Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing – TANYA DOKTER HEWAN
Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing

Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing

Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing

Muntah cacing merupakan gejala klinis muntah bisa berupa cairan maupun makanan yang disertai dengan cacing dewasa yang menginfeksi anjing dan kucing. Biasanya cacing yang dikeluarkan bersama muntah akan terlihat masih hidup (bergerak) dan dalam kondisi mati. Adanya cacing pada muntah menunjukkan infestasi cacing pada tubuh yang cukup parah.

Cacing yang menginfeksi dan menyebabkan muntah cacing pada anjing dan kucing adalah cacing gelang (roundworm). Cacing gelang berwarna putih dengan panjang berkisar 2-12 cm panjangnya. Spesies yang biasa menginfeksi anjing dan kucing, serta termasuk cacing gelang (roundworm) yaitu Toxocara canis, Toxascaris leonine, Toxocara cati.

Infeksi cacing gelang pada anjing dan kucing bisa terjadi pada berbagai kondisi, berikut kondisi yang menyebabkan muntah cacing pada kucing dan anjing.

#1 Belum pernah diberikan obat cacing

Obat cacing lazimnya diberikan sejak dini pada usia 5 minggu dan diulangi kembali setiap 4 minggu hingga usia 1 tahun. Setelah itu diulang setiap 2-3 bulan sekali untuk pencegahan terhadap infeksi cacing.

#2 Induk hamil dan menyusui yang belum pernah diberikan obat cacing

Saat kawin sebaiknya diberikan obat cacing untuk menghindari adanya infeksi cacing pada induk. Infeksi cacing pada induk bisa menular pada anak karena larva cacing bisa menembus pembuluh darah dan placenta (transplacental) sehingga bisa menginfeksi janin. Larva cacing gelang dapat terbawa di air susu sehingga menginfeksi kitten atau puppy yang menyusui induknya (transmammary).

Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing
Penyebab Muntah Cacing Pada Kucing dan Anjing

Cacing gelang, penyebab muntah cacing pada kucing dan anjing

Cacing gelang berkembang ditubuh anjing dan kucing berlangsung sekitar 5 minggu, perkembangan dari telur hingga cacing dewasa. Kucing dan anjing bisa terinfeksi cacing dari lingkungan yang terkontamiansi telur infektif dari cacing. Kebiasaan anjing dan kucing yang menjilati telapak kaki nya menyebabkan masuknya telur infektif ke dalam tubuh. Telur cacing ini bisa berkembang menjadi larva dan akhirnya masuk ke usus halus dan berkembang menjadi cacing dewasa. Ketika anjing maupun kucing tidak dilakukan pengobatan anticacing maka cacing dewasa akan berkembang dan melakukan reproduksi. hal ini menyebabkan populasi cacing semakin bertambah. Semakin banyak cacing di saluran pencernaan tak jarang cacing ini pun bermigrasi ke organ lain dan terbawa ke saluran pencernaan bagian atas. Akhirnya menyebabkan reflek muntah pada anjing dan kucing. Selain pada muntah, cacing dewasa pun mungkin muncul pada feses ataupun kotoran. Feses maupun kotoran anjing dan kucing yang terinfeksi cacing pun ditemukan telur dari cacing gelang.

Gejala klinis yang muncul ketika anjing dan kucing terinfeksi cacing gelang yaitu:

  1. Terdapat cacing dewasa pada muntah dan feses
  2. Feses cair (diare) berkepanjangan, bisa disertai dengan darah
  3. Berat badan tidak mengalami pertambahan
  4. Perut buncit namun badan kurus dan mengalami malnutrisi karena penyerapan nutrisi yang tidak sempurna
  5. Hewan lesu dan tidak aktif
  6. Rambut dan kulit kusam

Pet owner biasanya memeriksakan anjing maupun kucing nya setelah didapati adanya cacing pada muntah maupun kotoran dan disertai kondisi feses (kotoran yang cair). Tak jarang juga dengan kondisi anjing dan kucing yang telah lesu dan lemah. Dokter akan melakukan pemeriksaan dengan memperbaiki kondisi tubuh jika memang terjadi dehidrasi, melakukan pemeriksaan feses (kotoran). Hasil positif pemeriksaan feses akan memperlihatkan adanya telur cacing yang bentuknya sangat khas. Ketika didapati hasil positif di feses disertai dengan cacing dewasa yang keluar bersama muntah maka dokter akan memberikan terapi anticacing (anthelminthik). Treatment dapat menggunakan anthelminthik yang mengandung praziquantel, pyrantel pamoat, dan febantel. Kombinasi zat aktif ini lazim ada pada obat cacing khusus anjing dan kucing dengan merk dagang Drontal, maupun Petderm.

Cacing gelang, penyebab muntah cacing pada kucing dan anjing
Cacing gelang, penyebab muntah cacing pada kucing dan anjing

Banyak klien yang telah menggunakan obat cacing khusus manusia seperti Combantrin. Namun, penggunaan obat cacing ini kurang tepat untuk anjing dan kucing akibatnya masih ada cacing ditemukan di hewan peliharaannya. Hal ini disebabkan oleh dosis yang tidak tepat dan kandungan bahan aktif dengan kombinasi yang kurang tepat untuk membasmi cacing pada anjing dan kucing. Jadi tetap disarankan memberikan obat cacing dengan rekomendasi dokter hewan dan khusus anjing dan kucing.

