Ketahui 8 gejala distemper pada kucing ini sebelum terlambat! – TANYA DOKTER HEWAN

Ketahui 8 gejala distemper pada kucing ini sebelum terlambat!

Ketahui 8 gejala distemper pada kucing ini sebelum terlambat!

Distemper pada kucing atau dikenal juga dengan feline panleukopenia, feline parvovirus, feline infectious enteritis termasuk penyakit yang berbahaya dan berujung fatal pada kucing. Gejala klinis distemper pada kucing yang mirip seperti penyakit pada umumnya terkadang dianggap biasa saja, sampai akhirnya virus sudah menginfeksi usus amat parah.

Berikut 8 gejala distemper pada kucing ini sebelum terlambat!

1# Posisi kucing khas terduduk dagu dan dada menempel pada lantai (hunched up position)

Kondisi ini khas pada kucing yang terkena distemper karena adanya rasa sakit pada bagian sekitar perut. Posisi ini menyebabkan kucing tidak ingin bergerak dan cenderung melindungi bagian perutnya.

2# Demam tinggi pada kucing

Panas tubuhnya bisa mencapai suhu lebih dari 39.5oC atau melebihi suhu normalnya. Demam tinggi diakibatkan respon tubuh membentuk pertahanan melawan virus.

3# Kucing tidak nafsu makan selama lebih dari 2 hari

Rasa sakit di perut dan tubuhnya membuat kucing merasakan nafsu makan yang menurun. Kucing akan menolak diberikan makanan yang biasa dia gemari. Kucing bisa bertahan tidak makan selama maksimal 3 hari, setelah itu dia akan mengalami hepatic lipidosis atau kerusakan hati yang selnya tergantikan oleh lemak.

4# Kucing senang menyendiri dan bersembunyi

Kucing yang sakit memang lebih senang menyendiri dan menghilang selama beberapa hari. Mencari tempat persembunyian yang nyaman agar tidak terganggu oleh kucing lain karena rasa sakit yang dideritanya.

Ketahui 8 gejala distemper kada kucing ini sebelum terlambat!
Ketahui 8 gejala distemper kada kucing ini sebelum terlambat!

5# Kucing muntah terus menerus

Gangguan pada saluran pencernaan menyebabkan juga gangguan pada daerah hati, kantung empedu, dan lambung. Hal ini menyebabkan mual yang dirasakan oleh kucing. Asam lambung pun naik akibat infeksi dan tidak ada makanan yang masuk. Muntah yang dihasilkan biasanya berupa cairan berwarna kuning.

Baca juga : 10 Fakta Toksoplasma yang mungkin belum Anda ketahui

6# Kucing mengalami mencret

Virus akan menginfeksi daerah usus yang menyebabkan kerusakan sel usus. Kerusakan ini menyebabkan penyerapan air yang tidak sempurna sehingga banyak air yang keluar melalui diare. Pada kondisi usus yang rusak pun mengalami penyerapan nutrisi yang tidak sempurna, selain itu sel yang rusak hingga pembuluh darah menyebabkan diare yang dihasilkan menjadi diare berdarah.

7# Kucing mengalami dehidrasi

Dehidrasi merupakan akibat lanjutan dari muntah dan diare yang berkepanjangan. Cairan banyak yang hilang melalui muntah dan diare. Tanda lainnya yang berhubungan dengan dehidrasi yaitu mata yang lebih cekung, kulit yang tidak elastic lagi.

8# Terdapat gejala syaraf pada kitten atau anak kucing

Anak kucing yang tertular dari induk akan mengalami kelainan pada syarafnya. Biasanya anak kucing akan berjalan sempoyongan dan tidak seimbang. Kucing yang mengalami infeksi biasanya tidak bertahan lama karena kondisi keseimbangan dan koordinasi yang kurang baik.

Jika kucing mengalami gejala seperti yang telah disebutkan maka perlu segera diperiksakan ke dokter hewan. Resiko tinggi terutama pada kucing yang belum pernah divaksinasi, kucing tua, kucing hamil, anak kucing yatim piatu (tanpa induk), serta kucing liar.

