[Update] Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda – TANYA DOKTER HEWAN
Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda

[Update] Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda

Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda

Musim penghujan memiliki karakteristik curah hujan yang cukup tinggi terutama di Negara tropis seperti Indonesia. Musim penghujan pun memiliki kelembaban (relative humidity) yang cukup tinggi sehingga memberikan masalah terhadap kondisi tubuh terutama kulit. Musim penghujan di Indonesia terjadi pada bulan-bulan tertentu, perubahan dari musim ekmarau panjang menuju musim hujan memang memberikan masalah tersendiri. Musim peralihan, musim pancaroba memang dapat membuat manusia maupun hewan peliharaan mengalami penurunan daya tahan tubuh dan menyebabkan kondisi sakit. Berikut penyakit yang umum terjadi pada musim penghujan

#1 Penyakit kulit

Kulit merupakan pelindung tubuh yang memiliki sifat cukup sensitive terhadap perubahan iklim, dapat cepat kering bahkan menjadi lembab. Anjing dan kucing tidak memiliki kelenjar keringat pada seluruh tubuhnya namun hanya terdapat pada footpad atau bantalan kaki saja. Selain itu, kelenjar minyak pada anjing dan kucing pun mengahsilkan aroma khas dari anjing dan kucing serta sedikit menyebabkan rambut dan kulit menjadi lembab. Musim penghujan ini memiliki kelembaban yang tinggi sehingga mikroflora normal yang ada di kulit termasuk jamur mengalami perkembangbiakan yang berlebihan sehingga menimbulkan infeksi jamur, yaitu kapang (dermatofitosis/ringworm), serta khamir (yeast) yang menyebabkan infeksi pada kulit. Infeksi jamur ini menyebabkan kegatalan pada kulit disertai kondisi lembab pada kulit dan lipatan kulit yang dapat menyebabkan berkembangnya pula bakteri sehingga menyebabkan penyakit kulit lainnya yaitu pyoderma/ hot spot (dermatitis bernanah serta selalu basah).

Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda
Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda

Baca juga : Penyakit kulit pada anjing kucing 

#2 Penyakit saluran pernapasan

Penyakit saluran pernapasan yang terjadi pada kucing saat musim penghujan dikarenakan imunitas atau daya tahan tubuh yang menurun. Penyakit saluran pernapasan ini dapat diakibatkan oleh virus maupun bakteri. Kucing maupun anjing yang tidak divaksinasi akan lebih rentan mengalami infeksi saluran pernapasan oleh virus.

Gejala Klinis

##Gejala klinis infeksi saluran pernapasan semua serupa yaitu flu, batuk, bersin, sesak nafas. Demam merupakan hal yang terjadi karena adanya respon tubuh melakukan perlawanan terhadap penyakit, membentuk antibodi. Nafsu makan menurun, lemah, merupakan efek yang umum terjadi karena adanya tidak nyaman dan rasa sakit. Eksudat atau ingus hijau biasanya akan terlihat jika disertai infeksi bakteri

Contoh penyakit saluran pernapasan

##Feline calicivirus dan feline rhinotracheitis merupakan penyakit saluran pernapasan yang umum terjadi pada kucing. Feline calicivirus akan memperlihatkan gejala yang lebih khas yaitu adanya luka pada lidah (sariawan). Pada Anjing kemungkinannya adalah terjadi infeksi parainfluenza virus disertai infeksi bakteri Bordetella bronchoseptica atau yang sangat lazim dikenal dengan kennel cough.

#3 Penyakit saluran pencernaan

Daya tahan tubuh yang menurun saat musim penghujan dapat mengganggu saluran pencernaan. Infeksi saluran pencernaan dapat diakibatkan oleh bakteri maupun virus.

Gejala Klinis

## Gejala klinis untuk infeksi saluran pencernaan dapat berupa muntah, diare, tidak nafsu makan, lemah, lesu, dehidrasi, demam.

Contoh penyakit saluran pencernaan pada Anjing dan Kucing

## Anjing dapat mengalami hepatitis akut yang diakibatkan infeksi dari virus, karena tidak melakukan vaksinasi terhadap virus Hepatitis. Hepatitis memiliki gejala umum infeksi saluran pencernaan disertai dengan kondisi khas yaitu perubahan warna kuning pada kulit, gusi, mata. Penyakit distemper pun dapat terjadi pada anjing dengan gejala muntah yang sangat parah hingga dehidrasi, terdapat kondisi khas yaitu footpad atau bantalan kaki menjadi mengeras (hyperkeratosis). Infeksi Parvovirus pun memberikan gejala infeksi saluran pencernaan, bahkan amat parah karena mengalami muntah dan diare hingga diare berdarah (melena). Infeksi bakteri biasanya mengiringi infeksi virus karena imunitas atau daya tahan tubuh yang menurun.

Baca juga : Panleukopenia (distemper) pada kucing 

##Diare pada anjing dan kucing di musim penghujan pun dapat dipicu oleh stress karena perubahan iklim yang ekstrim. Kondisi stress dapat memicu perubahan keseimbangan mikroflora (bakteri baik) dalam saluran pencernaan terutama usus, sehingga bakteri pathogen (penyebab penyakit) akan berkembang lebih banyak. Ketidakseimbangan bakteri dalam usus akan memperlihatkan kondisi diare.

Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda
Saat musim hujan, ini 4 penyakit yang mengintai Kucing dan Anjing Anda

#4 Leptospirosis

Leptospirosis tidak hanya menjadi kasus penyakit untuk manusia. Namun, anjing pun dapat tertular leptospirosis yang akan menyebabkan kerusakan pada ginjal. Leptospirosis ini bersifat zoonosis sehingga manusia dapat tertular. Leptospirosis disebabkan oleh bakteri Leptospira sp. Bakteri ini sangat senang berenang di genangan air terutama saat hujan. Bakteri ini berkembang di saluran kemih tikus dan anjing, dan akan dikeluarkan melalui urin. Anjing dan manusia dapat terinfeksi leptospira karena kontak dengan urin tikus atau anjing yang mungkin berada di genangan air. Gejala klinis leptospirosis pada anjing yaitu demam, kencing darah, sulit kencing, kuning pada kulit, gusi, diare, muntah, bahkan dapat berakibat kematian.

Kondisi tubuh yang baik saat musim penghujan maupun musim peralihan antara penghujan dan kemarau dapat meminimalisir terjadinya penyakit pada anjing dan kucing Anda.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

115 comments

Salam kenal, Dok…
Anjing saya jenis Siberian Husky, berumur 2 tahun, sudah 2 hari ini terlihat ada tonjolan seperti jakun di leher tengah agak ke kanan…terlihat jelas bila dilihat dari samping…bila saya pegang sepertinya dia tidak merasa kesakitan karena dia tidak menghindar…terlihat sepertinya dia juga agak terganggu bila harus membuka mulut terlalu lebar..
Apakah yang dialami anjing saya ini termasuk gangguan penyakit atau bagaimana, Dok?
Kalau memang itu penyakit, berbahayakah, dan bagaimana cara mengatasinya?
Mohon petunjuknya, Dok…..Terima kasih

Biasanya jika ad benjolan aerah leher kemungkinan ada peradangan pada kelenjar pertahanannya. Bisa ada rdang daerah sekitar situ, selalu berikan makanan dan sayuran yg baik saja. Minum jgn sampai berkurang. Jika benjolan tidak kunjung mengecl selama 1 minggu hrp diperiksakan ke dokter

Salam Kenal, Dok…
dok saya punya kucing kampung biasa. Sudah 6 hari ini dia sakit, dengan gejala muntah kuning selama 2 hari.. dan diare selama 4 hari yang disertai darah tapi tidak banyak. Tidak mau makan dan minum, telinga dingin. saya curiga dan takut dia terkena virus penyebab distemper, karena beberapa hari ini kucing tetangga sebanyak 5 ekor mati dengan gejala awal seperti flu.. tidak mau makan dan minum..tapi, tidak ada muntah ataupun diare. Saat mati dari hidung dan mulut keluar darah.. tubuh kurus.
Kucing saya gemuk, dok. Pertolongan yang saya berikan saat ini adalah makan dan minum melalui spouit.. larutan oralit.. minyak VCO + air madu. makannya saya berikan bubur SUN.. kucing saya memang tidak mau makan dan minum tapi, saat di berikan melalui Suntikan masih mau menjilat. Dia kucing dewasa dok. Nah yang mau saya tanyakan apakah kucing saya terkena Panleko atau diare biasa? Dan benarkah penanganan yg saya berikan? Karena, dokter Hewan ditempat saya cuman bilang kena virus aja dan cuman disurh kasih minum terus.

Kalau belum di vaksinasi kucing pada umur dewasa pun bisa terkena distemper atau panleukopenia. Diberikan imboost atau ekstrak echinacea bagus untuk meningkatkan imunitas. Kalo bubur sun kan kandungan proteinnya sedikit, lebih baik memberi ikan yg dihaluskan dicampur air

Assalamualaikum dok,

Terkait dgn ekstrak echinacea, bgm dosis utk diberikan kepada kucing? Saya sdh browsing ternyata Sido Muncul menjual dlm bentuk kapsul dimana saya bisa beli lewat online.

Demikian pertanyaan saya dan atas bantuannya diucapkan terima kasih.

Salam hangat dan kenal,
Aki Reza

kucing sya yg biasanya aktif tba2 jdi lemas tdk mau mkan trus muntah dan diare dok, dia cma diam aja dok dan mlas gerak. trus apa yg hrus sya lkukan ya dok?

Ass dok,..
Saya punya anjing yang rasnya campuran,anjing saya baru berumur kira2 sudah mau setahun tapi postur tubuhnya besar di bandingkan dengan anjing seusiannya,beberapa hari ini,anjing saya sudah tidak mau makan,bahkan bermain pun dia sudah tidak mau,ternyta ada benjolan sebesar bola pimpong di bagian leher sebelah kanan,kalau di lihat dari samping nampak sekali,badannya panas,nafsu makannya sangat menurun,dan sudah menjadi pendiam pdahal anjing ini jenis anjing pemburu yang sangat aktif sekali. Tapi ketika saya pegang atau diurut,anjingnya ini tidak menghindar saya tidak tahu mungkin dia tdk merasa sakit ketika di pegang pda bnjolannya atau bagaimana. Mohon info dan solusinya dok atau penanganannya bagaimana. Terima kasih.

Bisa jadi ada radang ya, bisa cek infonya di artikel tanyadokterhewan.com mengenai 5 jenis benjolan pada kucing dan anjing. Segera konsultasikan ke dokter ya.

Dok, sy mau tanya, sy punya kitten mix usia dua bulan yg blm di vaksin. Nah saat ini kitten sy mengalami gejala penyakit lemas, nafsu makan turun drastis, dan keluar lendir bercampur darah dr hudung dan mulut sehingga bersuara keras saat bernafas dengan intensitas seperti cegukan. Apa indikasi yang dialami kitten sy dok? Dan solusinya seperti apa?

Salam kenal, Dok.
Dok, saya mau tanya. Saya punya kucing jenis persia dewasa hampir skitar 2 tahun umurnya, udah dari smalem ini kucing saya slalu muntah2 terus dan gak mau makan sma minum. Biasanya dia lahap klo makan. Badannya jga lemes skali dok (biasanya gak mau diem). Kira2 kenapa ya dok? Saya kuatir kena distemper, soalnya kucing teman baru aja kmaren hbis mati satu dengan gejala yg hmpir sama dengan kucing saya. Mohon petunjuknya, terima kasih.

