Cara Mengobati Diare pada Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN

Cara Mengobati Diare pada Anjing dan Kucing

Cara Mengobati Diare pada anjing dan kucing

Sering sekali saya mendapatkan “curhatan” dari pemilik hewan peliharaan mengenai kondisi anjing maupun kucingnya yang diare. Biasanya pertanyaannya merujuk langsung pada bagaimana menanganinya, apa yang harus dilakukan. Jarang ada pertanyaan mengapa diare bisa terjadi pada anjing dan kucing saya??

Cara Mengobati Diare pada anjing dan kucing
Cara Mengobati Diare pada anjing dan kucing

Sangat penting bagi kita mengetahui penyebab diare, hal ini membantu dalam melakukan penanganan terhadap diare. Perlu bantuan dokter hewan ya tentu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.

Diare merupakan gejala klinis dari gangguan saluran pencernaan, ditandai dengan konsistensi atau bentuk feses atau pup yang encer (mencret). Diare pada anjing dan kucing terjadi ketika mencret dalam sehari frekuensinya sering, waktunya berdekatan. Jadi, diare beda dengan mencret ya. Kalau mencret belum tentu diare, kalau diare pasti mencret.

Diare bisa terjadi secara akut maupun kronis. Diare akut merupakan diare yang baru terjadi, waktunya sebentar. Sedangkan diare kronis terjadi dalam waktu yang lama dan terus menerus (menahun).

Diare umumnya terjadi karena adanya gangguan penyerapan air di usus, gangguan pergerakan usus menjadi lebih cepat (hipermotilitas). Penyebabnya sangat beragam, yaitu :

  1. Infeksi saluran pencernaan karena bakteri, virus,
  2. Infeksi saluran pencernaan karena cacing
  3. Infeksi karena protozoa (parasite dalam sel)
  4. Keracunan
  5. Memakan makanan yang tidak seharusnya
  6. Pergantian makanan secara mendadak
  7. Stress
  8. Alergi makanan

Diare bisa berbahaya untuk anjing dan kucing, karena diare dapat menyebabkan dehidrasi akibat keluarnya cairan berlebihan dari tubuh.

PRODUK RUMPUT

Diare terjadi terus menerus bisa disertai darah ataupun tidak. Diare berdarah menandakan adanya iritasi atau luka pada bagian usus yang bisa disebabkan oleh virus, bakteri, maupun parasite (cacing, protozoa).

Diare berdarah perlu mendapat perhatian, selain menyebabkan dehidrasi, juga menyebabkan anemia akibat kekurangan darah. Diare berdarah disertai muntah pada anjing dan kucing usia puppy dan kitten, belum divaksinasi, merujuk pada infeksi akibat virus Parvo. Infeksi virus parvo pada kucing ini dikenal dengan distemper (feline panleukopenia), pada anjing dikenal dengan Parvo.

 

Selain diare berdarah, ada juga diare yang disertai dengan keluarnya cacing. Tentu penyebabnya jelas ada infestasi cacing yang cukup parah sehingga cacing memenuhi saluran pencernaan.

#Bagaimana jika hewan peliharaan saya diare?

Saat hewan peliharaan kita diare, kita perlu mengobservasi terlebih dahulu kira-kira penyebab terjadi diare nya.

Biasanya diare disertai dengan muntah, tidak nafsu makan, dan demam. Jika kondisi ini berlangsung lebih dari dua hari sebaiknya segera langsung diperiksakan ke dokter hewan terdekat. Hal ini dikarenakan diare bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan.

#Apa yang akan dilakukan dokter ketika hewan peliharaan kita diare?

Dokter biasanya akan menanyakan riwayat pemberian obat cacing, vaksinasi, pergantian pakan, dan pertanyaan lain yang berhubungan dengan kondisi diare.

Jika diperlukan, dokter akan melakukan pemeriksaan darah dan pemeriksaan feses atau kotoran.

Jika diketahui kondisi nya sudah dehidrasi, maka dokter akan langsung melakukan terapi cairan atau infus.

#Apakah kita bisa memberikan pertolongan pertama pada hewan diare?

Penanganan di rumah untuk hewan diare bisa dilakukan dengan berusaha memperbaiki nafsu makan dan mendapatkan cairan :

  • usahakan makan disuapi dengan menggunakan spuit, makanan yg diberikan adalah makanan yang teksturnya lembut agar mudah tercerna. Makanan basah atau puding ikan bisa diberikan.
  • frekuensi minum pun bisa ditingkatkan dengan pemberian kaldu ayam, maupun kaldu lainnya.
  • jika memang penyebabnya adalah pergantian pakan, maka sebaiknya pemberian pakan perlu dihentikan secara perlahan. Lalu berganti ke makanan sebelumnya dengan bertahap.
Spuit untuk makan kucing dan anjing
Spuit untuk makan kucing dan anjing

#Pengobatan apa yang bisa dilakukan untuk hewan diare?

Setelah dokter mengetahui penyebab diare, dokter akan memberikan terapi yang sesuai dengan penyebabnya.

Pengobatan yang lazim dilakukan pada hewan diare diantara nya:

  • terapi cairan (infus) jika terjadi dehidrasi parahBiasanya dilakukan pada infeksi virus, karena infeksi nya yang cepat dan menyebabkan dehidrasi yang cukup parah.
  • antibiotik jika ada indikasi infeksi karena bakteri dan protozoa
  • probiotik sebagai terapi penunjang
  • obat cacing jika ada indikasi infeksi karena cacing
  • karbon aktif jika ada indikasi keracunan
  • antidiare universal yang bekerja mengurangi pergerakan usus dan menyerap toksin dari bakteri seperti kaolin pectat, loperamide,

#Bagaimana mengetahui hewan dehidrasi akibat diare?

Dehidrasi bisa terjadi pada hewan yang diare, terutama jika diare disertai dengan muntah yang menyebabkan cairan banyak keluar dari tubuh melalui kotoran yang cair.

Akibat diare dan muntah yang berkepanjangan lebih dari satu hari, akan menyebabkan hewan tidak nafsu makan, aktifitas berkurang bahkan sangat lemas.

