Penyebab Anjing dan Kucing Muntah – TANYA DOKTER HEWAN
Penyebab Anjing atau Kucing Muntah

Penyebab Anjing dan Kucing Muntah

Penyebab Anjing dan Kucing Muntah

Pernah melihat anjing dan kucing muntah? Pernah memperhatikan apa yang mereka muntahkan? Pastinya pernah dong ya, soalnya muntah kan bukan sesuatu yang normal terjadi pada keseharian mereka.

Jadi, jika Anjing dan kucing kita muntah apakah pasti sakit?

Muntah atau vomit merupakan usaha untuk mengeluarkan sesuatu yang tidak seharusnya ada di dalam saluran pencernaan. Muntah merupakan gejala klinis dari suatu penyakit. Jadi, jika anjing dan kucing muntah bukan merupakan penyakit, hanya gejala yang menyertainya saja.

Penyebab Anjing atau Kucing Muntah
Penyebab Anjing dan Kucing Muntah

Muntah atau vomit ini dapat terjadi pada anjing dan kucing karena ada yang mengontrolnya yaitu otak tepatnya medulla oblongata. Saat masuknya benda (bisa bentuk cairan, padatan, bahkan berupa aroma) yang mengiritasi atau melukai saluran pencernaan ataupun merangsang keluarnya asam lambung, maka akan mengirimkan sinyal ke pusat muntah dan akhirnya terjadi proses muntah.

Muntah pada anjing dan kucing dapat disebabkan oleh berbagai hal diantaranya :

  1. Obat-obatan
  2. Makanan
  3. Racun (tanaman, pestisida, disinfektan)
  4. Infeksi saluran pencernaan (kelainan hati, kantung empedu, pancreas)
  5. Hamil
  6. Perubahan hormon
  7. Infeksi virus (Feline infectious peritonitis, feline panleukopenia,canine distemper, canine parvo)
  8. Parasit (cacing)
  9. bakteri ( Salmonella, E.Coli, Clostridium)

Muntah bisa menjadi hal positif maupun hal negative untuk kucing dan anjing. Keracunan yang disebabkan oleh berbagai hal seperti tanaman, pestisida, maupun disinfektan biasanya menyebabkan muntah. Pada kondisi ini muntah dapat menjadi indikator adanya keracunan pada anjing dan kucing, muntah akibat keracunan biasanya disertai dengan gejala lain seperti mulut berbusa maupun kejang.

kucing menelan bola
kucing menelan bola

Muntah pun diperlukan saat anjing maupun kucing menelan benda yang tidak seharusnya maupun racun. Misalnya ada indikasi anjing dan kucing menelan bola, tali, maupun benda lainnya. Biasanya jika diperiksa dengan rontgen tidak ada kemungkinan melukai saluran pencernaan dan menghalangi saluran nafas, maka bisa dilakukan terapi muntah. Hal ini dilakukan dengan memberikan obat perangsang muntah untuk mengeluarkan racun maupun mengeluarkan benda asing.

Muntah pada anjing dan kucing terkadang membuat panic, karena memang bukan sesuatu yang normal pada anjing dan kucing.

Namun, saat anjing dan kucing mengalami muntah perlu diperhatikan beberapa hal :

#1. Bentuk muntah pada anjing dan kucing

Muntah yang keluar dari saluran pencernaan bisa berupa cairan, makanan yang sudah tercerna, muntah disertai cacing, muntah rambut (hair ball)

  • Muntah berupa cairan berwarna kuning biasanya maupun putih menandakan saluran pencernaan yang kosong dan asam lambung yang meningkat. Biasanya pada muntah cair kuning ini dialami pada kucing maupun anjing yang tidak mau makan selama lebih drai 2 hari, disertai dengan kondisi dehidrasi dan lemah. Muntah berwarna putih berbusa bisa menandakan adanya keracunan.
  • Muntah dengan makanan yang telah tercerna menandakan hewan mengalami muntah akibat adanya kelainan pada usus. Bisa juga terjadi pada anjing dan kucing yang akan melahirkan karena tekanan perut akibat janin sehingga saat ada kontraksi, perut tertekan dan akhirnya makanan pun termuntahkan.
  • Muntah disertai cacing, biasanya bisa cair maupun ada makanan. Ini menandakan adanya infeksi cacing pada tubuh, cacing yang keluar bisa dalam bentuk hidup maupun sudah mati.
  • Muntah rambut (hair ball), biasanya terjadi pada kucing karena kebiasannya melakukan self grooming sehingga ada rambut yang turut masuk ke saluran pencernaan. Namun, perlu diwaspadai ketika hairball ini terjadi terus menerus karena ini menandakan adanya penyimpangan perilaku pada kucing. Kucing mengalami overgrooming yang bisa disebabkan oleh stress maupun adanya perubahan pakan dan nutrisi yang tidak terpenuhi.
kucing muntah kucing
kucing muntah kucing