*P.S Jika merasa mendapat manfaat dari tulisan ini, jangan lupa di share di Facebook dan sosial media lain ya. Supaya makin banyak yang tau 🙂

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

 

63 comments

Dok, kucing saya air seninya keluar sedikit2 & di sekitar mata ada selaput putih itu kenapa ya dok? Ada saran obatnya apa dok? Makasih ya dok

Dok kucing saya beberapa hari ini seperti tidak bisa menahan buang air besarnya. Sehingga kotorannya tertinggal dimana saja dan sepertinya dia tidak menyadarinya. Selain itu kotorannya juga berbau aneh (tidak seperti bau kotoran kucing biasanya). Sudah saya kasih obat tapi hanya sembuh bbrp hari, setelah itu diare nya kambuh lagi, di terus”n mengeluarkan kotoran tanpa dia sadari. Dan kadang” dia memuntahkan makanan yang sebelumnya dia makan. Kalo seperti itu gejala apa ya dok? Terimakasih.

Dok saya mau nanya kucing saya pup nya berdarah pup nya jg ga padat dan tidak encer jg itu knp ya? …. Nafsu makan nya bagus alias lahap dan gemuk! Untuk bermain aktif dan lincah. Knp ya dok tolong saran nya harus di kasih obat apa ya dok, itu termasuk virus apa penyakit biasa dok terima kasib

pernah diberikan obat cacing? penyebabnya bs krn cacing, parasit lainbya, bakteri, dll. sebaiknya diperiksakan terlebih dahulu saja

Dok sy mau tanya, sy punya kucing betina umur 15 bulan, kondisinya lagi birahi terus uda 2 bulan ini, setelah grooming kembali normal tp 3 hari kemudian balik lagi birahi, yg mau sy tanyakan apa memang normal kucing betina klo birahi suka kencing sembarangan ? Apa ada cara lain dok selain mengawinkan supaya ga pipis sembarangan lagi ? terimakasih

bs saja krn hormon yg tinggi jadi lebih sensitif d beberapa bagian termasuk saluran urin. steril bs jadi pilihan agar birahi tdk terjadi. tp sebenarnya untuk kencing sembarangan penyebabnya beragam. bs krn juga stress thd lingkungan

Dok mau tanya kucing saya perutnya buncit ky yg hamil tp gk hamil yrs nafsu makannya berkurang badannya trs menurun perutnya makin nesar dari hAri ke hari . Itu penyakit apa dan menyumbuhkannya gimana

penyebabnya beragam kalau perut membesar bs krn cacingan, ad gas, ada cairan, radang d rahim, dll . jd perlu diperiksakan lebih lanjut

dok, kucing saya barusan muntah dua kali berturut2 cuma air gt kayak lendir sama ada sisa makanannya tapi sangat sedikit. tp dia tetap lincah dan dari kemarin juga tidak menunjukkan gejala2 sakit seperti lemas atau panas dok. kenapa ya dok? sama mau tanya pertolongan pertamanya apa ya dok terima kasih dok.

Dok, kucing mulai terkena gejala nomor 8, dan saya khawatir bikin usianya pendek. Untuk penangan awal nya sebaik nya seprti apa ya dok?

penyebabnya bs macem2 , bs krn kelainan dr lahir yang menyerang syaraf, maupun parasit yg menyerangnya. sebaiknya diperiksakan untk mengetahui kondisinya secara langsung. dan bs dilakukan treatment

Dok kucingku trkna grjala distem0er dan sdah ada tanda2 suaranya serak sblum parah,,, zaya menyesal krna trlambat mmberi pertolongan gejalannya persia sperti yg d atas,,, tp bsa ap lgi kucingku sudah mati saat aku hndak bawa ke dokter tpat tnggal 6 september 2016, hingga kini aku blom bza mrelakannya pergi

turut berduka atas kehilangannya, semoga cepat hadir kucing yg bisa memberikan keceriaan kembali . keep cheer up !

dok…saya mau tanya…kucing saya …tiba-tiba berdarah dari anusnya….saat pup keluar darah..ada keluar benjolan…apakah hemoroid……apa penyebabnya ….makasih dok

bisa jadi ada bagian rektum yg menonjol, mgkn hemoroid mungkin bukan ya. sebaiknya segera periksakan saja. biasanya krn makan yg kering terus, kurang air.