Lemas merupakan salah satu ciri dehidrasi, ciri lain dehidrasi yaitu :

  • mukosa atau selaput lendir seperti gusi, kelopak mata menjadi pucat
  • kulit elastisitasnya berkurang
  • mata menjadi lebih cekung
  • hidung kering
  • pada kucing akan terlihat ada penonjolan dari membrana niktitan atau selaput mata putih dari ujung mata

Kondisi dehidrasi perlu segera diberikan terapi, karena jika dibiarkan maka tubuh akan lemas karena cairan penting sebagai salah satu penunjang melakukan metabolisme tubuh. Kurangnya cairan di tubuh menyebabkan darah mengangkut oksigen dalam jumlah sedikit, nutrisi dan energi tidak tersampaikan ke sel, bahkan kondisi yang paling membayakan yaitu berkurangnya jumlah asupan oksigen ke otak yang bisa menyebabkan kondisi fatal hingga kematian.

Penanganan diare perlu dilakukan segera, karena diare bisa menyebabkan dehidrasi yang berakibat fatal bagi hewan peliharaan kita.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.

https://tanyadokterhewan.com

 

132 comments

Halo dok, saya ingin tanya. Sudah 3 hari ini perilaku kucing saya tidak seperti biasanya. Hari ini saya cek ternyata suhu tubuhnya agak panas, dan dia belum pup or pee sperti biasanya. Nafsu makan bagus, tidak ada muntah dan mencret (karena memang belum buang air hari ini). Dia tiduran terus, mungkin krn badannya agak panas. Itu kenapa ya dok?
Terimakasih

silahkan diukur menggunakan termometer, jika suhu lebih dari 39.5 C berarti demam. perlu penanganan segera dengan memberikan makan dan minum yang basah supaya bs terhidrasi dengan baik

Perlu diperhatikan asupan makanannya, kemungkinan terkena infeksi virus ataupun parasit juga bs

bisa juga disebabkan oleh konstipasi akibat bbrp hari tdk pup, atau bisa juga kembung, segera ke dokter ya

Berarti kucing saya kena mencret ya, dok? Soalnya sejauh ini makan tetep lahap, gak ada muntah, udah pake obat cacing juga. Cuma sejak pupnya lembek agak cair saya kasih air kelapa sama tempe campur makanan basah aja… Kalo obatnya apa ya dok?

tergantung penyebabnya untuk pengobatannya, silahkan baca di artikel ya lebih lengkapnya sudah saya jelaskan

Dom saya punya induk kucing bru melahirkan 4 anak udh swkitar 1 bln lebih, jadi udh beberapa minggu ini, pantat induknya jorok trus bulu disekitatnnya menguning, saya liat pipisnya ada kayam merah2 gtu dok, makannya masih lahap dok, tpi katena pantatnya gak bersih jadi induk tu bau dok, jadi itu gmna ya dok?

kucing saya umur 4 bulan. sudah semingu lebih bab nya encer kadang cair kadang normal. Terkadang ada darahnya. hal tersebut terus berulang. apa yang harus saya lakukan. makan mimum masih normal. mohon bantuannya.

Kenapa kucing saya tidur terus?nggak mau makan dok,badannya yg gemuk skarang agak kurus sehari tidur terus nggak mau makan dan minum itu diatasi apa ya dok tlong jwab dok.

Assalammualaikum dok ,sudah 2 hari kucing saya pup nya seperti air ,karna sangat cair tetapi nafsu makannya normal dok dan tidak ada darah ataupun lendir di pup nya ,kira kita obatnya apa ya dok soalnya kucing saya lagi hamil dok,terimakasih dok sebelumnya

sudah dibaca artikelnya? silahkan baca kembali ya, saya sudah jelaskan apa yang bisa diberikan untuk pertolongan pertama terimakasih

Dokter saya mau tanya. Kucing saya di bagian pipi kanan bengkak. Dari bengkak kecil sekarang semakin besar sudah 2 hari dok. Kucing saya juga gak nafsu makan . Kira2 kenapa ya dok?? Makasih dok

bengkak bisa mengindikasikan tumor, radang yang bernanah atau abses, atau mungkin ada penyebab lainnya. segera periksakan ke dokter ya

Siang dok,kucing saya persia peaknose
Udah 2 hari pun nya lembek dan tadi pagi cair
Nafsu makan turun drastis,soalnya Pakan ganti dan dari kemaren minum terus
Tadi udah di bawa ke dokter
Kira2 itu bahaya mengancam nyawa mpus saya gak dok?
Mohon jawabanya dok,makasih

kalo diare terus bisa membuat dehidrasi, dehidrasi bisa menyebabkan kondisi fatal krn kegagalan organ. saya sudah jelaskan juga di artikel loh

Selamat siang dokter. Saya mempunyai kucing sekitar umur 3-4 bulan. Saya mau bertanya, kucing saya tiga hari yang lalu tidak sengaja makan kecoa. Lalu keesokan harinya badannya langsung lemas dan tidak nafsu makan. Lalu hari ini sudah agak sehat namun nafsu makannya tidak kembali. Biasanya saya berikan ikan tongkol rebus namun tadi saya ganti dengan makanan kucing yang kering juga tidak mau. Pernah sekitar seminggu atau dua minggu yang lalu kucing saya muntah cacing dok. Itu kira kira kenapa ya? Saya khawatir karena dulu kucing saya pernah mati kena distemper dan gejalanya mirip seperti ini. Terimakasih bantuannya

Dokter.. anjing sy sdh 2 hari malas makan. Hari pertama 4x dia pup tp msh mau mkn sedikit hari kedua skg udh ga mau mkn krn klo dia mkn muntah lg. Dikasi obt apa ya dok baiknya?

Dok, udh hampir seminggu telinga kucing saya kyk berair dan ngeluarin bau yg cukup menyengat. Itu penyebabnya apa ya ? Dan apakah ada obatnya ?

