6 Cara Mengobati Luka Pada Kucing dan Anjing – TANYA DOKTER HEWAN
6 Cara Mengobati Luka Pada Kucing dan Anjing

6 Cara Mengobati Luka Pada Kucing dan Anjing



6 Cara Mengobati Luka Pada Kucing dan Anjing

Luka pada kucing dan anjing tidak bisa kita rencanakan, namun bisa terjadi kapan dan dimana saja.

Seperti kita, luka pada anjing dan kucing penyebabnya bisa beragam seperti kecelakaan, tergores, gatal dan menggaruk berlebihan sehingga menyebabkan luka dan lain sebagainya. Reaksi terhadap kondisi luka tentu sakit, namun derajat sakitnya beragam.

Baca juga : tanda kucing dan anjing sakit

Bentuk luka pun beragam yaitu :

  1. Luka tertutup: luka ini tidak terlihat secara langsung namun bisa menyebabkan kesakitan saat disentuh. Luka ini bisa terjadi pada organ dalam atau memar otot saja. Biasanya akan terlihat kebiruan, terkadang bengkak akibat ada bekuan darah.
  2. Luka terbuka: luka ini jelas terlihat. Jenis luka terbuka pun beragam yaitu :
    – luka tergores, atau luka lecet hanya berupa goresan biasanya terdapat pendarahan kecil. Bisa juga disebabkan oleh kucing yg senang menjilati kulit yang gatal sehingga menyebabkan luka lecet akibat lidah kucing yang tajam dan berduri. Luka lecet ini pun disebabkan oleh anjing yang menjilati kulit berlebihan akibat gatal karena gigitan serangga salah satunya kasus acral lick dermatitis.
    – luka tertusuk, luka ini biasanya kecil terlihatnya namun dalam. Bisa terjadi pada anjing yang tertusuk besi, kayu. Ataupun pada kucing yang digigit kucing lainnya karena gigitan kucing akan dalam namun bagian luar akan terlihat luka kecil. Biasanya akan menyebabkan abses atau radang berisi nanah akibat luka ini.
  3. Luka terkoyak: biasanya sangat jelas terlihat dengan bentuk yang tidak beraturan. Bisa disebabkan oleh gigitan hewan lain, akibat pertengkaran dengan hewan lain, bisa juga karena kecelakaan yang menyebabkan luka terkoyak.
  4. Luka irisan: bentuknya seperti bagian yang terpotong, bisa disebabkan oleh benda tajam.

 

Luka pada anjing dan kucing bisa menyebabkan komplikasi yang dibiarkan bisa berujung pada kondisi fatal.

Berikut 4 komplikasi yang mungkin terjadi saat luka pada kucing dan anjing Anda :

  1. Radang, Radang memiliki 5 gejala umum (panca-radang) yaitu, merah (rubor) karena aliran darah saat radang akan lebih banyak dan terkonsentrasi di daerah yang luka. Panas (kalor) karena saat aliran darah banyak ke daerah luka akan membuat kondisi daerah sangat aktif. Sakit (dolor), saat luka dan menyebabkan radang akan menimbulkan rasa sakit.  Tidak bisa bergerak atau berfungsi (fungsiolesa) karena adanya rasa sakit. Bengkak (tumor) kondisi normal saat radang karena banyaknya darah dan sel pertahanan lain yang migrasi ke luka sehingga menyebabkan jaringan yang bengkak.
  2. Radang disertai nanah (abses) :  Luka juga menyebabkan bakteri dan sel pertahanan (makrofag, sel darah putih) bisa migrasi ke dalam luka dan akan menyebabkan timbulnya nanah. Biasanya abses ini akan pecah disebabkan oleh elastisitas otot yang berkurang akibat adanya tekanan. Abses yang pecah akan lebih baik dibandingkan dengan abses yang belum pecah karena lama kelamaan abses yang tidak pecah akan menyebabkan jaringan menjadi mengeras dan mengganggu dalam aktifitas anjing dan kucing. Abses bisa ditangani dengan menggunakan penusukan (punctio/puncture) oleh dokter hewan. Alat yang digunakan harus steril.
  3. Luka membusuk (gangrene) : saat luka terutama luka terbuka sangat memungkinkan masuknya bakteri. Darah, cairan, kondisi lembab merupakan faktor yang baik dalam perkembangan bakteri, sehingga bakteri bisa menyebabkan luka menjadi infeksi karena hasil metabolisme bakteri seperti timbulnya gas. Bahkan jika luka dibiarkan pun bisa menyebabkan bakteri pembusuk pun akan kontaminasi luka. Tidak menutup kemungkinan luka menjadi gangrene (terlihat hitam dan nekrosa (jaringan mati) sehingga perlu diamputasi.
  4. Luka berbelatung (miasis) : miasis atau infestasi larva lalat (belatung/maggots) pada jaringan. Luka terbuka mengandung darah dan otot yang terbuka sangat disukai oleh lalat. Lalat bisa bertelur di luka dan akan berkembang menjadi belatung (larva lalat). Tidak semua lalat bisa menyebabkan miasis, lalat hijau (chrysomya bezziana) merupakan lalat yang bisa menyebabkan miasis, lalat rumah (musca domestica) tidak bisa menyebabkan miasis. Kondisi miasis pada anjing dan kucing perlu segera diberi penanganan oleh dokter hewan. Dokter akan membersihkan luka dan memberikan larvacida sehingga larva lalat bisa mati.

Lalu, bagaimana kalau anjing dan kucing mengalami luka?

