Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya – TANYA DOKTER HEWAN
Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya

Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya



Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya

Penyakit pada kucing bisa disebabkan oleh berbagai hal salah satunya adalah virus. Penyakit yang disebabkan oleh virus ini biasanya berakibat fatal karena sifat virus yang berdiam diri di dalam sel. Salah satu penyakit virus yang ditakuti oleh cat lovers yaitu Distemper atau dikenal juga dengan Feline Panleukopenia.

Berikut ini beberapa hal penting serta gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya

#1 Banyak istilah mengenai distemper kucing

Distemper kucing banyak memiliki nama lain diantaranya Feline Panleukopenia karena gejala klinisnya berhubungan dengan penurunan leukosit (sel darah putih), Feline infectious enteritis karena gejala klinis nya pada saluran pencernaan terutama usus. Feline parvovirus karena penyebab distemper kucing ini adalah virus Parvo.

Jangan lupa cek artikel ini juga ya -> Ketahui 8 gejala distemper pada kucing ini sebelum terlambat!

# 2 Kematian sering menjadi akhir distemper kucing

Terkadang kejadian virus ini terjadi pada kucing tanpa ada gejala yang nampak, namun tiba-tiba menyebabkan kematian mendadak pada kucing. Kematian mendadak biasanya terjadi pada kucing yang dipelihara di luar rumah karena sering nya kontak dengan lingkungan dan tidak dilakukannya vaksinasi.

Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya
Gejala distemper pada kucing dan cara mengobatinya

#3 Muntah dan diare gejala klinis distemper kucing

Feline parvovirus atau virus parvo sangat senang mendiami saluran pencernaan terutama usus. Virus ini akan masuk ke bagian dalam usus dan merusak selnya. Hal ini menyebabkan usus menjadi luka dan rusak sehingga feses atau poop menjadi cair (diare/mencret) dan tak jarang memperlihatkan adanya darah. Selain diare, muntah juga gejala klinis yang khas dari distemper kucing ini. Muntah dan diare menyebabkan dehidrasi sehingga kucing cenderung lemas, demam, tidak nafsu makan serta hanya ingin menyendiri.

# 4 Bayi Kucing (kitten) bisa terserang dari induk

Kitten akan terkena infeksi parvo virus langsung dari induk yang tidak pernah vaksinasi. Biasanya bayi akan mengalami kelainan syaraf sehingga sering terlihat kejang dan berjalan sempoyongan. Pada hal ini kemungkinannya kitten mengalami hambatan pertumbuhan bahkan kematian.

#5 Penularan distemper dari lingkungan

  • Lingkungan yang banyak terdapat kucing tanpa pemilik (feral cats/street cats/kucing liar) biasanya memiliki kemungkinan menularkan virus ini.
  • Kucing indoor pun dapat terserang melalui kontaminasi di penitipan hewan
  • Penularan utama melalui kontaminasi yang berasal dari feses kucing penderita

#6 Pengobatan distemper kucing

  • Jika mendapati kucing tidak nafsu makan, berdiam diri, kemudian terdapat gejala muntah dan diare secara terus menerus ada baiknya segera di bawa ke dokter hewan.
  • Pengobatan untuk kasus ini dapat menggunakan interferon jika kasus nya tidak terlalu parah.
  • Terapi infuse adalah penanganan yang utama untuk kasus ini, untuk memperbaiki kondisi tubuhnya dari dehidrasi.
  • Pakan yang diberikan pakan basah dan biasanya diberikan dengan disuapi menggunakan spoit. Pakan yang digunakan bisa pakan khusus untuk kucing dengan gangguan pencernaan.

#7 Vaksinasi adalah pencegahan terbaik

Vaksinasi kucing mulai usia 8 minggu dapat menurunkan resiko terkena penyakit ini. Vaksinasi akan di ulang 4 minggu setelah vaksinasi pertama. Vaksin distemper kucing bersamaan dengan vaksin lainnya yaitu vaksin calicivirus, rhinotracheitisvirus.

# 8 Saat hujan dan cuaca tidak mendukung penting untuk menjaga daya tahan tubuh kucing

Saat musim hujan membuat kucing menjadi stress sehingga daya tahan tubuh menurun. Hal ini menyebabkan kucing mudah terserang penyakit sehingga perlu asupan nutrisi yang baik, menjaga kesehatan serta memberikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

Penyakit distemper memang sangat fatal dan penularannya sangat tinggi, namun dapat dicegah dengan melakukan vaksinasi pada usia dini. Kucing dewasa yang belum divaksinasi sebaiknya segera melakukan vaksinasi agar mencegah terserang penyakit distemper. Menjaga kebersihan kandang dan lingkungan pun termasuk cara yang baik untuk pencegahan penyakit ini.

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Regards
drh Puspasari Respatiningtyas

Tulis Pertanyaan Dokter Hewan

425 comments

Dok..mau tanya..kucing persia saya berwarna hitam. Suatu hari sya lht ada debu di kepalanya..stlh diamari.lg tenyata itu binatang butih kecil2 dan bergerak. Saya bngung karena tdk.seperti kutu pada umumnya. Sudah 2 kalo saya grooming anti kutu tpi msh ad. Kira2 itu apa ya dok? Gmn cara menghilangkannya? Terimakasih.

Saya punya kucing masih kecil trus ma bapak di bikinnin tempat di luar rumah ada atapnya juga, tpi sekrang musim hujan apa gk apapa tetep di taruk luar?

Kucing sy dulu jg spt itu mbk ditelapak kakinya luka n bernanah tp nanahnya itu sy keluarkan dan dibersihkan pk alkohol..kucing pasti berontak pas merasa sakit tp dia senang krn diobati

Kebanyakan krn terdeteksi nya lambat, sdh terlanjur dehidrasi (muntah dan diare dibiarkan bbrp hari), kemungkinan sembuhmya sedikit, terlebih kalau blm pernah vaksinasi.

Dok, Saya pelihara kucing lokal 2.umur 1 tahun.belum pernah vaksin.Yang satu barusan mati kemarin sore.kemungkinan karena distemper, dan telat penanganan karena kucing sudah dehidrasi parah.
Sekarang yang satunya menunjukan tanda2 tertular, karena susah makan dan minum.
Apa yang bisa saya lakukan dok?
Misal sekarang divaksin,apamasih bisa menyelamatkan si kucing dok?

Vaksin hanya bisa kalau sehat, kalau sdh ada kasus jg g bs d vaksin walau kucingnya terlihat sehat. Krn mgkn juga sdh tertular. Sebaikny jk mmg terlihat sdh ad gejala lgsg periksakan k dokter. Baca juga ttg vaksinasi ya : vaksin kucing

Saya nanya ke dokter hewan….katanya kalau vaksin&suntik pengobatan harus 8 minggu ke atas…..maaf jd mn yg benarnya….sy jd bingung.

Dokter saya mau nanyak?saya pnya kucing dia sakit spt susah menarik npas spt org sesak kerongkongan brbunyi.klau brnapas dia spt mnekan perut n berbunyi spt mndengkur.tlong y dok bgaimna cra mngobatiny

Kemungkinannya bs infeksi pada saluran nafas nya. Atau bs juga ad penyebab lainnya bu, jadi saran saya dibawa ke dokter saja agar tahu diagnosa pastinya.

Dok mau tanya anak kucing saya habis diserang sama bapaknya ,seandainya saya tdk cegah mungkin sudah mati dimakan.saat ini anak kucing tersebut menderita karena luka lubang dilehernya,saya sudah bawa ke dokter hewan sudah diberi suntik dan dibelikan obat amoxan dan Nebacetin bubuk. Dok apa wajar kepala
Kucing miring trus ke kiri bagian leher yg luka,dan mata nya ikut bergeser dok. Krn dokternya luka gpp tapi ditakutkan kena sarafnya. Gmana nih dok,apakah kucing tsb akan cacat dibagian matanya? Kasian banget dok,saya sampai syok dan kepikiran terus. Terima kasih dok

Asalamualaikum
Dok mau nanya ini kucing saya ga sengaja keinjak,,setelah itu malam nya kucing saya badannya dingin,mulutnya ga bsa kebuka sama kalau diangkat badannya tuh kepalanya malah miring,, tuh kenapa ya donk kok bisa seperti itu dan obat nya supaya sembuh seperti apa,, dan apakah kucing saya bisa sembuh dok,,, mksie

Met pagi dok..kucing saya peranakan persia semlm tb2 kucing ku ngejoparak tak berdaya dn kluar cairan dr anus berwarna abu2 spt air semen. Trs sampai skrng dia msi lemes dan gak bs bangun. Stelah di amati di bagian bijinya bengkak.. saya hrs gmn dok? Saya sediiihh..

dok kucing saya usia 7 bulan, sudah vaksin lengkap tapi 1 minggu ini dia mencret dan 2 hari kemarin lemas disertai muntah setelah testkit trnyta positif panleu.
pertanyaannya apakah kucing saya bisa sembuh dok mengingat vaksin sudah lengkap, berapa % tingkat kesembuhannya karena saat sakit pun dia msh aktif.
makan dan minum masih mau dok

terimakasih

halo terimakasih sudah bertanya, mohon maaf baru merespon. saya lebih banyak melakukan komunikasi melalui instagram dan [email protected] jika ingin fast response silahkan menghubungi melalui channel tsb ya.

untuk kucing yang pernah vaksinasi memang mungkin saja terjangkit panleukopenia. namun tidak akan separah kucing yang tidak divaksinasi. hal ini dikarenakan saat terjangkit virus yang sama antibodi akan mengenali agen peyakit dan akan melakukan perlawanan. jadi kemungkinan sembuh sangat tinggi. perlu diperhatikan asupan minuman dan makanan nya agar daya tahan tubuh tetap baik. terimakasih

Dok sy mau nanya, kitten sy mencret, udh sy kasih oralit tp kok belum sembuh juga ya, pup nya tidak ada darah tp intensitas mencret nya 2 jam sekali, apa yg harus sy lakukan dok?

silahkan diperiksakan ke dokter ya, kasihan kucingnya bisa lemas. oralit pada kucing sebaiknya tdk diberikan. Krn kondisinya sgt berbeda dgn manusia. terutama untuk kitten bs terjadi keracunan

Dokter kucing saya usia 6 bln, tiba2 tidak mau makan dan minum pun jarang, lebih banyak tidur, kenapa dengan kucing saya ya dok, makanannya udh saya ganti dengan yg agak lembek tetap ga mau makan, to long ya dok apa obatnya

silahkan diperiksakan ke dokter ya, untuk penanganan lebih lanjut. terutama untuk kucing usia muda khawatir ada infeksi yang bisa berakibat fatal. terimakasi

Mau nanya dong, kucing saya gatau kena penyakit apa nih dok, gejalanya perutnya gendut padahal kucingnya gamau makan, terus kakinya lemes ga bisa berdiri, terus kaya gemeteran gitu, saya baca di google sih kayanya namanya distemper. Apakah benar? Terus gimana solusinya?

halo Ryan, kucingnya jantan atau betina? usianya brp tahun? apakah pernah di Vaksinasi? ada muntah atau tidak? untuk mengetahui penyakitnya scr pasti tidak bisa hanya dgn melihat Dr bbrp gejala saja. Krn bbrp penyakit memiliki gejala yg hampir serupa. untuk distemper saya rasa jarang terlihat adanya gejala perut yang gendut. sebenarnya perut gendut ini juga tdk bs jadi patokan thd salah satu penyakit saja. gendut nya apa berisi cairan, berisi udara, gendut Krn hamil, gendut Krn penyebab lainnyam. jadi saran saya silahkan periksakan ke dokter ya.

Okedeh dok makasih infonya, tapi kayanya kucingnya udah mati deh, soalnya udah ga gerak tapi matanya masih melek, taunya dia udah mati atau belum gimana ngeceknya ya dok?

-dok apakah Distemper menular ke manusia?
-dan kenapa habis kucing terkena distemper sering meong dan suka ke kamar mandi/air?
-dan apakah boleh dikasi oralit dan obat manusia?

untuk mendapatkan diagnosa distemper, perlu diperiksakan ke dokter ya. distemper tidak menular ke manusia, kucing distemper mengalami kesakitan sehingga cenderung ingin menyendiri dan mencari tempat yang tenang. jika kucing mengalami kondisi muntah dan diare lebih dari 2 hari segera bawa ke dokter. pemberian obat oralit tidak memberikan efek signifikan, pemberian obat tanpa diperiksa dokter akan menyebabkan penyakit menjadi lebih parah. silahkan baca artikel ini ya tanyadokterhewan.com/2016/05/23/kenapa-tidak-boleh-memberi-obat-sembarangan-pada-hewan-peliharaan/

Kucing saya tertular distemper. apa yg harus di berikan? Makan gamau, tapi ttp saya kasih obat flucat . Apa bisa menyembuhkan ? Agar sembuh harus diapakan?

apakah telah diperiksakan ke dokter? untuk mendapatkan diagnosa lebih lanjut perlu diperiksakan ke dokter dan mendapatkan perawatan lanjutan.

dok apa yg harus saya lakukan sama anak kucing saya yg terkena Distemper, di daerah saya dak ada dokter hewan dan pet sop?.apakah bisa sembuh?

dok saya mau nanya, kucing saya ada 3 dok,,
4 hari yang lalu kucing saya mati sebelum mati kucing saya itu muntah” lendir berwarna hijau, badan nya lemas dan suka menyendiri,,, dan sehari setelah kucing saya itu mati, kedua kucing saya yang hidup ikutan sakit yang satu dia mencret terus dok, gak mau makan, suka tiduran terus seharian di selimut tebal,,,
dan yang satu lagi kucing saya suka muntah” apa yang dimakan dia muntah, badan nya lemas, dan mencari tempat yang dingin, dan sekaran dia sama sekali gak mau makan dan minum,,,
dok apa sih penyakit 3 kucing saya soal nya ciri”penyakit nya berbeda”,,,
dan bagai mana ya dok cara mengatasi nya ,,,,,
saya mohon saran dan jawaban dari dokter,,,

gejala demam,penurunan nafsu makan, diare, bs saja krn infeksi yg mnybbkn gangguan pencernaan penyebabnya bs bakteri, virus, racun. tapi melihat penularannya yg cepat kemungkinan terinfeksi virus, terlebih jika riwayat kesehatannya blm pernah di vaksinasi. untuk mendapatkan diagnosa yg tepat tentunya perlu diperiksakan secara langsung oleh dokter. sebaiknya jika ada kucing yg sakit, dipisahkan dr yg sehat shg tidak terjadi penularan.

Dok, mau tanya kucing sy sepertinya terkena virus distemper. 2ekor sdh mati mendadak dan yg ini sempat sy bawa ke dokter. Alhamdulillah 1 minggu msh bertahan dan ada perubahan lbh baik. Pertanyaan sy bisakah sy mandikan kucing sy yg sakit?

Dok… Kucing saya sdh 3 hari ga mau makan,dr mulutnya jg keluat cairan terus… Badannya juga lemah ….