Muntah bisa beragam penyebabnya, betul salah satunya distemper atau panleukopenia. Tapi bisa saja infeksi bakteri atau juga ada indikasi keracunan makanan. Perlu dilihat lagi bagaimana maknana yang dimakannya, vaksinasinya, lalu obat cacing. Kemungkinan infeksi cacing pun bisa terjadi.

Selamat malam dok,salam kenal.
Beberapa bulan yang lalu saya adopsi golden umur 5thn. Bulan kemarin ada bercak merah dilantai, saya pikir dia lagi loop, tapi setelah 3mingguan berlangsung. Darahnya masih ada, lebih sering keluar barengan sama pee nya. Darahnya kadang kental. Untuk makan minum normal, aktivitas seperti biasa, pup juga bagus. Mohon infonya dok. Terimakasih.

Dok kucing saya udah lebih dari sebulan flu, nafsu makan hilang, nafasnya kaya orng ngorok trus sering bersin dan keluar ingus, terkadang idungnya sampe mimisan. Udah sempat dibawa ke dokter disuntik dan dikasih obat serta vitamin, tp sampai obatnya habis blm sembuh jg. Apa yg harus saya lakukan dok ? Gk tega skrng kucing saya jadi kurus bngt.

Coba ditingkatkan daya tahab tubuhnya menggunakan imunomodulator bisa imboost atau juga herbal yang mengansung echinacea. Banyak penyebabnya bu, bisa saja mengalami infeksi bakteri, virus, atau bahkan ada tumor bu, sejenis polip yang ada dihidung menyebabkan bersin terus. Perlu dikonsultasikan dgn dokter lagi untuk melakukan observasi lanjutan, sehingga pengobatannya bisa tepat. Sebelumnya dokter memberi antibiotik atau apa bu?

halo dok.. saya punya kucing betina dia sudah 2 kali melahirkan tapi setiap kittennya berumur kurang lebih 2 bulan selalu mati satu persatu dok.
dan sekarang induknya melahirkan yang ke 3
usianya sudah hampir 2 bulan dan ada 1 kitten yang mulai sakit mata berair,hidung keluar cairan,sesak nafas dan kadang dia seperti mau muntah tapi tdak bisa dok
kira2 kenapa yah dok?
apa mungkin induknya yang bermasalah?
dan pengobatannya bagaimana yah dok?

Malam dok,
Saya punya kucing siam umur 4 bulan dia belum divaksin gara gara kirang fit setiap mau di vaksin , terus sekarang dia kaya ada benjolan seperti jerawat di sekitar kepala jidatnya dok , itu kira kira kenapa ya ? Terus penanganannya harus seperti apa ? Terimakasih

Selamat pagi dok …. kucing kuu baru tadi pagi rada aneh pipis dan pup nya sedikit-sedikit , ujung kaki ,hidung,telinga dingin . Pipis nya tiap sebentar tapi sedikit kadang gak keluar pipis nya . Harus gimana ya dok ?
Terimakasih~

Halo dok
Saya punya anjing umurnya sudah 9 tahun dia muntah darah kental agak kehitaman setelah itu tidak nafsu makan dan di bagian belakangnya biru kira2 itu apa ya dok penyebabnya

pernah makan sesuatu spt racun tikus? menjilat pestisida atau benda yg mungkin meracuni ga? atau obat penurun panas spt paracetamol? ibuprofen?

Dok sya mau tanya
Sya punya kucing persia jenis himalaya umur ny bru 3 bln sekarang teh kucibg ny lemas dok ama kejang ” tpi klo mkn ama minum mah masih mau ,knp y dok kucing ny ? .mksh y dok
Tlng di jawab

ada berbusa ga? menjilat sesuatu? kejang bs krn keracunan, bs krn ad infeksi yg menyerang otak, syaraf, dan otot. sebaiknya diperiksakan ya

Dok, saya mau tanya, kucing kalo di panggil namanya gak datang itu kenapa ya? Sebab kucing saya si kitty udah ada sepekan-an kalo di panggil namanya gak datang. Adakah solusianya? Kucing saya usianya 6bulan.

Dok salam kenal, kucing saya tiba-tiba ngeluarin darah dari hidung,, mulut agak bengkak, kelaminnya bengkak, trus kalo makan bisanya yg cair,, dan sdh susah bangun.. kalo kencing ditempat dia tidur dok.. kencingnya bewarna kuning dok… obat yg bisa diksihkan apa yah dok.. ditmpt tinggal sy ga ada doker hewan dok…

Sebaiknya mmg diperiksakan. Krn cukup sulit jk tidak diperiksakan. Daerah mana kalau boleh tau mb. Kemungkinan radangnya sudah parah ya krn seluruh tubuh terkena (kalau berdasarkan penjelasan). Usahakn tetap makan walaupun disuapi ya

Dok, kucing saya persia jantan umur 6 tahun. Seminggu yang lalu kucing saya kena otitis namun sudah membaik tp berlanjut ke pilek suhunya 36, taringnya juga berdarah, pucat dan tidak mau makan. Kata dokter terkena calci namun 2 hari ini masih lemas walaupun masih mau makan kalau disuapi. Saya jadi cemas karena td saya baru tau kalau pileknya keluar darahnya juga. Kira kira kenapa ya dok?

