Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing – TANYA DOKTER HEWAN
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Apa yang seharusnya hewan peliharaan kita konsumsi? 

Makanan anjing, makanan kucing

Makanan merupakan hal pokok yang dibutuhkan oleh kita dan hewan peliharaan kita.

Seperti yang telah kita ketahui, makanan memiliki fungsi penting penyokong kehidupan, memberikan nutrisi, menghasilkan energi, serta menjalankan semua sistem dalam tubuh.

 

Perbedaan Makanan untuk Anjing dan Kucing

Pemberian makanan atau diet pada anjing dan kucing tidak bisa disamakan. Terdapat perbedaan kebutuhan antara anjing dan kucing.

Walaupun secara anatomi atau susunan tubuh tersusun oleh organ yang sama. Namun, kebutuhan akan pakan sangat berbeda.

Hal ini sangat terkait dengan pola makan dari anjing dan kucing.

Anjing merupakan omnivora atau bisa memakan bahan pakan yang bervariasi berupa daging, sayuran, buah. Sedangkan kucing, termasuk obligat carnivore (karnivora sejati) atau benar-benar pemakan daging.

Sebelum menjadi hewan peliharaan, mereka sebagai hewan liar mampu berburu dan mencari makanan sendiri.

Saat di alam liar, mereka bisa memilih makanan yang mereka inginkan, sesuai dengan kebutuhan yang mereka butuhkan.

Namun saat ini sangat bergantung sepenuhnya oleh manusia. Sehingga pengetahuan dan industri makanan hewan (Pet food) berkembang sangat pesat terutama di Negara maju.

Ads: SIlahkan kunjungi akun instagram instagram.com/tdh_store untuk lihat produk-produk yang bermanfaat bagi kucing dan anjing Anda

 

Apa saja jenis makanan untuk hewan peliharaan?

Pet food atau makanan hewan peliharaan terutama untuk anjing dan kucing jenisnya sangat bervariasi dengan harga yang sangat bervariasi tergantung merk.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

 

Berikut beberapa jenis makanan untuk anjing dan kucing :

  • Makanan komersial

Makanan komersial merupakan makanan yang banyak dijual dengan label yang jelas beserta dengan formulasi khusus untuk anjing maupun kucing.

Makanan komersial ini terdapat dua jenis  yaitu wet food (makanan basah), dry food (makanan kering).

Wet food merupakan makanan dengan kandungan air 70% dengan dikemas dalam pouch maupun kalengan. Dry food merupakan makanan kering dengan kandungan air kurang dari 10 %. Bentuknya berupa kibbles atau biscuit atau pellet yang bervariasi.

Biasanya juga terdapat makanan komersial yang khusus untuk kondisi tertentu “prescription diet” atau juga dikelompokkan berdasarkan ras tertentu. Penentuan ini tentu sudah berdasarkan riset dari tim nutrisi masing-masing.

Kelebihan : Dry food dan wet food komersial yaitu mudah, praktis, instan, harga bervariasi dan terjangkau.

Kekurangan :

  • Perlu memperhatikan kondisi packing nya, kualitas produknya. Untuk produk wet food penyimpanan harus benar, karena produk setelah dibuka mudah membusuk.
  • Dry food pun perlu diperhatikan penyimpanannya, karena bisa menyebabkan adanya jamur dan penurunan kualitas jika tidak disimpan dengan benar.
  • Selain perlu memperhatikan kemasan, juga perhatikan porsi pemberian, pemberian pakan melebihi porsi bisa meningkatkan resiko obesitas.

5 penyakit jika anjing dan kucing anda obesitas

  • Home made food (makanan yang dibuat sendiri)

Ini lazim dilakukan sebelum adanya makanan komersial khusus untuk anjing kucing.

Biasanya memang anjing ataupun kucing makan makanan sama dengan pemiliknya atau memang sengaja dibuatkan makanan khusus untuk anjing dan kucing oleh pemiliknya.

Ini sudah jarang dilakukan pada masa ini karena cukup menyita waktu dan biaya yang dikeluarkan pun lebih banyak.

Tapi, untuk saya pribadi ini masih saya lakukan untuk memvariasikan makanan sehingga tidak bosan dengan makanan komersial.

Perlu diperhatikan untuk anjing dan kucing ada perbedaan pola makan. Anjing membutuhkan bahan lain selain protein seperti buah, sayur, dan sedikit karbohidrat. Tapi kucing hanya bisa diberikan protein saja karena sifatnya yang karnivora sejati atau pemakan daging, ikan.

Kelebihan dari makanan buatan sendiri yaitu bahan yang digunakan fresh, bisa memberikan dengan bahan yang ada di rumah, jadi dipastikan bersih.

Kekurangannya, tidak diformulasikan sehingga rawan kelebihan nutrisi dan malnutrisi (kekurangan nutrisi). Juga perlu memperhatikan bahan-bahan yang boleh dikonsumsi dan tidak untuk anjing kucing. Biaya dan waktu yang dibutuhkan akan lebih banyak. Rawan juga kucing atau anjing mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Ads: SIlahkan kunjungi akun instagram instagram.com/tdh_store untuk lihat produk-produk yang bermanfaat bagi kucing dan anjing Anda

 

Makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh anjing dan kucing

Untuk panduan, bisa lihat di link balanceit.com. Situs ini menyediakan aplikasi formulasi untuk membuat makanan anjing dan kucing sendiri dengan bahan-bahan sekitar kita. Serta, jika kurang  kandungan nutrisi bisa ditunjukkan suplemen apa yang perlu diberikan.

  • Raw food (BARF/ Biologically appropriate raw food)

Nah, jenis makanan ini sekarang sedang “trend” di berbagai kalangan.

Didasari dengan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tingkah laku alamiah dari anjing dan kucing sebagai predator.

Sehingga untuk penyajian makanan tidak dimasak, melainkan bahan mentah dari makanan yang lebih banyak adalah protein seperti daging, ikan, ayam.

Untuk anjing lazimnya dicampur sari buah dan sayuran. Tentu menggunakan bahan yang aman sehingga pemahaman akan bahan-bahan makanan terutama bahan pangan asal hewan perlu lebih dipelajari.

Hal ini dikarenakan kesalahan perlakuan akan menyebabkan tingginya resiko kontaminasi bakteri, parasit (Toxoplasma), dan cacing (Taenia).

Penanganan dengan dipanaskan lazimnya akan membunuh parasit ini, namun karena penggunaan prinsip raw food.  Jadi, perlu dilakukan pelayuan ataupun pendinginan dengan waktu tertentu dan kondisi tertentu untuk mematikan parasit berbahaya.
Kelebihannya dengan serat yang masih utuh dan tanpa proses pemasakan. Membuat nutrisi tidak hilang akibat pemanasan dan juga lebih melatih anjing kucing untuk menggigit dan mengoyak. Jadi meminimalisir kondisi karang gigi.

