Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing – TANYA DOKTER HEWAN

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Anjing dan kucing merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia, karena dijadikan hewan peliharaan dan kesayangan. Bagi beberapa orang hewan peliharaan menjadi penting sekali untuk kehidupannya, bisa mengisi kesendirian, hiburan, serta menurunkan tingkat stress nya.

 

Meskipun demikian, tidak jarang ditemui karena ketidaktahuan pemilik hewan memperlakukan kucing atau anjingnya dengan kurang baik atau seringkali menyakit anjing atau kucing yang dipelihara.

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing
Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Nah berikut 5 hal ini mungkin pernah kita lakukan dan tidak sadar bisa menyakiti anjing dan kucing :

#1. Mengikat anjing dengan tali yang pendek

Demi keamanan dan kenyamanan beberapa pemilik anjing, memilih untuk mengikat anjingnya di depan rumah, maupun tempat lainnya. Alasannya bisa khawatir mengganggu orang yang melintas, kabur dari rumah, maupun alasan lainnya. Tapi, terkadang tidak sadar melakukannya seharian, tanpa disertai makanan, air minum, dan TALI YANG PENDEK. Hal ini menyebabkan anjing tidak bisa bebas untuk bergerak, tidak bisa menjangkau makanan, kesulitan untuk pup dan pipis.

Mengikat anjing dengan tali yang pendek
Mengikat anjing dengan tali yang pendek

Padahal, kondisi seperti ini sangat fatal bisa mengantarkan anjing pada kondisi dehidrasi, stress yang akan berakibat buruk pada kesehatannya. Oleh karena itu, jika ingin mengikat anjing perlu diperhatikan tali tidak terlalu pendek, anjing masih bisa bergerak untuk menjangkau air minum, makanan,berjalan jalan disekitar tempatnya diikat. TIDAK DIIKAT SEHARIAN, maksimal 8 jam sehari, setelah itu perlu dilepaskan dari ikatan.

#2. Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil

Sering terjadi ketika akan mengantarkan anjing dan kucing grooming, atau periksa ke dokter hewan, maupun bepergian. Biasanya karena menunggu antrian, tak jarang secara tidak sadar meninggalkan mereka di dalam mobil. Hal ini bisa sangat berbahaya karena suhu dalam mobil akan sangat panas. Pengaruhnya terhadap tubuh anjing kucing sangat signifikan karena mereka tidak memiliki kelenjar keringat yang tersebar di seluru tubuh. Sehingga, mereka tidak bisa berkeringat, mengeluarkan panas tubuhnya dengan panting maupun menjilati tubuhnya. Kondisi peningkatan suhu tubuh yang mendadak akan menyebabkan HEAT STROKE (kelumpuhan akibat panas). Hal ini dikarenakan, panas akan memacu kebutuhan oksigen berlebih dan jantung bekerja lebih keras memompa oksigen. Lama kelamaan, energy habis dan oksigen tidak tersalurkan (sel akan mati kehabisan oksigen), otak menjadi mati dan rusak akibat panas dan kurang oksigen. Akhirya mengalami kelemahan dan bisa berakibat pada kematian.

Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil
Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil

#3. Setelah grooming, disimpan ditempat panas terlalu lama

Maksud hati setelah grooming ingin mengeringkan rambut agar tidak lembab, tapi malah berakibat fatal. Biasanya secara tidak sengaja karena lupa, meninggalkan anjing dan kucing yang baru di grooming di tempat panas terlalu lama. Kondisi ini juga akan menyebabkan HEAT STROKE pada anjing dan kucing.

Mungkin Anda tertarik melihat: Pembersih telinga kucing

Mungkin Anda tertarik melihat: Grow Kit Pet Grass

 

#4. Memakaikan karet, tali yang ketat pada anjing dan kucing

Kalau untuk kasus yang ini, antara jahil, tidak sengaja, ataupun memang “disengaja” ingin menyakiti. Memakaikan karet gelang ataupun menggunakan tali yang ketat bisa menyebabkan luka yang parah pada anjing maupun kucing. Kenapa bisa demikian? Karet ataupun tali, bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah ke daerah yang diikat. Hal ini menyebabkan jaringan tidak mendapatkan oksigen sehingga lama kelamaan akan mati atau nekrosa atau busuk. Ciri luka yang khas akibat karet adalah daerah sekitarnya membiru, membusuk, bentuknya khas karet dan tali, lalu disertai luka yang terbuka karena jaringan sekitarnya mulai menciut akibat kematian sel. Kondisi infeksi yang parah akibat perlakuan ini sangat mungkin terjadi, sehingga perlu segera dilakukan perawatan dan pengobatan.

