Penjelasan Lengkap Manfaat Sterilisasi Pada Kucing dan Anjing – TANYA DOKTER HEWAN

Penjelasan Lengkap Manfaat Sterilisasi Pada Kucing dan Anjing

Penjelasan Lengkap Manfaat Sterilisasi Pada Kucing dan Anjing

Sterilisasi merupakan istilah yang digunakan untuk menunjukkan usaha menghilangkan kemampuan berkembang biak pada hewan maupun manusia dengan menghambat fungsi reproduksinya. Tindakan ini masih menimbulkan pro kontra karena banyak yang beranggapan “kasihan” pada anjing dan kucing jika dilakukan tindakan ini.

Apa yang dilakukan pada anjing dan kucing yang di steril?

Sterilisasi pada anjing dan kucing bertujuan untuk meniadakan fungsi reproduksi pada anjing dan kucing dengan menghilangkan alat reproduksinya.

Pada anjing dan kucing jantan dilakukan kastrasi atau kebiri dengan mengambil bagian testis (biji/buah zakar) pada anjing dan kucing.

Anjing dan kucing betina dilakukan OH/ovariohysterektomi dengan mengambil ovarium (indung telur) dan uterus (rahimnya) nya.

Anjing dan kucing yang di steril perlu memenuhi beberapa persyaratan yaitu :

  1. sehat
  2. tidak dalam kondisi hamil pada betina
  3. tidak sedang dalam kondisi birahi pada betina
  4. usia minimal 6 bulan,
  5. berat badan cukup, biasanya sudah mencapai berat badan 2 kg
  6. Jika betina setelah melahirkan, baiknya di steril saat anakan berusia 1.5 atau 2 bulan atau sudah lepas sapih.
  7. teraba testis nya dengan jelas, normalnya usia 6 bulan sudah jelas terlihat testisnya. Namun ada beberapa kasus yang testisnya tidak turun atau hanya turun satu saja (cryptorchid)

Siapa yang bisa melakukan sterilisasi?

Sterilisasi merupakan prosedur bedah yang hanya bisa dilakukan oleh DOKTER HEWAN Proses pembedahan dilakukan secara steril, menggunakan anestetik (obat bius) yang aman dan sesuai dosisnya.

Pembedahan yang tidak dilakukan oleh dokter hewan akan meningkatkan resiko infeksi pasca operasi.

Pernah dengar kastrasi dengan mengikat karet di bagian testisnya? Tindakan ini sangat tidak bertanggung jawab dan membuat sakit anjing maupun kucing, bahkan bisa menyebabkan infeksi.

Apa manfaat sterilisasi?

Tujuan utama sterilisasi adalah mengurangi populasi kucing dan anjing liar maupun terbuang di jalanan, biasanya dilakukan oleh owner yang tidak bertanggung jawab dengan membuang anak anjing dan anak kucing yang tidak diinginkan.

Perlu diketahui, setelah usia 6 bulan anjing dan kucing sudah bisa mengalami birahi sehingga ketika bertemu dengan lawan jenisnya dan melakukan kawin dan pembuahan, sangat mungkin sekali terjadi kehamilan. Satu kali kebuntingan pada kucing dan anjing lamanya 63-72 hari atau sekitar 2.5 bulan, dan melahirkan 2-5 anak anjing dan kucing, bahkan ada yang bisa melahirkan 8 anak.

Mulai kita lakukan perhitungan ya :

1 induk kucing melahirkan 4 ekor anak

dari 4 anak

Dalam 1 tahun bisa terjadi 3 kali kehamilan, bayangkan dari 1 induk yang memiliki 4 ekor anak maka dalam 1 tahun bisa melahirkan 12 ekor anak. Anak nya akan birahi mulai 6-12 bulan , jika masing-masing anak memiliki 4 ekor anak lagi maka 18X4 ekor = 72 ekor , ini asumsi kalau hanya 1 ekor kucing , sementara di dunia ini populasi kucing sudah cukup banyak. Bisa terbayangkan kan berapa banyak anak kucing yang dibuang dan terlantar?

Populasi kucing yang semakin banyak akan membuat kontak kucing dengan manusia bahkan konflik akan sering terjadi. Terutama masih banyak nya orang yang menganggap kucing sebagai penyebab “kemandulan pada wanita”. Sehingga tak jarang beberapa orang pun mengusir kucing agar tidak masuk ke dalam rumah nya. Cara mengusir nya pun dengan cara yang kasar dan membuat kucing kesakitan.

Baca juga : fakta tentang toksoplasmosis

Selain dari segi sosial, memelihara banyak kucing pun membutuhkan dana yang tidak sedikit. Dana kesehatan, pakan, perlengkapan nya juga membutuhkan dana yang cukup besar setiap harinya.

Jadi, dari segi ekonomi pun bisa memberikan dampak yang signifikan.

Sterilisasi juga memberikan beberapa manfaat untuk kesehatan anjing dan kucing.

