Apakah Kucing Perlu Mandi ? – TANYA DOKTER HEWAN
Apakah Kucing Perlu Mandi ?

Apakah Kucing Perlu Mandi ?

Apakah Kucing Perlu Mandi ?

Kucing takut dengan air? Tidak asing lagi memang kita mendengar bahkan mungkin mengalami kondisi kucing takut dengan air. Lalu, kenapa kucing harus takut dengan air? Apakah kucing sebenarnya tidak butuh mandi? Padahal kucing merupakan salah satu hewan peliharaan yang sangat dekat dengan kita.

Mandi atau grooming pada kucing sebenarnya tidak perlu terlalu sering dilakukan. Hal ini dikarenakan kucing memiliki kebiasaan self grooming (membersihkan dirinya sendiri). Kucing sangat menikmati proses self grooming, karena pada dasarnya dia sangat suka menjaga kebersihan dirinya. Self grooming pada kucing didukung oleh anatomi dari lidahnya yang berduri. Bentuk lidah seperti ini membuat rambut rontok maupun kotoran dapat terangkat.

Apakah Kucing Perlu Mandi ?
Apakah Kucing Perlu Mandi ?

 

Mandi pun sebenarnya untuk sebagian kucing merupakan hal yang membuat stress, kucing merasa terkekang, tidak bebas. Tak jarang saat kucing ingin dimandikan kucing menjadi agresif dan sangat ketakutan.

Namun, ada 4 alasan penting yang membuat kucing harus dimandikan :

#1. Kucing rambut panjang

Kucing dengan rambut panjang seperti Persia perlu dimandikan secara berkala. Biasanya memang kucing Persia menjadi kucing indoor sehngga tidak terlalu kotor. Namun terkadang rambutnya yang panjang membuat rambut menjadi gimbal. Pada kondisi ini tentu kucing perlu dimandikan. Mandi secara berkala setiap 1 bulan sekali atau 1 bulan 2 kali disertai dengan menyisir rambut setiap hari dapat mengurangi gimbal pada rambut kucing.

#2. Kucing outdoor

Kucing dengan gaya hidup outdoor tentunya berinteraksi dengan lingkungan lebih sering dibandingakan kucing dengan gaya hidup indoor. Kucing outdoor akan pulang ke rumah dengan kondisi yang sangat tidak disangka. Mungkin menjadi sangat kotor terkena lumpur, rambut kotor karena bermain didaerah berdebu dan lain sebagainya. Pada kucing ini tentu perlu dilakukan kegiatan mandi yang lebih sering, sehingga kucing akan merasa nyaman dan selalu bersih. Kucing bersih, kita pun merasa senang dan nyaman.

Kucing outdoor
Kucing outdoor

#3. Kucing usia tua

Kucing usia tua biasanya tidak bisa melakukan self grooming dengan maksimal. Kondisi sendi yang kurang baik menyebabkan rasa nyeri saat melakukan self grooming. Pada kondisi ini tentu kita perlu membantu membersihkan dirinya. Walaupun tidak terlalu sering karena kondisinya yang mungkin kurang baik, tapi jika dirasa perlu mandi, maka sebaiknya dimandikan.

#4. Penyakit kulit

Penyakit kulit yang menyeluruh misalnya infeksi jamur (ringworm) diseluruh tubuh. membuat kuicng perlu dilakukan treatment mandi dengan shampoo khusus untuk mendukung persembuhan.

 

Kucing termasuk hewan yang sensitif dan mudah stress sehingga perlu perlakuan khusus ketika ingin memandikannya. 

5 Hal yang perlu diperhatikan saat memandikan kucing yaitu :

#1. Usia

Umur kucing yang baik untuk memulai mandi yaitu pada usia 2 bulan atau setelah disapih dari induknya. Pada kondisi ini kucing sudah senang bermain dan siap untuk belajar berbagai hal. Usia sebelum 2 bulan atau 8 minggu sebaiknya dimandikan kering saja menggunakan lap maupun tisu basah.

#2. Suhu air

Kucing sebagai makhluk hidup dengan sistem indera yang lengkap tentunya dapat membedakan dingin dan panas. Oleh karenanya perlu diperhatikan suhu air yang digunakan untuk memandikan yaitu suhu yang hangat (suam kuku).

#3. Kondisi kesehatan

Tentunya hanya memandikan kucing yang sehat saja, tidak dalam kondisi demam, tidak dalam kondisi hamil dan menyusui.

#4. Cara memandikan

Kucing memang tidak terlalu suka dengan air, sehingga tidak perlu terlalu sering dimandikan. Walaupun harus mandi maka menggunakan cara yang less traumatic. Menggunakan pendekatan dengan mencipratkan air terlebih dahulu, jika kucing tidak menyukainya maka jangan dipaksa.

