Berapa biaya ke dokter hewan? – TANYA DOKTER HEWAN

Berapa biaya ke dokter hewan?

Berapa biaya ke dokter hewan ?

Banyak sekali pemilik hewan yang menanyakan hal ini kepada saya, baik melalui instagram @tanyadokterhewan maupun melalui website tanyadokterhewan.com.

Sebenarnya dari beberapa pertanyaan, pemilik ingin sekali membawa hewan nya ke dokter hewan ketika sakit, namun yang dikhawatirkan adalah biaya nya, khawatir mahal dan tidak sesuai dengan budget masing-masing. Biasanya juga  bingung dan tidak tahu  mencari alamat dokter hewan yang tepat di daerahnya masing-masing.

Saya juga pernah memberikan pertanyaan sebagai survey spontan dalam unggahan di instagram @tanyadokterhewan untuk menanyakan pandangan pemilik hewan seputar klinik maupun praktek dokter hewan. Bisa cek disini link nya: Instagram @tanyadokterhewan 

Ternyata komentar nya pun beragam, namun kebanyakan mengatakan mahal.

Lalu benarkah biaya ke dokter hewan itu mahal?

Masalah mahal atau murah pada dasarnya masing-masing memiliki pandangan yang berbeda. Tergantung prioritas masing-masing individu, jika memang sudah menganggarkan untuk menyisihkan sebagian dana untuk dana kesehatan hewan peliharaan tentu akan terasa ringan bagi pemilik. Namun, jika hewan peliharaan seperti anjing dan kucing belum menjadi prioritas (tidak dianggarkan dananya) maka ketika mendapati tagihan klinik mencapai Jutaan rupiah tentu akan terkejut dan terbebani.

Jika memang dibandingkan dengan biaya pengobatan manusia, memang cenderung lebih mahal (ini juga relatif tergantung kasusnya) karena belum ada tanggungan dari asuransi, lembaga penjamin dana kesehatan seperti BPJS, belum juga ada kartu sehat gratis.

Penyebab lainnya juga banyak obat dan peralatan yang harganya cukup mahal dan didapatkan dengan mengimpor dari luar negeri sehingga biaya yang dikeluarkan untuk alat dan obat lebih tinggi.

Berapa kisaran dana yang harus dikeluarkan untuk melakukan pemeriksaan di dokter hewan ?

Ini pertanyaan yang sering sekali ditanyakan, masalah rupiah tentu sangat sensitif untuk dibicarakan ya. Tapi, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan berkaitan dengan mahal atau tidaknya rupiah yang harus dikeluarkan untuk pemeriksaan ke dokter hewan, yaitu :

  1. Jenis tempat praktik dokter hewan

    Dokter hewan yang melakukan praktik atau pelayanan jasa medis veteriner terdapat beberapa jenis tempat praktik, yaitu :

    a. Praktik dokter hewan mandiri

    Praktik ini merupakan praktik yang dijalankan oleh dokter hewan secara individu. Management nya pun dikelola sendiri, biasanya dokter hewan praktik mandiri menggunakan nama pribadi di papan nama tempat praktek nya. Misalnya Praktek dokter hewan drh. Puspasari . Tarif Jasa pelayanan sepenuhnya bergantung kepada dokter.

    b. Praktek dokter hewan Bersama (PDHB)

    Praktik ini merupakan praktik yang dijalankan beberapa dokter hewan dalam satu tempat praktik dan terdapat dokter hewan penanggung jawab. Tarif jasa pelayanan tentu bervariasi tergantung masing-masing management.

    c. Klinik dokter hewan

    Klinik dokter hewan memiliki management yang jelas umumnya swasta, bisa juga perseorangan dengan susunan management yang terstruktur. Memiliki dokter hewan lebih dari 1 biasanya, dan ada dokter hewan koordinator atau penanggung jawab. Klinik ini memiliki perlengkapan yang lebih lengkap dari dokter hewan praktik mandiri, sudah ada laboratorium di klinik untuk pemeriksaan darah dan juga pemeriksaan lab lainnya. Tarif jasa pelayanan nya tentu bergantung masing-masing manajemen dan tindakan yang dilakukan.

    d. Puskeswan

    Jika pelayanan kesehatan pada manusia ada Puskesmas, kalau di hewan terdapat Puskeswan (pusat kesehatan hewan). Puskeswan merupakan salah satu UPT (unit pelayanan teknis) di bawah Dinas pertanian, peternakan pada Kota maupun Kabupaten. Tarif jasa pelayanan nya diatur dalam Perda (peraturan daerah) biasa nya tarifnya lebih terjangkau.

    e. Rumah sakit Hewan

    Rumah sakit hewan bisa dikelola oleh swasta maupun universitas. Beberapa universitas yang memiliki Fakultas Kedokteran Hewan memiliki Rumah Sakit Hewan Pendidikan.  Biasanya rumah sakit hewan pendidikan mengikutsertakan calon dokter hewan yang sedang melakukan koasistensi untuk belajar. Rumah sakit hewan ada juga yang dikelola oleh pemerintah tingkat provinsi salah satunya Rumah sakit hewan Provinsi Jawa Barat di Cikole.

    Terdapat juga rumah sakit hewan yang dikelola oleh yayasan swasta, salah satunya Rumah sakit hewan Jakarta.

    Rumah sakit hewan memiliki fasilitas yang sangat lengkap, biasanya dijadikan rujukan oleh klinik maupun praktek dokter hewan mandiri.

    Biaya jasa pelayanan medis pada rumah sakit tergantung juga management nya, jika milik pemerintah biaya nya sudah diatur sehingga lebih terjangkau.

  2. Jenis Tindakan dan Pelayanan

    Jenis tindakan dan pelayanan terhadap anjing dan kucing juga mempengaruhi biaya yang dikeluarkan oleh pemilik, diantaranya :

    a. Konsultasi

    Biaya konsultasi biasanya tidak termasuk biaya obat dan vaksin. Kisarannya 50.000-150.000 rupiah, bisa lebih tinggi atau lebih rendah tergantung kebijakan masing-masing.

    b. Biaya Tindakan

    Jika diperlukan, dokter akan melakukan tindakan lanjutan misalnya infus, pemeriksaan kerokan kulit, pemeriksaan darah, ronsen (X ray), USG, jahit luka dan tindakan lainnya. Biaya nya bervariasi tergantung dari jenis pelayanan, untuk ronsen (X-ray) dan USG berkisar 200.000 rupiah, sementara pengambilan darah lengkap berkisar 200.000-300.000 rupiah. Biaya ini sepenuhnya bergantung dengan kebijakan masing-masing manajemen maupun dokter.

    c. Operasi

    Tindakan lanjutan operasi jika perlu dilakukan, biayanya tergantung dari kondisi, keparahan, dan jenis operasi yang dilakukan. Operasi yang rumit tentu membutuhkan biaya yang cukup mahal. Steril dan kastrasi juga salah satu tindakan operasi yang biayanya bervariasi. Operasi berkisar 500.000 hingga lebih dari 2 juta rupiah.

    d. Terapi tambahan

    Biaya terapi misalnya akupuntur, massage (pijat) dan terapi lainnya dilakukan oleh dokter.

    e. Biaya obat

    Biaya obat tentu sangat bergantung dari jumlah dan jenis obat yang digunakan. Bisa tersedia di dokter hewan ataupun bisa diberikan resep dan ditebus di apotek terdekat.

    f. Rawat Inap

    Rawat inap sakit biasanya ada biaya visit dokter setiap hari dan biaya pengobatan harian. Biaya nya tentu tergantung lama rawat inap dan jenis terapi yang setiap hari diberikan dokter.

    g. Biaya House call (panggil dokter ke rumah)

    Beberapa dokter menyediakan juga jasa untuk melakukan perawatan di rumah pemilik. Biasanya dokter akan menentukan biaya transportasi atau biaya kunjungan di luar biaya konsultasi dokter. Tentu besar biaya nya tergantung jarak tempuh serta kebijakan masing-masing dokter ya.

    f. Vaksinasi

    Vaksinasi termasuk program penting untuk menjaga kesehatan anjing dan kucing. Jenis vaksin untuk anjing dan kucing bisa cek disini : vaksinasi anjing dan kucing

    Biaya vaksinasi tergantung jenis vaksinnya, kisarannya 200.000, bisa lebih murah ataupun lebih tinggi.

    g. Biaya emergency (gawat darurat)

    Biaya penanganan gawat darurat ini biasanya lebih tinggi dari biaya normal karena dilakukan di luar jam kerja normal. Klinik 24 jam maupun rumah sakit hewan bisa menerima kasus emergency karena ada dokter jaga yang bergantian bertugas setiap harinya.