Dok,, kucing q dri kmren nggak mau makan dan minum,, suka diam mnyndiri tidak bersuara mulut ny basah dan bau,,, knpa ya dok?

Hi Dok!

Salam kenal,

Mau konsultasi dok,saya punya anak kucing (domestik bukan kucing ras) ada 4 ekor, 3 diantaranya (2 jantan dan 1 betina) sudah 2 hari ini mencret dan muntah. Belum divaksin dan baru umur 3 bulan tgl 15 oktober kmrn.
Saya kasih makanan kering merk Me-o, biasanya tidak apa2, baru 2 hari ini saja mencret dan muntah serta tidak nafsu makan.
Sehari2nya saya masukkan kandang, hanya pagi dan sore hari saja dilepas untuk main sekitar 1 sampai 2 jam.
Hari ini saya kasih makanan basah sempat mau makan tapi hanya sedikit.
Sebaiknya bagaimana penanganannya ya dok?
Terima kasih

Hai ! Usahakan makan ya disuapi kalo bisa, minum juga. Kalau lbh 2 hr sebaiknya bawa ke dokter ya. Krn kondisi hujan mmg imunitas jd turun, biasanya jd gampang sakit

Malam dok..aku mau tanya dok .. sy bw ke dktr hewan dokternya gda
Kucing aku yg sdh 3hari nafsu mknnya berkurang,mencret dan demam , sy sdh ksh mkn a/d tp blm napsu kmn jg dok , aku takut dok terjadi sesuatu sm kucing ku , tolong jawab dok saya hrs apa? Mksh ya dok

Dok kucing saya sudah dua hari ga pup, nafsu makan nya hilang badan nya lemes muntah muntah dan ga ada gejala demam
Kenapa ya dok? Saya mau periksain ke dokter tapi takutnya mahal
Mau diobatin pakai obat manusia takut OD
Tolong bantuan nya dok, terimakasih

Dok kucing saya terus menerus muntah dengan cairan berwarna kuning kemarin kucing saya yang lainnya jg mengalami hal semacam ini tetapi setelah dibawa ke dokter hewan terdekat dan diberi obat oleh dokter tsb keesokannya dia malah mati. Dia baru mengalami 5 gejala diatas dok apakah masih bisa disembuhkan? Tolong balas secepatnya trimakasih…….

sebaiknya segera bawa ke dokter. kondisi mati setelah d treatment oleh dokter, sebaiknya tdk jadi halangan untuk ke dokter. krn mgkn memang saat dibawa ke dokter kondisinya sdh cukup parah terutama infeksi virus, penanganannya harus segera.

Pagi dok saya mau tnya,, kalau kucing yg jlannya udh sempoyongan dan tidak seimbang.. tu bisa sembuh gak ea dok,? Klu biasa apa obatnya dok.. terima kasih

Dok d artikel 8 gejalanya distemper kn harus melakukan vaksin..
Apa bila sudah parah kan harus di bawa k dokter hewan apabila di daerah yg jarang sekali ada dokter hewan itu harus gmn yak dok cara menanggulanginya?

Cukup sulit memang kalau sudah terinfeksi, lalu tdk langsung dilakukan penanganan terutama belum pernah vaksinasi. Jd memang sebaiknya diusahakan kucing nya sehat, makan makanan yg protein nya tinggi dan sesuai untuk kucing.

Kalau untuk gejala syaraf bisa saja infeksi lainnya atau cedera yg menyerang bagian syaraf. Tapi bs juga krn kondisi kekurangan gizi

Dok, kucing saya juga jalan sempoyongan, tapi klo muntah ngga, mata belek, dan sering menyendiri, itu harus dibawa kedokter ya? Kira kira biaya nya berapa dok?