#5. Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama

tidak hanya manusia, anjing dan kucing pun bisa merasakan kesepian, perasaan cemas, dan sedih. Terkadang, karena padatnya aktifitas dan kelelahan membuat kita lupa untuk bermain dengan anjing dan kucing kita. Sehingga, kita membiarkannya terkurung di kandang seharian. Padahal kondisi ini bisa membuat anjing dan kucing merasa teracuhkan dan bisa menyebabkan stress jika terlalu lama. Sebaiknya maksimal hanya 8 jam sehari jika ingin mengandangkan anjing dan kucing. Sisa waktunya digunakan untuk bermain dan melakukan aktifitas lain diluar kandang.

Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama
Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama

Perlakuan yang baik dan santun pun perlu dilakukan terhadap hewan peliharaan kita. Tindakan semena mena yang dapat menyakiti tentu sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena mereka pun perlu disayangi dan dihormati.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

 

 

160 comments

Dokter, kucing persia saya sekitar 3 bln dan baru divaksin.
Seminggu ini dirawat di pet dokter gejala awal muntah2 trus nga mau makan dan minum..
Belum ada perbaikan kondisi sejak jumat lalu dan blom mau makan.
Apa yang hrs dilakukan dokter?

Kapan d vaksinnya? Apakah memelihara kucing lainnya? Apakah pernah ad riwayat kucing yg sakit dgn gejala yg sama?

Dok saya punya kucing umur 6 bulan dia itu keliatan lemes terus muntah sampe 4 kali makan ga mau udah dikasih obat terus ada selaput eyelid nya.. Apa kucing saya kenak virus dok

Sdh pernah vaksin? Mmg kalau membrana nictitan nya menonjol kemungkinan kondisi sdg dehidrasi. Sebaiknya segera d bawa ke dokter saja.

Dokter sya mau tnya.. ke 2 kaki anjing saya bengkak dibgian tumit , tp ndak kras.. klu ditekan kya agar2 gtu..
Tips buat atasin jamur dikuping anjing gmna ya dok??
Trima kasih

Perlu dipastikan dlu itu bengkaknya knp. Jd sebaiknya mmg diperiksakan ke dokter ya. Apakah mmg normal atau gak. Jamur d kuping perlu juga dilihat apakah benar2 itu krn jamur atau penyebab lainnya. Untuk mengatasi kulit kering nya bs pakai vco atau minyak zaitun d oles d telinga nya. Tp jika d bagian dalam sebaiknya dikonsultasikan dgn dokter

Saya mau tanya dok.. saya punya kucing jantan usia 2thnan.. sbnarny drmh ad bnyak org, tp entah knp dy hanya mau dekat n manja ke saya, sdgkan sama org lain dy takut.. apakah ad kemungkinan dy bisa berani n manja dg org lain slain saya y dok? Caranya bgmana? Trimakasih

Mgkn merasa gak nyaman dgn yg lainnya. Org yg lain juga harus turut serta untuk mengganti kotak pasir, memberi makan, mengajak main, jd akan terbiasa.

Hai dokter…
Kucing saya kena kelenjar getah bening, apakah ahrus di operasi? Saat ini sedang di opname.karna tidak mau makan….
Apakah kalo di operasi kemungkinan sembuh total?

Thank u

Silahkan konsultasikan dgn dokter yg menangani nya ya. Sy tdk tau kondisi yg sesungguhnya, beliau yg lbh tau

Dok… aku punya anjing mini shihtzu umur 5thnan… sdh beberapa hari ini bdnnya gemetar trus saat dia lg tidur.. trs nafsu makannya pun berkurang,yg biasanya gembul dan doyan makan tp sdh seminggu ini mknnya hanya sedikit sekali… smpai bdnnya jadi kurus bangett… 🙁
Trs tdi pagi saat dia bngn tidur lgs muntah busa kuning dok… tp muntahnya hanya sedikit..
Itu knp yaa dok…?

biasanya krn perut kosong jd muntah kuning. sebaiknya sgr periksakan ke dokter untuk pemeriksaan lbh lanjut,

Pagi dok, dok mau tanya, saya dan keluarga setiap hari sabtu pagi – sore, pasti kerumah mertua, dan saya sering meninggalkan kucing saya yang berumur 4 bulan dirumah, tanpa saya kandang,tapi saya biarkan didlm rumah, apakah itu juga membuat setres kucing dok?

selamat siang dokter. saya mau bertanya, saya punya kucing jantan umur 2 tahun. dari tadi pagi dia suka duduk dengan posisi mau kencing dok, tapi tidak keluar-keluar. ketika saya lihat dan saya pegang bagian kemaluannya itu, dia merasa tidak nyaman dan marah. seperti kesakitan gitu dok. apa itu gejala prostat ya dok? terimakasih