Apa solusinya yaa

silahkan segera periksakan ke dokter terdekat. keluar cairan berlebih dr mulut bs karena ad luka di gusi maupun daerah sekitar gigi.

dok. kucing saya sudah 3 hari tidak makan. lemes, terus keluar cairan dr hidung, saya kira pilek biasa. tp stelah itu keluar cairan juga dari telinganya dok. setelah diperiksakan ke dokter katanya kena virus. sama dokter di suntik dan dikasih obat telinga sama antibiotik. kasihan kucing saya dok. saya gk bisa fokus pas lagi sekolah kepikiran. apa kucing saya bisa sembuh dok?

lakukan pengobatan seperti yg dokter sarankan saja, jika tidak membaik silahkan konsultasikan ke dokter lagi. selama mengikuti saran dokter disertai dengan daya tahan tubuh yg baik maka kemungkinan sembuh sangat banyak.

dok maaf mau nanya, kucingku gejalanya sama dengan apa yg udah di jelasin sebelumnya, skrg kucingnya lagi di rawat di vet, tapi dok ko pas lagi berobat dokter yg nanganinya ga bilang ya itu kena distemper? Malah bilang salah makan aja, tapi kondisi kucingnya dehidrasi, lemes, gamau makan, muntah lendir hijau, mencret, nyumput di kamar mandi. Skrg kucingnya dirawat di vet, Lalu penanganan untuk kucingku yg lain yg ada dirumah gimana ya dok? Mksih

hampir semua penyakit mmliki gejala yg sama, shg perlu diperiksakan lebih lanjut dgn pemeriksaan darah maupun test kit. untuk kucing yg lain sebaiknya jika memiliki gejala yg sama segera diperiksakan ke dokter, jika tidak menimbulkan gejala maka diberikan suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh spt stimuno, imboost, minyak ikan. dan peralatan kucing sakit smw dibersihkan dan dipisahkan

Hai dok .
Kucing persia saya berumur 3,5 blm 2 hr yg lalu.tiba2 jd pendiam tdr trs ,menyendiri dan gakmau diganggu. Pdhl sblm nya dy lincah dan bawel. Dy jg gamau mkn tp dy sering bgt minum. Sampai2 ketiduran di tempat minum nya. Trs dy muntah cairan putih, gak lama dr itu area anus nya (bawah buntut nya) jadi basaaah trs. Saya udh coba mengeringkan nya, tp ttp basah lagi dan lagi. Bau nya jg sangat amat busuk. Trs tiap dia pindah dari tmpt duduk nya semula, selalu ada cairan yg sangat kuning (seperti air kunyit) dilantai. Kmrn makin parah. Mata nya sama sekali gabsa nutup dan tiap badan nya dipegang, dy ngeong seperti kesakitan. Akhirnya dy mati.
Lalu dok, setelah dia mati ,persia saya yg 1 nya jg tiba2 jd pendiam,gamau mkn dan minum, dan sekarang dy jd muntah2 cairan putih berbuih. Apakah kucing tsb tertular virus dari yg 1 nya dok ? Apa yg hrs sy lakukan. Karna setelah sy cek internet ciri2 tsb menunjukan distemper . Tolong dok

sebaiknya sebelum terlambat segera periksakan kucing yg lainnya. virus mmg mungkin saja menginfeksi jika blm ad riwayat vaksinasi, terlebih ad kucing yg pernah sakit dan meninggal. krn mmg virus sgt mudah menginfeksi satu sama lainnya

Pagi Dok….
Saya punya anak kucing 3ekor, usia nya baru 3minggu.
Awal nya mereka terlihat sehat & lincah, yg 2ekor malah gemuk.

Tapi 3hari ini tiba-tiba induk kucing tidak mau menyusui.

Dan si anak kucing , yg 1 ekor pup nya cairan kuning, dan sehari bisa 2-3kali.

Yg 2ekor lagi, tiba2 kaki belakang tidak bs menopang badan nya & tidak bs jalan. Kadang2 menjerit2 dan badan seperti kejang2.

Stelah 2hari, yg 1ekor pun mengalami hal yg sama.

Itu knp ya dok?
Mreka belum pernah saya kasih makanan/minuman apapun, hanya menyusu pada induknya.

Saya khawatir skali melihatnya.
Untuk mengangkat kepalanya saja mreka tidak bisa, slalu limbung & jatuh terbaring ke samping.
Klo sudah kejang2, badan nya melengkung ke belakang.

Mreka knp & bagaimana mengobatinya ya dok?

Terima kasih, mohon dijawab.

mungkin tersedak, mungkin juga terinfeksi virus, sgt rentan pada usia kitten kurang dr 2 bulan terkena virus terutama jika induk belum pernah vaksinasi sebelumnya. tapi jika induk pernah vaksin, mungkin penyebabnya adalah cacat bawaan yg bs membuat kelainan syaraf. sebaiknya segera periksakan ke dokter saja.

Haii dok saya mau tanya dong, kucing saya sudah pernah vaksin waktu umur 3bln dan seharusnya di vaksin kembali saat umur 4bln, tapi saya lupa untuk membawanya ke dokter utk vaksin, dan skrg usianya sudah 5bln.
Gimana ya solusinya??
Apakah kucing saya harus di vaksin ulang dari awal atau bagaimana???
Terimakasih mohon dibantu jawab ya

Halo dok.
Awalnya saya mandiin kucing ,pake shower,ga sengaja telinga nya kemasukan air, jadi berair terus telinganya.saya bawa ke dokter setelah dia ga mau makan dan tiduran terus, trus kata dokter telinganya radang (otitis) ,jadi dia disuntik 2 kali, buat antibiotik sama vitamin buat nafsu makan. Trus saya beli obat tetesnya biar sembuh.
Saya obatin,pagi sama malam,saya bersihin telinganya trus tetesin obat tetesnya, sehari udah mau makan dia, trus 2 hari kemudian udah sembuh kayaknya,telinganya udah kering, udah mo makan walaupun cuma wet food,udah mau main lagi sama saya.
Nah besoknya,kira2 2 hari yang lalu, napasnya mulai mangap2 ,cepat gitu napasnya,makan tetap wet food,kudu disuapin, tapi ga mau main dia,makan juga dikit banget.
Kemaren,udah saya pancing sama mayonaise nya kucing ,ga mau dia, saya kasih kuning telur juga ga mau (pas telinganya radang sebelumnya,dikasih kuning telur doyan dia).
Minum juga gak mau. Jadi karna udah malem banget,rencana mo saya bawa ke dokter hewan besoknya(dokternya baru praktek jam 1 siang). Paginya napasnya makin sesak, kembang kempis perutnya, dielus2 ga mau, kalo dibaringin, kayak sussaah banget napasnya,kabur dia, ga bisa ngeong,ga keluar suaranya.
Siangnya saya cek,saya pikir dia lagi tidur ,pas liat lebih deket lagi, udah gak mangap2 dia,saya pikir dia udah sembuh, eh pas diangkat, udah kaku badannya, kucing saya mati :'(. Trus mulutnya abis ngeluarin darah sama air liur gitu. Matanya kebuka dikit, membran pangkal matanya agak ketengah.
Kenapa kucingku dok, kok jadi sesak napas,trus 3 hari kemudian mati muntahin darah sama air liur? Itu dia terkena penyakit apa?
Oiya,kucing persia saya umurnya 5 bulan.

halo evina, turut berduka dengan kepergian kucing mu.

pada kondisi sakit kucing mengalami penurunan daya tahan tubuh, hal ini menyebabkan mudah terinfeksi bakteri, virus, serta patogen lainnya. atau juga infeksi yg terjadi sudah sistemik atau menjalar keseluruh tubuh, yg menyebabkan sepsis atau bakteri yg ada di darah. bisa menyebabkan kematian juga. jd memang jika mengalami gejala yg tidak wajar walaupun selama masa pengobatan segeta konsultasikan ke dokter saja.

Dok kucing saya kemarin faksin, dan sekarang dia jadi kayak lemas dan agak demam badannya. Itu wajar atau gimana ya dok ?

cb di ukur suhunya pakai termometer, jika lebih dr 39.5 berarti demam. sehabis vaksin mmg wajar demam artinya vaksin bekerja dengan baik merangsang tubuh membentuk antibodi. usahakan minum dan makan tetap terjaga dgn baik

Halo dok,

saya punya kucing kurang lebih usianya 4 bulan. kucing saya terkena diare sempat saya bawa ke dokter hewan lalu di beri suntikan vitamin, obat cacing dan wet food untuk recovery, tapi setelah 2 minggu belum sembuh juga diarenya. akhirnya saya bawa ke dokter hewan lagi. dan beri suntikan, obat cacing dan pakan untuk diare lagi. tapi sampe sekarang pun pup kucing saya masih lembek seperti diare. tapi dia tetep mau makan dan lincah. saya sempat tanya ke dokter nya, katanya saya salah kasih pakan. saya sudah coba kasih pakan yg lali tp hasihnya tetap sama, pup kucing saya tetap lembek seperti diare. kenapa ya dok kucing saya? bagaimana sebaiknya solusinya? Terima kasih mohon solusinya dok.

mmg betul feses yg lembek bisa disebabkan oleh pemberian pakan yg terlalu cepat berganti. tp banyak penyebab lain selain ada parasit (cacing), bs juga gangguan dr bakteri yang ada di usus, bs juga kondisi usus yg sgt sensitif. biasanya saat stress, daya tahan tubuh menurun shg keseimbangan bakteri dalam usus juga menjadi berubah. cb bisa diberikan yoghurt plain 1 sdm sehari sekali untuk memperbaiki konsistensi fesesnya. jika ingin mengganti pakan sebaiknya dilakukan bertahap

dok,saya mau brtanya soal kucing pelihara’an saya yang berjenis kelamin betina,sudah 3 hari ini kucing saya tidak mau makan & minum,kalo berjalan sperti tidak bertenaga gitu,lalu bagai mana cara nya untuk mengobati nya & obat apa yg harus saya berikan agar kucing kembali sembuh.terima kasih

sebaiknya segera diperiksakan ke dokter jika terjadi perubahan perilaku, nafsu makan, dan minum pada kucing lbh dr 3 hari. kondisi ini menandakan kucing mengalami kesakitan, silahkan segera bawa ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lanjutan dan pengobatan yg tepat

Hi dok..

Guguk saya barusan meninggal, gejalanya kayak distemper.
Awalnya lincah, nafsu makan tinggi, pas siang tiba2 makan dikit, trus malam ga mau makan sama sekali.
Perutnya kembung + kencang.
Ga bisa bobo, cuma bisa duduk doang, kepalanya kayak tegang gitu, tp matax ga berair, hidungx ga basah, cuma mulutx ngeluarin kyk lindir gitu… Dikit2 kluarnya.
Trus kadang ngeluarin suara aneh.
Gonggong sendiri, tiba2 kayak lumpuh dilehernya lgsg jatuh gt, trus bisa jalan lg, sempoyongan.
Ngeluarin gas yg bau..kyk kentut busuk.
Ini terjadi dalam hitungan jam.
Pagi jam 9 meninggal.
Dan Poop nyacair kyk mencret gt.
klo mau berusaha baring lgsg teriak kesakitan lg.

Ini sudah tertular ke kucing ( baru sehari ) & guguk 1 nya lg ( mgkn sudah mau seminggu )
Batuk2 kyk mau ngeluarin sesuatu gitu, tp ga bisa.
Kadang nafasnya kyk org yg lg flu.

Oya guguk ini mungkin umurx skitar 3bln.

fyi, distemper kucing dan distemper anjing penyebab virusnya sangat berbeda. kalau distemper kucing virusnya dari keluarga yg sama dengan virus penyebab parvo pada anjing. jadi gejala klinis distemper kucing dan distemper anjing sangat berbeda. krn penyebab virusnya berbeda jadi tdk bisa menularkan satu sama lainnya. untuk distemoer anjing gejalanya sangat khas yaitu ada penebalan pada bagian kaki atau pad nya (hard pad disease).distemper pada anjing juga menyerang daerah nafas dan juga persyarafan.

Kasih minum air gula tinggi untuk penambah stamina.

Guguk saya barusan meninggal, gejalanya kayak distemper.
Awalnya lincah, nafsu makan tinggi, pas siang tiba2 makan dikit, trus malam ga mau makan sama sekali.
Perutnya kembung + kencang.
Ga bisa bobo, cuma bisa duduk doang, kepalanya kayak tegang gitu, tp matax ga berair, hidungx ga basah, cuma mulutx ngeluarin kyk lindir gitu… Dikit2 kluarnya.
Trus kadang ngeluarin suara aneh.
Gonggong sendiri, tiba2 kayak lumpuh dilehernya lgsg jatuh gt, trus bisa jalan lg, sempoyongan.
Ngeluarin gas yg bau..kyk kentut busuk.
Poop nyacair kyk mencret gt.
klo mau berusaha baring lgsg teriak kesakitan lg.

Ini sudah tertular ke kucing ( baru sehari ) & guguk 1 nya lg ( mgkn sudah mau seminggu )
Batuk2 kyk mau ngeluarin sesuatu gitu, tp ga bisa.
Kadang nafasnya kyk org yg lg flu.

Dokter saya mau nanya, kucing saya himalaya kmrn baru saja mati, sebelum mati itu dia abis dimandikan, lalu dia kelamaan di petshop, malamnya dia muntah sampai siang, muntahnya kuning dan lama2 muntahnya disertai busa, dan juga ada liur yg bau, sy bawa ke dokter dan dikasih obat muntah & antibiotik, muntahnya hilang tp ttp lemes, lalu malamnya mati, sebelum mati 2-3 hari dia hilang nafsu makan, dokter gak blg sakit apa, itu kucing saya kenapa ya? Makasih dok

biasanya mandi mmg membuat stress untuk bbrp kucing jd kondisi tubuh menurun, nafsu makan juga bs menurun krn stress, menyebabkan mudah terinfeksi penyakit. atau mungkin penyebab nya sudah terinfeksi virus misalnya tp gejala klinisnya blm begitu terlihat jd terlihat sehat saja. tapi sdg masa inkubasi atau proses penyakit biasanya 3 sampai 7 hari dr virus masuk ke tubuh. jd mmg banyak kemungkinan yg terjadi. yg terpenting kalau muntah sudah sering, kucing lemas, tdk mau makan lbh dr 2 hr segera bawa ke dokter saja.

Dok anus kucing saya seperti bernanah dah menjadi lebar gitu ,kucing saya diare sudah 2 minggu dan sudah saya beri obat diare tapi masih tetap diare,lemas,tidak mau makan dan minum dan kurusan .kucing saya kenapa dan saya harus apa dok supaya dia sembuh seperti semula

segera diperiksakan ke dokter saja. kemungkinan krn diare jd terus mengeluarkan kotoran jd anusnya luka, bs juga krn luka d anus krn penyebab lainnya. kasihan kucingnya kesakitan jd nafsu makannya menurun

Mau tanya dok, anak kucingku tiba” lemas, perutnya besa, jalannya sempoyongan, kalo pup sambil jalan dan mencret itu knp ya.. trs cara ngobatinya bagaimana dan ap nama obatny…?

Dok… saya mau nanya.., kucing sy kok Flu nya ga mau sembuh2 yah. padahal sdh sy berikan Obat “FLUCAT” dan penyakit tambah parah, badanya tambah kurusan. mau sy bawa Ke DRH tp ditempat sy ga ada DRH. makanya saya bingung. Obat nya aja hrs pesan ke jawa.

Mohon Bantuanya Dok…kira2 langkah apa yg hrs sy lakukan.

Terima kasih

usahakan daya tahan tubuhnya harus tetap baik, flu penyebabnya virus jadi ketika daya tahan tubuh turun akan menyebabkan virus aktif kembali.

Dok, saya mau tanya kucing saya kurang lebih berumur 7 bulan, jenis perkawian persian dan lokal, kucing saya belum sempat vaksinasi Dok, tetapi pada umur 3bulan udah sempat dikasih obat cacing, gejalanya lemas dan kalau duduk salah satu kaki depannya seperti g bisa napak ke bawah dan kalau jalan seperti pincang, sakitnya dari kemarin pagi, sekarang g nafsu makan saat ini mau makan makanan basah aja namanya urgent care, dan saya rutin kasih pagi siang malam, kadang saya kasih makan tambahan kuning telur tetapi minumnya agak sulit hanya mau setetes 2tetes aja dok.

Saya mau tanya dok untuk pemberian air kelapa apa baik buat kucing? Apakah ini gejala distemper dok? dan apa yg sebaiknya saya lakukan?

Terima kasih

perlu dipastikan ukur suhunya dgn termometer, jika lebih dr 39.5 artinya demam. penyebabnya mmg beragam untuk gejala klinis yang disebutkan mungkin infeksi virus, bakteri, atau ad luka dan lain sebagainya. shg sebaiknya diperiksakan saja. penanganan menggunakan air kelapa sudah cukup dgn harapan bisa menghilangkan dehidrasinya. tapi perlu diperhatikan jika tdk ad perubahan segera bawa ke dokter

Dok sy mau nanya , sy punya kucing persia umur 2 bln , kemarin sdh di vaksin vaksin tapi brp jam setelah di vaksin di muntah-muntah , muntahnya itu warna kuning trus ada darah segar dan gak mau makan sama minum sama sekali. Itu gejalanya kenapa ya dok ?

sebelum vaksinasi, pastikan kucing dalam kondisi yang benar2 sehat. normalnya setelah vaksin tdk akan terjadi gejala apapun kalau kucingnya sehat. sebaiknya segera konsultasikan lagi dengan dokter ya

Dok, mau tanya, kucing saya umur sekitar 3 bulan, seharian ini jalannya jadi agak oleng, bahkan sampai jatuh kalau tersenggol, perutnya juga agak membesar padahal bbrp hari lalu baru dikasih obat cacing (drontal) tapi nafsu makannya masih bagus dok. Kira kira kucing saya kenapa ya dok ?
Terima kasih dok.

pernah diebrsihkan telinga nya? telinganya kotor ga? mgkn saja keseimbangannya terganggu krn ad gangguan d telinga. atau mgkn saja krn penyebab lainnya.

