Bolehkah kucing makan nasi? – TANYA DOKTER HEWAN
Bolehkah kucing makan nasi

Bolehkah kucing makan nasi?



Bolehkah kucing makan nasi?

Melihat kucing makan nasi tentu sering kita lihat ya, banyak pemilik kucing yang masih memberikan nasi untuk kucingnya biasanya dicampurkan dengan ikan. Sebenarnya boleh tidak memberikan nasi pada kucing?

Bolehkah kucing makan nasi
Bolehkah kucing makan nasi

Berikut 5 alasan sebaiknya tidak memberi banyak nasi pada kucing :

1. Ternyata ketika memberikan nasi dan ikan pada kucing, terdapat kekurangan terhadap bahan gizi lainnya.

Kucing yang mengonsumsi nasi dan ikan dengan porsi nasi 2 kali dari porsi ikan. Kucing akan kekurangan lemak, mineral zinc,vitamin e, dan vitamin b 12. Padahal mineral dan vitamin itu sangat penting untuk tubuh sebagai pendukung dalam metabolisme tubuh. Jika kekurangan zat tersebut tentu akan menyebabkan kondisi tubuh terganggu.

Kekurangan beberapa nutrisi jika kucing memakan nasi (Waltham 2009)

2. Secara alami, kucing merupakan karnivora atau pemakan daging

Pencernaan kucing didesain sebagai karnivora obligat atau pemakan daging, berbeda dengan anjing yang merupakan omnivora. Walaupun anjing tetap memerlukan juga protein hewani, tapi bisa mendapatkan zat nutrisi lain dari bahan makanan lain seperti sayur, dan sumber karbohidrat. Tapi kucing, memiliki keunikan karena kemampuan pencernaan kucing yang membutuhkan beberapa protein dan asam amino yang tidak bisa didapatkan dari bahan selain daging, ayam, maupun ikan.

3. Nasi termasuk karbohidrat, tapi kucing tidak terlalu membutuhkannya

Betul sekali, nasi termasuk karbohidrat salah satu sumber nutrisi yang penting untuk makhluk hidup sebagai penghasil energi. Tapi ternyata tidak untuk kucing, untuk menghasilkan energi, kucing tidak membutuhkan karbohidrat, namun bisa disintesa dari protein.

4. Kelebihan konsumsi nasi bisa menyebabkan diare dan gangguan kesehatan lainnya

Kucing memiliki sedikit enzim amilase, enzim ini penting untuk mengubah karbohidrat menjadi lebih sederhana. Dalam hal ini nasi (karbohidrat) menjadi glukosa, tapi pada kucing tidak semua karbohidrat bisa berubah jadi glukosa karena keterbatasan enzim ini.

Sehingga kelebihan karbohidrat di dalam saluran pencernaan bisa menyebabkan peningkatan fermentasi mikroba, jadi menyebabkan keseimbangan mikroba di saluran cerna terganggu yang akan menyebabkan mencret atau diare, bahkan biasanya menimbulkan bau yang kurang menyenangkan karena bau feses menjadi lebih asam. Banyaknya karbohidrat yang tidak tercerna bisa juga meningkatkan fermentasi bakteri di saluran cerna sehingga menimbulkan gas yang bisa menyebabkan kembung.

5. Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda

kebutuhan nutrisi yang wajib diperoleh kucing (Buffington 2004)

Kucing, perlu mendapatkan beberapa nutrien yang tidak bisa ditemukan di bahan makanan selain protein hewani, seperti asam amino taurine, arginine, asam linoleat, asam arakidonat, vitamin A, vitamin B.

Taurine dan arginin merupakan asam amino yang sangat penting untuk kucing, tidak diperoleh kalau hanya konsumsi nasi dan sedikit ikan

Arginin berperan dalam sintesa urea dari amonia dalam tubuh, jika amonia berlebihan dalam tubuh akan menyebabkan tubuh keracunan amonia karena banyaknya amonia yang beredar di darah. Arginin ini ditemukan pada berbagai protein hewani termasuk daging dan jeroan.