Dok kucing saya sejak lahir 1bulan yg lalu bbnya turun drastis, makannya juga sedikit jadi saya coba ganti makanannya sekitar 1 minggu yg lalu itu gak terjadi apa2 baik2 saja dan makannya juga banyak seperti semula. Beberapa hari yg lalu saya lihat kucing saya makan ikan dok, sejak 3 hari yg lalu kucing saya mencret dok, gak mau makan, bahkan muntah, dan kayak ngeden gitu dok tapi tidak keluar apa2 dari anusnya. Kemarin saya sudah bawa ke dokter hewan tapi belum ada perubahan dok soal nafsu makan dan mencretnya tapi sekarang sudah bisa jalan dok. Gimana ya dok caranya biar kucing saya cepat pulih?

perlu sabar, pemberian probiotik juga bisa dilakukan, bisa cek instagram saya di @tanyadokterhewan ya

Mau tyk dok,kucing sya kalau pup itu encer,apakah itu terkena diare/mencret tp makanya byk lahap? Apa fktor makanan mencret kyk gt?

Dokter
Kitten saya umur 2 bulan. Pup nya cair banget dan juga muntah. Setelah itu selang seminggu gak ada muntah lalu muntah lagi. Muntahnya berbentuk makanan dan pupnya cair berbau sangat tidak sedap. Selang sehari tidak muntah lalu muntah lagi. Lalu saya bawa ke dokter. Oleh dokter diberikan obat cacing kena terdeteksi cacingan dan di beri mylanta dan apyalish. Sepulang dr dokter, kitten nya saya kasih mylanta. 30 menit setelahnya dy tidak mau makan yg biasa dy sukai. Kondisinya saat itu masih lincah tapi masih muntah2 dan juga pup cair. Setelah 4 jam sudah mau makan tapi hati ayam. Setelah makan saya beri apyalish. Jarak 4 jam dy muntah lagi dan pun lagi. Jadi dalam sehari itu sy pup dan muntah sekitar 6x. Tapi malam nya dy tidak muntah atau pup. Paginya dy sudah mau makan seperti biasa. Dan masih di beri mylanta di siang hari. Tanpa muntah tapi pup nya masih cair banget. Sorenya saya beri apyalish. Selang satu jam, dy muntah lagi dan pup cair. Untuk makan nya kembali cuma mau makan hati ayam.

Itu kenapa ya?
Apakah bau pupnya bisa dari sesuatu yg dy makan?
Apakah muntahnya karena pemberian obat dan pergantian makanan?

selain ada indikasi cacingan, bisa juga kemungkinan infeksi virus kalau memang belum divaksinasi, atau bisa juga ada infeksi bakteri. karena kitten mmg sangat rentan dengan infeksi. sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter ya. kondisi muntah dan diare yang berlebihan bisa menyebabkan dehidrasi

Dok…
Say a baru adopsi anjing umur 3 bln…2 hari mau makan dog food Royal Cabin starter mouse…skrng sudah tidak mau lagi…jadi say a kasih nasi dan suwiran daging Ayam…
Sudah 2 hari INI pup nya mencret kaya air…hari INI sudah 3kali…jam 6 pagi, jam 11 dan jam 15…saya kasih obat APA yaa biar ngga mencret lagi.

Tanya dok, kucing saya berumur 3 bulan, sering sekali mengeluarkan kotoran dimana-mana, tidak beraturan, kotorannya keluar sendiri, mungkinkah itu termasuk penyakit diare? Sudah diberi obat cacing juga? Namun masih terus keluar kotorannya.

seperti yang sudah dijelaskan di artikel. jika terjadi mencret dlm sehari sering dan dalam waktu yang berdekatan maka dikategorikan diare. diare buka penyakit, tapi gejala nya saja

Halo dok, adik saya punya kucing baru berumur 6 minggu. beberapa hari belakangan, ktnya pupnya sangat cair, bahkan terkadang tidak bisa ditahan, bisa pup dimana saja dia duduk. saya sudah beritahu adik untuk memberikan pertolongan pertama sesuai yang ada di artikel dokter, tapi belum ada kemajuan. di sana sendiri sulit mencari dokter hewan. kalaupun ada bisa 5 sampai 6 jam perjalanan. dari desa saya ke kota. saya juga sempat membelikan dan mengirim obat diare untuk kucing tsb. tapi kt adik saya tidak ada kemajuan, kira2 cara apalagi ya dok utk penangananya? dari info adik saya, kucing tersebut mulai diare setelah diberi makanan basah untuk kucing yang saya belikan. namun hanya 1 kucing yang mengaalami diare sementara yag lain tidak.

menurut adik saya sih dok, dia tetap kasih makan kucingnya dengan ikan yang dihaluskan. lalu diberi oabat diare yang saya belikan dan obat cacing juga dok. awalnya mau memberi susu pengganti untuk kucing tapi teman saya bilang jangan. krn takutnya malah tambah diare. tapi makin hari kucingnya terlihat kurus. kt adik saya dia usahakan kucingnya tetap minum, dan diberi air kaldu seperti yang dokter sarankan juga. dia beri air kaldu setiap 2 jam sekali. agar tidak dehidrasi.

sebaiknya tdk perlu memberikan susu ya, konsultasikan juga dengan dokter agar bisa segera diberikan penanganan

Malam dok.

saya mau tanya mengenai kondisi anjing saya, jenis ALaskan Malamute, umur 2 tahun. Anjng ini saya adopsi dengan kondisi pencernaan yang tidak bagus. Berdasarkan pemeriksaan dokternya, memang mengalami sensitif pencernaan. Disarankan mengkonsumsi Science Diet yang Digestive Care. Pengobatan jg dilakukan dengan memberikan diatab sbg karbon aktifnya.

Saat ini nafsu makan sudah membaik, 4x sehari, tetapi dengan menu nasi+wetfood lamb+hati ayam+Virgin Coconut Oil. Terkadang juga diselingi dengan Science diet yang digestive Care dan Blackwood for sensitive stomach.

keluhannya :
1. dalam tiap minggu ada beberapa hari dimana pupnya lembek, tidak berbentuk dan basah. Baunya pun menyengat. Tetapi nafsu makan tetap bagus dan mau minum. Lincah seperti biasa. Apa yang harus saya lakukan? Biasanya saya cek suhu dan selalu di angka 39, yg menurut dokter langganan saya adalah normal untuk ukuran anjing sebesar itu. Obat yang saya berikan adalah diatab 2x sehari, 1 tablet masing-masing. Apabila mengalami suhu di angka 40 koma sekian, saya berikan Sanmol dengan dosis 2x 1/2 tablet, tetapi ini sangat jarang.