Dimana bisa mendapatkan kontak dokter hewan?

Saat ini, mendapatkan info mengenai apapun sangat mudah sekali. Hanya dengan menggunakan handphone, masuk ke mesin pencari (search engine), masukkan keyword yang diinginkan dan semua informasi pun diperoleh.

Jadi, untuk mengetahui kontak dokter hewan bisa langsung cek masing-masing ya. Untuk mengetahui info biaya, bisa ditanyakan langsung ke tempat praktek, klinik, maupun rumah sakit hewan yang akan dituju.

Pada beberapa daerah memang keberadaan dokter hewan masih terbatas, ini juga masih menjadi tantangan untuk profesi ini. Semoga dengan bertambahnya universitas yang memiliki fakultas kedokteran hewan, persebaran dokter hewan semakin merata.

Informasi tambahan : Saat ini ada 11 Universitas yang memiliki Fakultas kedokteran hewan / Program studi dokter hewan yaitu Universitas Syiah Kuala Aceh (Unsyiah), Universitas Padjajaran (Unpad), Institut Pertanian Bogor (IPB), Unversitas Gajah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Wijaya Kusuma (UWKS), Universitas Udayana (Bali), Universitas Nusa Tenggara Barat (UNTB), Universitas Hassanudin (Unhas), Universitas Nusa Cendana (Undana).

Kalau Tanya dokter hewan melalui media sosial atau online boleh tidak?

Kadang, banyak juga yang merasa kecewa karena sudah nulis panjang-panjang, curhat panjang lebar kondisi anjing dan kucing nya di website tanyadokterhewan.com maupun komentar instagram @tanyadokterhewan, oleh dokter dijawab “sebaiknya diperiksakan ke dokter hewan ya!” .

Tidak jarang banyak yang kesal dan menjawab balik “gimana sih, kan udah nanya panjang, dijawabnya ke dokter lagi” terus ada juga yang bilang ” loh ini kan udah nanya sama dokter”, atau ada juga yang dari awal sudah bilang ” dok, saya jauh dan gak tau dimana dokter hewan, saya mau tanya kucing saya gini dok” , dan lain lainnya.

Ini perlu diluruskan ya, jadi melakukan tanya jawab atau diskusi dengan dokter hewan ataupun forum pecinta hewan melalui media sosial maupun online memang tidak ada salahnya untuk tau gambaran secara umum atau kemungkinan yang terjadi berdasarkan pertanyaan yang disampaikan. Namun pemeriksaan oleh dokter hewan penting dan tetap perlu dilakukan karena diagnosa tidak bisa diberikan tanpa melakukan pemeriksaan.

Pemeriksaan juga penting untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat, dikhawatirkan jika tidak dilakukan pemeriksaan dulu lalu langsung memberikan obat tanpa saran dokter akan memperparah kondisinya.

Dokter perlu tau dulu kondisinya dengan melihat langsung, kalau tidak melihat, tidak meraba, bisa saja yang diutarakan dengan yang kenyataannya berbeda. Terutama kalau kondisinya sudah darurat, wajib sekali diperiksakan ke dokter hewan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cek juga disini : 12 kondisi wajib ke dokter hewan

 

Lalu, bagaimana supaya pemilik tenang dan tidak kewalahan berobat ke dokter hewan?

Berikut 7 tips agar pemilik tidak kewalahan berobat ke dokter hewan :

 

1. Sisihkan sebagian uang harian, mingguan, atau bulanan untuk budget kesehatan anjing dan kucing. Jadi, ketika ada kondisi darurat atau hewan sakit tidak repot untuk mencari dana kembali.

2. Rajin mencari info seputar kegiatan bakti sosial yang berkaitan dengan anjing dan kucingSaat ini, sangat banyak yayasan, komunitas, maupun tempat praktek dokter hewan, klinik maupun rumah sakit hewan yang mengadakan program bakti sosial. Biasanya melakukan pemeriksaan gratis, vaksinasi rabies gratis, harga khusus untuk vaksinasi, bahkan steril bersubsidi dan steril gratis. Biasanya terdapat syarat dan ketentuannya dan kuota nya pun dibatasi, jadi perlu semangat dan gesit untuk mendapatkan slot nya.

3. Melakukan check up (pemeriksaan rutin) ke dokter hewan, minimal 6 bulan atau 1 tahun sekali. Dokter akan memeriksa secara keseluruhan dan memberikan saran seputar kondisinya.

4. Melakukan vaksinasi dan memberikan obat cacing rutin. Vaksinasi hanya bisa dilakukan pada hewan yang sehat saja, jadi saat kondisi ini sangat baik untuk konsultasi juga dengan dokter hewan dan mendapatkan saran selanjutnya seputar nutrisi dan kesehatan anjing dan kucing. Obat cacing juga diberikan berdasarkan saran dokter hewan, biasanya dokter juga akan mengingatkan pemberian obat antiektoparasit (obat kutu) rutin.

Cek info vaksinasi disini : Mengapa wajib vaksinasi pada anjing dan kucing 

Info cacingan pada anjing dan kucing bisa cek disini : 10 pertanyaan tentang cacingan pada anjing dan kucing

5. Berikan makanan yang sesuai dengan kebutuhan dan usia anjing dan kucing

Info lebih lengkap bisa cek panduan nya disini : Panduan lengkap memberi makanan pada anjing dan kucing

6.Suplemen bisa saja diberikan untuk anjing dan kucing jika dirasa perlu, terutama suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

7.Berikan perhatian dan kasih sayang yang cukup

Anjing dan kucing bukan seperti barang yang dikandangkan dan dibiarkan saja. Mereka perlu perawatan, dijaga kebersihan, kesehatan, serta diberikan kasih sayang dengan diajak berkomunikasi dan bermain. Jika anjing dan kucing merasa aman dan nyaman tentu akan senang dan tidak tertekan, ini juga mempengaruhi daya tahan tubuh nya. Kondisi pskis dan fisik yang baik akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga menurunkan resiko terkena penyakit.

 

Mengambil keputusan untuk merawat anjing dan kucing perlu dibutuhkan komitmen untuk menyediakan waktu dan biaya yang tidak sedikit. Sebagai pemilik hewan yang bertanggung jawab perlu memikirkan biaya kesehatannya, sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Jangan akhirnya keberatan dengan biaya, dan membuat anjing dan kucing tidak diperhatikan.

Hal yang pelru dipikirkan adalah biaya kesehatan, biaya kesehatan dan pemeriksaan ke dokter hewan sangat bergantung dari kondisi kesehatan anjing dan kucing. Penting bagi pemilik untuk diperhatikan yaitu memastikan kebutuhan anjing dan kucing sesuai, mengurangi faktor penyebab stress sehingga bisa nyaman dan sehat. Kalau anjing dan kucing sehat, tentu pemilik juga akan senang, hidup juga lebih sehat.

197 comments

Permisi saya mau tanya dok.
Anak kucing saya umur 4-6 bulan sudah berhari-hari lemas,nafsu makan menurun drastis,hidung nya juga berdarah sedikit,muntah-muntah terus jika di kasih makan & susu kucing.
Saya sudah bawa ke dokter hewan di daerah saya tinggal tapi tidak di rawat dengan serius dok.
Apa yg harus saya lakukan dok, saya bingung mau di bawa lagi ke dokter hewan takut malah tambah parah dok.
Saya harus bagaimana dok,tolong di jawab.
Terima kasih

sebaiknya konsultasikan kembal ke dokter nya ya, perlu diperhatikan juga kondisi kucingnya, jika dari awal kondisinya sudah cukup parah terkadang pengobatannya cukup sulit, perlu bersabar juga dalam proses pengobatannya.

untuk selanjutnya, tanya jawab dan diskusi bisa dilakukan di sini : Tanya dokter hewan

seperti yang sudah dijelaskan di artikel ya, biaya tergantung dari klinik, dokter dan daerahnya. kisaran biayanya sudah ada di artikel. kalau ingin yang lebih terjangkau bisa periksakan di puskeswan

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

sebenarnya tergantung dari kondisi kucingnya, nanti dicek dulu biasanya perlu juga dilakukan pemeriksaan lanjutan seperti ronsen untuk tau kondisi kakinya. pemeriksaan ronsen (x ray) berkisar 200.000 keatas

Dok saya mau nanya kucing saya seperti orang sembelit dok , nafsu makanya turun , lesu , jalanya seperti orang nahan berak namun pas tadi pagi keluarnya hanya sedikit dok saya harus gmna dok tolong dijawab dok

silahkan baca artikel mengenai kucing konstipasi atau sembelit, manfaatkan fitur cari tulisan.