Dibersihkannya bisa pakai baby oil/minyak telon tidak dok ? Apa pakai obat kutu juga ?
Oh ya maaf dok mau tanya lagi, kucing saya yg lain jg ada yg sakit, keliatan lemes, kalau digendong jg terasa ringan tdk kaya biasanya, jalannya juga agak sempoyongan, sempet muntah juga tapi bentuknya seperti *maaf* pup, nafsu makan masih bagus dok, kira kira kenapa ya dok ?
Terima kasih banyak dok.

vaksin untuk pencegahan, dilakukan saat sehat. treatmentnya untuk mengurangi gejalanya saja. silahkan konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu ya. krn pengobatan hanya dilakukan dengan pemeriksaan

Dokter, saya punya kucing Persia. Dia sekarang terserang penyakit Panlukopenia/distemper. Kondisi sekarang dia habis kawin dan belum divaksin. Sudah saya bawa ke RSH sejak hari pertama ada tanda². Berapa persen kemungkinan sembuhnya ya dok?

kondisi belum d vaksin brrt blm ad antibodi untuk melawan virus tsb. sehingga penanganan yg dilakukan dgn menangani gejala klinisnya saja, jika langsung ditangani kemungkinan sembuhnya cukup tinggi. hanya tergantung kondisi daya tahan tubuhnya perlu dipertahamkan dan ditimgkatkan

Dok, saya mau tanya, saya punya anak kucing yg udh berumur sebulan, saya tidak tau apa penyebabnya, anak kucing tsb tau tau geraknya seperti tidak seimbang, berdiripun susah, sekarang anak kucing tsb sering menyendiri, tdak mau menyusu pada induknya, badannya kurus dan lemas. Mohon bantuannya…
Trima kasih.

saran saya , periksakan saja ke dokter ya. usia krg dr 9 minggu sgt rentan terpapar penyakit. mgkn bs virus terlebih jika riwayat induk belum vaksin, atau terinfeksi parasit lainnya yg menyerang syaraf dan sistem koordinasi

Dok, aku mau tanya. Aku punya anak kucing kampung yg aku ambil karena dia kaya udh gk ada ibunya gitu. Umurnya baru 1 bulan. Kemarin dia gk mau makan terus diem dan murung terus dok. Pas pagi aku bangun tidur aku temuin dia udh gk bisa bangun tapi masih gerak dikit banget. Tapi dia gk mencret dok. Aku takut dia mati dok. Gimana dong. Dia lemes banget kaya lumpuh gitu. Aku kepikiran terus dok. Makasih dok

segera periksakan ke dokter ya, untuk kitten usia kurang dari 9 minggu sangat rentan terpapar berbagai agen penyakit. terutama tidak ada induk asupan susu perlu kita perhatikan, pun kondisi kebersihan lingkungan, kondisi hangat lingkugan dan jangan sampai kedinginan. usahakn suapi makanan basah dicampur dgn susu. saat pagi hari dijemur 5 menit cukup.

Dok saya mau tanya, kucing saya baru kemarin mati karna terkena virus, lalu yang bikin saya khawatir adalah dokter hewan tempat kucing saya dirawat sebelum kucing saya mati bilang kpd saya bahwa kucing yg terkena virus dpt menularkan virusnya pada kucing lain, sedangkan dirumah saya ada kucing yang sedang hamil dok, apakah kemungkinan kucing saya bisa terkena virus juga? Kasian dok saya kalo sampe ikutan kena virus dan mati juga 🙁

untuk penyembuhan cukup sulit, krn termasuk penyakit virus. tp bisa dilakukan pencegahan dgn vaksinasi, dan jika mengalami kondisi muntah atau diare lebih dr 2 hari segera periksakan ke dokter supaya bisa ditangani.

Dok sya mau tnya kucing saya muntah nya cair berwarna kuning terang,pupnya juga cair terang tp tidak diare,badan nya panas,dan tidak mau makan minum,lemas,menyendiri,tdk mau menyusui .itu kenapa ya?tlg dijwb ya dok.

mgkn ada infeksi tp penyebabnya bs krn virus, bakteri, maupun lainnya. segera periksakan ke dokter saja ya. terimakasih

dok kucing sya, beberapa hari ini terlihat lemas, dan sering. mengeong stiap mlm, dan dia suka menyendri, wktu itu dia kejang2 badannya gemetaran smua, sya tdk tau dia knapa saya kira dia tersetrum. saat dia kejang2 sya lngsung ksih mnum susu dan tiba2 kejang2 nya berhenti, tpi anehnya dia terkadang mengeong keras skli kalo malam, tpi mknnya lumayan lahap, walau nggk sebanyak dlu, kira2 dia knp y dok?

mengeong keras biasanya krn kesakitan, penyebabnya yg sangat beragam. bisa kesakitan krn bbrp hal.. untuk pemeriksaan lanjutan segera periksakan dokter saja.

Dok, mohon jawabannya. Kucing saya terlihat lemas, bahkan dia tidak dapat bergerak hanya diam di tempat saja, ketika saya pegang kakinya terasa kaku dan dia meong meong ketika saya pegang, lalu pupnya berwarna kuning bercampur dengan cacing, itu kenapa ya? Lalu kalao berobat ke dokter hewan kira kira brp biayanya . mohon balasannya 🙁 terimakasih

Dear Dok,..
Saya mau tanya ..kucing saya muntahnya kuning..terus mulutnya berbusa..selama ini saya berikan air kelapa muda,dengan VCO plus air dicampur dengan Vitakraft Liquid gel..barusan saja muntah lagi bentuknya agak encer tidak seperti sebelumnya agak berwarna kecoklatan.
Ini gejala keracunan atau Disteamper ya dok.

dok mau nanya ini kitten(6 bulan) saya kalo jalan sempoyongan,tidur terus
dan makan sedikit aja
padahal biasanya dia lincah
itu penyakit apa? dan gmn cara ngobatinya

PS : kucing saya blum pernah vaksin, dan dlu pernah demam gejalanya seperti yang sekarang

sebaiknya diperiksakan ya, kemungkinan penyakit banyak sekali bs krn virus krn blm ad riwayat vaksinasi, bs juga krn lemas akibat malnutrisi atau kurang nutrisi, bs juga krn ad gangguan di otot. jd banyak sekali penyebabnya

Mau tanya dokter,saya menemukan 1 anak kucing kurang lebih umur 1 bulan,jalan sempoyongan terus ga mau makan.hanya saya kasih susu saja melalui pipet.kira2 ada apa dengan anak kucing nya?apa karena ada lendir yang mengganggu pernafasnnya?

Saya hanya melihat dia buang air kecil saja tidak pernah melihat dia BAB

Sy baca dari atas termasuk yg pada nanya berikut gejala2 yg dialami.

Sy ada 6 ekor kucing dirumah & hidupnya hanya dirumah (tdk main keluar) sdh vaksin.
Sy ingin tahu hal apa yg mungkin terjadi pada kucing sy Sello jenis Birman betina 1th 5bln yg mati hari ini tanpa gejala.

Sehari2nya aktif normal, terutama bila sy pulang dia akan datang menyambut lalu rebahan di dekat kaki sy sambil jilat2 (grooming).

1X24jam (kemarin pagi – pagi tadi) tdk nafsu makan, sore sy beli wetfood dgn maksud agar menambah nafsu makannya sore ini.
Hari ini sy tdk disambutnya lagi waktu masuk rumah.
Ternyata dia sdh tiada, dilokasi yg tdk jauh dr lokasi dia tadi pagi.
Ada cairan bening yg keluar dr mulut (sprtinya liur) bukan semacam muntah & cairan coklat muda dr anus.
Mulut sedikit terbuka & mata tak terpejam.

Lima kucing yg lain normal, aktif & lahap makan sore ini.
Apa yg menimpanya (secepat itu) ya dok…?
Bagaimana dgn 5 yg lain sy harus mencegah agar tdk mengalami hal serupa…?

Terimakasih…

vaksinnya lengkap? vaksin tricat? kematian kucing mendadak penyebabnya bisa beragam, bs krn kepanasan (heat stroke) menyebabkan oksigen ke jaringan berkurang krn panas, bs krn ada infeksi akut yang menyebabkan sepsis (penyebaran bakteri dan mikroorganisme ke seluruh jaringan), bs krn keracunan (makanan kaleng yg tdk dimasukkan ke pendingin, atau keracunan pestisida, cairan pembersih lainnya), bs krn tersedak sesuatu, bs krn virus, mmg perlu ditelusuri dgn jelas penyebabnya.
untuk kucing lainnya sebaiknya jika ad yg mengalami gejala yg sama sgera dipisahkan dr yg sakit, dan dibawa ke dokter. biasanya jika virus akan terlihat gejala nya 4 hari hingga 2 minggu dr terinfeksi.

perlu diperiksakan, krn deskripsinya krg jelas dan bisa jadi salah tafsir. pemeriksaan ke dokter tergantung dokternya. biaya konsultasi sekitar 100rb, bs lebih tergantung dokter dan tindakannya

Permisi mau bertanya.

Kucing saya berumur 4 bulan ras persian long hair, tubuhnya memang kecil sejak lahir sekitar 0.6 kg setelah 2 minggu berada dirumah saya dia biasa saja seperti kucing yang lain. saat ingin divaksin berat badan malah turun jadi 0.4kg dan kemarin dia seperti sekarat dan hampir mati tetapi masih hidup, sekarang jalan sempoyongan(gemetar²), tidak nafsu makan, muntah², bulu rontok bahkan ada bagian yang pitak

Yang saya ingin tanyakan kucing saya ini terkena penyakit apa?

Terimakasih sebelumnya

apakah ada gatal? bs saja bb yg tdk bertambah krn ad cacing, parasit lain, infeksi jamur, jd sebaiknya diperiksakan saja. intinya jika daya tahan tubuhnya baik, kondisi lingkungan memungkinkan dan kondusif, nyaman untuk kucing. kucig akan senang dan sehat

halo dokter,
dok kucingku udah umur dewasa nih, dia sehat dan lincah tapi kok tau tau perutnya buncit ya dan ga wajar ? nafsu makan juga bagus malah kok makannya tambah banyak ya? baru dikasih mau minta lagi seperti ga wajar begitu
kenapa ya dok?

Kasus kucing saya sama seperti ini dok.. Kucing saya jantan usianya 6thn des nanti. Saya pikir cacingan dan sudah saya beri drontal cat tapi tak ada perubahan..
Apakah itu tanda ada penyakit dalam?

Mau tanya dok..
Saya punya kucing jantan usianya des nanti 6thn.. Kurang lebih sebulan ini perutnya terlihat tidak seperti biasanya, agak lebih buncit dan nafsu makannya naik.. Saya pikir dia kena cacing dan sudah saya beri drontal cat tapi tak ada perubahan apapun.. Kira kira apakah itu tanda ada penyakit dalam?

Mungkin saja, banyak kemungkinan yg terjadi. Terutama jika hanya mendeskripsikan perut buncit saja. Bs cacingan, bs penumpukan cairan d perut krn infeksi virus, bs krn ad gangguan hati

Dok kucing saya terkena distemper yg terkena 2 kucing masih kecil yg 1nya mau makan tapi mencret dan satunya lagi muntah dan tidak mau makan

Ini harus dikasih apa dok?

Tolong jawab karena ini butuh.

Usianya brp? Belum pernah vaksin? Muntah dan mencret tidak selalu distemper ya, tp mmg kemungkinannya selalu ada. Usahakan makan dengan yg lembut dulu dan disuapi, minum harus banyak, jd makanan bs d ganti yg basah. Sebaiknya segera periksakan ke dokter,

Dok.. Saya mau tanya kucing saya sudah usia 5th kucing domestik betina baru satu bulan kena pyometra dan sudah di steril.. Tapi belum pernah di vaksin sama sekali apakah sekarang boleh di vaksin?
Tadi sore pup berdarah saya belum tau penyebabnya.
Terimakasih

Maaf dok saya mau tanya
Kucing umur 1bn saya lempar sampai gak bisa jalan dan gak nafsu mkan obatnya apa dok trmksh

Ya ampun, kasihan sekali kucingnya. Kalau kucing kecil dilempar, tdk bs jalan mgkn krn shock, trauma, ada patah tulang, tidak nafsu makan tentu krn kesakitan dan shock. Sebaiknya diperiksakan saja ya. Krn sgt kasihan terutama untuk kucing kecil. Yg pasti susu perlu terus diberikan, susu khusus kucing

Dokter saya mau nanya. Kucing sya umr 1 thn. Sebelumnya ad terlihat telor kutu pada bulu. Namun sudh jadwal untuk vaksin, jadi saya vaksin, ternyata 2 hari kemudian kucing saya garuk2 daerah di atas mata sampai bulunya rontok botak gitu.
Boleh tidak di mandikan kucing tersebut setelah vaksin, kurang dari seminggu?
Soalnya kata dokter waktu vaksin tidak boleh dimandikan selama 2 minggu.

Dok saya mau tanya
Kemarin kucing saya di vaksin
Tapi sampai rumah dia lemes gak mau makan badanya hangat seperti demam
Itu kenapa ya dok?

gpp wajar mbak, ttp kasih minum yang banyak ya, makanan smntara yg basah gpp . kalau 3 hr masih lemas, dibawa ke dokter ya

Hai dok, saya mau tanya kucing saya betina umur sekitar 6 bulan belakangan dia suka jatuh tiba tiba dari berdirinya sudah terjadi sekitar 3 kali dan sebelumnya juga muntah warna putih agak berbuih. Nafsu makan baik cuma minumnya dikit. Itu kenapa ya dok?
Terimakasih sebelumnya.

Assalamualaikum dok
Saya punya kucing baru 3blan, ahir” ini dia ga nafsu makan trus lbih sering tidur, fasesnya juga cair dan kadang suka muntah.
Saya kasih dia obat primacat drop, boleh atau tidak yah??
Diberi obatnya 1x aja atau gimana yah dok??

Pernah dikasih obat cacing ga? Pernah ganti pakan? Makannya apa biasanya? Untuk pengobatan diare sebaiknya jgn lgsg menggunakan antibiotik, boleh menggunakan anti diare general dlu spt probiotik, dll. Silahkan baca di instagram @tanyadokterhewan ya

Obat cacing pernah dikasih, pakannya juga pernah di ganti dri proplan ke maxi tapi pas diganti kucingnya baik” saja dok. Kalo terlanjur dikasih antibiotik gimana, saya kasih lagi probiotik atau jangan??

Dokter. Selamat pagi.
Saya mau tanya, sebenarnya kucing saya sakit al ya. Gejalanya tidak mau makan, trus muntah muntah, sekitar seminggu dia lumpuh, mnggigit kaki saya. Sbnarnya kucing saya sakit rabies atau gak ya dok.? Saya takut dokter. Terima kasih dokter.

Untuk diagnosa saya tdk tau ya krn kn sy tdk melihat langsung, gejala yg anda sebutkan bs penyakit apa saja, bs krn virus, bakteri, aebaiknya diperiksakan ya

Tapi kucing sudah meninggal dokter. Karna kucing sudah tidak bisa berjalan, dia selalu mengeong terus menghempaskan badannya. Seperti mau berjalan. Menggit sendok…
Terima kasih banyak dokter.

Obat cacing pernah dikasih, pakannya juga pernah di ganti dri proplan ke maxi tapi pas diganti kucingnya baik” saja dok. Kalo terlanjur dikasih antibiotik gimana, saya kasih lagi probiotik atau jangan??

hallo dok saya mau nanya,kucing saya 3 bulan lalu di titipkan ke saudara,awalnya dia ada kutu,terus disana dilepas outdoor (meskipun sebelum dititipkan sudah dilepas)tapi kemarin sehabis di grooming bulu nya rontok parah di bagian bawah perut itu penyebab dan obatnya apa yah dok?

Rontok bs krn stress, ada parasit, atau ad jamur. Obatnya y tentu perlu diketahui penyebabnya dlu ya. Tp bs juga diberikan suplemen untuk rambut dan kulit spt minyak ikan, minyak zaitun

dok saya mau nanya dong. kucing saya kucing kampung, usianya 2 minggu. dia keliyatan lemes bgt, ga mau nyusu, pernafasannya ky ada yg salah, tiap nafas kepalanya ngikut gerak dikit. tp dia msh bisa jalan, masih melek, tp suka jalan ke kolong, ky menyendiri gtu dok. perutnya agak gendut dikit. gmn ya dok masih ada harapan ga untuk diobatin?

haalo dokter, saya mau tanya.. kucing saya betina usia 3 bulan.. tiba2 ga mau makan dry food nyaa,, tp kalo dikasih ayam rebus atau wet food mau makaan.. suhu tubuh normal.. poopnya normal ( ga lembek ) kira2 kenapa yaa dok?