2. Saya mendapat info jika ini disebabkan karena bakteri di pencernaan yang tidak baik. Berdasarkan history sebelumnya, anjing saya mengalami malnutrisi dimana dia sering memakan sampah. Saran yang saya dapat adalah diberikan minum Yakult atau obat dengan nama Lacbon. Apakah ini aman? Jika iya, berapa dosisnya? saat ini berat badannya di angka 29-30 kg.

3. apakah ada saran lain yang bisa saya lakukan dengan spesifik, selain artikel di atas?

terima kasih atas jawaban yang akan disampaikan nanti.

salam hangat.

boleh di pakan diberikan probiotik, jenisnya bisa yakult, bisa yoghurt, yoghurt tdk masalah diberikan setiap hari dicampurkan dengan buah dan sayuran. yoghurt cukup 1-2 sdm setiap harinya. kalau mau dengan yakult bs 1 botol, untuk probiotik serbuk cukup1 sachet saja

Dok, kucing saya tgl 21 dari pagi main keluar tengah hari saya cari saya bawa pulang Krn blm makan dan dia jd gak mau makan sama sekali hanya minum. Sehari itu gak makan, jika mau disuapi lari ke sana kemari. Pagi tgl 21 dia terlihat muntah. Dia tak pup sama sekali di rumah sejak tengah hari saya bawa masuk rumah. Sore dia juga muntah berbentuk lendir namun tdk ada bolabulu. hari itu dia muntah 3 kali tanpa pup. Tgl 22 pagi terlihat mulai lemas makanan tdk disentuh sama sekali air minumpun jg tdk, siang mulai saya paksa minum air gula Jawa (saran pemilik pet shop di dekat rumah) awalnya mau saya bawa ke dokter jauh Dr rumah Krn saya jg tdk memiliki tas kucing/keranjang. Satu2nya dokter dekat rumah sedang praktek di tmpt lain. Hari itu jg muntah lendir namun blm pup. Tengah hari saya paksa ttp tdk mau.. kemudian saya paksa minum air gula Jawa td menggunakan pipet (kucing msh memiliki tenaga yg kuat utk meronta bahkan setelah dipegang 3 orang). Air yg masuk hanya sedikit. Kemudian saya paksa utk makan wetfood dan vitamin (ini jg dg cara paksa Krn kucing bahkan tdk mau membuka mulut). Hanya masuk sedikit. Sore hari dia mulai pup, saya cek pup nya mencret tp tdk berdarah. Dr sore itu hingga pagi tgl 23 ini dia mulai pup sbnyk 5 kali dlm rentang 2-3 jam namun tdk lagi muntah. Pagi ini saya paksa makan dan minum lg. minum air putih masuk sekitar 2 sendok makan sama sekali tdk mau, vitamin masuk sekitar satu ujung jari. Gejala yg tampak: Tidak mau makan sama sekali, lemas tp msh memiliki tenaga utk memberontak (sampai pagi ini dia msh memberontak kuat), mencret, muntah berlendir hanya sebelum mengalami mencret, masih bisa berjalan, mata cekung namun tdk berlendir/basah, hidung jg tdk berlendir/basah, nafas bau semenjak saya paksa makan sebelumnya tidak, mulut terbuka sedikit jika dihampiri mengeluarkan suara gerang, berpindah2 tempat di tempat gelap, tidak mau berbaring hanya tengkurap dg 4 kaki menompang tubuh. Kira-kira sakit apa ya dok? Ada cara mengatasinya tanpa ke dokter hewan tidak?

pemeriksaan tentu akan sangat baik tetap dilakukan krn dari keterangan yang diberikan tanpa melihat tidak bisa juga memberikan diagnosa. gejala klinis seperti itu bisa terjadi pada infeksi virus, bakteri, maupun kondisi stress

pemeriksaan tetap harus dilakukan, cukup sulit soalnya kalau tidak dilakukan pemeriksaan. gejala klinisnya bisa karena infeksi apa saja bs virus, bakteri, stress juga bisa mneyebabkan hal tsb, atau mgkn ada luka.

bisa juga baca ini ya : distemper pada kucing

distemper

dok gmn ni cara mengobati kucing saya sebab anusx keluar.. dan sepertinya dia dehitdrasi karena dari anusnya keluar cairan terus

Permisi dok, kucing saya umurnya 1,5 tahun dia lagi menyusui, kemaren dia pulang kerumah kaki depannya sakit sebelah kiri cuma ga ada luka, dia terus sekarang diare. Dia masih mau makan minumnya juga dibanyakin ud lemes bgt dok… ini barusan dia muntah, mohon solusinya dok, dia belum pernah aku kasih obat cacing tapi poopnya juga ga pernah ada cacing aku sering kasih madu asli buat dia

Belum dok, sekarng malah ad bengkak di kaki depannya yang sakit dok, kalau di bawa ke dokter hewan kira-kira biayanya berapa ya dok, dia juga masih diare dok kaya air mengalir aj keluar poopnya dok, saya id kasih oralit sama diminumin madu biar ga lemes…
Diarenya apa bisa karena luka dikakinya ya dok?

Permisi dok saya mau tanya, kucing saya makannya ikan laut yang direbus. Kalau ga pake ikan itu dia ga mau makan. Apa ada efek samping makan ikan laut secara continue untuk kucing dok? Kucing saya kucing kampung dok.
Terimakasih sebelumnya

Selamat? malam dokter,
Saya mau tanya, apakah boleh memberikan kucing air kelapa saat mengalami dehidrasi akibat diare tersebut?
Dan apakah Yogurt plain dpat membantu mempercepat penyembuhan kucing yg sedang diare?
Dan satu lagi pertanyaan saya, saya kemarin habis beli obat untuk kucing saya secara online, kira2 klo pesan online begitu bahaya atau tidak ya dok obatnya?
Nanti abis dokter balas saya akan kirimkan gambar lewat email atau line obat yg saya maksud ya dok.
Terima kasih.