Dok sy mau tanya,ini kan kucing saya kelihatannya terkena penyakit pyometra terbuka karna vaginanya mengeluarkan darah dan nanah. Nah sempat kemarin dirawat inap oleh salah satu dokter hewan tetangga saya selama 3 hari dan kemudian di kasi obat berupa alcohol dan salep levertran untuk di oleskan pada vaginanya, pada saat itu saya tdk bertemu dgn dokternya dan dokternya saat membawa pulang kucing sy stlah rawat inap jg tdk mengatakan apa apa pada keluarga sy. Nah yg sy mau tanyakan salep levertran dan alcohol itu apa emg bs untuk mengobati pyometra kucing saya? Karna sy rasanya kok ragu dok,soalnya sy baca itu salep nya untuk luka dan luka bakar.mohon konfirmasinya dok thx

Hallo dok. Aku mau tanya. Aku punya puppy umur 2 bulan. Di perutnya ada benjolan kaya bisul gitu dok kira2 kenapa ya? Tapi puppy aku makan nya gak keganggu sih cuma dia kurang mau minum aja jadi kalo minum harus di suapin gitu. Makasih sebelumnya

Hallo dok. saya mau tanya anak kucing saya umurnya sekitar 4-5 bulan. kaki depannya sebelah kiri tidak bisa jalan terkulai saja. awalnya bisa jalan dengan 3 kaki. setelah semalaman dua dua kaki depannya tidak bisa jalan lagi dok. kucingnya tidak nafsu makan dan kebanyakan diam dan marah jika kakinya dipegang . karena apa ya dok bisa seperti itu ? bagaimana mengobatinya dok ? mohon bantuan nya dok ?

apakah sudah diperiksakan ke dokter?

kucing yang mengalami sakit dibagian tubuhnya tentu akan marah dan tidak nyaman kalau disentuh, sangat berpengaruh juga ke daya tahan tubuhnya. sebaiknya diperhatikan kembali apakah ada luka ataupun cedera sebelumnya pada kaki

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Assalammualaikum dok, dok kan aku nemui anak kucing yang matanya udah putih semua dan matanya tu hampir keluar gitu dok, aku gak tau mau bawa kemana dok, kasian banget liat anak kucing itu dok, aku juga gak tau mau lakuin apa sama dia , mau rawat aku juga belum bisa, aku minta dokter ngasih saran nya ya?

dok, kucing saya di salah satu pipinya bengkak dan bengkaknya sampai skrg sangat besar, kalo itu karena abses, gmna caranya saya ngobatin ya dok? apa harus ke dokter, tp saya takut biayanya sgt mahal. Kira” pertolongan pertama yg bisa saya lakukan apa ya dok? mohon bantuannya terimakasih

pemeriksaan ke dokter sebaiknya tetap harus dilakukan, dikhawatirkan kalau dibiarkan bisa mengalami infeksi. jika sudah diperiksakan ke dokter, dokter bisa memberikan penanganan yang tepat sesuai dengan kondisinya.

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok sy mw tny..kucing sy kupingnya kena hematoma besar sekali.baru bulan lalu berobat.sdh dikeluarkan cairannya.pas pulang beberapa hari kemudian muncul lg cairannya..trs skrng ud membesar lg.sy hrs bagaimana yah dok?munkin ga dok cairannya itu bs pecah sendiri dan mengeluarkan cairan sendiri?dn klo sy bw lg kedokter pst kena biaya lg dn pst disuruh operasi lg.

untuk penanganan hematoma berulang memang sebaiknya dilakukan operasi lagi supaya lebih nyaman pada bagian telinga, namun perlu diperhatikan juga penanganan pasca operasinya, pastikan tidak menggaruk luka jika belum kering, bisa dipakaikan collar supaya tidak menggaruk. krn jika pecah sendiri bisa infeksi dan tentu sangat sakit dan tidak nyaman pada kucing nya.

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok, hamster saya matanya yang satu keluar. Saya kira itu kotoran dia sendiri makanya saya diemin berhari hari karena saya sempet begitu juga untuk hamster yang lainnya tapi lepas sendiri kotorannya
Nah pas saya cek tadi ko ada darah darahnya, ternyata itu bukan kotoran tapi matanya dia sendiri. Gimana ini dok? ?

Hallo Dokter saya mau bertanya, saya punya kucing kampung, dia tidur terus sudah hampir 3 hari ini, mulutnya sedikit berlendir dan berbau tidak sedap. itu kenapa ya dok? penyebabnya karena apa? baru kali ini kucing saya sakit seperti ini. dan kira” pengangan pertama apa yang harus saya lakukan. terimakasih dokkter

bau tidak enak dari mulut bisa karena radang, luka, atau ada infeksi daerah gusi dan mulut. sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya. jika tidak mau makan sebaiknya berikan makanan yang baunya menyengat dan teksturnya halus, kalau tdk mau bisa disuapi.

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Halo dok saya mau tanya ,kenapa ya dok kucing jantan saya suka pipis sembarangan contohnya di dinding rumah, dijendela. Apa itu artinya kucing saya menandai daerah kekuasaannya dok? Dan bagaimana cara mengatasi agar kucing saya tidak pipis sembarangan lagi? Saya minta pencerahannya dok .terimakasih 🙂

Di selangkangan kaki anjing puppy podle saya ada semacam bisul bernanah itu cara mengobatinya gimana ya? Oh ya sekalian cara menghindari penyakit tsb seperti apa tq

sebaiknya diperiksakan ke dokter, pemeriksaan yang tepat bsa memudahkan pengobatannya, dikhawatirkan ada infeksi dari tungau ataupun kutu yang berakibat pada infeksi di kulit

untuk selanjutnya tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Anak kucing saya kemarin sempat demam, trus sekarang jadi gak nafsu makan, lemes, suka menyendiri, sama lebih banyak minum air, trus juga mulutnya jadi bau gak enak gitu. Itu penyebabnya apa ya dok ? Mohon bantuannya ya. Makasih dok

tergantung keparahannya, jika membutuhkan operasi, biasanya operasi nya menghabiskan biaya lebih dari 1 juta rupiah tergantung juga klinik dan dokternya ya

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok kitten saya rambut di kepala, badan sampai kaki botak dan berbintik hitam. Matanya jg bengkak dan rambut disekitar mata jg rontok. Bagaimana ya dok?

baiknya konsultasikan ke dokter langsung ya untuk mendapatkan penanganan yang tepat, nanti akan di cek dan diperiksa lebih lanjut

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Dok saya mau tanya kucing saya berumur 4 bulan muntah terus menerus dan sesekali mengeluarkan cacing berwarna putih, tidak mau makan dan sakit bila dipegang, apakah kucing saya cacingan dok? Mohon dijawab. Terimakasih dok

Mau tanya dok. Kucing saya sudah 3 hari ini tidak mau makan dan minum, eeknya jadi kuning encer, jarang pipis, sering gemetar, kadang panas tp ga tinggi kadang nggak panas, awal mulanya dia keluar lalu bertengkar sama kucing liar trs dia setelah itu mau makan 1 x habis itu dia sudah tidak mau makan lagi 3 hari ini. Itu tanda2 sakit apa yaa dok? Lalu bagaimana mengatasinya?
Terimakasih

Untuk tau sakit nya perlu di cek ke dokter. Namun, ada kemungkinan jika terdapat luka pasca berkelahi yang tdk nampak krn tertutup rambut shg menyebabkan demam dan radang

dok saya mau tanya kenapa kucing saya akhir\” ini nggak mau makan, dia juga lemes dan tidur mulu pdahal biasanya dia hyperaktif dan juga lahap makannya , kucing saya berkisar umur 4-5 bulanan dok terimakasih mohon jawabannya dok ??