Sebagai pet owner ada baiknya kita memiliki perlengkapan P3K untuk anjing dan kucing.
Terutama perlengkapan standar seperti antiseptik maupun obat luka.  Saat kondisi luka kita perlu melakukan berbagai hal yang penting. Berikut 7 Hal yang penting dilakukan untuk mengobati kucing dan anjing Anda saat luka

PENTING !! P3K UNTUK ANJING DAN KUCING

  1. Memperhatikan bentuk luka
  2. Perlu diperhatikan bentuk luka pada anjing dan kucing, karena akan menentukan perawatan dan tindakan selanjutnya. Misalnya luka terkoyak dan pendarahan tentu pendarahan perlu dihentikan dengan menekan disertai dengan tidak banyak pergerakan agar luka terkoyak tidak semakin lebar.
  3. Perlu membawa ke dokter hewan : kondisi ini penting jika luka disertai pendarahan yang cukup banyak, luka terbuka lebar yang butuh tindakan penjahitan, serta luka lainnya.
  4. Perawatan luka dengan menggunakan antiseptik
    – Antiseptik banyak ditemukan di pasaran seperti povidon iodine (betadine), rivanol. Tidak disarankan membersihkan luka dengan alkohol karena bisa merusak jaringan. Perawatan luka ini juga diawali dengan menggunakan air hangat untuk melunakkan jaringan dan mengurangi kontaminasi bakteri. Air hangat juga membantu untuk melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah ke luka semakin meningkat akan menyebabkan mempercepat persembuhan luka.
  5. Pemberian obat luka
    – Obat luka yang digunakan untuk anjing dan kucing dipastikan aman dan tidak menyebabkan iritasi. Saya pribadi lebih cenderung menggunakan obat luka yang alami seperti minyak zaitun (olive oil) yang pure untuk kucing saat luka. Efeknya terhadap luka pun baik, luka menjadi lebih kering dan mudah menutup. Madu juga bisa menjadi alternatif untuk pengobatan luka, madu mengandung senyawa antibakteri alami sehingga bisa mempercepat persembuhan luka. Selain itu, madu merangsang sel pertahanan untuk meningkatkan pertumbuhan jaringan, menekan peradangan, dan mempercepat proses penghancuran (autolisis) dari sel mati (Rhodes dan Molan 2015).
  6. Penggunaan E-Collar (Elizabeth collar) atau corong pada anjing dan kucing
    – E collar merupakan salah satu alat yang bisa digunakan pada anjing kucing, berbentuk corong yang bisa membuat anjing maupun kucing tidak bisa menjilati luka.
    – E collar sangat penting untuk membantu mempercepat persembuhan luka. Saat persembuhan luka secara natural anjing maupun kucing akan menjilat luka dan menggaruknya karena sakit, gatal, dan tidak nyaman. Namun ini bisa membuat luka menjadi lebih parah. Terutama pada kucing dengan lidah yang berduri, akan membuat luka menjadi tergores dan berdarah. Penggunaan e collar ini sangat d penting berdasarkan saran dan pengawasan dari dokter hewan.Awalnya memang tidak membuat nyaman anjing dan kucing karena tidak terbiasa, bahkan merasa terancam karena pandangannya yang terganggu. Oleh karena itu perlu disesuaikan panjang corong, jenis bahan, agar tidak mengganggu saat makan maupun aktifitas lainnya. Elizabeth collar ada yang berbahan kaku, berbahan kain, ada yang inflatable (atau bisa dikembang kempiskan seperti balon)
    Kasus luka memang tidak bisa disepelekan, karena berbagai bentuk luka membutuhkan perawatan dan penanganan yang berbeda. Manajemen luka pun sangat berpengaruh dengan proses persembuhan luka. Sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter hewan kondisi kesehatan anjing dan kucing terutama pada kondisi darurat.*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
    Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

    Drh Puspasari Respatiningtyas.
    https://tanyadokterhewan.com

    Referensi :

    Molan, Rhodes.2015. Honey: A Biologic Wound Dressing . Wounds 2015;27(6):141-151

     

137 comments

dokkkk kucing saya kena panlekopeni saya harus apa dokkk? untuk menambah imunnya dengan cepat.. adakah makanan yg mempercepat kenaikan anti bodynya. krna kucing saya tertular dengan kucing satunya yg terkena penyakit yg sama.. tapi yg satu sudah mati semept diabawa ke dokterr dan sumtik tapi tdk tertolong, apakah ada cara lain.. mohin bantuannya dok

Dok, kucing saya luka terbuka jd kulitnya seperti tersayat kira2 2cm dan kulitnya menggantung diujung tdk benar lepas tp tdk menyatu sempurna keseluruhan jd seperti sisa kulitnya bertumpuk di ujung luka. Awalnya ga ada pendarahan sm skali lalu saya kasih nebacetin powder dan gak lama justru berdarah kira2 sdh 4jam darahnya sedikit2 merembes tp tdk byk sampai menetes di lantai. Gmn ya dok?

segera ke dokter ya, kalau memang luka terbuka perlu ada tindakan penjahitan luka, maka pelru dilakukan

gigi dan liur anjing bisa mengandung bakteri, ketika menggigit dengan luka yang dalam walaupun kecil, tetap bisa infeksi. untuk menghndari infeksi yang lebih parah bisa diperiksakan ke dokter ya.
untuk sementara luka nya bisa dikompres air hangat.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dokter kucing saya sakit sudah lama sekali doktr lebih dari 1bulan. Nafsu makan masih tinggi,tp lemah dan dehidrasi. Makan nya suka yg mentah dan amis. Tiduran terus dan gak mau di ajak main. Bdan ny kursu bgt. Tdk memcret dan tdk muntah. Tpi sering dengar spt bersin atau batuk.namun gak filek. Spt lemah tp kl sy siapin makan sampek manjat2 dy masih sanggup. Manjat kulkas tinggi aja bisa.
Tpi spt gak ada semangat hidup.dy sdh 8bln tpi msih nyusu k emak ny yg lg abis ngelahirin lagi. Ap gak ap? Dan kira2 sy musti kasih ap dok biar dy gak lemah dan bs gemuk lg krn makan terus tp badan tambh kurus. Peeut gak buncit.trimkasih doktr…mohon bantuan nya

saran saya diperiksakan ke dokter ya, supaya bisa diperiksan lebih lanjut kondisinya . stress mungkin saja tapi bisa juga ada hal lain spt infeksi

dok kucing saya terkena scabies di kupingnya, kira2 bahaya untuk saya gak ya? yang terbaik untuk saya lakukan terhadap kucing saya bagaimana ya? ditambah dia baru melahirkan

Halo dokter…Saya mau tanya-tanya soal kucing saya kondisinya lagi hamil dan dia dilehernya terkena jamur saya bingung sok harus kasih obat apa saya takut karena lagi hamil…Mohon infoy… Terimakasih dokter

selamat siang dokter , mau tanya. saya punya kucing umurnya 3 tahun , kucing saya betina. tapi blm saya kawinkan, apakah nantinya akan berbahaya jika sudah umur 3 tahun blm saya kawinkan ? untuk siklus musim kawinnya biasanya 1 mingguan , tolong dijawab ya dok… terimakasih….