  1. Membuat jantan tidak pergi berkeliaran saat ada betina birahimulai usia birahi, jantan mulai tertarik dan penciumannya sangat sensitif dengan kucing betina yang mengalami birahi. Biasanya akan senang roaming (berkeliaran keluar rumah). Kondisi ini bisa membahayakan kucing karena bisa meningkatkan resiko kecelakaan diluar rumah, maupun kontak dengan kucing lain yang sakit.
  2. Jantan tidak spraying spraying atau menyemprot urine pada permukaan vertikal (kursi, meja, sofa, tembok dll) terjadi pada jantan saat sudah birahi untuk menandai daerah sebagai tanda dominasi. Tentu ini membuat tidak nyaman karena bau nya yang cukup menyengat.
  3. Mengurangi jantan yang terluka akibat berkelahi Tak jarang sesama jantan bisa berkelahi karena ingin kawin dengan betina yang sama. Perkelahian bisa juga menyebabkan trauma fisik seperti luka gigitan.
  4. Mengurangi resiko radang rahim bernanah (pyometra) pada betina betina yang tidak di steril cenderung mengalami radang rahim bernanah (pyometra). Penyebabnya adalah adanya infeksi bakteri, maupun ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan peningkatan aliran darah ke uterus dan juga bisa meningkatkan perkembangan bakteri pada rahim. Lama kelamaan akan terjadi infeksi, kejadian ini tidak berlangsung secara cepat namun terjadi dalam waktu yang lama (kronis).
  5. Mengurangi resiko kematian pada induk saat melahirkan kucing dan anjing, tidak mengenal menopouse seperti manusia dan bangsa kera lainnya (gorila, simpanse, orang utan). sehingga selama masih ada sel telur masih bisa birahi dan memiliki anak. Usia tua, membuat anjing dan kucing betina mengalami perubahan organ menjadi lebih lelah, juga meningkatkan resiko kematian akibat sesak nafas dan pendarahan, serta kehabisan energi.
  1. mengurangi resiko tumor dan kanker kelenjar mammae pada betina sistem hormonal reproduksi pada tubuh anjing dan kucing betina akan terus bersiklus selama masih ada organ reproduksi nya. Hal ini juga mempengaruhi kondisi kelenjar susu (kelenjar mamae) lama kelamaan, terus menerus melakukan perkawinan, lalu terkadang tidak teratur. Menyebabkan hormonal jadi tidak seimbang, kondisi ini bisa mengakibatkan juga perubahan pada kelenjar mamae. Menjadi bengkak dan juga bisa cenderung mengalami tumor bahkan kanker.
  2. Mengurangi resiko kematian puppies dan kitten saat lahir meningkatnya usia kebuntingan menyebabkan tubuh induk sudah tidak fit seperti saat muda. Semakin tua usia bisa menyebabkan peningkatan resiko kematian induk dan anak. Kitten maupun puppies tidak bisa mendapatkan nutrisi yang sempurna dari induk yang sudah tua karena perubahan tubuh induk. Selain itu, saat induk kesulitan untuk mengejan ada kemungkinan anak tidak bisa keluar tepat waktu dan kehabisan nafas akhirnya mengalami kematian.

Saya tidak mau anjing dan kucing saya di sterilisasi, apakah tidak apa-apa?

Kalau memang tidak berencana dilakukan sterilisasi pada anjing maupun kucing, ada baiknya tetap dikawinkan. Jika tidak dikawinkan akan menyebabkan stress pada anjing maupun kucing.

Pada jantan bahkan akan terus menerus melakukan spraying saat “musim kawin” karena pada masa ini kucing betina mengeluarkan feromon yang menyebabkan jantan “terpanggil”.

Kucing maupun anjing betina yang dibiarkan virgin atau perawan namun tidak disterilisasi akan meningkatkan resiko terjadinya radang rahim (metritis) bahkan hingga bernanah (pyometra) dan kanker kelenjar susu.

Kenapa bisa seperti ini?

Anjing dan kucing betina yang tidak disterilisasi akan menjalankan siklus reproduksinya seperti biasa. Siklus reproduksi lazimnya akan berawal dari masa birahi, lalu kawin, dan persiapan kehamilan, kembali tidak birahi.

Proses persiapan kehamilan atau kebuntingan ini menyebabkan organ betina yaitu uterus atau rahim menjadi menebal, banyak pembuluh darah yang aktif, dan mengeluarkan cairan yang khusus untuk melindungi kebuntingan. Selain itu, saat birahi cervix atau leher rahim akan terbuka agar sperma bisa masuk.

Jika terjadi perkawinan dan berhasil,maka embrio atau bakal janin siap berkembang di rahim. Sementara jika tidak, maka rahim fungsi nya akan kembali ke semula. Nah, jika siklus ini terjadi terus menerus tanpa ada pembuahan, maka otot rahim akan terus menerus menebal, pembuluh darah sangat aktif, leher rahim terbuka.

Pada kondisi ini, sangat memungkinkan untuk bakteri normal yang ada di vagina masuk ke rahim dan berkembang, mengeluarkan toksin dan lama-lama akan menyebabkan sel darah putih dan sel pertahanan lainnya juga yang menginfiltrasi (masuk) ke uterus.

Sehingga akan terjadi peradangan disertai nanah. Kondisi ini tentu akan sangat berbahaya dan bisa berakibat fatal bagi anjing dan kucing.

Apakah boleh menggunakan obat KB, saya kasian kalau harus di sterilisasi?

Obat KB sangat lazim diberikan pada manusia untuk mengontrol kesuburannya sehingga akan mencegah kehamilan. Bisa diberikan berupa pil maupun suntikan, kandungannya adalah hormon estrogen dan progestin.

Strerilisasi pada kucing menggunakan KB membuat payudara kucing bengkak
Strerilisasi pada kucing menggunakan KB membuat payudara kucing bengkak

Karena ingin tidak hamil juga anjing dan kucing nya jadi, ada pemilik hewan yang ingin juga kb anjing dan kucing nya.