Kalau kucing mulai mengalami perubahan perilaku berarti ada yg membuat tidak nyaman, bisa krn sakit atau stress, sama juga spt manusia kalau sakit tentu tdk bs beraktifitas. Sebaiknya dikonsultasikan langsung ke dokter.

Dok maaf mau nanya kucing saya abis ketabrak mobil terus ada luka sobek gitu di bagian deket alat kelaminya darahnya gak berhenti2. saya harus gimana ya dok biar darahnya berhenti soalnya mau saya kasih betadin dia nyakar2 dan gak mau dideketin. dan kakinya seperti patah tulang. 🙁

Dok saya boleh nanyak gak…
Kenapa yah beberapa hari ini kucing saya gak mau makan dan badan nya pun lemas gak bisa berdiri lagi…

Kenapa yah dok..
Dan saya harus beri dia ap yah dok??
Mohon di jawab yah dok.

Dok anak kucing saya barusan saya kasih obat ear drops gitu abis itu dia garuk-garuk telinga kanannya terus-terusan dok. cuma telinga kanan aja. sama dia jd sering geleng-geleng kepalanya kayaknya grgr telinganya itu gatel sampe mata kanannya berair terus dia juga bunyi-bunyiin giginya. saya harus ngapain ya dok? sebelum dikasih obat ear drops nya itu emg suka garuk-garuk juga tp gak sesering sekarang. sama kalo dibawa ke dokter hewan kira-kira kena biaya berapa ya dok? makasih..

Pemberian ear drops atau tetes telinga mmg pd bbrp kucing tdk menyenangkan, tapi kalau ada luka, bs jadi perih atau sakit jadi menggelengkan kepala lebih keras krn tdk nyaman. Pemeriksaan ke dokter bervariasi untuk konsultasi range nya 50-150 ribu

segera periksakan ke dokter ya,jika terjadi pada anjing betina yang sedang memasuki masa birahi, bisa juga anjing mengalami loop kadang mengeluarkan darah sedikit. namun jika pada betina hamil, perlu diwaspadai kemungkinan akan melahirkan maupun ada kemungkinan keguguran. jika anjing jantan, kondisi ini tdk normal karena bisa menunjukkan adanya luka atau mungkin tumor

Maaf dok sy mau tanya , saya baru asopsi sugar gilder tapi dia sangat kurus sekali dan dari leher sampai ekor selalu dlm keadaan basah maksih dok

Dok saya mw tanya saya punya kucing sudah hampir seminggu jalan nya pincang keseleo atau patah tulang ya.. Dan harus bagaimana ya krna yg saya tw biaya dokter hewan aga mahal ya dok… Tlng pnjelasan nya

hi dok
mau tanya dong aku punya 2 anjing baru umur sekitar 2 bulan tapi flea ssama ticknya banyak bgt ;((
belum aku vaksin juga, tapi kemarin sempat aku bawa ke salon dimandiin dan di cukur hampir habis gppkan ya ???
tapi anak kutunya masih banyak bgt, saran menghilangkannya boleh yang efektif

caplak dan kutu bisa dilakukan pengendalian dengan mandi, bisa juga dengan penggunaan tetes tengkuk (ada yang khusus puppies), jangan lupa juga perlu dibersihkan kandang dan lingkungannya

Selamat malam dok, saya mau tanya. Udah dua hari ini kucing saya tidur trs, lemes. Gk mau makan, gk mau minum. Sempet sakali muntah cairan wrna ijo. Nafasnya jga gk beraturan. Itu kira kira knpa ya? Penanganan pertamanya gmna sblm ke dokter? Mohon di jawab dok. Terimakasih.

Maaf doc saya mahu tanya! Kucing saya nafasnya seperti manusia yg sedah asma, nafasnya lewat mulut udah satu hari, dikirain mahu melahirkan kan kucing saya sedang hamil, udah satu mlm tp masih begitu? Kira” biayanya berapa ya kalau diperiksa/berobat? Terima kasih

Untuk pemeriksaan tergantung kliniknya, seperti yg sudah dijelaskan di artikel. Konsultasi berkisar 50.000. sebaiknya jika kondisi bunting, minimal 1 kali konsultasikan ke dokter.

hi dok,
saya menemukan kucing, kitten kasihan kalo bernafas tersengal sengal lewat mulut terus menerus sampe sekarang kira kira kenapa?, trus kalau saya bawa ke dokter hewan berapa kira kira biayanya?

bisa karena ada gangguan atau sumbatan d saluran nafas, nyeri bagian perut, nyeri bagian dada. biaya pemeriksaan ke dokter sangat tergantung dengan tindakan yang dilakukan, sudah saya bahas di artikel kisarannya.

Dok,, kucing saya gk mau nafsu makan dan tubuh nya lemas sama panas mata nya merah, nafasnya juga gk beraturan, itu kira kira kenapa ya doktor, penaganan pertama sebelum ke dokter? Mohom di jawab dok
Terima kasih

untuk tau diagnosa lanjut perlu diperiksakan ke dokter, beberapa penyakit bisa menimbulkan gejala yang sama. kalau dibiarkan dikhawatirkan bisa semakin parah

Halo dok,
Kucing saya kena pyometra terbuka, saya bawa ke dokter hewan terus operasi . Tapi 3 minggu kemudian, hari ini tepatnya saya liat muncul nanah lagi. Itu kenapa ya dok? Terimakasih

Perlu dikonsultasikan kembali ke dokter sebaiknya, untuk d cek sumber infeksinya. Bisa jadi ada infeksi d vagina maupun organ lainnya.

Selamat siang dok.
Saya menemukan kucing yg berumur kurang dari 1 minggu. Dan saya memberikan kucing itu dengan susu sgm soya.. Tp tak lama kemudian kucing saya malah melemah. Apa mungkin karna posisi saya memberi susu salah? Soalnya kalo saya memberi minum seperti anak bayi..

Tolong tanggapan nya yg dok.. Terima kasih :’)

Slamt mlm dok, mau tnya pemberian antibiotik pada anjing bleh ga ya dcmpur sma nasi atau tulang, sma dosisnya bleh ga dosisny sma kyk manusia. Mkasi

Pemberian obat perlu resep dokter ya, krn dosisnya perlu disesuaikan dgn berat badan. Jd perlu d periksakan langsung

Segera cek ke dokter ya, kalau badannya panas bs juga demam, namun untuk memastikan perlu d cek suhunya

dok numpang tanya
saya punya kucing sudah 3 hari gk mau makan sekarang tidur terus di kasih minum juga sedikit kadang muntah berwarna kuning itu kira2 penyakit apa ya dok dan penanganan pertama nya bagaimana

terimakasih dok

Yth drh puspasari respaningtias mau tanya dok kucing saya muntah kuning udah dua hari tidak mau makan dan minum kondisi nya lemas kasian itu karena apa muntahnya tapi tidak diare gimana ya dok ?? Makasih.

Dok saya Mau nanya kenapa ya kucing saya yang berumur 2bulan ke atas kok gak begitu napzu makan ya? saya udah kasih wiscas (Mau cuman dikit ) Daging Sapi Telur kuning tempe makan cuman sedikit dok? gimana nih dok?

Selamat siang dok , mau bertanya kucing saya umur +-5 bulan matanya terus berair apakah kemungkinan iritasi dok ? Iritasi ini membuat nafsu makan kurang dok ?

Jika mata berair terus menerus, disertai kemerahan kemungkinan ada iritasi. Iritasi mata bs saja menywbabkan nafsu makan menurun krn kesakitan dan tdk nyaman.

Assalamu’alaikum dok, mau nanya syaa nemuin kucing sekitar 2 bln yg lalu, stelah 1 bulan sya pelihara kurang lebih, kucing sya it udah mulai sakit2an, malahan smpai sekarang kucing saya sudah mngalami kejang sebnyak 3 kli nah kejang yg terakhir in dia mngeluarkan darah di mulut, mata merah sebelah kiri, tidak mawi makn sudah 2 hari, tidak minum, lemmes, diam terus dan tidak permah bersuara, nafasnya agak sulit gimna yah dok

Waalaikumsalam. Sebaiknya jk sudah ada gejala yg cukup parah seperti kejang dan sesak nafas segeta konsultasikan ke dokter ya.