Slamat siang dokter, saya punya kucing betina umur 3 tahun , sampai saat ini blm saya kawinkan ,, biasanya siklus birahinya 1 mingguan ,, bila terus seperti ini apakah nantinya akan berbahaya bagi kucing saya dok? Bagaimana solusinya? Trimakasih

halo, sebaiknya cukup satu kali saja dalam mengajukan pertanyaan. sudah saya jawab di komentar sebelumnya ya. harap bersabar.

Dok saya mau tanya, anjing saya sebelumnya baik2 saja, mungkim dri 2 minggu yang lalu anjing saya muntah setelah di kasih makan dok,, dan muntahannya itu kluar masi dalam bentuk2 biji makanannya .. Kan makanan nya dogfood .. Tpi kalo dia muntah, saya ttp kasi dia makan dan dia ga muntah lagi dok .. Jadwal dia makan kan pagi dan sore .. Terus nnti klo saya mau kasi makan di sore hari, dia muntah lagii .. Tpi kadang2 juga tidak dokk .. Saya bingung dia sakit atau bukan, karna hidung masi basah, merah dan lincah dok, dia ga ada lemes2nya sama sekali … Apakah dia ketelak sesuatu? Atau apa yah dok .. Dia kebetulan dia belum di vaksinasi juga, umurnya sudah kira2 8 bulan dok … Tolong di kasi sarannya dokk .m makasihhh

. selamat siang dok !!!
. saya mau tnyak dok , kmaren q brangkat krja kucing saya miko tidak apa” tapi stelah sya plang krja kok di ekor yg atas berdarah luka dok ,trz saya kwatir bngung akhir nya saya brsihin pkek alkhol lalu besok nya q ksh supertetra dok soal nya gk tau mau di kch obat apa , trz si miko klau di kch obat sering di jilatin dok sampek luka nya gk kering” malah merah , mintak solusi nya dok di kch obat apa .

#sebelum nya terimakasih dok 🙂 : )

jangan pakai alkohol ya, saya bahas juga loh di artikel, bisa dibaca juga alasannya. pakai e collar akan lebih baik supaya tdk mudah dijilat

Selamat siang Dok, apa kabar?
Dok saya mau bertanya,
Tanggal 2 April nanti anjing pom saya berumur 4 bulan.
Siang ini ketika saya pulang dr kantor, saya menggendong anjing saya dan saya menemukan ada cairan putih di penis anak anjing saya, dan kemudian saya lap menggunakan tissue basah, Dok.

Yang ingin saya tanyakan, apakah cairan tersebut nanah, atau sperma, Dok?
Apabila nanah, anak anjing saya tidak terlihat sakit Dok, malah sangat aktif, nafsu makan tidak berkurang, dan tidak lesu/lemas.
Apabila sperma, apakah anak anjing saya memasuki masa puber/berahi? Tapi umurnya belum 4 bulan Dok, dan tidak pernah keluar rumah atau bertemu anjing betina.

Kejadian siang ini membuat saya jadi teringat bbrpa hari terakhir ini anak anjing saya memang terlihat agak sering menjilati daerah penisnya Dok.

Jadi apa yg sebenarnya terjadi ya Dok sama anak anjing saya, apa dia sakit? Atau puber?

Terima kasih Dok sebelumnya.
Selamat siang.

halo maaf baru merespon, pada jantan dikenal juga adanya smegma, cairan kental kehijauan yang keluar dari penis, itu normal. selama tdk ada bengkak, darah, demam. follow instagram @tanyadokterhewan ya saya pernah bahas tentang ini disana.

Mat Sore Dok … saya mau nanya obat apa yg bisa hilangkan luka pada tubuh anjing akibat kutu dan obat apa buat hilangkan kutuanjing dok … makasi

Selamat pagi dok.. Salam sejahtera bagi kita semua.

Dok saya mau bertanya, kucing saya 2 kaki belakangnya patah, yang masih berfungsi cuma kaki depannya aja.. Dia jalan sambil menyeret 2 kaki belakangnya saya ga tega lihatnya dok.. Saya harus gimana? Saya gatau harus ngapain, apa yg harus saya lakuin supaya kucig saya bisa sehat kembali.

Trims dok.

Selamat sore dok
Saya mau tanya tentang kucing saya dia tu suka garuk garuk telinga sampe telinganya berdarah parah padahal saya sering mandi jamur
Cara mengobatinya gimana ya dok mohon bantuan nya

Trimakasih 🙂

Malam dok, td pagi kitten saya digigit kucing dewasa bagian leher & bahunya. Saya berhasil selamatkan dan krn kittennya pendarahan saya tekan dahulu di luka agar berhenti kemudian saya cm kasih betadine. Skg sdh gak pendarahan tp kittennya terus lemas, gak bs berdiri seperti lumpuh walaupun matanya segar & waktu didekatkan makanan dia kelihatan bersemangat tp gak bs bgn utk makan. Gimana baiknya dok?