suhunya jd malah turun ya hipothermia. jd lemes ga, kebiruan ga? dingin badanbya? kalau calici mmg menyebabkan infeksi di saluran nafas bagian atas termasuk mulut, hidung,. segera bawa kembali ke dokter jk mmg suhunya drop sekali. krn normalnya 37.5-39.5

assalamualaikum dok…
kucing saya jantan umur 7bln blum difaksin
.kucing sya lagi sakit dokg dia muntah kuning, flu, mencret kyak odol, dan area mulutx sperti sariawan skrang dia ggk nafsu makan atw pun minum
.
.gejala sperti itu karna penyakit apa yaaaa

Penyakit virus calici gejalanya cenderung ke sariawan di mulut. Tp bs juga infeksi lainnya ya, segera periksakan ke dokter

Dok ,sya punya 3 anjing alaska
Yg besar umur 4,5 bulan
Dan dua lagi umur 2,5 bulan.
Sya mau tanya anjing saya yg umur 2,5bulan tiba² jadi flu dan batuk seperti ada yg mau di muntahkan ,sya sudah ke klinim hewan tapi tidak kunjung sembuh ,malah jadi temenya ikutan kena dok,kalau yg umur 4,5 bulan dia sehat² saja dok.bagaimana solusinya ya dok?
Terima kasih.

Pernah vaksin ga? Mmg untk masalah infeksi pernafasan pada anjing sgt menular, ada 2 penyakit yg sgt penting dn sftnya fatal. Bs krn virus distemper, bs juga krn bakteri bordetella (penyebab kennel cough) dan virus flu (parainfluenza). Tp bs juga mgkn penyebab lainnya ya

dok, anjing saya Pomeranian umur 2 bln udh di vaksin pertama, mau nanya dia akhir2 ini napas nya suka terengah-engah, itu kenapa ya?

Dok, kittenku ada yg mati kena virus vip. Nah aku tkut yang lain ikutan kena jg, ini aku beri imboost mreka. Yg aku tnyakn brpa lama pemberian imboost dberikan?
apa bole 2blnan dberikan terus menerus?

Apakah diagnosa tsb berdasarkan pemeriksaan dokter? Fip memang betul disebabkan virus, tergantung jenis fip nya ad yg basah ad yg kering. Keduanya perlu dikonsultasikan dgn dokter. Fip basah bisa menyebabkan penumpukan cairan jd perlu treatment khusus. Pemberian imboost tdk disarankan untuk waktu yg panjang. Ad baiknya diperiksakan ya

dok, mau tanya. saya punya kucing umur 5 bulan dan sekitar 2 minggu ini kucing sayasetiap hari batuk2. Apalagi jika sedang mendengkur dia inginnya batuk terus dan kadang ditahan sama dia. batuknya kayak batuk berdahak gitu tapi nggak keluar cairan, dok. daerah wajah sekitar mata dan hidung tidak keluar cairan apa2. selain itu, dia tidak bersin2 juga, itu sakit apa dan cara menyembuhkannya bagaimana ya, dok?

Sore
Boleh nanya gak ? Saya sementra kebingungan
Anjing saya mini jumat kemarin dia di bawa ke dokter karna demam.. sdh 5hr smpai hari ini tdk ada perubahan.. gejalahnya hidung pucat, mulut pucat , demam ,lemah dan kesulitan bernafas disertai jantung berdetak kencang… kata dokter itu gejalah distemper.. tapi kok tdk sembuh setelah saya kasih minum dia obat pemberian dokter ????
Makasih

Sore dok,

Dok saya mau tanya, kan sya punya kitten umr kira” 2 bln dok, itu knp ya doj tiba” ga mau makan? Dan ad juga yg diare tiba”?

Dok saya mau tny anjing sy kmrn hr kamis muntah cmpr kyk berbusa,pagi jumaat ud gk muntah lg,tp anjing sy gk ad nafsu mkn trus minum air trus,smpai saat ini gk ad selera mkn sm sekali,telinga,kaki dingin itu knp ya dok gmn supaya anjing sy ad nafsu mkn,maksi

Malam dok.
Saya punya kucing persia jantan usianya sudah satu tahun lebih. Dia sering pipis sedikit seperti anyang2n dok. Itu kenapa ya?.
Saya juga punya 2 kitten dok nafasnya seperti ngorok dok, dia sering bersin pula. Itu kenapa yaa dok?terimakasih dok.

kalo kencingnya sedikit, sering, dan terlihat sakit, kemungkinana ada radang atau ad sumbatan. perlu segera diperiksakan ke dokter. untuk kitten bs ditangani dgn d jemur pada pagi hari 5 menit cukup. tapi mmg perlu diperiksakan ke dokter untuk tau penyebabnya

Slamat malem dok sy punya kucing jantan usianya udah 4 th jenis kucing kampung pernah divaksin sekali, trus seminggu yang lalu dia brantem hebat pulang ke rumah mata berdarah kulit pada luka luka,udah seminggu sy kurung dirumah,luka dimatanya udah mulai kering tp hari ini pas sy paulang kerja mata sama sebelah hidung bagian bawah mata yang kemaren berarah idungnya jd ikutan berdarah,sy kaget kenapa ya dok?penanganan pertama yang harus dilakuin untuk kucing sy apa y dok,sy takut ini tinggal kucing terakhir sy,tolong dok

Salam kenal dok, saya punya kucing masi umur 2 bulan lebih dari kemaren siang dia tidur terus gamau bangun lemes gitu nafsu makannya juga berkurang, itu kenapa ya dok?