Assalamualaikum dok. Saya mau tanya, saya punya anakan kucing umur 2 bln, tp badannya lemas, hampir tdk bisa jalan dan tdk kuat menopang lehernya…. sehari saya bantu kasih susu 4-6 x sehari tapi kondisiny masih belum berubah…. reflek badan, mata oke. Tidak ad gejala mencret ato muntah. Kenapa ya dok……

Waalaikimsalam. Usia 2 bulan sebaiknya tidak hanya diberikan susu, tapi perlu juga asupan nutrisi dari makanan.

Vco bs membantu mengurangi kerak akibat jamur, biasanya kalau lokal bisa membantu, tapi kalau sudah menyeluruh tetap perlu konsultasi ke dokter

Permisi dok. Saya mau tanya, saya punya kucing blateran kucing kampung dan anggora, umurnya 2 bulan , udah dua hari gak mau minum susu, tapi masih mau ngajak bercanda dok, suka gigit, tapi lebih sering ngejilat, masih aktif masih bisa lari. Gimna dok badannya masih kurus, kalo ada nama obatnya kasih tau ya dok
Trims

Kucing usia 2 bulan sudha bisa diberikan makanan basah ya. Bisa cek perawatan kucing di web ini, silahkan download e book perawatan anak kucing

Assalamualikum Dok mau tanya kucing saya mata satunya bengkak berwarna putih bulat sprti bola mata yg mau keluar, kuatir takutnya buta soalnya umurnya baru 14 hari.. mau minta solusinya dok. Terimksih

Waalaikumsalam, sebaiknya dikonsultasikan ke dokter supaya diperiksakan apakah matanya masih berfungis atau terkena infeksi

Yth drh. Puspasari Respatiningtyas, saya punya kucing anggora betina dan sampai 2 minggu lalu diketahui sedang hamil besar (sudah masuk hari ke 60+). Sampai 2 minggu lalu kucing saya sudah mencari tempat utk melahirkan namun sering mengeluarkan darah dan daging menggumpal yg ukurannya kecil, badannya panas dingin dan warna bulunya menjadi pudar. Tapi saya tunggu sampai sekarang kucing saya belum juga melahirkan, namun kucing saya sudah mau menyusui anaknya dari kehamilan pertama dan sudah bertingkah normal (makan banyak, mau bermain, dll) bahkan sudah masuk waktu birahi lagi. Apakah mungkin kucing saya keguguran, dok? Apakah memungkinkan kucing keguguran karena tidak menemukan tempat melahirkan yg dikehendaki? Terima kasih.

Jika sebelum waktu lama kebuntingan normal terdapat pendarahan atau keluarnya janin, kemungkinan mengalami keguguran. Keguguran bs juga disebabkan krn jarak kehamilan terlalu dekat, faktor lingkungan yg menyebabkan stress, bs juga karena ada infeksi.

PAk sy mau taxa , , kucing sy luka parah, bekas kelahi , trus kucing saya robek di bgian perutx sampe keliatan daging dalamx, , apa di pake mengobatix, ,

Dokter saya mau tanya kucing saya sudah saya beri makan banyak sekali tetapi masih Lapar dan tetap mau makan kira2 kucing saya kenapa ya dok? Ada obat nya di pet shop nggak dok?

Perlu diketahui juga status pemberian obat cacing, status reproduksi sedang hamil, birahi atau tidak, usia, biasanya usia muda akan banyak aktifitas nya jadi perlu asupan lebih banyak. Jadi memang perlu disesuaikan jumlahnya, lebih baik sedikit tp sering dibandingkan sekaligus banyak.

Hallo dok, saya mau tanya nih sy kan punya kucing msh umur sekitar 2blnan makanny lahap aktif pengen maen trs tp waktu pup ad cacingny, apakah boleh dikasih obat cacing combantrin anak rasa jeruk ?

mohon penjelasanny dok mksh

Assalamualaikum…dok saya mau bertanya…kalau kucing saya mencret cara menangani pertolongan pertama di rumah bagaimana ya dok?
Apakah boleh di berikan obat sakit perut biasanya manusia minum?
Seperti dialet,norit ataupun entrostop anak?

Silahkan baca di web tanyadokterhewan.com tentang mengobati diare pada kucing ya. Sudah pernah dibahas soalnya.

Assalamualaikum dok saya mau tanya kucing saya demam sudh 2 hari . Tp masih mau makn dan minum wlwpun hnya sedikit…kbetulan tdi pagi saya coba kasih ikan sama nasi dn dy mau makan bnyak tp smpe skrg knp perutnya masih besar ya dok…padhl dy blum makan lgi

halo dok, saya mau tanya ttg burung.. saya baru saja adopsi burung falk.. sdh 2 hari bersin² dan untuk hari ini bersin mengeluarkan air.. apakah positif flu? dan bgmana penangannya? atau harus langsung dbawa ke dokter hewan?

pada unggas, bisa saja terkena flu, tapi selain itu infeksi virus atau bakteri lain juga bisa terutama kalau unggas baru di adopsi, tingkat stress bs menurunkan daya tahan tubuh akhirnya mudah terpapar penyakit. sebaiknya mmg konsultasikan ke dokter.

Selamat malam dok, kucing saya berusia 6tahun, dan giginya mulai ompong satu persatu.. blakangan mulutnya bau dan berliur, saya kira awalnya keracunan, saya kasih susu bearbrand biasanya hilang.. ini masih juga sama

Kucing saya sakit apa ya?

dok kucing saya kulitnya luka dan keluar nanah dengan bau yang tidak sedap dan lukanya itu menonjol, cara mudah untuk mengatasinya bagaimana yah? itu biasanya di karenakan apa? kucing saya persia, terus ada salep atau antiseptik kah untuk mengurangi lukanya? katanya luka pada kucing tidak boleh di beri alkohol benar atau tidak?

Silahkan cek di post artikel mengenai abses ya. Alkohol untuk luka tdk disarankan karena bs mematikan jaringan

selamat malam Dr..saya mau tanya. kucing sy perut sebelah kiri seperti bengkak. klu sy pengang tdk mau seperti kesakitan. napsu makannya jg berkurang. maunya tidur aja, lemes, klu jln jg pelan.seperti kesakitan. kucing sy biasan aktip bngt.

Perlu di cek ke dokter ya, untuk memastikaa penyebab bengkak nya. Kalau sakit tentu sangat tdk nyaman, apalagi bagian perut, salah satu bagian sensitif. Biasaaya kalau sakit bagian tsb nafas juga jd susah

Assalamualaikum dok..
Saya baru punya kucing dok.. Matanya berair terus padahal sidah pakai clean eye, akhir akhir ini lagi ga nafsu makan kaya gemeteran perutnya kedut kedut terus lemes dok.. Selain pakai bat nafsu makan dan makanan recovery apalagi ya dok untuk pertolongan pertama?
Jujur mau ke dokter hewan lagi ga ada uang lebih.

Terimakasih dok..

Makanan recovery ns membantu sementara, tetap disuapi saja diberikan lebih sering. Untuk sakit mata, mata berair penyebabnya macam2, membersihkan setiap hr dgn air hangat bs membantu. Kalau br d adopsi mmg rentan krn sedang beradaptasi

Dok Kucing sy betina sdh di steril tp knp msh tunggu ya birahinya padahal sdh berjalan 4 bln dr saat dia di steril, dia selalu mengeong dengan suara keras seperti layaknya kucing mau kawin, sy takutnya dokter yg melakukan sterilnya tdk benar melakukannya atw mungkin ada gak lain. Soalnya sdh 2 kucing sy yg di steril dngn dokter ini dan jg sama, mrk ini msh tinggi hasrat ingin kawinnya. Kucing sy ini ibu dan 3 anak dan semua anaknya betina. Yg ibunya udh di steril bln February lalu dan satu anaknya br di steril bln May lalu. Tlng dok sy perlu tau apa pendapat dan saran dokter.

Beberapa kucing akan memperlihatkan gejala birahi sampai 6 bulan pasca steril. Terutama kalau sebelumnya sdh pernahh kawin dan melahirkan.

Perlu diketahui jenis kelaminnya jantan atau betina, kalau betina sudah birahi bs jadi kalau sdh kawin bs bunting. Kalau tdk kawin bs jadi afa gangguan organ yg menyebabkan penumpukkan cairan, gas, dan lainnya.