Halo dokter saya mau nanya dong..
Akhir2 ini kucing saya suka tibatiba kejang, awalnya jaraknya lama mungkin sebulan sekali, tapi sekarang makin sering aja, dalam seminggu bisa dua kali. Dia nggak pernah terlihat sakit, makan pun masih banyak, pencernaan juga lancar dan tidak bermasalah. Malah kadang sehabis kejang dia bisa rakus banget makannya, padahal tubuhnya masih linglung. Sudah 6tahun dia disuntik kb, dan akhir2 ini dia jadi sering kejang begitu. Apakah ini pengaruh suntik kb itu atau penyakit lain dok?
Terimakasih.

Suntik kb manusia? Sangat tdk disarankan ya, krn bs menyebabkan radang rahim. Sebenarnya tdk ad hubungan antara kondisi kejang dgn suntik kb. Mgkn ad kelainan d syaraf krn trauma ataupun kondisi lainnya.

Bukan kb manusia kok dok, memang untuk kb kucing, saya jugak nyuntiknya di klinik hewan. Mungkin kalau trauma memang dulu waktu bayu masih umur 2 minggu kucing saya ini kepalanya pernah terjepit dan hampir mati. Tetapi selama 8tahun tidak pernah sama sekali kejang seperti itu, baru baru ini saja dok. Maka dari itu saya bingung, apakah juga karna faktor usianya yang sudah tua juga.

kalau setau saya sih untuk kb kucing tdk disarankan, lebih baik d steril saja. krn pemberian hormon yg terus menerus juga g bagus untuk keseimbangan hormonnya, bs menyebabkan pyometra atau radang rahim. tp mgkn dokter nya punya pertimbangan masing2. bisa juga krn faktor usia, mgkn juga krn ad faktor lainnya, atau kekurangan vitamin juga bisa, vit b1 sgt baik untuk kesehatan syaraf.

Dok saya mau nanya kucing saya sakit engga mau makan dan minum terus lemes badannya juga panas. Tapi saya suapin terus dengan kuning telur matang dan makanan lembek. Kemungkinan untuk sembuh berapa persen ya dok?

Tergantung kondisinya, keparahannya, penyebab penyakitnya dan respon tubuh thd pengobatannya ya mb

Dok mau tanya kalau kucing kutuan trus dikasih minyak tawon boleh gak ya? Apakah berbahaya dok kalo ketelen kucingnya? Trus apakah ampuh? Terimakasih

hai dok ,saya mau nnya kenapa yah kaki kucing sy bagian kiri blkg pincang awalnya dia masih main pas malam tiba” dia pincang udh gitu sebelumnya dia muntah dan diare tpi skrg udh gak . skrg dia masih pincang
usia dia 6bln

Halo dokter saya mau nanya dong..
Akhir2 ini kucing saya suka tibatiba kejang, awalnya jaraknya lama mungkin sebulan sekali, tapi sekarang makin sering aja, dalam seminggu bisa dua kali. Dia nggak pernah terlihat sakit. Nafsu makan baik, pencernaan juga baik dan tidak bermasalah. Malah kadang usai kejang dia langsung rakus makan banyak banget padahal tubuhnya masih linglung. Sudah 6th ini dia disuntik kb, apakah ini efek dari kb itu sendiri atau penyakit lain dok?
Terimakasih.

Pg Dok, Induk kucing sy usia sek 2 th skrg kondisi kurang fit. trs2an muntah yg dikeluarkan makanan yg dia makan. kl selesai muntah dia g mau makan. kadang sy pancing dengan kuning telor atau ayam akhirnya dia makan, badannya kurus , suka bengong dan menyendiri. sekarang dia lg menyusui anaknya yg usia 2,5 bln.
kira2 kucing saya sakit apa dan bs menular ke anaknya g ? muntah ini udah lama kira2 satu bulan yang lalu. skrg sy kasih obat antibiotic animalclean dan virbac nutri gel.

terima kasih

Dok mau tanya , kucing aku persia umrnya kira2 udah 1thn nan lah, udah gede .
Kucing aku pertamanya udah di kawinin (karena birahi) nah setelah beres d kawinin dia di mandiin di rumah, eh besok nya dia muntah2 keluar bulu, mungkin hairball gtu, tp setelah keluar bulu kesini2 nya dia muntah lendir putih tp tdk berbau apa2 dok terus berbusa juga dok, udah 3 hari gtu terus dok,mana ga makan, cuma mau nya minum doang, badnya lemes terus jd pendiam dari tdinya aktv banget jd pendiam, tp kadang2 kalah aku pulang kuliah dia selalu sudah ada di dpn jendela liat aku keluar, tp ga se aktv dlu dok,
Itu gmna cara ngatasi nya ya dok? Aku ga tega liat nya, sampe kepikiran terus di kampus juga.
Tp kmren aku tanya ke petsop nya katanya itu bagus, gpp katanya. Tp aku takut, ko dia ga mau makan, udah d beliin makanan untuk penafsu makan tetep aja ga mau dok,
Tolong minta penerahnnya ya dok,

Dokter tolooong! salah satu kucing saya kena distemper,2 hari yang lalu mati,nah kemarin mati lagi 1.Sekarang ada 3 yang sakit dengan gejala yang sama.Di kota saya nggak ada dokter hewan,saya bingung harus apa.Bisa kasih saran nggak dok?
Makasih

Usahakan makan minum agar tdk terjadi dehidrasi. Mmg ckup sulit kalau tdk dikonsultasikan langsung dgn dokter hewan. Selain cepat penularannya juga resikonya ckup tinggi.

dok saya mau tanya. saya punya kitten anggora umur 1,5bulan 2 jenis kelaminnya betina. mereka ditinggal mati ibunya saat melahirkan.
keduanya sangat aktif dan lucu. tapi dok tadi pagi diantara kucing saya tbtba diam saja dan tidak bisa bergerak jalanpun merangkak. sampai saya pegang sambil urut2 kkedua kakinya pun masih merespon. saya pegang bagian leher dia mengeong. tapi kenapa dia tidak bisa berjalan? dan apa yang harus saya lakukan dok? tolong kasih jawaban atas pertanyaan saya dok.

Dok, ada kucing jalanan dehidrasi tiba2 depan rumah saya, saya bawa ke dokter, katanya virus nya sudah ke otak, sudah infus 2x, kasih obat, tapi tidak mau makan walau pakai spoit, di kasih bantal hangat, dan lampu ayam…. Sudah hari ke 3 tiba2 mulai jalan sempoyongan dan menggigit jari saya sampai bengkak… Apakah berbahaya dan apa yg hrs saya lakukan, apakah terus berusaha menyelamatkan tapi takut kena penyakitnya. Apa saya perlu vaksin rabies?

Vaksinasi hanya dilakukan saat sehat saja. Hewan sakit tdk bs d vaksinasi. Kemungkinan bs terkena virus distemper yg mebyerang syaraf. Juga bs krn penyebab lainnya. Sebaiknya ttp konsultasikan dgn dokter

Dok kucing saya tiba” sempoyongan jlannya kaki belakang kya yg lemes dok padahal tadi pagi sehat” aja pas mulai siang tadi sore tau” udh lemes mau jlan aja susah.. apa itu kena distemper dok? Kasian dok saya ga tega liatnya dan lagi dia punya baby yg lgi lincah”nya apakan menular dok dan tolong gmna cara merawatnya takut menular dok..
Terimakasih dok

Dok saya mau tanya dong , 2 kitten saya umur 1 bulan, tiba tiba gamau menyusu ke ibu nya, stelah di bawa jalan naik mobil, emang sih seharus nya saya ga bawa, tapi ga mungkin saya bawa ibu nya tanpa bawa anak anak nya, saya udsh coba sodorin tapi tetep ga mau nyusu, saya khawatir dok, mohon bantuan nya ya dok saya harus gimana :'(

boleh dikasih obat cacing khusus kucing mulai usia 2 bln. klo combantrin ada kandungan yg kurang, jd krg bagus membasmi cacing

Permisi dok saya ingin menanyakan kucing saya namanya tuksedo umur 1,1 tahun dia kucing kampung berjenis kelamin jantan dan tidak pernah vaksin krn ditempat saya tdk ada dokter hewan pada hari senin tanggal 21 november 2016 paginya kucingku masih sehat,lincah,dan msih rakus makan tpi pda saat sya plg sklh om sya memberitahukan ke saya kalau kucing sya muntah rumput tapi menurutku itu wajar jdi aku biarin akhirnya dri aku plg sklh smpai malam dia slalu sja tdr tdk prnh minta makan padhal biasanya slalu minta makan. saat tengah malam dia muntah lagi dan muntah bewarna kuning berbusa sya kget krn itu tdk wjar jdi bsoknya hari selasa tgl 22 sya tdk ksklh sy kirim surat skit ksklh dan sya membelikannya propolis melia lgsg sja sya memasukkan dimulutnya dan dia lsg muntah kuning berbusa lgi sya pusing akhirnya sya googling ternyata kalau munta kuning berbusa bsa disebabkan oleh keracunan dan disarankan berikan air klp muda syapun bergegas membelikan dia klpa dan meminunkannya setiap 10 menit skli akhirnya muntahnya brubah warna jdi putih tpi msih sering muntah jdi sya memberikan propolis lgi akhirnya dia tdk pernh muntah lagi namun pupnya seperti air yg bewarna coklat dan berbqu menyengat dan kencingnya bewarna kuning pekat,besoknya hri rabu sya tdk sklh lgi dia pup lagi seperti kmrin smpai hri kamis namun dia tdk pernha muntah lagi dan bsa berjalan lagi namun pada hari ini jumat 25 november dia pup lagi sperti biasa namun ada bercak darah dipupnya sya rutin memberikan dia mkan nmun dia tdk mau jdi sya memaksanya makan menggunakan spoit dan sesudah makan sya menberikan propolis hingga sekrg dan smpai skrg dia msih lemas,tdk mau mkan, tpi msih bsa berjalan , msih pup diwc dan tambahan kucing sya pupil matanya selalu membesar slma dia skit dan tdk pernh lgi pupilnya mengecil seprti dulu saat sehat Skrg jlnya kyak pincang dan lebih suka tidur dikmar mandi,dan jga dia tdk prnh sma skli menjilat tubuhnya,jdi biasanya klau sdh pup sya membersihkan pantatnya Kira kira dia skit apa dok? Please dokter jawabdia kucingku satu satunya

Propolis sbnrny Sgt bagus juga untuk kucing. Terutama yg sedang sakit. JD TDK masalah diberikan. Betul kalau TDK Mau makan harus d suapi. Usahakan ttp makan minum ya. Untuk tau sakit APA perlu diperiksakan ya.kalau TDK diperiksa ckup sulit. Gejalanya hampir sama dgn penyakit lainnya bs krn ada luka, infeksi virus, bakteri.

dok kucing saya muntah2 umurnya baru mau 2 bulan dan dia pas muntah mengeluarkan cacing gelang apa ya dok obat yang kiranya cocok untuk anak kucing saya soal ya gak ada dokter kucing di sekitar rumah saya

dokter tolooong banget aku mau tanya kucing aku kan bbrp hari kmrin sakit dan sudah dibawa ke dokter hewan juga. sudah sembuh tp kdg demam lg kdg smbuh lg. tp semenjak sakit sering banget detak jantungnya jd kenceng banget, biasanya kalau demam aja. ini demamnya sudah turun tp detak jantungnya kenceeng banget terus dok. tolong jawab yah dok, aku pengen bawa ke dr hewan lagi tp biaya dok

Normalnya detak jantungnya 80-120 Kali permenit. Peningkatan detak jantung bs krn kesakitan, ketakutan, Dan mgkn stress. Sebaiknya konsultasi kan kembali dgn Dokter

Dok…mau tanya kucingku 2 bulan yg lalu lahirin 5 anak, seminggu sdh buka mata tapi ada satu yg telat buka matanya,jd nya belekan dan sdh sembuh (cz si induk jarang sekali bersihin anaknya). Usia sebulan kucing semua sehat aktif, terus ada tmn yg nitip 1 kucing stray buat nyusu di induk kucing. Awal g ada masalah karena si induk jg mau nyusui, tapi setelah 2 mggu 1 kittenku tiba2 ada yg mati tanpa disertai mencret dan muntah. Kandang aku pindah spy lbh bs mengawasi dan aku bantu dengan pemberian susu karena si induk udah g seberapa mau nyusui dan pemberian vitamin. 2 hari kemudian kitten ku satu lagi mati tapi ada diare nya, besok nya ada yg mati lg tanpa muntah dan diare tapi perutnya membuncit, total ada 4 kitten ku yg mati dok + kucing stray teman, sekarang tggl 1 yg dulu belekan matanya. Hingga saat ini sdh 2 mggu dari kejadian kematian terakhir, induk dan kitten mau makan baik wf untuk df masih belajar. Tp knp y dok Ukuran badan kitten ku kok tetap sama waktu 1 bulan?padahal sdh 7 mggu dan si induk ttp g mau nyusui atau bersihkan. Dan Untuk penyebab kematian kitten ku apa y dok?mengingat gejala2 nya berbeda beda

Kucing stray nya usia brp? Krn stray gak jelas kan status vaksinasi, status kesehatannya. Jadi sangat rawan memang kalau membawa kucing lain bersama dengan kitten. Kemungkinan infeksinya Sgt tinggi terutama infeksi virus. Gak menutup kemungkinan kucing stray membawa virus Dan bakteri yg menginfeksi kitten. Sebaiknya smw peralatan yg bersentuhan dgn pup, muntah, kucing yg sdh Mati dibersihkan dgn disinfektan ya. Selain vaksinasi, juga kitten perlu diberikan obat cacing mulai usia 6 mg. Saran saya periksakan Dan konsultasi kan ke Dokter ya

Dok kucing saya umur sekitar 5bulan, kemarin dia habis makan selang 30menit ngeong2 terus makanan yng tadi dia makan itu dimuntahkan semua, dalam sehari dia 2x seperti itu. Pup nya tidak ada masalah, tapi dia lebih murung dari biasanya dok. Kenapa ya?
Terimakasih

Ngasih makannya banyak atau gak? Klo kucing makannya seneng sedikit tapi sering drpd banyak2 sekaligus

Selamat Pagi dokter
Saya ingin bertanya, saya punya 3 ekor kucing. 2 Persia medium dan 1
persia flatnose. Yang medium umur 5 bulan Desember ini, Sedangkan yang
flatnose katanya saat beli 19 November kemarin umur 3 bulan. Kucing
flatnose saya kata pembelinya sudah vaksin tapi tidak ada bukunya.
Setibanya di rumah sampai beberapa hari makannya sedikit sekali. Namun
aktif sekali. Mulai hari kamis tanggal 1 Desember kucing saya tidak
mau makan dan minum sama sekali, mendadak tidak seaktif biasanya.
Hanya mau makan wet food wiskas sedikit saat pagi hari. Tanggal 2
Desember kemarin pagi harinya si flatnose semakin lemas hanya diam
saja. Tidak mau makan dan minum. Saya lihat ada bekas noda kuning
mungkin muntahan di tempat alasnya. Karena itu saya bawa ke petugas
kesehatan, beliau bilang kucing saya sudah dehidrasi parah dan
mendapat suntikan nafsu makan dan apa gitu saya kurang jelas. Selain
itu juga keluar cairan dari kedua telinganya berwaarna kuning dan
putih seperti nanah tapi kata petugas kesehatannya tidak apa-apa.
Disuruh beri oralit saja. Setibanya di rumah si flatnose mutah cairan
bening ada busa putihnya (diperjalanan pulang sempet mau minum
sedikit). Kemudian hingga malam hari mengalami mudah dan diare terus
berulang. Bhkan badannya seperti tampak bergetar-getar. Akhirnya dini
hari tadi meninggal.
Yang ingin saya ketahui apakah kucing saya tersebut mengidap distemper ?
Jika iya apakah 2 kucing saya yang lain dapat tertular ?
Lalu bagaimana pencegahanya agar tidak tertular ?
Mohon bantuannya soalnya saya masih pemula. Terima kasih.

