4 Makanan Berbahaya bagi Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN
4 makanan berbahaya bagi Anjing dan Kuicng tanya dokter hewan

4 Makanan Berbahaya bagi Anjing dan Kucing

Saat Anda mengkonsumsi sesuatu baik itu kudapan, buah, maupun sayur Anda pasti ingin membaginya dengan hewan kesayangan Anda. Hewan kesayangan Anda seperti Anjing dan Kucing akan berlaku manis ketika Anda mengkonsumsi sesuatu dengan harapan mereka mendapat “jatahnya”. Namun perlu Anda ketahui beberapa makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh Anjing dan Kucing Anda karena akan berakibat fatal.  Karena, memberi makanan yang sesuai bagi hewan peliharaan kita juga termasuk bagian dari pentingnya animal welfare. Berikut adalah daftar makanan berbahaya bagi Anjing dan Kucing.

  • Anggur, Currant, dan Kismis :

Anggur , kismis, dan currant (32 g/kg berat badan) dapat menyebabkan keracunan hingga berakibat fatal. Anjing dapat mengalami gangguan fungsi ginjal ketika mengkonsumsi anggur secara terus menerus. Gejala klinis keracunan yang terlihat mungkin terjadi pada 6-24 jam pasca konsumsi. Muntah merupakan gejala klinis yang akan terlihat disertai dengan diare. Kondisi gangguan perkemihan akan terlihat setelah 2-3 hari pasca konsumsi, anjing akan mengalami kesulitan berkemih. Penanganan yang dapat dilakukan yaitu membawa segera ke dokter hewan terutama jika muntah yang berkepanjangan karena dapat menyebabkan dehidrasi.

bubblyprofessor.com-anggur-

 

  • Alpukat

Hampir semua bagian dari alpukat termasuk daun, buah, dan pohonnya berpotensi menjadi racun bagi anjing, kucing dan hewan lainnya. Racun yang terkandung dalam alpukat yaitu persin yang fungsi sesungguhnya sebagai fungisida.  Alpukat secara umum akan menyebabkan peningkatan cairan pada paru-paru dan rongga dada sehingga dapat menyebabkan kesulitan bernapas yang berakibat kematian akibat kurangnya oksigen. Penumpukan cairan ini akan terjadi pula pada jantung, dan rongga perut. Gejala klinis keracunan alpukat yaitu muntah, diare, kesulitan bernapas.

herbalsanjeevani.com
herbalsanjeevani.com
  • Bawang Merah dan Bawang Putih

Hampir semua makanan mengandung rempah ini sehingga Anda perlu berhati-hati ketika mengkonsumsi makanan didekat anjing atau kucing Anda. Bawang merah dan bawang putih akan berbahaya untuk anjing dan kucing Anda karena mengandung racun yang dapat merusak sel darah merah sehingga menyebabkan anemia hemolysis serta terbentuknya Heinz bodies pada sel darah merah sehingga  bentuk eritrosit tidak normal. Kondisi ini akan menyebabkan fungsi sel darah merah untuk mengangkut oksigen berkurang sehingga menyebabkan anemia. Keracunan akan terjadi jika mengonsumsi 30 gr/kg berat badan pada anjing, dan 5g/kg berat badan pada kucing.  Gejala klinis yang terlihat umum seperti gejala keracunan disertai dengan kepucatan pada mukosa karena kondisi anemia.

blog.myfarmersmarket.com
blog.myfarmersmarket.com
  • Coklat

Kudapan lezat dan menggiurkan sebagian besar terbuat mengandung coklat. Coklat mengandung methylxanthine yang berbahaya pada dosis yang tidak terlalu besar. Konsumsi cokat sebanyak 250 mg/kg berat badan pada Anjing, 200 mg/kg berat badan pada kucing akan menyebabkan keracunan pada anjing Anda. Coklat yang dimaksud baik coklat yang murni maupun coklat olahan yang tercampur pada kudapan. Jika berat Anjing anda 10 kg maka 2.5  gram coklat powder atau coklat blok akan menyebabkan keracunan. Gejala klinis yang muncul akibat keracunan yaitu muntah, diare, dehidrasi, kesulitan nafas, bahkan serangan jantung mendadak.  Gejala klinis akan muncul 6 -12 jam pasca konsumsi. Jika gejala klinis muncul maka Anda perlu membawa hewan Anda ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

chilledblooded.com
chilledblooded.com

Sebagai pemilik kita perlu waspada dan memberikan yang terbaik untuk hewan kesayangan kita. Berikanlah snack yang baik untuk mereka dengan komposisi yang tidak membahayakan.

5 comments

Jika diarenya berlanjut maka akan sangat berbahaya, sebaiknya segera bawa ke dokter hewan untuk menghindari kondisi yang lebih parah. terimakasih 🙂

halo, mohon maaf baru merespon, komunikasi lebih banyak dilakukan di instagram dan line@. terimakasih pertanyaannya. air kelapa boleh diberikan pada kucing untuk menambah cairan tubuh.

Dok..
apakah boleh kucing diberikan tempe secara rutin sebagai makanan pendamping Ikan/Ayam untuk kucing ?
Karena selama ini, kucing2 dirumah saya kasih makan ikan tongkol kukus dicampur tempe kukus dan dikasih 1-2 tetes minyak zaitun/CPO/Propolis yang diberikan selang seling setiap harinya.
Mohon infonya Dok makanan pendamping Ikan/Ayam yang baik untuk kucing.
Dan bolehkan kucing diberikan sayur2an & Buah ?
Kalau boleh, sayur&Buah apa yang baik untuk kucing?

Terima kasih infonya Dok.

Leave a Reply

*