10 Hal Penting Abses pada Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN

10 Hal Penting Abses pada Anjing dan Kucing

 

10 Hal Penting Abses pada Anjing dan Kucing

Pernahkah pemilik menemukan anjing dan kucing nya mengalami bengkak dan disertai keluarnya nanah? Jika pernah, apakah sebelumnya anjing dan kucing pernah mendapatkan luka maupun gigitan dari hewan lainnya? Biasanya jika kondisi seperti itu, anjing dan kucing mengalami peradangan yang disertai nanah. Istilah radang lokal disertai nanah dikenal dengan abses.

Biasanya pemilik menemukan kucing dan anjing nya mengalami abses setelah melihat adanya nanah yang keluar dari luka bengkak. Pemilik baru menyadarinya karena letak abses yang tertutup rambut terutama pada anjing dan kucing dengan rambut panjang dan tebal.

Berikut 10 hal penting mengenai Abses pada anjing dan kucing yang perlu diketahui pemilik :

1.Abses merupakan radang lokal pada jaringan yang disertai nanah 

Abses merupakan radang lokal pada jaringan yang disertai nanah . Abses bisa terjadi pada kulit, mata, gusi, hati, kelenjar susu, ekor, punggung, serta organ lain di dalam tubuh. Abses yang bisa terlihat jelas merupakan abses yang terjadi dibawah kulit atau subcutaneous abscess. Abses bisa terjadi pada semua anjing dan kucing.

Abses pada anjing (Sumber gambar : Hnilica dan Patterson 2017)

2. Abses di bawah kulit akan terlihat adanya benjolan dan bengkak pada daerah yang luka

Abses diiringi oleh radang, ciri khas nya bengkak, sakit saat disentuh, panas dan kemerahan pada daerah yang radang.

Abses terlihat seperti benjolan karena mengalami kebengkakan. Abses bisa pecah ataupun tidak, abses yang pecah akan mengeluarkan nanah serta bau yang tidak sedap. Biasanya jika sudah terbuka lebar akan terlihat bagian dalam kulit yang merah. Abses bisa juga tidak pecah, tapi berbentuk benjolan. Ketika dokter melakukan penusukan (pungsi/punctio) , baru akan terlihat keluarnya nanah.

Nanah saat abses dilakukan pungsi oleh dokter (Sumber gambar : Hnilica dan Patterson 2017)

3. Abses pada kulit umumnya disebabkan oleh gigitan 

Abses pada anjing dan kucing umumnya terjadi akibat adanya trauma dan luka. Biasanya trauma akibat berkelahi dengan hewan lain yang menyebabkan luka gigitan yang dalam sering menyebabkan abses. Gigitan bisa menyebabkan abses karena liur hewan terdapat bakteri.  Bakteri ini pun berkembang dengan baik pada jaringan luka dan menyebabkan radang serta infeksi.

Selain gigitan, trauma akibat suntikan juga bisa terjadi. Biasanya jika saat disuntik, hewan bergerak sehingga menyebabkan luka, radang, dan infeksi bakteri. Selain itu bisa juga karena penggunaan jarum suntik yang tidak steril.

Abses yang terjadi pada daerah muka, bisa saja dikarenakan adanya luka pada bagian gigi, atau infeksi daerah gigi yang menyebabkan juga benjolan pada bagian wajah.

Luka gigitan yang menyebabkan abses (Sumber gambar : Miller, Griffin, Campbell 2013)

4. Abses bisa menyebabkan kesakitan dan penurunan aktivitas 

Anjing dan kucing yang mengalami perkelahian atau terdapat luka, biasanya baru muncul abses ketika luka sudah menutup. Biasanya owner akan melihat adanya perubahan aktivitas kucing dan anjing menjadi lebih diam, tidak nafsu makan, bahkan demam. Kalau abses terjadi pada daerah kaki, akan disertai kesulitan berjalan karena kesakitan. Tanda lainnya, saat disentuh bagian yang bengkak, kucing atau anjing akan merespon buruk dan lebih agresif karena kesakitan. Owner akan menemukan kebengkakan, bisa juga sudah terlihat adanya lubang yang mengeluarkan nanah, ataupun hanya benjolan saja. Kalau abses yang sudah pecah selain nanah, biasanya disertai dengan keluarnya darah.