Pada hewan omnivora dan herbivora, taurine bisa disintesa sendiri oleh tubuh, tapi pada karnivora termasuk kucing tidak bisa mensintesa asam amino ini. Sehingga taurine paad kucing tidak boleh terlewat dalam pemenuhan nutrisinya. Taurine sangat penting untuk metabolisme tubuh terutama dalam perkembangan organ terutama otak, jantung, mata, pertumbuhan tubuh, dan lainnya.

Kekurangan taurine bisa menyebabkan kelainan pada mata yaitu degenerasi retina sehingga bisa mengalami kebutaan pada kitten, kelainan otot jantung, kecenderungan keguguran saat hamil, gangguan kesuburan dan kelainan janin.

Taurine dapat ditemukan pada organ jantung, hati, otak, otot hewan lain seperti burung, ayam, ikan, sapi.

Berbeda dengan herbivora dan omnivora yang bisa mensintesa vitamin dari bahan makanan apapun termasuk yang berasal dari tumbuhan, kucing tidak bisa mensintesa vitamin tersebut, jadi perlu diberikan dari luar. Vitamin-vitamin ini biasanya terdapat di bahan makanan asal hewan seperti ikan, daging.

Lalu apakah boleh konsumsi makanan kering (dry food) yang dijual bebas? Kan juga mengandung karbohidrat?

Makanan kering atau dryfood yang dijual secara bebas memang mengandung sumber karbohidrat dan juga sebagai sumber protein nabati biasanya jagung dan kedelai. Fungsinya untuk memenuhi sumber protein dan sumber energi pada bahan makanan. Walaupun pada proses pembuatannya memang telah diformulasikan khusus dan sesuai dengan kebutuhan minimal kucing.

Namun tetap saja penting untuk mencampurkan makanan kering dengan sumber protein hewani yang sebenarnya seperti ikan, ayam, dan daging. Hal ini juga membuat kucing tidak bosan pada makanan, karena kebosanan pada makanan bisa juga membuat nafsu makan menurun.

Tapi pastikan reaksi yang timbul ya setelah diberikan makanan baru, jika terjadi reaksi mencret maka sebaiknya pemberian makanan baru dihentikan.

Menurut pengalaman saya pribadi, kucing kami (lily dan voodoo) tidak mengalami perubahan bentuk feses menjadi cair ketika makanan nya kami seling dengan puding ikan, ikan rebus, ayam rebus, maupun udang.

Memberi makan dengan sumber protein kan mahal?

Sumber protein seperti daging, ayam, ikan memang merupakan bahan makanan yang tidak murah. Untuk diri sendiri saja belum tentu setiap hari bisa makan protein hewani. Namun, karena memang kucing penting untuk konsumsi protein hewani, kita bisa menyiasatinya dengan mencampurkan protein hewani dalam pakan.

Misalnya dengan memberikan jeroan ikan maupun jeroan ayam dan lainnya di sela waktu makan. Jika biasanya dalam satu hari memberikan makan 3 kali makanan kering komersial, maka bisa diganti dengan 2 kali makanan kering, 1 kali memberikan ikan maupun jeroan nya, ataupun jeroan ayam.

Atau bisa juga membuat makanan basah sendiri dengan menggunakan ikan maupun ayam lalu di haluskan, dicampurkan dengan agar-agar dan menjadi puding ikan maupun puding ayam.

Silahkan baca : cara membuat makanan kucing sendiri

Jadi, memberikan nasi pada kucing sebaiknya memang tidak diberikan terlalu banyak dan terus menerus, karena kucing membutuhkan lebih banyak protein dibandingkan dengan nasi. Setiap melakukan pergantian pakan ada baiknya konsultasikan ke dokter hewan (karena biasanya reaksi yang timbul akan berbeda tergantung individu).

