjing rakus saat makan? ini bahayanya! – TANYA DOKTER HEWAN

Anjing rakus saat makan? ini bahayanya!

Anjing rakus saat makan? ini bahayanya!

Anjing memiliki sifat yang terkadang rakus terutama jika ada anjing lain di dekatnya, terkadang makanan yang diberikan langsung dihabiskan dalam satu kali waktu tanpa jeda. Kondisi ini tak jarang membuat anjing mengalami kembung bahkan bisa berujung pada kondisi gangguan pencernaan yang fatal.

Alasan anjing makan terlalu cepat atau rakus :

# Ada anjing lain

Anjing yang dipelihara bersama dengan anjing lainnya dan diberikan tempat makan yang berdekatan terkadang mengalami ketakutan makanannya akan direbut. Anjing yang memiliki sifat dominasi yang besar terkadang bersifat agresif dan terlihat lebih rakus karena takut makanannya akan direbut.

# Trauma masa lampau

Anjing memiliki memori dan perasaan yang menyebabkannya dapat merasakan rasa trauma. Anjing liar yang sering dipukuli, tinggal dijalanan, serta mengalami kelaparan terkadang memakan makanannya lebih cepat karena takut akan kejadian yang sama berulang.

# Karakteristik anjing ras besar

Anjing ras besar seperti great dane, saint bernard dan jenis anjing besar lainnya biasanya memiliki karakteristik yang sangat aktif dan sulit diatur. Hal ini menyebabkan saat makan dia ingin segera menyelesaikannya dan melakukan aktifitas lainnya sehingga makan sangat terburu-buru.

Anjing rakus saat makan? ini bahayanya!
Anjing rakus saat makan? ini bahayanya!

Bahaya bagi Anjing yang makan terlalu cepat :

# Tersedak

Makan terlalu cepat akan membuat anjing tersedak karena dia tidak sempat mengunyah makanannya tapi langsung ditelan begitu saja. biasanya tersedak ini akan berakibat muntah setelah makan.

# Kembung

makan yang terlalu cepat dan tanpa jeda menyebabkan banyaknya udara yang ikut masuk ke saluran cerna. udara yang terperangkap pada saluran pencernaan akan menyebabkan kembung pada anjing

# GDV (gastric dilatation volvulus)

Kondisi GDV lazim terjadi pada anjing ras besar yang senang makan terburu-buru. GDV merupakan kelanjutan dari kembung, kondisi perut kembung akan memudahkan terputarnya atau terpelintirnya lambung. Oleh karena itu, sebaiknya setelah makan perlu istirahat selama 15 menit tanpa melakukan aktivitas apapun. GDV ini berakibat fatal karena menyebabkan kesakitan luar biasa pada perut anjing.

Pencegahan makan terlalu cepat.

# Mangkuk makan diberi batu besar

Tujuannya adalah membuat mangkuk makan terlihat lebih penuh dan membuat anjing akan makan lebih perlahan karena makanan terhalang oleh batu. selain batu, bisa juga diberikan penghalang lain seperti mangkuk kecil.

# Membagi porsi makan lebih kecil, memperbanyak waktu makan

Porsi dan waktu makan dibagi ke porsi yang lebih kecil agar makanan yang dimakan walau sekaligus habis tidak akan memperberat kerja lambung dan usus. waktu makan pun ditambah menjadi lebih sering untuk menghindari rasa lapar berlebih.

# tempatkan makanan ditempat yang tenang

rumah dengan lebih dari satu anjing, tempatkan makanan di tempat yang tenang dan berjauhan. hal ini dilakukan agar anjing tidak merasa terburu-buru untuk makan dan khawatir makanan akan direbut.

Perilaku anjing memang bermacam-macam, ada yang menyenangkan dan terkadang membuat kewalahan. oleh karena itu, kita perlu pandai melakukan modifikasi dan mengobservasi perilaku dan karakter masing-masing anjing.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

4 comments

siang dok, anjing rakus sekali, padahal makan sudah 3x sehari, malahan pup nya sampai dimakan juga. kenapa ya dok.

Untuk menghindari pup yg dimakan bs segera dibersihkan pup nya. Krn bisa jadi kebiasaan yg krg baik.

Leave a Reply

*