Dok kucing saya yang betina baru aja melahirkan tapi anak nya mati semua. bisah kah dia kawin lagi setelah melahirkan dok trims

Malam dok. Kucing sy 1 bulan lalu berantem dgn kucing lain dan bagian dalam matanya luka. Sudah pernah dibawa ke vet dan katanya dalam 2 minggu belum sembuh ada kemungkinan harus operasi mata. Apakah memang harus operasi ya dok? Jika harus, kira2 dimana operasi mata kucing yg biayanya lebih murah. Karena info dr dokter, biayanya bisa > 5jt. Trimakasih bantuannya

Tergantung kondisinya ya, tentu dokter yg memeriksa lbh tau kondisinya spt apa. Mmg kalau matanya luka dan tdk bs diselamatkan lg. Fungsinya sdh tdk bs melihat. Alangkah baiknya d enukleasi atau d operasi. Krn kalau tdk bs menjadi sumber infeksi juga. Untuk biaya tergantung dokter dan tindakannya.

Dok saya mau tanya kucing saya umur 2bln di kena penyakit mata . Awalnya hanya flu tp berkelanjutan kemata sekarang matanya jdi bengkak dan kadang di penuhi dengan belek (kotoran mata) jadi sperti iritasi gtuh dok. Sudah saya Kasih salep mata baru2 ini karna awalnya saya takut ngasih obat karna ini baru pertama kalinya biasanya cuma saya bersihkan dgn air hangat lalu di jemur saat pagii.. Apa harus dibawa ke klinik kucing dok? Untuk biaya kira2 berapa yah dok:(

Dok, saya punya anjing, semalam pagi dy masih lincah pas pulang kerja juga masih disambut saya, cuma begitu saya masuk kerumah saya biarkan dy digarasi, setelah jam 8 malam saya Kasih makan dy tidak mau lagi dok sampai sekarang tak mau makan dan badannya sudah lemas tidak selincah kemaren lagi, kira2 bagaimana cara mengatasi dy supaya mau makan lagi ya dok??

Dok saya mau tanya kucing saya muntah2 udah 2 hari dok, udah dikasih susu bearbrand sama air kelapa pun masih tetep muntah2, terus gak mau makan juga dok, itu kira2 kenapa ya dok?

Terima kasih

Siang dok.
Gini dok, kucing saya sudah 3 hari gak makan, trus mulut keluar ledir yg baunya gak sedap, dok.
Apa kemungkinan kucing saya ketulang ikan dok?
Solusinya gimna dok?

Bisa jadi, bs juga ad luka d mulutnya krn infeksi atau penyebab lainnya. Sebaiknya dilihat dlu dan diketahui penyebabnya apa. Sebaiknya mmg diperiksakan ke dokter ys

siang dok..
mau nanya.. alamat dokter hewan untuk daerah balige-sumatera utara.. mohon infonya dokter. karena hewan peliharaan saya tidak mau makan dan muntah2.. terimakasih

drh. puspasari yg terhormat, saya ikah sanjaya dari tangerang, maukonsultasi tentang kucing saya.. kucing saya mendadak sakit lemes, gak nafsu makan, kurus, keluar lendir dari mulutnya dan berbau busuk.. cara mengatasinya dengan cara apa ya? saya butuh bantuan drh.

Hai dok, saya mau nanya. Kucing saya garuk2 telinganya.saya pikir gatal tp telinganya sampai kedut2an dan kucing saya jd murung dan gelisah..kepalanya terus bergidik…sebelumnya pernah bgitu setelah d grooming.saya bawa bawa ke dokter n d ksh obat tetes.memang sembuh tp skr knp gt lg y bahkan lebih parah.terima kasih dok

Pernah dikasih treatment obat tetes APA? Pernah cek d mikroskop oleh dokter? Positif ear mite atau tungau telinga ga?
Info lengkap baca disini ya :
https://tanyadokterhewan.com/2015/12/25/cara-mengobati-ear-mite-atau-tungau-telinga-pada-kucing/

http://www
Tanyadokterhewan.com/2015/12/25/6-penyebab-radang-telinga-pada-kucing-otitis-yang-penting-anda-ketahui/

https://tanyadokterhewan.com/2016/09/28/paket-pembersih-telinga-kucing-dan-anjing/

Dok anak anjing saya baru dilahirkan sekitar 4 hari yg lalu . Nah dia sekarang kok nafasnya tersengal sengal gitu ya dok , nafasnya gak teratur trus kayak kejang kejang gitu . Gimana ya ngatasinya dok?

