Punya kucing hidung pesek? 5 hal ini penting banget kamu ketahui  – TANYA DOKTER HEWAN

Punya kucing hidung pesek? 5 hal ini penting banget kamu ketahui 

Punya kucing hidung pesek? 5 hal ini penting banget kamu ketahui

Pengalaman pribadi selama mengelola website www.tanyadokterhewan.com dan instagram @tanyadokterhewan, banyak sekali yang menanyakan tentang kondisi kucingnya. Saya lihat pecinta kucing juga bervariasi dari jenis rasnya, jumlahnya, usia kucingnya, bahkan pengalaman memeliharanya pun beragam.  Ras popular yang sedang digandrungi saat ini adalah Ras kucing Persia, kadang banyak juga yang menyebutnya Angora atau Anggora. Ternyata, menurut CFA 2016 kucing Persia dan Exotic adalah salah satu kucing popular tahun 2015. Mungkin hal ini terkait dengan kucing Persia yang identic dengan kucing “mahal”, jadi dengan memelihara kucing Persia bisa meningkatkan gengsi dan prestige seseorang.  Alasan lain karena rambutnya yang panjang dan sangat fluffy, serta tingkah laku nya yang seperti kucing muda walau usianya tidak muda lagi. saking menggemaskannya mata yang bundar, membuat beberapa kucing jenis hidung pesek menjadi daya tarik di sosial media.

Kucing Persia pekenose/peak nose/peke faced. Persia peaknose memiliki hidung pesek yang cukup ekstrim. Selain Persia, ras lain yang memiliki hidung pesek yaitu Exotic short hair, dengan mata bulat, hidung pesek, dan rambut yang pendek.
Kondisi rahang pendek pada kucing, dikategorikan pada 4 kategori (ringan hingga ekstrem) (Schlueter et al. 2009). Gambar di bawah menunjukkan perbedaan antara keempat kategori tersebut.

Gambar . Kategori kucing rahang pendek pada kucing (Schlueter et al. 2009)

Ternyata, meskipun lucu dan menggemaskan. Memiliki hidung pesek bisa menjadi perhatian terutama pada kesehatannya. Berikut 5 hal yang penting diketahui jika memiliki kucing hidung pesek :

  • Hidung pesek merupakan hasil mutasi

Awalnya Persia memiliki hidung yang tidak pesek, tapi akibat persilangan yang dilakukan oleh breeder. Maka didapati hasil kucing yang memiliki hidung pesek, hingga saat ini hidung pesek menjadi standar dari ras kucing Persia.  Juga serupa dengan kucing exotic short hair yang memiliki hidung pesek akibat hasil perkawinan pada waktu lama. Berawal dari kepopuleran kucing Persia pekenose namun memiliki kesulitan dalam perawatan rambutnya, akhirnya breeder melakukan persilangan dan menghasilkan kucing hidung pesek dengan rambut pendek.

  • Hidung pesek memiliki kecenderungan kelainan pada saluran nafas

Hidung yang pesek akibat rahang yang pendek, muka yang bundar. Menyebabkan kucing menjadi lebih rentan mengalami gangguan nafas. Secara anatomi sudah berbeda dengan nenek moyang kucing (gak pernah kan liat singa, kucing hutan, harimau yang hidungnya pesek :P). saluran nafas menjadi lebih sempit, hal ini akan sangat menyiksa terutama dikondisi yang panas dan rambut yang panjang. Tidak heran jika kucing jenis hidung pesek mudah mengalami heat stroke, sering grooming, dan menjulurkan lidahnya. Grooming (menjilati tubuh) merupakan salah satu cara kucing untuk menstabilkan suhu tubuh karena kelenjar keringat yang tidak tersebar ke seluruh tubuh.

Gambar Perbandingan tengkorak kucing hidung pesek dan kucing lainnya (Bertolini et al. 2016)

  • Hidung pesek memiliki kecenderungan mata yang sering berair

Kondisi hidung pesek menyebabkan penyempitan pada saluran air mata, hal ini menyebabkan kucing lebih berair, sering kotor daerah mata, dan muda terinfeksi jamur pada daerah, mata dan sekitar hidung. Noda air mata (tear stain) akan sangat jelas terlihat pada kucing yang berambut warna putih atau terang.