#2. Frekuensi muntah anjing dan kucing

Perhatikan jarak antara muntah pertama dan kedua, banyaknya muntahan, lalu seberapa sering muntah dalam satu hari.

#3. Perhatikan kemungkinan memakan benda ataupun makanan yang tidak biasa dikonsumsi

Hal ini penting untuk mengetahui kemungkinan penyebab muntah karena keracunan makanan, obat, tanaman, maupun zat yang mungkin dapat menjadi racun untuk kucing maupun anjing.

#4. Gejala yang menyertai muntah

Muntah bisa juga disertai dengan diare sehingga menyebabkan hewan dehidrasi dan lemah. Selain itu, muntah bisa juga disertai dengan kejang-kejang.

 

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat muntah sangat membantu dokter dalam melakukan pemeriksaan terhadap anjing dan kucing. Jika diperlukan, muntahan yang dimuntahkan dapat dibawa untuk diperiksa lebih lanjut oleh dokter.

Penanganan yang dilakukan untuk kondisi muntah tentunya memperbaiki kondisi tubuh terlebih dahulu. Keluhan muntah disertai dengan kondisi dehidrasi, anoreksia (tidak nafsu makan), dan lemah, maka dokter akan melakukan terapi pemulihan dengan menggunakan infus (terapi cairan). Hal ini dilakukan untuk mengembalikan kondisi tubuh ke kondisi normal, karena pada saat cairan dalam tubuh keluar banyak melalui muntah maka kondisi metabolik tubuh berubah menjadi lebih asam.

Pemeriksaan fisik keseluruhan disertai pemeriksaan darah biasanya dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada organ maupun penyebab infeksi pada saluran pencernaan. Pemeriksaan penunjang seperti rontgen pun akan dilakukan dokter jika diperlukan.

Pemeriksaan pada anjing dan kucing
Pemeriksaan pada anjing dan kucing

Pengobatan tentunya akan berdasarkan penyebab muntah, namun biasanya dokter akan meresepkan obat antimuntah (antiemetic), obat yang menurunkan asam lambung. Antibiotic mungkin diberikan jika ada indikasi infeksi akibat bakteri pada saluran pencernaan. Anthelmintik (obat cacing) diberikan jika ada indikasi kecacingan pada anjing maupun kucing. Jika terdapat indikasi adanya infeksi virus, dokter akan memberikan terapi supportive dengan terapi cairan maupun suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Terapi puasa pun dapat dilakukan untuk menghindari kerja berat dari usus sementara waktu (24 jam) dengan tetap diberikan air minum. Diet atau pakan yang baik setelah muntah yaitu pakan dengan tekstur yang lembut dan protein yang tinggi untuk merangsang persembuhan dan nafsu makan.

Mengobati anjing ataupun kucing yang mengalami muntah perlu dilakukan kesabaran untuk memulihkan kondisi dan nafsu makannya. Pemberian obat cacing dan vaksinasi dapat pula dilakukan untuk mencegah infeksi pada saluran pencernaan.

 

Semoga bisa menjawab pertanyaan pet lovers semua ya tentang muntah pada anjing dan kucing 🙂

*P.S Jika merasa artikel ini bermanfaat, mohon di share di Facebook ya supaya lebih banyak orang yang bisa baca 🙂

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

114 comments

anjing muntah penyebabnya bs Krn terlalu banyak makan, tersedak, maupun gangguan saluran cerna yg lain. sebaiknya segera diperiksakan ke dokter. khawatir terjadi kondisi yg lebih parah

kucing muntah muntah berwarna coklat disertai kejang dan seperti step pingin gigit terus itu kenapa ya

assalamalaikum,, aku punya 7 ekor kucing neh dok,, dapat dijalan dah berhasil ku rawat juga sejak bulan 2 kemarin, tp akhir2 ini ada yg tiba tiba aja muntah kuning padahal paginya dia aktif bgt. tiap disuapin muntah,,, mw bgt bawa ke dokter hewan tp sayangnya disni ga ada satupun.. trus ada yg seekor lagi, masih kecil usia 3bulanan salah makan ikan mentah,, tiba tiba aja selaput mata yg putih nutupin bola matanya,, jd bingung gimana caranya!!