Paling menyedihkan kalau dengan bangga bilang “selama ini aku kasih pil KB gak apa-apa ah kucing ku, sehat-sehat aja” . Padahal tindakan ini sudah sangat tidak disarankan, termasuk malpraktek karena bisa menimbulkan kerugian di kemudian hari untuk anjing dan kucing betina nya.

Memasukkan hormon terus menerus kedalam tubuh menyebabkan perubahan juga pada organ reproduksi nya, lama kelamaan akan menimbulkan masalah yang sama yaitu munculnya pyometra atau radang rahim bernanah pada anjing dan kucing.

Mungkin saat ini memang belum terasa, terasanya murah, mudah, tidak ada masalah. Namun, ketika sudah terjadi infeksi, maka akan ada perasaan menyesal karena biaya operasi yang tinggi, belum lagi resiko kematian yang juga tinggi akibat ada infeksi ini.

Bagaimana pandangan islam terhadap sterilisasi?

Lalu, bagaimana pandangan agama terutama islam mengenai sterilisasi ini.

Kalau saya pribadi memiliki anggapan boleh dilakukan sterilisasi karena saya sebagai manusia tidak mampu untuk bertanggung jawab merawat anak dan cucu dari kucing yang saya pelihara.

Tak terbayangkan berapa jumlahnya jika saya biarkan akan terus menerus melahirkan.

Induknya kan kita pelihara, tentu kita harus bertanggung jawab dong dengan anak dan cucu nya.

Karena mereka tidak bisa mencari makan sendiri.

Kalo gitu dikasihkan orang saja lah, gampang!

Ini bisa dilakukan dengan syarat orang yang dihibahkan akan bertanggungjawab.

Namun kenyataannya, tidak semua orang memiliki status ekonomi yang sama, juga lingkungan yang mendukung untuk memelihara kucing.

Bahkan ada yang tidak suka dengan kucing, tidak bertanggungjawab.

Akan lebih buruk kalau kita membuang anak kucing hidup-hidup karena kita akan membuatnya tersiksa dan lama-lama mati.

Beberapa pendapat ini harusnya bisa menjadi pertimbangan ya :

  1. Walaupun di Indonesia belum ada fatwa dari majelis ulama Indonesia, kita bisa juga melihat dari negara tetangga terdekat kita seperti Singapura yang telah mengeluarkan fatwa boleh untuk sterilisasi kucing.Berikut rujukannya ya : ADMINISTRATION OF MUSLIM LAW ACT (CHAPTER3, SECTION 32)

FATWA ISSUED BY

FATWA (LEGAL) COMMITTEE , ISLAMIC RELIGIOUS COUNCIL OF SINGAPORE

 

TheFatwa Committee has discussed the issue of neutering cats and concluded on 22ndJune 1994 the following fatwa.

 

FATWA

BACKGROUND

 

1 There are plans to ensure that cats in Singapore are properly neutered. This is to ensure that the number of homeless and abandoned cats is controlled. (mengontrol kucing terlantar)

2 The party involved in this effort has clarified that neutering will not cause any pain or harm to the animal. There will not be any side effects on cats which have been neutered. Subsequently they haves ought the Fatwa Committee’s view on this and whether it is contradictory to any Islamic teachings. (tidak akan menyebabkan kondisi sakit dan menyakitkan pada kucing, tidak ada efek samping setelah sterilisasi)

 

FATWA

 

3 Fundamentally, all Islamic legal schools of thought (mazhab) allow the neutering of animals albeit they differ on the kinds of animals which are permitted for it to be performed on. The Hanafi mazhab is of the view that it is permissible to neuter animals on the basisof necessity and need1. However, the other school of thoughts (mazhab) allows only the neutering of animals which are allowed for Muslims to consume.

(Mazhab hanafi : memperbolehkan sterilisasi hewan kalau dibutuhkan), mazhab lainnya hanya hewan yang untuk konsumsi)

 

4 After considering the evidences and basis of the different schools of thought and the medical advice of Society of Prevention of Cruelty Against Animal’s (SPCA) veterinarian, the Fatwa Committee opines that the neutering of cats on the basis of necessity is permissible. (Setelah mempertimbangkan, maka sterilisasi kucing berdasarkan kebutuhannya boleh ). This is in line with the following Islamic legal maxim of: ?(sesuai dengan pernyataan berikut ) :

Recognising the lighter of two harms.” (tidak merugikan kedua belah pihak)

 

1 Wahbah Zuhaili, Fiqh Perundangan Islam. Dewan Bahasa dan Pustak,Kuala Lumpur, 1sted. 1995. Vol. 3. pg.640.

2 Al-Suyuti, Jalaluddin Abd Rahman. Al-Asybah wa Al-Nazhair. Muassasah al-Kutb al-Thaqafiyyah. Cairo, Egypt. 1st ed. 1994. Pg.119.

Sumber Rujukan ( klik disini ya) 

 

2. Pernyataan lainnya yang bisa dipertimbangkan :

In Malaysia, Department of Islamic Advancement of Malaysia or Jabatan Kemaguan Islam Malaysia (JAKIM) also issued the “fatwa” since 2002 that “all pets like cats and dogs are allowed to be neutered or spayed in order to maintain the health and welfare of both the animals and the community” . download disini ya KLiISC_76-1.pdf (254 downloads) ). Di Malaysia, Departemen Keagamaan nya juga mengeluarkan fatwa bahwa anjing dan kucing boleh dilakukan sterilisasi untuk menjaga kesehatan dan kesejahteraan hewan dan masyarakat.