Dok, kitten saya baru berjalan 2 bulan umurnya, hampirr semua kitten dari 2 kelahiran belakangan matanya sering membengkak (kelopak mata atas dan bawah) diiringi dengan pilek. Dan akhirnya meninggal. induknya sudah di vaksin. Bahkan ada kitten yang sudah di vaksin, diawali dengan pembengkakakn kelopak mata tersebut, akhirnya juga meninggal. Ada yang kuat bertahan, sampai saat ini. yang ingin saya tanyakan, penyebab kelopak mata membengkak itu apakah termasuk gejala distamper atau hanya pilek biasa? .

umumnya distemper jarang yang menyebabkan infeksi di saluran nafas dan sekitar mata adalah infeksi chlamidya. vaksin yang diberikan vaksin apa? usia berapa diberikannya? kalau mendapati kitten dengan kondisi tersebut sebaiknya segera periksakan ke dokter, krn akan dilakukan pemeriksaan menyeluruh.

Dok kemaren pagi kucing saya mencret, lalu saya mandikan utk membersihkan bulunya dr sisa mencret yg nempel, hbis di mandiin saya keringkan dan saya jemur, lalu siangnya saya dapati dia lesu dan menyendiri dipojokan, ga mau mkn dan minum sm sx dan telinganya terasa dingin dan pucat, hidungnya jg basah, trus sikapnya kyk anjing kepanasan dok menjulurkan lidah dan nafasnya buru2 gtu, dsni ga ada dr. Hewan dok, skrg saya usahakan kasih air kelapa, wetfood di cekokin sedikit sm madu, td pagi baru saya kasih stimuno jg. Apa sdh benar tindakan saya ini dok?

Dok 4hari yg lalu sy nemuin serangga mati pas sy cari kucing sy kaya sesek nafas dan mulutnya terbuka pupil mata membesar akhirny sy kasih air kelapa muda slama 4 hari blm ada prubahan dia ttp sesek buat nafas 3 hari gak pup dan pipis makan pun susah, tapi dihari pertama sy kasih air kelapa kucing sy muntah cairan bening. Tolong bantuannya dok. Terimakasih

kucing di rumah saya terkena wabah ini 4 mati dan 1 masih dirawat inapkan di dokter hewan, sebenarnya masih ada 1 kucing yang sakit + 2 lainnya yang tidak seberapa parah, di rumah masih mau makan dan diobati dengan suplemen imun + antibiotik + obat pilek (karena 1 bulan sebelumnya terkena pilek dan masih belum sembuh), tapi ditelinganya (1 sisi) keluar darah kemudian mimisan apakah benar cukup memberi antiseptik (betadine) di telinga saja ??? tapi ketika dipegang telinga kucing tidak memberontak, padahal biasanya merespons kalau telinga sakit

kalau sdh infeksinya cukup parah bisa menyebabkan pecah pembuluh darah diberbagai bagian, krn efek yg sistemik, tp bs juga ada luka krn hal lainnya.pemberian antiseptik bs diberikan untuk mengurangi lukanya saja

Dok, kucing saya kulitnya warna kuning, hidung, bawah mata, bantalan kaki, pokoknya semua kulit berwarna kuning. Itu gejala apa y Dok? Cara penanganan pertama bagaimana? Dan kucing saya hanya jenis domestic cat, kucing biasa.
Tolong masukannya,.. terima kasih.

Maaf mau nanya dok, kucing saya gak nafsu makan, masih makan cuman dikit, kebanyakan di tidur, badannya juga normal, dan dipegang perutnya juga biasa, masih lari lari tapi gak kayak biasanya, itu mulanya karna temennya habis meninggal dok, apa itu ngaruh ya? Takutnya kalo kucingku ketularan sakit soalnya temennya itu meninggalnya tiba tiba, makasih.

penularan penyakit mungkin saja terjadi kalau mmg sebelumnya ada kasus kematian. jadi sebaiknya mmg konsultaskan ke dokter ya