Hai dok selamat malam 🙂 dok perkenalkan nama saya nisya, saya mau tanya dok, saya punya kucing umur 5 minggu, kucing persia, bulunya suka rontok banyak gtu dok itu kenapa ya dok ? Dan kukunya udah boleh dipotongin belum dok klo untuk umur segitu ? Mohon responnya dok, thanks a lot 🙂

Sdh bisa d potong, TP hati2 perhatikan pembuluh darahnya, jgn sampai terpotong Dan memotong terlalu pendek..krn sakit sekali. Sdh diliat ad jamur ataupun parasite GA?/

dok, anjing saya habis melahirkan, usia puppynya 3 minggu. makanan induknya dogfood puppy sama dicampur dogfood biasa. nah, beberapa hari ini pup nya encer, tp nafsu makan bagus banget dan tetap aktif, jam buang air pun normal. itu wajar ga ya dok pasca melahirkan? atau harus dikasi apa yang aman untuk puppynya?

Wajar, krn melahirkan Dan menyusui memang membuat stress jadi pengaruh jg ke pencernaan. Yg aman bs dikasih probiotik untuk induk. Penjelasan probiotik bs d baca d instagtam @tanyadokterhewan Klo puppy pup nya sedikit lembek gpp

dok gimana ya cara mengobati anjing yang terkena penyakit kulit, sama cara mengobati anak anjing yang terkena cacingan. mohon bantuannya ya dok

Dok, saya mahasiswa tgkt 4 dan baru di kasih 2 anjing berumur 40hari dari pacar saya. Kira-kira kapan harus di vaksin, dan berapa biayanya?
Keduanya anjing betina. Kira-kira kapan bisa di steril?

Thank you.

Dok mau nanya, jd kucing saya pagi tadi babnya cair, trs kupingnya ngeluarin kotoran hitam gt, knpa ya kira-kira? Nafsu makan masih tetep ada tapi saya takutnya itu sakit parah

Kotoran hitam menandakan radang yg parah. Segera periksakan ke Dokter ya. Krn infeksi d kuping bs berbahaya.

Bentuknya kayak koreng dok, kayak nya gatal, terus sudah dikasih obat cair buat telinga itu agak mendingan dok, btw itu disebabkan karna apa? Terus nular ga ke sesama kucing, dan juga ke manusia?

Baca disini ya : https://tanyadokterhewan.com/2015/12/25/6-penyebab-radang-telinga-pada-kucing-otitis-yang-penting-anda-ketahui/

Dan ini
https://tanyadokterhewan.com/2015/12/25/cara-mengobati-ear-mite-atau-tungau-telinga-pada-kucing/

Sebaiknya diperiksakan, krn kondisinya trlht ckup parah. Hitam2 itu brrt darah kering. Ya pasti gatal sih, krn kan radang, sakit. Kasian kucingnya klo g diperiksakan..nular ke kucing lain iya, klo ke manusia enggak

Dok, sekitar sebulan yg lalu kucing saya br pulang setelah berkelana selama seminggu. Setelah itu dia suka menyendiri, tidak mau makan dan minum selama beberapa hari. Bahkan mungkin saking lemasnya kucing saya tidak bisa bergerak atau berjalan. Saya tidak tahu penyebabnya. Setelah kira kira sebulan kemudian, dia sudah mulai mau makan dan minum,tp belum bisa bergerak sepenuhnya. Ternyata ada luka cukup lebar di bagian buntutnya. Sudah dibersihkan pakai alkohol dan diberi obat super tetes tp hingga sekarang belum sembuh. Apakah luka itu yg menyebabkan kucing kondisinya begitu dok? Apa yg harus sy lakukan? Di daerah saya tidak ada dokter hewan. Terima kasih

Ya bs jadi sm sprti kita kalau sakit, ad luka kn gak mau makan.. Bersihkan dgn antiseptik spt detol, rivanol, jgn alkohol. Kasih madu d campur MINYAK ZAITUN, atau vco. Sebaiknya mmg di periksakan ya. Tkutnya ekornya busuk Dan hrs d lkukan tindakan lain.

Dok sya mau tnya. anjing saya memiliki bintik2 merah d bagian pertnya dan napsu mkan berkurang dia msh kecil. Skrg sprti tdk smgt. itu knp ya dok? Apakah berbhya?

Usia nya brp? Ada parasit spt pinjal, caplak, kutu tidak? Makannya APA? Merah d kulit bs krn Alergi makanan, parasit, jamur, sebaiknya diperiksakan ke Dokter ya.