Lalu, berapa biaya sterilisasi anjing dan kucing ?

Biaya biasanya diperngaruhi oleh berat badan anjing (anjing ras besar akan lebih mahal dari ras kecil) karena dari persiapan dan obatnya pun lebih banyak, jenis hewan biasanya kucing jantan akan lebih murah biaya nya dari kucing betina. Karena mempertimbangkan teknik operasi dan perlengkapan yang dibutuhkan. Kisaran biaya sterilisasi dari 500.000 – 2.000.000 per ekornya.

Jika ingin biaya yang lebih terjangkau bisa turut serta dalam program steril bersubsidi ataupun bakti sosial steril yang biasanya dilaksanakan oleh beberapa klinik bekerjasama dengan forum komunitas pecinta anjing dan kucing.

Semuanya tentu kembali kepada pilihan pet owner , semua untuk kebaikan bersama, kepentingan kesehatan dan kesejahteraan manusia dan hewan. Yang terpenting tidak melakukan tindakan membuang ataupun menelantarkan anak anjing dan kucing.

Terimakasih untuk semua pihak dan individu yang berkontribusi untuk menyelamatkan banyak hewan liar ya baik anjing, kucing, dan hewan lainnya. 🙂

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

Referensi :

Mohd Omar, Raheema. 2016. ANIMAL CARE: AN ISLAMIC PERSPECTIVE WITH PARTICULAR REFERENCE TO UNWANTED PETS – STRAY DOGS AND CAT. International Journal of Business, Economics and Law 9:5 .

90 comments

Malam dok, saya mau tanya.
Kucing saya habis melahirkan 3 anak kenapa perutnya masih gendut ya? Dan saya pegang perutnya msh ada benjolan. Mungkin ga kalau anaknya ada yg mati di dalam perut? Apa solusinya?
Terimakasih

sebenarnya kalau habis melahihrkan tidak langsung kempes, tapi tidak menutup kemungkinan juga sih ada janin yang masih tertinggal. jika memang perlu diperiksakan akan sangat baik.

Selamat siang Dok, apa kabar?
Dok saya mau bertanya,
Tanggal 2 April nanti anjing pom saya berumur 4 bulan.
Siang ini ketika saya pulang dr kantor, saya menggendong anjing saya dan saya menemukan ada cairan putih di penis anak anjing saya, dan kemudian saya lap menggunakan tissue basah, Dok.

Yang ingin saya tanyakan, apakah cairan tersebut nanah, atau sperma, Dok?
Apabila nanah, anak anjing saya tidak terlihat sakit Dok, malah sangat aktif, nafsu makan tidak berkurang, dan tidak lesu/lemas.
Apabila sperma, apakah anak anjing saya memasuki masa puber/berahi? Tapi umurnya belum 4 bulan Dok, dan tidak pernah keluar rumah atau bertemu anjing betina.

Kejadian siang ini membuat saya jadi teringat bbrpa hari terakhir ini anak anjing saya memang terlihat agak sering menjilati daerah penisnya Dok.

Jadi apa yg sebenarnya terjadi ya Dok sama anak anjing saya, apa dia sakit? Atau puber?

Terima kasih Dok sebelumnya.
Selamat siang.

Dok aku mau tanya.
Kucing aku baru umur sekitar 5bln
Dia sakit, nafasnya tergesah” dan cepet sekali tarik nafasnya seperti (asma) kadang” mengeluarkan lendir dihidung warna putih kekuning”an, dan tidur melulu tiap harinya, sampe sekarang tidak mau makan. Aku takut dia luka dibagian dalam tubuhnya. Gimana pengobatannya ya dok? Mohon dibantu. Terima kasih

Dok saya mau tanya nih dok…
Saya punya kucing jantan umurnya sekitar 1.5 tahunan 2 hari yang lalu kucin saya tertabrak motor, dia masih bisa menghindar tetapi setelahnya kencingnya mengeluarkan daranh dan dia juga jadi sering sekali buang air kecil, baiknya bagaimana yah dok karna saya juga tidak thu lokasi dokter hewan di daerah saya, dan saya juga takut biaya pengobatanya mahal karna saya juga masih pelajar…..
Terimakasih dok…..
Saya tunggu balesanya secepatnya….

kalau tidak diperiksakan tidak tau kondisinya. kalau ada kencing berdarah sangat mungkin ada luka.

Dear dok saya mau tanya kucing saya hbs operasi amputasi alat kelaminnya karena tdk bisa pipis apakah kucing sy nantinya dapat merubah perilaku atau kebiasaannya/perubahan secara psikis

Dear dok saya mau tanya kucing saya hbs operasi amputasi alat kelaminnya karena tdk bisa pipis apakah kucing sy nantinya dapat merubah perilaku atau kebiasaannya/perubahan secara psikis soalnya sdh tidak punya alat kelamin/penis lagi.