Status vaksinasi harus jelas. Harus dbuktikan dgn buku. Yg vaksin harus Dokter selain itu diragukan keaslian, kevalidan vaksinnya. JD gak bisa menjamin udh d vaksin belum. Kalau ad dehidrasi segera bawa ke Dokter hewan, bs lgsg d infus kalau emg dehidrasi parah. Telinga yg kuning berair kemungkinan ad infeksi ya , soalnya itu gak normal. Bisa banget nular ke kucing lain kalo belum di vaksin ya (tanyakan LG sm penjualnya bner d vaksin gak, vaksin APA Dan kapan). Perawatan kucing yg meninggal d bersihkan semua dgn disinfektan (karbol. Wipol, bayclean) dibersihkan juga pakai detergent. Kucing yg lain kalau ad gejala yg sama sgr bawa ke Dokter gak perlu d tunda..biasanya masa infeksi nya SMP ad gejala 2 mg

Dokter 2 kucing saya yang tersisa sudah vaksin saat umur 2.5 bulan. Apakah masih mungkin mereka juga tertular infeksi penyakit tersebut. Pencegahan apa yang harus saya lakukan agar kedua kucing saya yang masih hidup tidak terinfeksi.
Terima kasih

Kalau sdh vaksin, sudah Lengkap, sudah d booster. Kemungkinan kena masih ada TP gejalanya TDK separah yg belum vaksin. Dan harapannya masih tinggi kalau segera dibwa ke dokter saat gejala muncul

Dok kucingku beberapa hari yng lalu tiap makan 30mnt kemudian dimuntahkan lagi, tp sebelumnya ngeong2 kencang dulu. Skg dia banyak diam, gamau makan , sempat beberapa
Kali hujan hujanan, apakah ngaruh? Dan vitamin apa yng cocok untuk kucing saya? Kucing saya persia, sekitar 5bulan. Terimakasih dok

Hujan bkin stress, JD gampang sakit. Kalau emg udh lbh Dr 2 hr harus diperiksakan ke Dokter ya. Klo muntahnya makanan yg perlu diperhatikan porsi makannya jangan kebanyakan. Lebih baik sedikit tp sering.

Dok, kucingku kena distemper, tadi sudah dibawa ke dokter dan sudah disuntik. Namun malah tambah parah sore ini.. Tidak bisa bangun, lemah tergulai.. Apa masih bisa terselamatkan dok,,???

Mohon maaf br merespon. Kondisi kucing terkena distemper, semakin cepat penanganan semakin baik. Namun mmg masih beresiko thd kondisi yg lebih fatal jika blm pernah vaksinasi

Dok kucing saya umur sekitar 5bulan, kemarin dia habis makan selang 30menit ngeong2 terus makanan yng tadi dia makan itu dimuntahkan semua, dalam sehari dia 2x seperti itu. Pup nya tidak ada masalah, tapi dia lebih murung dari biasanya dok. Kenapa ya?
Terimakasih

Dok.. Mau nanya.. Kucing saya kemarin habis grooming pilihan mandi kutu.. Habis grooming seperti biasa masih normal makan dan minumnya.. Tapi aneh nya pagi tadi sampe siang ini kucing saya tidak mau makan(makan hanya d beli vitakraft, setelah itu tidak mau makan lagi) Dan hanya tidur saja.. Apa hal tersebut wajar?? Sebelum2nya setelah grooming tdk pernah seperti ini.. Makasig

Malam dok, saya nerasa sangat beruntung menemukan website ini karena saya tidak tahu harus bertanya kemana lagi.
Jadi begini dok, saya merasa ada yang aneh dengan kucing saya, matanya yang selaputnya itu dok yg warna putih(?) itu akhir2 ini seperti menutupi hampir separu matanya, kira2 itu kenapa ya dok? Kucing saya tidak menunjukkan gejala gejala juga, saya bingung dok. Mohon jawabannya dok. Terimakasih atas perhatiannya.

Udh brp hari? Makan minumnya gimana? Sbnrnya TDK normal ad selaput Mata yg menutupi, tandanya sdg mengalami sakit dann dehidrasi info Lengkap bs baca di Instagram @tanyadokterhewan

Kalo dihitung sampe sekarang mungkin sudah hampir 2 minggu dok. Untuk makannya dia tetap nafsu makan, dan makannya tetap banyak. Untuk lincah juga dia masih sangat lincah dan tetap berisik dok (kebiasaan kucing saya memang suka mengeong). Lalu untuk feaes nya memang dari kecil selalu mencret. Tp akhir2 ini dia seperti tanpa sadar beol dok, ketika dia jilat2 badan tiba tiba fesesnya keluar sedikit. Lalu pas digendong adik saya tiba tiba dia mencret banyak gt dok.

Malam dok, saya nerasa sangat beruntung menemukan website ini karena saya tidak tahu harus bertanya kemana lagi.
Jadi begini dok, saya merasa ada yang aneh dengan kucing saya, matanya yang selaputnya itu dok yg warna putih(?) itu akhir2 ini seperti menutupi hampir separu matanya,(keadaanya mirip dengan kucing di artikel ini) kira2 itu kenapa ya dok? Kucing saya tidak menunjukkan gejala gejala juga, saya bingung dok. Mohon jawabannya dok. Terimakasih atas perhatiannya.

Dok saya mau tanya. Kenapa ya dubur kucing saya selalu mengeluarkan poop sedikit demi sedikit dan ketika dia jalanjalan akhirnya jatuh dimana-mana. Tetapi makan tetap nafsu dan lincah.

Dok saya mau nanya?
Dok kucing saya lemas, tidak mau makan dan sering muntah2 dan juga telinga dan kaki2nya dingin ,n
Kira2 kucing saya kenapa ya dok ? Apakah kucing saya keracunan atau terkena virus dispenter ?
Lalu bagaimana cara pertolongan pertamanya dok ?
Mohon bantuannya..

Dokter, kucing saya shiro kan kemarin ikutan makan kepala bandeng punya temennya, tadi pagi malah pupnya cair tapi coklat dok.. Terus menerus bahkan sotenya ini pupnya transparan dan agak sedikit pink
Itu harus saya apakan ya?

COBA pakai probiotik ya. Biasanya krn makan makanan yg tidak biasa jd pencernaan nya bermasalah. Infonya bs cek di Instagram @tanyadokterhewan

Permiso, Dok maaf mengganggu…
Kucing saya tiba2 nggak nafsu makan dan kaki belakangnya seperti agak lumpuh, jadi kalau jalan dia oleng… Kucing saya masih kecil sekitar 3 bulanan…
Kira2 dia kenapa, ya, Dok..
Makasih sebelumnya

Dok, saya ingin bertanya. Saya adopsi kucing lokal. Dia termasuk sehat bgt krn ga pernah sakit. Tapi 3 hari yg lalu tiba2 mata dia sayu, bersin dan batuk terus, nafasnya juga dari mulut, dia gabisa tidur, gamau makan dan minum sama sekali, dan tidak buang air selama 2 hari. Krn ga mau makan dan minum, badannya jadi kurus tapi perutnya gendut. Setiap hari semenjak sakit saya cekokin dia air putih, susu, madu, dan kuning telur. Krn ga ada progres dan makin mengkhawatirkan, saya akhirnya beli vitamin hewan dan setelah seharian saya minumin vitamin itu, dia mulai mau minum sendiri tp masih tetep gamau makan dan lemes. Itu kucing saya kenapa ya dok? Dan bagaimana cara mengatasi sesak nafasnya itu? Terima kasih.

dok mau tanya.
saya baru adopt kucing domestik sekitaran rumah beberapa bulan ini.
sejak awal adopt memang belum saya beri obat cacing dan vaksin.
sudah dua hari ini kucing saya demam, kadang batuk(tapi tidak muntah) dan sulit sekali untuk makan dan minum, bahkan nutriplus gel dan wetfood di tolak mentah-mentah.
sempat saya coba berikan kuning telur yang dicampur madu, tapi kondisinya tidak juga membaik.
baru kemarin saya dapat saran dari petshop untuk memberi antibiotik amo*ilin yang dosis nya dibagi 8, kemudian saya disarankan untuk memberikan dr*ntal terlebih dahulu tapi saya belum laksanakan karena khawatir akan resikonya.
yang mau saya tanyakan, apakah ada gejala spesifik untuk membedakan sakit flu, cacingan ataupun distemper ini ?
lalu apakah sakit yang dialami kucing saya ini dok ?

sgt g disarankan memebrikan antibiotik tanpa resep dokter ya. kn dosis tiap kucing beda. sebaiknya bawa ke dokter aja untuk penanganan lbh lanjut. gejala semua penyakit yg akut sama yaitu demam, sgt khas tdk nafsu makan. klo flu y tentu ad gejala flu ya yg terlihat

dok kucing saya umur +_ 2 minggu, dlu nemu di jalan mungkin msh umur 3-4 hari jdi selama ini minumnya susu kucing aja. 3 hari ini kucing saya mencret dan kmrn pagi berdarah pas poop, semalam jg berdarah. dibawa ke dokter hewan katanya blm bisa dikasih obat apa2 karena msh terlalu kecil. ada solusi dok? dikasih tanaman herbal atau apa gitu biar nggak mencret lg. kucingnya ttp aktif dan minum juga habis banyak.

dok saya mau tanya, kucing saya baru usia 2 minggu tapi ibunya sudah meninggal trs sy ksh susu formula,tp kok kulit di bagian pusarnya dekat yg biasanya ada penghubung ari ari sm pusar yg setelah lahir di potong itu mengendor dan kulit di bagian tenggorokannya jg mengendor dan lama lama kepalanya melengkung ke belakang sampai kepalanya menyentuh pantatnya. dan ga mau di kasih susu dok dia jg ga bs disusuin sm kucing sy yg satunya. Gimana ini dok?tlg bantu saya

Dok mau tanyaaa
Saya baru adopt kucing persia flatnose jantan umur 3 bulanan
Karena ini pertama kalinya saya melihara kucing, jadi saya ikutin saja makanan dari pemiliknya yg lama merk universal campur wishkas basah (maaf sebut merk). 2 hari bersama saya pupnya ada darahnya gitu tetapi setelahnya tidak ada lagi jadi saya berasumsi bahwa itubahnya dampak stres awalnya saja. 2 minggu pup kucingnya selalu basah seperti pasta. Tidak encer juga.
Nah, karena sudah cukup umur, saya berniat vaksin ini kucing, tetapi dokternya bilang blm bisa divaksin kalau pupnya masih basah dan alhasil diberi obat cacing serta makanan gastro. Pulang dari petshopnya setelah digrooming pupnya berdarah lagi-,-
Beberapa hari mengkonsumsi mkanan barunya ini hanya 2 kali pupnya yg kering setelah itu malah jadi encer bgt seperti mencret. Saya jadi panik dan kucing saya ini suka sekali minum air mentah padahal air minumnya sudah saya sediakan.
Jadi bagaimana penanganan mencret si kucing dok?
Masalah makannya baru saya ganti dengan equilibrio.
Terimakasih:)

Assalamualaikum dok saya mau nanya nih. Sekitar sebulan yang lalu saya menemukan anak kucing usia sekitar 1 bln, tetapi tidak ada tanda tanda induk ataupun saudaranya, jadi saya merawatnya sampai sekarang ini. Tetapi akhir akhir ini dia sering mencret berwarna kuning dan juga muntah dua kali. Dia juga kehilangan nafsunya untuk makan. Adakah obat untuknya dok? Karena saat ini saya tidak bisa ke dokter hewan dikarenakan kondisi saya saat ini.

Dok itu kucing saya umur 3 bulan tiba2 saja muntah dan mencret dan muntahnya itu cair kaya ludah tp agak kuning. Tiba2 itu kenapa ya dok ?
Dokter hewan pun gak ada disini jadi saya mesti gmn ya dok ??

dok kucing saya duburnya mengeluarkan feses terus tapi sedikit (cair), duburnya seperti bengkak dan berair, suka tiba-tiba lari ga karuan lalu muntah atau pup, itu kenapa ya? ambeien, diare atau distemper?

Dok saya mau tanya, kucing saya tidak mau makan, demam, dan tiduran terus. Saya bw ke vet ktnya batuk trs disuntik obt demam krn demam 40 lbh. Mlmnya hbs sy ks obt mlh muntah. Bsknya malah jd diare jg(cair hitam & bau busuk). Trs sy balik ke vet & di cek parvo pake testkit. Cm muncul 1 garis, stlh ditunggu jg tdk berubah. Diagnosa vet bkn parvo tp infeksi pencernaan. Sy mau tanya apakah testkit psti akurat? Sy kuatir kalo parvo beneran deh..terimakasih.

selain test kit, perlu juga dilakukan pemeriksaan darah. gejala klinis yg terjadi bs juga krn infeksi parvo (distemper pada kucing atau mmg infeksi pencernaan lain yg cukup parah krn bakteri atau parasit lainnya. test kit sudah diujikan bbrp kali sblm d pasarkan, dgn teknik pemeriksaan yg tepat dan sesuai petunjuk seharusnya bs memberikan gambaran yang baik. perlu diisolasi kucingnya, dan tetap diberikan pengobatan sesuai saran dokter

Halo dokter, mau tanya.
Kucing saya ini lagi lemah. Hari pertama saya menduga dia diare. Tapi ini hari ketiga saya gak liat dia bolak balik utk pup, tapi dia masih lemah. Badannya langsung kurus. Makan kadang mau kadang engga, itu juga disuapin. Minum juga disuapin. Kalau muntah ga pernah. Saya pernah Googling diare bisa pakai obat diare manusia. Sementara masih dikasih obat itu.. kenapa ya kucing saya?

Dokter, sy ingin bertanya, sy memiliki 2 kucing persia sepasang umur 10blnan. Belum prnh divaksin sama skali hingga kucing jantan sy mati 2 hr yg lalu krn distemper ini. Nah kebetulan kucing betina sy sedang hamil. Apakah jg akan positif trkena distemper dok? Apalagi blm prnh sy vaksin. Atau apakah blh divaksinkan ?

hamil tdk boleh vaksin, vaksinasi saat sehat saja. kondisi hamil daya tahan tubuh juga sgt rentan terhadap infeksi. tdk menutup kemungkinan terinfesi terutama blm pernah vaksinasi, artinya tdk ada proteksi. konsultasikan saja dgn dokter hewan terdekat

Dok saya mau tanya … Kucing saya tidak mau makan dan minum dan dia skrg gk mau diam dirumh atau dikamar .. Sllu ingin di luar … Tu karna apa ya dok ? Dan dia juga lemas gtu … Kmren smpat demam tpi demamnya udh turun dok dn kmren juga sring muntah” dok udh 4 hari gk mau makan dn mnum dok . dipaksa juga gk mau . tu gimana ya dok ?

Dokter mau tanya, kucing sya makan gk pernah habis , sudah sya gnti mkanan juga tetap susah. Tapi kalau makanan saya campur dengan makanan basah dia baru mau. Itu bagaimana ya dok?
Dan jika memberi makanan basah tiap hari apakah baik untuk kucing?
Kalau di kasih kuning telur bgaimana?

Itu di makan stiap hr gk papa dok mkanan bsahnya, mslahnya kalau gak d cmpur mkanan bsah susah mkan dok? Kalau d ganti mkanan lg bhaya gak buat pencerna.an nya?
Untk kuning telur gmana dok? Sya memberinya mateng atau mentah?
Mohon saranya dok?

Maf sya smbung lg dok, it kucing sya blum pernah sya vaksin, tetapi di ekornya ada bntik2 htam seperti jamur dok smpai ekor kucing sya hbis dok, it kalau kndisi msh kyk gt boleh d vaksin atau gak dok?
Mhon saranya . Trimakash

Dok mau tanya kalau kucg terkena distemper apa bisa perawatan dirmh aja krna terhalang biaya? Kalau bisa cara menanganinya gmn dok ..?