Dokter saya mau tanya. Kucing saya luka di pipinya, setelah diberi betadine makin lama makin besar hingga lehernya mengelupas. Disino tidak ada dr hewan. Apa yg harus saya lakukan dr? Saya tinggal di weleri, kendal. Untuk ke smrg ditempuh waktu hingga 2 jam. Obat apa yang harus saya kasih? Terimakasih. Mohon jawabannya. Makasih dr

Luka rajin dibersihkan, pakai madu, MINYAK ZAITUN, vco bisa juga untuk persembuhan luka. Dipakaikan collar agar TDK digaruk lukanya. Perlengkapan tsb bisa diperoleh infonya di Instagram @tdh_store silahkan di cek

Dok…anjing saya scrotumnya sebelah kanan tiba2 bengkak besar padahal kemarin cuma benjol kecil kayak di gigit semut dan hari ini jadi gede kemerahan kayak ada airnya kalau di pencet, kira2 kenapa ya dok? tempat saya gak ada dokter hewan dan kalau ke dokter hewan harus jauh ke kota. Di kasih obat apa ya dok? Sementara untuk mengurangi nyerinya saya kasih mefinol 500 mg + salep benoson.

D kompres pakai air hangat sudah? Sebaiknya sh mmg diperiksakan ya, takutnya ad radang. Pemberian salep masih oke, TP kalau obat nyeri perlu konsultasi dlu krn dosisnya beda.

Dok, saya punya peliharaan anjing nih, anjing saya tidak mau makan apa-apa bahkan sampai saya paksa untuk makan juga tidak mau. Terus muntahnya pertama warna putih berbusa gitu, kemudian muntahnya berwarna kuning encer setelah dia makan rumput.
Kemudian fesesnya juga mencret berbau asam yang menyengat.
Pengobatan pertama saya beri entrostop dan promag karena saya pikir dia kena diare.

Itu kenapa ya jenis penyakitnya dok?
Kira-kira bagaimana solusi yang tepat mengobati anjing saya dok?
Apa obat yg paling tepat untuk menyembuhkan penyakit anjing saya?

Mohon solusinya dokter.

Usianya 4 bulan, dok.
Belum pernah di vaksin, dok.
Awalnya saya kira di racun orang lain pakai jarum gitu. Soalnya dulu pernah jg anjing saya di racun pakai jarum.
Tapi syukurnya anjing saya tidak ada muntah warna merah darah gitu, dok.
Jadi saya pikir itu mungkin kena penyakit diare biasa dok.

Dari pertama anjing saya muntah, saya beri obat entrostop dan promag.
Muntah2 terus dia kalau dipaksa makan. Terus saya searching di google obat utk diare pada anjing, ada di buat nama obatnya L-ZINC.
Obat itu emang utk manusia tapi bisa utk hewan yg tertulis dri hasil searching di google.
Kandungan obatnya selain utk diare, jg baik utk mencegah dehidrasi.
Dua hari saya beri obat itu, blm ada perkembangan yg baik. Terus saya kasih obat DIATAB dan PROMAG serta CIPROFLOXACIN.
Saya kasih dosisnya 1/2 tablet 3 kali sehari, kemudian setengah jam berikutnya kasih air rebusan temulawak.

Syukurnya anjing saya sekarang udah mulai mau makan sendiri walau masih sedikit yg di makannya dan tidak ada lagi muntah2nya.

Apakah temulawak baik juga untuk anjing sebagai penambah nafsu makannya dok?

Temulawak Sgt baik untuk nafsu makannya. Itu anda memberikan antibiotic, Pemberian nya hrs benar Dan atas resep Dokter. Kalau TDK bs menyebabkan resistensi antibiotic. Ckup berbahaya klo ad infeksi serius

Dok saya mau tanya dong, anak kucing saya tbtb kaya org batuk” gtu pdhl td nya gpp dok. nafasnya juga kenceng trus ky bengek” gtulah pokoknya tidur pindah” gak nyenyak gtu. Itu kenapa ya dok anak kucing saya?

Dok..ank anjing saya kok analnya keluar gitu trus bab kluar terus,nafasnya bersuara,badannya dingin,tidur gak nyenyak pindah2..itu knapa ya dok?tolong

Dok saya mau tanya, kucing saya bermasalah dengan telinganya. Telinganya kering dan ada bercak luka nya. Itu sakit apa dok? Trs cara mengobatinya gimana?