Selamat siang dok, saya punya kucing jantan berumur 8 bln, sudah mulai memasukin masa birahi. Sebelumnya pernah naik keatas saya spt memijit, tapi sambil mendesis dan keadaannya setengah duduk dgn kaki belakang (sambil nahan keseimbangannya ), setelah itu saya lihat kemaluannya keluar juga. Jujur saya agak kaget dan bagaimana yg harus dilakukan apakah ini suatu perilaku yg wajar?
Terimakasih

wajar untuk jantan, kalau memang ada betina yang cukup umur, usia lebih dari 1 tahun bisa dikawinkan.

Halo dok, saya punya kucing jantan 8 bulan. Sudah memasuki masa birahi juga, bbrp hari terakhir dia duduk setengah ( buntut tidak dilantai) diatas saya memijat sambil mendesis galak kalau dipegang, saya perhatikan kelaminnya muncul dan keluar cairan, di bantal juga sperti itu. Apakah itu perilaku yang wajar untuk kucing birahi, dan apa solusinya ya dok?
Terimakasih sebelumnya

Selamat pagi dok saya mau tanya
Anjing golden saya apakah boleh di kasih tulang bonggol babi yang sudah dimasak? Ada yang bilang kalau kasih makan yang mengandung babi, bisa budukan.. apa benar dok? Terima kasih jawabannya.

boleh saja asal proses pemasakannya benar. direbus dengan benar dan matang, kalau reaksi alergi mungkin saja muncul kalau memang sensitif

Dok, saya mau nny.. Kucing saya pasca amputasi kaki kiri belakang nya dok seminggu yang lalu, kira2 kering nya brp lama yaa dok? Krn sampe skrg luka jahitan nya msh keluar nanah putih.. Kalau bs dikasih antibiotik, sebaik nya apa antibiotik nya dok? Terima kasih

Dok saya mau tanya,kayanya kucing saya keracunan soalnya mukanya borok dan dikasih makan minum pun tidak mau dia selalu tidur dan lemas.sebaiknya bagaimama ya dok agar dia bisa makan?

keracunan apa ya ? apakah pernah memakan benda yang menyebabkan keracunan? sebaiknya jika memang ada indikasi keracunan, diperiksakan ke dokter ya.

Ass dok…
Dok kucing saya udah beberapa hari ini mengalami diare, gimana cara mengobatinya dok,.? dan apakah makanan yang baik untuk kucing yang sedang diare dok…???

Selamat malam dok saya mau tanya. Pertolongan pertama untuk kucing keguguran gimana ya? Kucing saya pendarahan terus. Saya bingung karena di rumah lg tidak ada org sdngkan saya kerja. Biasanya dibantu ibu saya cm beliau sedang keluar kota. Kmrn memang sebulan dr skrg sempat dikawin sm kucing sy yg jantan.

Selamat pagi dokter,saya mau tanya,anak kucing saya tiba2 mati,sebelum mati sempat kejang2,padahal si kucing sangat aktif dan tidak ada tanda2 sakit,terimakasih

Malem dok … saya mau tanya ttg perubahan kucing yg sudah di steril… kucing saya sudah di steril tp setelah 1 bln di steril kok masih suka ngeong2 spt suara kucing yg lagi birahi… tp dia ga suka kluar rumah sih… cuma ngeong2 suara gede di dlm rumah aja sambil nongkrong depan jendela. Apakah itu normal dok atau gmana? Soalnua ada yg bilang ma saya klo kucing dah di steril malah jd pendiam dan jd lebih pemalas. Mohon penjelasan nya dok. Trimakasih.

Normal, terutama kalau sterilnya di usia setelah birahi. Tapi lama kelamaan akan berkurang seiring hormon yg juga menurun

permisi dok saya mau nanya kucingku kan awal nya baik” aja ya terus suka berburu tikus gitu tapi akhir”ini jdi dia ga napsu makan suka sembunyi di kolong kasur terus kdng muntah tpi beraknya bagus ko dia jg ga berlendir itu knp ya dok?

Bs ada infeksi akibat kontaminasi krn suka bermain dgn tikus atau bs juga infeksi krn yang lainnya misalnya bakteri, virus, dan parasit. Sebaiknya diperiksakan ke dokter ya

Siang dokter, kucing saya jenis persia betina mgkn umurnya kira2 3 tahunan, sedang hamil. Kadang2 jalannya sempoyongan, limbung smp mau jatuh. Susah mengontrol gerakannya. Apa ini gejala kurang kalsium? Bagaimana cara mengatasinya? Katanya ada injeksi kalsium ya dok? Dimana dan kira2 berapa biayanya utk jakarta dan sekitarnya?

Silahkan konsultasikan dgn dokter ya. Di jakarta banyak sekali praktek dokter hewan, di rumah sakit hewan juga bisa

Pagi dok,saya mau tanya,anjing saya teatis nya membengkak,karena ga kawin,betinanya ga ada soalnya.kemaren ke dokter di kasih obat kempes,cmn belom terlalu kempes banget,apa ada obat yg manjur dok?

Kalau memang kedepannya tdk ada niat untuk mengawinkan akan lebih baik mmg di kastrasi atau kebiri saja. Tapi jika mmg akan dikawinkan bisa sebaiknya dikawinkan. Tapi penyebab bengkak bs saja krn ada radang atau alergi. Perlu diketahui penyebab nya dulu.