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

 

Referensi :

[NRC] National research council . 2006. Nutrition requirements of dogs and cats. National academic press : Washington

WALTHAM.2009.WALTHAM® pocket book of essential nutrition for cats and dogs. Waltham center of pet nutrition : Leicestershire

Buffington. 2004. Manual of veterinary dietetics. Elsevier : usa

Gross LK, Yamka RM, Khoo C, Friesen KG, Jewell DE, Schoenherr WD, Debraekeleer J, Zicker SC. 2010. Chapter 5 : Macronutrients , di dalam : Small animal clinical Nutrition 5th ed. Mark morris Institute.

73 comments

Kucing saya 2, si romeo picky banget sama makanan kering dan wet food kaleng cuma mau satu brand aja tapi dia ok dikasih daging ayam/ikan rebus atau puding ati. Nah si jack nih.. maunya dry food terus, dia ga pemilih pernah lagi keabisan brand yang biasa dikasih brand lain dimakan juga tapi wet food, daging ayam ikan sama sekali ga mau 🙁 dia terpaksa mau makan wet food kalau seharian ga dikasih makan. Gimana kalau gitu ya dok? Apakah ga apa-apa si jack cuma makan dry food terus?

Dok kalo dikasih tempe goreng (digoreng pakai mentega) pas lg mencret boleh ga? Soalnya banyak baca dari artikel lain & dari orang yg udah lama melihara kucing boleh2 aja katanya

Dok saya mau tanya, beberapa hari yang lalu , kucing saya diare encer , poopnya berwarna kuning ada cacingnya , abis itu ak kasih obat cacing, alhamdulillah udah nggak cacingan , tapi perutnya masih buncit , poopnya juga masih agak lembek berwarna kuning .. setiap hari ak kasih makan nasi+ikan ,
apakah, feses encer berwarna kuning tsb disebabkan karena pemberian makan nasi tersebut ya dok?
terimakasih

Seperti yang disampaikan di artikel..pemberian nasi untuk kucing memang kurang sesuai, krn kn dia tdk d rancang saluran cernanya untuk konsumsi nasi berlebihan. Jd sebaiknya berikan cukup ikan saja. Nasi terlalu sering dan banyak bisa bikin mencret dan diare

Selamat pagi. Maaf dok saya mau tanya bagaimana penyembuhan kucing yang anusnya keluar.sudah pernah saya operasi sampai 2x tapi mash keluar anusnya dok.bagaimana cara saya merawat dan mengobati agar bisa normal kembali dok.terimakasih sebelumnya?

Perlu diperhatikan juga makanannya ya, jgn sampai terlalu keras, jangan membuat kucingnya mengejan, krn bs membuat keluar kembali anusnya

Hallo dokter, saya rheza saya punya kucing umur 5 bulan. Dia sering kaya tersedat gitu / batuk, terus kalo nafasnya juga seperti mendengkur kenapa yaa dokter? Termakash

Halo dok, mau tanya. Kucing saya udah 3 kali muntah. pertama kali muntah agak putih berbusa terus dia gamau makan dan minum sama sekali. besoknya dia makan seperti biasa, biasanya saya kasih makan wet food, dan minum susu. tapi tiba-tiba dia muntah lagi dan sekarang tidak mau makan ataupun minum. kira-kira mengatasinya bagaimana ya dok? Terima Kasih

Dok saya mau tanya, kucing saya berumur 5 bulan, setiap hari kucing saya dikasih makan nasi sama ikan, kadang juga diselingi dengan makanan basah yg biasa dibeli di petshop, baru kemarin ini kucing saya mengalami mencret tiba”, kira” penyebabnya apa ya dok? Padahal dia ngga makan di luar, tapi tanpa sepengetahuan saya dia suka minum air yg ada di lantai kamar mandi. Trims dok.

Halo dok, saya jessica, saya mau tanya..kucing saya umur 5 bulan, udh 2 hari ini mencret, padahal dia ga makan di luar, tapi kadang” dia suka minum air yg ada di lantai kamar mandi, padahal udh ada air bersih di tempat minum, hri ini dia dikasih tempe yg direbus dengan ayam, awalnya dia tidak mau, lalu akhirnya tempe tsb dicampur dengan makanan basah yg dibeli di petshop, akhirnya dia mau makan tapi sedikit, dia terlihat lemas dan kalau berjalan agak oleng dok, gimana ya dok cara mengatasinya? Trims dok.

