Demam pada kucing dan anjing – TANYA DOKTER HEWAN

Demam pada kucing dan anjing

Bagaimana menangani anjing dan kucing demam ?

Bagi pemilik anjing dan kucing, kalau sudah melihat anjing dan kucing nya mulai diam, tidak beraktifitas, tidak nafsu makan, saat di sentuh badannya sedikit hangat (terutama bagian telinga dan bagian dalam paha) biasa nya sudah mulai khawatir. Tak jarang menyimpulkan kalau anjing dan kucing nya mengalami demam.

Nah, kalau sudah seperti ini pemilik geregetan untuk mencari bantuan, info kanan kiri, tanya ke teman, tanya ke pecinta hewan lain, ataupun melakukan tindakan mengobati sendirian dengan memberikan obat penurun panas bagi anak-anak ataupun bagi orang dewasa. Tentunya memberikan obat nya pun tidak sesuai dosisnya, biasanya dengan perkiraan saja secuil, sepotong, seperempat dan istilah lainnya.

Lalu, apakah benar dengan menggunakan obat penurun panas pada anak-anak dan orang dewasa bisa mengurangi gejala demam pada anjing dan kucing? Aman atau tidak? apakah dosisnya sesuai atau tidak? 

Ternyata, memberikan obat untuk anjing dan kucing tidak bisa sembarangan. Bagi pemilik penting sekali untuk melakukan pemeriksaan dulu di dokter hewan, pastikan kondisinya secara langsung, lalu dokter tentu akan memberikan obat sesuai kondisinya.

Pemberian obat sembarangan tanpa saran dokter hewan akan memberikan dampak yang buruk dari keracunan bahkan kematian. Terutama pada kucing, pemberian obat penurun panas seperti paracetamol walau jumlahnya sedikit, bisa menyebabkan keracunan yang berakibat kematian.

Sebelumnya, pernah saya bahas disini : Kenapa tidak boleh memberi obat sembarangan pada anjing dan kucing?

Bagaimana saya tahu anjing dan kucing saya demam?

1. Peningkatan suhu tubuh

Demam atau fever pada anjing dan kucing ditandai dengan peningkatan suhu tubuh (lebih dari 39.5°C , beberapa sudah teraba cukup panas diatas 39.2°C). Biasanya peningkatan suhu tubuh ini terjadi beberapa hari.

Pengukuran suhu tubuh pada anjing dan kucing bisa dilakukan dengan menggunakan termometer. Termometer dimasukkan ke dalam anus, beberapa kucing dan anjing memang akan merasa tidak nyaman ketika termometer dimasukkan. Suhu normal untuk anjing dan kucing 37.5°C – 39.5°C. Termometer mudah didapatkan di apotek, bisa didapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Thermometer (alat pengukur suhu) digital
sumber : www.baby4you.co.nz

Jadi sebaiknya mulai sekarang, sediakan termometer untuk anjing dan kucing ya.

Kondisi demam, perlu dibedakan dengan kondisi peningkatan suhu secara tiba-tiba karena lingkungan. Anjing dan kucing yang dibiarkan di tempat yang panas atau minim udara juga akan mengalami peningkatan suhu, biasanya terjadi peningkatan suhu secara drastis (lebih dari 40°C). Gejala lainnya anjing terlihat terengah-engah bahkan collapse (langsung pingsan). Nah, pada kondisi ini anjing dan kucing tidak dikatakan demam namun mengalami hiperthermia dan heat stroke (terkena kejutan panas).

 

2. Penurunan aktifitas

Kucing dan anjing yang mengalami demam akan cenderung diam, tidak mau beraktifitas karena badan yang sedang tidak fit dan tidak nyaman. Kucing juga cenderung sembunyi atau menyendiri ditempat yang nyaman misalnya lemari, kolong tempat tidur, maupun kardus. Pada kucing yang demam biasanya jarang menjilati tubuhnya (grooming).

3. Nafsu makan menurun

Anjing dan kucing yang demam juga cenderung tidak nafsu makan, biasanya terlihat mangkuk makanan masih terlihat utuh atau sedikit dimakan.

4. Lebih sering minum

Pada anjing dan kucing demam, biasanya lebih sering minum karena demam menyebabkan kering dan tidak nyaman di mulut. Tapi, ada juga yang tidak mau minum sama sekali, sehingga perlu diberikan makanan basah ataupun minum dingin dan kaldu daging supaya lebih sering minum.

5. Hidung dan telapak kaki terlihat kering

Normalnya pada anjing dan kucing bagian hidung dan telapak kaki akan terlihat segar, teraba lembab (sedikit basah). Anjing dan kucing yang mengalami demam, pada bagian hidung dan telapak kaki akan terlihat kering.

6. Jarang kencing

Demam bisa menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan jika dibiarkan, salah satu cirinya yaitu tidak kencing atau jarang kencing.

