5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah – TANYA DOKTER HEWAN
5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah

5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah

5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah

Memiliki anjing dan kucing yang dirawat dirumah merupakan salah satu hal yang menyenangkan.

Selain sebagai teman untuk menghilangkan perasaan sepi karena sendiri di rumah, melihat tingkah laku dan gerak-gerik anjing maupun kucing sangat menggemaskan.

Seperti makhluk hidup pada umumnya yang juga mengeluarkan eksresi berupa feses dan urine, anjing dan kucing juga melakukannya. Hal tersebut tentu tidak bisa dihindari ya, pasti akan dilakukan, jika tidak pup dan pipis berarti ada yang salah dengan sistem tubuhnya.

Nah, masalahnya tak jarang hasil metabolisme ini menimbulkan bau yang tidak sedap, terlebih lagi kalau kucing jantan yang sudah puber akan cenderung melakukan spraying di tembok, kaki meja, kaki kursi, dan permukaan lainnya.

Termasuk juga bau yang tidak sedap dari kandang dan litterbox atau kotak pasir. Tentu bau ini untuk yang sudah biasa mungkin akan OK saja, tapi lama-lama kan mengganggu juga ya bau nya. Hehe

Berikut 5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah

#1 Membuang kotoran (pup) dan pasir yang menggumpal terkena kencing setiap hari

Jika memiliki anjing yang pup nya di dalam kandang, maka penting untuk langsung membersihkan pup atau kotorannya setiap hari. Jangan lupa menggunakan sarung tangan atau sekop lalu dimasukkan ke dalam plastik atau tempat khusus. Membuang kotoran setiap hari juga mencegah anjing makan pup nya sendiri.

Kucing akan pipis maupun pup di litter box atau kotak pasir, membersihkan kotak pasir setiap hari dengan membuang pup dan pasir yang menggumpal akibat terkena pipis akan membantu mengurangi aroma pup maupun pipis di ruangan. Kotak pasir yang selalu dbersihkan juga menghindarkan kucing dari perilaku pup dan pipis diluar kotak pasir loh.

Baca juga :mengapa kucing buang kotoran di luar kotak pasir?

 

5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah
5 Tips Mengurangi Bau Kucing dan Anjing di Rumah

#2 Letakkan kandang maupun kotak pasir di tempat dengan aliran udara yang baik

hal ini memang cukup sulit dilakukan kalau kucing maupun anjing dipelihara di rumah padat penduduk atau kost-kost an. Tapi bisa diatasi dengan menyalakan kipas beberapa saat setelah membersihkan kotak pasir, jadi baunya lama kelamaan menghilang. Atau bisa juga membersihkan litterbox nya di luar rumah.

Akan lebih baik lagi jika bisa menggunakan exhaust fan, jadi aroma nya akan tertarik ke luar rumah. Untuk perumahan yang kondisinya memungkinkan bisa meletakkan kotak pasir di dekat ventilasi udara. Kalau saya di daerah dapur meletakannya karena cukup terbuka dan sirkulasi udaranya baik.

Letakkan kandang maupun kotak pasir di tempat dengan aliran udara yang baik
Letakkan kandang maupun kotak pasir di tempat dengan aliran udara yang baik

#3 Membersihkan kotak pasir minimal 1 minggu 2 kali

jika memang sibuk, bisa melakukannya 1 minggu sekali tergantung kondisi kotak pasir dan kandang masing-masing. Salah satu yang bisa digunakan untuk membersihkan kotak pasir yang membuat nyaman dan tidak menyengat adalah karbol sereh. Kandungan minyak sereh pada karbol sereh bisa membuat ruangan lebih nyaman, yang terpenting lagi aman untuk anjing, kucing, dan anak-anak.

Cara membersihkannya bisa cek di video dibawah ini ya :

baca juga artikel ini : membersihkan kotak pasir

#4 Gunakan semprotan anti bau

semprotan anti bau ini sangat penting untuk menjaga bau ruangan dan bau kotak pasir maupun kandang. Semprotan anti bau perlu aman, baunya nyaman dan kuat. Salah satu yang bisa digunakan adalah spray sereh anti bau, spray ini mengandung minyak sereh yang memiliki bau yang kuat sehingga saat disemprotkan ke bagian yang bau, bau nya akan tertutupi dengan bau sereh (serai/citronella).

