Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya – TANYA DOKTER HEWAN
Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya

Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya



Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya

“Dok, kucing saya flu udah lama banget, udah ke dokter beberapa kali, setiap obatnya habis flu nya kambuh lagi, gimana ya dok?”

“Dok, kucing saya sering bersin-bersin, flu kayaknya, terus panas badannya gak mau makan, obatnya apa ya dok?”

“Dok, kalo kucing flu, harus gimana ya, padahal saya udah kasih vitamin, obat flu khusus kucing, tapi tetep gak sembuh juga”

Pertanyaan di atas adalah tiga dari ratusan pertanyaan yang paling sering masuk ke berbagai channel tanyadokterhewan (facebook, website, instagram, [email protected]).

Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya
Penyebab Kucing Flu dan Cara Mengobatinya

Terkadang, pemilik hewan melakukan diagnosa atau menarik kesimpulan sendiri tanpa melakukan pemeriksaan di dokter hewan. Biasanya hanya dengan melihat gejala yang menyerupai flu pada manusia, pet lovers seringkali langsung bertanya “dok, kucing saya flu, bagaimana ya”.

Padahal tidak semua gejala mirip flu tersebut adalah flu, tapi beberapa penyakit memiliki gejala yang serupa dengan penyebab yang berbeda. Sehingga, sangat penting dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui penyebabnya, mendapatkan diagnosa yang tepat, serta treatment yang tepat.

Lalu, apakah sebenarnya cat flu (flu kucing)? Apakah kita perlu khawatir jika kucing kita mengalami gejala yang merujuk pada cat flu?

Cat flu atau flu kucing merupakan istilah untuk infeksi saluran pernapasan atas (upper respiratory tract infection / upper respiratory tract disease).

Infeksi saluran pernafasan atas berarti organ yang terinfeksi yaitu hidung, sinus hidung dan pangkal tenggorokan. Namun, tidak hanya itu, biasanya karena berkesinambungan sebagai sistem, maka organ lain seperti mulut, telinga, mata pun menjadi berkaitan dan turut terkena infeksi.

Saluran pernafasan, normalnya memiliki fungsi mengatur pertukaran udara. Pada anjing dan kucing termasuk hewan yang mengandalkan indra penciuman, sehingga saluran pernafasan pun berperan mengirimkan sinyal ke syaraf olfaktoris (syaraf penciuman) yang akan diteruskan ke otak dan diolah sebagai informasi.

Sehingga ketika ada infeksi di saluran pernafasan akan membuat indra penciuman terganggu, yang berakibat pada nafsu makan yang menurun danlebih menyukai makanan dengan aroma yang sangat menyengat.

Selain itu, radang pada saluran pernafasan akan menyebabkan peningkatan mukus atau lendir yang umumnya dikenal dengan ingus, pada kondisi parah akan menyebabkan sesak nafas akibat penumpukan lendir.

 

Gejala lain yang muncul akibat infeksi saluran pernafasan yaitu :

  • Lemah, lesu
  • Mata berair
  • Mata merah,  Radang
  • Membran mata menutupi sebagian mata
  • Dehidrasi (kurang cairan)
  • Tidak mau makan
  • Aktifitas berkurang (hanya ingin berdiam diri )
  • Luka pada gigi, bibir
  • Mulut bau
  •  Demam (suhu > 39.5°c)
  • Bersin

Kondisi seperti ini ditemui pada infeksi yang baru (akut), dan pada infeksi yang kronis (lama) biasanya nafsu makan tidak terganggu, tidak ada demam, dan tidak terlalu parah.

Selebihnya biasanya hanya terjadi saat kondisi imun atau daya tahan tubuh sedang menurun dan akan sembuh ketika daya tahan tubuhnya kembali membaik.

Pada kitten atau anak kucing, terjadinya infeksi saluran pernafasan yang akut bisa menyebabkan kematian. Hal ini dikarenakan saluran nafas yang terganggu sehingga pernafasan terhambat, juga mengalami dehidrasi akibat nafsu makan menurun.

 

Jadi apa yang  yang menyebabkan cat flu atau flu pada kucing?

Flu pada kucing disebabkan oleh virus maupun bakteri. Virus yang umum menginfeksi yaitu feline rhinotracheitis, feline calicivirus. Bakteri bisa disebabkan oleh Bordetella bronchiseptica, Chlamidya (Chlamydophila felis). 