Cacing pada anjing dan kucing dapat menular ke manusia melalui telur yang terinfeksi yang mungkin beberada di lingkungan. Telur cacing yang infektif ini akan masuk dan berkembang di tubuh sehingga menyebabkan larva migran (larva yang berkembang di organ dan bermigrasi) .

? sumber : cdc.gov

 Menjaga kebersihan diri (selalu mencuci tangan) dan tidak memakan daging mentah atau sesetengah matang, dan susu yang tidak dipasteurisasi, bisa mencegah penularan.  

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

 

124 comments

Assalamualaikum. Yang saya hormati drh. Puspa. Mau sedikit berkomentar tentang tulisan ini. Diaitu ditulis kalo cacing pada anjing dan kucing tidak menular pada manusia tapi sejatinya ada cacing yang memparasiti kucing dan anjing juga dapat menjangkiti manusia, misalnya Toxocara yang dapat menyebabkan larva migran pada manisia. Terima kasih.

Dok, mau tanya..
Kucing sy tiba2 muyung.. ga mau makan.. berat badan turun.. sering batuk dan seperti mau muntah.. mulutnya bau.. badan panas dan hidungnya seperti mengendus2..
Itu gejala apa ya dok ?
Untuk pertolongan pertama, apa yg hrs sy lakukan ? Terima kasih..

apakah sudah pernah vaksin? kalau dr gejala nya bs penyakit apa saja, bs disebabkan virus, bakteri, maupun agen penyakit lainnya. sebaiknya diperiksakan ke dokter ya

Dok saya mau tanya..
Kucing saya di kepalanya tepatnya dekat matanya luka kaya bernanah dan kaya lobang tapi ada nanahnya. Awalnya benjol dan ada lukanya.. Kira kira itu kenapa ya? Boleh dikasih obat apa dok? Apa harus dibawa kedokter? Terimakasih

segera d bawa ke dokter saja, kemungkinan benjolan merupakan abses krn berisi nanah spt bisul akhirnya pecah. perlu dibersihkan dgn benar lukanya agar persembuhannya cepat.

Selamat Siang dokter, Maaf menganggu, saya mau tanya anjing saya udh seharian gak mau makan, badannya lemes n muntah terus dok tapi hanya lendir aja.. Kira2 harus dikasi obat apa ya dok?
Terimakasih

Dok, mau tanya..
Kucing sy tiba2 muyung.. ga mau makan.. berat badan turun.. sering batuk dan seperti mau muntah.. mulutnya bau.. badan panas dan hidungnya seperti mengendus2..
Itu gejala apa ya dok ?
Untuk pertolongan pertama, apa yg hrs sy lakukan ? Terima kasih..

dok maaf saya mau tanya diluar konteks artikel karna saya dapat pemberitahuan lewat line kalo dokter akan menjawab pertanyaan via web. kucing saya ada jadwal ulang vaksin 3cat tgl 22 agustus. tp kebetulan saya lagi ga bisa anter dia vaksin. kalo diundur jadi tgl 28 agustus masih boleh ga dok? atau harus pas tanggalnya? terimakasih

Siang, Dok. Saya mau tanya, kelincu saya mengalami kerontokan mulu di lehernya (leher dalam, leher tenggorokannya), kulit tersebut memerah dan basah seperti berkeringat dan jadi berbau, Itu kenapa yaa dok? Cara mengatasinya bagaimana yaa? Terima kasih

rontok rambut bs disebabkan tungau, kutu, maupun jamur. segera periksakan kedokter saja untuk mendapatkan pemeriksaan dan treatment yg tepat

Malam dok mau nnya hari inii anjing saya udah muntah 3 x ngk mau mkn lg cuman mau minum air…nnti selang satu jam muntah lagi dong…penyebabx apa ya dok…ap yg hrus saya kasi.
Anjing saya anjing biasa

muntah penyebabnya bs krn keracunan, bs krn gangguan saluran pencernaan, bs krn memakan benda asing, segera periksakan ke dokter saja.

Pagi dok, saya mau tanya..anjing saya muntah2.Awalnya muntahnya busa putih trus besoknya muntahnya berwarna kuning. Itu kenapa ya Dok? Apa obat atau makanan yang bisa saya berikan? Trims dok…

Halo dok, saya mau bertanya kucing saya semalam baru saya gunduli karena bulunya tak beraturan dan rontok pasca melahirkan . Saya bingung, ada yg bilang di gunduli saja. Jd saya kepershop untuk menggunduli. Apakah itu tdk apa apa dok? Dan bagaimana cara agar bulunya cepat tumbuhlagi, saya kasihan dok kucing saya jenis persia peaknose berapa lama tumbuhnya seperti semula ya dok .
Terimakasih ya dok..

sebenarnya jika tdk ada indikasi medis yang perlu untuk digunduli tdk perlu dilakukan. krn rambut fungsinya melindungi kulit. kalau rambutnya dipotong nnt kulit lbh sering luka. rasanya untuk tumbuh setiap hari ad pertumbuhan, jd jgn khawatir. hanya harus sabar saja. makanan yg baik juga hrs selalu diberikan. bs juga menggunakan suplemen untuk rambut dan kulit spt megaderm, minyak ikan.

sebenarnya jika tdk ada indikasi medis yang perlu untuk digunduli tdk perlu dilakukan. krn rambut fungsinya melindungi kulit. kalau rambutnya dipotong nnt kulit lbh sering luka. rasanya untuk tumbuh setiap hari ad pertumbuhan, jd jgn khawatir. hanya harus sabar saja. makanan yg baik juga hrs selalu diberikan. bs juga menggunakan suplemen untuk rambut dan kulit spt megaderm, minyak ikan bs diberikan

Dokter, saya punya kucing yg sedang hamil, salah satu matanya belekan, sebaiknya diberi apa ya ? Lalu kapan waktu yg tepat untuk memberi kucing teesebut obat cacing ?

dibersihkan dengan air hangat saja, jika kotoran semakin banyak dan mata bengkak segera diperiksakan ke dokter. untuk obat cacing bisa diberikan nanti bersama anak saat usia anak 2 bulan.