Dok, saya mau nanya. Kucing saya setiap abis di gendong dia seperti cegukan/sesak nafas. Terus nafsu makan dia berkurang dan lemes. Kira2 kenapa ya? Terimakasih.

sudah diperiksakan ke dokter? sebenarnya untuk beberapa kucing menggendong membuat tidak nyaman, jadi tidak perlu dilakukan kalau tidak terlalu penting. bisa membuat stress dan tidak nyaman. atau bisa juga memang ada kondisi sakit krn infeksi atau trauma atau luka

mau tanya dok, kucing sy 2 hari diare, pupnya lembek, dan muntah busa. sy bawa ke vet dia disuntik dan diberi obat. tp stlh minum obat malah dimuntahkan. Makan sdikit, kemudian pupnya jd encer. gmn ya dok?

harus dipaksa ya minum obat nya, konsultasikan kembali dengan dokter yang memeriksa tentang kondisinya terutama jika tidak ada progres setelah 3 hari pengobatan

Salam kenal Dok.
Saya punya kucing umurnya baru 1,5 bulan, dia suka banget tidur. Saya pikir memang suka banget tidur tapi taunya susah untuk berdiri, klo berdiri dia akan jatuh lagi (terhuyung). Ke-4 kaki dan kepalanya seperti tidak ada tenaga dan nafsu makannya pun menurun. Hanya mau minum susu dan itu pun harus disuapi. Dia juga tidak terdengar bersuara, sama sekali tidak mengeong. Dan baru saja saat tidur dipangkuan saya dia tiba” menggerakan ke-2 kaki belakangnya, seperti yang kejang. Kasian sekali setiap melihat matanya, seakan” dia menangis. Kira” itu gejala apa ya Dok? Terimakasih.

segera periksakan ke dokter ya, kalau ada kejang kemungkinan ada gangguan di syaraf nya, atau bisa juga ada infeksi lainnya, bisa juga ada trauma atau luka

Dok mau tanya
Kucing saya minggu lalu abis op patah tulang
Drh meresepkan garamysin utk salep luarnya
Hari ini baru saya pakaikan salepnya
Lalu bekas jaitannya menghitam seperti koreng dok. Tapi gak bengkak
Ini normal gak dok?
Dan mungkin karena gatel, dijilat2 sama kucingnya trs berdarah sedikit dok

Apa perlu ganti salep atau gimana dok?

agar tidak dijilat, perlu menggunakan collar elizabeth atau corong sehingga luka tidak akan basah, jahhitan tidak lepas krn dijilat. untuk pergantian pengobatan perlu dikonsultasikan dahulu dengan dokter

Hallo dok saya mau tanya mohon dengan sangat dijawab ya dok, terimakasih. Kucing saya sudah 2 hari suaranya hampir ilang, sangat kecil bunyinya hanya terdengar di belakang kalau sedang meong, lalu sekarang jarang minum air semenjak suaranya ilang, itu kenapa ya dok? Dan nafsu makannya jadi berkurang. Terimakasih

Sekarang suaranya sudah hilang dok, kenapa ya? Seperti ada gangguan di tenggorokannya karna dia sering ingin memuntahkan sesuatu tapi tdk ada kadang yg keluar itu lendir, kemarin dia sempet muntah dan yg keluar makanannya dan segumpal bulu, sekarang dia tidak nafsu makan, saya sangat khawatir dok, mohon di balas

Halo dok, kucing saya kena virus panleukopenia. Sudah opname 6 hari. Kakinyaada yang bengkak dan sepertinya ada lendir di hidungnya. Tapi sudah tidak diare dan muntah lagi. Sudah bisa makan sedikit. Kira2 bisa saya rawat jalan tidak ya? Tolong dijawab ya dok. Kasian dia sudah minta pulang ke rumah.

konsultasi dengan dokter yang memeriksakan ya, kalau saya kan gak tau kondisinya. dokter disana lebih paham.

Halo Dok,

Kucing saya mati dengan kondisi hidung dan mulut berdarah. Tidak ada tanda2 kekerasan atau bekas ditabrak yang terlihat. Tapi kepalanya ada sedikit benjolan, tanpa luka luar. Saat itu kucingnya saya temukan di pinggir jalan dekat tempat sampah.

Hal yang saya mau tanyakan, apakah penyebab kematian kucing saya? Apakah karena dipatuk ular? Karena ditabrak/dipukulin? Atau karena keracunan?

Terima kasih Dok.

semua kemungkinan bisa terjadi, keracunan umumnya terjadi karena keracunan racun tikus, misalnya kucing nya makan tikus yg sudah diberi racun, kalau dipukul dengan benda tumpul bisa juga menimbulkan luka bagian dalam tanpa ada luka luar, tapi biasanya memang ad pendarahan. kalau ditabrak tentu ada bekas kondisi cedera nya,

Selamat malam dok,
Saya ada anjing shihtzu umur 2thn 6 bulan jenis kelamin laki2..
Sudah beberapa hari ini anjing saya lbh pasif.. lalu 2 hari ini diare, mau buang air besar tapi agak susah cuma keluar kotoran sedikit, cair dan berwarna hijau.. saya lihat bola mata putihnya agak kekuningan, gusi dan kulit badan bawahnya dekat kemaluan juga sudah mulai menguning .. kemarin masih mau makan saya kasih kuning telur tapi setelah itu muntah dan tidak mau makan lagi .. untuk gejala yang lain seperti demam tidak ada dok..

Halo dok,
Anjing saya pom 1 th mencret dan muntah 3 kali. Badannya pun dingin terutama pada bagian hidung dan telinga. Dia juga tidak mau minum & makan dan lesu. Bagaimana ya dok?

Sebaiknya segera periksakan ke dokter ya. Dikhawatirkan lama2 bisa dehidrasi kalau tdk segera ditangani

Selamat malam dok,
Kucing saya smlam ga sngja keinjek, trs napas kucingnya tiba’ cepat kyk ga normal gtu. Trs pas paginya dia ga mau mkn trs kerjaannya tdr trs, jdi saya ksh dia susu sapi ga lama kmudian dia muntah wrna kuning susu, dia jg minum lidahnya ga keluar jdi minumnya kdangan msuk ke hidungnya, ini kucing saya kenapa ya dok?