Halo Dok, trimakasih atas jawaban pertanyaan saya beberapa waktu lalu dan artikel sterilnya yg sud masuk d email saya.
Kabarnya bayi2 kucing sekarang sud berusia 5minggu dan dari usia 4minggu sud saya tarok d kandang induk krn d kardus sud ada kotoran pup kecil.
Saat ini kelimanya sud mulai ikut makan makanan induk tetep ASI dan sud bisa pup pipis d kotak pasir
Kelimanya juga sud jalan keluar kandang dgn pengawasan dan arahan induk shg tau kapan masuk kandang kapan main keluar kandang
Seperti yg telah Dokter kemukakan d jawaban terdahulu bahwa usia 2bulan baru bisa d berikan obat cacing dan vaksin , maka krn saya melihat bayi2 kucing sud mulai pup pipis dan main pasir pertanyaan saya :

1. Apakah kelima bayi2 kucing tetap makan obat cacing dan vaksin d usia 2bulan?
2. Usia brp bayi2 kucing bisa makan makanan induk? Apa sud benar saya biarkan bayi2 kucing yg berusia 5minggu makan makanan induk? Makanan induk Saya campur royal canin u mother and baby cat dengan orijen u cat & kitten
3. Sampai usia berapa bayi2 kucing berada 1 kandang dgn ibunya?
4. Usia berapa pemisahan kandang u bayi2 kucing jantan betina?
5. U kucing dan anjing obat cacing wajib diberikan berulang hitungannya tiap berapa bulan?
6. Pemilihan pasir yg bagus u kotoran kucing yg warnanya putih atau coklat terang? Biasanya pakai yg 20kg 25kg gitu
7. Anjing shih tzu sbntr lagi selesai training , bagaimana cara mengenalkan bayi2 kucing k shih tzu? Maksudnya bila nanti saat shih tzu sud d rumah tidak terjadi hal2 yg menghebohkan

Trimakasih Dok atas kesediaan waktu menjawabnya. Salam

Selamat siang,, dokter saya mau tanya dunk.. kucing saya perutya gede, kalo kata dokter hewan sih di dalam perut banyak air.. nah 2hari yang lalu udh mau makan dan udh mau bergerak tiba2 hari ini badanya lemes buat Jalan aja kayak ga kuat buat nopang badanya.. nafsu makan juga berkurang. Saya harus bagaimana ya dok?
Tolong info ya dok.

Sudah diperiksakan ke dokter dan mendapat treatment? Klo mmg sdh dilakukan treatment lalu kondisinya masih sama perlu konsultasikan lg ya

Dok saya punya elang kakinya yg sebelah kanan pincang dia gak bisa berdiri di perchnya. Cara yg tepat buat sembuhinnya pake apa dok?

Dok saya mau tanya, saya punya kucing kampung
Awal mula gejala penyakitnya diare yang tidak berhenti henti… Sudah 7 hari… Tapi nafsu makannya masih baik… Lalu saya bawa ke dokter hewan dan di suntik 3 kali… Diberi antibiotik,vaksin karena belum di vaksin… Nah setelah itu dia masih makan tapi memang mulai sedikit,lalu keesokannya dia mulai muntah sisa makanan, lalu selanjutnya muntah kuning dan berbusa… Saya ga kasih vitamin takut makin parah, saya kasih susu biasa dan makannya ikan rebus… Tapi semua yang masuk selalu di muntahkan… Lalu saya kasih kornet… Dia suka.. Dan masih dimuntahkan….solusi terbaikdan tercepat apa ya dok… Karena kucing saya sebelumnya gejala sama dan Sudah ga ada… Tolong bantuannya…. Apakah dikasih air kelapa bisa membantu? Atau yoghurt… Tolong infonya… Terimakasih

Dok, anjing golden betina sy sudah d steril sejak bln juli thn 2016 lalu, namun hingga kini masi suka mens. Sudah 2x mens pasca operasi steril. Apakah anjing yg sdh d steril masi bs mens Dok? Krn wktu dilakukan operasi dokternya blg tdk Akan mens lgi. Apakah kondisi spt ini normal? Terimakasih.

normalnya sh tdk akan terjadi mens lagi krn organ reproduksinya sdh diambil, jd siklusnya tdk akan terjadi, perlu dikonsultasikan kembali apakah kemungkinan adanya radang atau infeksi di rahim, atau ada kemungkinan lainnya

Dok saya punya kucing (kucing biasa) pas kucing saya pulang kerumah saya liat testisnya diikat karet . Karna saya takut jadi saya potong karetnya dan beberapa hari setelah itu skrotum yg ditestis kucing saya itu lepas dok. Dan testisnya kucing saya jadi terlihat dok. Itu bagaimana menangani dan apa obatnya ya dok

Dok, anjing jantan saya sudah disteril, apakah dia masih ada keinginan untuk kawin? Karena dia masih sering mengonggong, minta kawin. Kebetulan di rumah saya masih ada anjing betinanya dan belum saya steril.
Mohon pencerahannya ya dok..

jika sebelum steril sudah pernah kawin dan birahi maka kemungkinan masih ada keinginan kawin, ejakulasi masih bisa, kopulasi juga bisa, tapi karena tidak ada sperma maka tidak akan mneyebabkan kehamilan.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Selamat malam dok, saya mau mencari judul buku yg membahas tentang sterilisasi kucing sebagai referensi untuk Tugas Akhir saya, apa bisa saya dikasih beberapa judul buku trsbt? Mohon maaf saya bukan mahasiswa kedokteran hewan tapi saya mahasiswa seni desain yg akan membuat video dokumenter tentang sterilisasi kucing. Mohon bantuannya. Terima kasih

pada awal bulan setelah steril, bisa saja masih ada hormon nya karena tidak langsung hilang begitu saja. namun biasanya akan berkurang, atau bisa juga masih ada birahi kalau ovarium (indung telur) tidak diangkat.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dokter, kucing saya stlh kastrasi jadi pincang, itu knp ya dokter, apa prnh bertemu kasus spti ini? Apakah saat kastrasi kaki kucing diikat tali?