usahakan banyak konsumsi air minum ya, biasanya kondisi dehidrasi dan sakit menyebabkan selaput putih terlihat

segera bawa ke dokter jika frekuensi muntah sehari lebih dr 3 kali, krn akan berbahaya dan menyebabkan dehidrasi

terima kasih untuk artikelnya.. saya mau tanya, jika kucing tidak nafsu makan dan muntah2 disertai buang air berdarah dan juga seperti sembelit/keluar sesuatu dari lubang anusnya, apa penanganan terbaiknya ya? karena didaerah kami tidak ada dokter hewan. 🙁 terima kasih sebelumnya untuk bantuan jawabannya.

konsumsi airnya banyak ga? coba pakannha diganti yang basah, jd konsumsi airnya banyak, juga membantu nafsu makannya meningkat, pupnya jd g keras kalau bnyk airnya. daerah mana mmg nya?

terima kasih jawabannya dokter.. kami di Sulawesi Tenggara, sepertinya ada satu dokter hewan tapi belum ketemu dimana. biasanya dikasi makan ikan atau makanan kaleng. sekarang jadi seperti kena ambeien akut, ada seperti daging yg keluar dr anusnya,dan sedikit mengeluarkan darah. apakah jika diberi obat salep atau obat semprot gak masalah dokter? terima kasih banyak sebelumnya

Sebaiknya dibersihkan bagian yg menonjolnya. , Tp tetap akan menjadi infeksi kalau tdk ditangani oleh dokter ya. Mgkn bs hubungi dinas peternakan setempat

Permisi dok. Saya mau tanya. Sama punya kucinh persia usia 3 bulan, kondisinya bisa saya bilang sangat sehat sebelumnya dia lincah dan punya nafsu makan yang baik. 5 hari yg lalu dia saya vaksin karna kata dokter kondisinya sangat baik untuk di vaksin. Tapi setelah di vaksin dia bersikap tidak seperti biasa, dia mulai buang buang air, kotorannya encer. Sabtu malamnya dia mulai muntah yg warnanya kuning. Hari ini saya bawa dia ke dokter terus di kasi obat cacing dan obat diare serta di suntik vitamin. Tapi sampai dirumah dia mulai muntah air terus ada bulunya dan dia tidak mau sama sekali untuk makan. Mohon bantuannya dok.

Selamat malam Dok, kucing saya berusia 4bulan. Namun untuk frekuensinya tdk pasti. Untuk hari ini terhitung sudah 2X. Jd, total sudah 4X dlam 1-2 minggu ini. Yg dikeluarkan kucing saya berlendir, cair dan warnanya keabu-abuan. Dan belum vaksin. Rencananya memang akan di vaksin dalam waktu dekat ini mohon bimbingannya Dok. Saya sangat khawatir. Terimakasih

Selamat malam Dok, kucing saya berusia 4bulan. Mengalami muntah2, namun untuk frekuensinya tdk pasti. Untuk hari ini terhitung sudah 2X. Jd, total sudah 4X dlam 1-2 minggu ini. Yg dikeluarkan kucing saya berlendir, cair dan warnanya keabu-abuan. Dan belum vaksin. Rencananya memang akan di vaksin dalam waktu dekat ini mohon bimbingannya Dok. Saya sangat khawatir. Terimakasih

Dok sibruno (my dog) muntah busa putih bnyk bgt, dan puphnya lendir kuning sedikit bgt. Seharian ini bgtu dok. apa obatnya dok? Please help me

Anjing saya makan dog food jam 8.pagi dan malam jam 10, tiba2 muntah pada malam hari jam 10malam(makanan paginya termuntahkan).. Apa penyebabnya ? Apa yg perlu dilakukan?

dok, saya punya anak kucing usia 1 bulan lebih seminggu, dua hari ini dia muntah. Hari pertama jam 4 pagi muntahnya berupa cairan aja dok langsung dibersihkan sama induknya, hari kedua muntah jam 2 pagi, karena induknya lagi ga ada saya cek ada bentuknya gumpalan putih dan cairan seperti kemarin :((
tiap selesai muntah pasti lemas dan suaranya serak, tapi masi bisa di ajak bermain dok.
Sore hari sebelum muntah di hari pertama saya bawakan alang-alang karena induknya suka main alang-alang. tapi si anak ga ngedeketin alang-alangnya sama sekali. Apa karena saya bawakan alang-alang? ato ada pengaruh lain?