Dokter saya mau bertanya beberapa Minggu lalu kan kucing saya habis kena distemper, lalu karena saya baru pulang dari luar kota dan saya liat dia lumayan sembuh saya pindah di kandang saudara si kucing yang lain nya tetapi memang terlihat baik2 saja setelah itu beberapa Minggu lagi si kitten jalan sempoyongan dan hidung nya terkelupas tanpa bulu karena sebelum nya ada luka , apa itu pengaruhnya atau memang dia belum sembuh betul ya dokter? Si kitten ini juga dia kurus sekali dok. Kalau bisa saya minta WA nya ya dok

apakah diagnosanya berdasarkan pemeriksaan dokter? jika memang berdasarkan pemeriksaan dokter dan berhasil sembuh, sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter nya ya, karena beliau yang tau kondisnya.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

doc… kucing saya jalan x balance … selera makan kurang .. berak dan kencing cam biasa … apa yg saya harus buat ye … selepas saya cuci telinga dia … terus lemah … ini kali kedua terjadi pada kucing saya

Dok,,, kucing saya sejak kemarin lumpuh,keluar air liur, BAB dan BAK d tempat tdrx. Tadi sore dia kejang2 sampai2 keluar air kencingnya. Kejangnya sekitar 2 menitan lamaax dok.. sampe sekarang gak bisa jalan dok. Nafsu makan dan minum menurun. Gerakan pasif. Kira2 kucingsaya kenapa ya dok? Bagaimana cara penanganan dan pengobatannya?
Terimakasih

Saya punya kucing 10 ,meninggal 3 saat saya brosing, teryata penyakit distemper atau virus parvo ( FPV ).sekarang 2 kucing saya lagi keserang lagi, yg satu dah parah.. Baru tadi kluar cairan, trus kejang² saya brosing virus nya udh nyerang kotaknya.. Saya dlu orang bandung sekarang pindah ksubang,orang tua saya sibuk, saya msih kls6 sd, jauh untuk datngi dokter hewan, untuk lebih menhn skcng harus suntikin vaksin,tpi saya gk punya.cara lain dari tidk harus suntkin vaksin apa yah dok?? Tlong bantuannya

vaksin hanya bisa dilakukan saat kucingnya sehat, kalau sedang banyak kucing yang sakit sebaiknya tidak di vaksin dulu, psahkan kucing yang sakit dengan yang sehat.

Dok kucing saya tidak nafsu makan trus saya kasih amosilin diamuntah trus saya lanjut amoksilin nya selama 3 hari terlihat sehat dan mau makan tetapi setelah saya stop amoksilin nya dia kembali lesu dan tidak mau makan sebab apa dan harus bagaimana menanganinya dokter???

Apakah sudah pasti ada infeksi bakteri? Kenapa diberikan antibiotij? Muntah belum tentu krn ada infeksi bakteri, dosisnya juga bs saja tdk sesuai pemberian nya. Jd perlu diperiksakan dulu ke dokter sebelum memberikan pengobatan. Cek juga info di web ini mengenai kucing muntah.

Dok saya mau bertanya, kucing saya akhir akhir ini suka mengerang, dan aaya perhatikan kucing saya kayaj sakit di bagian perut setiap perut di pegang dia marah dan mengerang, sudah 2 hari kuntah berwarna kuning dan ada cacingnya, kemudian kucinf saya susah bergerak san bab serta buang air kecil. Itu gimana ya dok?

sebaiknya konsultasikan ke dokter ya, kalau sakit bagian perut selain karena infeksi bisa juga ada sumbatan atau mungkin cedera pada bagian perut tersebut.

selamat siang dokter..
dok, saya mau tanya. kucing saya umur 2 bulan, dia banyak makan, aktivitas paling banyak, suka main. tapi tiba tiba mulai dari kemaren sore itu badannya lemes, ga mau makan, disuapin juga sedikit masuk, minum air harus disuapin juga, udah dikasih vitamin. tapi badan dia gemeteran hebat dok. saya udah ke puskeswan juga cuma dikasih suntik vitamin. saya sama keluarga takut kucing kenapa-napa dok. kira kira kenapa ya dok?
terima kasih banyak dok..
selamat siang..

Sebaiknya bisa ditanyakan diagnosa nya ke dokter yang melakukan terapi. Sebelum melakukan tindakan, tentu dokter akan menjelaskan. Krn gejala tsb mmg umum terjadi pd kucing sakit, penyebabnya bs macam2. Evaluasinya tergantung dr kondisinya serta history dr owner. Setelah diterapi dilihat juga perkembangannya. Tetap berikan makanan, minuman, dan sediakan tempat yang hangat.

