Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada hewan peliharaan? – TANYA DOKTER HEWAN
Antibiotik untuk kucing dan anjing

Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada hewan peliharaan?

Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada hewan peliharaan?

 

Memiliki hewan peliharaan merupakan salah satu tanggung jawab tambahan untuk kita pemiliknya. Bahkan faktanya memiliki hewan peliharaan memberikan beban tambahan secara financial untuk kita.

“Namun, harga tersebut bagi beberapa orang tidak ada artinya karena dengan memiliki hewan peliharaan, kita bisa mendapatkan stress relieve, hiburan serta teman hidup”

Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada hewan peliharaan?
Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada hewan peliharaan? (Credit foto pada gambar)

Budget untuk kesehatan pun ternyata tidak murah untuk hewan peliharaan kita, budget konsultasi dokter hewan, vaksin, pemeriksaan rutin, treatment penyakit, rawat inap, obat, dan lain sebagainya.

Ternyata memiliki hewan peliharaan itu mahal ya? Tapi, kalau sakit kan perlu dibawa ke dokter hewan. Atau cukup tanya kiri kanan berdasarkan pengalaman, memberikan obat yang biasa kita konsumsi dan hasilnya sembuh? Beruntung jika sembuh, jika malah jadi tersesat dan tambah parah?

Gejala klinis suatu penyakit memang semuanya sama awalnya,ketika ada infeksi tentu akan muncul kondisi demam yang diakibatkan respon tubuh untuk menghalau agen penyakit. Tapi apakah semua hewan aman diberikan obat penurun panas, apakah bisa tanpa pemeriksaan diberikan antibiotic? Ternyata tidak semua hewan bisa diberikan obat begitu saja tanpa diperiksa.

Lalu bagaimana dengan konsultasi online? Apakah juga bisa menjadi alternatif untuk mendapatkan harga “murah”?

 

Konsultasi sebenarnya sah saja, namun tentu dokter memiliki kebijakan untuk menanggapi kasus per kasus. Meresepkan obat yang memang perlu pemeriksaan seksama tentu tidak akan sembarangan diberikan oleh dokter hewan.

Konsultasi Dokter Hewan Gratis
Konsultasi Dokter Hewan Gratis

Mengapa? Hal ini karena ada beberapa obat yang tidak bisa diberikan tanpa resep dokter, artinya obat tersebut restricted. Jika diberikan sembarangan akan memperparah kondisi dan memberikan hasil yang tidak baik. Tapi, sayangnya banyak pemilik yang masih mengesampingkan keselamatan hewannya dengan berbekal pengalaman. Akhirnya bukannya sembuh malah jadi lebih parah L

Berikut adalah obat yang tidak boleh diberikan sembarangan :

#1 Obat anti radang dan penurun panas untuk kucing dan anjing

Pemilik biasanya mengeluhkan hewannya lemah, tidak aktif, nafsu makan mneurun. Kadang juga ada yang mengatakan kucing atau anjingnya panas (demam) padahal belum diperiksa menggunakan thermometer. Demam biasanya memang lazim terjadi pada hewan peliharaan termasuk anjing kucing sebagai gejala dari infeksi. Obat yang dapat menurunkan panas termasuk pada obat anti radang maupun obat antinyeri (analgesic-antipiretik). Umumnya obat penurun panas yang banyak dipasaran yaitu paracetamol, aspirin. Namun ternyata pada anjing dan kucing memberikan obat anti radang dan penurun panas ini memiliki bahaya.

  1. Dosis nya jika tidak tepat dapat menyebabkan keracunan karena sangat tipis jarak antara dosis aman dan dosis berbahayanya. Oleh karenanya, pemberian obat ini tidak boleh sembarangan dan harus berdasarkan resep dokter hewan.
  2. Paracetamol sangat berbahaya untuk kucing. Kucing secara genetic tidak memiliki enzim yang dapat mengubah kandungan paracetamol menjadi kandungan yang lebih sederhana. Hal ini menyebabkan paracetamol akan terus mengalir dalam darah dan bersifat racun. Kematian akibat keracunan paracetamol ini disebabkan oleh kekurangan oksigen akibat kerusakan darah merah.
  3. Obat anti radang seperti aspirin, ibuprofen, dexamethasone dan lainnya sangat berbahaya untuk anjing maupun kucing. Biasanya obat antiradang ini diberikan untuk melakukan terapi pada anjing, namun harus dengan resep dokter hewan. Pemberian tanpa resep dokter hewan dan secara sembrono dapat menyebabkan kerusakan organ. Bahkan ada kasus anjing setelah konsumsi antiradang ibuprofen mengalami muntah darah akibat keracunan.
Keracunan Paracetamol Pada Kucing
Keracunan Paracetamol Pada Kucing