Gejala nya sangat khas untuk infeksi calicivirus yaitu adanya luka di mulut (sariawan /stomatitis), air liur berlebihan. Infeksi rhinotracheitis atau feline herpesvirus selain gejala peradangan pada saluran nafas, juga akan terlihat adanya gejala pada mata (infeksi mata, mata merah, selaput mata menutupi 1/3 mata).

Gejala akibat infeksi chlamidya akan memperlihatkan infeksi parah pada mata, membuat mata tertutup, bengkak, dan banyak kotoran. Biasanya terjadi pada kitten atau anak kucing.

Mengobati kucing flu

Pengobatan yang bisa dilakukan untuk menangani infeksi saluran pernafasan atas yaitu,

  • Penggunaan nebulizer dan penguapan untuk meringankan ingus yang ada di hidung dan saluran nafas.
  • Menjemur kucing pada pagi hari selama 5-10 menit pun bisa dilakukan untuk mengurangi adanya ingus dan menjaga tubuh tidak lembab.
  • Pemberian pakan yang memiliki bau menyengat, rasa yang kuat (high palatable food) karena biasanya disertai dengan tidak nafsu makan, hal ini dilakukan untuk tetap mendapatkan asupan makanan.
  • Perlu dilakukan infus jika memang kondisinya cukup parah dan dehidrasi
  • Antibiotik, umumnya infeksi disertai juga dgn infeksi bakteri (ditandai dengan ingus warna hijau) oleh karena itu, antibiotik perlu diberikan. Pemberian antibiotik hanya berdasarkan pemeriksaan dan resep dokter.
  • Obat penurun panas dan pereda nyeri. Biasanya diresepkan oleh dokter melihat kondisinya yang cukup parah disertai demam.
  • Obat yang dapat meluruhkan ingus sehingga ingus tidak terlalu banyak. Membantu untuk melegakan saluran nafas, obat ini akan diberikan dokter jika langkah nebulizer masih menyisakan ingus yang cukup banyak.

Kucing dengan kondisi flu akut mungkin bisa mengalami rawat inap jika diperlukan, tergantung keparahannya. Namun bisa juga setelah proses penguapan dengan nebulizer dibolehkan rawat jalan dengan diberikan resep obat.

Kenapa sudah diobati masih tetap terkena flu ?

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, umumnya flu kucing disebabkan oleh virus, terutama feline herpes virus (feline rhinotracheitis). Sifay virus herpes ini setelah menginfeksi akan berada pada ganglion syaraf. Sehingga, kucing yang pernah terinfeksi akan selalu membawa virus dan memungkinkan menularkan virus. Virus akan kembali aktif ketika daya tahan tubuh menurun. Oleh karena itu, ketika sudah diobati, obat sudah habis, kondisi tubuh sedang tidak baik, imunitas menurun, cuaca tidak mendukung. Akan menyebabkan virus aktif kembali. Sehingga sangat penting menjaga kebersihan, menjaga kesehatan, dan kenyamanan kucing. Agar kucing tidak mengalami stress yang berakibat imunitas atau daya tahan tubuh menurun

Apakah bersin selalu flu?

Bersin atau sneezing merupakan salah satu usaha normal tubuh untuk mengeluarkan benda ataupun hal asing yang ada di saluran pernafasan. Bersin, terkadang diidentikkan dengan kondisi flu. Memang salah satu tanda adanya infeksi di saluran pernafasan adalah bersin. Mekanisme tubuh ini dilakukan karena ada ingus yang mengganggu di hidung. namun, ternyata tidak semua bersin berkaitan dengan flu.

Excessive sneezing atau bersin yang berlebihan bisa juga menandakan kucing sensitif dan alergi terhadap sesuatu. Atau mungkin ada sesuatu yang ada di dalam hidung yang membuat tidak nyaman. Tumor dan kanker merupakan salah satu yang bisa juga membuat bersin terus menerus. Polip merupakan salah satu kondisi pada hidung yang ditandai dengan adanya daging tumbuh di dalam hidung, hal ini pun membuat kucing selalu bersin. Tapi biasanya pada kondisi bersin ini tidak disertai dengan demam dan penurunan nafsu makan, tapi mungkin juga ada darah saat bersin.

Bisa juga kemasukan benda asing seperti rumput, debu, ataupun benda lainnya. Ini menyebabkan bersin pada kucing.

Nafsu makan baik, tidak demam, minum masih mau tapi flu? Apakah harus khawatir?