  • Selain wajah yang bundar dan hidung pesek, panggul nya pun memiliki ukuran lebih kecil

Panggul atau pelvis pada kucing Persia memiliki ukuran yang lebih kecil dari kucing normal. Hal ini meningkatkan resiko terjadinya distokia atau kesulitan melahirkan pada kucing dengan hidung pesek. Operasi Caesar perlu dilakukan jika terjadi kesulitan melahirkan (distokia), jika memang usaha lainnya tidak bisa dilakukan. Sehingga, saat terjadinya kehamilan pada kucing hidung pesek ini, perlu perhatian dan pemeriksaan rutin selama hamil dan menjelang kelahiran.

  • Pertumbuhan gigi yang tidak beraturan

Rahang yang pendek, menyebabkan bentuk gigi yang juga tidak beraturan. Bentuk gigi taring yang harusnya lurus atau vertical, karenabentuk rahang yang pendek mengalami perubahan menjadi horizontal. Hal ini tentu akan mengubah perilaku makan dari kucing hidung pesek. Diet nya tidak bisa menggunakan diet yang membutuhkan usaha mengoyak, hanya bisa makan yang langsung telan saja. Juga, bentuk gigi taring yang horizontal membuat terganggunya saluran air mata (naso lacrimal duct) pada kucing hidung pesek.
Jadi, jika memiliki kucing hidung yang pesek, jangan hanya mengedepankan keindahan, rasa bangga,  dan senang saat memilikinya saja. Tapi, perlu diperhatikan perawatan kesehatannya, rutin melakukan check up di dokter hewan salah satu langkah yang bisa dilakukan.
Reference :

Schlueter C, Budras KD, Ludewig E, Mayrhofer E, Koenig HE, Oechtering GU.2009. Brachycephalic feline noses : CT and anatomical study of the relationship between head conformation and the nasolacrimal drainage system. JFMS 11:891-900

[CFA] Cat fanciers association. 2016. Persian show Standard. www.cfa.org

[CFA] cat fanciers association. 2016. Exotic Show Standard. www.cfa.org

[CFA] cat Fanciers Association. 2016. The cat Fanciers’ Association announces most popular breed for 2015. www.cfa.org
Farnworth Mj, Chen R, Packer RMA, Caney SMA, Gunn-Moore DA. 2016. Flat feline Faces : Is Brachycephaly Associated with Respiratory Abnormalities in the Domestic Cat (Felis catus).
Www.Icatcare.ord/advice/cat-health/brachycephalic (Severe brachycephalic in Persian and related breeds)
Bertolini F, Gandolfi B, Kim Es, Haase B, Lyons LA, Rotschild MF.2016. Evidence of selection signatures that shape the Persian cat breed, Mamm Genome. Springer Science.
Monteiro CLB, Campos AIM, Madeira VIH, Silva HVR, Freire LMP, Pinto JN, deSouza LP, daSilva LDM. 2013. Pelvic difference between brachycephalic and mesaticephalic cats and indirect pelvimetry assessment. Veterinary Record.

52 comments

Permisi dok saya mau nanya, anjing saya kemarin jatuh dri loteng ke lt. 2 lalu tulang tangan kanannya patah, saya uda kasi obat, tp anjing saya gamau pipis atau bab, pdhl sudah saya bantu supaya dia pipis, ada saran ga ya dok terima kasih 🙂

Pagi dok..
Anjing sy lg hamil terhitung dr kawin pertama dah masuk 63 hari..
Tp dr hari k 56 udah kluar darah,dan smpe skrg msh kluar cairan campur darah n blum jg mlahirkan.
Itu knapa ya dok..??