Contoh kasus keracunan paracetamol: Sumber gambar fanspage Praktek Hewan Kecil drh Yulia Erika

#2 Antibiotik untuk kucing dan anjing

Antibiotik merupakan obat yang bertujuan untuk menghentikan perkembangan bakteri maupun membunuh bakteri penyebab penyakit. Artinya, pemberian antibiotic ini tidak akan ampuh untuk menangani penyakit akibat virus maupun cacing. Antibiotic banyak golongannya, namun yang umum digunakan yaitu amoksilin karena spectrum (daya kerja) nya yang luas. Tak jarang pemberian antibiotic ini salah kaprah dan asal diberikan. Antibiotic untuk hewan peliharaan perlu disesuaikan dengan penyebabnya, berat badan, usia, dan riwayat penyakitnya. Alasan mengapa antibiotic tidak boleh diberikan sembarangan :

a. Antibiotic dapat menyebabkan resistensi mikroba

Resistensi mikroba maksudnya adalah mikroba atau bakteri kebal terhadap antibiotic, sehingga ketika diberikan antibiotic tidak akan memiliki daya kerja yang maksimal bahkan tidak mempan dengan antibiotic. Penyebabnya adalah pemberian antibiotic berlebihan, tidak tuntas menggunakan antibiotic (tidak menghabiskan antibiotic) sesuai resep dokter.

b. Antibiotic dapat mematikan bakteri baik pada usus

Penggunaan antibiotic bisa mematikan bakteri baik pada usus, hal ini akan menyebabkan ketidakseimbangan bakteri pada usus. Gejala yang terlihat biasanya adanya diare karena kondisi usus yang kurang baik.

c. Antibiotic menimbulkan berkembangnya jamur secara berlebih

Pemberian antibiotic terus menerus akan menyebabkan matinya bakteri dan akan menimbulkan masalah baru yaitu tumbuhnya jamur. Jamur yang mendominasi tubuh akan menimbulkan masalah baru bagi kondisi kesehatan.

d. Antibiotik dapat berbahaya bagi induk hamil maupun menyusui

Induk hamil maupun menyusui tidak boleh sembarangan meminum antibiotik. Beberapa antibiotic ada yang berbahaya bagi kehamilan sehingga perlu diperhatikan kandungannya. Tentunya antibiotic akan mengalir pada darah dan terdapat pada air susu sehingga perlu berhati-hati dalam pemberiannya.

e. Antibiotik dapat bersisa pada daging, susu, dan telur

Hewan produksi seperti sapi, kambing, domba, babi, ayam, setelah mengonsumsi antibiotic tidak boleh langsung dimakan hasil produksinya. Hal ini dikarenakan terdapat waktu henti obat (withdrawal time) pada tubuh, sehingga pada masa ini antibiotic masih dimetabolisme di tubuh. Jika kita mengonsumsi pangan yang mengandung antibiotic tentu akan berbahaya bagi tubuh.

Antibiotik untuk kucing dan anjing
Antibiotik untuk kucing dan anjing

#3 Ivermectine untuk tungau kucing dan anjing

Ivermectine sangat dikenal sebagai antiektoparasit yang baik, terutama dalam mengobati kasus infeksi tungau termasuk scabies. Namun, secara genetic terdapat hewan yang tidak bisa memetabolisme jenis obat ini. Efek sampingnya menyebabkan kejang dan keracunan. Anjing ras collie (righ collie, border collie), Shetland sheepdog (Sheltie), anjing ras collie campiran merupakan jenis anjing yang secara genetic tidak bisa memetabolisme ivermectine. Pemberian natiektoparasit lain seperti milbemycine, selamectine cukup aman untuk anjing jenis ini.