Dok kucing Sy juga seumuran gitu Dan gejalanya juga muntah putih dan berlendir. Kenapa ya? Bagaimana caranya selain dibawa ke dokter hewan?

ya sebaiknya memang diperiksakan terlebih dahulu ya, seperti yang ada di artikel penyebabnya kan bisa macam-macam ya.

Dok, selamat siang…saya mau tanya…semalam kucing saya muntah sekali dan cairannya berwarna kuning, padahal sebelumnya masih aktif bermain dengan kucing yang lainnya…
Kemudian hari ini dia sudah 6 kali muntah dan cairannya berwarna kuning kemerahan…tadi juga sempat buang air dan fesesnyapun encer dan berwana kemerahan pula…
Dari semalam dia tidak mau menyentuh makanannya dan tidak mau minum :((…Kira2 penanganan gimana ya Dok?…

terimakasih sebelumnya… :((

Dok saya mau tanya .. Saya punya anjing dia awalnya diare saya sudah bawa dia kedokter hewan tp setelah brp hri diareny sembuh tp tdk dngn muntah2nya .. Trkdng 1hr bisa2x atau 1x atau besokny tdk muntah .. Muntahny selalu kuning tp hnya dikit pupnya normal hanya saja selalu muntah .. Itu knp ya dok?trimakasih

Muntah kuning biasanya krn asam lambung tinggi, perut yg kosong. Makannya gimana? Sebaiknya sih mmg diperiksakan ke dokter lagi ya

Dok, kucing saya muntah kuning dan badannya panas serta tidak mau makan dan minum, gimana cara ngatasinnya dok? Di daerah saya tidak ada dokter hewan atau petshop, saya bingung sekali karena kucingnya keliatan lemas bgt dan takut tidak bisa tertolong, :'(

Dok anjing saya sblumnya baik2 aja stlah saya ajak bercnda2 dia muntah dok cairan berwarna kuning lumayan banyak dok, itu kenapa ya ? Tapi nafsu makannya baik dok
Mohon penjelasanya dok, makasi 🙁

jika tidak disertai demam maupun penurunan nafsu makan memang tidak perlu khawatir. tapi kalau muntah berlanjut hingga lebih dari 3 kalis ehari perlu segera diperiksakan ke dokter ya

Dok kucing saya usia 1 tahun , dia hari ini muntah2 , pertama muntah nya warna coklat dan ada seperti gumpalan juga , dan dia muntah lagi cairan dan buih putih gitu . untuk muntah cairan buih putih udh 2x dok sehabis muntah yang warna coklat . itu penanganannya gimana dok ? Soalnya kucing saya lagi menyusui . makasih dok sebelumnya

rlu dipastikan muntahannya apakah hairball, makanan, atau seperti apa. kalau mmg hanya hairball ataupun makanan tdk perlu terlalu khawatir selama nafsu makan masih baik

Dok. Seminggu yg lalu kucing sy pacakin sm kucing temen. Udah sy vaksin dan obat cacing. Trus saya bawa pulang, besuknya sy groomingkan. Nah malamnya mencret tapi gak begitu cair. Sampai 3harian mencretnya dikit” kluarnya tp gak cair bgt, trus muntah bulu. 6hari trhitung hari ini dy masih mencret bahkan mutah” makanan yg baru dimakan. Trus mutah lagi warna putih. Khusus malam ini dia kayak susah buang air besar entah kecil soalnya keluar dkit” . Jd dy mencret tp susah . Mutah” juga warna putih. Pdhal ini sabtu. Minggu petshop tutup. Adakah saran dok? Terimakasih

sebaiknya, tidak perlu dimandikan terlebih dahulu. krn kondisinya belum stabil, baru dilakukan pacak, juga energinya terbuang cukup banyak. bisa menyebabkan stress akibatnya muntah dan mencret. silahkan baca disini ya : Stress pada anjing kucing

Dok. Saya mau tanya, kucing saya umurnya 1thn 4bulan, sudah 3hari ini muntah makanan utuh dan warna putih, kucing saya makannya makanan kering dan rebusan ikan. Tapi kalau saya kasih rebusan ikan, gak muntah, kalau makan makanan kering muntah. Nafsu makannya bagus, minumnya juga. Itu kenapa ya Dok? Saya harus gimana? Terimakasih Dok..