5. Abses sebaiknya segera dilakukan penanganan dan tidak dibiarkan 

Jika sudah ada nanah yang keluar, segera bersihkan luka dengan air hangat dan antiseptik. Setiap hari luka dibersihkan dengan air hangat. Jika letaknya mudah dijilat dan digaruk oleh kucing dan anjing, sebaiknya berikan collar agar luka tidak semakin lebar.

Baca juga : 6 Cara mengobati luka pada anjing dan kucing 

Jika belum ada nanah yang keluar atau masih terlihat seperti benjolan, bisa dilakukan kompres dengan air hangat setiap hari sambil sedikiti ditekan. Biasanya memang anjing dan kucing akan kesakitan saat ditekan.

Sebaiknya, segera periksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat.

6. Operasi untuk penanganan abses

Kasus abses dengan kebengkakan yang cukup besar, selain dilakukan penusukan, dokter juga bisa melakukan operasi untuk mengeluarkan nanahnya. Karena menyakitkan, tentu kucing dan anjing perlu dilakukan tindakan bius terlebih dahulu. Abses yang pecah juga bs dilakukan operasi penjahitan luka jika memang luka nya cukup lebar.

7. Abses yang tidak tangani dengan tepat bisa menyebabkan infeksi lebih lanjut

Kasus abses biasanya diberikan pengobatan oleh dokter dengan menggunakan antibiotik, antiradang, serta pembersihan luka dengan antiseptik dan salep luar antibiotik. Kalau abses tidak diberikan penanganan, selain menyebabkan kondisi tidak nyaman pada kucing dan anjing karena kondisi bengkak yang mengganggu aktivitas. Lama kelamaan bengkak yang semakin besar akan menekan otot dan syaraf, bisa juga menyebabkan gangguan syaraf sehingga otot tdk bisa lagi digerakkan. Selain itu, adanya infeksi bakteri dalam luka, bisa juga diakibatkan oleh bakteri yang menimbulkan toksin atau racun. Racun ini dikhawatirkan masuk ke pembuluh darah dan menyebabkan keracunan sistemik (toksemia) dan menyebabkan infeksi bakteri menyeluruh (sepsis).

8. Persembuhan Abses tergantung dari kondisi dan penanganan selama masa pengobatan 

Proses persembuhan abses tergantung dari kondisi saat dilakukan pemeriksaan dan penanganan yang tepat. Yang terpenting bagi pemilik, tetap melaksanakan pemberian obat dan pembersihan luka sesuai saran dokter. Pemberian makanan pendukung bisa juga diberikan untuk mempercepat persembuhan karena biasanya nafsu makan menurun, jadi sebaiknya diberikan makanan dengan bau yg menyengat dan tekstur yang lembut.

9. Abses bisa Berulang

Kejadian abses bisa saja berulang jika penanganan tidak dilakukan dengan tepat. Selain itu, bisa juga berulang jika kucing dan anjing mengalami trauma yang serupa misalnya berkelahi lagi dan mendapatkan gigitan hewan lain. Kondisi abses yang tidak kunjung sembuh selama 1-2 minggu masa pengobatan sebaiknya dikonsultasikan kembali ke dokter, supaya dokter bisa melakukan evaluasi mengenai terapi. Jika diperlukan akan dilakukan kultur nanah agar bisa diberikan penanganan yang sesuai.

10. Abses bisa dicegah

Jika anjing dan kucing sering keluar rumah, perhatikan lebih intensif kemungkinan adanya luka. Jika ada luka segera bersihkan dengan air hangat dan antiseptik. Hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko kontaminasi bakteri akibat gigitan.

Abses merupakan salah satu kondisi umum yang terjadi pada anjing dan kucing. Abses bisa menyerang berbagai organ, tapi yang terlihat yaitu abses yang berada di bawah kulit (subcutaneous abscess). Abses akan terlihat pecah mengeluarkan nanah maupun terlihat berupa benjolan. Sebaiknya jika menemukan adanya bengkak dan benjolan pada kulit anjing dan kucing segera konsultasikan ke dokter. Penanganan yang tepat akan sangat membantu persembuhan anjing dan kucing.