 

#5 Berikan anjing dan kucing makanan yang tidak membuat bau

beberapa bahan makanan yang jika dikonsumsi berlebihan akan membuat bau pipis maupun pup jadi bau bahkan pup menjadi lebih asam. Hati ayam salah satu bahan makanan yang jika konsumsi dalam sehari terlalu banyak akan membuat kencing berbau menyengat. Selain itu, mencampurkan nasi pada pakan secara berlebihan akan membuat fermentasi bakteri di usus meningkat, sehingga pup atau feses menjadi lebih asam bahkan tak jarang bentuknya menjadi lebih cair (mencret). Oleh karena itu bisa menggunakan bahan makanan lainnya (untuk anjing) seperti kentang, ubi, dan lain sebagainya asal tidak berlebihan porsinya,

baca : bolehkah kucing makan nasi?

jadi, tidak perlu khawatir dengan bau akibat memelihara anjing dan kucing ya. Jika selalu menjaga kebersihan, anjing dan kucing sehat, hidup kita juga jadi lebih sehat.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com

87 comments

Dok kucing saya kuku nya patah….kuku nya msh menempel dikaki tapi posisi nya bengkok. Apa bisa di obatin sendiri? Klo bisa apa yg harus saya lakukan?

kondisi kaki patah, penting sekali untuk mendapatkan pemeriksaan langsung dr dokter ya.

Dok.. kelinci saya kaki kanannya kejepit kasur. Jadi dia pincang sebelah. Sepertinya terkilir. Udah sekitar 2-3 hari sih. Semenjak itu dia sering menjilat2 tangan saya. Sebelumnya dia tidak pernah seperti itu. Nafsu makannya juga berkurang, dia sering berbaring saja. Gimana cara mengatasinya dok? Terimakasih dok

Dok, saya mau tanya. Knp ya kok anjing saya muntah busa putih dan muntah darah. Jadi obat yg harus saya berikan apa ya dok? Tolong dijawab ya dok, saya bingung dan kasihan melihat anjing saya sedang menahan rasa sakitnya.

Halo dokter.
Kucing saya sudah 2 hari ini bersin-bersin. Saya lihat di hidungnya ga ada cairan sih hanya terasa lembab. Cuma kok sering bersin. Nafsu makan dan minum masih oke banget. Cm kok dalam sekali wktu kucing saya bisa bersin smpek 3x trus malemnya bersin lg, lg jilat badannya tiba2 bersin lagi. Kucing saya sudah vaksin bln september lalu dan akan vaksin lagi september bsk dok. Kira2 apa penyebab bersin – bersinnya ya dok? Dan apa yang harus saya lakukan agar kucing sy ga bersin-bersin lagi. Terima kasih dok.

bersin selain salah satu gejala flu, bs juga ada sesuatu yg menyumbat hidung nya, yg membuat tdk nyaman,

Dokter Puspa, saya beberapa hari lalu merawat kucing ras himalaya. Kucing itu saya temukan di teras rumah dengan kondisi mengenaskan. Sepertinya sudah dibuang oleh pemiliknya. Badannya sangat kurus, bulu gimbal, dan yang memprihatinkan bola mata kirinya sudah hilang ( entah kenapa? ), yang saya lihat hanya masih tersisa cairan bening terus meleleh dari lubang kelopak mata. Saya gak tega dok, karena itu saya putuskan untuk merawatnya ( saya sudah ada 2 kucing lokal ), sebagai pertolongan pertama kucing itu saya mandikan, saya beri makan tongkol yang saya campur kocokan kuning telur ayam kampung. Selang 2 jam setelah bulunya kering, kucing itu saya beri obat antibiotik ( suprabiotik ), alhamdulillah kucing itu kelihatan mulai ada tenaga ( bisa jalan tegak). Yang saya tanyakan : sebelum saya putuskan untuk saya check up kondisi kucing tsb, adakah langkah yang lain yang bisa saya lakukan untuk kucing saya? Trimakasih

Sebenarnya Pemberian antibiotik Tanpa pengawasan Dokter cukup berbahaya sih. Krn dosis Dan jangka waktu Pemberian nya pun belum tentu sesuai. Usahakan diberikan pakan yg baik, diberikan tempat yang nyaman

Dok, kemarin kitten saya dibawa ke dokter, katanya cacingan dan ada dahak gt di saluran napasnya (kalo kata manusia kata dokternya bronkhitis) udah disuntik cacing sama buat bronkhitisnya tp hari ini malah kayak tambah susah napasnya. Musti gmn ya dok?:((((
Kata dokternya sih tunggu 2-3 hari tp kasian dok takut mati:(((

Karena sudah mendapatkan penanganan dgn Dokter sebelumnya, sebaiknya mmg jika ada perkembangan, maupun kondisi lainnya bisa dikonsultasikan kembali. Proses persembuhan mmg butuh proses ya

Perlu diperiksakan kalau mau cepat sembuh, kn perlu tau dulu penyebabnya apa.