Apa yang menyebabkan demam?

Demam bukan penyakit, namun gejala dari penyakit atau respon tubuh terhadap agen penyebab demam (agen yang bersifat pirogenik). Demam bisa disebabkan adanya peradangan, infeksi yang diakibatkan oleh bakteri, parasit, maupun virus, luka.

Pada anjing dan kucing yang mulai memperlihatkan tanda-tanda demam, pemilik perlu memperhatikan adanya luka, bekas gigitan, memar, ataupun kondisi lain yang bisa memicu demam. Terkadang pada anjing dan kucing (terutama) sering ada luka yang tidak terlihat biasanya luka gigitan yang dalam dan kecil, sehingga menyebabkan demam. Namun, pemilik biasanya tidak terlalu menyadarinya.

Demam pada anjing
sumber : www.animalwised.com

Lalu, bagaimana cara menangani demam?

Pastikan anjing dan kucing mendapatkan cairan yang cukup

  1. Sama juga seperti kita jika sedang demam bibir kering, tenggorokan kering, badan panas, terasa sangat haus. Anjing dan kucing juga mengalami hal yang sama, jika dibiarkan demam bisa menyebabkan kekurangan cairan (dehidrasi). Sehingga penting untuk memberikan cairan yang cukup pada anjing dan kucing.
  • Memberikan makanan basah lebih baik pada saat anjing dan kucing demam, karena mudah dicerna dan membantu menambah nafsu makan serta meningkatkan konsumsi cairan pada anjing dan kucing. Membuat sendiri makanan basah juga bisa dilakukan : Puding ikan untuk kucing
  • Memberikan kaldu ayam dan kaldu daging bisa juga menambah nafsu makan karena bau nya yang menyengat. Kaldu yang digunakan bukan kaldu instan, namun kaldu yang berasal dari rebusan tulang maupun daging tanpa gula dan garam. Mencampurkan kunyit maupun jahe juga bisa menambah cita rasa. Pada anjing, bisa juga ditambahkan wortel maupun sayuran lain.
  • Memberikan buah dengan cairan yang banyak seperti semangka, pepaya untuk anjing juga bisa meningkatkan asupan cairan.
  • Kalau tidak mau makan dan minum, bisa juga disuapi dengan spuit dan menggunakan makanan yang teksturnya lembut.

Jangan berikan obat-obatan penurun panas apapun pada kucing dan anjing tanpa konsultasi dokter

Kompres dengan air dingin

Demam pada anjing dan kucing bisa juga diringankan dengan melakukan kompres pada paha bagian dalam. Kompres bisa menggunakan air dingin (bukan dengan es).

Pastikan anjing dan kucing mendapatkan tempat yang nyaman

Kandang ataupun tempat tidur kucing dan anjing bisa diberikan alas tambahan berupa selimut untuk meningkatkan kenyamanan anjing dan kucing.

Perhatikan gejala lain yang mengikuti demam

Gejala tambahan saat demam menentukan kemungkinan penyebab dari demam. Jika penyebab diketahui, pengobatan yang diberikan akan lebih mudah. Perhatikan adanya gejala yang muncul dalam kurun waktu 12 jam, seperti:

  • Muntah
  • Diare
  • Haus
  • Penurunan nafsu makan
  • Lemas
  • inkoordinasi
  • Ada batuk atau bersin
  • Ada cairan keluar (ingus, air liur, air mata, atau cairan dari dalam vagina)
  • Gerakan tambahan seperti gemetar atau gerakan lain

Beberapa gejala ini diutarakan saat melakukan pemeriksaan di dokter untuk memudahkan dokter memberikan diagnosa.

Segera periksakan ke dokter hewan

Pemeriksaan ke dokter hewan tetap harus dilakukan agar anjing dan kucing mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisinya.

Anjing dan kucing bisa mengalami sakit seperti pada manusia, kondisi sakit membuat anjing dan kucing tidak nyaman. Pemberian cairan yang cukup serta segera konsultasikan ke dokter hewan bisa sangat membantu meringankan kondisi demam dan sakit pada anjing dan kucing. 