Dokter saya mau tanya kalo bulu kucing sering rontok itu kenapa ya, tapi rontok nya gak banyak ngaruh dari makanan juga gak dok?
Udah gitu juga dibawah kupingnya luka dok itu obatnya apa ya dok..
Terima kasih

Makanan bisa, pengaruh parasit atau infeksi kulit bisa, lingkungan panas juga bisa . Jadi mmg perlu d cek apakah mmg rontoknya sangat banyak disertai gatal, atau kemerahan atau rontok normal saja.

dok saya mau tanya… saya baru adop kucing dua hari yg lalu,sampe skrg gk mau makan dan minum malah sampe muntah” knapa ya donk?

Silahkan cek di web ini artikel mengenai kucing tidak nafsu makan dan kucing muntah. Sy sudah pernah bahas dan sudah sering juga ditanyakan

Halo dok, saya mau tanya kucing saya sakit telinga, terus sering ngeluarin bau yang kurang enak gitu. Kira-kira kucing saya sakit apa ya dok? Mau konsultasi sama dokter hewan cuman belom tau sakitnya apa?

Oleh karena itu perlu konsultasi dgn dokter hewan dulu, dilakukan pemeriksaan baru dokter akan memberikan diagnosa. Sama juga seperti kita jika berobat ke dokter umum, dilakukan pemeriksaan baru nanti ketauan sakitnya apa.

Dok sya mau tanya kucing jantan saya seperti habis berantem .setelah itu saya cek ada dibagian ekor dan kelamin nanah berlubang bau serta badannya panas tinggi.kenapa iya itu dok?dan berapa biaya obat yang paling mahal untuk periksa kucing seperti itu?

Silahkan cek post mengenai abses, sy sudah bahas di artikel mengenai abses. Pengobatan tergantung kondisinya, berbeda2. Sy juga sdh bahas d artikel mengenai range biayanya.

Dok saya mau tanya, dimana di Indonesia yang menyediakan tes DNA untuk kucing ? dan berapa estimasi biayanya dan persyaratannya. Terimakasih

Sepertinya belum ada, krn cukup sulit untuk sequence DNA dan perlu perlengkapan yg advance. Kecuali mmg khusus untuk penelitian tertentu terkait penyakit menggunakan teknik PCR krn PCR juga memanfaatkan sequence DNA. kalau ingin tau silsilah biasanya dr silsilah induk atau pedigree.

Dok, kucing betina saya keluar nanah dr anus nya obatnya kira” apa yaa dok biar saya cari d apotik klo ada.. makasih

Perlu dipastikan dr anus atau vagina nya, ada nanah brrt ada infeksi, bs disertai dgn radang biasanya. Obatnya sebaiknya konsultasikan dulu ke dokter melalui pemeriksaan, di apotik umum biasanya ada tergantung resep dari dokter.

hallo dok,
saya mau tanya, kucing saya tidak mau makan, minum, dan buang air. kalau minum harus disuapin atau dipancing, makan pun gak mau, kerjaannya tidur seharian dan ketika bangun mencoba jalan, jalannya pincang, saya kaget padahal minggu pagi dia masih normal jalannya dan makan juga, ketika siang hari dia tidur sampai esok pagi, saya dan mamah saya khawatir dia mati dan kenapa”, biasa itu karena apa ya dok? karena saya baru pertama kali punya kucing

Penyebabnya bs macam2 bs krn ada infeksi, ada luka, stress krn lingkungan baru, kesakitan dll

maaf mau nanya dok kucing saya kaya ada jamur di dekat telinga nya trus bulunya juga jadi aga botak gitu,, cara ngobatin nya gmna ya,, kalau pake obat obat nya apa ya kalau boleh tau

Perlu diperhatikan dulu penyebabnya silahkan cek artikel mengenai skabies dan penyakit kulit di web ini ya. Manfaatkan juga fitur cari tulisan

Sebaiknya kalau sdh berhari2 tdk makan segera konsultasikan ke dokter. Lama kelamaan bisa lemas dan kekurangan nutrisi penting. Penyebab mulut tdk bs membuka mgkn ada cedera pd tulang rahang, otot, dan lainnya.

Dok, saya mau tanya kucing saya baru melahirkan dua Minggu terus salah satu anaknya ada Mataya nggak kebuka tapi satu kebuka? Itu perlu tindakan atau ditunggu beberapa Minggu lagi ?terus kl ke dokter hewan biaya sekitaran brp Dok?

Kalau ada kotoran d mata bs perlahan dibersihkan dgn air hangat. Cb stimulasi mata dgn menjemur setiap hari selama 2-5 menit, spy hangat dan daerah mata tdk lembab jd bs membuka. Normalnya 2 mg sdh membuka matanya.

Dok, saya mau tanya kucing saya baru melahirkan dua Minggu terus salah satu anaknya ada Mataya nggak kebuka tapi satu kebuka? Itu perlu tindakan atau ditunggu beberapa Minggu lagi ?terus kl ke dokter hewan biaya sekitaran brp Dok?

Dok sama mau tanya kucing saya telinga nya keluar kotoran banyak bnget sampe menggumpal keluar , sidah di bersihkan berkali2 gitu lagi , itu knp ya dok ? Terus gmna cara mengobatinya tanpa harus ke dokter ?

Silahkan cek artikel mengenai radang telinga pada kucing serta mengenai earmite . Manfaatkan fitur cari tulisan.

Dok saya mau tanya, kucing saya gamau makan udh 2 hari, terus pertama kakinya pincang. Besoknya malah dia ga bisa bangun, dan nafsu makannya juga ada kaya biasanya. Saya kasih makan dia disuntikin lwt mulut. Saya takut dia patah tulang. Krna ga bisa bgun. Tapi muka dia masih seger2 aja badannya lemes bgt keliatannya. Kira kira penanganannya gimana ya dok? Saya bingung disekitar rumah saya ga ada dokter hewan

Membantu memyuapi makannan sangat baik sekali, jangan lupa juga asupan cairannya. Kompres bagian yg terlihat sakit dgn air hangat bisa mnegurangi nyerinya.

Dok saya mau bertanya
rs hewan bisa mengobati penyu dok.
dok penyu saya usus besarnya keluar dan apa yang harus saya lakukan dok.
supaya penyu saya bisa sembuh.

Untuk daerah bekasi, cikarang, karawang bs cb cari klinik drh loisa, untuk jakarta bs ke pdhb drh cucu, bs juga ke drh yulyani dewi. Atau bs juga ke rumah sakit hewan di jkt, bogor, d unair, ugm jogja. Jd tergantung daerahnya.

Selamat pagi dok, saya mau tanya. Kucing saya sepertinya ada permasalahan dgn sistem pencernaannya, karena dia gak mau makan dan hanya menyendiri terus di tempat tersembunyi. Kebetulan, kemarinnya dia makan banyak bgt makanan (apa aja dimakan) bahkan biskuit regal dihalusin pun dia makan, susu manusia, yg aku kasih ke dia diminum. Sebelum makan itu ttp aku kasih makan makanan khusus kucing spt wet food dan dry foodnya. Apa ada alternatif lain untuk pengobatan kucing saya selain dibawa ke dokter hewan? Kira2 obat apa yg bisa sy kasih ke dia. Krn dia jg gemeteran badannya. Terima kasih dok. Kucing saya baru 3 bulan

Batasi akses ke makanan lain, krn susu bs juga menyebabkan gangguan pencernaan pd kucing jika pemberiannya berlebihan. Cukup diberikan makanan khusus kucing saja, berikan cairan juga yg cukup. Untuk pengobatan tdk bisa diberikan tanpa resep dokter. Sementara pastikan saja makanan dan minumnya cukup dan sesuai.

Assalamualaikum dok , saya mau tanya kira kira kenapa ya kucing saya sudah 1 minggu kakinya jadi seperti Pembuluh darahnya berhenti mengalir karena Waktu itu ada yang jail kakinya di pakaikan karet sangat rekat sekali sampai saat ini jadi kaya luka borok , nah jadi gimana dok penjelasannya terima kasih

Kemungkinan yg terjadi kalau kaki diikat dengan karet , jaringan nya akan membusuk krn mmg tdk ada aliran darah akibat karet, lama kelamaan kalau dibiarkan bisa putus kakinya. Jd baiknya diperiksakan segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan.

Hai dok, saya punya kucing kira kira usia 6 bulan. Sudah dua hari mengalami kecelakaan, dibagian perutnya tertindas motor dan tidak menyisakan luka luar. akibatnya muntah muntah terus, lemas dan susah buang air. Cara untuk mengatasinya gimana dok? dan biaya untuk berobat ke dokter hewan berapa?