Selama asupan makanan tetap terjaga, tentu kita bisa sedikit bernafas lega. Artinya tidak ada tingkah laku yang berbeda dari kucing kita. Namun, perlu diperhatikan kualitas makanan yang diberikan saat kondisi ini. Bisa kita berikan makanan yang mengandung banyak protein seperti ikan, ayam, daging, ati ayam. Selain baunya yang menyengat, kandungan protein juga baik untuk mempercepat proses persembuhan, meningkatkan regenerasi sel, meningkatkan daya tahan tubuh. Suplemen pun sangat penting diberikan, banyak sekali suplemen yang mengandung vitamin dan mineral yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Konsumsi air minum juga perlu diperhatikan sehingga pada masa ini makan wet food lebih disarankan.

Pencegahan infeksi saluran pernafasan atas 

Vaksinasi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mencegah infeksi ataupun mengurangi keparahan kondisi saat masuknya virus dan bakteri penyebab flu kucing.

Vaksinasi yang diberikan untuk mencegah infeksi feline rhinotracheitis, feline calici virus, dan chlamydia. Vaksin ini telah tersedia dalam satu kesatuan bersama dengan vaksin terhadap feline panleukopenia (feline distemper).

Kucing yang sakit dan memiliki gejala merujuk ke gejala flu perlu diisolasi dari kucing yang sehat. Hal ini dilakukan karena virus sangat mudah menular antar kucing

Kucing usahakan tetap di dalam rumah saat kondisi cuaca kurang menunjang seperti musim hujan. Krn kondisi hujan menyebabkan lembab dan dingin yang juga bisa membuat tidak nyaman, akhirnya kucing stress dan daya tahan tubuhnya menurun.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

 

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

 

 

Reference :

Susan little. 2013. How to survive the cat with chronic sneezing.

Quimby J, Lappin MR. 2010. Update on feline upper respiratory disease : condition-spesific recomendation. Feline focus

Reed N, Gunn-moore D. 2012. Nasopharyngeal disease in cats : 2. Specific condition and their management. Jfms 14(5) : 317-326

Gould d. 2011.Feline herpesvirus-1 : ocular manifestation, diagnosis and treatment options.jfms 13: 333

 

70 comments

Dok, kucing saya kyk mau minta gitu tapi setelahnya keluar cairan bening berlendir dr mulutnya, dan juga susah makan. Skrg kerjaannya tidur mulu seharian, sedih liatnya… biasanya lincah bgt. Kira2 itu flu jg ato gmn ya dok? Makasih

Kalo dari mulut bisa juga sariawan, bisa juga ad luka, atau infeksi gusi. Flu biasanya selain mulut berair, bau,luka juga mata radang.

Assalamualaikum dokter..
Td saya sudah kirim pertanyaan via email tp saya ada pertanyaan lg, tanya disini ga apa” ya dok hehe..
Saya punya dua kucing jantan dirumah dok, biasanya kan kucing jantan suka berkelahi untuk memperebutkan wilayah, bagaimana cara agar mencegah itu dok?
Terus satu lagi dok, sebentar lagi kkak saya melahirkan, sedangkan kucing” saya bebas berkeliaran dirumah, dan mereka juga sering keluar rumah, main diluar seperti kucing kampung pada umumnya, karna nantinya akan ada baby dirumah, kira” apa saja yg harus diperhatikan agar kesehatan kucing dan babynya nantinya terjaga dok?
Terimakasih dok..

Waalaikumsalam sy mmg tdk membalas d email mb, krn jrg membuka. Jd klau tdk d web, d ig @tanyadokterhewan. Iya mmg itu wajar sekali, boleh kalau mau kastrasi spy bs mengurangi roaming atau berkeliarn saat musim kawin, mengurangi agresif dan spraying. Tp kalau tdk bisa usahakan tdk keluar rumah. Kucing dgn bayi, tergantung karakter kucingnya, krn ad kucing yg sayang dan tdk agresif pada bayi, ad yg juga agresif. Perlu tetap d awasi yg pntg selalu jaga kebersihan, kandang, kotak pasir. Bayi juga ad yg sensitif dgn rambut kucing, ad juga yg tdk terpengaruh, tp biasanya kalau dr kecil sudah dikenalkan dgn kucing tdk akan timbul alergi. Perlu juga di tratment untuk kutu nya krn bs membuat gatal

dok, kitten saya umur 2bulan kmrn kecebur ke selokan, nah saya mandikan langsung dengan air dingin (kepepet), setelah itu malam nya, mata nya belekan terus, itu kenapa ya dok? saya kasih makan masih nafsu, tp terkadang lemes gitu ga main sama temen nya, biasanya agak aktif, mohon sarannya ya dok…

Dok, kucing saya yang biasanya sangat aktif tiba-tiba diam saja dan nafasnya sesak. Nafsu makan juga turun. Selain itu keluar cairan dari hidungnya. Itu kenapa ya dok?treatment apa yang harus saya lakukan?Kucingnya sekitar usia 6 bulan.