Mau tanya Bu dokter!
Anjing saya Pitbull baru melahirkan anak 5ekor tgl 250217.
Sdh tiga hari terakhir napsu makan menurun, kaki dr pergelangan sampe jari” bengkak.
Awalnya sy kira keseleo atw krn luka, sdh disuntik sm mantri hewan setempat tp hr ini mlh semua kaki jd bengkak.
Kotoran hitam pekat, kemarin muntah cairan hitam agak merah.
Tolong saran penangan Bu….

Sebaiknya diperiksakan ke dokter ya pak, bukan ke mantri. Spy bisa dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan tindakan yg tepat

Dok, tadi saya menemukan kucing jenis anggora di pinggir jalan, nah saya amati ternyata mata kucing yg kiri terlihat seperti ada daging merah yg keluar menonjol, lalu saya lihat di kaki depannya juga bulunya seperti hilang, entah itu terkena air panas atau yg lainnya, katanya penyakit mata itu namanya prolapsed eye, lalu bagaimana cara mengobati penyakit prolapsed eye pada kucing?

Ke dokter ya, jika sdh tdk bs dipertahankan dan infeksi perlu dioperasi (enukleasi matanya)

Sih saya mau tanya kucing saya kemarin diare gtu pas bsk nya kaki belakangnya lemas obat nya apa ya dok?

Halo dok,
Saya mau nanya nih dok kucing saya g mau makan,trus pup nya mencret sama muntah2,tp suhu y normal dok..kira2 kenapa ya dok?kira harus di kasih makan apa soalnya badan ya lemes banget karena ga makan.
Makasih dok..

Dok anank kucing sya umur 2 bln 2 kaki belakangnya patah karena di gigit induknya, kira-kira apakah bisa normal kembali? Thx

Dok saya mau cerita, jd sya pnya kucing persia umur 4 bln , dia terkena kutu ditelinga sampe di garuk dan akhirnya lecet di blakng telinganya, hari berikutnya sya bwa ke dokter dibersihin telinganya pke obt yg tetes di telinga sma di leher atas ditetes obat, smggu kmudian kutunya dah hilang tp luka di telinga jd jamur, tak bwa ke dokter di ksh salep ketokonazole tak obati pke itu sma tiap mnggu tak mndiin jamur di tmpat dokternya, tp bkannya hilang mlah jamurnya tmbah di kpala sma punggung trus di saranin pke spray jamur, jadi kepala pke ketokonazole salep sma spraynya semprot dipunggung, seminggu kmudian mlah jamurnya nyebar kmna” ekor bdan leher kpala dan kaki , di saranin ptong gundul kucingnya karena dah terlalu parah,akhirnya di gundulin sma di ksh obat minum itracanazole sma hepatotap. Yg saya tanyakan knapa jamurnya g hilang ya pdahal udah di cba obat luar mandi juga seminggu sekali mandi jamur, pasir selalu tak jemur tiap hari seminggu skali jg ganti, kandang jg seminggu sekali cuci ple disinfektan smpe sya bngung usaha gmna lg, yg saya takutkan jg klo digundul kucing bsa kdinginan gmpang kena flu bahkan smpe mninggal. Mohon saranya? Maf kalau pnjang crtanya

Daya tahan tubuh yg krg baik bs juga menyebabkan kondisi kucing jd mudah terinfeksi berbagai penyakit. Sebaiknya ditingkatkan daya tahan tubuhnya, diberikan suplemen vitamin juga jika perlu

Dok anjing saya ada benjolan sebesar kelerang di hidung dari hidungan keluar nanah kadang darah nafsu makannya menurun. Sakit apa ya dok

Perlu segera dikonsultasikan ke dokter, terutama jika benjolan bernanah dan berdarah. Brrt sdh ada radang dan luka