Dok.. Saya punya kucing persia 2. Nah yang satu ini sudah nurut banget sama saya, alhamdulillah sehat saya senang. Tapi sejak 2hari ini sering hujan, saya juga sudah mengatur biar kucing gak kedinginan. Keesokan harinya saya melihat dihidungnya ada seperti luka sedikit saya kira cuman kepentok tapi makin lama bintik hitamnya menyebar di hidungnya, terus saya mendapatkan kucing saya mengeluarkan lendir/semacam liur dimulutnya saya bersihkan tpi terus keluar setiap menitnya. Makin lama menyebar kebagian pipi. Jadi kedua pipi juga ikut terkena lendir itu. Sementara saya cuman pertolongan pertama dgn air kelapa. Hari ini kucingnya malah bau busuk dok, sampai di lalerin. Tapi kalo saya lepas dia masih bisa lari dan memang menyendiri mulu dok. Saya sampai kepikiran terus, gak tega jadi liatnya Itu penyakit apa ya? cara menanganinya?

Segera ke dokter ya untuk mendapatkan pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

Pagi dok saya piara kucing kampung masih kurang lebih usia 2bln itu saya Nemu d jalan. Trus saya kasih susu beruang dan makan nya saya kasih organik tapi sebelum nya mereka lincah² sekarang mereka tdr terus g mau makan trus poop nya cair berwarna kuning dan g mau makan apa yg hrs saya lakukan agar mereka dapat makan dan sehat kembali tolong saran nya dok tkx

dok, kucing saya sering kencing sembarangan padahal tempatnya udah ada, dia sering posisi kencing dan kencingnya sedikit tapi sering, cara mengatasinya gmana dok?

Dokter saya Nemu kitten di kampus. Saya liat ga ada indukan nya. Jadi saya bawa ke rumah karena kasian. Sampe di rumah saya kasih wetfood kitten yang saya pake untuk kucing saya yang lain. Tapi hari ke dua dia jadi tidak mau makan , saya suapi sebisa nya. Walaupun yang masuk ke mulut hanya sedikit. Dan saya juga masih minum menggunakan spuit karena dia tidak meminum air yang sudah saya sediakan .

Saya harus bagaimana dok ?

Halo Dok, saya punya kucing adopt neo natal 2 ekor betina dan jantan tp skg tinggal seekor yang jantan. Krn adiknya tewas. 2 hari sebelum tewas perut nya besar dan tidak poop.
Kini si jantan sudah siap vaksin. Sudah +- 3bulan usianya. Sudah pernah deworming. Sudah pandai menggunakan litter boxnya, sudah bisa makan makanan kering yang kadang masih saya kasih wet food sekitar 3 sampai 5 hari sekali. Padahal saya rajin buat suntik vitamin sekitar 10 sampai 13 hari skali. Yang saya ingin tanyakan, kenapa buncit juga ya Dok perutnya si Jantan ini? Score feces biasanya 2 atau 2,5 tapi 2 hari ini skornya jadi 3. Karena dirumah kedatangan jantan yang seumuran dia. Apakah mereka berdua harus saya bawa ke vet?

Pemeriksaan ke dokter sebaiknya juga dilakukan, pemberian obat cacing bisa d ulang kembali setiap 1 bulan jika memanh diperlukan

Halo dok saya punya bayi kucing awal nya ada bayi kucing di jalan saya kasian jadi saya urusin bayi kucing nya dok saya gk di bolehin sama mama kalo bayi kucing itu tidur di dalam rumah nah jadi boleh gak dok kucing nya di taro di luar padahal umurnya masih sekitar 2 hari?
Terimakasih.

Dok saya mau tanya, kucing saya persia 2 hari terakhir nafsu makannya menurun lalu, banyak mengeluarkan air liur dari mulutnya trus mencret jg, tingkahnya aneh skrg jadi lebih agresif kalo disentuh. Gimana dok?