Dok mau tanya dong, kucing saya 3 hari belakangan ini pupnya suka msih nyisa klo bahasa kemanusia mah kecipirit tp kecil kecil gitu seukuran biji korma. Dan lobang anusnya memerah agak sedikit berdarah kadang. Kucing saya usia 5bln. Tp kondisi badan masih lincah. Itu kenapa yaa dok?

Dok saya mau nanya..
Kucing saya baru2 ini ga mau makan terus bab nya cair(mencret) dan muntah seperti cairan putih seperti asam lambung pda manusia.. kira2 gejala penyakit kucing saya apa ya dok? Dan obat yang cocok apa ya? Mohon bantuannya…
Terima kasih…

silahkan segera diperiksakan ke dokter saja ya, penyebabnya mmg beragam untuk gejala seperti ini bs infeksi akibat virus, bakteri, dan penyebab lainnya.

kandungannya ad yg sama ad yg beda, tp dosisnya jelas berbeda. lebih baik menggunakan yg khusus kucing spy lebih efektif

Saya mau tanya dok cara memasukan obat pada kucing gimana ya? Kucing saya berontak dan mulutnya susah terbuka saat ingin dimasuki obat

perlu di handle oleh dua orang spy lebih mudah. bisa dilihat infonya di instagram @tanyadokterhewan. saya pernah posting ttg langkah memberi obat pada kucing.

Assalamu’alaykum dok, sy mw tax..
Bbrp bulan yg lalu kucing sy melahirkan, dn anakx yg keluar hanya 1 ekor, tetapi perutnya masih besar, dn sy tnggu smpai berhari-hari kali aja anakx masih ada, tetapi kok udah memasuki minggu kucing sy belum melahirkan2 lagi, sy curigax anakx masih ada tetapi meninggal di dalam perut, sy bingung cara ngeluarinx dok, pngen d bawa k dokter hewan tetapi d tempatq blum ada dokter hewan dok, dan sekarang kucing saya perutnya masih besar dan kalau saya perhatikan perutnya mulai besar tetapi makannya bagus banget, tolong saya dok, sy gak tw carax gmn, sy gak sanggup liat kucing sy sprti ini

setelah melahirkan normalnya kucing akan birahi lagi 3 minggu smp 1 bulan. kalau misalnya kondisi birahi tdk terjadi mungkin kucing hamil lagi, atau mmg betul ad anak kucig yg mati d dalam perut menyebabkan radang pada rahim biasanya kondisi ini disertai dgn kondisi demam, nafsu makan menurun, bau dr vagina yg busuk dan menyengat. tanda2 hamil selain perut yg besar, puting juga tegang dan pink .

Tp kucing saya makannya bagus banget dok, gak ad yang bau juga kluar dr vaginax, sy bngung hrus buat pda kucing sy dok, pngen operasi tp d sni gak ada dokter hewan dok

mmg cukup sulit kalau tidak diperiksakan, jd selama masih mau makan dan tidak demam saya rasa tdk perlu khawatir.

belum tentu operasi, tdk semua kondisi perlu dioperasi. jd perlu diperiksakan dulu untuk mengetahui kondisi pastinya.

Dok, gak ad komunitas atw kmpulan dokter hewan yang melakukan survei k bbrp daerah? Saya berharap ad dok, jadi mereka bisa k tmpat sy, czx d sni gak ada dokter hewan dok

Dok . saya baru mungut kitten usia sekitar 3 bulan dari jalan sekitar 2 minggu yg lalu .. Nah 3 hari setelah dipungut akh kasih drontal takut cacingan dan nular ke kucing saya yg lain .. Sebelumnya dia makan rakus .. Nah 3 hari terakhir dia ga mau makan .. Untuk saat ini dia masih lincah . walaupun banyak tidur . suhu tubuhnya ga demam .. Tdk ada cairan berlebih di hidung . vet sangat amat jauh sari rumah saya jadi saya bingung dia ini kenapa .. Ada kitten aku yg satu kurang welcome ke dia waktu awal awal . tapi sekarang mereka udh akur dan sering bergulat.. Tapi kalo gulat gitu yg kecil ini lah yg sering ngeong kayak kesakitan gitu .. Apa dia ga mau makan karena itu apa gimana dok? . apa kena cacingan ? … Bulunya aga kusam dan pada berdiri

kalo penyebab tdk mau makan beragam, mgkn kesakitan, sdg masa adaptasi, stress dan lain sebagainya. kalau cacingan biasanya nafsu makan meningkat tp bb tdk bertambah, atau juga tubuhnya selalu kurus padahal makan normal. jd mmg perlu diperiksakan ya kalau ingin mengetahui penyebab pastinya. krn cukup bahaya untuk kitten jika tdk mau makan lebih dr 3 hr, bs saja ad infeksi akibat virus maupun yg lainnya

Assalammu’alaikum. Dok, kucing saya (umur 10 bulan) sudah satu bulan ini kaki kanannya luka dan bengkak, dan berapa hari lalu ditambah lagi dengan kakinya nyereng/bengkok ke arah luar.