Kekurangannya perlu pengetahuan lebih terhadap kesehatan daging, ayam, ikan serta penanganannya agar lebih aman dan meminimalisir resiko kontaminasi parasit.
Info lebih lengkap mengenai makanan Raw food untuk anjing dan kucing silahkan merujuk ke BARFworld.comRawfed.com, dan situs lainnya berkaitan dengan raw food.

Di Indonesia terdapat beberapa produk yang terkenal di media social instagram mengenai Raw food yaitu Kin Dog Food kindogfood.com,  instagram @kin_dog_food, brand lainnya yaitu Nalusa pet food  @nalusapetfood.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Apakah dalam pemberian pakan boleh dilakukan variasi?

Tak jarang, pada proses memberi pakan, kita ingin melakukan variasi. Jadi, boleh saja selama batas aman. Variasi makanan bisa dilakukan dengan berbagai cara :

  • Mencampur makanan merk baru dengan makanan merk lama
  • Mengganti sepenuhnya dengan makanan baru (merek maupun jenisnya berubah)
  • Membuat makanan sendiri dan dicampur dengan makanan lama (mencampur dryfood dengan puding ikan) ?? resep puding ikan

Tapi, biasanya tidak semua kucing atau anjing mau makanan nya diganti. Awalnya pasti ada fase penyesuaian. Bisa saja mengalami pengiriman nafsu makan dan perubahan perilaku.

Pergantian pakan pada anjing dan kucing terkadang memberikan masalah bagi pencernaan.

Terutama pada hewan dengan saluran pencernaan yang sensitif.

Pergantian pakan pada anjing dan kucing juga perlu diperhatikan, tak jarang proses ini menyebabkan stress pada hewan peliharaan dan menyebabkan gangguan saluran pencernaan efeknya akan terlihat pada kualitas fesesnya menjadi lebih encer (mencret).

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Pergantian pakan yang bertahap dapat meminimalisir ketidakseimbangan pada saluran pencernaan dan menjaga mood anjing dan kucing.

Proses pergantian pakan ini dilakukan selama 7 hari :

  • Hari 1-2 campur makanan lama ¾ bagian dengan ¼ bagian makanan baru
  • Hari 3-4 campur makanan lama ½ bagian dengan ½ bagian makanan baru
  • Hari 5-6 campur makanan lama ¼ dengan ¾ makanan baru
  • Hari 7 bisa diberikan makanan baru sepenuhnya diberikan

Bentuk feses yang cair atau mencret salah satu gejala yang muncul akibat pergantian pakan.

Biasanya tidak akan lebih dari 2 hari selama proses pergantian pakan. Untuk menangani kondisi ini bisa menggunakan probiotik.
Probiotik merupakan bakteri baik yang bisa membantu menyeimbangkan populasi bakteri di dalam usus. Pergantian pakan yang mendadak membuat suasana usus berubah, yang menyebabkan bakteri juga terganggu. Probiotik bisa dengan mudah ditemukan di pasaran biasnya kita kenal dengan olahan susu yoghurt, kefir, atau juga sediaan minuman probiotik, dan probiotik serbuk.

Apakah pemberian makanan dapat mempengaruhi kesehatan anjing dan kucing? 

  • Alergi makanan 

Alergi merupakan salah satu efek yang muncul akibat konsumsi makanan.  Ada beberapa kucing ataupun anjing yang super sensitif terhadap bahan bahan tertentu seperti daging, ikan, bahkan telur yang bisa menimbulkan alergi.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Alergi makanan pada anjing dan kucing cukup sulit dikenali karena gejala nya mirip dengan penyakit lainnya :

  • Gatal pada kulit
  • Rambut rontok
  • Kulit mengalami kebotakan yang simetris (kiri, kanan)
  • Adanya infeksi telinga (otitis)
  • Diare yang terus menerus

Jika anjing ataupun kucing mengalami gejala klinis seperti diatas, perlu diwaspadai terhadap kemungkinan alergi karena makanan terutama makanan komersial (pet food).

Konsultasi dengan dokter juga penting dilakukan agar dokter bisa mengobservasi lebih lanjut serta memberikan treatment sesuai dengan kondisi yang terlihat.

Lalu, apa yang perlu dilakukan selain konsultasi dengan dokter hewan?

  • Ketika melakukan pergantian pakan, amati reaksi lanjutan yang terjadi. Apakah ada gatal ataupun kerontokan yang berlebihan?
  • Selain itu, amati juga bentuk feses apakah bentuknya encer atau padat? Kondisi ini terjadi terus menerus bahkan telah diperiksakan ke dokter?
  • Nafsu makan juga diperhatikan apakah semakin baik atau malah memburuk setelah pergantian pakan?

Alergi makanan ini bisa diatasi dengan memberikan makanan yang sifatnya hipoalergenik (minimal allergen), tentu berdasarkan konsultasi dengan dokter hewan.

Bisa juga membuat makanan dengan bahan bahan yang minimal menyebabkan alergi misalnya menggunakan daging kambing atau domba, juga perbanyak konsumsi buah dan sayur untuk anjing.

Buah dan sayur sangat membantu meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa meminimalisir reaksi alergi.

6 Buah ini bisa diberikan untuk anjing sebagai snack

Sayuran yang aman untuk anjing

  • Infeksi saluran kencing

Selain alergi, pemberian makanan yang tidak disertai dengan minum yang cukup akan menimbulkan masalah pada system perkemihan atau saluran kencing (Urinary tract disease), pada kuicng FLUTD (feline lower urinary tract disease/ FUS (feline urinary syndrome).

Penyebab lainnya yang meningkatkan resiko ini adalah overweight atau obesitas atau peningkatan berat badan berlebih.  Kondisi ini bisa terjadi karena anjing dan kucing yang overweight sulit untuk membersihkan alat kelaminnya, jadi kotor dan meningkatkan resiko radang. Selain itu, kucing atau anjing yang mengalami obesitas akan cenderung tidak minum dalam jumlah banyak. Sehingga kemungkinan terkena radang akibat penumpukan mineral di saluran kencing meningkat.

Gejala klinis 

  • Kencing sedikit tapi sering, ditandai dengan bolak balik ke kotak pasir
  • Kencing kesakitan, mengejan, tapi tidak ada air kencing yang keluar
  • Kencing berdarah, biasanya dikarenakan ada infeksi dan indikasi batu pada saluran kencing
  • Infeksi yang akut akan menyebabkan demam, penurunan nafsu makan, dehidrasi,

Kondisi kucing maupun anjing yang mengalami gangguan kencing bisa berakibat fatal. Selain sakit, kencing yang tidak segera dikeluarkan akan menyebabkan tubuh keracunan ammonia atau urea. Kondisi ini termasuk kondisi darurat sehingga perlu ditangani dengan segera.

Dokter akan menyarankan kateterisasi agar air kencing bisa keluar, lalu disertai dengan X ray atau ronsen untuk mengetahui ada batuan atau kondisi lainnya. Selain itu juga pemeriksaan darah lengkap untuk mengetahui kondisi infeksi, kondisi hati, ginjal.