 

#4 Obat cacing (anthelmintic) untuk kucing dan anjing

Pemeberian obat anti cacing (anthelmintik) perlu berhati-hati terutama untuk anjing dan kucing bunting. Albendazole, fenbendazol, dapat menyebabkan kerusakan dan kecacatan pada janin. Sehingga penggunaannya perlu diperhatikan.

Pemeriksaan secara seksama sangat penting dilakukan untuk hewan yang sakit agar tidak mengalami kesalahan dalam pengobatan. Jika hewan tidak kunjung sembuh setelah diobati bukan berarti obat tidak bekerja dengan baik, namun kemungkinan ada faktor lain seperti kondisi tubuh yang kurang baik, atau adanya resistensi terhadap obat tersebut. Oleh karenanya, perlu pengobatan perlu disertai diet atau pakan yang baik sesuai dengan anjuran dokter. Pengobatan pada hewan peliharaan memang dibutuhkan kesabaran untuk mencapai kesembuhan.

Contoh Obat Cacing untuk Kucing
Contoh Obat Cacing untuk Kucing

 

Semoga bisa menjawab pertanyaan pet lovers semua ya tentang boleh tidaknya memberikan obat pada anjing dan kucing 🙂

*P.S Jika merasa artikel ini bermanfaat, mohon di share di Facebook ya supaya lebih banyak orang yang bisa baca 🙂

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

39 comments

Slamat mlm dokter, saya mau bertanya mngenai penyakit apa yg sdg diderita anjing saya dan bagaimana pngobatannya. Anjing saya jenisnya Pitbull, umurnya kurang lbh 3 tahun dan jenis kelaminnya betina. Ciri-ciri pnyakit yg timbul antaralain: Pembemkakan pada salah 1 jari di kaki kiri bagian depan, kedua mata mengalami pembengkakan, batuk2, puting susu mngeluarkan air susu padahal tdk sdg hamil atau belum pernah kawin. Mohon pencerahannya ya dokter, tks.

halo, terimakasih telah bertanya. mohon maaf baru merespon, saya sering melakukan komunikasi melalui instagram dan [email protected] Untuk fast response silahkan hubungi channel tersebut ya.

Hal tersebut mungkin terjadi akibat adanya peradangan yang mneyebabkan pembengkakan. peradangan ini mungkin telah bersifat sistemik sehingga mnejalar ke seluruh tubuh. termasuk pada puting dan mata. oleh karena nya saran saya perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan. terimakasih.

sya mau nanyak.. tdi sya melihat kucing di tabrak mobil. mobil ny lari. kucing itu kluar mata kiri nya.. dn masih hidup. tapi dia kesakitan bngt. dn gk tau harus bgaimna dn apa yg hrus sya lakukan untuk kucing liar itu. sya tidak punya dana untuk bawa ke klinik.. sya bingung..

Mmg sebaiknya segera periksakan ke dokter, apalagi kalau ada bagian tubuh yg menonjol. Kalau dibiarkan khawatir jd infeksi. Tentu sakit juga kalau dibiarkan.

Dok, sy mw tny, akhir2 ini kucing sy (6bln) gak nafsu makan. Trus pup ny cair (kyk mencret gt). Kira2 knp ya? Perlu dkasih obat sm vitamin ap ya? Mksh..

Dok saya ke drh dan dikasih resep Regefluid merk Virbac ini untuk apa ya dok lebih tepatnya?
Karena matanya ada infeksi dan mengeluarkan cairan. Sebelumnya kucing ini liar tapi sering mampir ke rumah dan kondisi mata kanan saat datang memang seperti ada awannya. Kita kira ini katarak? Tapi memang belum sempat ke dokter. Tiba2 sore kemarin matanya mengeluarkan cairan dan sepertinya agak tertutup. Lalu hari ini saya ke dokter, kata drh mungkin ini defisiensi kalsium, lalu sementara selama seminggu ini diksih obat itu. Tapi saya kesulitan mencari obat itu. Apakah ada alternativ lain? dan fungsi obat itu singkatnya untuk apa ya dok? Terima kasih. semoga bisa dijawab.