Halo dok, kucing saya terkena virus calici, tetapi mereka tetap mau makan, minum & masih tergolong lincah (masih lari2 sama temennya).
Kira2 proses penyembuhan nya berapa lama ya?
Apakah kucing saya tetap harus terus minum obat nya? Terima kasih 🙂

Assalamualaikum dok, kucing saya umur 2 bulanan 3 hari ini matanya belekan dok. Terus karna dikucek sama dia jadi berair. Awalnya hanya yang kiri, lalu hari kedua yang kanan juga begitu dok. Hari ini mata yang kiri sudah baikan. Tapi yang kanan terlihat lebih sering berair. Hari ini dia lebih banyak tidur kok. Lalu dia tidak mau makan malam. Padahal siangnya dia masih lahap dok makannya. Tadi saya suapi tapi hanya bisa masuk sedikit. Dari hari pertama sampai sekarang langsung saya kasih obat tetes pagi sama malam dok. Kira kira itu kenapa ya dok?

Obat tetes nya atas rekomendasi Dokter? Sgt tidak d sarankan memberikan obat tetes Mata Tanpa pemeriksaan. Sebaiknya segera periksakan ke dokter

Assalamualaikum dok?
Saya mau tanya kucing saya sehari yang lalu nggak pulang dan tiba – tiba hari ini pulang dalm keadaan mulut meneteskan darah, hidung berair disertai kerak hitam ( seperti ingus kering ), lalu saya bersihkan dok.. pas udah bersih saya kasih makan tapi dia nggak nafsu makan karan udah 3 hari dia nggak mau makan. Pas udah saya bersihkan cairan berwarna merah bening keluar dari hidungnya dok. Matanya pun tidak belekan..tapi bulunya mengalami kerontokan parah

Gimana dok cara mengobatinya..? Dan apa penyebab dari penyakit ini.

Assalamu’alaikum dok, kucing saya muntah muntah awalnya warna hijau lalu muntah warna merah . Semenjak muntah udah ga mau makan . Badan nya lemes . Sepertinya juga dia hamil dok karena bulan lalu saya kawinkan dan sekarang perut nya membesar . Kira kira kucing saya kenapa yah dok. Sedih banget ngeliatnya lemes. Terimakasih sebelumnya dok..

Siang dok
Kucing saya mengalami radang saluran pernapasan. Terakhir di cek ke dokter katanya walaupun sembuh, akan kambuh terus. Ini kedua kalinya kucing saya kambuh setelah radang yg pertama sembuh. Dokter yang menangani kucing saya sempat memberikan saran untuk mempertimbangkan eutanasia jika kondisinya memburuk. Sakit yg sekarang ini bikin kucing saya mengeluarkan lendir coklat, yg terlihat seperti darah. Saya ingin meminta saran dari dokter. Terima kasih

untuk kondisi sprt ini sebaiknya melakukan pemeriksaan lanjutan. bisa d dokter hewan lainnya untuk mendapatkan second opinion. klo menurut saya dokter yg memeriksa lebih tau kondisinya. mmg untuk infeksi saluran nafas jika disebabkan virus akan terus kambuh selama daya tahan tubuhnya kurang baik.