Halo dok,saya punya anjing jenis corgi betina,usia 6th,sudah 2 hri ini bdn nya agak lemas dan agak panas,sering minum dan buang air kecil,untuk napsu makan masih mau makan,tpi tdk lahap seperti biasanya,kira2 kenapa ya Dok? Terimakasih

Termasuk kategori gemuk atau biasa saja? Sbnrnya untuk gejala sering minum dan pipis bs merujuk ke kelainan hormon, mmg sdg sakit, atau juga ada kondisi lain spt diabetes. Sebaiknya periksakan ke dokter yaa

Dok, saya mau tanya. Saya punya anjing pitbull. Hari rabu saya kasih makan tulang ayam, tapi sebelumnya ayamnya dipatok ular. Sejak saat itu, anjing saya beberapa kali muntah-muntah nggak mau makan. Baru kemarin mau makan, tapi cuman sedikit. Saya harus gimana ya dok biar dia doyan makan dan tidak muntah-muntah lagi?

Dok kucing saya jalannya seperti org mabuk/celeng gitu kaya ga kuat berjalan tegak, terus seharian ini dia duduk aja dok biasanya dia aktif, tapi makan dan minum alhamdulillah normal, kenapa ya?

Dok
saya punya 3 anak kucing yang usianya kurang lebih 4 minggu,kitten nya tidak mau di ksh susu,tp saya paksa dgn memegang mulutnya supaya mau susu,karena induknya sudah mati.tidak hanya susu tp saya kasih snack atau makanan basah khusus kitten. Tp dok, 2 kucing saya badannya panas,lemas,tidak nafsu makan,dan tidak mau beraktifitas,hanya tidur saja. Kemudian kucing saya pupnya cair,dan perutnya kembung,saya harus bagaimana ya dok? Saya masih anak bangku sekolah,bagaimana saya mengatur jadwal makanannya? Tolong ya dok,terimakasih

hallo dokk mau tanyaa ..
kucingku tiba2 muncul hitam2 gtu diekornya dan makin nyebar sekarang ada dipundaknya jg trs bulunya jdi rontok, jlnnya juga jdi teleng dok ..
itu knpa yaa dok? apa itu jamuran? dikasih vco ato obat jamur bisa?

permisi, mau tanya. aku punya kucing persia medium umur 5 bulan betina. awalnya aku kasih royal canin growth mau aku transisi makanan ke equilibrio. tapi dia cuma mau makan royal caninnya. tetep aku campurin dengan harapan mau makan equil. lama-lama dia nafsu makannya berkurang. trus hari ini, udah aku kasih royal canin aja tetep nggak mau makan. aku kasih wf whiskash. biasanya suka tetapi skrg nggak mau. snack biskuit yang biasanya disukai juga nggak mau. maunya cuma makan snack ciao. pup hari ini agak hijau dan cair. tapi dia lincah dan mulutnya tidak bau. telinga juga tidak masalah, rutin dibersihkan seminggu sekali. kira-kira kenapa ya? dan gimana supaya menambah nafsu makan

Dok. Kucing saya udah hampir 3 hari nggak mau makan. Nggak bisa pipis bahkan BAB. Kalo keluar kandang sukanya nyari tempat dingin dan suka tidur di kamar mandi. Udah diperiksain kmrn katanya masalah sama makanan terus disuntik. Tp hari ini blm ada perubahan. Aku raba di perutnya kaya ada benjolan keras gitu. Kira-kira kucing saya kenapa dok? Mohon responnya.

Silahkan konsultasikan secara jelas dgn dokter nya.krn mmg dokter yg bersangkutan lbh tau kondisinya. Kalau ad benjolan d perut kemungkinannya bs apa aja benjolannya. Jd ckup sulit, mgkn aj yg teraba organ dalamnya yg mmg normal

Selamat siang dok…maaf saya mau tanya,saya punya anak anjing yg umurnya sekitar 2 atau3 bln…bbrp kali saya sering melihat hewan kecil seukuran nasi berwarna putih seperti lintah kecil dan ternyata saya baru tahu kalau itu keluar dr lubang pantatnya..menurut dokter anjing saya kenapa yah?dan hewan kecil nya itu berasal darimana..trims dok

Cacing mgkn y mb. Kalau blm pernah dikasih obat cacing atau induknya juga d cacing mmg menular ke anak. Sebaiknya diperiksakan ke dokter dan diberi obat cacing khusus anjing kucing

selamat siang dok,

saya mau konsultasi, saya punya kucing persia, selama dia hamil sampe dia melahirkan matanya belekan terus serta mgeluarkan caira dan saya sdh ngasi obat tetes mata namun blm sembuh.

apakah kucing saya cacingan atau bagaimana ya ?, kalo kucing yg masih nyusui boleh dikasi obat cacing gak dok ?