17 comments

Dok, mau tanya? Kemarin kucing persia saya (luvy) hamil, tp beberapa hari ini si luvy diem terus kurang aktif, dia juga keliatan mual mau muntah terus, terus perutnya juga kecil.. Lalu kemarin adik saya nemuin si luvy duburnya berdarah, itu si luvy kenapa ya dok??

perlu diperhatikan kembali berdarah dari anus atau vagina, jika pendarahan dari vagina kemungkinan kucing mengalami keguguran. sebaiknya segera periksakan ke dokter

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok,saya mau tanya kucing saya masih bayi dia digigit sama kucing besar karna mau dimakan terus kan ada bekas gigitannya di perut , saya kasih betadine tapi saya engga engeh lama kelamaan saya liat anak kucing saya perutnya jadi bolong gitu donk saya gak tau harus gimana

kalau sudah digigit biasanya jadi radang lalu berisi nanah dan akhirnya infeksi jadi melebar lukanya. sebaiknya segera diperiksakan ke dokter, kalau cukup lebar mungkin dokter akan melakukan operasi penjahitan luka

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Selamat pagi, dok mau nanya dong tolong, kucing sy lemes bgt dah 2 hari, dan mengeluarkan air gt kaya air kencing tapi ampe bau bgt satu ruangan. Kenapa ya dok? Terimaksih sebelumnya dok

segera ke dokter ya mas, terutama kalau sudah lemas dan keluar cairan, cairan pelru segera dibersihkan dengan dsinfektan, kucing dipisahkan dengan kucing sehat, owner perlu mencuci tangan dengan sabun khawatir kucing terkena penyakit infeksi yang menular ke kucing maupun hewan lainnya.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Selamat malam dok, mau tanya dok kucing saya 2 hr yg lalu muntah cacing terus paginya saya kasih obat cacing dortal, setelah itu sudah tidak muntah cacing tapi muntah kuning, skrg saya hentikan makanan dryfood saya buatkan bubur ayam, sama minum air kelapa. Sudah mau makan di suapin sma msh lari” cm kadang jg lemes. Anaknya umur hampir 3 bulan kmrn” gak ketahunan kalo induknya skt jd nyusu.. Skrg 1 anaknya pupnya kmrn jg ada cacinya lalu saya terapakan yg kaya untuk ibunya. Tp kalo anaknya msh ada cacinya kalo pup 2 hari ini. Baiknya untuk ibu kucing dan anaknya ? Mohon penjelasnya dok

Dok sya mau tanya, kucing sya baru habis kawin sekitar 3 hari yg lalu, hampir setiap hari dia kawin karna sya tempatin 1 kandang.. Trs dari kemarin, yg betina udah gak mau lagi di kawinin, ud mlai nolak klo yg jantan mau kawin. Trs stelah bbrp hari kawin, kucing sya yg betina dr kmren itu kyk lemes gtu, kbykn rebahan sma tdr. Wlupun sya bw kluar kndang, jln bntar abs tu rebahan lg. Tp mkannya lancar. Kira2 ap pnyebabnya dok? Ap mmg sperti itu kondisi stelah kawin atau gmn dok? Sya bru x ni mlihara kucing. Mkasi.

kalau masih mau makan sebenarnya tidak pelru khawatir, setelah kawin kucing bisa juga mengalami kelelahan, terutama pada betina karena kesakitan akibat penis kucing yang berduri. namun, bisa juga terlalu lama dikandang menyebabkan kondisi tdak nyaman

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Selamat malam dok saya mau tanya akhir akhir ini maaf pup kucing saya keras dan tdk banyak seperti biasanya dan dia sering kentut bau sekali, 4 hari yg lalu saya bawa ke vet karena sdh waktunya diberi obat cacing. Apakah itu efek dr obat cacing atau gmn ya dok? Terimaksih infonya

Selamat pagi dok,
Mau tanya, kucing saya kok bulu disekitar hidung jadi rontok dan kulitnya warna merah gitu?
Padahal kemarin belum dan baru pagi ini saya lihat.
Tolong dijawab ya dok, terimakasih

Selamat mlm dok, 

Kucing saya muntah tetapi muntahnya makanan yg masih utuh dan juga rumput bercampur air liur nya. Badannya pun kurus, saya beri makanan hairball control , apa karena itu menyebabkan muntah ? Trs saya konsul katanya puasakan smpai mlm jikaa muntah lg blrti sakit, dan kucing saya tidak muntah lg, dan saya ganti makanannya dan dia tdk muntah lg. Trs saya tanya ke dokter petshop terdekat agar dia gemuk, saya diberi curcuma plus dgn dosis 2×1 cc. Saya beri dri kmrin siang, trus pagi ini dia malah mencret, apa karena gak cocok vitaminnya ya ? Mohon bantuannya dok. Terimakasih

Slamat malam dok saya mau tanya kucing saya mengeluarkan cairan putih di vaginanya dan skrang kucing saya lemes skali gak sperti biasanya jln nya pun aneh kyak yx nahan sakit dan kalo di pegang sangat sensitif sekali

sebaiknya segera konsultasikan ke dokter, keluarnya cairan pada vagina kucing termasuk kondisi tidak normal dan pelru segera mendapatkan penanganan

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok,untuk selanjutnya diksh obat cacing berapa lama ya dok setlah kucing sudah sehat setelah terkena cacingan cukup parah.apa 3 bln lagi apa 2 minggu sebulan lagi mksh dok

Leave a Reply

*