Setelah kucing ataupun anjing positif di diagnosa mengalami gangguan saluran kencing. Dokter akan menyarankan diet yang khusus untuk menjaga kesehatan saluran kencing.

Pencegahan yang bisa dilakukan yaitu :

  • Pastikan anjing dan kucing mendapatkan minum yang baik dan cukup. Minum harus selalu tersedia, bersih, dan layak minum. Anjing membutuhkan 90 ml/kg bb, kucing membutuhkan 45 ml/kg bb per hari. Tentu ini bisa bervariasi, bergantung pada aktivitas, gaya hidup, tempat tinggal dan lingkungan sekitar.
  • Kucing atau anjing yang makan dry food perlu konsumsi air lebih sering dan lebih banyak.
  • Porsi makan dan berat badan perlu diperhatikan, kelebihan berat badan bisa meningkatkan resiko terhadap penyakit. Terutama makan makanan komersial.
  • Konsultasi kesehatan dengan dokter hewan 6 bulan sekali

Ads: SIlahkan kunjungi akun instagram instagram.com/tdh_store untuk lihat produk-produk yang bermanfaat bagi kucing dan anjing Anda


Apakah benar memberikan pakan dry food lebih baik dari wet food? 

Cukup sering saya mendapatkan pertanyaan dan keluhan di instagram @tanyadokterhewan dan website www.tanyadokterhewan.com dari pemilik hewan mengenai pakan untuk anjing dan kucing.

“dok, kucing saya gak mau makan dry food nya, maunya wet food, kan katanya kalo wf terus nanti giginya gak bagus ya dok?”

“kenapa kucing saya susah banget mau ganti ke dryfood, dia maunya wetfood aja?”

Selain karena banyaknya merk dan variasi petfood terutama dry food di pasaran, memang dry food ini lebih digemari karena harganya relative lebih murah dengan kuantitas yang lebih banyak, lebih praktis, mudah dalam penyimpanan, lebih tahan lama.
Banyak juga anggapan yang mengatakan bahwa makan dry food lebih baik dari wetfood , karena bisa mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut.

Nyatanya, kesehatan gigi dan mulut tidak sepenuhnya dipengaruhi oleh makanan. Terdapat faktor lain seperti kebersihan gigi dan mulut,  infeksi bakteri, infeksi virus, juga susunan gigi anjing dan kucing.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Kucing memiliki gigi yang berfungsi untuk tearing (mengoyak) dan cutting (memotong). Sehingga ketika makan makanan kering (kibbles, dry food) tidak dikunyah atau digigit melainkan langsung ditelan.
Sehingga, tidak mempengaruhi kesehatan gigi jika diberikan hanya dryfood maupun wet food saja. Tetapi memang perlu disertai dengan pemeriksaan gigi secara rutin dan membersihkan gigi secara rutin. Karena, kandungan karbohidrat yang cukup tinggi bisa membuat rongga mulut berubah suasananya, sehingga lebih disukai oleh bakteri yang mungkin bisa menyebabkan radang pada gigi dan gusi pada kondisi daya tahan tubuhnya.

Kucing diberikan daging, ayam, dan ikan, sebagai variasi makanan.  Hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kucing memotong makanan. Proses memotong, mengoyak akan sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Hal ini dapat membantu mengangkat kotoran pada gigi.

Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing
Panduan Lengkap Memilih Makanan Kucing dan Anjing

Anjing, bisa diberikan tulang sapi ataupun tulang ekor sapi yang direbus, atau bisa memberikan sayuran dan buah yang bisa membantu membersihkan gigi.

Pemilihan berbagai jenis makanan ini sepenuhnya tergantung pada pemilik. Faktor yang mempengaruhi pemilihan makanan seperti :

  • budget atau rencana dana untuk hewan peliharaan yang berbeda,
  • pengetahuan terhadap pemeliharaan yang juga berbeda,
  • pengalaman memelihara anjing kucing yang berbeda.

Tetap konsultasikan masalah perawatan dan kesehatan hewan peliharaanmu dengan dokter hewan. Pemeriksaan rutin ke dokter hewan bisa mengurangi resiko penyakit menahun pada anjing dan kucing.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

114 comments

Halo dokter, saya mau tanya tentang minyak hati ikan

Kucing saya bulunya rontokan, teman saya bilang coba dikasih minyak hati ikan (fish liver oil) karena mengandung omega 3 dan omega 6 yg baik untuk bulu kucing, tapi setelah saya cari tahu di beberapa forum komunitas cat lover, ternyata yang minyak hati ikan (fish liver oil) berbahaya untuk kucing karena mengandung vit A dan vit D yang tinggi dan kemaren juga baru beli minyak ikan di petshop ternyata kandungannya minyak hati ikan, apakah bener dok minyak hati ikan (fish liver oil) berbahaya bagi kucing untuk jangka waktu yang lama?

Dok kucing sy sakit sudah seminggu, sakit karna dibrantemin sm kucing liar dekat rumah, sampai2 sampinh buntutnya bengkak dan pecah menjadi luka skrg. Gamau makan sudah 1minggu, diksh makanan apapun gamau smskali. Kalo dibawa kedokter hewan biayanya berapa ya dok? Atau kalo diobatin ss)endiri gimana ya caranya?

Segera bawa ke Dokter ya. Klo SMP ada nanah brrt ad infeksi nah bs JD parah klo g diperiksakan, diobati. Biayaanya tergantung tindakan Dan Dokter nya ya

selamat malam, dok.

kucing saya biasa makan royal canin, namun seminggu terakhir ini diganti dengan makanan non-merk kilo-an (warnanya cokelat pucat) dengan alasan biaya. namun sudah 2 hari ini kucing saya pipisnya tersendat-sendat dan malahan hari ini tidak pipis sama sekali. sudah diberi tumbuhan catnip karena biasanya langsung pulih, tapi ini belum menunjukkan pemulihan dok. pertanyaan saya:

1. kira-kira adakah obat untuk manusia yang bisa saya berikan ke kucing saya? dulu sempat seperti ini juga tapi saya lupa nama obatnya, dok.

2. dan kira-kira apakah penyebabnya memang dari makanan atau karena kucing saya (jantan) sedang birahi namun tidak kawin-kawin ya dok?

terima kasih

Tidak disarankan memberikan obat Tanpa pemeriksaan. Bisa Dr makanan, bs krn infeksi. JD sebaiknya diperiksakan saja

Halo pagi dok…mau tanya, kemaren lusa anjing saya saya bawa ke dokter untuk cek kehamilan…trs kata dokternya sepertinya isi perutnya nanah bukan bayi, harus operasi untuk buang nanahnya…trs disuruh foto rontgen untuk memastikan…kemaren saya foto rontgen,difotonya ngak terlihat tulang bayinya…tapi kata dokter diklinik tempat rontgen coba diUSG aja…pas diUSG katanya ada anaknya 3 sampai 4 ekor…abis itu kan dikasih CD yg berisi gambar rontgen ama videonya…
Saya tunjukan ke dokter yg pertama…dia tetep bilang ini sepertinya bukan bayi,walaupun uda saya jelaskan td kata dokter diklinik ada 3 ekor….