Pemberian obat scr online asal jelas kandungannya, Pembeli tau fungsinya sh TDK maslaah, yoghurt boleh diberikan untuk memperbaiki kondisi fesesnya, kalau masih belum membaik sgr periksakan ke Dokter ya

Makasih dok udah dijawab,
Aku mau tanya lagi.
Tadi pagi pas kucingku menguap, nafas yg keluar itu panas gtu dok gak kayak biasanya.
Klo bgtu kenapa ya dok?

Dokter kenapa ya kalo kucing saya pounya cair dan dia jalanya agak susah untuk kaki belakang ya.
Dia juga megeluwarkan air mulu dimatanya.
Dia juga susah buwat makan.
Saya mau bawa kedokterhewan untuk di daerah jakarta utara dan biyayanya berapah yah. Terimakasi

bisa di search d google ya untuk alamat dokter nya, biaya tergantung klinik dan tindakan yang dilakukan/

Dokter mau tanya nih anak kucing usia 3 bulan boleh nggak di kasih raw food(makanan basah) dan baiknya sperti daging atau ikannya di rebus atau di frozen?makasih dok

Kalau ingin rawfood artinya mentah, tentu gak direbus atau dimasak ya. Perlu banyak membaca lagi ttg rawfood kalau mmg ingin menggunakan pakan sistem ini..krn lumayan beresiko kalau penyimpanan nya krg benar. Silahkan baca disini ya : panduan memilih makanan

Alhamdulillah sekarang kucing saya udh lumayan sehat dan udh gk diare lgi setelah dikasih yogurt selama 2 hari (dikasih 3x sehari satu sendok teh)
Makan jga udh lahap bgt, cma klo minum dia masih belum mau dok, terus jg klo bangun tidur ilernya banyak bgt gtu dok. Itu kira2 knp ya dok?

Saran saya diperiksakan ke dokter ya. Kalau mulut keluar liur terus bs ada luka, bs juga radang

untuk bbrp kucung perlu hati2. krn bs menyebabkan peningkatan asam lambung yg bs menyebabkan muntah

Dok kucing saya lagi diare karena perubahan makanan , Kalau dibawa ke dokter hewan biaya buat ngobatinnya berapa?

tergantung tindakannya yang dilakukan dokter, apakah sdh dicoba memberikan probiotik? sepertinya sdh saya jelaskan di artikel

dok..saya mau tanya nih, kucing saya tdnya sehat bahkan terbilang gemuk+besar badannya krn saya sllu menjaga asupan pangannya…saya sllu rutin ksh mkn keju 2x sehari,makanan kaleng nya 2x sehari,vit minyak ikan minimal 2hari sx,susu nya setiap menjelang mlm aja saya ksh, sedangkan kalau makanan keringnya saya anggap hanya sebagai cemilan mknya sllu standby dtmpt mknnya..nah td pagi saya lihat dia pub nya agak sedikit lembek krn biasanya bulat+bagus krn pub nya lembek dia jd terkena bulu2nya jd saya mandikan dia tp saya sllu mandikan dia itu dgn air hangat..stlh saya mandikan saya keringkan dgn higdry lalu sprt biasa saya ksh vitnya lalu saya ksh cemilannya tp tiba2 dia muntahin semua isi perutnya dok…lalu selang 1jam stlh itu dia minta pub tp koq pub nya cair+berlendir+ada sedikit darah walau cm sdkit..terus dia muntah2 cairan lg+ada keluar bulu walau sdkit..nah skrg jd gak mau mkn walau smua mknannya saya sajikan ddpn nya..sya jd khawatir..tolong bantu saya dok, saya perlu saran+solusi dr dokter apa yg hrs saya lakukan…mksh sblumnya dok…

Keju, susu sebenernya tidak perlu diberikan jika terlalu sering bisa menyebabkan gangguan pencernaan spt diare maupun muntah. Berikan protein yg lain spt ikan, ayam, daging, sdh sangat cukup.

Mandi juga kalau sehat saja kalau sakit dimandikan akan berdampak kurang baik..sebaiknya konsultasikan sgr ke dokter ya

Dokter..anjing saga umur 7 bulan, sehabis divaksin pupnya mencret dan ada darah tp ga muntah. Saya periksakan ke dokter hewan dan sempat diopname 2 hari. Anjing saya sejak mencret awal masih tetap mau makan Minum dan tetap ceria tidak lemas. Diagnosa nya bukan karena virus, dan diberi antibiotik dan vitamin. Disarankan untuk Minum obat cacing kalu pupnya Sudah padat. Makanan diberikan dogfood merk RC yg intestinal. Sudah bbrp hari ini di Rumah, pupnya ga padat2 teksturnya. Antibiotiknya habis kok pupnya kembali lebih encer dan ada darahnya lg. Tapi anjing saya masih tetap aktif dan mau makan. Apa boleh saya berikan obat cacing dalam kondisi dia skrg? Selain diare itu, anjing saya normal2 saja. Mohon dijawab ya dok…terima kasih sebelumnya.

Untuk pemberian obat sebaiknya konsultasi kembali dengan dokter yang menangani scr langsung ya.

Assalamualaikum dok. Saya mau tanya, saya baru adopsi kucing, feces pertama nya wktu diadopsi itu lunak, sangat berbau dan diujungnya ada sedikit bercak darah dan lendir. Kemudian selanjutnya mencret beberapa kali dalam sehari, saya kasi diatab, akhirnya fecesnya lunak dan tdk berbentuk, trus kadang kadang lunak tp sdh berbentuk, hari ini feces nya seperti air, dan dia susah untuk menahannya alhasil fecesnya berceceran dilantai. Tapi dia rajin makan, masih aktif main walaupun memang lebih suka tidur tp saya anggap dia mmng kucing malas krn sejak pertama adopsi dia lebih suka tiduran. Merk makannya nggak diganti dok, sama kayak owner sebelumnya, lebih sering juga dikasih makanan basah dari pada makan kering cuma kuselingi dengan susu kucing. Krn takut ada cacing, jd ku kasih kombantrin 1/2 ml dok. Terakhir fecesnya warna hijau setelah minum combantrin dok. Apa itu keadaan yg berbahaya dok?