sementara makan nya diganti ikan juga gak masalah. penyebab muntah bs juga karena terlalu banyak makan, terutama kalau makanan kering, akan lebih banyak yg dimakan, langsung dihabiskan sebanyak apapun yang diberikan, jadi akan menyebabkan muntah

dokter, saya ingin bertanya. kucing saya kemarin muntah-muntah sudah 3x mungkin lebih dan mengeluarkan cairan kuning disertakan dengan cacing. kira-kira kucing saya sakit apa ya? dan bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih.

Dok anjing saya muntah sekali pas malem muntah makanan nya terus pagi pas bangun tidur muntah lagi warna hijau. Itu bagaimana ya dok?

seperti yang telah dijelaskan di artikel, penyebab dan bentuk muntah bisa bermacam-macam. sebaiknya memang dilihat secara seksama dan diamati frekuensi nya, krn muntah bisa menyebabkan dehidrasi, jd sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ya

Dok, kucing saya ada bisul/abses pada kakinya didekat bantalan kuku jari kakinya, sudah pecah dan ditangani dokter. Krn kucingnya ganas skl dan sulit di tangani, sebelumnya sempat di bius dahulu. Pulih dr bius cukup lama ada 6 jam lebih, skr sudah pulih. Meskipun kaki masih bengkak, skr kucingnya lemas dan tidak nafsu makan. Saya bantu pakai recovery food, dan bantu disuapin minum. Tapi mungkin kekenyangan/ gmn saya gatau, makanannya dimuntahin lagi. Sebelumnya diberi nya juga obat nya yg bubuk yg harus dicairkan, 2x sehari 1,5 ml. Tapi tidak ada perubahan masih lemas, dan tidur terus. Malah muntah cairan bening/putih yg berlendir cukup banyak juga. Bagaimana ya dok? Apa pengaruh bius/ pengaruh obatnya?

pengaruh bius hanya sementara, kalau memang sudah ada gejala pipis brrt sudah siuman dgn baik. pemberian obat memang perlu sabar dan telaten. biasanya memang krn obat rasanya tdk menyenangkan akan censderung dimuntahkan. tapi obat tetap harus diberikan, setelah diberikan obat, d suapi minum yang cukup.

Dok saya mau tanya anjing sya muntah2 terus dok. Muntahnya keluar cairan putih. Baru sehari muntah2 kondisinya sudah drof dok. Apa anjing sya kena rabies?

Rabies biasanya gejalanya akan lebih heboh dr muntah. Kalau muntah bs juga krn virus lainnya ataupun bakteri.

Dok kucing saya td siang muntah keluar cacing putih kecil panjang dan masih hidup..lalu saya kasih drontal..dilepeh drontalnya saya rasya tidak terminum sama sekali..krn obatny keluar semua..sampai mulutny berbusa..lalu sejam kemudian muntah lagi..makan jg belum mau..hanya sedikit..kondisi badan si ga bgtu lemas..tetep kaya biasa..tp agak loyo..

Kira2 saya hrs apa ya dok..dan utk pemberian drontal lagi apa boleh dlm waktu dekat (khawatir obat sebelumnya tidak masuk)..terimakasih

dok, saya punya anjing umur 7 bulanan, kemarin malam dia masih ceria, dan tadi pagi dia muntah, dan siangnya dia muntah lagi, saya beri dia minum awalnya dia mau, selanjutnya saya beri dia makan, buah, air, semuanya ditolak sama dia, gimana ya dok ?

jika sudah berkali2 muntah sebaiknya sgr periksakan ke dokter. muntah berkepanjangan bs menyebabkan dehidrasu dan lemas

Anjing saya muntah muntah dan gak mau makan . Untuk mengobati nya dengan cara apa ?? Kasi tips nya boleh . Dan di perut nya juga ada bendolan nanah .

segera periksakan ke dokter ya, terutama jika ada luka dibagian tubuhnya.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dokter kemarin anjing saya muntah muntah cairan kekuning kuningan ..
Setelah mintah anjing saya lemas dan tidak mau makan . Kalok pun makan cuma sedikit saja dok..
Trus di perut anjing saya juga ada bendolan nanah gitu dok . Sampe sekarang anjing saya nafsu makan nya tidak baik dok .. saya belum kasi obat apa apa karna saya takut salah kasih obat . Menurut dokter obat apa yang bisa menyembuh kan anjing saya dok . Mohon bantuan nya dok.