Segera konsultasikan ke dokter, kalau kecelakaan bs jadi ada kerusakan organ dalam apalagi kalau terlindas. Biaya sangat tergantung dr kondisi dan tindakan yg dilakukan, jika mmg dibutuhkan dokter akan menyarankan ronsen untuk tau kondisi organ dalamnya, kisarannya 200.000 an, belum biaya operasi maupun biaya konsultasi dan obat

dok kucing saya abis melahirkan dan dia sekarang lemas dan tidak mau makan hanya tidur udah 2hari ,itu kira2 kenapa ya?dan kira-kira berapa biayanya kalau ke dokter?

Perlu d cek juga pada vagina apakah ada pendarahan berlebih atau tdk, demam atau tdk. Setelah melahirkan mmg rawan terkena infeksi ataupun mengalami penuruna daya tahan tubuh. Silahkan baca juga di artikel mengenai perawatan induk masa menyusui, gangguan yang terjadi pada masa menyusui, baca juga mengenai kucing demam, manfaatkan fitur cari tulisan. Biaya ke dokter bervariasi tergantung klinik dan kondisi kucing serta tindakan yg dilakukan dokter.

Dok, saya mau tanya
Kucing jantan saya umurnya hampir setahun. Selama ini napsu makannya tinggi.
Tiba2 tidak selera makan, suka berdiam di kamar mandi, suaranya serak malah nyaris gak ada. Kemaren udh disuntik gitu ke dokter saya konsultasinya sih dia demam, napsu makan berkurang, gitu aja terus dia udh disuntik.
Trus setelah diobati saya baru sadar suara kucing saya nyaris gk ada. Dan ini tetap gk selera makan terus tetap diam aja malas gerak.
Kenapa ya dok?

Jika memang demam, maka perlu diketahui kemungkinan penyebab demamnya. Biasanya krn ada infeksi, atau luka maupun radang. Memang beda beda proses persembuhan kucing sakit, yang terpenting tetap memberikan cairan cukup, obat yang sudah diresepkan, berikan makanan yg basah untuk membantu meningkatkan nafsu makan.

Dok, saya punya kucing. Beberapa waktu lalu sempat tertabrak mobil. Sehabis kejadian itu, tau tau di salah satu samping kakinya ada benjolan. Lumayan besar makin lama makin keras, pas di pegang kucingnya kaya kesakitan gtu. Itu kenapa ya dok? Cara ngobatinya gmn? Apa harus ke dokter?

Sebaiknya segera dikonsultasikan ke dokter, bengkak krn trauma kecelakaan bisa disebabkan krn adanya otot yg memar dna radang, bs jadi karena patah tulang dan lainnya.

Sy mau tanya dong… Sy punya anjing beberapa hari makan tulang lalu sy wkt kapan gitu dia seperti sesak nafas dan seperti mau muntah, habis itu dia bisa muntah awalnya sy kira mungkin masuk angin saja. Tp beberapa hr berikutnya kejadian sm terulang tp bedanya anjing sy tidak muntah”. Di situ suaranya seperti kesakitan sy tdk tega mendengarnya. Semenjak itu sy tidak memberikan tulang yg keras”

dok kucing saya kaki depannya yg kiri berlubang, hampir seperti sobek,lumayan besar juga lukanya, awalnya dia pincang tp biasa, terus abis dr kamar mandi kucingnya tau2 banyak darah, nah baru tau kalo itu ada luka, terus aku kasih alkohil dan betadine lalu aku perban kakinya, kyk gtu bisa nutup gak ya dok lukanya.? kasian liatnya, tp tidak seperti kesakitan. tp dagingnya kliatan, jd aku tutup perban biar ndak kena kotoran dr luar. minta solusinya ya dokter. terimakasih

Kalau besar lukanya dan terbuka mungkin perlu dijahit, karena kalau penanganan lukanya tidak tepat, tidak bersih bisa menyebabkan infeksi bahkan membusuk, luka terbuka juga rawan dihinggapi lalat nanti bisa timbul belatung. Penggunaan alkohol pada luka tidak disarankan, krn bisa mengiritasi. Jadi baiknya memang konsultasikan ke dokter, pastikan luka tetap bersih.

Dokter saya mau tanya, jadi kucing saya sekitar 2 minggu yg lalu sakit demam dan sekarang sudah sehat tapi tiba tiba di bagian punggungnya saya tekan dia kesakitan dan lama lama lukanya jadi korengan, korengnya sekarang sudah kering mengelupas dan berdarah lalu dagingnya keliatan, cara mengobati lukanya bagaimana ya dok? Terimakasih

Silahkan baca artikel mengenai abses pada kucing, tips membersihkan luka pada kucing anjing. Saya sudah bahas, manfaatkan fitur cari tulisan.

Assalamu’alaikum dok, saya mau nanya, kucing saya sakit sudah 2 hari yg lalu, dia diare, muntah kuning, tidak mau makan dan minum, tidur terus, telinganya juga dingin, kemaren saya beli obat diare sama saya kasih amoxicilin sirup, kira2 bisa sembuh gak dok? dan kira2 kucing saya keracunan makanan atau kena Distamper dok? Trimakasih

Waalaikumsalam, pemberian obat sebaiknya dikonsultasikan dengan dokter dan diberikan berdasarkan pemeriksaan. Jadi, tidak bisa diberikan sembarangan, terlebih kemungkinan diare yang umum jarang akibat bakteri, kebanyakan virus maupun parasit, jadi pemberian antibiotik tidak akan efektif. Baca juga mengenai diare di artikel web, manfaatkan fitur cari tulisan. Untuk tau kondisinya langsung segera periksakan ke dokter.

Selamat pagi dok.. Saya mau bertanya. Sudah 3 hari ini saya adopsi kucing persia umur 2.5 bulan dok. Pas d bawa ke rumah, satu malam itu dia masih aktif. Tp keesokan harinya hanya diam, tidak mau makan terus sempet muntah juga satu kali. BAB nya juga mencret warna kuning dok.. Kucingnya jadi lemes, gak mau d ajak main.. Sekarang saya suka paksa makan pake syringe, kemarin saya kasih susu saja dan makanan kering yg d tumbuk d campur air. Tapi masih tetap tidak mau makan dok. Itu gimana solusinya ya? Makasih..

Sebaiknya pakai pakan basah, atau ayam rebus, daging rebus, ikan rebus, kalau pakan kering yg ditumbuk dan dicampur air mmg wanginya langsung hilang. Yg utama adalah aroma dr pakannya. Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter juga ya untuk segera mendapat penanganan. umumnya krn stress pasca adopsi berlangsung 2-3 hari saja.

Assalamualaikum dok,
Saya punya kucing, umurnya 8 bulan, dari kemarin kondisinya lemas, tidak nafsu makan , dan muntahnya warna kuning ke coklatan , itu kira” penyebabnya apa dan solusinya bagaiman?
Kalo di bawa ke dokter kira” berapa?
Makasih dok..

Silahkan baca mengenai muntah pada anjing kucing. Manfaatkan fitur cari tulisan. Untuk biaya ke dokter tergantung kondisinya, tentu biaya pengobatan juga berbeda beda.

Sore dok,kucing saya Udah 3 hari gk mau makan dia murung terus mata berair dimimumin susah disuapin makanan juga susah.itu knpa ya?

Biasanya kondisi tersebut karena ada radang dan bisa juga ada infeksi. Sama seperti kita ketika sakit, tidak enak badan tentu tidak nafsu makan.

Siang dok,
Saya mengadopsi 2 kucing kampung yg berkeliaran disekitar rumah dari kecil dan berbadan kurus , saya kasih makan tiap hari, nasi ikan dan susu. Hingga gemuklah dia, Awalnya Tidak pernah saya masukkan rumah. Tapi semenjak kucing jantan besar saya masukkan rumah tiap malam.
Belakangan saya ketahui seperti tanda2 hamil.. , nafsu makan hingga bisa 3 kali lipat.
Tiba2 sejak ia g mau makan dan sibuk cari tempat, , saya pikir dia akan melahirkan atau apa .. Saya siapkan tempat sampe saya pun g bisa tidur,, hingga hari ke2 ia terus mengerang tiap setengah jam dan Keluar lendir,, tapi tak kunjung lahir,, sudah 2 hari dia banyak minum air dan tak makan.. , hari ke 3 sudah tidak mengerang2 tak mau makan hanya minum air saja. Dan 2 kali menekan perutnya seperti menahan sakit, hari ke 4 tak makan tapi sudah mau minum susu, dan juga ga lahir,, tapi keluar nanah segar Tempat keluar lendir.. ,,
Dok apakah kuncing saya ini hamil atau sakit perut karena salah makan,,
Selama 4 hari jalan pelan dan sebentr2 berhenti istirahat,,
Saya amy di ciputat timur , adakh rumah sakit hewan/ puskeswan terdekat disini.. Yg biayanya terjangkau.. ,
Boleh minta wa nya dok tolong kirim via email?