Sebaiknya, konsultasikan ke dokter yg melakukan kastrasi. Ditali pada proses kastrasi hanya dilakukan di bagian pergelakangan kaki saja. Itupun dilakukan jika perlu. Dan tidak kencang, krn tidak mau melukai kucing. Jd sebaiknya konsultasikan kembali ke dokternya.

dok sya mau tanya sya pny doggy betina bln september 2017 setril tpi knp bln januari 2018 doggy sya tetap mens.. sya byk dgr klu doggy betina sdh setril tdk akn mens lgi.. mensnya tdk byk hny bercak” di lantai aj klu dia hbis duduk.. apakah ini wajar dok.. mohon pencerahannya.. thx

normalnya, setelah steril karena sudah diangkat rahim dan ovarium (indung telur) maka tidak akan ada gejala birahi lagi, kalau hanya bervokalisasi (atau jadi gelisah) mencari jantan mungkin bisa terjadi ya. tapi untuk keluarnya darah jarang terjadi, karena keberadaan darah selama masa birahi anjing diakibatkan oleh hormon estrogen yang meningkat dan menyebabkan pembuluh darah di rahim juga membesar akibatnya kemungkinan ada sedikit darah di bagian rahim dan vagina.

untuk memastikan kondisinya sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter dikahwatirkan ada kondisi lain yang lebih serius

dok, saya mau tanya. Kucing saya 2 hari lalu kawin, nah saya ga mau di punya nak lagi, apa yang bisa saya lakukan ya dok? apa bisa langsung di steril atau ada prosedur lain?

Mohon dibantu infonya ya dok.
Terima kasih.

steril bisa dlakukan, perlu dilakukan konsultasi ke dokter yang akan melakukan steril, karena kalau steril sedang hamil resiko pendarahan cukup tinggi.

Dok kucing betina saya usia 10 tahun, kemarin lahiran pendarahan, tp kucing baik2 saja, tetapi kami sekeluarga yang panik, ada yg menyarankan untuk steril saja, menurut dokter bagaimana? Dan amankah usia 10 tahun untuk di steril?

memang cukup beresiko, namun bisa dikonsultasikan dengan dokter yang akan melakukan steril terlebih dahulu, kemungkinan perlu ada pemeriksaan lanjutan sebelum operasi seperti tes darah.

Selamat pagi dok, saya mau tanya.. Kucing saya berumur 5 bulan, dan mulai muncul tanda” birahinya. Rencana saya mau sterilisasi, tapi kucing saya riwayat pernah terserang virus calici. Teman saya yg juga punya kucing pernah terkena vitus calici juga mensteril tapi ga lama kucingnya mati. Apakah untuk kucing yg punya riwayat terserang virus tersebut akan berbahaya kalau di steril? Mengingat pernafasan kucong saya setelah terkena virus jadi lebih cepat.. Tolong jawabannya ya dok

memang kucing dengan riwayat kesehatan yang cukup berat perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tentu diceritakan ke dokter yang akan melakukan steril. jadi nanti bisa dikomunikasikan saja ke dokternya. jika diperlukan mungkin dokter akan melakukan pemriksaan darah, serta menggunakan anestesi inhalasi dibandingkan anestesi (bius) yang umum.

Malam Bu Dokter…..
Saya pux kucing betina usia 5bln. Saya pengen kucing d steril tapi biaya koq mahal ya. Makanya saya mau minta saran pakai obat apa atau suntik apa agar kucing tidak hamil2. Makasih atas infonya

Suntik seperti hormon akan lebih berbahaya dalam jangka panjang, alternatifnya bisa mengikuti steril bersubsidi, kadang ada juga yg gratis.

Dok, kucing saya jantan 1.5 thn habis di steril. Tapi lemasnya lama sekali (lebih dr 4 jam) dan kakinya dingin. Saya harus bagaimana ya dok?

Sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter ya. Normalnya 3-4 jam pasca operasi sudah mulai sadar, walau mmg masih lemas karena efek bius dan luka yg menyebabkan sakit. Kompres air hangat bs juga membantu, tapi sebaiknya segera konsultasikan kembali ke dokter. Baca juga di web ini mengenai perawatan pasca steril

Dok apakah usia 4 bln sdh bs steril dan kebiri dok, kbtulan sy mau steril dan kebiri mpus saya usianya skrg sdh genap 4 bln beratnya yg jntan 2,2 kg, sedangkan betina 2kg

silahkan konsultasikan dengan dokter yang akan melakukan steril, biasanya memang dilakukan saat usia 6 bulan pada saat testis sudah turun dan teraba pada jantan.

Halo dok,
Mohon infonya apakah kucing yg sudah di steril jg harus ttp dikawinkan?
Apakah dia tetep merasakan fase birahi..

Karena sepertinya kucing sy masih terlihat agresif kalau papasan sama betina

Kucing sy sudah di steril 🙂
Jantan, hampir 2 tahun umurnya..

biasanya beberapa bulan setelah steril, jantan masih ingin kawin. nanti lama kelamaan akan hilang kebiasaannya.