Di minggu pertama bengkak saja. Saat diperiksakan ke dokter hewan, katanya hanya keseleo biasa. Akhirnya saya hanya kompres kakinya dengan kapas dan air hangat. Tapi di minggu kedua kaki yang bengkaknya malah jadi borok/luka, ngeluarin nanah. Akhirnya saya cari di internet menyoal kaki bengkak dan bernanah, dan katanya dikasih perasan parutan kunyit. (Ps: ngga dibawa ke dokter lagi karna kata mama takutnya si dokternya asal jawab dan malah buang-buang uang kayak pas pertama konsul).
Setelah dikasih parutan beberapa hari, lukanya mengering, borok dan nanahnya mulai sembuh dan kulitnya mulai mau membaik lagi. Tapi bengkaknya tetap ada, dan malah membesar.
Akhirnya mama saya mutusin untuk berhenti netesin kunyit, dengan alasan supaya bengkaknya ngecilan dulu baru lukanya ditutup.
Bengkaknya berangsur mengecil (walau lambat sekali, dan lukanya tetap menganga), tapi sekarang kakinya malah jadi nyèrèng alias bengkok ke arah luar. Kalau jalan, kaki kirinya menghadap ke depan (normal) tapi kaki kanan yang lukanya menghadap ke arah kanan/luar (alias bengkok).

Kiranya kaki kucing saya kenapa ya, dok? Dan solusinya gimana? Saya sendiri sama keluarga ngerasa belum maksimal gitu ngobatinnya, tapi takut juga kalau ke dokter hewan nanti asal diagnosis lagi kayak pas konsultasi pertama banget. 🙁

Terima kasih, dok. Wassalam.

sebaiknya memang dikonsultasikan kembali ke dokter, krn untuk kasus sprt ini perlu dilihat secara langsung dan dibantu dengan x ray atau ronsen krn kondisi tulang yg bentuknya sdh berubah. kemungkinan nya perubahan bentuk tulang ini krn patah tulang, luka yg menyebabkan otot sekitar tulang jd bengkak, rdang,. mgkn saja patah dan luka nya ini tdk terlihat. radang yg mengeluarkan nanah kemungkinan abses penyebabnya bs krn luka infeksi. dan ini menekan ke daerah syaraf dan tulang jd menyebabkan pergerakan tulang terbatas akibatnya lama2 tulang tdk bs digerakkan krn kaku. atau mgkn krn ad patah yg tdk terlihat lalu tulang melakukan persembuhan dgn membentuk jaringan tulang baru yg mnyebabkan kaku tulangnya

Dokter, terima kasih banyak jawabannya. Sangat membantu!

Kiranya kalau ronsen biasanya biayanya kisaran berapa ya?

Dok syg mau tanya anjing saya muntah berwarna kuning dan disertai dengan cacing seperti yg dokte mr jelaskan di atas , sy mulai takut dok soalnya anjing sy mmg suka makan sesuatu yg seharusnya ga di makang sperti tisue, plastik, dll kira2 gmna cara mengatasinya dok? Dan apa yg harus sy lakukan ketika dy muntah lagi? Untuk saat in anjing saya baru muntah kuning+cacing 1 kali yaitu ketika dy selesai buang kotoran dan tak lama kemudian dy muntah

sebaiknya diberikan obat cacing segera ya, di petshop banyak merk dagangnya bs drontal, pet derm. untuk kebiasaan makan makanan yg tdk seharusnya perlu dialihkan perhatiannya ke kebiasaan lain ya, spt menggigit tulang dll. jika muntah nya sering dan terjadi lebih dr 2 kali sehari segera bawa ke dokter saja.

Dok, kucing saya td pagi tiba2 kaki kiri depan nya pincang. Kemungkinan kaki nya terkilir. Hal yg bisa dilakukan apa ya ? Trims

Mau tanya.. kucing sy usia 4 bulan 3 hari yg lalu pertama kali sy grooming, setelah dirumah sy dengar napas hidungnya bunyi senggruk2 gt kenapa ya dok?
Lalu kebetulan jg hari itu makanannya sy ganti tp tetap utk kitten dan dg merk yg masih sama. Malamnya dia muntah bentuk makanannya dan disertai cairan seperti lendir , muntahnya tdk sering cuma masih selalu muntah sampe hari ini..dan hr ini muntahnya bukan makanannya tp hny cairan lendir gt dok. Utk fesesnya msh padat tdk mencret. Nafsu makanny jg masih baik (masih mau makan seperti biasa) dan tidak lemas (masih mau lari2 dan bermain)
Kira-kira disebabkan apa ya dok suara nafas dan muntahnya itu? Terimakasih

Selamat Pagi Dokter,,mau tanya sy hbis beli Rottweiler, usia 2bulan kurang1mggu. Sehari sebelah sampe rumah pagi hari nya muntah keluar cacing. Ap yg sebaiknya dilakukan utk kondisi tsb? Terimakasih sebelumnya

silahkan diberikan obat cacing khusus anjing ya, akan lebih baik diperiksakan ke dokter terlebih dahulu

Selamat malam dok, mau tanya barusan kucing saya muntah dan muntahnya itu makanan dryfood dia dan kayak ada cairan warna hijau kekuningan. Apakah itu wajar? Kucing saya persia baru umur 2 setengah bulan, lalu apakah kucingnya boleh diberi makan seperti ayam goreng, chicken wings dsb?