Dok.. saya mau bertanya, kucing saya waktu itu terkena demam cukup lama tapi setelah demamnya sembuh kucing saya jadi jalannya agak aneh gitu, kenapa ya kira kira.. makasih dok

dok saya mau nanya, kucing jantan saya berumur 1th lebih, kemarin saya lihat dia bulunya agak berdiri seperti mengembang gitu terus pas saya pegang di bagian deket pangkal ekornya ada benjolan gitu tapi ga ada luka luar, abis itu lemas dia tidur sambil kejang kejang, itu kenapa ya dok?

segera periksakan ke dokter ya, mgkn ada luka ataupun kondisi lainnya. jd untuk memastikan perlu diperiksakan

selamat malam dokter mahardian , saya gita dari sawangan , saya mau tannya seputar kesehatan kucing yang saya pelihara saat ini ,
sebelumnya saya mau sedikit bercerita soal kucing yang saya rawat saat ini , saat ini saya merawat seekor kucing kampung , karna beberapa jari yang lalu kucing tersebut sempat tertabrak oleh saya , di bagian kaki kiri nya , sampai akhir nya kulit kucing tersebut terkelupas . sekirannya saya bisa menemui dokter untuk mengecek kondisi dari kucing saya ini apa harus di amputasi atau masih bisa diobati .

Maaf dok, mau tanya ne, kucing saya lemes, jalannya juga lambat, tidur mulu, makan juga susah, itu gejala distemper juga y dok??

belum tentu, penyakit lain yang bersifat infeksi bisa juga menimbulkan gejala klinis yang sama. jadi perlu diperiksakan dulu ya

Dok saya mau tanya, kucing saya itu sulit makannya, dia gak mau makan kalau makanannya itu gak basah. Trus pernah sekali muntah, sering minum, trus di bak pasir tempat dia poop itu ada cacing tapi cumak 1x ditemukan,Dok.
Apakah kucing saya itu cacingan ,Dok? Kalau iya apa obat yang cocok,Do?
Tolong bantu ya Dok!

dokter maàf sayaa mau bertanyaa . beberapa hari yg lalu kucing saya dkejar2 kucing kampung dok . setelah itu dy pup nya berdarah dan diem aja . bysanya lincah dan sll ngeong2 dok . dy juga ampat muntah bulu dok .it knapa ya dok ? oh iya dok pup darahnya sudah selana 2 hari dok

kucing saya perutnya buncit, susah makan, dan maaf BAB nya cairan dn ada bercak darah,sedangkan didaerah saya sangat sulit bahkan mungkin tidak ada dokter hewan saya mau tanya kucing saya itu sakit apa dan obat nya apa?

infeksi cacing atau parasit lain sangat mungkin. apakah sudah mencoba menghubungi dokter di dinas peternakan setempat?

Dok saya mau tanya, kucing saya akhir2 ini suka mengeong terus. Jarang minum dan kalau makan makanan berbentuk sereal, sering dia muntahkan kembali. Akhir2 ini baunya juga tidak seperti biasa, terkesan bau busuk. Apa yg hrs saya lakukan dok

Dokter, anak kucing saya tiba2 suka menyendiri. Padahal sebelum berangkat sekolah dia baik2 saja. Tapi waktu pulang sekolah dia diam terus. Monyongnya kotor, mau dibersihkan dia menghindar terus dan maunya menyender di dinding. Jalannya juga agak aneh, kadang2 terpeleset begitu. Tadi dia juga mengeluarkan (maaf) pu* yg kalau saya lihat teksturnya seperti pasta coklat, agak memanjang. Apa yg harus saya lakukan Dok? Sedangkan kucing tidak boleh dimasukkan ke dalam rumah oleh orang tua saya dan dokter hewan jauh (baru nisa kesana kalau hari libur). Beri saya solusi untuk penanganan di rumah. Umurnya baru 1 bln 4 hari. Mohon direspon secepatnya 🙁
Terimakasih

kalau usia 1 bulan sebaiknya dirawat didalam rumah beserta induknya, krn dia butuh kehangatan, kalau kedinginan akan mudah sakit

Dok, saya mau tanya ni
Saya punya anak harimau akar, kondisi sebelumnya sehat dok. Tiba2 pas bangun tdur langsung lemas gak bsa bergerak sama sekali, saya mau tanyak gmn cara mengatasinya..

Dok tolong infonya, kucing saya berusia 2 bulan. Tiba tiba saja pagi tadi muntah muntah, dan seharian ga mau makan minum. Kucing saya lemes dan jalannya sempoyongan. Dan baru baru ini muntah nya bewarna kuning dan berbusa dok. Ini kucing saya sakit apa ya dan harus bagai mana dok?

dok saya mau tanya
kenapa pada telapak kaki kucing saya seperti ada lubang kecil terus bernanah terus kucing saya pincang dan tidak bisa mengeong.
terus bagaimana solusinya agar sembuh dok?

segera periksakan ke dokter, walaupun luka kecil tetap sakit jadi perlu diberi penanganan

Dok kucing ku lagi kena virus skrg dia lagi di rawat intensif di klinik, kucingku belum sempat vaksinasi karna kondisinya tidak memungkinkan, adakah cara cepat lainya dok agar kucing aku bisa sembuh dan selamat
Kucing ku baru 4bulan

agar cepat sembuh, perlu dilakukan penanganan yang intensif dan sabar, yang penting sudah berusaha, jika sudah diberikan obat dan terapi sesui saran dokter, dilakukan dengan baik. perlu sabar dan telaten. perlu diketahui juga infeksi virus sifatnya akut, jadi biasanya mmg cukup sulit untuk ditangani jika blm pernah vaksinasi. tetap berusaha dan berdoa

dok mau tanya di rumah saya ada kucing kampung umutnya 5 bulan lebih …
biasanya sangatlah tapi hari ini dia jalan sempoyongan .. makan biasa tapi kaya ada yg ngeganjel di tenggorokannya terus kalo makan pasti berantakan kemana – mana …
mohon di bantu solusinya dok …

sebaiknya diperiksakan ke dokter ya, diliat juga apakah yang membuat tersedak atau tidak

dok mau tanya di rumah saya ada kucing kampung umutnya 5 bulan lebih …
biasanya sangat lincah tapi hari ini dia jalan sempoyongan .. makan biasa tapi kaya ada yg ngeganjel di tenggorokannya terus kalo makan pasti berantakan kemana – mana …
mohon di bantu solusinya dok …

Dokter,sepupu saya punya alat buat nebulizer,itu yg biasa dicampur buat obat uap nya apa aja ya?Soalnya kucing saya banyak yg flu.
Terus untuk pertolongan pertama harus bagaimana mengatasi flu kucing yg rada parah soalnya ditempat saya tidak ada drh yg 24 jam,baru besok pagi saya bawa ke dokter..

Dok, saya mau bertanya.
Sudah 2 hari ini kucing saya mengeluarkan cairan kekuning-kuningan dari anusnya. Cairan itu ngga berhenti keluar. Saat kucing saya duduk ataupun jalan, cairannya keluar dengan sendirinya dari anus, jadi buntutnya sering basah. Kucing saya juga jadi jarang membersihkan tubuhnya sendiri seperti biasa. Nafsu makannya juga berkurang. Bagaimana penanganannya, Dok? Saya takut ada apa-apa dengan kucing saya. Usianya baru 1 tahun.

dok kenapa ya kucing saya kok suara hilang biasanya meong ngan nya keras terus kalau aku tepukin leher malah kayak muntah dok tapi gak keluar terus makanan nya mau nya yang halus dok itu kucing saya kenapa dok dan cara mengatasi nya dok

Dok, saya mau tanya 2 kucing sy seperti pada bagian #3 di tulisan dokter… muntah kuning, mencret dan tidak mau makan… tapi sy paksa makan pakai suntikan… saya sudah bawa ke dokter hewan dan hanya disuntiknya tidak dikasih obat… dan sy mau merawatinapkan kucing sy tapi di tolaknya dan bilang coba lihat beberapa hari kalau tidak ada perubahan baru dirawat inap… memang seperti itu ya dok? Pas nafas juga ada suara seperti org ngorok… mahon bantuannya dok… ga mau mereka kenapa2…

selama kondisinya masih bisa dilakukan terapi di rumah tentu dokter akan memilih rawat jalan saja.

Dok saya punya kucing persia jantan usianya sudah mau 5bulan. Kucing saya mencret mencret sudah dikasih obat 5 hari. Lalu sudah mendingan setelah saya kasih obat selama 3 hari. Tapi pupnya kadang menggumpal kadang encer dok. Hari ini saya stop kasih obatnya pup nya mencret lagi dok. Apa yang harus saya lakukan lagi?

Dok saya mau tanya. Anak kucing saya ada 4 yg satu itu badannya kecil sendiri. Terus akhir2 ini gk mau nyusu cuma dikit, trs sering mengeong dan badannya gemetaran jalan pun dia gemetaran. Usianya baru mau menginjak 1bulan. Itu kira2 kenapa yaa? Dan bagaimana mengatasinya terimakasih.

Siang dok,saya mau nanya kenapa ya kucing saya tidak bisa mengangkat kepalanya, kalau jalan dia menunduk terus gak mau hadap kedepan dan selalu naruh kepalanya terus?tolong kasih penyebap dan cara nyembuhin ya dok..

dokter sya punya kucing 5, 2 ekor sudah mati. 1 ekor lagi sedang sakit.
sya sdh bawa ke doker hewan. ternyata kta dokter terkena virus. sya jelas kn k dokter,bahwasan ny kucing sya udah nggak mw mkn selama 4hr, beliau bilang kucing sya yg 1 ini termasuk kuat. kalo terkena virus biasa ny kurang dr 4hr it udah mati. tpi smpai sekarng kucing ini msh blm mw makan & dya tubuh makin lemah. yg sya mw tnya kn? kemungkinan besar untuk hidup stelah berobat ad tdk ya dok? trims.

kalau belum vaksinasi sebelumnya, cukup sulit sebenarnya. yang terpenting perbaiki kondisinya terlebih dahulu dengan dilakukan terapi infus kalau diperlukan karena biasanya dehidrasi. krn kalau kondisinya sudah baik, tentu metabolisme nya kembali normal, jadi daya tahan tubuhnya juga meningkat

Dok kucing saya dua-duanya diare udah 1 minggu. Udah dibawa ke dokter tapi tidak menyembuhkan malah intensitas pup nya malah makin sering. Diberi obat anti muntah dan anti diare, malah muntah terus kalo abis minum obatnya. Tapi kucing saya masih mau makan dan masih lincah. Itu diare nya karena apa ya dok? Sudah saya berikan royal canon recovery tapi belum ada perubahan juga

Dok kucing saya umur 4 bulan tiba tiba gak mau makan sekalipun dikasih makanan kesukaan dia. Minum pun jarang tapi masih lincah bermain. Kenapa ya dok?

Dok saya punya kucing, dia sering tidur, lemas, berjalan seperti tidak kuat, melompat pun sering terbentur dan terjatuh. Kucing saya sakit apa ya dok, apa yg harus saya lakukan agar dia segera sembuh?

Selamat siang dok, mau tanya kucing domestik saya lemas ngga mau makan sama sekali (basah/ pun kering), minum sesekali sedikit. Sekitaran mulutnya ada bekas hitam, saya kasih susu mau tp sedikit banget. Matanya sering tertutup (kaya ngantuk) kadang berair.
Itu gejala sakit apa ya?
Makasih

Dokter, saya mau tanya perihal kucing kondisi kucing saya, yang kondisi nya lumayan bisa dikatakan parah. awal gejala kucing saya apabila berjalan terhuyung tidak seimbang, dan terkadang tiba2 jatuh, saya bingung harus seperti apa dan sekarng kondisinya malah sama sekali tidak bisa berjalan untuk bangun pun tidak bisa, hanya saja jika di beri makan masih tetap mau, tolong saran dan petunjuk nya dok ??

Permisi Dok, anak kucing saya lemas, mengeluarkan cairan dari mata, hidung, serta mulutnya setiap kali ia menyusu pada induknya. Setelah saya lihat, puting susu induknya itu membengkak berwarna biru kehitaman. Nah yang saya ingin tanyakan, bagaimana cara mengatasi anak kucing saya tersebut? Karena ia termasuk anak kucing yang hiperaktif. Dan puting susu induknya itu kenapa ya Dok? Terima kasih.

luka karena gigitan gigi anak, bisa juga menyebabkan radang pada kelenjar susu (mastitis). kalau sudah bengkak, kebiruan berarti sudah ada infeksi juga. sebaiknya sih diperiksakan ke dokter ya.

Dok kucing sy sakit parah. Skr uda tergeletak lemas. Mulut terbuka mata ga kedip. Ta bawa ke dokter tak ada hasil. Ta bawa pulang ta rawat srndiri. Kata dokter hati nya sudah rusak. Hidupnya cm smpai 2hari. Apa ada cara mengobati kucing dlm kondisi seperti ini. Tolong dok. Sementara sy kasih air klorofil sm kuning telur.

Kondisi kucing dgn hati yg sudah terinfeksi memang cukup sulit. Perlu dilakukan perawatan intensif, pengobatannya juga harus sabar.

Infeksi virus sgt mungkin memang menyebabkan kerusakan hati, tapi untuk panleukopenia jarang yg menyebabkan hal ini. Bisa disebabkan oleh virus lainnya

Sore Dokter…Tadi pagi kucing anggora saya kecebur got..Ga tau sudah berapa lama terendam..Sekarang kucing nya ga bisa jalan..Kalau diangkat..Dia teriak kesakitan..
Itu kenapa ya Dok ?? Apa karena terlalu lama terendam atau hal lain ? Terimakasih sebelumnya utk jawaban dari Dokter.

kalau kesakitan tentu ada bagian yg sakit, coba saja di cek apakah ada yang luka, memar. biasanya juga kalau jatuh bisa menyebabkan shock untuk kucingnya. sebaiknya diperiksakan ke dokter ya.

Malam dok saya mau tanya kucing saya selalu mengeluarkan air liur dan tubuhnya tidak stabil , goyang-goyang saat berdiri hanya diam tidak mau bergerak , itu penyakit apa y dok , anaknya juga masih menyusui gimana caranya penanggulangan nya ya dok

apakah makannya yang diberikan sudah sesuai? bisa juga disebabkan oleh kekurangan nutrisi, terutama kalsium, atau bs diakibatkan gangguan syaraf krn cedera, infeksi, dan lainnya. sebaiknya memang diperiksakan ke dokter. jika anak masih menyusui akan lebih baik jika diberikan susu pengganti, tapi kalau usia sudah lebih dari 4 mg bisa mulai dikenalkan ke makanan padat.

Dok, saya baru Kemaren adopsi kitten, kemaren Sama tadi pagi masih mau makan sama mnum susu tp td siang dia nggak mau makan atau mnum susu, saya adopsi dia usia 1 bulanan lbih, Nah atas saran Org dia di kembalikan dulu ke induknya, yg saya tanyakan apakah kalau kitten sudah tidak mau makan atau minum setelah bertemu induknya bisa kembali seperti semula nafsu makannya?

Penyebab tdk mau makan kn beragam ya, bs juga krn kondisinya tdk nyaman, kedinginan, dan lainnya

Dok saya punya kucing jenis persija(persia jawa) usianya sudah ada 1 tahun lebih. Sblmnya sdh sya beri obt cacing dr dokter hewan stlh beberapa bln jadwalnya utk vaksinasi krn trhmbat wktu dn biaya sya telat mmbwanya vaksin. Rencna mau sya vaksin bln ini tp kok kucing sya mlah trserang batuk2 dok makan sm minumnya biasa sblmnya smpat muntah 2hr tp kmudian normal kmbali aktivitas biasa hny sja batuk2.. apakah boleh langsung d bawa utk vaksin dok?

Pagi Dokter, kucing saya bbrp hari belakang memperlihatkan gejala kurang sehat. Pagi tadi dia kelihatan tidur aja dg suara spt mendengkur. Pas saya cek lagi ternyata suara tenggorokannya yg sptnya berdahak. Kedengeran pas batuk. Matanya berair dan ada kotorannya. Kemudian telinganya juga tiba2 berair. Kira2 sakit apa ya dokter ? Dan bagaimana penanganan awalnya ? Saya agak kawatir karna bbrp hari sebelumnya kembarannya mati mendadak, saya kawatir karna distemper 🙁 makasih Dokter..

Malam dokter saya mau nanya ni, saya punya tman yg pelihara kucing, kbetulan kucingnya udah melahirkan, stelah itu beberapa minggu kemudian anak kucing itu tidak bisa berjalan dok mungkin ada solusinya
Makasi
Dan selamat malam

dok,saya punya anak kucing kira2 umurnya 2bulanan ,,,nah sekarang dia kena diare sepetinya dok,,,gimana cara ngatasinya dok? makasi sebelumnya dok 🙂

Sudah diperiksakan ke dokter? Diare pada kitten bisa menyebabkan dehidrasi perlu segera ditangani

Selamat siang dok. Mohon bantuannya dok, kucing saya sudah 2 hari kaki belakangnya tidak bisa menopang tubuhnya, sehingga kucing saya hanya diam disatu tempat, kalaupun jalan hanya 1/2 langkah itupun kaki belakangnya harus diseret. Secara keseluruhan tidak ada perubahan, baik nafsu makan yg baik, dan tidak muntah. Kucing saya sakit apa ya dok? Terima kasih sebelumnya dok.