Dok mw tanya..anjing saya rotweiler..terkena virus parvo umur 4 bulan..selain di infus adakah obat yang lain mengatasinya dok..dan makananya apa yg bisa dikonsumsinya dok..trus apakah bisa di vaksin walo dia masi skt??tks dok

Gak bs vaksin klo sakit, harus sehat. Sementara yg bs dilakukan hanya mengurangi dehidrasi nya aja. Krn dehidrasi bisa JD fatal

Dok, kucing saya barusan vaksin yg kedua. Setelah vaksin, si meo lemes gk sulit makan dan 2 hari ini diare. Kondisinya waktu vaksin pertama jg kayak gini, tp si meo masih mau makan dan lincah tidak seperti vaksin yg baru ini. Bagaimana cara mengatasinya? Terima kasih

Selamat pagi dok, saya punya kitten umur 3 minggu. Kitten saya kulitnya berkerak pada bagian kepala, kaki, serta perutnya. Kira-kira apakah itu disebabkan oleh fungi atau kutu? Karena juga terdapat kutu. Kira kira apa yg dapat saya lakukan untuk mengobati, mengingat pada umur tersebut kitten belum dapat dimandikan. Apakah pemberian salep atau bedak antijamur dibolehkan? Terimakasih dok. Oiya saya juga dari FKH IPB dan sedang menunggu koas. Semoga dapat jadi kolega yang baik ya dok

tdk bisa diketahui kalau tdk diperiksa langsung. usia dimandikan 2 bulan. untuk kitten tidak disarankan diberikan treatment apapun smp usia 8 mg.

Dok, saya punya kucing betina 5bln. Dia td pagi kok fesesnya berdarah dan cair dan seharian tidur terus. Sebelumnya jg pernah tp sudah sembuh sndiri. Itu kenapa y?

O iya, dia blm d vaksin. Saya jg lagi hamil. Bahaya tdk dok y?

Untuk makannya sndiri, dia tetep banyak dok dan untuk kebersihannya pun selalu saya jaga dan juga tempat buang airnya.

Mohon balasannya dok. Trimakasih

Periksakan ke Dokter saja. Klo feses berdarah bs saja ad infeksi, atau bs ada luka. Dan perlu d pastikan darahnya Dr anus atau vagina nya

Ada kucing yang tinggal di kosan saya. Umur kira-kira 4 atau 5 bulan.
Tadi mata kirinya tiba-tiba bengkak seperti di gambar yang saya email. Saya tidak tahu penyebabnya. Mata kanannya baik-baik saja.
Itu kira-kira penyakit atau bagaimana dok? Dan sebaiknya dibagaimanakan?

Terima kasih.

dok saya mau tanya, obat kutu merek kututox-s aan kah buat para kucing, koposisi nya :
Permethrin…. 1%
Piperonyl butoxide…..2%

Dok, anjing saya jenis maltese kena kutu caplak, cara mematikan kutunya gimana ya? Obat kutu yg komposisinya apa yg sesuai dok? Trmksh

Permisi dokter saya mau tanya dong…
kalo misalnya anak anjing (husky) baru di vaksin 1-2 hari kemudian di mandikan,
seharusnya kan tidak boleh.. melihat dari usia nya yang masih terlalu dini, belum lagi setelah di vaksin seharusnya selama 1minggu jangan dimandikan karena daya tahan tubuh nya lagi kacau
Nah anak anjing itu sekarang kena virus Distemper, sedangkan virus tersebut kan ditular kan dari anjing lain, padahal di lingkungan itu ga ada anjing/kucing yang terinfeksi
Pertanyaan sayaa
kalau misalnya anak anjing yang baru di vaksin kemudian di mandikan, apakah bisa terkena virus distemper? mohon bimbingannya dari para pro

pemeriksaan distempernya dilakukan oleh dokter? brp hari setelah vaksin? kalau mmg ada gejala distemper, terus dilakukan pemeriksaan dgn kit lalu positif bbrp hari stlh vaksinasi. tentu wajar, krn test kit kan mendeteksi adanya virus mmg d tubuh, dr titer antibodi nya. namun saat kondisi stlh vaksin tentu normal akan terdeteksi virus distemper dlm tubuh. virus distemper bisa bertahan d lingkungan cukup lama, tdk bs menularkan antara distemper anjing dan distemper kucing. krn virusnya sangat berbeda. mandi memang bisa membuat stress, jadi bs menurunkan imunitas dan meningkatkan resiko terinfeksi. saat vaksinasi juga harus sehat, jd sebenarnya slm vaksinasi itu sehat, tdk akan jadi masalah. tentu diimbangi dgn asupan nutrisi yg baik

Doook. Kucing sya sudah seminggu ini muntah muntah. Tapi kalo makan dan minumnya masih banyak.
Muntahnya waktu itu belj makanan di tempat yang berbeda, udah sempet ganti makanannya. Awalnya udah ga muntah. Baru kemarin kucing saya muntah lagi.
Itu kenapa yah dok?

klo muntah krn jenis makanan sh jarang terjadi, biasanya krn kualitas pakan, atau mgkn ada kondisi iritasi d saluran pencernaan