#5. Perhatikan karakter kucing

Kucing yang suka dengan air seperti maine coon, Turkish van, Turkish angora, tidak akan sulit jika akan dimandikan. Namun, kucing lain memiliki karakteristik yang berbeda, ada yang memang sangat senang dengan air walau kebanyakan sangat tidak suka dengan air. Kucing dengan karakter menyukai air tentu akan sangat mudah untuk berinteraksi dengan air.

Karakter Kucing
Karakter Kucing

Jika kucing tidak mandi dengan air, apakah kucing akan bersih ?

Pada dasarnya kucing menyukai kebersihan ditandai dengan kebiasaannya melakukan self grooming. Grooming kering bisa tetap kita lakukan untuk menjaga kebersihan kucing selain kegiatan self grooming yang biasa kucing lakukan.

Berikut 6  tips menjaga kebersihan kucing :

  1. Melakukan pemotongan kuku dengan nail clipper.
  2. Membersihkan area mata jika terdapat kotoran, terutama pada kucing dengan rahang yang pendek seperti Persian peke-faced (peaknose), kucing eksotik short hair. Pada kucing dengan rahang pendek ini, saluran air mata nya kecil sehingga banyak air mata yang keluar menyebabkan stain (warna sekitar mata). Kondisi basah pada daerah sekitar mata perlu dibersihkan setiap hari dengan menggunakan lap lembut yang dibasahi air hangat. Jika dibiarkan maka akan timbul jamur, maupun adanya infestasi bakteri pada daerah yang basah. Selain itu juga kurang indah dipandang mata J .
  3. Membersihkan telinga dengan menggunakan lap maupun cotton bud dibasahi dengan minyak zaitun atau baby oil.
  4. Melakukan daily brush (menyisir rambut setiap hari) terutama untuk kucing rambut panjang (long hair). Jika tidak dilakukan maka akan menyebabkan rambut menjadi gimbal dan sulit dibersihkan. Melakukan daily brush ini akan mengurangi kondisi hair ball pada kucing. Lidah kucing yang memiliki duri akan membuat rambut yang rontok ikut masuk ke saluran pencernaan dan menyebabkan hairball.
  5. Memberikan obat antiektoparasit pun dapat menjaga kucing tetap bersih dari kutu, pinjal, maupun tungau.
  6. Kitten biasanya masih sering melakukan aktifitas tinggi dan bereksperimen. Tak jarang saat makan di tempat makan maupun menyusui, bagian dagu dan mulut kotor dan basah. Kondisi ini jika dibiarkan akan menyebabkan bau dan jamur. Membersihkan menggunakan lap lembut dan dibasahi air hangat dapat membantu membersihkan kotoran pada kitten.

 

Semoga bisa menjawab pertanyaan pet lovers semua ya tentang Apakah Kucing Perlu Mandi? 🙂

*P.S Jika merasa artikel ini bermanfaat, mohon di share di Facebook ya supaya lebih banyak orang yang bisa baca 🙂

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

 

 

 

 

34 comments

dok,, bagaimana cara pengobatan untuk kucing yang terkena eosinophilic granuloma ??
mohon pencerahannya dok…
thanks

Apakah diagnosa tsb sudah berdasarkan diagnosa dokter? Terkadang gejala klinis nya mirip tp kemungkinan yg terjadi sangat banyak. Jd perlu diperiksakan scr teliti

Pagi dok, Dok saya Mau tanya apa Bener Kucing jika di mandi kan saat birahi Alan hilang birahi nya, Klw sedang hamil Akan Ke guguran Dan saat menyusui tidak Mau lagi menyusui, tolong infonya dok

Hi dok…
Kucing betina saya sedang birahi, saya mau grooming krn klo hamil lbh cenderung untuk tidak sya grooming. Pertanyaan saya, sebaiknya digrooming sebelum atau sesudah dikawinkan?.. Tks…

sebelum kawin, krn klo hamil bs stress. tp sbnrnya klo gak bau dan g kotor gak perlu mandi gpp kok

Dok kucing saya kenal tingau setengah badan dan tungaunya hampir kering apa boleh jika saya memandikan 3 hari sekali ?

sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter. dokter bisa memberikan terapi lain untuk penanganan tungau

Hai dok, saya mau tanya apakah sering membersihkan pup kucing lgsg dgn kanebo berbahaya bg saya? Krn saya tdk pke litterbox/pasir

Mksh atas jawabannya

sebaiknya pakai litterbox untuk memudahkan membersihkan dan melatih kucing terbiasa pipis dan pup ditempatnya. selama mencuci tangan dengan benar, menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, kucing selalu diberikan obat cacing rutin.