DOk jenis ikan yg baik untuk kucing ikan apa ya? Saya mau beli di pasar tp gatau mesti beli ikan apa,, biasanya saya kasih wishkas tp skrg kruangan lg kritis jd mau bikin wet food sendiri

Dok. Kucing saya persia 3 bulan. Sy ksh mkn dry food, tidak ada kendala apa2. Namun 2 hari ini dia mencret, jarak pup yg biasanya sehari 1-2 hari skrg 2-3 kali, tp nafsu makan dan keaktifan bergerak masi tetap. Ini kenapa ya dok? Terimakasih atas jawabannya ?

dok saya mau nanya, kucing saya gak mau makan,diare ma muntah.. apa pnyebabnya dok N bagaimana cara mengobatix??

Maaf dok,saya mau tanya kucing sy tertabrak mobil,kakinya hancur bagian kuku,betis sobek…gmna nanggulanginy y dok,skrg udah bau kurang enak lukany dok,dsni minim dokter hwan,apa bsa smbuh dgn sndiriny y dok,trims

Ke dokter ya, usahakan segera ke dokter. Kalau jaringannya busuk bs infeksi, bs menyebabkan infeksi scr sistemik, bs menyebabkan kematian juga krn biasanya lemas, g mau makan,

Dok, kalo kucing keluar darah dari hidung itu kenapa ya? Sebelumnya kucingnya suka bersin bersin terus. Terima Kasih

bersin yang terlalu kencang bs menyebabkan hidung berdarah krn mukosa atau dinding hidung yang tipis, tapi bisa juga ada kemungkinan lainnya spt adanya luka akibat cedera, atau bs ada tumbuhnya jaringan (tumor) di dlm hidung, bs juga kelainan sistem pembekuan darah

Dok saya mau tanya,kalou kucing anggora kadang-kadang diberi makan chicken nugget,apa ada dampak negatifnya dok??
Terimakasih.

karena kandungan garam dan pengawet serta msg nya yang disesuaikan untuk manusia bukan untuk kucing. jadi sebaiknya tdk diberikan selain akan memberikan dampak terhadap perubahan saluran cerna nya sepert mencret, juga tdk baik untuk diberikan ke kucing krn kandungannya tdk sesuai. jika ingn memberikan ayam sebaiknya membuat sendiri saja dengan ayam rebus

Dok, kitten saya usia 2 bulan terkena cacingan. 3 hari yang lalu baru saya kasih caniverm dan besoknya keluar 2 ekor dr (maaf) anusnya. Badannya jadi kurus dan perutnya buncit sekali dan sekarang2 nafsu makannya jadi berkurang sekali. Apakah boleh memberi combantrin dalam jangka waktu yang belum seminggu dari pemberian awal? Atau saya harus menunggu 2 minggu? Terimakasih sebelumnya, dok.

sebaiknya jika ada indikasi cacingan yang parah segera periksakan ke dokter ya, pemberian obat cacing diulang 2 minggu-1 bulan sekali tergantung keparahan kondisinya

assalamualaikum doktor. saya dari malaysia. sya ada anak kucing 5 ekor sebelum ini. tapi mati 4ekor kerana sakitnya tak mahu makan apa awalnya saya tidak tahu tanda2nya bila ank kucing yang pertama sudah mati tapi bila yg kedua smpai keempat sakit, saya perasan yg tapak kakinya menjdi pucat kekuningan + sejuk, telinganya pun sama, nafas berbau dan matanya seperti ngantuk. Dijadikan cerita mak kucing nie sudah abaikan mereka kerana sudah ada ank2 yg yg baru. Jadi, bila ank kucing yg ke-5 ini hampir sja kena simptom yg sma, adik lelaki sya ambil dia dan bagi dia minum susu ibunya dan alhamdulillah masih hidup sampai sekarang. boleh tak anak kucing minum air kultur seperti yakult ??