Saya jadi bingung dok, ini yg benar yg mana…pernahkah hasil USG salah?

Mgkn aja hasil usg bs slh baca, salah interpretasi. Sebaiknya mmg dipastikan kembali. X ray mmg bs dilakukan terutama untuk kebuntingan akhir saat sudah pembentukan organ sempurna Dan bentut tulang jelas terlihat.

Dokter saya mau tanya di telapak tangan kucing saya itu kok baunya tidak enak ya? Dan sedikit aneh dok spt ada putih2nya. Tapi di telapak kaki tidak dok. Itu kira2 knp ya? Kalau dibawa ke dokter kira2 brp biayanya dok? Terima kasih dok

Halo, Dok.

Saya baru adopt kitten jenis kucing kampung (umur sekitar 1-2bulanan) yang dibuang sama pemilik sebelumnya. Saya sudah adopt dari sekitar 2 minggu lalu.

Saya mau tanya, beberapa hari ini saya lihat bagian anusnya keluar dan berwarna kemerahan namun tidak berdarah. Selama ini saya kasih makan Royal Canin dryfood untuk kitten. Saya kasih makanan kering karena dia satu kandang bersama kucing saya satu lagi umur sekitar 3bulan. Awalnya saya kira itu biasa saja, tapi makin lama makin panjang keluarnya (sekitar ujung telunjuk orang dewasa). Pupnya juga jadi berceceran kemana-mana padahal sudah bisa di litter boxnya. Bagaimana cara mengobatinya ya dok sebelum saya bawa ke dokter hewan? Saya bingung harus apa.

dok, saya mau tanya kucing saya beberapa hari ini terlihat lemas dan makannya sedikit sekali bahkan badannya sedikit kurusan. sebelumnya beberapa hari yg lalu dia habis kawin dengan kucing lain, kira2 kenapa ya dok?apa perlu diperiksakan ke dokter?terima kasih..

Dok mau tanya kucing saya mempunyai anak kucing berumur 1bulan setengah anak kucing yang satu td saya lihat di kotorannya ada cacing stlh di search Google bentuknya pipih dan putih sprti cacing pita

2 mnggu sblmnya induk kucing juga smpat muntah tp tdk ada tnda” cacing

Untuk anak kucing yg satunya lagi terlihat sehat dan aktif

– 1 – apakah bahaya untuk manusia, saya mempunyai anak kecil dirumah?
-2- apa perlu di bawa ke dokter ke3 nya atau yg ada cacingnya saja di poop nya?
+3+ kira kira bagaimana penanggulangan dirumah ya dok boleh di lepas di rumah atau di kandangi saja?

Terimakasih

Dok saya mau tanya, saya punya kucing 2 ras campuran angora persia umurnya 5 bulan kurang udah sebulan lebih dia mencret saya udah bawa ke dokter dan dikasih obat tapi tetep aja mencret dan pakannya saya kasih proplan kitten dan maxi saya campur. Soalnya sebelumnya saya kasih me-o jdi mecret trus saya kasih proplan lagi. Saya kasih dryfood dri awal juga. Sebelumnya dia gapapa dan udah dikasih obat cacing juga tapi tetep aja. Kira-kira kenapa ya? Dan saya harus gimna?

Klo ganti pakan jgn langsung, ad yg sensitif bgt pencernaan nya. Gantinya pelan2. Ada kok caranya d artikel. Udh COBA dikasih probiotik? Baca di ig tanyadokterhewan yaaa

Dok, saya mau tanya. Saya punya anjing minipincher. Ditelinganya ada kutu, tapi saat mau saya ambil kutu dalam telinganya, dia berontak terus mau gigit saya. Udh saya kasih obat tidur biar ngantuk terus saya korek telinganya, tapi tetap gk mau tidur dan selalu berontak ketika mau dikeluarkan kutu dari dalam telinganya. Solusi nya apa ya dok?
Thanks.

kutu atau caplak? klo caplak atau ticks emg sakit klo d cabut, terutama klo yg menggembung. solusinya pke tetes anti kutu spt revolutuon, frontline

Dok, saya mau tanya. Saya punya anjing minipincher. Ditelinganya ada kutu, tapi saat mau saya ambil kutu dalam telinganya, dia berontak terus mau gigit saya. Udh saya kasih obat tidur biar ngantuk terus saya korek telinganya, tapi tetap gk mau tidur dan selalu berontak ketika mau dikeluarkan kutu dari dalam telinganya. Solusi nya apa ya dok?
Thanks.

Selamat siang dok, obat untuk penyakit kucing terkena scabies apa??Soalnya kucing saya di daerah telinga nya sering gatel dan hampir berbulan Bulan belom hilang juga makanya saya curiga dia trkena scabies…
Dokter hewan dekat ruma nyaranin pake otoplan, apakah manjur?

Otoplan itu kandungannya APA ya? BENER udh diperiksa sm Dokter nya positif scabies? Cb d observasi lg, bner scabies atau jamur, atau Alergi atau mgkn ad parasit lain ug bkin sakit kulit

Dok saya mau nanya kucing saya Jenis persia umurnya masih 1,5 bulan saya coba kasih minyak ikan biar bulunya tetap tebal dan sehat tapi saya bingung bagaimana cara memberikan minyak ikanya jadi nya saya campur minyak ikan itu di susunya biar dia minum susu itu,boleh ga dok minya ikan dicampurin ke susu?apa bisa keracunan?makasi ya dok ditunggu jawabanya

Dok,maaf saya mau tanya kucing saya kan kena scabies ditelinganya udh cukup parah,terus disuntik kalau ga salah sama obat disunyik invermectine tp kyknya over dosis atau kaya keracunan setelah disuntik,gejalanya kehilangan keseimbangan trs mencret ,kucing saya msh kecil,pertolongan pertama gimana yah dok?kebetulan jauh dr drh.terimakasih.

Yang suntik siapa? Klo yg suntik bukan Dokter ya bisa aja over dosis. Sebaiknya klo sm kitten atau hewan apapun gak perlu coba2. Pakai yg alami aja. Atau y tanya2 dlu ke dokter ya.

Haloo dok, saya punya kelinci umur 3bulan pada tangan kirinya ada benjolan besar. Bagimana cara mengatasinya dok? Sebelumnya benjolan ada saya suntik scabies pada kelinci saya,apakah ada hubungan benjolan ditangan dengan pnyuntikan scabies tersebut? Kelinci saya juga baru kehilangan temannya dok,dia jadi susah makan dan gak semangat lagi
Terima Kasih dok

Dok saya mau tanya, jadi Kucing saya ini di bagian perutnya bernafas tidak teratur atau terengah”, Sebelumnya dia normal saja. Sekarang jadi lesu, tidak mau makan meski dikasih wet food, dan tidak mau minum.