Ada baiknya diperiksakan ke dokter ya. Krn memang kadang luka tdk terlihat, to krn menusuk ke dalam jd sgt mungkin ada infeksi d bagian dalam

Menggunakan obat obatan herbal mgkn bs dilakukan kalau untuk membersihkan atau mengobati luka. Krn bahan dari alam secara umum aman. Tapi tetap kemungkinan ada keracunan atau efek samping sangat besar terjadi. Jd owner perlu rajin research dan membaca. Yang terpenting tdk memberikan obat obatan terutama kimia ataupun obat obatan yg biasa kita konsumsi tanpa konsultasi dulu ke dokter, krn tanpa dosis yg tepat dan pengetahuan kandungan serta reaksi obat yg terbatas bs berakibat fatal bagi hewan.

Halo dok. Mau tanya. Kucing saya terluka terpotong sela2 jari telapak kakinya. Sudah saya bersihkan, perban dan kasih salep bioplacenton. Tetapi lukanya tidak kering2. Dan dia suka jilat2 perban dan bagian kaki yang tidak diperban sampai copot bulunya. Bagaimana penanganan yang tepat ya dok? Apa perlu dijahit?

Perlu pakai collar supaya tidak dijilat. Krn kalau dijilat terus akan lama sembuh lukanya. Pakai minyak zaitun juga bagus dan aman untuk luka.

Dok, saya mau menanyakan tt pemakaian ecollar. Apakah ecollar dpakai terus tmsk ketika anjing akan tidur? Karena terlihat tidak nyaman. Tidak mau makan dan minum juga. Memang baru disteril. Dan saya lupa mnanyakan apakah memang efek paska operasi tmsk tidak mau makan dan minum. Berapa lama efek ini ya? Terimakasih banyak dok.

E collar sebaiknya digunakan jika diperlukan saja, saat tidur biasanya tdk dilepas, krn khawatirnya saat bangun bisa menggigiti luka nya. Penggunaan e collar hanya saat luka nya masih basah sekitar 1-3 hari saja, atau berdasarkan saran dari dokter hewan. Memang cukup mengganggu dan tdk nyaman untuk anjing maupun kucing.

Tidak nafsu makan mungkin terjadi ya, karena efek obat bius, maupun bs karena sakit, oleh karena itu akan lebih baik kalau sesudah operasi diberikan makanan yg mudah dicerna dan baunya menyengat.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

Halo dokter. Saya punya anjing berumur 5 bulan betina. Awalnya, di badannya timbul merah2 di bagian yang tidak berbulu (perut) seperti bentol alergi. Lalu saya mandikan dengan detol dan diberi salep gatal. Awalnya mendingan tetapi sekarang timbul lagi dan bulunya juga rontok. Bagaimana penanganannya ya dok karena kasihan sekali dia gatal2 terus. Terima kasih.

Maaf dok mau tanya kucing kakinya bengkak dok udah 4 hari jalannya pincang gitu abis berantem sama kucing lain kakiknya luka terus bengkak pincang.. gimana cara ngobatinnya dok?

Dok, kucing saya luka karna digigit oleh hewan lain. Bulu rontok, tidak mengeluarkan darah tetapi luka terbuka sekitar 3cm. Apakah bisa diperban atau dibiarkan saja? Dibetadin lalu diperban? Atau dibasuh air hangat lalu dibiarkan saja?

Selamat sore, dok. Saya mau tanya tentang anjing saya. Tahun ini anjing saya usianya 11 tahun, trus sejak 3 minggu belakangan bulu anjing saya mulai rontok. Sebenarnya tidak luka tapi karena digaruk jadi ada beberapa bagian yang luka. Apakah ini wajar karena anjing saya sudah tua atau mungkin ada penyakit yang membuat bulu anjing saya rontok? Tolong solusinya dok, terima kasih.

dok saya mau konsultasi, kucing saya sudah lama pembengkakan pada bagian hidung tetapi setelah saya ke dokter hewan bilangnya mungkin karena terbentur karena hidungnya merah dan membengkak seperti terkelupas. setelah diberi obat dengan dokter hasilnya cuman mengering saja seperti terkelupas tapi tidak bisa kempes sampai sekarang pun bengkaknya tidak kempes kirakira harus saya kasih apalagi ya dok? kemudian beberapa saat dia menggigit bagian pantatnya hingga berdarah setelah itu saya kedokter lagi dan hasilnya mengarah ke scabiosis katanya, sudah diberi injeksi ivermectin dan diberi obat tapi tidak diberi salep untuk bekas gigitannya.sementara ini pada bekas gigitannya saya berikan minyak tawon. kirakira untuk bekas gigitanya untuk lebih efektif diberikan terapi apa ya ? terimakasih dok mohon bantuanya 🙂

dok kucing saya tiba2 memiliki luka terbuka. Beberapa hari lalu dia sakit demam lalu saya bawa ke dokter, lalu dia sudah baikan dan makan seperti biasa, makan kering seperti biasa dan minum sendiri tanpa suntikan, tetapi belum seaktif biasanya. tadi siang saya mendapati ada sesuatu dilantai seperti lendir yang akhirnya saya ketahui itu adalah nanah dari dekat kaki kiri nya yang ternyata ada luka seperti sobek ditarik tapi tidak ada darah. kalo itu tadi awalnya berdarah pasti saya langsung tahu karena bulunya putih. kira2 ini luka kenapa ya? dan penanggulangannya apa ya?

Kalau mmg lukanya lebar dan perlu ada penjahitan sebaiknya ke dokter ya. Luka bs krn apa saja penyebabnya bs tergores, terkena benda tajam

Dok, saya mau tanya. Saya menemukan kucing dengan luka terbuka yg cukup lebar. Sudah saya bawa ke drh dan dijait, tapi jaitannya terbuka dan saya baru sadar beberapa hari kemudian. Saya bawa lagi ke dokter dan katanya sudah sulit untuk dijait karena sobeknya melebar. Jadi dikasih obat minum untuk 5 hari (saya lupa nanya obatnya apa), salep gentamicin, dan betadine. Sudah mulai membaik dan kering, tapi sekarang lukanya basah lagi, entah karena obat minumnya habis atau kucinya banyak gerak dan senang tidur dengan posisi luka menempel pada alas tidur. Sebaiknya saya bagaimana dok? Apa salep dan betadine saya coba ganti saja dengan olive oil?