Yakult merupakan probiotik memang sangat baik untuk pencernaan termasuk kucing. Namun perlu juga diperhatikan jika usianya kurang dari 1 bulan harus masih full menggunakan susu induk,

Dok, kucing saya kitten dan lagi mengalami fase diare. nafsu makan menurun. apa yang harus saya lakukan di fase ini?

Dok, sy nemu anak kucing matanya sakit dua-duanya. Mau sy bw ke dokter hewan tp msh pd tutup karna msh libur lebaran. Pet shop pun belum pd buka jd sampai skrg blm makan dok, sy bingung mau dikasih apa takut nanti kenapa”. Tolong sarannya dok, usianya sy jg tdk tau pasti mgkn sktr 4 mgguan atau lebih. Tlng ya dok, bolehkah diberi air putih saja, atau bear brand atau bolehkah dikasih ikan goreng terimakasih..

Dok saya mau tanya, kucing saya sebulan yang lalu baru melahirkan lalu terlihat kurus sekali, dan skrng ia sedang menyusui.kemudian dia juga sering sekali mengeong untuk minta makan karna saya kasian maka tiap kali mengeong saya kasih makan, lalu apakah pemberian makanan terlalu sering dan mengganti jenis makanan berpengaruh pada kurusnya kucing saya?

untuk kucing menyusui pemberian makan tidak masalah dalam jumlah yang sering dan banyak, karena memang dibutuhkan energi yang banyak untuk menyusui. biasanya menjadi kurus setelah melahirkan disebabkan maintenance saat hamilnya kurang baik, jadi kucing tidak seimbang energi yang didapatkan dan yang dikeluarkannya.
sebaiknya penting juga diperiksakan ke dokter ya untuk mengetahui kondisinya lebih lanjut, dikhawatirkan ada infeksi kronis yang perlu penanganan.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Hallo dok, Saya mau tanya. kucing saya usia 7bulan lebih. Pas saya elus-elus ternyata ada bintik-bintik hitam di daerah sekitar tengkuk, saya cari-cari lagi ternyata ada beberapa kutu. Di usia 7bulan apakah kucing sudah boleh ditetes obat kutu atau mandi kutu? soalnya saya pernah dikasih tau kalo kucing dibawah 1 tahun belum bisa dikasih obat kutu? apakah itu benar dok. Terima kasih

Dok, anak kucing sy usia 5 minggu muntah ngeluarin cacing. Pdhl dia cm menyusu sm induknya saja, masih blom mau dikasi makanan padat atau susu instan. Sy sdh beri dia obat cacing, tp apa perlu pengulangan dalam memberi obat, dok? Dan ada salah satu dr anak kucing sy yg kelopak mata bawahnya bengkak seperti meradang. Diberi obat apa ya dok? Soalnya petshop di wilayah sy blom ada. Kalau cara menghilangkan kutu pada kucing bagaimana? Dan pemberian ragi pada kucing betina dewasa apa benar bisa membuatnya tak bisa hamil? Sekian dok, maaf kalau pertanyaan sy terlalu banyak. Terima kasih…

Dok kok kucing saya lesu dan nggak mau makan biasanya kalo seperti itu tanda tanda kucing saya cacingan tapi saya udah kasih kucing saya obat cacing tapi tetap nggak sembuh sembuh dok

kucing lesu tidak mau makan belum tentu cacingan saja, semua penyakit infeksi maupun ada cedera gejalanya hampir sama. jadi sebaiknya memang konsultasikan dulu ke dokter ya.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Tanya jawab dokter hewan

Saya punya kucing kampung dulunya mau makan nasi + ikan.saya iseng…saya kasih dia wet food.eh sekarang dia nggak mau makan nasi sm ikan.nenek saya malah ngancem mau buang kucing karena dia nggak mau makan nasi lagi.ini solusinya gimana ya

Saya punya kucing kampung yang biasa saya beri makan nasi+ikan. Taoi kucing saya diare setelah makan nasi. Kemuadia saya coba memberi makan dryfood. Apa pemberian dryfood setiap hari sudah mencukupi nutrisi kucing?

Leave a Reply

*