segera periksakan ke dokter ya , sama juga seperti kita ketika kesakitan akan mengalami kondisi tidak nafsu makan dan tidak nyaman.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Dokter saya mau tanya. Kucing saya pagi tadi muntah hairball setelah itu beberapa jam kemudian muntah lagi cairan kuning agak coklat. Semenjak itu tidak mau makan dan minum. Lebih banyak tidur dan tidak aktif seperti biasanya. Apa yang harus saya lakukan ? Mohon bantuannya.

apakah sudah diperiksakan ke dokter?
setelah muntah, kucing memang akan merasa tidak nyaman. bisa tetap diberikan minum dan diberi makan sedkit tapi sering.

jika kondsi tidak mau makannya berlanjut bisa juga menyebabkan lemas dan kekurangan nutrisi, sebaiknya segera periksakan ke dokter ya.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dokter saya mau tanya. Anjing saya selama 3 hari ini tidak mau makan sama sekali, dicekok dengan susupun juga dimuntahkan. Dalam sehari ini, si anjing sudah muntah lebih dari 5 kali. Terakhir muntah mengeluarkan cairan berwarna kuning kecoklatan dan pada mulut terdapat busa yang banyak. Penanganan saat ini hanya saya gosok perutnya dengan minyak kayu putih. Tindakan apa yg perlu saya lakukan selanjutnya ya dok? Terima kasih

segera periksakan ke dokter, seperti yang dijelaskan diartikel penyebab muntah kan beragam, bisa infeksi virus, bakteri maupun penyebab lainnya. terutama jika terjadi selama 3 hari bisa menyebabkan anjing dehidrasi (kekurangan cairan) jadi sebaiknya diperiksakan segera ke dokter

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Tanya jawab dokter hewan

Beberapa anjing saya mendadak bersikap fasih dan tidak lincah, cenderung lemas dan menyendiri, tidak napsu makan dan memuntahkan makanannya. Semua bermula dari dikembalikannya salah satu anak anjing yang sakit setelah sebelumnya di adopsi orang lain dalam keadaan sehat. saya nggak tahu sakit apa, karena anjing pertama sakit sudah mati. Saya tidak berani beri obat, hanya di beri susu steril, itu pun dimuntahkan lagi. Kira2 anjing saya sakit apa ya, Dok? Apa yg bisa dilakukan untuk pertolongan pertama?

pemberian susu sebenarnya tergantung kondisinya, kalau ada gangguan di saluran cerna, pemberian susu kurang direkomendasikan. sebaiknya berikan makanan dan minuman saja secara disuapi. segera periksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.
untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok, saya hanya mau mengucapkan terima kasih sudah meluangkan waktunya membuat situs ini, dan aktif mereply komentar yang ada.

Situs seperti ini sangat membantu karena sumber yang terpercaya yaitu dokter hewan, karena banyak situs diluar sana yang menyesatkan memberikan informasi tanpa basic yang jelas.

Tetap semangat ya dok, dan tolong tetap aktif mengelola situs ini, dokter sangat membantu banyak orang.

Dok, saya mau tnya, kucing saya muntah sehari sekali tiap pgi dan yg dikeluarkan adalah makannya tapi sudah tecerna, sedangkan nfsu makannya msih bgus, minum jga serta kucing saya tetap lincah. Apakah itu normal dokter??? Mohon bntuannya

Dok, kucing sy ( umur 3bln), beberapa kali (kurleb 4 kali) seperti mau muntah tapi tidak ada yang keluar dari mulutny, itu kenapa ya dok? Berbahayakah?.
Dia masih lincah dan mau makan minum dok.

seperti yang dijelaskan di artikel, muntah penyebabnya beragam. sebaiknya di konsultasikan ke dokter ya supaya mendapatkan penanganan lebih lanjut sesuai kondisinya

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Selamat malam docter,,mau tanya nih,,anjing saya mulutnya berbusa dan tidak bisa jalan kira2 apa obatnya?mohon infonya.,trima kasih

Dok, anjing saya baru berusia sebulan..
tdk mau makan, dan tdk mau minum susu.
trus, tdi pagi muntah nya warna putih busa gtu, kyak ada cacing mati gtu..
tolong dok , bgaimna cara mengatasinya ya dok..