Assalamualaikum dokter…
kucing saya memang sudah 2 hari mengalami flu bersin dan pilek…
dan hari ini udah lemes bnget…
Minum susu saya tetesin pke pipet…
Napas juga udah tersengal plus bunyi…
Pikiran saya udah jelek aja nih dok ama kondisinya….
daerah saya jauh bnget dari dokter hewan

umurnya ngepas 2 bulan hari ini…

penting sekali untuk membawa ke dokter atau gunakan jasa dokter house call. krn infeksi flu yg parah perlu diobservasi danlangsung ditangani

Assalammualaikum dok
Saya punya kucing flu berat lagi hamil
Dia gk mau makan apa” dok sudah di suapin ttep gk mau makan ,sya harus gimana ya dok ?
Udah di kasih obat juga tetep flu
Mata berair terus
Bersin terus , di kasih nebul tetep aja
Mohon informasi dan saran ya dokter
Terimakasih

assalamualaikum dok
apa dok resep supaya kucing tidak bersin lagi ?, karena tiba tiba kucing saya bersin” seperti flu . teimakasih dok

perlu pemeriksaan sebelum pengobatan ya, penting untuk terus memberikan asupan makanan yang baik untuk kucing, bisa dibantu dengan pemberian makanan basah

Dok kucing saya bersin2 trs dan keluar cairan dr hidung ,mata dan mulut.masih mau makan minum meski sedikit,tidak pup tiap hr,pipis cuma sekali dlm sehari,,ada apa ya dgn kucingku

Assalammualaikum dok,
Kucing saya sudah beberapa hari ini keluar lendir dari hidung yg berwarna merah atau kadang kecokelatan dok, awalnya bersin-bersin, lalu keluar lendir dari hidung berwarna putih kekuningan bukan merah/kecokelatan. Sudah saya kasih vitamin, bersin dan lendirnya sempat berhenti, tapi sekarang kambuh lagi, bahkan saya rasa malah makin parah karena adanya perubahan warna dari lendirnya.
Kucing saya tidak demam, masih mau makan dan minum, serta masih aktif.
Kira-kira itu kenapa ya dok? Mohon sarannya, terimakasih

sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, kalau infeksi saluran nafas kalau sudah kronis atau lama biasanya memang tdk harus selalu demam.

sebaiknya memang perlu diperiksakan ke dokter ya. kalau infeksi nya sudah kronis, gejala demam memang tidak selalu muncul.

Asalamualaikum, dok kucing sy matanya berair trs, kadang bersin, kadang jg keluar air liur sedikit dan tidak terlalu aktif, tpi utk makan & minum masih doyan. Sakit apa yg sedang dialami kucing sy?

flu bisa juga, kalau daya tahan tubuh menurun memang biasanya umum terjadi gejala tersebut. walaupun memang penyebabnya bisa beragam.

Dok, kucing saya 2hari ini demam, tidak doyan makan, badannya lesu tdk seperti biasanya, tidur terus, dan bersin” keluar cairan bening.
Diselangkangan juga ada bintik” merah.
Rumah saya jauh dari dokter hewan, kalau penanganan sendiri gimana caranya ya dok?

Penting untuk membawa kucing sakit terutama demam ke dokter, krn jika dibiarkan bisa menyebabkan dehidrasi. Penanganan yg bisa dilakukan di rumah, usahakan kucingnya minum, makan dgn baik dan tetap hangat dan jangan kedinginan

Dok, Kucing saya setiap pagi itu dari hidungnya selalu keluar cairan lendir putih, apakah kucing saya bisa di kategorikan kena pilek? di obati pakai apa ya dok…apakah harus ke dokter hewan?

salah satu gejalanya ada pada kucing saya.
*Bersin2
*di gusi ada yg merah dkt gigi taringnya
*bau nafasnya
*ingusan pas lagi tidur (warna hijau kental)
*kalo mengendus makanan pasti bersin
*nafsu makan stabil fry food wetfood atau ikan rebus smua masuk
*minum airnya jga lancar sprti biasa.
*tetap lincah dan brmain2.

penanganan baru secara mandiri dgn memberikan obat tetes merk fl*Cat selama kurang lbh 2 minggu. perubhan yg di rasa cuma sakit matanya hilang dan bersih tdk belekan dan bengkak tp ingusnya aja blom brenti.

kira2 ada saran ga dok.
terimakasih.

Kalau pengobatan lebih dari 3 hari tdk ada progress yang baik sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Dok, kucing saya menderita cat flu. sdh dari dokter hewan dan opname. alhamduliillah sekarang sdh boleh pulang. tapi pernafasannya spt ya blm normal spt ada lendir yg pekat. terdengar “engkrok-engkrok”. di beri tremenza 1/6 (3×1 ) dan ambroxol 1/4 (2×1). tapi kok masih engkrok2 ya dok? apalagi yg harus diberikan? terimakasih.