Pada pagi hari setelah makan dia minta keluar, lalu baru sebentar dia langsung lari balik seperti ketakutan dan tingkahnya mulai seperti diatas, dan suaranya agak aneh. Apa mungkin dia keracunan dok? Dan apa yang harus saya lakukan untuk penanganan pertama?
Terima kasih

Bisa keracunan, bs juga trauma atau stress. Sebaiknya ditenangkan dlu di dalam Rumah. Sediakan makanan Dan minuman

Dokter saya mau nanya ttg kucing saya, saya paling suka dengan kucing awalnya saya punya 2kucing jantan dan betina yg akhirnya Pya anak dan seterusnya hingga kucing saya banyak hingga 15 kucing, tapi semua itu berubah semenjak negara api menyerang XD maksudnya kucing saya satu per-satu pada mati :c hingga akhirnya kucing saya tinggal 4 itu disebabkan oleh Apa ya dokter, apa karena pola makanan yg TDK teratur atau terserang penyakit ya??

ok mau tanya kenapa anjing saya di kulit bagian dadanya ada bintil-bintil berwarna abu-abu dan bolong-bolong dan dingin kalau dipegang?

Dok kucing persia saya sedang hamil, namun kupingnya bermasalah kaya ada kutu telinganya gitu apakah boleh dibersihkan? Karena bau bgt, terus kalau kucing hamil apakah boleh di elap dengan tisu basah untuk menghilangkan bau amis jika sedang makan yang lunak, tetimakasih

Assalamualaikum Dok. Nama saya Anyta. Sebenarnya saya tidak dan belum pernah adopsi kucing sebelumnya. Namun sekarang ketika podah dari Jakarta ke Bogor ada seekor kucing liar yang sering datang ke rumah di Jakarta.

Namanya Kidding, kucing cowok. Waktu itu kucingnya belum puber. Kucingnya lucu karena tahu kalau saya pulang kerja dia akan berlari mengikuti kami hingga ke depan pintu.

Bulan 6 ketika kami siap2 pindah ke Bogor, Kidding terlihat stress melihat barang berantakan dan banyak kardus, sepertinya dia tahu kalau saya dan suami akan pindah. Tahu dia stress akhirnya kami memutuskan untuk mengadopsi dia.
Di lingkungan baru, dia stress karena dibully kucing2 lain. Awalnya tidak mau keluar rumah. Namun setelah usia kawin kerjaannya keluar rumah terus menerus. Waktu itu masih sering balik, paling keluar 2 jam kemudian balik lagi untuk makan. Kalau tidur pasti di rumah. Lama-lama jarang pulang. Kadang sampai 3 hari nggak pulang dan setiap pulang selalu membawa luka baru.

Saya agak takut sebenarnya dengan virus tokso Dok, karena kami sedang program (8 tahun kami belum dikaruniai keturunan). Mau kami terlantarkan begitu saja kami juga kasihan dan merasa bertanggung jawab. Apalagi kondisinya selalu bawa luka baru.

Kami berencana ingin sterilisasi, tapi masih ragu dan takut dosa Dok. Menurut dokter bagaimana? Apakah tidak apa2 jika kucing jantan di sterilisasi Dok? Karena dari yang saya baca, hukumnya boleh jika populasinya menganggu. Jadi saya berasumsi yang boleh hanya untuk kucing betina saja. Mohon masukannya ya Dok. Terima kasih masukannya.

Salam,
Anyta

Silahkan baca artikel kami ttg toxoplasma ya di web Dan Instagram kami @tanyadokterhewan. Ada baiknya juga kucing jgn outdoor tapi biarkan main di dalam Rumah. Lebih aman terutama kalau belum kastrasi. Gak masalah kalau MW kastrasi menurut saya. Akan lebih berdosa kalau kita membiarkan kucing kita kawin dgn betina liar lalu anaknya tidak ada yg urus lalu dibuang, Mati di jalan. Kecuali mmg berencana MW merawat induk Dan anaknya. TP semua pilihan ada di anda ya.

Dok mau tanya, anjing sy mini pom sdh brumur 10 th.. di telinganya kyk ada gumpalan jamur/ ketombe (wrna putih-keras)
sy ga ngerti jenis pnyakit kulit ap itu karena gaada dktr hewan di kota sy T.T
Gejala’y bulu’y rontok , gaada nafsu makan, ada bintik2 merah & dia selalu gatal” gitu..
Bisa minta tlg sarannya dok ? Trims

bs alergi, bs juga mmg krn jamur, alergi bs krn makanan, bs alergi gigitan kutu . perlu diprhatikan lbh lanjut sih, soalny bs macem2 penyebabnya

Dok saya mempunyai kucing umurnya sekitar 3 bulan.. sejak lahir kucing saya mempunyai benjolan kecil sebesar sukro . Saat disentuh empuk2 gt dok.. apakah itu termasuk hernia dok?.
Kucing saya berjenis kelamin laki2 dok

Dokter saya mau nanya
Anjing saya 2-3 hari ini klo mau buang air besar mencret.
Penyebabnya apa yah?
Apa karena makanan dia yang saya ganti?
Tolong infonya dok.
Terima kasih.

kalau makanan nya ganti sgt mgkn sekali dia mencret. krn kondisi saluran pencernaannya jd berubah

Dok mau tanya. Kucing saya bulunya rontok, terus kemarin saya ke pet shop, kata pemilik pet shopnya bulu kucing saya rontok mungkin karena kutu, akhirya saya beli obat untuk ngilangin kutu. Pas saya olesin ke tengkuk kucing saya, saya ngeliat di belakang telinganya ada luka, merah gitu dok, seperti lecet. Itu kenapa ya dok? Apa itu karena kutu? Kira-kira obatnya apa ya dok? takutnya luka itu bikin gatal, terus dia garuk, akhirnya lukanya tambah besar. Terimakasih dok

klo mmg krn kutu ya perlu diberikan obat kutu . yg tetes misalnya revolution, frontline. sebaiknya kalau ad indikasi radang atau luka sgr bawa ke dokter saja

hallo dok mau tanya lagi ya 🙂
kucing betina saya sedang birahi dok masih umur 10bulan, dan sudah 3 hari ini kucing saya tidak napsu makan sampai kurus sangat. kucing yang sedang birahi seperti kucing saya ini apa selalu seperti itu dok tidak napsu makan? dan kira kira sampai kapan ya tidak napsu makannya? soalnya biasanya kucing saya selalu makan lahap sekali, dan berat badannya selalu naik setiap bulan, tapi baru kali ini tidak mau makan dan berat badannya menurun