Dok,
Sy pny puss domestik usia 11 bulan
Bru hr ini sy liat d dket bibir puss sy ada luka lumayan lebar
Sy lihat nafsu makannya sdkit brkurang
Adakah saran buat mengobatinya dok
Sy tkut pussnya kenapa2

kalau sudah muntah dan pup darah berarti kemungknan mengalami pendarahan bagian dalam, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Permisi dok saya mau tanya. Kucing saya sudah muntah beberapa kali. Awalnya dia jadi diam, tidak mau makan dan minum paginya dia muntah putih dan ada busanya sampai malam ini. Saya perhatikan dia belum pup dan juga pipis. Mohon pertolongan pertama apa yg saya harus berikan 🙁 terimakasih dok.

Dan sebelum kucing saya muntah dia seperti menggigit2 gusi atau giginya yg atas dan bawah. Lalu muntahnya baru keluar. Mohon dokter solusinya.. Terimakasih

dok kucing saya dalam sehari mau 10 kali muntahnya, awalnya cairan bening agak keputihan saja dan apa yg diamakan muntahnya makanan yg tadi dimakannya dok, badannya lemas dan dingin dok dan suka ditempat2 lembab dan basah.
saya mau bawak kedokter tapi disini tidak ada dokter hewan. dokter hewan adanya dikota dan jaraknya lumayan jauh ada kisaran 2 jam an
jadi gimana dok?
saya ndak mau kehilangan kucing saya dok ??

pastikan agar tidak kedinginan, diberikan tempat yang nyaman dan hangat, tetap diberikan makanan sedikit sedikit tapi sering

Hallo dok..
Saya mau bertanya dok kucing saya baru tadi muntah ada cairan bening dan kya bubur putih gitu dan ada muntah cacing , cacingnya hidup dong warna nya putih.. itu parah nggak ya dok kucing saya baru umur 4bulanan dok

Kalau sampai ada cacing yang terdapat di muntahan, kemungkinan cukup banyak cacing yang berada dalam saluran cerna hingga bisa masuk ke organ lainnya. Sebaiknya sgr konsultasikan ke dokter ya

dok, kucing saya usia 6 tahun. dia makannya bagus, minumnya juga cukup. tapi kenapa setelah makan dia muntah ya? muntahnya agak berbentuk bubur dan juga bentuk makanan dryfoodnya masih keliatan. seminggu ini udah 2x muntah kayak gitu, tapi masi lincah dan nafsu makan… dulu jg sempet seperti itu, tapi sudah tidak lagi trus baru2 aja gitu lg…

Coba diberikan makanan sedikit tapi sering ya, tdk perlu sekaligus banyak memberikan makanan

Muntah kuning biasanya krn perut kosong, jd asam lambung meningkat. Sebaiknya konsultasikan ke dokter ya kalau muntahnya berlanjut

Siang dok..mf mau nanya..kucingku jantan umur 2th lbih..tiba2 muntah warna putih..kadang lemas g mau berdiri..kadang terlihat membuka mulut..seprti anjing..itu gejala apa ya dok..penanganan dirumah sperti apa??

Muntah putih bs saja krn perut kosong, atau bs juga ada infeksi cacing yg sudah parah bs menyebabkan muntah juga.

dok, saya punya anjing seharian ini dia muntah terus tapi gak ada yg keluar dan kadang” ada cairan semacam lendir gtu yg kluar itu gmna yahh??
trus di lehernya bulu”nya pada rontok semua dan kulitnya di bagian yg rontok itu kemerahan dan udah luka gitu.. gmna cara atasinnya yahh dan rekomendasi shampo anjing yg bagus apa yahh?

Perlu diperhatikan juga nafsu mskannya. Kalau menurun, brrt asupsn mknn berkurang. Ini menyebabkan lambungnya kosong, asam lambung meningkat. Bs juga ada iritasi d lambung, bs ad infeksi. Baiknya konsultasikan ke dokter, sembari dikonsultasikan juga penyakit kulitnya. Shampoo bs efektif kalau mmg sesuai dgn problem kulitnya.

Dok saya mau tanya, saya punya anak kucing umur 1 bulan. Dia muntah berbusa warna putih, udah seminggu, tapi dia masih kuat, masih kuat jalan. Masih mau nyusu ibuknya. Tapi pas selese nyusu dianya malah muntah berbusa putih. Solusinya gimana ni dok?