Selamat malam dok , saya punya anjing kakinya pincang dh 2 -3 hari , mau saya bawa ke dokter cuman gk jinak takut gigit , sya memeliharanya dri kecil sekitar 13-15 tahunan
, kira2 knp ya? Apakah ada dokter yang berani buat liat dan obatin anjing saya?

bisa menggunakan jasa dokter housecall atau bisa juga tetap dibawa ke klinik menggunakan brongsong atau muzzle

dok, anjing saya kemarin saya ajak ke luarkota dg mobil trus dia mabuk perjalanan sudah hampir satu minggu dia tdk semangat sprti biasa dan susah makan.. apa perlu saya bawa ke dokter agar mndpatkan obat dok
terimakasih.

ass..mf mngganggu …saya punya kucing … baru melahirkan dan ibu kucing tadi tiba2 sakit gigi .. gigi yg diatas goyang .. dan di bawah goyang juga .. yang goyang itu gigi kecil nya ..kira2 pnyebabnya itu apa ya ?? dan solusinya bgaimana ???terimakasihh…

dok, sy mau tanya.. sy punya anjing huskey betina umur 2 thn skr. Sdh 2x anjing saya dr mulut nya keluar darah, sempat menetes .. Itu kenapa ya dok

Hi, penyebabnya bs krn ada luka d mulut, atau mungkin ada radang yang menyebabkan mudah berdarah gusi dan rongga mulut.

dokter, kucing saya bengkak mata nya. sudah 2 minggu bengkak, awalnya hanya sebelah kiri yang bengkak tapi minggu ke 2 yang sebelah kanan ikut bengkak juga. itu kenapa ya dok? dan bagaimana penanganannya? terimakasih

bisa radang karena infeksi bakteri, bisa juga radang karena awalnya luka. segera periksakan ke dokter

Siang dok. Saya mau tanya gimana sih biar kucing gatakut sama orang baru dan kalo dikeluarin kandang ga ngumpet di kolong” kursi/meja? Saya baru mengadopsi kucing 2 minggu yg lalu, tapi kalau dikeluarin dari kandang pasti pengennya ngumpet di kolong kursi dan gamau keluar. Terus kalo ada orang lewat itu kaya panik sm takut gitu. Yaudah selama 2 minggu ini saya kandangin terus. Tapi kasian juga kalo dikandangin terus:( Jadi harus gimana dok?

Selamat siang Dok,
Kucing sy pupnya encer dan berdarah, padahal 1 bulan yg lalu sdh dikasih drontal. Sy bawa ke dokter dan disuntik di paha kirinya. Tidak sampai 1/2 jam habis disuntik dia jalan kakinya diseret. Sy sempat tlp ke dr yg nyuntik, katanya gak apa, disuruh kompres dgn air hangat sambil ditepuk2 ringan, tapi sampai sekarang jalannya masih diseret. Punggung telapak kakinya lecet. Mohon solusinya dok, dan apakah bisa normal kembali ?
Terima kasih

halo, maaf baru merespon. kalau punggung telapak kaki lecet biasanya ada gatal jadi dijilat berlebihan. cb di cek apakah bengkak, sakit ada duri dan lain sebagainya

Dok aku mau tanya, kucing aku jantan usianya 2tahun. Akhir akhir ini matanya keluar kotoran terus padahal sering aku bersihin, trus tadi pagi dia pupnya sembarangan padahal biasanya pup di pasir. Pasirnya bersih kok. Tapi pupnya kayak ada darah gitu. Trus yg betina usianya 1,4 tahun 2hari ini tidur mulu trus jarang makan padahal makanannya udah diganti tadi pagi juga blom makan. Dua duanya Persia, Mereka kenapa ya dok?

merk nya sama atau ganti? kalau ganti merk bisa juga bikin pupnya berdarah krn pencernannya terganggu, atau ada infeksi cacing atau parasit lainnya, atau bisa juga memang ada luka.sebaiknya diperiksakan ya ke dokter

Dok, ciri-ciri kucing hamil apa aja ya? termasuk tidur terus dan gak nafsu makan bukan? Minggu kemarin baru pertama kalinya di kawinin, usianya 1tahun 5bulan. Dua hari yg lalu dia kayak Ngeluarin air liur banyak, tapi cuma sekali itu aja. tapi sekarang malah gak mau gerak, tidur terus. Dia kenapa ya?

belum tentu, kalau usia hamil nya sdh 5 minggu akan terlihat perubahan bentuk tubuh dan putingnya.