Perlu dipastikan itu cacing atau hanya rambut atau hal lainnya. Umumnya cacing warna nya putih. Sebaiknya tidak memberikan human food, boleh ayam tp direbus tanpa garam

Perlu dipastikan itu cacing atau benda lain spt rambut atau lainnya. Jgn terlalu banyak mmberi makan pada sekali waktu, sebaiknya dibagi ke 4 atau 5 kali makan. Kucing sebaiknya tdk makan makanan yg mengandung garam. Boleh mkn ayam tp direbus tanpa garam

Tidak ada cacing, tadi muntahnya hanya berupa makanan dia dan lendir/cairan. Lalu barusan muntah lagi cairan/lendir berwarna putih. Kenapa ya dok?

saran saya, segera periksakan saja ke dokter. khawatir ada infeksi virus maupun bakteri lainnya. kalau muntahnya terus terusan bisa menyebabkan dehidrasi. sebelumnya silahkan baca artikel tanyadokterhewan.com penyebab anjing dan kucing muntah

Dok mau tanya, apa ya penyebab anjing tidak selera makandisertai dengan selalu muntah. Ditambah lagi kebiasaan anjing suka makanan kotoran sendiri. Ada kah obat atau therapy yg harus diberikan? Tolong dijawab ya dok? Terimakasih

Siang Dok mau nanya, kucing saya sebelumnya ngejatuhin minyak jelantah, kena ke badannya, pasti dijilat2 kan sama si kucing, efeknya sekarang dia muntah. Ada yang kasi saran untuk dikasi susu beruang, setau saya susu beruang kan susu sapi steril ya Dok, jadi kurang pas buat kucing. Jadi sebaiknya sebelum saya bawa ke dokter hewan, tindakan P3K yang cocok apa ya Dok? Makasih atas jawabannya

Dok saya mau tanya, kucing saya hari ini susah pup (bisa pup, tapi hanya sedikit yang keluar) dan tadi siang dia masih mau makan tapi malam ini sudah tidak mau makan lagi. Apa yang harus saya lakukan untuk kucing saya? Terimakasih dok

Assalamualaikum, dokter saya mau tanya soal anak kucing yg mengalami depresi atau stres, baru di pelihara, tpi sikapnya agresif, dan emosional, tdak mau makan minum dan jga tdak bab dan kencing, sjak siang tdi bawaannya tidur, lemas dan saat bangun sikapnya agresif, bagaimana cara menanganinya dok?! Mohon jawabanmya, dan trimakasih

Dok,mau menanyakan anjing saya umur 11 th, hampir 3 minggu rawat jalan dan sudah 2x diinfus karena cacingan. Sekarang kondisisnya masih susah makan, seperti sebelumnya demikian juga. Malahan hari ini denyut jantungnya lebih banyak, sehingga badan, dan kepalanya ikut bergetar jika bernafas. Obatnya apa ya dok ?

sebaiknya tdk menambah obat jika tdk dibawah resep dokter hewan. krn kn masih dalam proses pengobatan. jd sebaiknya konsultasikan kembali dengan dokter yg menangani. krn dokter tsb lebih menetahui kondisinya

Dok, kucing saya ada 5.. 1 induknya 4nya kitten semua tapi ada 2 yg udh agak gede mungkin umur 2bulanan.. diantara yg 2 itu ada 1 kucing yg tbtb muntah agk kekuningan ada cacingnya juga.. saya tau dok pasti kucing saya cacingan.. akhirnya saya kasih drontal cat. Tapi memang betul ya dok efek samping nya gk nafsu makan dan mencret? Soalnya kucing saya yg itu jadi lemas gak mau makan sama sekali tapi masih mau nyusu sama induknya.. berat badan nya turun drastis.. apa saya harus kasih vitamin nafsu makan? Apa ya dok obat nya?

dok, mau tanya, kucing saya blm lama ini kawin, sudah melewati masa esterus yg katanya 4-10hari masa birahi kucing betina, nah sekarang kucing saya sudah tidak mau bila jantannya ingin mengawini, apakah itu tanda kalau kucing saya hamil? sekarang belum kelihatan dok, tapi akhir2 ini suka tidur, tapi sehari ini saya keluarkan dr kandang ke halaman rumah, eh dia malah loncat dan lari-lari dok. saya takut keguguran misalkan dia hamil dok. jelaskan detailnya dok, ciri kucing hamil muda.

Biasanya mmg hamil muda sulit dideteksi, namun tanda2 tdk birahi lg bisa menjadi salah satu indikator. Biasanya juga nafsu makan mengalami peningkatan. Kadang ad juga yg mengalami morning sickness atau muntah akibat hamil

Halo dok, saya mau bertanya , kalo anjing cacingan , lbh baik di kasih obat cacingannya brp lama skali ya dok? Terima kasih

Halo dok, kebetulan aku punya 4 kitten berusia 1,5 bulan. Akhir akhir ini yg 2 muntah (gak sering cuma 2x sampe saat ini ga lagi) dan mencret (sampai sekarang). Dan si induk belum aku kasih obat cacing karna kemarin masih hamil dan sekarang menyusui. Apa ada indikasi kena cacing atau apa ya dok? Jenis muntahnya cairan dan mencretnya (maaf) juga cairan rada putih kekuningan dan nafsu makan menurun (sebelumnya 4 kitten ini udah mau makan dry food weaning rc). Kalo emang cacingan, saya mesti gimana ya dok? Apa boleh si induk yg menyusui dikasih obat cacing?