Kalau perpindahan tempat biasanya mmg membuat kucing jd tidak nyaman, efeknya bs saja jadi diare krn saluran cerna yg cukup sensitif.

Silahkan baca disini ya : kucing diare

Segera periksakan ke dokter hewan ya

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok saya mw bertanya.kucing saya baru melahirkan 1bln yg lalu.skrg dy mencret dok (kental tdk cair) sdh hari ke 5.saya sdh kasi diacat sehari 2kapsul.lalu makan nya saya gnti dgn tempe dan kuning telur.bab nya kdang sdh padat tp selang sehari encer kembali.dan netes2 krn dy kya kecipirit gt dok.dan skrg pantat dy ledes dan perih krn tiap pup nya kluar sdkit akan dy jilatin.apa yg hrs saya lakuin lg dok biar dy napsu mkan nya kmbali.dan bgmn perawatan pantat nya yg ledes dok.saya kasian liat kucing saya.trimakasi sblmnya dokter.

sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan feses supaya diketahui kemungkinan yang terjadi misalnya ada infeksi parast dan lainnya. seperti yang sudah dijelaskan di artikel penyebab diare kan banyak .

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dok
Kucing saya dalam sehari bisa 5-6kali buang air besar, pupnya encer, tapi dia kelihatan sehat, lincah, dan nafsu makan juga oke, hanya saja intensitas minumnya lebih sering
Mohon solusinya

seperti yang sudah dijelaskan di artikel, banyak penyebabnya bisa karena adanya parasit maupun sensitif terhadap bahan makanan tertentu. perlu diperhatikan juga reaksi jika memberikan makanan baru, sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter. bisa cek juga mengenai skor feses (pup) disini : Skor feses kucing

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

dok, tgl 13 kmren saya baru adopsi anjing yg menurut penjualnya sdh berumur 1bln 7hari jenisnya lambrador rietriver. wktu saya beli kmren di msh main2 gitu tapi pas saya bawa ke rmh dia bawaanya tdr terus dan gamau makan sama skli hanya minum air aja, dan klo dia bangun pasti muntah dan pup. Mulai sore kmren smpe pagi ini dia pup mencret terus dan muntah air doang. saya sdh beli dry&wet food nya tapi gamau mkn. saya sdh kasih susu khusus buat anjing tapi gamau juga. klo dipaksain minum atw mkn dgn cara disuapin gitu gpp dok? dan kondisi sprti itu knpa ya dok?

usia kurang dari 3 bulan di adopsi memang cukup beresiko, selain daya tahan tubuhnya masih dalam perkembangan juga tingkat stress nya tinggi karena terlalu cepat dipisahkan dengan induk. Sebaiknya jika 2 hari tidak mau makan, segera periksakan ke dokter ya.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Halo dok, kucing saya sudah 2 minggu diare gk sembuh2, sepertinya saya kasih obat cacing yang berlebihan, anus nya sampai membengkak merah, saya kasihan liatnya, saya kasih lacto B juga gk sembuh, solisinya gimana ya dok biar kucing saya bisa sembuh lagi.
Mohon bantuannya dok

seperti djelaskan di artikel, penyebab mencret maupun diare sangat beragam, sebaiknya memang konsultasikan terlebih dahulu ke dokter. perhatikan juga makanan dan kualitasnya, krn bisa juga mempengaruhi bentuk kotoran

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Assalamu’alaikum dok.
Pemberian obat cacing untuk kitten bisa dimulai minimal umur berapa? Dosisnya berapa ya dok kalo saya mau pake merk Drontal? Apa benar Combantryn sirup bisa juga untuk obat cacing kitten? Terimakasih. Sukses & banyak memberi manfaat selalu dok ?

Waalikumsalam, saya sudah pernah bahas di artikel 10 pertanyaan mengenai cacingan pd anjing kucing. Silahkan dibaca

Dok sy punya kitten br 1 bln dr kmrn dy mencret trs smpe pantat nya bau klo induknya bersihin pantat nya dy teriak. Trs muntah busa putih gt jd lemes g mau nyusu itu gmn y dok.. Kmrn mlm mencret nya ada darah sedikit mohon bantuannya dok thx

biasanya kalau terlalu lama pupnya terus2 an cair akan menyebabkan lecet bagian anus, bisa juga jadi luka, atau bisa pup berdarah karena infeksi parasit, cacing dan bakteri. sebaiknya tetap usahakan minum susu dari induk, kalau tidak mau bisa disuapi dengan mengunakan susu khusus kucing

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok, kucing saya umur 5/6 bulan. Kemarin masih baik baik aja, tapi sekarang nafsu makannya berkurang. Tadi pagi fasesnya cair dan baunya agak menyengat, tapi masih lari larian walaupun ga selincah biasanya, bagaimana ya Dok?

Dok kucing saya umur 1 tahun, nafsu makan turun sama pup nya encer hitam
Minum masih mau, makannya aja yg turun Lidah warna merah terang sama liur berlebihan, jadi pertolongan pertama bagusnya gimana dok?

sebaiknya usahakan tetap disuapi makanan sementara, segera periksakan ke dokter. karena khawatir ada infeksi lain terutama jika sudah terlihat adanya pup yang encer,

Dok anjing saya tiba2 muntah dan diare
Tapi kotorannya kayak cairan lendir warna nya agak kekuningan dan bau amis
Kemudian saya kasih norit, tapi masih terus diare
Saya kasih air minum terus
Ini kenapa ya dok? Rumah saya jauh di pedalaman dan jarang ada dokter hewan

Norit bisa membantu kalau memang ada indikasi racun atau zat yang mengiritasi saluran cerna. Tapi kalau sampai ada muntah, diare bau amis kemungkinan disertai juga ada infeksi bakteri bahkan virus. Jd memang sebaiknya tetap dikonsultasikan, usahakan makanan tetap masuk supaya anjing tidak lemas

Halo dok, kucing saya masih mencret setelah sblmnya saya kasih obat cacing. Usia kucing saya jantan umur sekitar 2 thnan dengan bobot 5.5kg .Awalnya kenapa saya kasih obat cacing,krn saya lihat fesesnya yg sblmnya ada cacing putih kecil jalan2..jd saya berikan drontal 1 tablet. Seminggu kemudian fesesnya jd cair bahkan ada darahnya begitu. Pertolongan pertamanya apa ya dok. Tapi klo nafsu makan sih masih bagus cuman agak lesu aja.tks dok

Kalau ada darah selain kemungkinan ada cacing, bs juga ada infeksi lain seperti protozoa di usus atau perlukaan di usus. Sebaiknya konsultasikan ke dokter ya. Baca juga di web ini tentang kotoran berdarah pada kucing

Dokter kucing saya jantan, umur sekitar 4 bulan. Kmren 2 hari berturut2 muntah. Dan hari ini saya tidak sengaja lihat dia bab, ternyata cair dan berwarna kehijauan terang. Kucing saya kenapa ya dok? Mohon penjelasannya.