Siang dok, saya igin bertanya anjing saya muntah2 aja dan mencret cacing dan gak mau makan. Itu apa penyebab nya ya dok, dan bagaimana cara penyembuhan nya ya dok. Terima kasih dok

Dok, susu manusia yg cocok buat persia umur 3 bulan apa ya ?
Soalnya disini ga ada susu khusus kucing 🙁

Dok, kenapa kucing saya 4 hari pipisnya netes terus menerus, lagi tidur maupun duduk kucing saya terus pipis. Juga pipisnya sembarangan tidak di tempat biasanya. Tapi tetep mau makan. 4 hari sebelumnya kucing saya tidak pulang 2 hari, pulang” muntah. Malamnya pas itu lemes gak mau makan, perutnya pas dipegang kesakitan. Kira-kira kucing saya terkena apa ya Dok? Dan bagaimana cara pengobatannya?

Maaf dok saya mw tanya.. kucing saya keluar air liur terus, pas saya cek mulutnya ternyata ada pembengkakan dibagian bawah lidahnya.. mohon solusinya dok 😀

Saran saya sgr diperiksakan ke dokter ya, dilihat secara langsung dan diberikan penanganan

Boleh nanya gak kucing saya 3 hari gak mau makan gara gara keselek tulang gimana yah cara mengatasi nya thx

Ke Dokter ya, kalau mmg ada indikasi tersedak bs segera dilakukan tindakan pengambilan benda yg menyumbatnya

Dok…kucing saya sering bak tidak mau dicat liternya, bagaimana solusinya agar mau bak di pasirnya lagi y dok…

Halo dokter, udh 2 hari ini kucing saya suaranya hilang dok, terus juga disertai diare dan napsu makannya pun hilang.
Seharian ini bahkan cuma tiduran aja dok kayak biasanya yang ceria dan gesit.
Pertolongan pertama yg bisa saya lakukan apa ya dok?

dokter saya mau tanya, anak kucing saya mgkn umur kira” 5 bulanan. sepertinya tertabrak motor atau entah apa. karena waktu itu dia habis main dr luar rumah trus pas pulang isi perutnya seperti turun. kondisi skrg si pus bisa jalan tapi susah kalo mau pup atau kencing. ini bagaimana ya dok penyembuhannya? apa bisa perutnya kembali seperti semula? terimakasih dok. mohon jawabannya

Dok kucing saya awalnya ada benjolan di lehernya, sekarang itu sudah tidak ada, tapi kucing saya keluar lendir campur darah dari mulut sama hidung nya. Saya harus bagaimana dok?

Dok…mata sebelah kiri kucingku luka klwar air campur darah terus, kayaknya kena cakar kucing lain dok….trus matanya yg luka nutup terus dok…pas kucingku buka matanya dikit aku liyt matanya merah dok….aku takut kucingku buta dok….gmn ya dok solusinya…mksh

kalau ada luka, selain kucingnya kesakitan juga bisa infeksi jadi sebaiknya diperiksakan ke dokter ya.

Dok kelinci saya radang mata dan mengeluarkan nanah putih dan membuat bulu sekitar mata rontok dan lengket. Sudah ke dokter dikasih salep malah makin lengket matanya menutup dan nanahnya menjadi hijau. Bagaimana cara menangani yg benar dok? Nafsu makan baik. Setiap dibersihkan kaya kerasa sakit sementara kalau dikasih obat tetes dia langsung menggaruknya

sudah dbersihkan pakai air hangat? biasanya air hangat bsa membantu lebh nyaman. untuk pengobatan bisa konsultasikan lg dengan dokter nya. pastikan kandangnya tdk terlalu lembab juga ya

Sudah dok dicoba air hangat dan dingin dan larutan y ris. Tp bagusan pakai air hangat atau pakai larutan y ris dok? Soalnya pakai y ris dia seperti perih kesakitan lalu menggaruknya. Apa perlu pakai corong atau pakai sarung tangan bayi dulu dok? Kuku sudah dipotong tapinya. Untuk obat senin-rabu pakai obat tetes tylovet dan kamis-sabtu pakai terramycin. Mata semakin tertutup setiap paginya itu tanda kesembuhan mengeluarkan nanah atau tidak cocok dgn obatnya yah dok? Saya semakin tdk berani memberikan obat karna takut malah bikin buta dok