Dok..kitten sy baru berumur 4bulan 21hari..Kitten sy awalnya sangat sehat..lincah..aktif..dan banyak makan..
Ekornya Sempat ke jepit pintu (hitungan 5detik baru terlepas dr jepitan pintu)..Sehabis kejadian itu,kitten sy masih aktif..main..lari2an dan masih mau makan dan minum..Tapi setelah keesokan harinya..di sore hari kitten sy mendadak lemas..berdiam diri..ga mau makan ..minum..Dan tidak bersuara sama sekali..Pada saat itu jg sy langsung ambil tindakkan mensuapi makanan dan minumnya ke kitten sy menggunakan alat suntik tanpa jarum. Dan memberikan minyak ikan.Dan itu berlangsung menjelang 4hari sy merawatnya memberikan makanan..minum..minyak ikan..bahkan setiap 2 hari sekali sy berikan kuning telur..
Sy perhatikan..selama Kitten sy sakit,dia suka sekali mendekatkan wajahnya ke wadah air minumnya..atau terkadang masuk ke dalam kamar mandi..tengkurap di closet jongkok dengan wajah menghadap ke air jg..
Awalnya sy pikir dia mau minum..ternyata dia hanya mendekatkan wajahnya ke dekat air sj..
Yg jd pertanyaan sy..apakah kitten sy mendadak lemas-diam-ga bersuara-ga mau makan & minum.. sakit dikarenakan ekornya terjepit pintu atau karna penyakit lain???Dan kenapa kitten sy jadi suka mendekatkan wajahnya ke dekat air???

NB : Sy belum bawa ke dokter hewan dikarenakan sy baru pindah rumah..sy belum tau dimana ada tempat praktek dokter hewan di sekitar daerah rumah sy..

Mohon penjelasan dan bantuannya..
Terima kasih dok

Dok..kitten sy baru berumur 4bulan 21hari..Kitten sy awalnya sangat sehat..lincah..aktif..dan banyak makan..
Ekornya Sempat ke jepit pintu (hitungan 5detik baru terlepas dr jepitan pintu)..Sehabis kejadian itu,kitten sy masih aktif..main..lari2an dan masih mau makan dan minum..Tapi setelah keesokan harinya..di sore hari kitten sy mendadak lemas..berdiam diri..ga mau makan ..minum..Dan tidak bersuara sama sekali..Pada saat itu jg sy langsung ambil tindakkan mensuapi makanan dan minumnya ke kitten sy menggunakan alat suntik tanpa jarum. Dan memberikan minyak ikan.Dan itu berlangsung menjelang 4hari sy merawatnya memberikan makanan..minum..minyak ikan..bahkan setiap 2 hari sekali sy berikan kuning telur..
Sy perhatikan..selama Kitten sy sakit,dia suka sekali mendekatkan wajahnya ke wadah air minumnya..atau terkadang masuk ke dalam kamar mandi..tengkurap di closet jongkok dengan wajah menghadap ke air jg..
Awalnya sy pikir dia mau minum..ternyata dia hanya mendekatkan wajahnya ke dekat air sj..
Yg jd pertanyaan sy..apakah kitten sy mendadak lemas-diam-ga bersuara-ga mau makan & minum.. sakit dikarenakan ekornya terjepit pintu atau karna penyakit lain???Dan kenapa kitten sy jadi suka mendekatkan wajahnya ke dekat air???

NB : Sy belum bawa ke dokter hewan dikarenakan sy baru pindah rumah..sy belum tau dimana ada tempat praktek dokter hewan di sekitar daerah rumah sy..

Mohon penjelasan dan bantuannya..
Terima kasih dok

Bs d cek kembali bagian tubuh yg terluka, apakah kondisinya semakin memburuk misalnya jd bengkak, infeksi. Krn kondisi kesakitan mempengaruhi juga aktifitasnya. Cek juga lingkungan, apakah ada ventilasi cukup, kondisi lingkungan terlalu panas juga membuat kucing tdk nyaman (efek pindah tempat juga bs mempengaruhi perubahan perilaku).

Leave a Reply

*