Dok saya mau tanya
Kucing saya jenis kucing kampung matanya muncul third eyelid karna takut menyebar/membesar saya kasih obat mata genoint setetes kiri/kanan hanya dua hari, sehari sekali krn saya tkt ada efek samping lainnya..,krn kucing saya stlh sy ttes obat mt trsbt mengalami mencret2 dok.. dia mencret tanpa sadar sprt mau buang angin tapi keluar pupnya sehingga ketika dia sedang berjalan pun sprti itu., tapi dia masih mau makan seperti biasa dok., blm ada muntah2., mencret pupnya juga tidak ada darah dok. bagaimana saya mengobatinya dok? Saya takut sekali jika kucing saya mati..
Mohon balasannya dok.,
Terimakasih

Bawa ke Dokter aja . klo thrd eye lid muncul krn dehidrasi, malnutrisi. Sakit. JD sbnrny g perlu dikasih obat salep Mata. Klo mencret nya ilang juga akan normal lagi. JD k Dokter aja ya. Apalagi takut klo kucing nya knp2. JD serahkan k ahlinya aja

Hallo dok, saya mau nanya, saya mempunyai kucing baru, namun kucing lama saya marah dan ketakutan dengan kucing baru, sudah seperti itu satu minggu, saya bingung gimana mereka biar akrab, kira kira harus saya apakan mereka agar bisa akrab? Terima kasih dok

Perlu sabar untuk mendekatkan kucig. Waktunya bervariasi tergantung karakter kucingnya. Bs coba yg baru untuk memgobservasi lingkungan. Yg kucing lainnya dikandangkan sementara

Selamat malam dok. Saya febi di bekasi. Saya punya kucing kitten 4bulan. Dok saya mau tanya. Kucing saya kenapa sering bangetttt sakit udah bolak balik ke klinik, sampe saya cape sendiri dok, saya bingung musti nanya kemana lagi dok, setiap ke dokter hewan pengetahuan yang saya dapat gak pernah bikin puas, maaf dok sebelumnya, bukan ingin menjelekkan suatu pihak, tapi saya jujur dok, abis mau nanya ini itu kayanya dokternya kurang kooperatif dok. 

Nafsu kucing saya gak pernah bagus padahal dari pas awal saya adopsi minggu minggu pertama dia sehat dok, makannya juga bagus. Sebelum saya adopsi kucingnya dikasi whiakas. Setelah saya adopsi saya coba ganti pake royal canin kitten, terus setelah itu kucing saya sempat mau divaksin dok, tapi ternyata kondisi kucingnya kurang sehat, sedang diare, akhirnya saya bawa berobat. Awalnya saya disuruh ganti makanannya dengan royal canin yang untuk diare, terus kata dokternya setelah kucingnya sembuh kasi royal canin weaning. 

Setelah beberapa hari kucing saya sembuh dok, akhirnya saya bawa lagi ke klinik untuk dilakukan vaksin. Saat mau di vaksin keadaan kucing saya sedang jamuran. Tapi kata dokternya ga papa kalo di vaksin. Setelah vaksin saya ganti makanannya dengan royal canin weaning. (Vaksin sekitar >1bln yang lalu)

Setelah beberapa hari setelah diberikan vaksin nafsu makan kucing saya berkurang, terkadang gak mau makan. Sampai sampai hampir setiap hari saya cekokin dia makanannya supaya dia tidak sakit. 

Saya bingung dan akhirnya saya dapat saran dari teman untuk diberikan orijen dan vitakraft. Kucing saya dikasi orijen hanya sekitar 2 kali setelah itu dia tidak mau lagi, dan akhirnya saya kembalikan makanannya ke royal canin weaning.

Kucing saya kalau dikasi vitakraft liquid nafsunya bagus dok, tapi kalo tidak dikasi itu dia gak mau dok, malah terkadang hanya dicium saja dok

Seminggu yang lalu kucing saya baru berobat karena diare, 2 hari yang lalu sudah mulai membaik. Dan tiba tiba hari ini dia sama sekali tidak mau makan, dan muntah dok, pada saat pup juga konsistensinya kurang padat. 

Sebaiknya kucing saya harus dibagaimanakan ya dok? Mohon untuk infonya ya dok. Terimakasih banyak dok untuk waktunya

Perlu diketahui dlu penyebabnya scr pemeriksaan lebih lanjut untuk kondisinya. Faktornya bs krn stress, bs krn mmg ad infeksi, atau mmg secara genetik imunitasnya kurang baik. Makanan kalau MW ganti perlu bertahap, gak boleh sekaligus. Kalo sekaligus bs bkin mencret krn ada yg Sgt sensitif.

Dok, mau tanya anjing saya sedang sakit kulit dan bulu2 nya rontok di kulit badan kadang bedarah dan ada luka di kepala , leher dan tangannya jg kadang berdarah akibat di garuk nya.dikepalanya luka-luka nya uda mengering n keraknya uda hilang tapi kulitnya jd merah2 dan hitam2 gitu seperti anjing cacat gitu disekitar mata agak bengkak bekas luka garuknya. Apakah warna kulit kepalanya sprt itu sudah sembuh atau belum dok? Dan penyakit kulit seperti ini memang cukup lama sembuhnya dok?

selamat siang dok saya mau tanya kucing saya sudah seminggu selalu mencret” trus dok gimana ya cara sembuhinnya dok trus mesti makanan apa yang saya kasih terimakasih

klo mencret perlu tau dlu penyebabnya knp, krn bs krn ada parasit, infeksi, maupun alergi makanan, pemberian probiotik bs membantu. info probiotik bisa kunjungi instagram @tanyadokterhewan

siang dokter.

dokter, saya adalah seorang mahasiswa kedokteran hewan ingin bertanya kira-kira stetoskop apa yang bagus digunakan untuk dunia kedokteran hewan ya? saya prefer buat beli yang merk littmann yang classic II atau master classic II, mana yang lebih bagus ya dok? single sided atau double sided?

terima kasih dokter

Littman udh bagus banget itu. Klo saya sih g terlalu paham masalah stetoskop. Yg penting bisa auskultasi dengan nyaman sih. Manfaatkan stetoskop yg ada juga sdh cukup menurut saya.

dok saya bagus mau numpang tanya…
kucing saya habis terkena racun tikus karena tidak sengaja kucing saya memakan makanan yang sudah di campur racun tikus di rumah, kemudian awalnya dia masi lincah dan ceria kemudian setelah 1-2 jam an dia mulai lemas, ortu saya memberi pertolongan pertama dengan air kelapa muda di minumkan dengan suntik yang tidak ada jarumnya… setelah beberapa hari udh mendingan tapi masi tetap lemas dan jalannya sempoyongan pemulihannya agar tidak lemas bagaimana dok? terima kasih sebelumnya

untuk keracunan racun tikus, tidak cukup dgn menggunakan obat minum. perlu ada treatment secara injeksi oleh dokter. segera periksakan ke dokter saja

Siang dok, saya punya anak kucing usia 3 bulan. Kemarin, bagian perut kucing saya terlindas ban motor. Beruntung nyawanya dapat tertolong. Kondisinya lemas tp msh bisa berjalan dan merespon kalau saya panggil. Tapi kalau saya sentuh bagian perut dia merintih kesakitan, saya takut ada komplikasi luka dalam. Sebaiknya apa yg harus saya lakukan dok? Apa kucing saya dapat sembuh? Mohon jawabannya dok. Terimakasih

mengenai probiotik.. seperti merk Yakult ya dok? boleh utk kucing saya yg mencret? kalo susu yoghurt untuk kucing yg mencret ada contoh merknya dok?