Dok, saya mau tanya anjing saya shitzu umur 6bulan, biasanya anjing saya paling suka makan, suka main dan lincah. 1mnggu ini jadi pasif, lemes, baring2 terus, tidur terus, gk nafsu makan, gk mw minum, kencingnya kuning bngt, terus gusi dan kelopak mata pucat.. saya sudah bawa ke klinik, kata dokternya penyakit leptospirosis. Tapi saya baca di google kalau penyakit leptospirosis itu bakal diare, kehausan, kulit gusi kuning. Sdgkan anjing saya tidak menunjukkan hal seperti itu. malahan anjing saya tidak mau minum.. Apakah benar anjing saya benar2 terkena penyakit leptospirosis?? Mhon jawabannya dok

Perlu ada pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikannya, bs menggunakan test kit untuk leptospirosis

Hallo dok,
Salam kenal.. sya punya kitten umur 11 minggu, udah 2 hri diare, sblm diare jlnnya jtuh2 trus muntah jg tpi bru kmrin 2x.. napsu mknnya brkurang, tpi masih mau minum klo lewat pipet tpi kdang slsai mnum sprti batuk gitu, pissnya warna kuning, napasnya jg gk normal.. kira2 kucing sta skit apa ya dok? Thx before. .

Hai dok… kucingku usianya kira2 10 bulan, bulan januari lalu kena virus calisi yg mengharuskan dirawat di klinik hewan slama 5 hri, syukur Alhamdulillah dia bisa sehat smpe skrg.. tpi masalahnya timbul setelah dia sembuh.. nafasnya sering tersengal2 apalgi klo habis main sma digendong… klo lgi makan apalgi terburu2 jdi suka tersedak terus.. habis makan cegukannya lama bnget.. kenapa y dok? Tpi klo dia tidur biasa aja.. nafsu makan jga baik.. mhn penjelasannya y dok.. kasian klo liat dia lgi sesak nafas.. mksh banyak y dokter

Sudah dikonsultasikan kembali ke dokter? Cukup sulit kalau tdk dilihat secara langsung kondisinya.

Selamat malam dok
Dok saya ingin bertanya beberapa hari ini kucing saya kotorannya berwarna hijau dan cair, bagian anusnya memerah dan agak bengkak dok
Sebelum-sebelumnya kucing saya kotorannya berwarna hitam dan agak cair, itu kenapa ya dok?
Terimakasih banyak

Tanya dok,
Saya punya anak kucing kampung, sdh 5,hari tidak bisa makan dan minum. Makanan hanya menumpuk didalam mulutnya.beberapa lama makanan itu keluar. sepertinya dia tdk bisa menelan. Kenapa ya dok?

sdh ke dokter? kalau sdh 5 hari g bisa makan dan minum itu bahaya sekali. bisa menyebabkan kekurangan cairan

Selamat pagi dok, sy mau tanya.
Kucing sya kurang lbh hampir satu tahun, sudah 3 hari ini kena flu dok. 2hari yg lalu sudah sya bwa k drh. , sudah diberi obat racik (AB, obat u/ virus atau bakteri flunya) , jg sempat diberi cairan infus karna tdk mau makan. Sampe skrg makannya ttp susah dok sehingga saya harus kasih makanan mlalui spuit, tp ttp saja cuma bisa sedikit karna sya khawatir akan masuk keparu”nya, terus memperparah bernafasnya.
terus flunya makin menjadi”, badan panas, hidung sepertinya tersumbat, bernafasnya melalui mulut.
Sya mau tanya dok, kira” apa yg bsa saya lakuin biar panasnya turun, terus hidungnya ga tersumbat lg?
Terus fase akut pileknya itu kira” berapa lama ya dok? Terima kasih

pengobatan memang perlu sabar, gak bisa langsung sembuh, perlu ada proses nya. kondisi tubuh perlu proses untuk memperbaiki sel nya, konsultasi juga ke dokter lagi ya.

Dok.. Saya mau tanya. Kucing drumah saya sekitar sekitar 6 hari yang lalu dia tiba2 mengeluarkan cairan dari kupingnya. Dan cuma tidur aja. Padahal malemnya sebelum sakit dia ceria dan masih baik2 aja. Dia Tidak mau makan, minum, dan selalu muntah. Pup nya juga sedikit dok. Selang 3 hari dia keluar cairan kayak ngeces gitu dok. Itu saya masih coba kasih makan dan minum dari suntikan. Tapi kok malah sekarang dia keluar darah dari mulutnya dok. Dan banyak banget. Uda gag mau pup dan pipis lagi. Itu kena virus apa ya dok?? Atau sakit apa. Dan apa yang mesti saya lakukan. Soalnya takut banget dia keluar darah banyak dari mulut. Kalau dipanggil dia masih respon dengan mendangakkan kepalanya. Tapi dia uda gag bisa apa2. Cuma tidur aja. Itu kenapa ya dok??

Ke dokter ya, infeksi virus atau bakteri bs juga, untuk memastikannya bs diperiksakan ke dokter

Dok.. Saya mau tanya dok. Dok kucing saya 6 hari yang lalu tiba2 mengeluarkan cairan dari kupingnya dok. Semaleman dia tidur. Padahal dia baik2 aja dan ceria banget sebelumnya. Dia gag mau makan, minum, dan selalu muntah. Pupnya juga cuma sedikit dok. Selang 3 hari dari kejadian itu dok.. Dia malah ngeces keluar cairan dari mulutnya. Saya masih kasih makan dan minum dari suntikan. Tapi gag tau kenapa sekarang malah keluar darah banyak banget dari mulutnya. Itu disebabkan karena apa ya dok?? Saya takut banget soalnya karena darahnya keluar dari mulut trus. Dia kalau dipanggil masih respon dengan mendangakkan kepalanya sedikit. Tapi saya gag tega liatnya dok. Apa itu kucing saya terkena virus?? Dan apa yang mesti dilakukan dok?? Mohon jawabannya dok. Terimakasih banyak sebelumnya.