Pengobatan harus sabar ya, perlu proses, JD obatnya dihabiskan sesuai resep Dokter. Silahkan konsultasikan kembali ke Dokter nys

dok, kucing liar umur 6bln?(mngkin) yg biasany saya kasih makan beberapa hari ini kurang aktif. makan ny tdk terlalu bnyak. sempt mengeong dgn gemetar. bersin2 juga. klo demam ktika saya pegang memng agak hangat dri biasa. skrg dia lebih sering tidur. kira2 knpa ya dok,.
trimaksih dok.

Assalamualaikum wr.wb dok
Saya mau nanya, kucing saya masih berumur kira2 5 bulan lebih, baru dibawa ke rumah sekitar 1 bulan lalu. Awalnya sehat2 aja, tapi lama2 jadi ga nafsu makan, pilek, demam, dsb. Sampai hari ini pilek/ingusnya mengeluarkan darah. Harus diobatin pakai apa ya dok? Terimakasih

assalamu’alaikum wr.wb

malem dok, saya mau tanya kucing saya flu nah kan saya bawa ke drh lalu di kasih obat capsule….
tapi 2 jam sehabis minum obat kucing saya muntah busa ijo sama kaya warna capsule nya apa itu wajar ya dok? atau karna reaksi obat?
bahaya ngga ya dok?

Kalau muntah mgkn bs terjadi kalau mmg ada iritasi saluran cernanya. Sebaiknya konsultasi langsung dgn dokter yg menangani nya ya

Dok. Kucing saya kemarin badan nya panas. Dan tidak nafsu makan. Udah saya bawah k dokter hewan. Udah di suntik 2x. Kata dokter nya disuntik obat penurun panas sama penambah nafsu makan. Tp pulang dr dokter keluar lendir dr mulut nya banyak banget. Tp besok nya lendir dimulut nya berkurang. Kucibg saya sekarang bersin dan mata nya berarir. Itu harus di bawah k dokter lagi ngak dok. Bahaya tidak. Apa obat nya dok…

Kalau mmg sdh pernah di konsultasikan dan diperiksakan ke dokter sebaiknya tetap komunikasikan dgn dokter kondisinya. Krn dokter yg lebih tau

Dok, kucingku sering bersin ngeluarin ingus warna hijau. Tp dia ttp main, makan gada masalah, cm suka bersin itu aja. Kenapa ya dok? Apa yg harus saya lakuin utk pengobatan di rumah? Trims

Saran saya konsultasikan ke dokter ya, kalau ada ingus hijau brrt sdh ada infeksi lanjutan dr bakteri.

Dok mau tanya. Kucing ku flu sudah 3 hari. Sudah dibantu vitamin untuk sistem imunnya. Perkembangan jg membaik sudah mau makan walaupun sedikit. Tapi kerjaannya masih tiduran terus. Semalam saya cekokin supaya makannya banyak. Paginya dia muntah. Itu kenapa ya dok?

sebaiknya konsultasikan juga ke dokter ya untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat

Assalamualaikum dok, saya mau nanya dok, kucing saya mengalami bersin secara terus menerus, sering muntah juga, kalau muntah berbusa busa gitu, air liurnya keluar keluar terus, dan kalau muntah nggak bisa dikeluarinnya, kayak ada yang binatang yang ketelan gitu, itu solusinya apa ya dok, kalau dikasih obat, obat apa ya dok, mohon bantuannya dok.

sebaiknya periksakan ke dokter dulu ya untuk melihat kondisinya secara langsung. apakah memang ada gangguan di saluran nafas, ataupun ada kemungkinan tersedak.

Dok kucing saya kok gk ada suarany ya mskpun mulut ny buka, kdng ada suara tp sdkit? Hrs mnum obat apa ya dok ? Trmksih

kucing tidak ada suara disertai dengan demam, ataupun ada lendir di mulut dan hdung kemungkinan mengalami flu, tapi bisa juga mengalami kondisi lain seperti radang tenggorokan dan lain sebagainya. sebaiknya segera periksakan ke dokter ya, pengobatan perlu dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

assalamualaikum dok, saya ingin tanya , kalo obat sakit tenggorokan pada kucing apa ya dok? aku gak mampu bawa ke dokter hewan..
dok pliss jawab, obat tradisional juga gak papa dok..