Apakah pemberian obat sdh konsultasi dgn dokter? Kalau sdh konsultask, bs beritahukan progress nya ke dokter. Kalau blm, lebih baik konsultasi dulu. Terutama mata sgt vital

saya punya anak anjing yang baru berumur 2 bulan tp tidak tau kenapa anak anjingnya tidak bisa mengangkat lehernya.padahal pada haari sebelumnya dia sehat.jadi dia terus menangis susah berjalan krn kepalanya susah diangkat, tpi kl ditopang dia bisa liat kekiri dan kekanan.bagaimana cara ?mohon sarannya dokter.

Pagi Dokter saya mau nanya saya punya anak kucing persia baru berumur 3 minggu, tapi matanya masih tertutup dan sering belekan serta bulunya kurapan dok. Saya mau bawa dia ke rs hewan tapi tidak sempat kira” ada gak y dok obat untuk anak kucing saya untuk perawatan dirumah. Terima kasih dok.

Untuk kitten mmg cukup sulit perawatannya, perlu ekstra perhatian krn masih rentan terkena berbagai agen penyakit dan terpapar lingkungan, jd sebaiknya jika ada kelainan segera periksakan ke dokter. Jgn lupa sempatkan pagi hr untuk dijemur selama 5 menit spy g lembab.

Dok kitten ku umur 2bulanan dia kena penyakit kulit kayaknya, kulitnya mengelupas gt kyk ketombe trs bulunya rontok.
Di coba di balurin minyak zaitun dan minyak kelapa tp belum ada perubahan juga dok. Gimana ya? Itu kira2 kenapa ya dok?
Mohon dibalas ya dok, makasih banyak

Penyebab penyakit kulit kan beragam ya. Bisa cek disini : penyakit kulit
Untuk pengobatan yg tepat perlu pemeriksaan yg tepat pula, jd sebaiknya konsultasikan dgn dokter ya

Permisi drh puspasari saya mau tanya, saya punya kucing kitten umur 3 bulan betina. Dia sangat hipersktif dan aggresiv dok, habis dikeluarin dari kandang langsung lari- lari kesana kemari dan ga bisa diam dok. Untuk ditangkap pun susah. Pokoknya kaya ga bersahabat gitu sama manusia. Ga mau dipegang, kalo dipegang dianya langsung lari dok kaya menghindar gitu. Gimana ya dok? Apa wajar atau tidak? Padahal dia udh sering dikeluarin makan teratur juga. Terimakasih dokter. Mohon dijawab ya dok.

Halo dok, selamat pagi, saya mau tanya, anjing saya betina shit shu, tiba tiba anjing saya beberapa hari ini sering kencing dan buang air besar belebihan, jadinya sangat melebihi kebiasan normal. , dan nggak bisa nahan kencingnya, jadi dikit dikit kencing. Sebentar setelah itu minta kencing lagi.
Kencingnya kadang sedikit kadang banyak. Itu kenapa ya dok ? Dan bagaimana cara penangnan awalnya
Terimakasih sebelumnya

Perlu di cek apakah ada bagian yang sakit atau tidak, mgkn ada bagian yg sakit jd menyebabkan sering kencing, atau mmg ada gangguan d saluran kencing dan sistem syarafnya

Selamat malam ibu/ bpk dok hewan saya ingin konsultasi sekaligus ingin beli obat nya.. Saya punya Kelinci cowo lalu berantam dgn kelinci cowo lain dan kelinci saya di gigit biji yg di dekat kelamin nya sampai bercucuran darah.. Lalu saya langsung kasih obat merah karna saya tdk tahu obatnya.. Sekarang agak kering tapi bijinya malah sangat jatuh seperti ingin sebentar lagi putus.. Saya bingung hrs bagaimana dok.. Mhon bantu saya untuk mengembalikan ksehatan biji kelinci saya… Tks

Sebaiknya sgr ke dokter ya, spy dilakukan penanganan. Jika bisa dioperasi kebiri akan lebih baik, krn lama kelamaan bs infeksi.

selamat siang dok
saya ingin nanya dok,kucing kampung saya sedang sakit apa ya dia udah 2 hari ini tidak mau makan,perutnya mengempes yang dulunya gendut,sekarang kalau digendong jadi ringan,jalan melambat,minum terus dan sering kekamar mandi. kira2 kenapa ya dok?dan bagaimana cara mengobatinya?
terimakasih dok