Dear dokter,

Kucing saya betina umur 2th. Mau di steril tp wajib eartip. Saya kasihan dok. Apakah merupakan kewajiban utk eartip?

Terima kasih

Eartip tdk menyakitkan prosedurnya, krn sdg dlm kondisi bius. Jd tdk masalah. Pd betina baiknya di eartip spy kelihatan sdh steril. Krn lebih kasian kalau sampai terlepas misalnya , lalu ada yg ingin steril, ternyata sudah d steril kucingnya.

Permisi dok, saya mau tanya mengenai kebiri kucing. Kucing saya baru dikebiri, kucingnya jantan umurnya satu tahun delapan bulan. Sblm dibawa pulang, saya tanya-tanya dulu sama dokter di Puskeswan. Katanya litter box-nya diisinya jngn pake pasir, diganti pake koran. Sedangkan kucing saya sendiri gak mau pipis atau pup kalau litter box-nya gak ada pasir. Dari sepulang kebiri, kucing saya belum pipis. Jadi saya harus gimana dok? Terima kasih.

Bisa digunakan pasir lain yg lebih tdk mengiritasi atau melukai. Krn khawatir melukai dan memperparah testis yg luka. Bs coba pakai serpihan kertas, koran, pasir organik yg dr serbuk kayu.

Selamat malam dok, yg lebih baik di sterilkan kucing jantan atau betina? Karna kucing di rumah sy sdh ada 9 dan ingin mensterilkan mereka…
.
.
Mohon jwbannya ya dok:)

Betina yg di steril lebih dulu akan lebih baik, untuk mengurangi infeksi dikemudian hari. Tp untuk biaya yg lebih terjangkau, perawatan lebih mudah yg jantan.

Permisi sisisi dookk..

Saya punya kucing warteg kawin mulu… Setiap liat betina lewat langsung ditiban digaaass ngeeoong2.. Pokok nya setiap ada cwe lewat langsung tuh di genjot abis2an dook…

Kdng saya suka sedih dook.. Nih kucing ga bertanggung jawab.. Bisa ngehamilin doaang.. Anak nya minta susu ga dibeliin dok.. Kerja nya juga males2an.. Apa lebih baik di potong anu nya dook pake piso?? Dikibiri gtu??

Kalau mau dikebiri jangan asal potong, bs pendarahan dan infeksi. Perlu dilakukan oleh dokter hewan.

Dok, kucing saya baru melahirkan 3 hari yang lalu. Jika saya mau kebiri, baiknya kapan ya dok? Karena biasanya sebulan setelah melahirkan sudah mulai birahi lagi. Terimakasih

Halo dok
Kalau saya mau steril induk kucing yang baru saja melahirkan, baiknya ketika kittennya usia berapa ya? Apa ada efek ke kittennya kalau induknya disteril?

Sebaiknya menunggu kitten usia 2 bulan. Kasihan kalau kitten masih menyusui lalu dipisahkan dr induknya, kecuali kalau mau menggantikan menyusui anak menggunakan dot dan susu pengganti.

Dibatasi pergerakannya, dikandangkan selama 1-2 hr. Sudah dibahas pada artikel perawatan luka pasca steril, silahkan dicari menggunakan fitur cari tulisan.

Sore dok, maaf mau tanya..
Apakah steril bisa memoengaruhi kucing jantan jd susah kencing?
Krna kucing jantan saya yg 1 susah kencing stelah 2 bln steril, yg 1 ny lg susah kencing stelah 5 bulan steril..
Atau memang krna makanan ny? Kucing saya d kasih makan dry food..
Sebelumnya terimakasih..

Pakan jika tidak diimbangi dengan minum yang cukup setiap hari bisa juga beresiko. Biasanya karena gemuk pasca steril juga bisa membuat aktifitas menurun, meningkatkan resiko juga terkena gangguan kencing, krn saat gemuk sulit membersihkan saluran kencingnya.

dok kucing sy betina sdh steril saat usia 2.5 tahun, sdh melahirkan 4kali. tp kok setelah di steril memang tidak hamil tp kucing saya msh birahi trs ya dok msh mengeong2 dan glesotan di lantai gt?

pada beberapa kucing yang pernah birahi, kawin dan bunting. setelah di steril akan tetap menunjukkan perilaku birahi , namun biasanya akan berkurang kebiasaan tsb, seiring dengan hormon yg kembali normal.

Salam Dok.. thanks banget akhirnya menemukan artikel tentang steril, jelas dan lengkap, dibahas dari berbagai sudut pandang pula.
Btw,saya sudah melakukan sertilisasi pada stray cat sebanyak 3 stray cat di lingkungan saya. Alhamdulillah, sampai sekarang mereka sehat dan bisa bertahan hidup sampai sekarang.
Yang masalah gemuk, memang kucing2 yang sy sterilkan skrg terlihat lebih gemuk dibanding yang dulu (haha saya berpikir mungkin mereka hanya fokus pada masalah kebutuhan perut dibanding kebutuhan percintaan – haha jadi mereka gak kurus kering kaya waktu zaman masih suka sering birahi)

Kalau saya boleh bilang, kalau emang sayang sama hewan peliharaannya yaa di sterilkan dong…

terimakasih sudah mampir dan membaca, semoga bisa juga menginspirasi teman2 lain untuk steril kucing disekitar. ??.

Leave a Reply

*