Minyak ZAITUN atau olive oil mmg bisa digunakan untuk luka, akan lebih baik juga kalau dicampur madu agar lbh cepat kering. Sebaiknya juga dipakaikan collar supaya TDK terjilat

Kondisi tubuhnya juga hrs dijaga ya, diberikan makanan yg protein tinggi spy sel nya bs regenerasi dgn baik

selamat sore dokter,saya punya anjing betina yg usia ny udah 1 th yg dialami sama anjing saya terjadi pembengkakan di daerah daun telinganya.tp dgn kondisi yg dialami nya itu tidak mengurangi tingkah dan nafsu mkan nya..tindakan ap dok yg harus saya lakukan untuk kesembuhan anjing saya mohon sarannya.terima kasih dokter atas sarannya.

Halo dok, mau tanya kitten saya umur 6 bulan smlm digigit sama kucing yg lebih besar. kemungkinan krn teritorial wilayah. nah pas saya cek ternyata ada bekas luka gigitan. sudah saya bersihkan dan kasih betadin. tp dia masih lemes dan blm bs bangun smpe skrg. apa yg baiknya saya lakukan? terima kasih dok

halo, bagaimana dgn lukanya? biasanya krn berkelahi mgkn ada gigitan atau cakaran. bentuknya mmg tdk terlalu jelas lukanya, tp biasanya dalam krn tergigit, jd lama2 menyebabkan abses atau radang bernanah. kondisi tersebut sgt menyakitkan juga untuk kucing. jd ada baiknya diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan lbh lanjut ya

Dok , mau tanya donk saya punya anjing mini pom sekitar 3 bulanan , kemarin kan abis vaksin ke 2 nah , itu setelah saya cek badan nya ada bnyak luka2 semacam ketombee tapii diaa sering garuk garuk dok , pas saya cek luka nya ada coklat coklat nya , seperi kulit kasar kalau dipegang , itu gimana ya dok cara mengatasi nya untuk sementara , apakah itu jamur dok ? Lalu sekarang dia belum boleh dimandikan , lalu bagaimana ya dok ?? Mohon di bantu

saran saya perlu diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. krn bs saja kemungkinana nya jamur atau bs parasit lainnya.untuk mengatasi kulit kering sementara bisa pakai vco

Dok, anjng saya sobek di bagian lutut belakang. Lebar dan tembus daging. Kulit yg sobek di potong , sudah di jahit sama drh, 4 hr kemudian jahitannnya lepas semua dan di jahit ulang, 3 hari jahitan mulai lepas. Gimana dok?

Dok, anjing saya mempunyai penyakit kulit dengan ciri bintik merah dan hijau seperti nanah, lalu mengalami kerontokan bulu, dan dekat moncong dan kepala ada sedikit bagian yg terkelupas dan berkerak. Mohon solusinya dok

Segera periksakan ke dokter ya, jika sdh ada nanah brrt ada radang krn infeksi bakteri. Jd perlu dilakukan pengobatan scr menyeluruh

Dok saya punya anjing jenis super mini pom baru umur 2 bulan dia suka gigitin tangan nya karena dia suka gigitin tangan nya dia jalan nya skrng agak pincang itu karena apa ya dok ?dan cara tanganin nya gmna ?

kalau lukanya sudah lama mungkin bs karena abses yang pecah, atau memang karena luka dan terinfeksi bakteri jadi ada nanah nya. sebaiknya segera diperiksakan ke dokter supaya mendapatkan penanganan lebih baik. khawatirnya lama2 akan ada belatung di lukanya

Dok, lidah anjing saya terluka terkena sayatan, apakah bisa dilakukan jahitan di bagian lidah? Saya takut luka sayatan tersebut tidak dapat menyambungkan lidah nya kembali..

Dok , kucing saya mengalami luka lecet tidak kunjung sembuh. Apa yang harus dilakukan? Apakah bisa menggunakan vco?

Dok, mau tanya apa ada salep/obat luka yang tidak ingin dijilat oleh anjing? Sy sdh pakaikan collar besar sesuai uk leher tapi masih tetap dijilat krn luka di jari kaki belakang dan tetap bisa dijangkau dgn jilatan, lukanya sudah lama belum sembuh2 krn selalu basah. Tapi selalu saya rawat, cuci dgn detol dan dikasih albothyl. Thx

obat luka yang aman bisa diberikan madu dan minyak zaitun. usahakan tidak terjilat karena jika terjlat terus memang susah kering lukanya.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

siang dok.
kucing saya tgl 8 juli baru di steril, 5 hari kemudian sudah bisa lepas perban.
tp setelah dilepas, untuk lukanya blm tertutup secara sempurna, jaitannya lepas dan keluar nanah. saya sudah tanya ke drh waktu kucing saya steril, katanya diperban lagi aja dan di oleskan salep bioplacenton, nanti lama kelamaan akan tertutup sendiri. setelah 3 hari di perban kemudian di lepas lagi, untuk lukanya blm ketutup juga.
mohon arahannya dok, untuk perawatannya seperti apa agar lukanya cepet kering?

usahakan luka nya tidak terjilat ya, salep antibakteri tsb bsa digunakan terutama jika disarankan oleh dokter. gunakan juga elizabeth collar untuk mencegah luka dijilati berlebihan. jika memang masih bernanah sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Siang dok .
Kucing saya mengalami luka lebar -+ 3cm di kaki hingga terlihat dagingnya, obat apa yg harus saga berikan dok, karena luka tsb kucing saya demam dan tak nafsu makan. Terimakasih .