Muntah bs krn infeksi virus, bakteri, cacing mgkn juga. JD sebaiknya diperiksakan untuk anak Dan induknya.obat cacing TDK mslh diberikan untuk induk dan anak usia 6 mg

Malam dok
Saya mau bertanya, kucing saya umur 2 bulanan beberapa hari yang lalu muntah keluar cacing putih panjang dan sekarang sudah semingguan tidak muntah lagi dan sehat.
Apakah cacingnya sudah tidak ada atau tetap harus diberi drontal cat? Lalu saya masih punya 3 kucing lagi yg lebih tua. Dan saya tidak tau mereka cacingan juga atau tidak. Apakah saya juga harus memberikan drontal cat ke kucing yg 3 itu atau hanya beri vaksinasi ke 3 kucing itu?
Terimakasih dok

Dok, anjing saya mengalami ciri persis seperti yg dokter tuliskan di atas, muntah cacing gelang, feses cair, badan sangat lemas, sudah 2-3hari ini. Solusi yg cepat menangani gimana ya dok? Udah lemes bgt anjingnya. Trus muntah cacingnya sudah 2x. Bekas mutahannya keinjak-injak juga, kira2 bahaya tdk dok jika air muntahan terkena kaki? Atau bagaimana cacing gelang itu menulari manusia? Terimakasih dok sebelumnya.

halo, terimakasih pertanyaannya. segera periksakan ke dokter untuk ditangani kondisid ehodrasinya, juga akan dilakukan pemberian obat cacing. infeksi ke manusia terjadi ketika telur menetas dilingkungan dan larva cacing masuk ke kulit atau telur tdk snegaja termakan krn bentuknya yg kecil bisa menempel di kuku dan lainnya. kalau cacing dewasa nya tdk akan menyebabkan penularan. saya rasa jelas ya dijelaskan di artikel

Dok , anjing saya muntah cacing terus udh 2 hari , setiap hbis minum obat beberapa menitnya langsung muntah isi cacing , gmna cara ngatasinnya saya takutt

Selamat malam dok,

Bersyukur saya bisa ketemu artikel dokter, karena 2 hari ini saya sungguh bingung dengan kondisi puppy saya ini.

Saya baru 2 hari adopt puppy umur 4minggu, waktu baru 1 hari di rumah, puppy saya mencret2 dan muntah2. Fesesnya cair dan keluar sedikit darah dan gejala2nya persis seperti yang dokter jelaskan di atas.

Pada hari itu langsung saya bawa ke dokter dan dokter memberikan antibiotik sebanyak 14 kapsul, obat muntah dan obat untuk memadatkan feses. Dokter mengatakan tidak perlu di lab karena treatment yang diberikan sama saja.

Hari ini (hari ke2) pengobatan, feses mulai berbentuk namun masih ada darah, tetapi masih muntah sebanyak 3x. Muntah yang ketiga kalinya berupa lendir dan cacing sebanyak 4 gulungan.

Rencananya besok (20 Feb) saya mau ke dokter lain lagi, namun bagi pemilik puppy yang awam seperti saya, sangat berharap opini dokter Puspasari.

Yang mau saya tanyakan ke dokter, apakah antibiotik harus di habiskan? Apakah perlu minum obat muntah? Kalau besok di kasih obat cacing apakah obat2 yang diberikan oleh dokter pertama tetap di minum?

Mohon jawaban dan penjelasannya. Terima kasih banyak dokter. Gbu

Update keadaan puppy saya dok, puppy saya pup sekitar 1,5jam lalu dan barusan saya lihat di lubang duburnya keluar cairan bening dan ada seperti serat2 putih, baunya seperti pemutih dok. Itu apa ya dok?

antibiotik perlu dihabiskan sesuai dengan petunjuk dokter, obat antimuntah diberikan jika ada gejala muntah saja, segera berikan obat cacing, jika konsultasi dengan dokter yang berbeda sebaiknya jelaskan pengobatan yang telah diberikan oleh dokter sebelumnya ya, sehingga pengobatannya tidak terputus.

Selamat sore Dok, kucing sy berumur sekitar 6 bulan, sudah sebulan ini kucing saya kl jalan sempoyongan. seperti kakinya tidak kuat menahan tubuhnya. Biasanya lincah sekarang sering berdiam diri saja. Nafsu makan masih normal. Kira2 apa penyebabnya ya dok? dan apa yang bisa sy lakukan untuk kucing sy tersebut. Trm kash atas prerhatiannya dok.

Penyebabnya bs krn kekurangan nutrisi, bs juga krn ada cedera, bs krn gangguan syaraf, perototan sebaiknya konsultasikan ke Dokter ya

dok kenapa ya dogi saya lemes terus lebih banyak tidur, kalo jalan juga kaya orang yang lagi mabuk (gogoleongan) tapi kadang gitu kadang normal jalannya,terus waktu kemarin dia muntah ada cacing nya,terus kan saya tadi bawa ke dokter hewan langsung di suntik cacing dan di kasih obat diare kata dokter nya kalo dogy gamau makan di suapin aja,tadi saya suapin ga lama dia muntah lagi dan makanannya keluar lagi.itu harus gimana ya dok di kasih makan lagi atau gimana?dan kalo udah di suntik cacing,cacing nya kapan ilang nya? makasih dok

Kadang treatment nya tdk cukup sekali, perlu dilakukan lbh dr 1 kali tergantung kondisi nya. Jadi ada baiknya di konsultasikan kembali ke dokter ya

Selamat siang Dok, saya baru memelihara kucing anggora dewasa sbulan yg lalu, diberi oleh saudara saya. Awal2 perutnya buncit dan memang kata saudara saya dia sdng hamil, kmudian saya lihat perutnya mengecil saya kira sudah melahirkan namun tdk d luar rumah, selang 2 minggu perutnya buncit kmbali dan sekitar 2 hari yang lalu perutnya mengecil, tidak mau makan dan diare tapi tidak ada cacing di diarenya dok
Kucing saya memang sangat suka minum dan saudara saya pun bilang bgitu
Apa kucing saya terkena cacingan dok?