Dok Kitten boleh d kasih entrostop gk? Masalahnya kitten sya diare ,kasian badan nya lemes dan tdr terus udh gt dia gk mau makan, sya mau bawa k dokter tpi keadaan nya sudah malem, penangan pertama saya kasih entrostop 1/4 kira2 bahaya gk yah dok.. Abisan saya gk tega liat kitten sya lemess.. (Umur nya baru 2 bulan) .. Trims

Dok kucing saya baru pacak seminggu yang lalu tapi sekarang kotor apa boleh dimandikan? Sy belum tau dia sudah hamil atau belum

Sebenarnya cukup riskan kalau memandikan setelah di kawinkan, jd sebaiknya di lap saja dgn air hangat.

Dok kucing saya korengan, sebelumnya sudah mau sembuh tapi ketika mau sembuh kulitnya menjadi gatal jdi dia garuk lagi smpai akhirnya lukanya berdarah lagi tidak sembuh2, kalau seperti itu apakah boleh dimandikan?

Dok, kucing saya muntah habis dimandikan pake air hangat, sampo head n shoulder yg rasa lemon untuk badannya karna banyak kutu, sabun cuci piring jeruk nipis untuk menghilangkan kotoran diarea tangannya Sekitar 12 jam habis dimandikan dia muntah mengeluarkan makanannya dan ibu saya kasih makan lagi dan saya berikan minum dia muntah juga. Sebelumnya dia terlihat mau muntah setelah menjilati area tangan depannya setelah dimandikan saya telat mengeringkan daerah tangan depannya. Saya harus bagaimana dok untuk membuat dia kembali sehat. Dokter hewan tempat saya sangatlah jauh. Tolong bantuannya

Sebelumnya pastikan dulu sebelum memandikan kondisinya sehat, alat yang digunakan juga perlu sesuai. Minimal ada hairdryer atau pengering rambut, krn kalau tdk bisa kedinginan. Kadang kedinginan menyebabkan kucing jd tidak nyaman, kemungkinan tdk mengeringkan dgn benar dan membilas dgn benar bs juga menyebabkan tertelannya zat yg terkandung d shampoo dna sabun. Pdhl di shampoo dan sabun terkandung bahan yg berbahaya bisa menyebabkan keracunan. Sementara bs diberikan air kelapa untuk mengatasi keracunan, namun tetap perlu mendapatkan penanganan yg lebih lanjut dr dokter

Dok kucing saya terkena diare sudah tiga hari, tp makan dan minumnya sangat sering kira kira knp ya dok? Tp diarenya tdk bisa ditahan kadang dia keburu pup dimana saja dan sedikit sedikit.

Perlu diperhatikan betul kondisi sebelum mandi, sehat atau tdk. Pengeringan nya harus benar, suhu air juga jgn terlalu dingin. Kalau mmg tdk terlalu butuh dimandikan, tdk perlu dimandikan.

Dok,
Kucing saya kucing kampung. Kdg saya keluarkan dr rumah 2 atau sekali sehari hanya supaya dia tdk stress. Saya belum mandikan ke petshop lagi. Tapi kadang saya lap pakai lap basah lalu saya lap pakai tissue kering atau tissue basah.
Pertanyaan saya, apakah tdk masalah kalau saya hanya lap pakai kain bersih dibasahi dan yg sdh diperas airnya?

Saya takut dia kena kutu…dan terlihat sekitar telinga agak botak krn dia suka garuk2 tapi kupingnya bersih dok. Bagaimana yah dok?

sebaiknya jika tidak kotor tidak perlu dilap atau dibersihkan, krn kucing bisa membersihkannya sendiri dengan grooming. khawatir menyebabkan jamur ketika tidak kering sempurna. pemberian antiparasit perlu rutin, bisa diberikan secara tetes (banyak produknya di petshop maupun klinik).

Dokter apa boleh memandikan kucing lebih dua kali seminggu? Karena sering pipis di tempatnya dan kena tubuhnya.. (kucing saya ad lumpuh di bagian kaki dan pinggangnya)

tergantung kondisinya, selama tidak demam bisa dilakukan mandi. namun sebaiknya diperhatikan untuk benar2 mengeringkan tubuhnya. coba juga gunakan pasir gumpal, pada litterbox atau kandang, agar pipisnya bisa menggumpal dan tdk membasahi tubuhnya.

Dokter kucing saya sudah vaksin lengkap.. apakah dengan vaksin dia jadi gak gampang sakit
Dan gmna perawatan agar dia semakin sehat

silahkan baca pada artikel mengenai mengapa wajib vaksinasi ya, sudah dibahas disana. manfaatkan fitur cari tulisan.

Leave a Reply

*