Pemberian obat mata sebaiknya sesuai dgn resep dokter ya. Krn kondisinya kn berbeda dan perlu dilihat lbh lanjut. Pemberian obat cacing boleh pd induk yg anaknya usia mulai 6 mgu

dok saya mau tanya…kucing saya mungkin habis kawin…pagi2 saya mendengar jeritan lalu kucing saya guling2….setelah itu jantan saya sudah tidak nafsu lagi ke betina saya..kebetulan ada teman saya punya kucing betina lg birahi…pas saya deketin dia mau kawin…tp dengan kucing betina saya dia tidak mau..kucing betina saya memang agak galak sih…gimana ya solusinya? sudah saya masukin jadi 1 kandang tetep cuek2an…kondisi kucing betina saya skrg lemas…sejak kawin tanggal 10 nov kemaren…tapi tanggal 12 sore tadi saya liat masih birahi…masih nungging2…saya kira wktu itu sudah berhenti birahi…dan skrg jantannya juga sudah cuek2 saja

Mmg normalnya jantan akan mendekati betina ketika birahi. Setelah kawin mungkin saja betina masih mengalami birahi bbrp kali. Oleh krn ny sgt memungkinkan betina punya anak lebih dr 1 jantan. Cb didekatkan lg saja. Kalau feromonnya masih tinggi jantan akan mendekati betina

Dok patokan harga untuk pemeriksaan ear mites dan kutu pada kucing berapa yah? Dan apabila di haruskan membeli obat atau di suntik kira kira berapa yah? Perkiraan saja, amannya saya harus membawa uang berapa, maklum mahasiswa dok, kucing saya kasian telinganya garuk garuk mulu sampe luka. Terima kasih

Siang dok, aku mau nanya aku ada kucing persia dan dia baru lahiran dok..
dan anaknya itu kenapa mata nya dua dua nya seperti mau copot dok, aku udah baca baca di web boleh pake insto. Dan aku coba insto dan sampai sekarang belom sewajarnya kucing biasa dok.. mohon bantuannya, sekitar baru umur 2 bulan dok.
Terimakasih

Tidak disarankan mggunakan tetes Mata insto , apalagi tanpa konsultasi dgn Dokter. Sebaiknya sgr periksakan ke Dokter

Halo, Dok! Saya memelihara kucing persia himalaya. Pertama, kucing saya akhir-akhir ini air kencingnya bercampur dengan darah, seperti halnya juga kotoran di sekitar matanya tampak merah seperti darah. Kedua, sejak 2 hari yang lalu kucing saya sakit mata dimana matanya berwarna merah. Mohon bantuannya dok, adakah penanganan cepat yang bisa saya lakukan?

Untuk kencing darah berarti ad indikasi infeksi saluran kemih.sebaiknya segera diperiksakan ke Dokter ya. Sakit Mata juga sebaiknya diperiksakan

Permisi dok, saya punya anak kucing kira kira umurnya 7mingguan.. awalnya kaki belakangnya bisa jalan bisa di gerakin tp keesokan harinya pas pagi pagi kaki belakang anak kucing itu ga bisa di gerakin kalau di pegang kaki belakangnya dia ngeong kayak kesakitan.. tp anehnya yg ga bisa di gerakin cmn kaki belakangnya aja, kaki depannya bisa di gerakin.. kira kira anak kucing itu kenapa ya dok? Kalau harus di kasih vaksin range biaya yg hrs di keluarkan sekitar berapa?? Makasih sebelumnya dok