cukup sulit kalau tidak diperiksakan ya, karena bisa saja penyebabnya virus sehingga infeksi nya cepat dan parah, jadi perlus egera ditangani. sebagai pemilik bisa mengusahakan memberikan makanan yang lembut agar mudah tercerna, jika makannya sudah baik maka akan mudah penyembuhannya.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dok, Kucing saya kulit punggungnya terkelupas, pertama terlihat seperti pitak, lalu ketika kering, dia gigit-gigit sampai kulitnya terkelupas. Saya tidak memperhatikannya seharian ini karena dia pergi keluar, ketika dia pulang, kulitnya terkelupas terlalu panjang dari sebelumnya. Sampai saat ini masih menggantung kulitnya yang terkelupas itu dan saya tidak berani untuk mengguntingnya. Apa yang harus saya lakukan dokter? Apa saya gunting kulit terkelupas itu supaya dia berhenti menggigitnya? Saya takut terkelupasnya semakin lebar karena dia tidak berhenti menggigitnya. Mohon jawab pertanyaan saya dokter. Terimakasih sebelumnya.

sebaiknya memang dikonsultasikan ke dokter ya untuk dilihat apakah ada infeksi, maupun faktor lain yang menyebabkan luka tersebut. krn biasanya krn gatal lalu digigt dan dijilat hingga luka.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Konsultasi dokter hewan online

Assalamualaikum dok. Kucing saya kan pilek trs dia kaya batuk sendet2 gtu dok . nah saya kan blm sama sekali kasih vaksib ke kucing saya. Pertanyaan saya : apakah boleh kucing saya diberi vaksin dengan keadaan seperti itu dok ? Tolong dijawab ya dok . terimakasih .
Wassalammualaikum.