Apakah sudah diperiksakan ke dokter? Infeksi virus mungkin juga terjadi. Sebaiknya kalau mmg ada kelainan atau kondisi tdk normal dan kesakitan segera ke dokter. Tdk perlu ditunda.

Ass.. dokter ..
Kemarin kucing saya yg berumur 1th meninggal mendadak dr..
Kata adik saya dari hidungnya keluar darah ..
Padahal kucing saya gemuk, sempat beberapa hari yg lalu muntah ciran putih seperti susu ..
Padahal mau saya bawa ke petshop waktu itu ..
Karna hujan lebat akhirnya gagal ..
Dan malamnya meninggal ..
Mohon penjelasan dr kenapa bisa seperti itu ..

Kematian mendadak bs krn infeksi virus, bs krn keracunan, bs krn ada cedera, trauma, kecelakaan.

Halo dok, mau tanya, anjing sy tiba2 gk nafsu makan, dan pernafasan jg ada suara, matanya suka melotot, dan klo jalan suka miring2 (lemas),suka gemetar jg. kejadian nya stelah 2 hari ini hujan terus(anjing sy memang takut hujan, apalagi klo ada petir). kira2 knp ya dok?

Mgkn bs ketakutan, panik, stress, bs juga kesakitan krn sesuatu, srbaiknya konsultasikan lgsg ke dokter ya

Selamat siang dokter..
Ada yang mau saya tanyakan. Kucing saya sedang sakit, sedih sekali melihatnya. Kondisinya saat ini perutnya membesar, terlihat kurus dan lemas. Bahkan, hilang nafsu makan. Saya tidak mengetahui penyebabnya apa. Sepertinya dia makan sesuatu.Untuk mengobatinya bagaimana ya dok? Adakah jalan untuk menolong kucing saya yang sedang sakit?

Selamat malam dok.
Saya punya kitten domestik usia 5 bulan. Sudah seminggu lebih badannya panas, nafasnya cepat dan pendek2, dan kemarin subuh tidak nafsu makan. Karena khawatir dia tertular panlekopenia dari saudara2nya yg sudah meninggal, akhirnya saya bawa ke vet terdekat. Vet di sana bilang sepertinya bukan terserang panlekopenia krn dia tidak muntah ataupun mencret, tetapi lebih memungkinkan terserang FIP krn perutnya buncit. Vet menyuruh saya untuk memberi makan kitten RC Digestive care krn tidak boleh sikasih makan berprotein tinggi, dan maksimal hanya sepertiga kaleng sehari.
Nah pada malam harinya, setelah diberi obat, nafsu makannya mulai muncul lagi, dan hari ini nafsu makannya makin tinggi. Krn vet kemarin menyarankan untuk memberi makan sedikit2, kucing saya rewel minta makan terus. Apakah dalam keadaan seperti ini boleh diberikan makanan tambahan dok? Kalau boleh kira2 apa ya? Terimakasih dok.

pemberian makanan tambahan sebaiknya konsultas dgn dokter yang menangani kitten nya ya.

Dok, mohon bantuannya.
Saya memelihara kucing kampung umur 1th. Dia didiagnosis terkena leptospirosis. Gejala yang dialami: lemas, tidak nafsu makan, demam tinggi, gusi dan kulit kekuningan, otot kaku. Oleh drh yg brkaitan, diberikan kapsul isi antibiotik dan vitamin srta Cur*uma Plus utk menangani livernya. Makanan yg dianjurkan yaitu diberikan R* Recovery. Selain diberikan obat2 di atas, perawatan lain sprti apa yg hrus sya berikan?
Terima kasih..

untuk perawatan selanjutnya sebaiknya konsultasikan dengan dokter yang menangani nya, karena dokter tersebut lebih tau kondsinya. pastikan memebrikan obat sesuai resep dan saran dokter. setelah menangani hewan terutama kontak dengan liur dan urin nya jangan lupa mencuci tangan, karena leptospirosis bisa menular ke manusia.

untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya dokter hewan

Halo dokter, terima kasih untuk sharingnya. Saya juga ingin berbagi pengalaman nih, sekaligus bertanya..
Kucing saya berusia 9 tahun, 2 minggu lalu msh aktif dan lincah, tp hari demi hari kemudian nafsu makan turun dan seperti konstipasi. Oh iya, sdh beberapa bln kucingku hobi muntah kuning tiba2.
1 minggu lalu makan berhenti total, dan muntah, sehari sekali pasti muntah.
Saya bawa ke vet, kecewa. Karena tanpa ada pemeriksaan serius, dan diagnosa pasti, dan suhu tubuh normal kucing saya dinyatakan baik2 saja hanya karena sudah tua. Ga ada obat atau vitamin. Saya pulang agak lega namun curiga, saya awalnya kira kucing saya kena sesuatu yg serius.
Dua hari kemudian, ga ada tanda2 baikan, maunya ngumpet, ga mau makan sama sekali, muntah. Hari kamis saya putuskan bawa ke klinik yg berbeda, cukup kecewa lg karena : kucing saya ga di tes darah sekalipun saya tawarkan, dan tidak diinfus (padahal udh ga makan minum kecuali saya paksa), tp plg msh bawa vitamin, obat muntah, dan antibiotik, katanya masalah lambung. Sejak kamis lalu saya pengobatan mandiri dirumah sampai skg, kondisinya gmn ya, dibilang sehat ngga, dibilang sakit y sakit, krn kadang muntah, tp gejala lain ga ada kecuali lesu dan masih ga mau makan udh dua minggu ini, harus kupaksa tiap Sejam. Suhu tubuh tetap normal.