Selamat pagi dok, maaf mau tanya kucing saya sakit batuk seperti tersedak dan pupnya encer.. Bagaimana cara menanganinya dan apa obatnya ya ya dok.. Mohon dijawab ya dok terimakasih

slmt mlm dok, saya mau tanya,,, apakah ada masalah bila memberikan antibiotik dan obat cacing sekaligus pada anjing atau kucing…?? misalnya di kasih perintel tablet kemudian di injeksikan Terramycin…??

Dok, kucing saya abis berantem sehari yg lalu. Dan sy baru tau siang td ngeliat cara jalannya berbeda, agak merunduk dan lebih galak apabila ketemu kucing sy yg lainnya. Dia jd suka tidur kasur sy pdhl sebelumnya dia tipe kucing yg mandiri (paling tidak suka dielus apalagi dibwa ke ttempat tidur), terus pas dipegang bagian leher atas seperti ada luka kering dan pas ga sengaja di pegang dia ngerang2 gitu. Kalo lg tiduran juga dia ngerang2 seperti marah karna sakit pas mindahin tubuhnya. Sy ikutin rekomendasi tetangga sy yg ngasi antibiotik (amoxilin) 1 tablet, terus 3 jam kemudian sy kasi habatusaudah yg ada propolisnya juga. Sy liat dia agak mendingan dan udh mau minum sendiri ke belakang. Dia gamau makan padahal sudah di rebus ikan salem yg bau amisnya menyengat, dia gamau makan apapun. Jd itu gimana ya dok? Sy trauma membawa kucing saya ke dokter hewan yg sy tau karna sudah 2 kali kucing sy mati, padahal sudah dirawat inap dan pemberian suntikan (gatau suntikan apa) justru membuat kucing2 sy semalin melemah :'( . Mohon pencerahannya dok, terimakasih

Pemeriksaan Dokter harus tetap dilakukan krn perlu tau dulu kondisinya baru bs dilakukan penanganan yg tepat. Penyebab kematian kucing setelah diterapi sebaiknya diteliti kembali apakah memang kondisi kucingnya yg sdh Sgt parah JD TDK bs diselamatkan, atau ada penyebab lainnya JD tetap harus konsultasi Dan komunikasi dgn Dokter

Apakah yakin itu infeksi karena scabies?
Biasanya scabiosis terjadi secara kronis krn menyerang kucing ataupun anjing yg daya tahan tubuhnya menurun.

Baca disini ya : scabies

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

dok.. kucing saya betina, sedang menyusui tapi terluka di bagian kaki, bengkak, nafsu makan menurun, mata berair. saya ingin memberinya antibiotik. apakah boleh? dan bagaimana dosisnya?

pemberian obat hanya boleh dilakukan setelah pemeriksaan dan sesuai dengan resep dokter. tidak semua penyakit perlu diberikan antibotik loh. jika bisa minimal pemberian antibiotik akan baik sekali.

saran saya segera periksakan ke dokter, pastikan mendapatkan makanan yang terbaik (berikan makanan kitten atau makanan yang basah) . jika tidak memungkinkan induknya menyusui, anak bisa disusui dengan susu formula.

silahkan baca disini : ebook perawatan anak kucing

kenapa tdk boleh memberi obat sembarangan

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dok saya mau bertanya.
Sudah 3 hari kucing saya tidak mau makan. Di minumi susu juga tidak mau. Lalu jika digendong atau tidak sengaja tersebtuh perutnya kucingnya mengeobg seperti kesakitan. Dia seharian hanya tidur saja.
Saya sedih dok. Apa yang harus saya berikan.
Kalau boleh tau apa saja merk obat untuk demem kucing?

pemberian obat demam untuk kucing perlu rekomendasi dokter, tidak bisa sembarangan memberikan obat. tapi, pemilik bisa memastikan asupan makanan dan minuman tetap ada, dengan menyuapi nya dan memberikan tempat yang nyaman.selanjutnya tetap perlu dilakukan pemeriksaan dokter,

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Tanya jawab dokter hewan

Halo dokter, saya punya kelinci umur sekitar 4 bulan. Kemaren dia loncat dari gendongan saya, tapi pas di tanah dia gak bisa jalan kayak pincang gitu, ternyata kaki depan kiriny lemas dok, sya gak tau harus ngapain. Trus hari ini dia gak mau makan sama gak mau minum dok. Trus tadi pup nya sempet lunak dan banyak gitu gak kayak biasanya. Saya mesti gimana dok? Saya sedih liatnya.