Halo dok. Aku mau tanya kalo kucing mulutnya bau kenapa ya? Kucing ku awalnya pinggiran mulutnya item2 gtu curiganya diksh makanan gosong yg msh panas sm tetangga krn skrg kyk sariawan udh gtu gamau makan dan bdnnya panas. Aku hrs gmn ya dok? Pengobatan sementara drmh gtu sambil nunggu uangnya ada utk ke vet..

Halo dok, saya ingin bertanya tentang kucing betina (domestik) saya yang baru berumur 4 bulan. Barusan dia hampir saja dikawini oleh kucing jantan stray yang sering mampir kerumah saya. Dan memang sudah beberapa lama dia menunjukkan gejala sedang birahi. Namun apa bisa kucing berumur 4 bulan birahi? apa resikonya kalau saja dia betulan dikawini oleh si pejantan, apakah bisa berakibat penyakit tertentu kepada kucing saya? Dan kira-kira usia berapa kucing betina boleh disteril?

bisa birahi usia 4-6 bulan sdh mulai muncul. klo dikawinkan oleh pejantan, resiko kematian induk dan anak cacat akan tinggi. krn induknya masih butuh nutrisi untuk tumbuh dan berkembang. jd nanti anaknya tdk otimal perkembangannya. belum lagi kalau mmg ukuran anak lbh besar dr jalan lahirnya bs resiko operasi sesar juga. usia 4 bulan sdh boleh steril

Dokter, saya pnya kucing kampung umur -+ 2bln,umur 2 minggu induknya mati, skrg mengalami konstipasi kronis, perutnya buncit sdgkan badannya kurus, sblmnya msh mau mkn, sy kasih ikan rebus yang udh dihaluskan dn kasih air/susu. Tp dr kmrn gk mau mkn lg. Skrg kondisinya gk snggup bangun dn air kencingnya keluar sendiri. Sdh 2 mggu lbh tdk BAB. kondisinya kritis. Ditempat sy tdk ada vet. Kmrn msh bs mengejan , skrg gk gk sanggup lg ,kondisiny lemes sekali. Trm ksh dokter atas bantuannya..

untuk pengobatan memang sebaiknya diperiksakan ke dokter ya. krn perlu pemeriksaan sebelum dilakukan tindakan. penanganan yg bs dilakukan drmh dgn mengompres dgn air hangat

Selamat pagi dok, anjing saua berusia 1 tahun 2 bulan. Sejak umur 6 bulan ia mulai kejang- kejang hampir setiap bulan. Saya sering membawanya ke dokter hewan untuk pengobatan namun anjing saya tetap mengalami kejang- kejang setiap bulannya. Tidak ada tanda- tanda distemper seperti keluar cairan pada hidung dan bantalan kaki mengeras. Dokter anjing saya mendiagnosa dia terkena hipokalsemia sehingga memerlukan kalsium tambahan. Saya sudah memberikan kalsium tambahan secara rutin setiap hari. Namun anjing saya saat ini masih mengalami kejang- kejang. Kira – kira anjing saya kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya

kejang selain karena kekurangan kalsium, bs juga krn epilepsi atau kelainan syaraf lainnya. perlu observasi lebih lanjut apakah memang terkena epilepsi atau tidak

Hallo dok, saya baru pertama kali melihara kucing. Kucing saya jenisnya persia medium. Untuk memberikan variasi makanan saya sudah paham, tapi yang saya bingung jenis ikan/daging apa saja sih dok yang TIDAK BOLEH dimakan jenis kucing persia ini? Terimakasih dok

semua nya boleh krn pada dasarnya karnivora pemakan daging, cm perlu diperhatikan reaksi alergi yg mgkn trejadi. krn tiap individu beda2 reaksinya ad yg sensitif ada yg biasa saja

Selamat malam Dokter, saya ingin bertanya, antibiotik apa saja dokter yang bisa diberikan untuk hewan yang sedang bunting dan menyusui?
Terima kasih

Dok… Saya punya kucing cewek 5 bulan… Tpi ada ulet putih kyak belatung gti di anusny.
Giliran saya cek anusny lagi ternyata ada putih” gtu
Tpi mknny banyak dok
Apa perlu saya bawa ke dokter

dok mau tanya saya punya kucing jantan kira kira umur 8bulanan , udah 2hari ini nggak mau makan terus muntah” berbusa tadi pagi saya liat kalau BAB itu kluar seperti darah kemaren” masih sehat dok tapi 2hari ini malah brubah , kenapa yaa dok?? apa ada obat nya kalau ada obat nya mohon info nya dok

trimakasih.

boleh, pastikan induknya sehat dan telah diberikan obat cacing krn cacing juga bisa menular lewat air susu

Halo dok, saya mau tanya lagi. Jadi saya ada kucing kecil kirakira 2 bulan usianya. Dia tadinya memang stray cat di pasar depok. Sepertinya ada yang buang soalnya dia bersih ketika saya temukan. Nah, sewaktu saya bawa kerumah langsung saya beri makan royal canin kitten wetfood. Makannya banyak sekali. Lalu selang semalam dia pup, lumayan mencret. Esok harinya dia jadi sering sekali pup sampai hari ini. Kondisi pupnya pun sama, lumayan mencret. Sedari datang perut dia memang lumayan gemuk, tetapi pupnya tidak keluar cacing. Kucingnya pun masih aktif, hanya saja pupnya yang sering dan perutnya skrg gendut setiap kali dia makan. Dia juga rakus kalau makan, makanan kucing saya yg dewasa juga dia makan. Kira-kira untuk menghilangkan kebiasaan pupnya yg sering, diberi apa ya dok? Apa diberi obat cacing? Lalu perutnya yang gendut itu kenapa ya dok. Terima kasih sebelumnya ya dok.

sebaiknya pemberian makannya dikurangi, sedikit tp sering lebih baik. juga batasi akses ke makanan kucing dewasa

Kucing saya dua-duanya ga doyan makanan mentah, yang satu lebih parah cuma mau makan dry food jadi saya berusaha memberi dry food yang berkualitas, so far sehat sehat aja sih, dok.. poop sama pipisnya masih normal, poop nya ga lembek sih kadang kuatirnya juga liat poopnya kering gitu.

Silahkan saja tidak ada yang mengharuskan juga memberi makanan mentah. Yang penting seimbang saja dan aman untuk kucing nya

Dokter, kenapa kucing saya tidak gemuk ya…padahal makannya banyak. Makanan yg sering saya berikan adalah makanan basah. Kalau tidak yg kaleng, saya beri makanan yg saya buat sendiri. Ayam rebus, ikan rebus atau pernah beberapa kali saya buatkan ayam, ikan, tempe, worterl yg sebagian saya blender dan sebagian sy rebus kemudian saya iris kotak2..lalu saya jadikan satu dan di masak dengan agar…. tp kenapa tetap tidak gemuk? bolehkah kucing makan kripik jagung..karena kalau saya makan dia ikutan minta dan saya beri. Terima kasih dokter ….