Salam, Drh. Puspasari
Anjing saya (Sitsu) berantem dan dibagian matanya berdarah juga bengkak. mohon petunuk, harus dikasih obat apa? saya kesulitan ke dokter hewan karena di daerah saya tidak ada dokter hewan.
Mohon petunjuknya ….. terima kasih

cukup sulit memang kalau tidak diperiksakan terutama kalau ada luka di mata, pemberian obat tanpa pemeriksaan bisa memperparah kondisinya, bisa jadi infeksi atau bisa mengalami buta. kompres dengan air hangat mungkin bisa membantu untuk mengurangi bengkak, tapi tetap perlu dikonsultaskan ke dokter. dokter hewan bisa dihubungi di dinas peternakan, puskeswan, maupun fakultas kedokteran hewan

Dok kucing saya kecipratan air panas jadi kulitnya melembung, trus sekarang pecah dan jadi luka keliatan bolong gitu. Harus gmn ya dok?

dok kucing saya pipi nya bengkak sampei matanya susah untuk melek
terus malamnya saya kompres dengan air hangat, bsknya pipinya sudah tdk bengkak lg tapi bulu di bagian pipi sudah botak, dan ada cairan bening
kira2 itu sangat berbahaya tdk untuk kucing saya dan apa yg harus saya lakukan selanjutnya?
terimakasih

sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, dikhawatirkan ada radang bernanah pada daerah pipi, selain sakit dan tidak nyaman, bisa juga menyebabkan infeksi lanjutan

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

selamat siang dok, maaf mengganggu.
saya mau tanyaa, kucing saya 2 minghu yg lalu ada luka dikaki kanan depan sama belakang . lukanya membengkak dan ada nanah nyaa banyak dok .
lalu saya bawa ke dokter hewan . opname 1 minggu lebih . karna saya mau pindah rumah akhirnya kucing saya, saya ijinkan untuk dirawat jalan . apakah untuk lukanya bisa kambuh lagi kalo tidak dirawat total . karna kan saya harus kerja pulang sore jadi dirumah tidak ada siapa2 .dan untuk lukanya apa harus di perban ? kalo saya perban selalu lepas dr kaki nya dok . tp kucing saya di kandang terus kok . tolong infonya terimakasih 🙂

sebaiknya sebelum rawat jalan konsultasikan secara lebih lanjut ke dokter, jika memang luka sudah menutup, resiko infeksi memang minimal terjadi, namun tetap pelru diperhatikan kondisi tubuh dan kebersihan lukanya. sebaiknya juga mencari dokter hewan terdekat dari tempat tinggal yang baru supaya mudah saat melakukan kontrol atau pemeriksaan lanjutan.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Selamat sore dok,,
Kucing saya garuk-garuk pas bagian leher atas ny,dia garuk-garuk sampe luka dok,saya minta pencerahan nya dok obat buat luka nya.kasian dia garuk-garuk terus jadi luka nya ampe lumayan gede sekarang dok,trim’s dok

sebaiknya segera periksakan ke dokter terlebih dahulu untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan lebih lanjut. Penanganan luka sudah dijelaskan di artikel, untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Hi Doc, Anjing saya sudah selesai operasi 6 hari dan diperban, karena perbannya lepas jadi sekarang dia menjilat jahitannya itu, mau diperban dia marah dan mau menggigit, ada solusinya ga doc?

Malam dok, aku baru aja ketemu kucing kecil kira-kira umur 1bulan di tengah hujan. Kakinya luka terbuka dan sepertinya sudah terendam air cukup lama jadi agak membengkak. Saya tidak bisa bawa dia ke vet karena saya masih pelajar. Perutnya agak besar dan keras saya curiga dia cacingan tapi fesesnya baik-baik saja dok. Step-step apa yg harus aku lakukan tanpa pergi ke vet?. Obat cacing apa yg baik untuk anak kucing dok?

pastikan anak kucing tidak kedinginan dan mendapatkan makanan yang baik dan sesuai , jika ada luka sebaiknya tetap perlu diperiksakan ke dokter, kalau dibiarkan bisa menyebabkan infeksi, pada kitten sangat rentan mengalami penurunan daya tahan tubuh jika sudah infeksi.

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok, anjing saya ada luka karna digaruk2, dia sebelumnya pernah dibotakin setelah bulunya numbuh beberapa cm dia jd suka garuk garuk sampai luka,mungkin sih karna nyamuk dok, atau apa aku juga gatau. Soalnya sblm nya enggak pernah sampek luka dok. Sekarang aku pakaikan collar sm minyak jaitun br 2 hari ini. Tp sblmnya engga dipakaikan detol dl. Anjingnya blh dimandikan gak dok?trs penangann supaya bs cpt kering gmn ya dok? Semenjak pakai collar dia udah gak sering garuk,tp msh mau menjilat bagian tbh yg dia sampai.

sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut penyebab gatalnya, memandikan boleh saja asalkan tidak demam dan kondisinya sehat, pastkan tidak kedinginan dan dikeringkan dengan benar

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : Tanya jawab dokter hewan online

Dok saya mau tanya jahitan steril kucing betina saya lepas sebelum waktunya, n luka sayatannya kebuka, kucing saya adalah tipe kucing outdoor n dia Hyper banget. Dipakaikan e coklat juga selalu terlepas. Gmn ya dok penangan pertamanya sebelum kedokter kembali ? trus biar kucing saya gak terlalu Hyper gmn dok ?

bisa cek infonya disini ya : merawat kucing setelah steril

perlu dikandnagkans elama beberapa hari, krn biasanya kurang dari 1 minggu belum kering betul luka nya. balutan juga bisa request kepada dokternya supaya diberikan balutan atau gurita, jadi benang tidak di jilat2 akhirnya terlepas.
kalau untuk kucing yang karakternya sudah sangat aktif memang perlu berhati2 terhadap luka