Assalamu3alikum doc.selamat hari raya aidiladha doc.saya mahu bertanya mengenai 2 ekor kucing saya sekarang terkena virus calicivirus.akibat terjangkit dari kucing saya yang telah mati disebabkan virus ini.tetapi kucing saya yg gede usia 1tahun lebih(white) xmengalami flu spt grey(yg tlh mati).sama jugak dgn yg belang.2 ekor kcg sy yg skit skrg white n belang.tp belang usianya bwh staun.keadaannya xteruk lg cma terkena sdikit virus itu.kerana sih yg saya tau klu gede bgtu xkn kna flu (white).belang juga.kondisi mereka berdua yg sma spt sariawan d mulutnya,ada kawasan lidah yg memerah pekat/tompok2(ini kesan virus ya doc?),ulser,xda selera mkn sy suapin aja,mulut berair(tapi udah krg atau xada klu ada cma sbb allergic dgn ubat ulser.ini sbb sy bg air kelapa jdnya hilg sih air liur meleleh itu syukur).sakit di kerongkongan sbb virus spt memuntahkn mknn bla disuapin,suara serak(white shj),n sush utk mkn,demam sikit,hidung berair.mula2 mereka ini sakit kerana trjgkit grey dan kutu.mereka allergic dgn grey yg sakit smpi kluar air liur melulu kalau dekat2 dgn grey.slps sy bersihkm telinga mereka,mereka garu2 smpi luka telinganya.krana gatel sbb kuman/kutu.slps itu mereka demam,kemudian baru lah sariawan di mulut dn dikesan trjgkit virus itu.tnda2 di ats ini memang terkena virus calicivirus kn doc ?bla cek ke doctor doctor bilang telinganya terkena infeksi dan ada kutu.jdnya slma 4 hari kmi bersiin telinganya dr luka dan kotoran/kuman.tetapi skrg doc tba2 telinga mereka bernanah sedikit.soalan saya apakah semua ini calicivirus?kalau yg grey duli mmg bnr semua tanda2 calicivirus dia ada,plg kuat mslh pernafasannya cuma white n belang xada mslh pernafasan.ok itu persamaa sakit mereka.itu aja.white ada tambahan sakit iaitu tiba2 matanya berair,(dia ini mmg sllu sakit mata),sy syak ya doc dia ini sakit chlamydia felis.mcm ini tanda2nya doc spt mata berair,hanya sblh kiri mata shj,kmdian matanya kekuningan di dlm,(dr kaler kelabu ke kuning)berkabus,dan spt nak bernanah.spt nanaj cma tdk berbau shj lg.skrg ini sy kuatir doc klu matanya bernanah berbau dan rusak.krn doc bilang sdh tdk baik.kmdian tba2 d telinga kanannya berair dan bernanah sdikit sma tdk berbau.telinga kiri dan mata kanan bai2 aja.klu belang dua2 telinganya bernanah xberbau.kata doctor telinga kanan white spt iti kerana infeksi dr mata kiri.apa masalahnya sebenar ya doc ?sbb sy sedih bla doc itu mngatakan susah dan mngatakan xboleh diselamatkn udah mata n telinganya yg bernanah itu.pdhl ia bru sedikit dan blm btl2 mnjadi nanah dan berbau.adakah sakit mata white ini virus chlamydia felis doc ?sy takut matanya buta/rusak.sy mahu nyelamatinnya.jdnya smlm sy search sy terjmpa laman yg mngatakan ubat antibiotik yg plg berkesan adlh “zithromax”.dan sy udah membelinya.skrg ini sy udah kecewa dgn kata2 doc itu dan mahu mngubati sndri.tambahan plk sy sdh tdk ada duit utk bwk mereka berubat.kra2 2 mggu sdh ulang alik veterinar dan duit byk habis.mmg ada yg membantu dr doctor itu.tp sy mahu nyelamatin matanya dan semuanya doc.tlg sy.spt yg sy ceritain d ats ini spt itu lh keadaan mereka skrg.soalan sy,apakah antibiotik zithromax tepat utk diberikan?klu itu utk chlamydia felis.antibiotik apakah yg plg berkesan utk mereka ini?dan cara2 mngubati mereka?sy sdh byk search dan mencuba mcm2 ubat tradisional/saranan org2 dan sy mahu mencoba lg.cth yg sy lakukan skrg ini,memberi vitamin,mknn lunak(wetfood dlm tin sy blender n tmbh air sdkit utk cair n snng telan),air syifa'(mineral biasa),susu,air kelapa,ubat pencuci mulut jenama kin,ubat ulser,antibiotik zithromax(sy berikn smlm 1ml shj sbb tkut white sdh d berikan antibiotik lain dgn doc itu)ini sy tawakal klu berlebihan.smsa memberi mkn,sy sulami dgn air spy snng mereka mkn n tdk skit atau tersekat d krongkongan.stlh mkn bru sy beri pencuci mulut mouthwash “kin” n ubat ulser.2x sehari.ini mngikut doctor itu.skrg ini doc sy bingung bagaimanakah cara terbaik utk sy selesaikan mslh telinga bernanah n mata bernanah itu n virus calicivirus itu juga ?
Kerana apa doctor itu sy krg percaya krana pernah aja sblm ini mndgr aduan yg doc itu ada mmbuat slh.tdk apa semua mnsia xsempurna.tdk mahu mnyalahkn sapa2 cuma mahu mncri solusi.krna sy yakin msti dpt d slmtkn lg ya doc mata n telinganya?? N yg lain2 blh jgk d sembuhkn.perlu usaha aja,doa,tawakalnn mnangani dgn cara tepat.doc,bantu sy.gimana ya mnyelesaikan masalah ini ?sekarang ini mereka masih bertenaga,cma tidurnya sdkit byk,msih mau mkn bla sy suapin,tdk nmpk nazak,biasa2 aja.gimana ya doc?maaf panjang taipnya.

pengobatan memang perlu kesabaran, terkadang satu penyakit dan lainnya bisa mengalami cross infection, jadi bisa saja karena imun yang rendah rentan sekali terkena virus, dan tentu bisa juga disertai dengan adanya infeksi lainnya. Gejala klinisnya bisa juga sama antara satu penyakt dan lainnya, jadi memang perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti pemeriksaan darah, test kit, dan juga diobservasi beberapa hal yang mungkin menjadi faktor penyebab sakit.
yang paling penting tetap bersabar, berikan obat sesuai dengan resep dokter, komunikasikan dan konsultasikan kembali ke dokter yang melakukan treatment krn dokter tersebut tentu lebih paham dibandingkan kami, krn dokter melakukan pemeriksaan langsung.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Assalamualaikum dok, kucing saya kena flu berat dan sedang hamil, dia gk mau makan 2hari ini kmrn malam saya bawa ke drh kena infus tp boleh dibawa pulang, skrg saya bingung itu kucingnya tiap saya spet buat makan dia muntahin lagi, saya harus gmn ya dok saya bingung mohon saran nya, wassalamualaikum.wr.wb

waalaikumsalam,

sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter, induk hamil pelru mendapatkan asupan yang cukup, jika tidak mau makan dan sudah lemas, bisa juga dilakukan pemberian infus kembali berdasarkan saran dokter

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Leave a Reply

*