Kalau tdk ada keturunan gemuk atau scr genetik tdk gemuk cukup sulit. Tdk perlu gemuk yg penting sehat dan tdk terlalu kurus

Hai dok, saya memiliki anjing shihtzu baru berumur 3 bulan
Ketika saya mengambilnya dr kennel, trnyt anjing saya terkena jamur, cukup banyak juga. Saya obati dan sedikit2 jamur mulai hilang. Namun saya amati, anjing saya suka menggaruk telinga nya, kaki kanan kiri, moncong dan juga suka menggigit ekor dan kaki. Akibatnya jamur kembali muncul krn luka dan lembab.
Saya sempat diskusikan dgn dokter, apakah ada trigger mengapa anjing saya menggaruk berlebihan sambil menangis dan tak jarang luka..
Dan nampaknya anjing saya ada alergi pada makanan.
Hmpr 2 minggu di rmh, anjing saya beri makan royal canin chicken. Dan karena dugaan alergi tsb, maka dog dry food saya ganti ke wishbone salmon dengan tambahan sedikit wet food salmon. Makan nya sangat lahap sekali. Ini sudah minggu ke 3 pengkonsumsian salmon tsb, dan sesuai pengamatan, intensitas menggaruk sdh lbh tenang dan tdk sampai menangis spt biasa

Pertanyaan saya,
1. Dgn dugaan alergi tsb, brp lama rata2 allergen tsb hilang dr anjing shg rasa gatal itu bs hilang dok?
2. Saya menggunakan collar setiap hr untuk anjing saya spy mencegah dia menggaruk dan menggigiti kakinya spy jamur cpt sembuh dan hilang. Apakah ini diperbolehkan? Mungkin melihat dr efek stress anjing dok?
3. Adakah treatment tambahan untuk anjing saya dok untuk mengurangi rasa gatal? Krn kalau tdr malam anjing saya selalu terbangun krn gatalnya.
FYI, anjing saya sdh diberi antihistamin minum 2x sehari
Saya berikan jg salep mycoral scr tipis tipis untuk jamur yg tumbuh
Setiap 10-15 mnt sekali per hari saya jemur dibawah matahari

Kondisi sekarang:
3 bulan dengan berat 2 kg
Makan normal
Feses padat
Minum normal

Biasanya dokter yang akan menentukan berapa lama terapi yang dilakukan, lalu misalnya mau menggunakan food theraphy juga ada jangka waktunya. E collar sebaiknya juga digunakan berdasarkan saran dokter, misalnya memang diperlukan dipakai krn akan melukai maka tdk masalah. Pemberian probiotik spt yoghurt, kefir susu kambing bisa juga membuat daya tahan tubuh meningkat jadi kemungkinan untuk kembali alerginya akan beerkurang. Tapi tetap perlu konsultasikan dgn dokter ya. Pemberian buah dan sayur juga bisa meningkatkan daya tahan tubuhnya, juga konsumsi vco bs juga membantu.

Dok, saya mau tanya. Saya baru adopt 2 kucing persia umur 2 bln, awalnya yg kuning(jantan) gendut krn bnyak mnum susu dan asi, yg putih(betina) kurus krn gk mau mnum susu (cerita yg punya indukan) pas udah saya rawat selama semnggu terakhir saya perhatikan skg kebalik, yg putih yg gendutan dan lincah, yg kuning malah kurusan tp ttp lincah dan suka manjatin kandang krna dia jantan dan saya perhatikan dia makan nya kurang, sdkt sekali gitu juga kalo dikasih susu formula gk mau cuma di cicip aja, yg saya liat di kotak pasir pup ada yg gumpal ada yg encer kemungkinan yg encer punya si kuning, itu kira2 kenapa ya dok ??
Dan krn masih kecil dan saya baru mulai adopt jadi masih saya kandangin, palingan pagi sama sore saya keluarin untuk di sayang2 dan di ajak main. Mohon pengetahuannya dok, terimkasih

dok, bolehkan kita mencampur makanan kucing, seperti proplan kitten dicampur dengan proplan delicate atau proplan dermaplus? kucing saya adult tpi punya pencernaan yg sensitif dan makannya suka milih2 dok, gimana ya? klo bikin makanan sndiri buat si kucing ga ada waktu dok. mohon sarannya ??

boleh, tapi sebaiknya jika pencernaannya sensitif konsultasi dulu ke dokter apakah ada kemungkinan alergi, gangguan pencernaan dan kondisi lainnya

Slmt mlm dok, sy mempunyai anjing usia 3 bln, bgmn cara nya mengembalikan nafsu mkn anjing sy ke dog food royal canin? Trmksh..

sebenarnya tdk perlu berpatok pada satu merk makanan saja, kalau memang dia cenderung menyukai homemade food atau jenis makanan lain, yang penting aman dan sesuai tdk masalah diberikan. kecuali memang ada indikasi khusus misalnya makanan terapi yang disarankan dokter.

Halo dok, saya nemu anjing di jalan bulunya udh ga ada dan punya benjolan di daerah puting (gedenya sekepalan tangan org dewasa kira”). Kondisinya emang memprihatinkan. Saya sudah mau bawa ke dokter tapi mau perkirakan biaya nya itu berapa besar. Kira-kira anjingnya itu sakit apa ya dok? Biaya total yang diperlukan untuk perawatan, dan operasi (jika diperlukan) itu berapa ya? Terima kasih

Untuk biaya sgt tergantung dr klinik nya, untuk konsultasi kisarannya 50.000-200.000, untuk pengobatan sangat tergantung dr kondisinya. Jika ada pemeriksaan darah maupun ronsen tentu akan lebih mahal sekitar 200-300 ribu. Operasi teegantung operasinya bisa mencapai 2juta untuk operasi tumor.

Dok saya mau tanya. Saya baru mengadopsi kucing persia usia dibawah 1thn (remaja) dia sering sekali menggaruk garuk bahkan menjilati badannya. Padahal sudah saya grooming dan saya lihat tidak ada jamur maupun kutu. Kira2 apakah dia alergi makanan ayau tidak ya dok?
Terimakasih

Jika baru adopsi kemungkinan mengalami stress pasca adopsi atau penyesuaian tubuh dgn lingkungan baru. Biasanya diekspresikan dengan berbagai hal, salah satunya bisa sering mengigiti dan menjilati badannya. Kepanasan juga bisa mmbuat kucing sering menjilati tubuh sendiri. Kemungkinan alergi juga mungkin, tapi biasanya kalau mmg alergi ketika mengganti pakan dgn pakan lain bisa berhenti, biasanya terjadinya juga dalam waktu lama.

Leave a Reply

*