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dokter tolong saya.. kucing sya kaki bengkak dan bernanah.. bgali mna cra nyaagar dapat sembuh kmbali.. sy mohon blasan nya. Trimaksih

sebaiknya diperiksakan ke dokter, jika dibiarkan dikhawatirkan ada infeksi yang paarah. untuk membersihkan luka, bisa cek langkah2 nya di artikel ya.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

kalau lukanya luka lebar dan terbuka sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, pemberian zaitun bisa membantu mengeringkan luka namun memang pada awalnya akan menjadi basah, jangan lupa bersihkan juga dengan air hangat dan antiseptik sebelum menggunakan minyak zaitun.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

dok, permisi saya mau nanya. kucing saya luka berlubang hingga menganga seperti nya sdh 1 yg lalu karena beberapa bagian yg berdarah sdh mengering darahnya. luka nya masih segar dan mengaga tetapi tdk mengeluarkan darah lagi
kira kira biaya perawatan nya berapa ya dok? saya beberapa kali ingin ke dokter hewan tapi takut biayanya membuat saya kaget

Dok, kucing saya ekornya luka parah lalu saya obati sendiri dan hampir sembuh, tapi sebelum sembuh total, dia main keluar dan tdk pulang ke rumah slma 2 hari, saat pulang tiba2 lukanya ada belatung nya.. Saya bawa ke dokter, lalu di suntik, diberi obat minum dan semprot.. Belatung nya hilang tapi bekasnya masih hitam gt ekornya dok, lalu apakah artinya itu sudah sembuh dok? Krn ekornya masih berwarna hitam seperti kering gt dan bulu ekornya hilang… Sampai saat ini masih sy Kasih obat minum dan semprot.. Terimakasih sblm nya dok utk jawabannya…

sebaiknya untuk memastikan, perlu konsultasikan kembali ke dokter, khawatir ekor nya menghitam karena busuk.

Malam dok, kucing saya kaki belakang terlindas pintu garasi, keliatannya ada dua kukunya yang lepas. Kakinya berdarah tetapi tidak banyak, sudah saya obati dengan betadin dan minyak tawon (Karena ada bengkak) sudah 4 hari masih belum sembuh juga, jalannya masih diangkat satu kakinya. Takhir saya obati dengan revanol, saya celupkan kakinya. Bila belum sembuh juga , obat apa yang harus saya berikan untuk mengobati kucing saya itu. Terimakasih

pelru diperiksakan ke dokter pak, terutama kalau bagian kuku yang terlepas, karena pada daerahh tersebut terdapat pembuluh darah, kalau terbuka bisa menyebabkan infeksi.

Dok kucing saya luka dibagian siku kaki nya.. Saya sudah obati dengan menggunakan banyak macam obat.. Itu pun atas rekomendasi dari dr. Di petshop rumah saya.. Tapi tetap saja bagian sikunya sulit sekali kering bahkan cenderung basah terus lukanya.. Untuk obatnya saya sudah kasih salep dri petshop nya,betadine cina, supertetra, dll.. Mohon solusinya dok.. Agar kucing saya cepet sembuh lukanya..

Dok kucing saya dahinya luka dan mengeluarkan nanah merah. Sudah saya bersihkan pakai air hangat. Obat yang bagus kiranya apa ya? Terima kasih

Dok kucing saya mengalami bengkak seperti habis di pukul .. ad luka kecil namun itu menimbulkan bengkak yang cukup besar .. setiap sya sentuh dia selalu berteriak .. bdannya juga lemas karena kucing sya tdak mau mkan seharian dok .. sya sangat khawatir .. karena daerah yang sya tinggali terpencil tdak ada dokter hewan dok .. dok ap ad obat tradisional untuk mengurangi bengkak dan rsa skit untuk kcing sya .. ? Jika ada obat apa yang harus sya berikan untuk kucing sya dok .. Sya ingin kucing sya segera sembuh dok??

mengompres ddengan air hangat bisa membantu mengurangi nyeri nya, namun tetap perlu diberikan penanganan lanjutan dikhawatirkan ada patah tulang maupun kondisi yang lebih serius.

Dok saya mau tanya kucing saya adaa luka di sela” jari kakinya,seperti lubang kecil tpi udh ada sedikit nanah nya,kira” knpa ya?
Terus cara penanganan nya gmna?

sakit di bagian kuku kaki snagat tidak menyenangkan, sebaiknys segera diperiksakan ke dokter untuk diberikan penanganan. sementara kompres dengan air hangat bs membantu supaya mengurangi nyeri.

Dok kucing sy punya luka cukup parah di leher, bahkan sampe bernanah dan bau bahkan kata kk saya yg membersihkan luka ada belatungnya, saya baru melihatnya 3hr stlh kejadian, bsk saya bawa ke dokter tp td kakak saya memberikan sedikit alkohol, apa tidak apa-apa dok?

Menggunakan alkohon sebenarnya tdk disarankan untuk luka terbuka, krn bs merusak jaringan. Tp kalau sdh terlanjur ya tdk apa2. Sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ya. Kasihan kalau dibiarkan

Permisi dok, mau tanya klo kucing saya terkena abses lagi setelah abses sebelumnya sudah di tangani dan dijait,kira2 kenapa ya? Terimakasih.

perlu diperhatikan kemungkinan penyebab abses nya, apakah memang krn gigitan yang menyebabkan infeksi kembali, atau ada luka terbuka yang menyebabkan infeksi.

kalau sudah lepas jahitan bisa diberikan, tapi kalau mash ada benang nya biasanya mudah rapuh benangnya. selama tdk ada bengkak atau radang, luka tidak perlu diberikan apapun

Dok
Anjing saya,terkena luka dalam, karna anjing saya hilang dicuri orang,habis itu ada luka dalam di atas kepala nya. Kayak bocor gitu.

Selamat sore, dok. Saya mau minta solusi dari dokter. Kucibg saya wooki baru saja bertengkar dengan kucing lain, pas saya lihat bagian perutnya, perutnya penuh dengan cakaran, lukanya sih kering, dok. Apa yang harus saya lakukan? Apakah pemberian madu atau air garan bisa untuk mengobati kucing saya? Mohon sarannya, terimakasih.