Halo Dokter, Saya mau tanya Tentang Kucing saya Mengapa pada bagian Kuping,Mata,Gusi & bagian Telapak Tangan Menguning?/Berwarna Kekuningan,Badan Lesu,Tidak mau makan,Keluar Cairan Dari Mulut nya,Setelah itu saya coba beri Antibiotik(Amoxsicillin) Saya Khawatir Kenapa napa dok,
Ada Solusi Lain yang dapat membantu dok ? Terimakasih dok …

Jika kucing menjadi kuning berarti terdapat kelainan di organ hati, maupun ada nya pendarahan d organ dalam. Jd perlu diperiksakan segera ke dokter. Pemberian antibiotik untuk kasus ini bisa perlu konsultasi ke dokter

Sebenarnya setiap obat yang ingin diberikan ke anjing kita perlu konsultasi dokter berdasarkan pemeriksaan. Namun, untuk anjing jenis sheltie dan turunanya, perlu diperhatikan obat2an tertentu terutama ivermectine, dan bbrp obat lain.

Hallo dokter…
Saya mau tanya tentang anjing saya yang tidak mau makan/minum, terus anjing saya gusi,juga lidah nya pucat.
Mungkin dokter boleh kasih tau saya apa penyebabnya, dan bagaimana cara pengobatannya ? Mohon penjelasannya yaa dok..Trima kasih

Kalau sampai pucat bs jadi anemia atau kekurangan darah, sebaiknya d cek ke dokter ya. Krn kondisi ini kalau dibiarkan cukup berbahya, bs menyebabkan kondisi yg lebih parah lagi

Sy punya kucing lokal d serang kutu, tapi kutunya sampai jatuh betebaran ke lantai, bahkan kalau sy nginjak lantai kutu itu pd menempel d kaki sy, mrambat bgmn cr mengatasinya

Dokter,

Saya punya anjing peranakan doberman, umur 8 tahun, Fury namanya.

Fury Ada benjolan tumor, dan sudah diangkat tahun lalu. Namun setahun berlalu, benjolan kembali tumbuh dekat posisi yang lama.

Apakah ada solusi untuk benjolan tersebut dengan cara pengobatan non kimia, seperti herbal dsb?

Mohon dibantu ya Dokter

Terima kasih

untuk herbal bisa dberikan namun memang perlu tetap konsultasi dokter, krn mmg untuk pengobatan ini perlu dikaji lebih lanjut. yang terpenting tubuhnya memiliki daya tahan tubuh yang bauk. selama tumornya tdk berbahaya, tidak menjadi kanker dan tidak mengganggu pastikan anjing tetap mendapatkan perawatan yang terbaik.

Halo dok saya mau bertanya. Kucing saya sakit abses, karena panik saya langsung beri amoxicilin dg dosis 1/8 . Kemudian saya baru baca mengenai artikel ini. Tindakan apa yang harus saya lakukan dok? Terimakasih sebelumnya

Pemberian antibiotiknya sebaiknya disesuaikan dosisnya dengan berat badan. Penggunaan antibiotik pd dosis kecil tdk menimbulkan efek racun kecuali ada alergi thd obat tsb. Sebaiknya hentikan sementara pemberian antibiotiknya dan konsultasikan ke dokter untuk pemberian yang sesuai dan waktu treatmennya.

Selamat malam dok, saya mau tanya. Saya punya Kitten usia sekitar 3 bulan, kucing saya terkena sepertinya terkena infeksi bakteri. Awalnya cuman muncul satu, di bagian kakinya tapi lama2 menyebar. Gimana cara menanganinya ya dok,sebelu Semakin parah. Tolong infonya dok. Makasih sebelumnya.

Sebaiknya dikonsultasikan ke dokter ya. Sejauh apa infeksinya akan mempengaruhi treatment nya. Biasanya jika ada infeksi bakteri disertai nanah maupun adanya lesi membusuk dan kehitaman.

Leave a Reply

*