Selama masih menyusu tdk masalah, bjsa jadi terlalu banyak minum susu juga bs menyebabkan muntah

Dokter. Kucing saya 1hr ini udah muntah 3x warnanya hijau kecoklatan dan poopnya pun lembek. Dia jadi lesu padahah kemaren sedanh aktif aktifnya dok.. itu kenapa ya dok?
Mohon dijawab dan solusinya ya dok

seperti yang sudah dijelaskan di artikel, penyebab muntah bisa beragam. perlu dilihat secara langsung bentuk muntahannya. bisa jadi memang ada gangguan saluran cerna akut yang menyebabkan perubahan bentuk pup dan ada muntah.

Halo dok ,saya mau bertanya ,saya ada kitten umurnya sekitar 4-5bulan yang mendadak muntah dan tidak nafsu makan ,tapi kondisi masih mampu berjalan dan berlari kecil , karena tidak nafsu makan dia cuman mau minum air putih + susu induknya (tapi sepertinya induknya sedang hamil) ,biasanya dia dikasih wetfood juga ndakpapa ,tp semenjak muntah jadi ndak mau makan ,tolong bantu jawab ya dok ,terima kasih banyak

Dokter, anjing saya tidak mau makan dr kmrin, minum masih mau tapi selang beberapa menit muntah, jalan masih bisa, tapi gelagatnya gelisah, muntah sudah lebih dr 4x kira2 kenapa ya dok?

Dok mau tanya, anjing saya 3 hari ini 10 menit sehabis makan muntah bening, tidak ada isi makanannya kadang ada busa putih itu kenapa ya dok? Bab nya juga jadi tidak lancar

selamat pagi, mohon infonya anjing saya ada dua umur 1 tahun ,sudah tiga hari ini tidak mau makan,hari ini saya lihat anjing yang satunya muntah dan muntahnya bening bagaimana cara pertolongan pertama nya

Tetap beri makan sedikit demi sedikit, bisa disuapi dgn makanan yy lembut. Sebaiknya kalau lbh dr 2 hari segera periksakan langsung ke dokter khawatir kondisinya lebih parah. Biasanya perut yh kosong diiringi juga dgn muntah krn asam lambung yg meningkat

Dokter saya mau nanya anjing saya muntah tiap kali makan BCS anjing saya 1. Anorexia dan lemas, dia tidak bisa berdiri dokter. Saya sangat butuh saran dokter

Baiknua langsung periksakan ke dokter, apalagi kondisinya yang sangat kurus (jika memang bcs nya 1). Karena kalau dibiarkan tentu kasihan, perlu penanganan yg lebih lanjut.

Selamat pagi dokter 2hari yang lalu anjing saya muntah muntah dan tidak mau makan,saya taruh makanannya di piringnya dia barangkali nanti kalau lapar dia makan tapi paginya saya lihat makanannya tidak disentuh sedikitpun dan anjingnya lemas saya kasih mulanya 1/2 tablet dan agak siangan akhirnya saya kasih makan di mau memakannya setelah makan saya kasih dia antibiotik yang untuk anak anak dan makannya kembali tapi pagi ini saat saya bangun saya lihat di banyak sekali pop agak lembek dan banyak dan anjingnya lemas saya kasih makan tidak mau dan perutnya seperti bunyi bunyi terus ,tolong sarannya dok terimakasih sebelumnya

Pemberian antibiotik untuk gangguan saluran cerna perlu berdasarkan saran dokter, memang bisa diberikan tapi kalau penyebabnya hanya bakteri saja. Tak jarang pemberian antibiotik berlebih tanpa takaran yg tepat bisa memperparah gangguan pencernaan salah satunya pup yang lembek, karena keseimbangan bakteri terganggu akibat pemberian antibiotik tersebut. Saran saya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yg sesuai dengan kondisi nya.

selamat malam dok,
saya mempunyai anjing ras super mini Pom, kemarin dia mau makan dan aktif sekali, namun sorenya anjing saya muntah (berwarna putih berbusa dan kadang tidak keluar apa – apa).
hingga tadi pagi anjing saya hanya menjilat air yang saya campur ke dog foodnya..
bisa di bantu untuk memberi tahu pertolongan pertamanya?

Coba diberikan pakan yang basah spt daging rebus, atau bisa juga diberikan daging mentah dengab syarat kualitas daging yang baik.

Leave a Reply

*