Dok, kucing saya kok jalan nya sempoyongan terus dia juga selalu menyendiri suka ke kolong bangku, dan keluar jalan jalan ga jelas, makan nya juga sedikit saya baru pelihara 2 hari yg lalu, dikasih sama saudara saya, dia juga sukanya tidur terus,mata belek,berair, itu kira kira kenapa ya dok? Klo di bawa ke dokter biaya nya berapa dok saya kasihan melihat nya..

perlu segera diperiksakan kedokter ya, untuk biaya tergantung dengan tindakan yang dilakukan, karena masing2 klinik berbeda. kalau ada tindakan pemeriksaan darah, atau penggunaan test kit tentu biayanya akan lebih tinggi

Hallo dokter, slam knal.. sya punya kitten umur 3 bln.. setiap habis makan nafasny gak normal terus setelah itu jalannya mulai jatuh2, kira2 kitten sy kenapa? Perutnya juga buncit.. Thx dok

sebaiknya memang diperksakan ke dokter ya untuk pemeriksaan lebih lanjut. perut buncit pada kitten bisa juga salah satu ciri cacingan, atau bisa juga ada kelainan lainnya misalnya kembung

Halo dok, kucing saya jenis ras angora sudah 2hari tidak mau makan hanya minum saja terus dia keliatan lemas dan lebih suka tidurtiduran dok gak selincah biasanya terus beberapa kali muntah berupa busa putih dan ada lendir bening gitu dok. Kira2 sakit apa ya dok?dan apa yang harus saya lakukan? Terimakasih dok

kalau lebih dr 2 hari tdk nafsu makan, sebaiknya diperiksakan ke dokter ya kemungkinannya bs beragam penyebabnya bs krn ada infeksi bakteri, virus, maupun parasit lainnya

Halo dok, kucing saya ras angora 2hari ini tdk mau makan dan hanya minum saja itupun dikit dok, trs dia gak selincah biasanya. Lemas dan cuma suka tidurtiduran kadang muntah berlendir bening dan ada busanya. Kira2 kucing saya knp ya dok?terus apa yg harus saya lakukan untuk mengobatinya?

Hai dok..
saya punya kucing, memng kucing kmpung (kucing biasa). saya kash makan nasi dan ikan krna prnah saya kash makan makanan kucing dia mencret jd saya stop makanan itu. Saat ini kucing saya sakit tp saya gak tau dia sakit apa, badan nya terlihat kurus krna dia gak nafsu makan, bibir dan hidung nya pucet wrna agak kekuningan, dan terlihat bdannya juga lemas dan dia sangt murung.
beberpa hari dia memng luka bnyak krna selalu di gelutin sama kucing anggora dan prnah stres seperti teriak teriak (mewong) setiap hari gak ada.jeda tp sudh saya mandikan dan diem sendiri luka nya.pun sembuh sendiri tanpa saya kasih obat.
kira kira dia sakit apa ya dok? Mohon info nya apakah dia kena penyakit virus yg di terangkan dokter atu bukan..
ngeliat mata dan mendenger suara nya ngerasa dia kesakitan.

kemungkinan infeksi virus bs sangat tinggi kalau belun vaksinasi, kalau sampai terlihat ada kekuningan di gusi, maupun kulit, tandanya kucing mengalami kerusakan organ salah satunya hati. saran saya segera periksakan ke dokter ya

Maaf dok saya mau tanya…kucing saya umur 1tahun dan udah bbrp kali diare/ pupnya encer bgt…nafsu makan nghak ada sama sekali..hanya saja kalau d kasih nutriplus atau madu mau jilat2 tpi sedikit…dan udah 3 hari diare pupnya encer dan tadi pagi sya liat d punya itu ada sedikit ad darah…terus muntah juga..muntahnya makanannyayang kemarin sewaktu masih mau makan..kucing sya sekarang kurus. Pakan nya rc 32 trus kmrn sya beli rc yg katanya bsa buat penaganan pencernaan..rc yg gastro ..saya takut kucing sya terkena dstemper..pdhl kucing sya udah faksin..tp yg bagian distmper itu gak d centang d bku vaksinnya..mau sya bwa k dokter jauh sekali dgan doktrnya…sya bingung dok…bgmana penangannya selain ke dokter…

Terimakasih ??

cukup sulit memang kalau tidak diperiksakan ke dokter, krn penyebab tdk nafsu makan bs beragam, infeksi virus mgkn juga terjadi, infeksi lainnya spt bakteri, parasit, juga bs teejadi

hai dok saya punya kitten 6 berumur 2 bulan awal nya mereka main2 dan tidak terjadi apa2 makan dan minum pun lahap,tetapi sekitar 1 mei anak kucing saya sakit tidak mau makan dan minum,tp sudah saya bawa ke dokter skrg dia suda bisa makn dan minum,tetapi dok anak kucing saya yang 5 terkena penyakit sama tidak mau makan dan minum,kemaren tanggal 5 mei dan 6 mei 2 anak kucing saya meninggal dok?:'( badan nya lemas tidak mau makan dan minum,sudah saya usahakan minum pake spoite tapi di muntah kan,sudah mau saya bawa ke dokter tapi dokter hewan pada seminar dok jd tidak tertolong lg,skrg kucing ku kitten tinggal 4,yang pertama sakit udh sembuh tapi yang 3 sakit dok muntah,tidak mau makan dan minum sudah dibawa kedokter sudah di suntik,ibu nya juga sudah di suntik tapi sudah di vaksin,dokkk apakah masih bisa tertolong?tolong respon nya dok saya amat sedih ketika kucing yg saya syg mati?:'( sudah saya anggep seperti keluarga sendiri

Apakah semua kitten nya sdh d vaksin? Apakah induknya sdh vaksin lengkap?

Baca disini ttg vaksinasi ya : vaksin kucing

Untuk harapan nya tentu sgt terganting dgn kondisinya y, terutama kitten sgt rentan mengalami kematian jkntdk lgsg diberikan penanganan ygbtepat

Dok saya mau tanya,sya punya ank kucing baru lahir sekitar 3minggu yg lalu tanpa ada induk ny,2 hari lalu si mpus d banting kepala ny smpe kena tembok dn kejang2 , sma ank sya sehabis itu kucing sya lemes dn gk mau nyusu,udh smpet d jemur pas pagi hari dn d obatin sehat lgi,tpi ini tiba2 ko lemes lgi dn makin kurus bdan,tinggal kulit sma tulang doank,si mpus kdang jerit2 sprti ngerasa sakit d dlm tubuh nya.. gmna solusi nya ya dok?? Tolong ya dok solusi nya , terimakasih

dok, kucing sy bru umur 2 bulan lebih. pagi ini dia muntah berwarna kuning kecoklatan seperti makanannya pdahal pagi itu dia cuma sy kasi sedikit makannya, terus selang beberapa jam kucing sy muntah lagi tapi warnanya putih dan berbusa, total dia muntah sampai sore ini sudah 7x. dia nya lemes gitu dok sekarang.. sy coba kasi makanan tp dia gak mau. sy kasi ke ibunya dia jg gak mau nenen, dan saudaranya pup nya encer warna nya kuning kehijauan gitu tp dia tetap aktif. mohon info dok kucing sy kenapa? dan bagaimana penanganannya?

dok mau nanya ini kucing ku lemas tdk mau mkan/minum jalan sepoyongan tegang terus kucing aku,itu penyakit apa yah
kucing peranakan persia betina usianya 4 bulan blum vaksin

penyebab nya bs krn kekurangan nutrisi, bs juga krn ada gangguan d otot dn syaraf, bs mmg terinfeksi virus, bakteri dan lainnya

dok saya mau tanya,,,, kucing saya jenis persilangan persia dan anggora,,,,
ini kemaren malem tgl 10 mei 2017,,, kucing saya lemas dan gag mau makan dan minum,,, terus udah saya bawa ke dokter hewan wkt di cek ada radang gusi,,,, setelah di injeksi dan dikasih obat antibiotik kucing saya masih lemas,,,, cuma obat lambung yg di berikan dokter blom saya minum kan,,,,
dan panasnya bukan main dok,,, lebih dari 50 suhu panasnya,,,, penyakit apa ya dok yg di derita kucing saya,,,, mohon berikan jawaban secepatnya,,, saya gag bisa makan dan gag bisa tenang kalo kucing saya sakit,,,, ?

APA benar panasnya 50°, dalam celcius atau farenheit? Kalau sdh 50°c jarang ada yg tertahan, otak pasti sdh terbakar Dan biasanya akan Mati sel2/totalnya. Padahal thermometer saja mentok di angka 42° c . kan sudah diperiksa sama Dokter nya, APA tidak bertanya Dan konsultasi dgn Dokter?

q pny kucing umur 1 blan lebih. dy gak mau mkan, & gak mau nyusu induknya.. q pancing pake mkanan basah gak mau..
ini knapa ya?? minta solusinya…

Kitten yg g mau makan perlu diperhatikan sekali. Penyebabnya bs beragam bs krn kondisinya TDK nyaman, bs juga ada gangguan organ nya. JD sebaiknya diperiksakan ke Dokter ya

Dok, kucing sy br ngelahirin dan gk mau susuin anaknya, umur kitten 1 hari, jd di kasih susu formula pertama sgm llm lalu sy ganti susu utk kucing merek kmr, siang gk ada mslh trus pd mlm harinya 2 ekor anaknya bab/pipis darah…yg 1 banyak banget, tdnya sy pikir pendarahan ..sy bingung mau gmn, akhirnya sy kasih produk well panjang jiwa 1 tetes sy tunggu reaksi, 2-3 jam kmdian berkurangbab/pipis darah itu,yg satunya baru dikit keluar darah sy lsg kasig well itu jg,gk lama stop bab/pipis darahmya, sy terpaksa kasih welll krn kepepet,
Dok kenapa kucing sy bgtu, bgmn mengatasinya, mereka jd males minum susu, sy br bs sore ini ke drh krndrh br ada sore.

Jadi sdh diperiksakan ke Dokter ya? Silahkan download juga ebook ttg perawatan anak kucing ya disini : ebook

Dok, anak kucing saya usianya baru 3 bulan nah udah 2 hari ini dia gak mau makan tapi masih mau minum meski cuma dikit
Sejak kemarin juga dia kayak mau muntah gitu tapi gak keluar dan tadi siang dia muntah busa warna putih
Itu kenapa ya dok? Terus cara ngobatinnya gimana?? Soalnya dia jadi suka menyendiri dan lemes gitu badannya
Saya mau bawa ke dokter hewan tapi jaraknya jauh banget dari rumah, mungkin saya bisa kasih pertolongan pertama di rumah
Tolong di jawab ya dok
Terima kasih

Dok ada 2 kitten di rumah saya baru usia 2 bulan seminggu yang lalu 1 ekor mati sebelum mati, dia tiba2 lumpuh seluruh badan dan mengigil. sekarang yang satunya juga kondisinya sama tapi masih hidup. apa itu juga termasuk distemper?
saya mau bawa ke Dokter.apa pertolongan pertama ya dokter?

Belum tentu. Tp mgkn juga infeksi virus, terutama kittem dr induk yg blm vaksin atau mmg kitten nya blm d vaksin. Kitten juga rentan terkena infeksi bakteri dan agen penyakit lainnya

Dok, kucing sya kena jamur dikelopak matanya, trus sy kasih salap ketonazole, tdk lma kmudian dia garuk smbil menjilat dg tangannya, apakah salap ketonazole tdk apa” termakan?

Mmg sebaiknya tdk terjilat, tp selama tdk ada reaksi keracunan ataupun iritasi, krn kemungkinan hnya sedikit yg terjilat, jd tdk terlalu khawatir

Dok mau tanya..
Kucingku sakit awalnya tidak mau makan sudah hampir seminggu
Dan setelah itu kucing saya jalan sempoyongan dan jatuh
Langsung saya bawa ke dokter..
Setelah di dokter langsung di suntik dan di beri obat..
Tapi kenapa setelah disuntik tidak bisa jalan dan tidur terus menerus
Dan matanya bengkak keluar selaput putih dan merah
Saya sedih sekali
Untuk angkat kepalanya saja tidak bisa. .
Tangannya seperti kaku
Tapi buntut dan kaki bisa bergerak bagaimana itu dok

Dok mau nanya.. Kucing saya kurus tp perutnya agak jemblung gk ilang2 sudah 3 bulan lebih. Awalnya itu mutah2 dulu skrg sudah enggak trs beolnya juga normal skrg. Knp ya dok. Kok bisa perutnya ky gtu

perut besar bs krn ada cairan, gas, maupun penyebab lainnya. sebaiknya diperiksakan ke dokter ya

Dok saya mau tanya kucing saya kemarin habis terjatuh soalnya dia tidak memiliki kaki belakang jadi jatuhnya tepat kena dibagian punggungnya lalu setelah itu setiap dipegang bagian perutnya dia mengeong sprt kesakitan lalu tiap dia tidur kepalanya mengadah keatas dan dia jadi sering buang air kecil. Mohon penjelasannya ya dok trims

ada baiknya diperiksakan ke dokter, jika dibutuhkan dilakukan pemeriksaan ronsen untuk mengetahui lebih lanjut kondisi tulangnya

Dok kucing saya berumur 4 bulan, baru dikasih vaksin yang pertama di klinik hewan.. pas sampai rumah dia tidur dan ketika bangun dia muntah makanan dan pup dok. Apakah itu normal dok?

Dok, kucing saya tiba2 lemas, ga nafsu makan, dan nafasnya pendek kaya org ngos2an..
Itu penyakit distemper bukan dok?
ada solusinya ga?
Disini dokter hewan tidak ada.
Apa yg harus saya lakukan dok
Tolong bales segera ya dok
Terimakasih dok

Belum tentu distemper. Bs juga infeksi lainnya terutama yg menyerang saluran nafas, kalau mmg ada gejala sesak nafas.

Dok, mau tanya.
Kucing saya sekitar umur 2 bulan gitu, dia muntah udah 3 kali dok, terus muntahnya itu bewarna hijau. Kalau boleh tau itu sakit apa dok.
Kasian dia enggak mau makan dan demam serta lemas dok.

dok, aku mau nanya..kucing aku umurnya kira2 6 bulan, kaki belakangnya seperti lumpuh gitu karena susah jalannya..awalnya saya kira lumpuh karena jatoh (kucing saya aktif banget soalnya), tapi tadi waktu saya bantuin kucing saya buat pup di litter box di pupnya si kucing ada cacing yg sepertinya cacing gelang karena kecil dan panjang..
apa penyebab kucing saya lumpuh karena cacingan dok?dan bagaimana penanganannya?saya liat di blog pencinta kucing bisa di berikan combantrin,apakah aman?
terimakasih sebelumnya dok..

Lumpuh bs krn cedera, gangguan di syaraf, otot, tulang. Atau bs kekurangan nutrisi. Penyebabnya cacingan juga bs menyebabkan malnutrisi maupun kondisi lemas krn nutrisi nya d serap oleh cacing . Sebaiknya konsultasikan ke dokter dulu supaya mendapatkan pemeriksaan dan penanganan yg tepat

Dok, saya skrg tinggal dikos2an. Nah saya punya kucing tp sy taruh dikamar saja. Kamar yg didepan kamar saya mempunyai kucing juga dan baru saja meninggal karena fpv. Kemudian apabila dia meminjam sapu saya trus saya gunakan dikamar saya. Apakah virus itu bisa terbawa dan menyerang kucing saya? Tp kucing saya sudah vaksin 3x dan usianya skrg 1th8bln.

penularan melalui benda mungkin saja terjadi, jadi sebaiknya memang dilakukan disnfeksi segera jika ada kasus. jika vaksin nya sudah vaksin untuk panleukopena kemungkinan terkena resikonya lebih kecil dibandingkan yg belum vaksin.

Dok kucing saya umur 6 bulan. Sudah 4 hari ga mau makan. Setiap makan selalu muntah2. Saya sudah konsultasi ke pet shop lalu di beri royal canin yg recvery. Awalnya mau makan tp hanya 1 sendok teh saja. Lalu saya beri vit.minyak ikan.
Selang 3 jam lalu dimuntahkan lagi.
Saya bingung dok harus gimana lagi..
Penyembuhannya bagaimana? Saya sedih melihatnya karna bb turun terus

Ke dokter ya, penanganan dilakukan di praktik dokter hewan maupun klinik . Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, mungkin juga pemeriksaan lanjutan dgn tes darah jika diperlukan.