Warna kehijauan pada kotoran memang salah satu hal yg tdk wajar, biasanya dikarenakan ada infeksi parasit maupun bakteri. Sebaiknya untuk memastikan konsultasikan ke dokter ya

Halo dokter,
Kucing dome saya 1 tahun sehat, dan berat badan 4 kilo. Makannya banyak, tidurnya juga banyak. Sejak kecil blm di vaksin, dan sejak kecil selalu masalah dengan pencernakan. Pup’nya selalu encer. Sudah saya kasih obat cacing rutin, sdh saya kasih obat diare. Tapi tetep saja masih begitu. Kalau pup sampai bunyi kentut.
Kira2 knp ya dok?

masalah pencernaan pada kucing selain karena makanan, parasit, bisa juga memang adanya infeksi akibat virus maupun gangguan saluran cerna secara kronis (dalam waktu lama), jadi perlu juga diperhatikan berbagai faktor tersebut yang mungkin bisa memicu perubahan bentuk kotorannya. konsultasi ke dokter hewan akan lebih baik untuk mendapatkan pemeriksaan menyeluruh seputar kondisi saluran cernanya.

Slmt pg Bu sy mau tnya wktu tgl4 sy kedatangan ank anjing yg msh sngt kecil dgn kondirix yg jauh dr kata bersih sepertinya ank anjing ini di siksa krn bnyk luka bakar dmn2 llu sy bersihkn sy kasi mkn nasi campur telur dan ayam dia mkn lahap sekali tp kmrin syvplng sre dia msh aktf bngt setelah jm 3:30 dia lemes llu pup dgn warna coklat dan cair baunya amis,mohon bgaimn cara pengobatanx Bu trmksh.

biasanya kalau diberi makanan yang baumenyengat disertai dengan kesehatan saluran cerna yang tidak baik akan menyebabkan bentuk kotoranyang juga tidak baik dan berbau. penyebabnya bisa karena ada infeksi atau luka di saluran cerna terutama ususnya. untuk pengobatan tentu perlu dilakukan pemeriksaan langsung ya, penting untuk tetap memberikan makan dengan tekstur yang lembut karena masih usia puppies. konsultasikan juga ke dokter untuk mendapatkan terapi yang sesuai.

Dok, kucing ku kisaran 2bln. Dia kurus mencret lemes tidur trus ,ga nafsu makan. Induknya susu nya udh gamo keluar. Setiap dikasih makan ikan basah langsung bab. Saya sebaiknya gimana yah dok? Dokter hewan di daerah saya gada.

Usia 2 bulan sebenarnya sdh tidak butuh susu, silahkan baca di artikel susu untuk anjing dan kucing. Sesuai dengan artikel, perlu dulu diketahui penyebab mencretnya. Krn beragam2 penyebabnya. Pemberian probiotik seperti yoghurt, kefir, untuk kasus tertentu bisa membantu.

Halo dog mau tanya saya br adopsi anjing 2 bln,dr hari pertama dia itu bab nya encer dan berbau amis ,disertai dengan muntah apakah itu karena stress ?.pertolongan pertama saya saya sudah kasih dia olarite dan dia sempat makan sekali dengan ati ayam ,untuk kedepannya nya saya mau kasih dia kaldu ayam dan Yakult dok apa kah di perbolehkan?

Boleh diberikan, tapi biasanya kalau ada bau amis bs jadi ada infeksi lain d saluran cerna misalnya bakteri, virus.

Halo dok saya mau tanya kucing saya sakit diare terus duburnya memerah kalo mau aku obatin kucingnya kesakitan, makanya bagus dok tetapi kenapa belum sembuh padahal sudah saya kasih obat cacingan? Terimakasih

Untuk meredakan rasa nyeri krn lecet akibat mencret bs d kompres air dingin spy lebih nyaman. Penyebab diare bs macam2 tdk hanya cacingan saja

Dok, mau tanya. kucing sy sehari ini mencret sedikit, kemudian sebentar2 dia berusaha pup tapi yg keluar cuma darah sedikit2. kenapa ya dok? bagaimana sebaiknya? terima kasih

Sebaiknya kalau ada darah segeta konsultasikan ke dokter ya, spy d cek apakah darahnya segar atau tdk, bs krn ada luka, ada infeksi dll. Baca juga mengenai kotoran berdarah pd anjing kucing d web tanyadokterhewan.com

Mlm dokter
Dok gni brusan anjing saya ngk mau mkan trs saya ksh gula.kmdian anjing saya muntah dan menceret ny cair wrna kuning.kira2 tuh knp ya dok?ap ad obat ny?