 

Sumber bacaan :

Miller WH, Griffin CE, Campbell KL.2013. Muller & Kirk’s Small Animal Dermatology 7th ed . Elsevier: Missouri

Hnilica KA, Patterson AP.2017. Small animal dermatology: A color atlas and therapeutic guide 4th edition. Elsevier : Missouri.

 

34 comments

Dok saya mau bertanya, hari senin kemarin saya periksa kucing saya yg baru berumur 8 bulan,dia mengalami skabies dan cacingan, kenapa setelah d suntik skabies kucing saya besoknya langsung lemas dan tidak bisa apa apa ? Kira kira kenapa yah

Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter yang melakukan terapi ya, supaya nanti bisa diberikan tindakan lanjutan

Dok mau tanya kenapa kucing saya suaranya tiba2 serak dan saat pulang kerumah dengan keadaan badan bagian bawahnya banyak luka terus kaya ada peluru kecil yang nyangkut dibadan nya terus saya ambil pakai gunting kuku alhamdulillah benda itu bisa di cabut tetapi keadaan nya bolong terus saya kasih obat merah apakah boleh dok tanpa harus saya bawa ke dr hwan ? Dan apakah suara nya yg serak itu terpengaruh dari luka tersebut ?

Dok saya mau nanya kucing saya minggu lalu berantem terus dia pulang dalam keadaan luka selang 3 hari luka nya sembuh tapi dia gak nafsu makan dan sering tidur tapi dia sering minum air nafas nya juga terengah engah itu kenapa ya dok

Sebaiknya konsultasikan ke dokter, khawatir ada luka dalam yg perlu pemeriksaan lebih lanjut

dok mau nanya dong
kan kucing saya melahirkan 4 anak kucing. tapi ada satu anak kucingnya gabisa jalan gitu dok. itu kenapa yaa? tiap mau jalan pasti dia jatoh terus?

perlu dijelaskan berapa usia kucing nya, karena usia dibawah 1 bulan, masih mengalami perkembangan bisa saja belum sempurna perkembangan alat geraknya

Selamat sore, dok. Kucing saya umur 2 minggu lebih, piatu. Saya merawatnya dan memberi mereka susu formula. Tapi mereke saling isap-menghisap leher, perut, sampai kelamin. Apa itu berbahaya,dokter? Dan bagaimana cara yang tepat membersihkan bulu mereka? Terima kasih 🙂

tidak masalah dengan kebiasaan tersebut, mereka melakukannya karena meniru cara menyusui pada induk. yang terpenting tetap usahakn mendapat nutrisi yang cukup, tempat yang nyaman dan hangat. membersihkan rambut hanya dilakukan saat benar2 kotor saja, bisa menggunakan tisu basah,

Oh iya, pada usia berapa bayi kucing mengeluarkan kotoran (tinja)? Kucing saya kepalanya kecil tapi perutnya besar, dokter. Takut ada gangguan pencernaan.

Dok saya mau bertanya, kucing saya ada luka kecil di kakinya dok, semakin hari semakin membesar lukanya dok itu kenapa ya dok, dan bagaimana mengobatinya

dok saya mau tanya,, kucing saya terkena parasit, tapi setelah di obati dengan dokter pertama ga ada kemajuan, nah terus saya cari lagi dokter kedua masih sama malah tambah banyak parasit nya,solusi yg bagus gimana lagi dok,,bulu nya banyak rontok, banyak luka nya juga, itu solusi nya gimana lagi dok, mohon bantuan nya dok.

Perlu diketahui dulu apa parasitnya apakah ektoparasit (kutu, pinjal, tungau), endoparasit (cacing, protozoa). Selain diobati di tubuh kucingnya, perlu juga lingkungan dibersihkan serta diberikan nutrisi yg sesuai karena nutrisi yg baik akan membantu persembuhan kulit. Tetap konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lanjutan .

Dok sya mau tanya, kucing sya telinga nya keluar seperti nanah dan bau dok. Sya sdh coba bersihkan dgn obat tetes telinga. Tpi msh ada jga dok karna dia garuk trs. Itu knp ya dok? Dan apa yg hrs sya lakukan?
Terimakasih dok..