Assalamualaikum dokter,
saya nemu kucing kecil di jalan, kemudian saya adopt, pupnya sering dan mencret ( 4 smapai 5 kali sehari) tp nafsu makannya banyak.
saya ingin kasih obat cacing terlebih dahulu, hanya tidak tahu dosisnya, umur kucingnya kira2 4 bulanan, berat badannya sekitar 450 grm. sy cuma kasih vitamin bcompleks supaya ususnya sehat.
saya sudah beli obat cacingnya merek combantrin 125, untuk pemberian dosisnya berapa besar ya dok? terimakasih

untuk pemberian obat cacing sebaiknya konsultasi dulu dgn dokter ya, terlebih kalau yg digunakan obat cacing yg bukan khusus untuk kucing

Malam.dok mau nanya anjing saya ada dua yang msh kecil kisaran 3 bln yah dok yg jantan pas poop dikit dan kaya ada darahnya setelah itu aq kasih oralit dan obat cacing gak taunya keluar cacing dok sampe kmrn dia masih mw main dgn anjing yg dewasa padahal gak makan dok.dan hr ini dia jd lemas gak mw makan dan minum cmn ttp saya kasih air madu dikit2 tp ttp dimuntahin jg.wlwpn gak sering.kalo yg betina lain dok kaya mencret gt tp wrn putih dia msh mau makan cmn dlm shari makan sekali cmn hr ini dan kmrn dr dia sakit gak ada makan dan minum dan ttp saya suapin jg dgn air madu.cmn dua2 nya dgn kondisi yg sama lemas gak mw bermain dan tdr trs.kalo yg betina bs trus muntah dok.udh 3hr mrk sakit dok.tolong dibantu krn ditmpt saya jauhdr dktr hewan.dan obat cacing yg saya kasih kmrn obat cacing cacing combantrin.

Cukup sulit kalau tdk diperiksakan ke dokter. Krn pengobatan peelu dilakukan pemeriksaan,

Assalamualaykum dok
Mau nanya kalo efektivitas albendazole (albenworm) itu bgmn dibandingkan dgn drontal? Apakah albendazole utk kucing jg tmsk antihelmintik broad spectrum selayaknya albendazole utk manusia?
Mohon advicenya dok

Waalaikumsalam, betul albendazol termasuk broad spectrum, dgn drontal berbeda zat aktifnya ,tp fungsinya sama untuk anthelmintik spektrum luas

Dok mau tanya. Saya baru saja memberikan drontal kepada kucing saya dengan cara dicampur/ dilarutkan dengan air. Namun obat tersebut tidak tertelan semua kebanyakan dikeluarkan/ disemburkan kembali. Apakah saya harus segera me.berikan ulang drontal lagi ?. Mohon penjelasanya. Terima kasih.

Dokter mau tanya. Dalam waktu dekat saya akan adopsi peranakan doberman pincher-pittbul. Belum ada suntik-suntik/imunisasi apapun krn baru lahir.

Pertanyaan saya:
1. Untuk anakan doberman, vaksin/imunisasi apa saja yang harus saya lakukan?
2. apakah saya bisa proses stambum untuk peranakan ini? setau saya stambiem hanya untuk yg 100% murni anakan.
3. umur berapa doberman bisa dipotong ekor dan kupir?

Terima kasih.

silahkan baca disini mengenai vaksinasi : vaksinasi anjing

stambum hanya diberikan ketika ras nya murni, campuran tidak bisa diberikan stambum dan tatoo, organisasi yang mengeluarkannya perkin.

saya tidak menyarankan melakukan kupir dan tail docking karena tidak sesuai dengan bentuk alaminya, kecuali memang ingin diberdayakan untuk berburu. prosedur kupir dan tail docking menyakitkan dan sebaiknya tidak perlu dilakukan.

Dok mau tanya, kalau kucing terkena cacingan, sedangkan kita tdak tau, kemudian kita mengelus nya menciumnya bahkan tangan kita pun di jilat nya, apakah kita akan bisa tertular atau pun akan berbahaya bagi kita??
Terimakasih dok

Silahkan dibaca kembali artikelnya. Penularan mmg bisa terjadi, terutama kalau tidak sengaja menyentuh benda yang terkontaminasi feses yang mengandung telur cacing. Tapi jika kita melakukan praktek mencuci tangan dengan sabun tentu akan mengurangi penularannya