Untuk daerah ciputat banyak klinik dokter, bisa d search alamatnya. Puskeswan juga ada di tangerang ataupun pasar minggu. Saya rasa cukup dekat dari ciputat. Perlu dicek kembali keluarnya lendir dari mana kalau dari vagina, kucingnya belum steril maka bisa jadi ada infeksi di rahim. Jadi untuk memastikan bisa konsultasikan saja langsung.

Permisi dok
Kucing sya umur 1 thn, saat mau buang air kecil suka mengaung atau lebih tepatnya kesakitan
Solusi nya gimna ya?

Silahkan baca artikel mengenai flutd, manfaatkan fitur cari tulisan. Baiknya segera konsultasikan ke dokter, kondisi ini kalau dibiarkan selain tidak nyaman, tentu bisa lebih parah

Dok saya mao tanya kucing saya ke tabrak dan tulang mulut bawah nya patah pas di dagu dan gak bisa makan gak bisa minum… Kira” klo ke dokter hewan biaya nya brp ya dok klo operasi gto??

Untuk operasi biasanya diatas 1 juta rupiah, tergantung kondisinya jadi perlu dikonsultasikan lebih lanjut.

hallo, selamat siang..maaf saya mau bertanya kisaran harga untuk cek lab FIP, kira-kira kena brp ya dokter?? makasih

Biasanya untuk kasus fip disertai pemeriksaan darah lengkap 300.000an, x ray untuk melihat dan konfirmasi pembengkakan pada daerah perut pada kondisi fip basah. X ray bisa dilakukan bisa tidak tergantung kondisinya.

Silahkan baca di web mengenai kucing tidak nafsu makan, kucing muntah, ciri kucing sakit, manfaatkan fitur cari tulisan. Sebaiknya jika lebih dari 2 hari memperlihatkan gejala tsb, segera konsultasikan ke dokter.

Dok, kalau mau steril kucing betina, ada yg harus disiapin ga sih dari kondisi si kucingnya? Dan kira-kira biayanya berapa ya? Utk steril dan perawatan pasca steril? Thanks

Operasi besar pada anjing berkisar 2 juta rupiah, bisa lebih rendah bs juga lebih tinggi. Tergantunh kondisi, berat badan dan tindakan yg dilakukan.

Dok,saya mau bertanya dok..
Saya punya kucing umur sekitar 4bulanan.tapi kucing itu kalo pup /tidak pup suka mengeluarkan cacing berwarna putih dari duburnya.apa itu berbahaya dok buat si kucing?

Silahkan cek info lengkapnya di artikel mengenai 10 pertanyaan cacingan pada anjing kucing, manfaatkan fitur cari tulisan.

Permisi. Saya mau tanya ni, kucing saya umurnya sekitaran 1 tahun, dari kemarin kucing saya tiba tiba muntah cairan warna kuning, terus dia menyendiri dan tidurnya berteduh dari sinar matahari, kucing saya juga mengeluarkan air liur nya, kalau tidur didalam rumah dia suka tidur yg ada airnya, padahal dia dulu gak suka sama air. Itu kenapa ya? Saya mau bawa ke dokter hewan, gak ada dokter hewan di daerah saya. Bisa minta solusinya?

Tetap pastikan kucing mendapat nutrisi yang cukup dengan disuapi pakan yg basah dan lembut, biasanya rasa nyeri akibat infeksi membuat kucing senang menyendiri, krn tubuhnya panas, bisa saja memilih tempat yang dingin.

Hallo dok,
Kucing saya kenapa ya dok kucing saya Lemas, Ga mau makan, dan suka menyendiri, Dikasih susu malah muntah Hidung dan mulutnya hitam gtu dok itu kenapa ya dok aku bingung harus nyembuhin pake obat apa lagi Sudah 2 kucing saya yg mati. Tinggal satu tolong solusinya dokter. Terima kasih

Sebaiknya konsultasikan segera ke dokter, krn jika dalam waktu berdekatan ada kematian dalam jumlah banyak. Bisa jadi disebabkan oleh virus yang cepat penularannya.

Dok kura” saya tidak bisa buka mata sudah berhari hari gak makan tp masi sehat dia masi suka jalan dengan gesit meskipun matanya gak bisa kebuka itu gimana ya dok cara nyembuhin matanya kemarin saya rendem daun sirih tp gak ada hasil dulu pernah begitu cuman di kasi air sirih 2 hari di rendem langsung kebuka matanya kali ini gak berhasil lagi gimana ya dok tolong pencerahannya

Ini forum tanya jawab apa tanya aja, soalnya jawaban standar , suruh tanya balik ke dokternya, lha ngapain tanya disini ?? , soal biaya aja ga transparant jawabnya macam2 alasannya.
banyak orang punya hewan peliharaan misal kucing , kucing banyak dimana2 hanya kucing biasa tapi saat tau biaya dokter hewan mahal bahkan lbih mahal dari perawatan manusia, jadi dibiarkan saja sakit. jadi mana mungkin logikanya kalau biaya hewan lebih mahal maka hewan lebih berharga dari manusia itu sendiri. ini harus di fahami dokter hewan , maka itu profesi dokter hewan hanya sedikit yang berminat .

silahkan baca di page mengenai syarat dan ketentuan, web ini tidak bisa menggantikan peran dokter hewan. jika hewan sakit tentu tetap perlu diperiksakan ke dokter. biaya berbeda beda, sudah dijelaskan di artikel mengenai biaya biaya yang dikeluarkan. pemeriksaan di dokter hewan terutama swasta bisa lebih mahal, karena memang tidak ada tanggungan dari pihak lain spt pemerintah (puskeswan) yg sdh diatur di perda masing masing daerah. jadi jika ingin terjangkau bahkan gratis, bisa diperiksakan ke puskeswan. dimana lokasi puskeswan? tetap harus googling untuk tau lokasinya. pengobatan tidak bisa diberikan atau diresepkan tanpa pemeriksaan. kalau sudah diperiksa dokter lain, tentu harus konsultasi ke dokter lain. karena saya tidak melihat, tidak punya kemampuan memeriksa jarak jauh. sudah disediakan artikel mengenai beberapa penyakit, bisa dibaca, sudah banyak pertanyaan mengenai penyakit juga bisa dibaca. owner juga perlu memahami tanggung jawab ketika mengambil keputusan memiliki hewan hidup, krn hewan hidup bisa sakit.

Dok saya mau tanya kitten saya dulu nya sangat aktif gerak sekarang dia klau pup eek nya cuma sampe di anus nya jg dia gk mau makan dan minum walaupun udh di taruh di dekatnya dia diam aja jg badan lemas lebih banyak tidur sekarang badan nya jadi kurus klau di suapin jg gk mau buka mulutnya saya harus gimana dok? Klau ke dokter biaya nya berapa ya?

untuk pengobatan tentu tergantung klinik dan penanganannya, biasanya konsultasi berkisar 50-150ribu belum dengan tindakan. usahakan diberikan pakan dan cairan cukup, pakan basah akan sangat membantu.

Dok saya mau tanya berapa biaya oprasi rahang kucing yg patah soalnya kucing saya kelindes motor terus rahang nya patah umur nya baru masuk 3 bln

tergantung kondisinya, jika parah dan memang dianjurkan operasi, kisarannya 1-1.5 juta belum termasuk rawat inap dan pengobatan biasanya. tapi tergantung dr dokter dan masing2 klinik, jd bisa ditanyakan terlebih dahulu.

Dok kalo membersihkan telinga kucing biayanya berapa ya ,di telinga kucing saya juga agak berair dan menjadi keras di bulu kucing ,saya mohon dijawab ya dok

konsultasi biasanya 50-150ribu, tindakan belum termasuk tergantung kondisinya, pengobatan juga belum termasuk biaya.

Leave a Reply

*