Siang dok,

Kucing saya tidak bisa pipis1 hari kemarin, tidak mau makan & selalu mengeong kalau di pegang buntut nya, badan nya lemes. Apakah terkena infeksi saluran kemih ya?
Apa obat yang bisa diberikan ya dok? Terima kasih ya dok

Dok, mau tanya. Kucing saya yang berumur 6 tahun terkena demam tinggi banget padahal udah dibawa ke dokter hewan dan disuntik pereda panas. Dia sudah sempet mau makan royal canin tapi untuk intensitas buang airnya berkurang banyak. Apa yang harus saya lakukan? Terima kasih. Dibantu jawab ya dok

Konsultasikan kembali dgn dokter yg pernah menangani ya. Jika perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan spt pemeriksaan darah dan lainnya

Dok kucing saya kok hidungnya berubah berwarna hitam ya yg tadinya berwarna pink seperti halnya kucing biasanya, terus juga kucing saya kalau bernapas berbunyi bisik tapi giliran sedang tidur tidak berbunyi, itu kenapa ya dok? Terimakasih sebelumnya

seiring bertambahnya usia sangat mungkin mengalami peningkatan pigmen melanin jadi sel melanositnya meningkat, tapi bisa juga menjadi gelap karena iritasi atau sering terkena paparan sinar matahari. nafas kucing yang berbunyi berisik mungkin saja disebabkan adanya perubahan di organ pernafasannya, ada radang, atau bisa saja kondisinya normal (purring). sebaiknya jika memang khawatir segera periksakan ke dokter ya,

pasir gumpal untuk kitten tidak disarankan diberikan, karena biasanya bisa tertelan atau bahkan sengata ditelan oleh kitten karena rasa ingin tau yang tinggi, jadi gunakan pasir yang biasa (zeolit) maupun pasir organik

Dokter puspa, saya sebenarnya tidak mempunyai kucing dan tidak tahu bagaimana cara merawat kucing . Ada kucing hamil datang ke rumah saya , melahirkan dan skrg usia kitten 1 bulan . Saya taruh dalam kardus dan di luar rmh . Kitten sakit pada mata kiri dg ada selaput putih pojok mata .. saya tanya” katanya suruh kasih salep mata manusia erlam… dan dberi vitamin . 2 hari saya beri sdikit ada perubahan pada mata . Tp pada fesesnya encer brwarna kuning . Saya tdk tahu ada cacing atau tdk . Krena saya sdikit jjik dg feses yg cair . Apakah itu termasuk cacingan dok ?? Terimakasih

untuk kitten biasanya masih wajar kalau pup nya encer, karena makanannya belum solid atau padat, perlu diperhatikan nafsu makan dan minumnya, kalau masih bagus tdk perlu terlalu khawatir. tapi penting juga diperhatikan untuk pemberuan obat cacing rutin nya bs diberikan mulai 6 mgu. sebenarnya selaput mata pada kucing bisa saja krn iritasi atau mmg krn dehidrasi, sebenarnya tdk disarankan juga memberikan obat mata tanpa pengawasan dokter ditakutkan malah menyebabkan infeksi lanjutan.

Hallo dokter saya mau tanya dok, bener ga sih dok tentang bulu kucing itu yg kata orang tua suka bilang itu bisa menyebabkan mandul seseorang? Apa itu benar? Bisa dijelaskan ga dok? Sebenernya bahaya bulu kucing itu apa aja?

Dok saya mau tanya.. kucing saya umur 8 bln cacingan pup nya agak menceret + ada darahnya, kemarin dia muntah warna kuning disertai cacing seperti spageti (hanya 1 cacing). Sudah saya kasih obat cacing drontal 1 tablet.

jangka waktu untuk dikasih obat cacing lagi kapan??
Dan apabila pup si kucing normal padat tdk berdarah berarti sdh bebas dr cacing??

usia 3 bulan tidak perlu diberikan susu karena pd usia tsb enzim yang mencerna susu jumlahnya sedikit, jika diberikan susu akan menyebabkan mencret. jadi tidak perlu diberikan susu, berikan saja makanan khusus kitten

Untuk selanjutnya, tanya jawab bisa dilakukan disini :

Konsultasi dokter hewan online

Leave a Reply

*