Pemberian gula dlm jumlah normal pd dasarnya tdk akan mmberikan efek apapun. Tp perlu diperhatikan kalau berlebihan. Kdg bs menyebabkan gangguan pencernaan krn tdk semua glukosa bs diserap oleh tubhh. Jd segera hentikan pemberian gula, lebih baik diganti dgn makanan lain spt kaldu ayam, kaldu daging, ayam rebus dll

Pagi dok, saya mau bertanya. Anjing saya pupnya cair berwarna agak coklat dari kemarin siang. Dari informasi yg saya dapat diinternet, anjing saya kemungkinan diare disebabkan oleh over-eating. Saya sudah coba paksa minum air, tapi anjing saya tidak mau minum air yg saya kasi, itu bagaimana mengatasinya ya dok? Kira kira dehidrasi yg sudah parah itu ciri cirinya seperti apa ? Saya takut anjing saya mati karena dehidrasi. Mohon bantuannya dok. Suksma

Malam dok.dokter kucing saya diare udah saya kasih norit tetep diare. Mau saya kasih Lidia dok.jarak pemberian obat dari satu obat ke obat Laen itu berapa lama.Saya takut soal virus panleu. Sebetulnya panleu itu seperti apa ya dok gejalanya yg paling nyata? Mohon saran dan balasan secepatnya. Makasih dok

Sebelumnya sy sudah bahas mengenai penyakit distemper atau feline panleukopenia di artikel di web ini, bisa d cek artikelnya. Seperti dijelaskan di artkel, penyebab diare beragam. Jadi baiknya memang diidentifikasi lebih lanjut penyebab diarenya.

Salam kenal dokter. Saya ada kitten usia sekitar 1,5 bulan masih dengan indukannya. Mendadak hari ini dia diare warna putih, tidak berbau anyir/busuk. Baru disentuh tisu mau dibersihkan dia sudah kaget seperti kesakitan. Indukannya juga mendadak rewel makan dan agak tidak menggubris anaknya. Untuk indukan bisa saya bawa ke vet, tapi pertolongan apa yang harus saya lakukan pada anaknya? Terima kasih.

Pastikan mendapat nutrisi yang cukup, bawa juga sekalian ke dokter, perlu dipertimbangkan melakukan pemberian obat cacing jika blm pernah diberikan..

Dok, mau tanya, kucing saya udh seminggu ini mencret, udh di bawa ke dokter jg, di kasih obat buat 3 hr, tp tetap mencret, gmn yaa dok? Trus makan sm minum yg bagus apa yg dok, soal nya dia gak nafsu makan. Makasih~

Selesaikan treatment sesuai saran dokter, jika msh belum ada progress bs dikonsultasikan lagi untuk dilakukan evaluasi. Tdk nafsu makan bs juga berhubungan dgn kondisi mencret nya. Jd mmg perlu dikonsultasikan juga

Dok ada kucing anggora datang kerumah saya dgn kondisi, kumel kurus dan seperti ada kotoran dia di bulu area buntut. Saya kasih makan kucing merk meo makan lahap, tp tiba2 dia seperti kentut dan ada keluar ee nya cair dan sedikit. Dan saat lg mendekati saya tiba2 keluar lg ee nya. Saya mau bawa kedokter hewan bingung bawanya dok, tolong dibantu pertolongan pertama apa yg harus saya lakukan?

Silahkan baca diartikel apa saja yang perlu dilakukan. Kemungkinan adanya gangguan saluran cerna bs sj terjadi terutama jika terlihat kondisi tubuh yg kurang baik.

Dok, kucing saya pantatnya merah, pupnya juga lembek, sudah dibawa ke dokter hewan dan sudah di beri obat cacing, dan obat diare, tetapi selama di beri obat diare pup kucing saya semakin lembek, dan saya berhentikan pemberiannya, skrng pupnya masih lembek tetapi napsu makan dan minumnya normal, suhu badan juga normal, kira” apa yg harus saya lakukan supaya pup kucing saya tidak lembek dan pantatnya tidak merah lagi, trimakasih dok

Sebaiknya konsultasikan kembali, perhatikan juga pakannya, evaluasi penyebab diarenya. Untuk mengurangi nyeri, kompres air dingin d anus akan membatu

Selamat siang dokter.. Kucing saya sudah dua hari ini muntah dan diare.. Kemarin sudah dibawa ke vet, kata dokternya karena mencretnya tidak ada darah dan suhu tubuh normal jadi diagnosa awal ada masalah pencernaan dan diberikan obat muntah, diare, antibiotik dan vitamin. Tetapi selang beberapa waktu setiap setelah dikasih minum obat dia muntahin yang udah dimakan.. Apa boleh dokter kita ulangi pemberian obatnya? Lalu apa mungkin kucing saya terkena panleukopenia dokter? Karena saat kemarin ke vet banyak kucing yang sedang dirawat terkena feline panleukopenia. Terus untuk tambahan asupan boleh kita kasih kaldu ikan atau ayam dokter? Untuk makanannya apa boleh kita buatkan wetfood sendiri? Maaf banyak sekali yang ditanyakan dok. Terima kasih dokter.

Pada cuaca dingin dan hujan resiko infeksi virus memang cukup tinggi terutama kalau belum vaksin, akan lebih tinggi resiko dibandingkan dengan yg sdh vaksin. Pembrian obat bisa diberikan sesuai resep dokter, jika dimuntahkan, sebaiknya menunggu 1-2 jam baru diberikan lagi. Berikan madu untuk mengurangi pahit obat bisa juga membantu. Pemberian makanan boleh menggunakan pakan basah ataupun kaldu ayam, ikan krn memang dalam kondisi ini perlu asupan makanan yang mudah dicerna. Ikan dan ayam sangat baik untuk kucing dan bisa meningkatkan nafsu makan.

Dok, saya baru mengadopsi kucing 2 hari yang lalu. Awalnya kucing mau makan namun sekarang mendadak diare 10x dalam sehari konsistensinya agak lembek dan tidak ada muntah, tidak nafsu makan dan malas minum. Tapi saya sudah memberikan rehidrasi menggunakan syringe dok. Apakah ini faktor stress karena perpindahan majikan dan tempat baru dok ? Kalau iya, bagaimana cara menangani stress akibat perpindagan majikan dan tempat baru dok ? Terima kasih

Jika akibat perpindahan biasanya tdk akan berlangsung lama 2 hari akan mulai menyesuaikan, perlu juga diperhatikan pakannya ya, sebaiknya tidak mengganti pakan, atau bisa mencampur dengan yang baru perlahan lahan. Bisa juga krn stress jadi rentan terserang agen penyakit, seperti virus, jadi sebelum di adopsi dipastikan sehat. Sebaiknya jika diare lebih dari 2 hari konsultasikan ke dokter ya.

Leave a Reply

*