Sebaiknya cukup bersihkan luka dengan menggunakan antiseptik dan air hangat. Kalau luka menjadi bengkak segera konsultasikan ke dokter.

dok kucing saya baru dibersihkan telinganya, tp setelahnya dia jadi garuk2 dan keluar cairan. apa itu luka biasa karena garukannya saja? kalau iya, apa bisa saya bersihkan dg air hangat kemudian diberi minyak zaitun saja?

Tergantung dibagian mana lukanya, sebesar apa lukanya. Kalau bagian dalam telinga sebaiknya perlu hati2 penggunaan obat nya.

Dok, saya mau tanya
Kucing saya habis ketabrak mobil trus buntutnya luka
Lukanya itu warnanya merah gitu dok, tapi tidak mengalami pendarahan cuma merah gitu
Dan ga kering ²
Gimana caranya supaya lukanya cepet kering dok
Saya kasihan liatnya
Semoga bisa dijawab, terimakasih dok

merah pada ekor akibat kecelakaan bisa saja disebabkan luka atau memar bagian dalam, tanpa terlihat ada pendarahan yang keluar. tetap perlu diperhatikan, darah yang berada dibawah kulit merupakan tempat berkembang bakteri diantaranya bakteri pembusuk, kalau dibiarkan bisa saja jadi membusuk dan bertambah parah

kalau sudah membusuk disertai jaringan yang mati dan tidak bisa dipertahankan, akan membahayakan kalau dibiarkan. kalau membusuk tapi masih ada jaringan yang hidup, masih bisa diobati dan dipertahankan.

tergantung penyebab lecetnya, kalau diare ya tentu pelru diobati diarenya juga, hanya mengobati bagian anus yang lecet tidak menyelesaikan masalah. tapi kalau luka bisa saja diberikan antseptik salah satunya betadin.

Mlm dok, mau tanya, barusan kucing kesayangan sy tertabrak motor, sementara ini yg sy tau bengkak di kepala bagian kanan tepat di samping mata dan mata jd merah, dn tdk ada luka yg terbuka. Yg ingin sy tanyakan obat apakah yg tepat untuk kucing sy jk dilihat dr keadaan skrg ini … ? Terimakasih.

pemberian obat hanya bisa berdasarkan pemeriksaan, tapi kalau sampai merah berarti ada pendarahan kemungkinan pendarahhan di bagian dalam, kalau kejadiannya baru terjadi, kompres dengan air dingin bs membantu, tapi kalau kejadiannya sudahh lama perlu dikompres dgn air hangat. segera konsultasikan ke dokter ya

Selamat malam dok,, mau tanya, kucing saya udah 2 hari bernanah bagian samping telinga akibat bertengkar sama kucing lain, udah saya coba obatin tpi tetep saja bernanah, takutnya penyakit itu bisa nyebar ke bagian tubuh yang lainnya, sekarang aj bulu bagian kuping udah mulai rontok, obat yang lebih efektifnya gimana ya dok atau caranya gitu gimana??

##terimakasih dok

Bisa di cek di artikel langkah2 nya, cek artikel mengenai abses di web tanyadokterhewan.com. memang kalau luka tdk ditangani segera bs jadi resiko infeksi cukup tinggi.

Halo dokter, saya mau bertanya, anjing saya pas awal bulan bagian bawah rahang mulutnya seperti tertusuk karena netes carian putih. dan setelah dilakukan operasi dan sudah dijahit ternyata sering digaruk dengan cakarnya jadi lukanya menjadi terbuka sehingga digunakan corong di lehernya. Nah mengapa luka tsb bisa menjadi lama mengering ya?
Karena pada saat bersamaan juga anjing saya disterilisasi, Luka hasil pemotongannya malah menjadi lubang yang menurut saya cukup lebar. sudah sering dijilat2 tapi luka tsb juga tidak menunjukkan perbaikan.
Apakah memang benar anjing saya terkena diabetes? karena dokternya mengatakan baru pernah melihat kasus seperti ini dimana luka anjing yg sudah dijilat sendiri pun bisa lama sembuhnya.

Terima kasih.

Untuk tau anjing kena diabetes atau tidak perlu d cek kadar gula darahnya. Luka mengering bs karena infeksi bagian luka, hindari anjing menjilati luka krn luka menjadi basah. Penggunaan madu atau gula coba diskusikan dgn dokter nya untuk menangani luka basah, krn madu dan gula sgt baik untuk menyerap basah pd luka.

Diabetes pd anjing bs saja terjadi, namun manajemen perawatan luka juga menentukan kesembuhan luka. Jd pastikan perawatan lukanya benar menggunakan obat yg sesuai.

selamat malam dokter. saya mau konsultasi, kucing saya telinganya luka robek dikit sih tapi gak hrs dijahit. tapi didalam telinganya.kotor kayak ada bercak darah gt dan luka bagian telinga luarnya masih keliatan. awal.mulanya kucing saya gendong trs kejedot ujung kaca. dan kena kucing saya. tapi kucing saya diam aja. saya pikir gak sengaja dan dia baik 2 saja. tapi setelah saya ke petshop sebelum nya saya melihat kucing saya keliatan telingannya kotor tapi buka berdarah. setelah pulang dr petshop saya baru sadar kucing saya telingamya berdarah. aduh apa yg harus saya lakukan saya liat sih luka nya mengering tapi masih keliatan merah darah gt. malah saya makin khawatir. apa yg hrs saya lakukan unyuk mengobati kucing saya dok?

Sebaiknya jika ada luka terbuka, konsultasikan dulu ke dokter. Nnt dokter yg menetukan terapi apa yg tepat. Kalau tdk dilakukan pengecekan cukup sulit menentukan tindakan lanjutan yg dilakukan. Bs jadi mmg lecet saja, atau bs jadi mmg ada infeksi ddlm telinga.

Leave a Reply

*