Konsultasikan ke dokter ya, pemberian obat tetes kalau tidak sesuai dengan kebutuhannya akan memberikan efek yg kurang baik. Jd perlu diketahui dulu penyebab telinganya bernanah dan bau

Dok mengatasi kucing susah makan gimana ya? Kondisi badannya sehat ceria. Tapi akhir akhir ini dia susah makan. Penyebab dan solusinya apa ya dok? Terimakasih

Sama seperti kucing dewasa, mengalami penurunan aktifitas, nafsu makan menurun, tdk mau menyusui

Dok,kucing saya lagi ada luka terbuka di kulitnya. Terus saya mau kasih obat kutu yg tetes apakah aman? Lukanya sudah agak kering. Dan saya pakai obat Frontline plus

Siang dok.
Saya mau Tanya kucing saya be berapa hari ini gak mau makan dan mencret terus.
Sampe kalo baru selesai makan gak lama langsung kayak gak sengaja makanan tdi keluar dari anusnya. Sampe anusnya bengkak
Kalo boleh tau itu sakit apa ya dok

Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk tau kondisinya lebih lanjut. Perlu diperhatikan kualitas makanannya berikan makanan yg baru, sedikit tp sering lbh baik dibandingkan sekaligus banyak. Jika mencret hingga diare lebih dari 2 hari dan lemas, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Diagnosa bisa diketahui setelah pemeriksaan.

Baca juga mengenai diare pada kucing di web tanyadokterhewan.com dan instagram @tanyadokterhewan

Dok, saya ingin bertanya terdapat benjolan disekitar ketiak kaki kanan depan anjing saya, kira kira itu abses atau penyakit lain ya dok? Benjolan tersebut awalnya kecil sekarang benjolan tersebut membesar dan apa bila disentuh anjing saya tidak merasa sakit
Bagaimana dok cara menyembuhkannya atau cara mengobatinya?

Silahkan baca di web tanyadokterhewan.com tentang 5 benjolan bawah kulit pada anjing kucing.

Dok, saya mau tanya kan kucing saya tu pertama ada nanah di bagian kaki depan di ketiaknya trs pagi2 tu nanah nya pecah trs skrng luka bekas nanah yg pecah itu kebuka keliatan dagingnya gitu, trs sya harus gmna dok?bisa gk di obatin sendiri dirumah, tapi saya takut nanti kucingnya ngerasa sakit kalo luka yg ke buka itu saya kasik salep antiseptik gitu. Gmna dok?

Seperti yang sudah dijelaskan di artikel, pemberian antiseptik bisa saja diberikan, tapi dilihat juga bagaimana bentuk lukanya, terkadang bisa sembuh sendiri hanya dgn bantuan antiseptik. Tp banyak juga kasus yang perlu diberikan obat antiradang, antibiotik maupun terapi lainnyan tentunya berdasarkan pemeriksaan dokter. Bahkan pada luka terbuka, bisa jadi juga perlu dilakukan penjahitan. Jadi saran saya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter ya.

dok, anjing saya gusinya bengkak dan tidak mau makan selama 2 hari. kira” pengobatan yang dilakukan gmna ya dok?

Perlu disembuhkan dulu gusi nya, sebelumnya di periksakan terlebih dahulu ke dokter. Krn perlu d cek gusi bengkak apakah ada luka, bengkak radang, pd bbrp anjing usia tua bs juga timbul epulis seperti pertumbuhan tdk beraturan dr gusi.

Bermanfaat sekali, terima kasih.
Tapi Dok, mungkin gak kalo kucing saat abses ini bulunya jadi rontok.
Ini kucing saya menderita abses karena digigit kucing lain, bengkak dipipi dan sekarang udah pecah. Tapi bulunya rontok.

Wajar kalau bulu rontok pada bagian yg luka karena sel2 kulitnya melebar saat bengkak, biasanya juga digaruk2 jadi akan cenderung rontok rambutnya. Lama kelamaan ketika luka sdh membaik akan tumbuh dgn semestinya

Leave a Reply

*