Dok, kucing saya hampir setahun. Kmren sempet birahi ngeong terus karna blom setahun jadi saya kandang di rumah tapi tetep dilepas di dalem rumah berapa jam sekali. Nah sekarang ngeong terus, kukira birahi karna waktu dielus pangkal ekornya naik naik mulu terus suka guling guling. Tapi tadi baru lihat 2x pup itu mencret. Itu sakit ya dok? Kalau boleh tahu obatnya apa? Makasih dokter

Hallo dok.. saya mau nanya, kucing saya abis divaksin langsung sakit ga mau makan sama sekali, diare. Kucing setelah divaksin wajarnya sakitnya itu berapa hari ya dok?

Dok saya mau tanya , saya baru mengadopsi dua anak kucing,
Yang satunya cacingan, soalnya nemu cacing di anus kitten nya, berhubung petshop ny jauh di luar kota jadi saya googling katanya bisa pake combantrin anak saya Kasih 0.5 ml
Besoknya cacingny keluar bsamaan dg pup kittenya..
Tp masalahnya keesokanya tiba2 kittenya kejang kurleb 1 menit, awalnya sekali kali kejangny, tp sekarang frekuensi memangnya meningkat disertai air liur keluar..

Jd bgaimana perawatan kitten saya dok, supaya berkurang memangnya…
Apakah ini efek samping combantrin?

Dokter sy punya kucing kampung usia sekitar 5-6 bulan betina. Kemarin saya bawa k dokter karna 3hari yg lalu gusinya berdarah ttp hny di gusi gigi taring saja lalu mulai demam dan lesu tp mau makan dn minum besoknya kucing saya smakin lemas dn g mau makan minum juga mrncret dan muntah wrna putih sprti lendir. Sm dokter sudah dikasih obat.. Tp hari ini perilakunya agak aneh, seperti ketakutan melihat nyamuk atau lalat dn lari lari g jelas.. Bagaimana sebernarny kondisi kucing saya ya dokter? Sy khawatir apakah dia rabies?

Dok, tolong bantuannya..
Tadi saya menemukan anak dari burung hantu yang sekiranya jenis buffy fish.. Saya temukan burung ini tidak bisa terbang dan tidak bisa berdiri di depan rumah, subuh tadi.. Karena saya belum pernah memelihara burung hantu sebelumnya, jadi saya masih bingung dok bagaimana cara merawat dan menolongnya..
Mohon bantuannya dok, terimakasih..

Dok , seminggu ini setiap pagi itu saya pergi dan sekitar jam 3 an bru plang .. Tp semenjak itu anjing saya suka gigit2 tangan dan selalu kabur dari rumah .. Apakah itu karena dia stress ya dok ??

Dok saya mau tanya, kucing saya umur 4 bulan betina, dia tiba2 ngeong2 terus, keliatan gelisah juga.. itu kenapa?

Dok, saya baru adopsi kucing seminggu yg lalu. Awalnya dia masih lincah sekarang stress dan tidak mau makan sama sekali. Saya awalnya menduga hanya karena faktor stress. Tapi ketika saya gendong dia seperti mendesis dan kayak mau muntah tapi nggak jadi. Apa kemungkinan dia tersedak tulang? Saya pegang leher tenggorokannya ada semacam pembengkakan. Bagaimana mengatasinya dok? Tempat tinggal saya jauh dari dokter hewan.

Misi Ka drh.Puspasari
Mau nanya ini, kucing saya terkna penyakit kudis di bagian telinga dan bagaimana cara mengobatinya/ obatnya ka ?

Ka kan kucing saya kena seperti kudis nah saya lepas kucing nya ksrena saya kasihan, nah dstu ada anak kucing, itu penyakit bisa menular tidak ? Apa solusi terbaik ?

Vaksinasi mmg harus dilakukan saat sehat, tidak demam, sebaiknya setelah sehat bs di vaksin ya. Atau bs konsultasi terlebih dahulu dgn dokter

Dok,
Saya mau tanya, saya punya anjing mix husky 6 bulan. Bulan kemarin baru vaksinasi pertama, jadwal vaksinasi ke dua di minggu ini. Tapi setelah vaksin pertama dia gak nafsu makan, makannya cuma sedikit harus di suapin pula. Abangnya yang vaksin barengan dia nafsu makannya tetep stabil. Udah hampir 3 minggu kayak gitu dok… Saya tanya ke dokter yang vaksin kemarin katanya wajar gak nafsu soalnya habis vaksin… Ini kenapa ya dok? Makasihhh

Selamat malam dokter,
Saya mau menanyakan tentang anjing saya, maltese mendadak muntah tapi muntahnya kayak mencret gitu. Apakah karena masuk angin atau dia telat makan yq (kalo dia sakit maag) biasanya muntahnya kayak berair dan berbusa. Saya coba olesi bagian perutnya dengan minyak telon biar ga kedinginan jga sih. Makasih dok

Leave a Reply

*