Dok mau tanya .umur kucing saya 1 bulan yapi belum bisa berdiri dan berjalan tegak .kaki depan sudah bisa tegak tp laki belakang masih agak sedikit bengkok itu kenapa ya . Kira2 umur berapa anak kucing bisa benar2 berjalan tegak ??makasih

Dok saya ingin nanya.. kucing sempat di bawa ke kampung..setelah dikampung ada kuxing lain dan dia tidak makan minum dan ee pipis sembarangan.. setelah balik ke tmpat semula dia mulai makan dan minum tp tubuh nya gemetaran gt dok .. knp yah?

Dok..kcg sy muntah cacing..g nafsu mkn..trs pngnya diem d bwh lemari..itu knp ya dok?trs penangan prtma hrs bgm..berhubung klinik lg pd tutup libur lebaran

Dok kucing saya matanya terlihat lesu tapi tetap aktif lari larian, terus muntahin makanan yg dia makan(baru 1x), dan pup nya encer. tapi dia aktif masih mau makan dan minum. ini kenapa ya? saya takut dy kena distemper

Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter kalau muntah terjadi lebih dr 3 kali dgn waktu yg berdekatan.

Baca juga disini : muntah pada kucing

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

dok kucing persia saya umur 3 bulan lebih, tiba tiba malas gerak kerjanya tidur terus malas bangun 🙁 tapi masih mau makan dan minum pupnya jg stabil tdk ada ciri ciri diaere atau pun muntah tapi suhu badannnya panas mungki itu kasih malas gerak kerjanya tidur terus , apa yg harus saya lakukan dok 🙁

malas bergerak memang mungkin salah satu ciri kucing sakit, terutama jika disertai dnegan nafsu makan menurun, demam, muntah dan lain sebagainya. tapi, malas bergerak juga bisa terjadi pada kucing terutama pada siang hari karena kucing senang beraktiftas pada malam hari, tak jarang jika kebanyakan makan juga bisa sering tidur.

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

mau tanya dok, kucing saya sering kali menggoyang2kan kepalanya sehingga sering mengeluarkan cairan putih dari mulutnya, kebiasaannya sudah sehari ini saya liat. Lalu tadi pagi dia muntah keluar cairan kekuningan dan ada daun2an didalam. apakah itu distemper?

penyakit panleukopenia atau distemper memang bisa menyerang kucing mana saja, terutama jika belum dilakukan vaksinasi, secara umum kucing yang mengalami distemper gejalanya sudah saya jelaskan di artikel. kucing juga senang memakan rumput jika kondisi saluran cernanya sedang tidak baik, atau memang karena bau rumput yang khas, normalnya ketika telah mengonsumsi rumput akan juga disertai muntah untuk mengeluarkan benda2 tidak tercerna. tapi, jika muntahnya terus menerus dan menyebabkan lemas disertai demam, perlu segera diperiksakan ke dokter,

baca juga disini : mengapa kucing makan rumput

Untuk selanjut nya tanya jawab bisa dilakukan disini.
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di (Konsultasi Dokter Hewan Online) https://tanyadokterhewan.com/tanya-dokter-hewan-online/

assalamu’alaikum dok…saya mau tanya,,saya baru punya anak kucing lagi,umurnya baru kira-kira 9 hari dok,,tapi saya liat dia kayak kena diare gitu dok,padahal anak kucing saya nyusu terus sm induknya dok,,itu gimana ngatasainya yaa dok ?
makasii sebelumnya 🙂

Kucing saya memiliki gejala seperti diatas ,dia suka nya minum doang ,terus diare dari kemaren tp muntah baru hari ini itu gimana ya dok

segera periksakan ke dokter ya, untuk mendapatkan penanganan lebih lanjutm dikahwatirkan terdapat infeksi lainnya. lama kelamaan bisa menyebabkan dehidrasi.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok saya mau tanya. Kucing saya usianya 1 bulan. Dia tiba tiba saja tidak bisa bergerak, dan berjalan. Hanya bisa berbaring. Lalu, kepalanya tidak bisa di luruskan selalu mereng ke kiri ataupun ke kanan. Biasanya tidak seperti ini. Sebelum ia sakit dia selalu aktif dan berlari dgn lincah nya. Ini penyakit apa ya dok? Bagaimana cara penyembuhan nya?

pada kitten kelainan yang terjadi bisa karena kelainan syaraf dari lahir ataupun ada infeksi penyakit, sebaiknya memang diperiksakan ke dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut ya.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Dok saya mau tanya, anak kucing saya umur 1bulan 2minggu tiba2 ga mau makan,lemes, badannya juga dingin. Waktu disuruh nyusu sama induknya juga ga mau. Itu kenapa ya dok? Jadi saya kasih susu pake pipet gituu. Atau karena indukya lagi hamil lagi air susunya ga keluar juga? Mohon responnya
Terimakasij

usia 1 bulan 2 minggu sudah bisa disapih, bisa diberikan makanan kitten yang halus dicampur susu. jika memang induk nya sudah hamil kembali ada baiknya anak memang tidak perlu menyusu kembali ya.

usahakan kitten tetap hangat agar tidak kedinginan. Info lengkap perawatan kitten bisa cek disini : Ebook perawatan anak kucing

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Dok, anak kucing saya tiba2 pagi ini kejang, badannya dingin & bau. padahal kmren tidak apa apa. itu knapa Dok?y

apakah sudah diperiksakan ke dokter? kucing kejang bisa karena gangguan syaraf, infeksi virus dan bakteri, keracunan dna banyak penyebab lainnya. jadi perlu segera periksakan ke dokter

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :
Tanya jawab dokter hewan

Mau tanya, kucing saya tiba2 seperti kejang (t api bukan kejang) hanya bagian kepala. Seperti bergetar hebat. Dan itu terjadi terus menerus. Seperti 1menit sekali. Sudah dikasih makan tapi tidak mau makan. Kira2 kenapa ya?

apakah pernah mengalami benturan? sebelumnya pernah jatuh? atau ada bau dari telinga? penyebab kejang bisa karena syaraf yang cedera atau mengalami gangguan. sebaiknya diperiksakan ke dokter ya.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok kucing saya berusia 2 tahun dan menunjukkan beberapa ciri” distempler, kemarin sudah saya bawa ke dokter hewan sudah diinfus dan diberi penanganan dari dokter. Sekarang sudah saya bawa pulang, kucing saya mau minum air putih tetapi tidak mau makan . setiap kali saya berikan makanan maupun obat yg diresepkan dokter menggunakan suntikan selalu dia tolak, saya paksa makan dia menolak makanannya langsung dikeluarkan dok. Terus sampai sekarang dia masih mencret . Mohon bantuannya dok

memang untuk merawat kucing sakit perlu kesabaran. menyuapi makanan memang cukup sulit tapi perlu dilakukan supaya kucing mendapatkan asupan nutrisi dan energi yang cukup untuk mempercepat persembuhan. berikan makanan yang baunya menyengat dan konsistensi yang lebih cair untuk memudahkan memberikan makan pada kucing, konsultasikan kembali ke dokter jka memang ada kondisi darurat.

untuk selanjutnya, tanya jawab maupun diskusi bisa juga dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Dok kucing saya kmrn saya titipiin d mertua saya dan kyknya telat makan/kurang tlaten susunya… Msih usia 3 mingguan sih…truz kurus bnget dan lemas.. 2harinya ga bisa jalan.. Tp tetep tk paksa susu sih..makin lama makin kurus ga bisa berdiri lg… Solusinya gmn ya dok?? Tolong ya dok msih kecil bnget soalnya

usia 3 minggu memang masih mengandalkan susu, jika ingin dicampur makanan kitten sudah bisa, memberikannya harus sering, sesuai dengan kebutuhannya. jika ada indikasi lemas atau kekurangan cairan segera suapi dan pastikan ada cairan yang masuk. sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : tanya jawab dokter hewan

Saya dapat hibahan kucing umur 6 bln tp blm vaksin, kemarin baru vaksin +obat cacing. Sepulang vaksin + obat cacing sampe rumah 1 jm kemudian muntah cairan kuning sampai malam muntah cairan kuning lalu cairan putih, saya bawa esok nya ke drh lalu disuntik demam dan dikasih obat mual juga, lalu disuapin makan nya lalu muntah lg. Saya disuruh beli pedialit untuk minum nya dan satu jam sebelum makan harus minum obat mual. Dan juga td pop cair doang. Kucing saya knp setelah vaksin begitu tolong dok saya gak tega kondisinya lemas sekali gak mau makan minum diem aja

Kucing saya (molly) terkena virus Feline panlekopenia..molly belum sempat di vaksin virus…dan sudah terkena virus distemper,saat ini menjalani rawat inap di klinik hewan di daerah saya sudah dirawat sekitar 3harian..diberikan infus,dan obat2an sampai sekarang…..yg ingin saya tanyakan apakah peluang sembuh semakin besar atau tidak ada peluang sembuhnya..karena molly masih belum bisa makan sendiri (harus disuapi lewat suntikan)..terima kasih dokter…

dok semalem kucing aku kejang hebat selama hampir satu jam cepat2 ku bawa ke dokter hewan, waktu di rumah masih bisa ngeong,waktu udah di klinik kejangnya lebih parah, kata dokternya keracunan, kodisinya kritis tapi di usahain di suntik gak tau obatnya namanya obat kata dokternya obat penenang,di suntik lagi obat buat ngelancarin pernafasan, tapi kondisinya masih kejang2 berliur putih,pipis,pupil membesar, suhu badan nya naik drastis sampe 41 derajat kucing di infus tetep kejang terus sampe akhirnya bisa ngeong 3x terus badan nya mulai lemas tapi suhunya masi panas kukira udah mulai membaik,aku mulai seneng tapi keadaan nya malah memburuk kucingku malah gak bergerak lagi nafas nya mulai ilang dan lemes akhirnya mati, (kata dokternya keracunan tapi apa bener dok kalo gejala keracunan pertolongan pertama harus di suntik peneneng soale kejang2 hebat gak sadar sama nafas nya ngos2 san suhu badan nya naik drastis waktu habis di sutik tadi awalnya suhunya normal tapi kejang2 aku takut efek dokter yang mal praktek soalnya dokter yg biasanya aku ke klinik itu baru operasi sesar , belio tidak bisa ad dokter satunya yg nanganin waktu nyuntik dua kali di sepertinya tlpn dia tanya kalonyuntik habis di obati A terus dikasih obat B bahaya gak tapi aku gak ngerespon itu soale kucing ku kejang2 terus ku pegang terus sampe di gak ada dia pamitan weaktu ngeong 3x sama aku, setelah itu pulang dengan kesedian kejadian nya mendadak sangat kayak nya aku juga gak telat membawa ke klinik , sebelom ku bawa di rumah masih bisa ngeong tapi kadang ada kejang terus ngeong lagi dari itu terus ke klinik 10 menit dari rumah, namanya takdir berkehendak tapi aku masi belom tau penyebab pastinya menurut ciri2nya keracunan bener tapi yg jadi janggal waktu di kasih obat badan nya panas nya naik sampe 41 efek obat? dok awal dari rumah itu ku pegang normal suhunya , maaf dok aku ping tau jelasnya aku juga gak nyalain siapa2 di situ pingjelas aja sak umpanya besok2 ada kejadian lagi bisa ngasih pertolongan pertama sebelum ke klinik, aku juga gak mau ter ulang lagi kejadian nya, tapi di rumah kucing nya masih ada banyak, trimakasih dok kalo ada luang waktu buat memjawab

untuk lebih jelasnya, bisa komunikasikan secara jelas kepada dokter yang melakukan penanganan, ditanyakan dengan detail. karena dokter nya yang lebih tau kondisinya dan melakukan terapi sesuai dengan kondisi saat itu terjadi. dokter lain apalagi saya yang tidak bisa melihat secara langsung, tidak bisa mengambil kesimpulan apapun. Berbeda kondisi memang berbeda penanganannya, pengobatannya pun sepenuhnya wewenang dokter yang saat itu melakukan pemeriksaan.

untuk penanganan darurat keracunan bisa baca disini : keracunan pada kucing
kondisi darurat pada kucing

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini : Tanya jawab dokter hewan online

R I P Nana…. 10 okt, dia meninggal. Awal sakit sempoyongan, berat bdn menurun. N skrg tolong sy dok, Noni , saudaranya pun punya gejala yg sama, tp ttp nafsu makan, sy prhtikn 2 hari TDK pup, mata trs berair…bantu sy sblm trlmbt, apa yg hrs sy lakukan? Apa dokter, ada wkt buat bantu tanganin kucing saya? Ini telp n wa saya, 089694327184, Emma….mohon segera responnya, thx

Dokter, Noni terhitung 4 hari GK bisa pop, pdhl sy perhatikan, dlm 5 menit bolak balik tmpt pop yg disediakan…tp gak mau keluar, knp yaa…tolong dok segera direspon kasihan Noni, SDH 2 Minggu gak sehat…jalannya sempoyongan…tp semangat n nafsu makan masih ada, minumnya jg banyak…tolong dok sblm terlambat.

Tolong, minta no hp nya dok..atw tolong recomended dokter hewan terdekat dgn lokasi sy, jelambar-jkt barat. Wa 089694327184

Dok, kucing saya persia . Sudah lebih dari 10 hari demam. Awalnya tidak ada nafsu makan selama 3-4 hari. Dan saya bawa ke drh, diagnosis awal virus calici. Kucing saya sudah vaksin komplit. Selang seminggu saya cek lagi. Dan masih belum ada perkembangan berarti. Memasuki hari ke 10, dia setiap saya lepas. Berjalannya seperti tidak ada keseimbangan . Limbung. Wal hasil saya bawa lagi untuk di periksakan. Dan suhu tubuh nya masih demam sekitar 39 derajat. Memang suhu awal saya berobat diatas 40. Diagnosis dokter kalau kucing saya sistem syaraf nya terganggu yang mengakibatkan hilangnya keseimbangan. Dan sudah 2-3 hari ini setiap saya sepet kan makanan basah ke mulutnya. Dia seperti mengretak gretak kan giginya . Apa kah ada solusi yang bisa saya lakukan di rumah ? Karena di tempat tinggal saya tidak ada rs hewan atau laboratorium khusus hewan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut. Terima kasih

terimakasih karena sudah melakukan pemeriksaan di dokter hewan. penanganan kucng sakit memang tidak mudah dan perlu sabar, terutama jika memang ada indikasi terjadi gangguan syaraf, cukup sulit proses penyembuhannya karena syaraf tdk mudah melakukan regenerasi spt sel lainnya. sementara yang perlu dilakukan sudah tepat dengan menyuapi makanan setiap hari, pastikan diberikan alas yang cukup hangat dan nyaman supaya saat bergerak tidak beraturan, tidak menyebabkan cedera karena benturan. perhatikan juga pup dan pipis nya, jika mulai mengalami gangguan sebaiknya konsultasikan kembali ke dokter.

pengobatan perlu pemeriksaan dulu,kan dokter perlu melihat secara langsung, kalau nanti dikasih saran obat terus kucing nya gak selamat, pasti Anda juga bakal marah-marah dan maki2 dokter nya kan? mohon kalau bertutur yang santun, sabar, yang terpenting owner sudah melakukan yang terbaik dengan memeriksakan ke dokter hewan. semua juga butuh proses dan usaha. kalau anda sakit juga perlu diperiksakan kan? gak bisa asal dikasih obat.

Dok, saya punya kucing jantan usia 5 bulan belum vaksin. 2 hari yg lalu nafsu makan menurun. Lalu kemarin sama sekali tidak mau makan dan minum, muntah cairan putih 1x, dan pupnya cair. Lalu saya bawa ke klinik dan sudah di infus + suntik + obat. Saya juga berikan makanan recovery. Besok paginya dia mau makan sendiri ga perlu pake spuit lagi dan masih lincah. Tapi siangnya dia lemas dan susah makan lagi. Apa kucing saya besar kemungkinan distemper dok? Padahal kucing saya selalu di dalam rumah dan tidak pernah berinteraksi dengan kucing lain. Mohon jawabannya dok apa yg harus saya lakukan. Apa perlu periksa ke klinik lain? Terima kasih sebelumnya.

Leave a Reply

*