Vaksin harus sehat klo g sehat g bs vaksin. JD sebaiknya periksakan ke Dokter dlu. Untuk kaki yg TDK bs bergerak penyebabnya banyak, bs krn jatuh, dll

Malam dokter.
Saya mau tanya, sebelumnya kucing saya pernah pilek dan diam saja, tapi beberapa minggu dia sehat kembali, dan sekarang dia pilek lalu matanya selalu berair tapi matanya masih normal, dan kucingnya pun masih tetap aktif. Kucingnya baru usia 4 bulan sedangkan ibunya selalu sehat, nah solusinya cara mengatasi pilek dan mata berair nya itu bagaimana ya dokter ?

Halo dok saya punya kucing persia yg hidungnya pesek dia 3 hari ini pupnya berair dok sebelumnya sudah saya bawa ke dokter dan di beri obat tapi kok belum sembuh2 dok mohon sarannya dok

Dikasih treatment APA sm Dokter nya? Kt Dokter nya APA? Sbnrnya sih klo masa pengobatan harus sabar, Dan diskusinya dgn Dokter ybs. Krn Dokter nya yg melihat Dan plg tau ya.

Dok,saya mau tanya kucing saya kelihatane hamil,tapi kok perut e gak besar yaa. . .?
Supaya bisa memastikan hamil / tidak e gimana yaa caranya. . .?

Selain USG,soale disini belom ada
Makasih.

Dok saya mau tanya, saya ketemu bayi kucing di jalanan yang mash ada tali pusarnya tanpa induk saya putuskan akan saya rawat. Usah seminggu di rumah 5 hari pertama masih sehat lincah sehak kemarin dan hari ini kucing itu tidur terus dan terlihat lemas, di bagian mulut jg dingin. Susu yg saya kasih jg susu khusus untuk anak kucing. Itu kira2 knpa ya dok. Mohon bantuannya terimakasih

klo untuk mengetahui kondisinya sebaiknya diperiksakan saja ya. klo kitten mmg sgt rentan dgn lingkungan yg berubah ataupun penyakit

Dokter kitten saya di sekitar matanya berwarna pink dan sering berair. Serta mengeluarkan kotoran dimatanya berwarna merah tembaga dan sering. Disudut matanya ata seperti luka merah. Apakah obat yg hrs saya gnakan. Tadi kt dokter tidak apa2. Tp tp sy khawatir. Apakah sy blh memberikan salep teramisin. Terima kasih.

ya kalau kt dokter nya tdk apa2 berarti tdk perlu dikhawatirkan. salep boleh asal dgn resep dan pemeriksaan dokter

Dok saya mau tanya kucing saya exsotik. Knp makan dia muntah trs ya… Apa karena setres atah gm soalnya abis pindah rumah…

Dok. Saya mau tnya.nic sya mau melahirkan.tpi ad kucing milik ttangga sya tnggal drmah gk mau plag. Pertma tak kasih mkan dy lahap.snack kyak donat it. Tpi 1 mnggu kmudian dy gak mau mkan.maunya minum doang.matanya sring ber air jga. Apa itu dy sakit atw gmn dok. Slx sya mau lahiran gak berani merawat dgn menyentuhx

Sebenarnya tidak masalah jika ingin menyentuhnya, tapi tetap perlu berhati2 krn kalau sedang sakit bs juga jd lebih agresif, jangan lupa juga mencuci tangan. Krn kucing tersebut ada pemiliknya, jd sebaiknya diberitahukan juga kepada pemilik untuk membawa kucingnya ke dokter hewan.

Halo dok,
Mau tnya kucing saya klo abis menjilati badannya, pasti bulunya langsung pada kotor gitu. Walaupun abis dimandiin bulunya bersih, tpi klo udh dijilati pasti kotor lg.
Mohon jawabannya dok, makasih.

Perlu d cek juga apakah mulutnya banyak karang, berbau atau tdk. Biasamya kalau banyak karang, jd liurnya bau dan kotor.

Leave a Reply

*