Semua yg pernah alamin, please kucingku kenapa ya… sdh drama bgt nih dirumah nangis2in dia, capek, bingung, sbab dia kok kayanya ga sembuhan juga setelah konsumsi obat muntah, madu, recovery dan antibiotik selama 6 hari ini. ???

Butuh saran dan jawaban sangat dokter, terima kasih sebelumnya.

halo, saya mohon bantuannya dokter.
saya memiliki 4 kucing di antaranya 2 jantan. 1 dome 1 lagi persian. Kucing jantan persian saya kebetulan memiliki kebutaan sejak lahir, saya tahu ketika membawanya untuk vaksin ke dokter hewan terdekat. Kebetulan saja, saya memungut kucing persian buta itu karena dibuang dijalan. Akhir-akhir ini kucing persian jantan saya suka pipis sedikit-sedikit dok, tapi tidak bolak-balik ke litter box sesering kucing yang biasanya kena fuss. Sepengalaman saya, kucing dome jantan saya juga pernah terkena fuss dan bolak-balik ke litter box sangat ekstrim bahkan sampai ketiduran dalam posisi pipis. Nafsu makan kucing persian jantan saya masih lancar, minum juga lancar dan masih lincah, saat buang air juga tidak terlihat kesakitan. Pipis sedikit-sedikit yang dialami juga mulai pertengahan musim penghujan ini dok dan kebetulan akhir-akhir ini sedang birahi kucingnya. Saya sedikit kebingungan kucing saya memang sedang gejala fuss atau karena beberapa faktor lain ya dok? Dan bagaimana cara penanganan pertamanya? Terimakasih

Untuk memastikannya perlu diperiksakan dulu ke dokter, krn penyebab fus bisa juga ada batuan atau radang, nanti bs dicek melalui urin dan oemeriksaan lainnya. Info mengenai flutd atau fus sudah dibahas di web, silahkan dibaca

Dok saya punya kucing jantan 9 bukan tiba-tiba nafasnya pendek pendek gitu dok, sampe perut dan dadanya naik turun cepet. Dia juga mau makan kalau di suapi sama ga di campur dengan kucing yang lain, kucing saya jadi suka menyendiri terus. Kira kira kenapa ya

cek ke dokter ya, banyak sekali yang bisa mneyebabkan nafas tersengal, sakit pada dada, perut, sumbatan saluran nafas, takutnya kalau dibiarkan bisa lebih parah kondisinya

Selamat sore dok, anjing saya jenis mini pom baru 2 bulan. Seminggu kemarin baru habis vaksin ke 2.
Tapi sy baru sadar kalo ad benjolan di leher di bagian tengkuk kanan. Benjolanya bisa bisa digerakin bentuknya bulat memanjang kira2 dimeter 3 cm. Nafsu makan normal, minum normal, lincah dan tidak sakit ketika saya pegang. Kira kira itu kenapa ya? Terimakasih

Silahkan cek infonya di artikel 5 jenis benjolan bawah kulit pada anjing. Sebaiknya konsultasikan juga ke dokter ya.

Dok, kucing saya 2 ekor usia 3 bulan. Kucing a sering mencret akhir akhir ini, terus kadang suka cegukan juga. Tapi kucing yang b baik baik aja dok. Padahal makanan nya memang yg biasa saya kasih, gak ada yg aneh. Itu kenapa ya?
Terimakasih

Kedinginan bisa juga terjadi pada kucing, akibatnya bisa juga menyebabkan gangguan saluran cerna. Salah satunya mencret. Penyebab lain mencret juga bs krn infeksi cacing, parasit maupun virus. Silahkan baca artikel mengenai diare pada kucing. Manfaatkan fitur cari tulisan.

Assalamualaikum, dok. Kucing saya Jennie, jenisnya Persia mix domestik umur sekitar sebulan atau dua bulan. Sudah 3 hari gejala sakit. Hari pertama semacam mual-mual tapi tidak sampai muntah. Hari kedua, pagi hari, makannya lahap tapi tidak sampai dua jam makanannya dimuntahkan dan muntahnya terus berlanjut meskipun yang keluar cuma berupa cairan. Sampai hari ketiga tiap diberi minum dan makanan tidak lama berselang akan dimuntahkan. Makanannya cat food merk “W” sesuai umur dan air minum biasa. Sekarang kucing saya lemas dan kurus karena terus-terusan memuntahkan makanannya. Fesesnya konsistensinya lembek tapi masih berbentuk. Kalau bangun masih bisa berjalan-jalan pelan dan kadang mampir ke WC. Dia tidur dengan posisi duduk saja, tidak mau berbaring kesamping. Tolong dibantu, dok. Pertolongan pertama apa yang harus saya lakukan kepada Si kecil Jennie sebelum sempat saya bawa ke dokter hewan besok. Terima kasih sebelumnya.

Waalaikumsalam. Tetap berikan pakan yang basah dan minum yang cukup, penanganan dokter perlu dilakukan, biasanya akan diberikan obat antimuntah supaya tidak muntah terus dan makanan bisa masuk

Dok anjing saya umur 2 bulan dia lemas kadang tidak mau makan dan pernapasannya terganggu seperti tersendat sendat itu kenapa ya dok

sebaiknya jika lebih dari 2 hari peru segera konsultasikan ke dokter. bisa jadi memang ada infeksi di saluran nafas, terutama jika sebelumnya induk belum vaksin.

Leave a Reply

*