Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Anjing dan kucing merupakan hewan yang sangat dekat dengan manusia, karena dijadikan hewan peliharaan dan kesayangan. Bagi beberapa orang hewan peliharaan menjadi penting sekali untuk kehidupannya, bisa mengisi kesendirian, hiburan, serta menurunkan tingkat stress nya.

 

Meskipun demikian, tidak jarang ditemui karena ketidaktahuan pemilik hewan memperlakukan kucing atau anjingnya dengan kurang baik atau seringkali menyakit anjing atau kucing yang dipelihara.

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Banyak Pemilik Hewan Tidak Tahu, 5 Hal ini Ternyata Bisa Menyakiti Anjing dan Kucing

Nah berikut 5 hal ini mungkin pernah kita lakukan dan tidak sadar bisa menyakiti anjing dan kucing :

#1. Mengikat anjing dengan tali yang pendek

Demi keamanan dan kenyamanan beberapa pemilik anjing, memilih untuk mengikat anjingnya di depan rumah, maupun tempat lainnya. Alasannya bisa khawatir mengganggu orang yang melintas, kabur dari rumah, maupun alasan lainnya. Tapi, terkadang tidak sadar melakukannya seharian, tanpa disertai makanan, air minum, dan TALI YANG PENDEK. Hal ini menyebabkan anjing tidak bisa bebas untuk bergerak, tidak bisa menjangkau makanan, kesulitan untuk pup dan pipis.

Mengikat anjing dengan tali yang pendek

Mengikat anjing dengan tali yang pendek

Padahal, kondisi seperti ini sangat fatal bisa mengantarkan anjing pada kondisi dehidrasi, stress yang akan berakibat buruk pada kesehatannya. Oleh karena itu, jika ingin mengikat anjing perlu diperhatikan tali tidak terlalu pendek, anjing masih bisa bergerak untuk menjangkau air minum, makanan,berjalan jalan disekitar tempatnya diikat. TIDAK DIIKAT SEHARIAN, maksimal 8 jam sehari, setelah itu perlu dilepaskan dari ikatan.

#2. Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil

Sering terjadi ketika akan mengantarkan anjing dan kucing grooming, atau periksa ke dokter hewan, maupun bepergian. Biasanya karena menunggu antrian, tak jarang secara tidak sadar meninggalkan mereka di dalam mobil. Hal ini bisa sangat berbahaya karena suhu dalam mobil akan sangat panas. Pengaruhnya terhadap tubuh anjing kucing sangat signifikan karena mereka tidak memiliki kelenjar keringat yang tersebar di seluru tubuh. Sehingga, mereka tidak bisa berkeringat, mengeluarkan panas tubuhnya dengan panting maupun menjilati tubuhnya. Kondisi peningkatan suhu tubuh yang mendadak akan menyebabkan HEAT STROKE (kelumpuhan akibat panas). Hal ini dikarenakan, panas akan memacu kebutuhan oksigen berlebih dan jantung bekerja lebih keras memompa oksigen. Lama kelamaan, energy habis dan oksigen tidak tersalurkan (sel akan mati kehabisan oksigen), otak menjadi mati dan rusak akibat panas dan kurang oksigen. Akhirya mengalami kelemahan dan bisa berakibat pada kematian.

Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil

Membiarkan anjing dan kucing di dalam mobil

#3. Setelah grooming, disimpan ditempat panas terlalu lama

Maksud hati setelah grooming ingin mengeringkan rambut agar tidak lembab, tapi malah berakibat fatal. Biasanya secara tidak sengaja karena lupa, meninggalkan anjing dan kucing yang baru di grooming di tempat panas terlalu lama. Kondisi ini juga akan menyebabkan HEAT STROKE pada anjing dan kucing.

Mungkin Anda tertarik melihat: Pembersih telinga kucing

Mungkin Anda tertarik melihat: Grow Kit Pet Grass

 

#4. Memakaikan karet, tali yang ketat pada anjing dan kucing

Kalau untuk kasus yang ini, antara jahil, tidak sengaja, ataupun memang “disengaja” ingin menyakiti. Memakaikan karet gelang ataupun menggunakan tali yang ketat bisa menyebabkan luka yang parah pada anjing maupun kucing. Kenapa bisa demikian? Karet ataupun tali, bisa menyebabkan terhambatnya aliran darah ke daerah yang diikat. Hal ini menyebabkan jaringan tidak mendapatkan oksigen sehingga lama kelamaan akan mati atau nekrosa atau busuk. Ciri luka yang khas akibat karet adalah daerah sekitarnya membiru, membusuk, bentuknya khas karet dan tali, lalu disertai luka yang terbuka karena jaringan sekitarnya mulai menciut akibat kematian sel. Kondisi infeksi yang parah akibat perlakuan ini sangat mungkin terjadi, sehingga perlu segera dilakukan perawatan dan pengobatan.

#5. Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama

tidak hanya manusia, anjing dan kucing pun bisa merasakan kesepian, perasaan cemas, dan sedih. Terkadang, karena padatnya aktifitas dan kelelahan membuat kita lupa untuk bermain dengan anjing dan kucing kita. Sehingga, kita membiarkannya terkurung di kandang seharian. Padahal kondisi ini bisa membuat anjing dan kucing merasa teracuhkan dan bisa menyebabkan stress jika terlalu lama. Sebaiknya maksimal hanya 8 jam sehari jika ingin mengandangkan anjing dan kucing. Sisa waktunya digunakan untuk bermain dan melakukan aktifitas lain diluar kandang.

Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama

Mengandangkan dan meninggalkan anjing dan kucing sendirian dalam waktu yang lama

Perlakuan yang baik dan santun pun perlu dilakukan terhadap hewan peliharaan kita. Tindakan semena mena yang dapat menyakiti tentu sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan karena mereka pun perlu disayangi dan dihormati.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com