Hai dok,
Kucing saya usia 4 bulan, tiba2 kmren sore muntah cacing dan makanannya. Sepertinya cacing pita. Saya langsung memberinya combantrin jeruk. Namun karena takut, malamnya saya bawa ke dokter hewan dan diberikan suntikan. Pagi ini dia masih lesu dan malas makan. Siangnya dia lahap makan ikan goreng, tapi malamnya dia muntahkan lagi (muntahan tidak ada cacingnya) dan sekarang dia lemas kembali. Kira2 kenapa ya? Dan biasanya kucing lahap makan lagi kapan? Solusi dari dokter kira2 bagaimana?
Terimakasih

kucing yang muntah tentu merasa tidak nyaman di saluran pencernaannya. jadi sangat wajar jadi tidak nafsu makan, untuk memberi makannya baiknya ikan yang direbus atau kukus karena lebih lembut dan tidak berminyak dibandingkan di goreng. kalau ada minyak, bisa juga menjadi mual, akhirnya muntah lagi. perlu sabar juga kalau sedang masa pengobatan, ada baiknya juga dirangsang nafsu makannya. saya pernah bahas disini : nafsu makan kucing

jika diberikan dengan dosis yang tepat akan meminimalisir efek samping, tapi secara umum obat ini aman jika digunakan sesuai kebutuhan

Kucing saya muntah cacing dok, terus setelah makan dia juga memuntahkan makanannya lagi, tapi 3 hari yang lalu baru saya kasih drontal, apakah boleh saya kasih lagi dok?

Dok,..
Kalok obat cacing Albenworm syrup bagus gk buat kucing dok,
Kalok bagus, berapa kali jarak pemberian nya
Terima kasih

Dok kucing saya lagi pengobatan jamur dan scabies tapi dr pengobatan pupnya lembek,apa itu dinaMakan diare? Dan setelah 5hari pengobatan skr malah muntah dan keluar cacing dok.bagaimana penanganannya ya..

Pup lembek belum tentu diare, kalau diare terjadi sering dalam waktu berdekatan, konsistensi pup nya cair, kalau terjadi di usus halus bs jadi ada darah. Sebenarnya tdk ada hubungannya dgn pengobayan scabies dengan cacingan. Krn beda penyebab dan juga target organnya. Tetap perlu di obati juga cacingannya

Saya punya anak anjing usia mauk 2bln, setiiap abiis minum susu selalu muntah. Saya minta di bantu penangannya harus gmn ?

Thx~

pemberian susu perlu dsesuaikan dengan kebutuhannya, tidak terlalu banyak, lebih sering tapi sedikit akan lebih baik.

Dok, saya mau nanya dok . 2 bulan yg lalu kucing saya kan cacingan tapi melalui pup nya keluar cacingnya dan saya sudah bawa ke dokter hewan dan alhamdullah sudah sembuh. Tapi dua hari yg lalu, saya kasih dia wiskes, setelah itu dia gak mau makan dan tadi dia muntah warna hijau muda, setelah tu warna kuning . Dan tengah malam ini dia muntah lagi, tapi keluar cacing halus berwarna putih dan panjang dan juga hidup. Saya lap muntahnya pakai kain yg gak di pakai dan sepertinya cacing nya ikut dengan kain tersebut . Apakah cacing itu bisa menular kemanusia dok, mohon penjelasannya dok. Terimakasih

pemberian obat cacing perlu teratur ya, 2-3 bulan sekali, jadi sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter untuk pemebrian obat cacingnya. penularan ke manusia bisa terjadi kalau telur cacing tertelan oleh manusia, telur cacing lazimnya berada pada kotoran atau feses. jadi sebaiknya cuci tangan dengan sabun setelah menangani kucing.

Soalnya kan agak khawatir akan adanya penularan, tapi saya sudah cuci tangan menggunakan sabun. Cuma lantai yg saya lap tadi apa sebaiknya di pel saja dok? Terus saya juga sering mencium dan menggendong kucing saya tadi dok, bagaimana tu dok? Dan apakah cacing itu berbahaya banget dok? Mohon penjelasannya dok.

Dok saya punya kucing biasa umur 5 bulan
Dua hari yg lalu dia muyung.. Saya kira karna cuaca dingin, tapi stelah dia gak mau makan disitu saya baru ngeuh kalo kucing saya sakit
Gejalanya badannya panas, tidak mau makan, fesesnya cair
Karna ngga mau makan saya kasih susu beruang.. Dipipetin trnyata dia mau..
Selang beberapa jam dia muntah buih warna putih ada cacingnya 2.. Lalu saya kasih air putih diselingin kuning telur
Dia sering diem d kamar mandi atau tempat lembab gituu.. Yang biasanya suka d kasur malah lebih sering d lantai
Sedangkan dr hewan disini jauh.. Harus menempuh perjalanan 1jam
Ada pet shop deket cuma ga ada dr nya
Ini saya mesti gimana yaa?
Kucing saya cacingan atau kena virus yang penyakit distemper?
Saya mohon bantuannya

Kalau ada cacingnya bs jadi memang salah satu gejala cacingan, tp tdk menutup kemungkinan juga ada infeksi lainnya. Pastikan disuapi makanan setiap hari yg lembut, jadi kucing akan tetap dapat nutrisi. Obat cacing juga bs diberikan sesuai berat badannya.

Saya ingin menanyakan jika anjing saya sering muntah cacing dan pup nya berwarna hijau, jika diberi minum dan makan selalu dimuntahkan lg. Mengapa ya dok? Tolong dibantu penanganan pertama yg dilakukan hrs gmn ya? Makasih

Kalau ada cacing, perlu segera ditangani kecacingannya. Kondisi cacingan ug parah bs menyebabkan iritasi saluran cerna. Jd bs menyebabkan muntah dan gejala gangguan saluran cerna lain..baiknya segeta konsultasikan ke dokter

Leave a Reply

*