Bolehkah Suntik Jamur untuk Kucing dan Anjing, ini bahayanya! – TANYA DOKTER HEWAN
Bolehkah Suntik Jamur untuk Kucing dan Anjing, ini bahayanya!

Bolehkah Suntik Jamur untuk Kucing dan Anjing, ini bahayanya!

Bolehkah Suntik Jamur untuk Kucing dan Anjing, ini bahayanya!

Tidak jarang pemilik hewan peliharaan yang curhat mengenai penyakit anjing kucing, terutama penyakit kulit, biasanya mengeluhkan sudah dilakukan beberapa kali treatment tapi tidak juga kunjung membaik kondisinya.

Setelah didiskusikan kembali, pet owner juga menjabarkan beberapa treatment yang telah dilakukan salah satunya adalah suntik jamur.

Berikut beberapa komentar mengenai cara menghilankan jamur yang masuk ke website tanyadokterhewan.com

Pertanyaan di Instagram @tanyadokterhewan tentang suntik jamur pada kucing
Pertanyaan di Instagram @tanyadokterhewan tentang suntik jamur pada kucing

 

Pertanyaan di Instagram @tanyadokterhewan tentang suntik jamur pada kucing dan anjing
Pertanyaan di Instagram @tanyadokterhewan tentang suntik jamur pada kucing dan anjing

Apakah ada treatment suntik jamur untuk anjing maupun kucing?

Saya mencoba melakukan observasi sendiri melalui google, facebook, instagram, maka didapatkan hasil seperti ini :

Pertanyaan tentang suntik jamur di forum pecinta kucing jakarta
Pertanyaan tentang suntik jamur di forum pecinta kucing jakarta

Cukup familiar ya ternyata istilah suntik jamur ini dikalangan pet owner.

Namun setelah diteliti lagi ternyata ada obat yang fungsinya BUKAN untuk suntik jamur tapi di istilahkan sebagai suntik jamur. Seperti ini :

 

Contoh obat Doramectin yang dijual di Instagram
Contoh obat Doramectin yang dijual di Instagram
Contoh Obat Wormectin yang berisi kandungan ivermectin yang dijual di ecomerce
Contoh Obat Wormectin yang berisi kandungan ivermectin yang dijual di ecomerce

 

Kenyataannya, doramectin, wormectin/ivomec (yang mengandung ivermectin) BUKAN sebagai antijamur namun sebagai antiparasit. Nah loh!

Jadi, tidak mengherankan juga ya kalau sudah diobati kok tidak kunjung sembuh.

Doramectin dan ivermectin merupakan salah satu obat yang berfungsi sebagai antiparasit untuk ektoparasit (parasit luar) maupun endoparasit (parasit dalam tubuh).

Ektoparasit yang secara umum bisa ditanggulangi oleh ivermectin diantaranya scabies, demodex.

Endoparasit biasanya umum diaplikasikan di ruminansia maupun kuda untuk mengobati infeksi cacing, pada anjing bisa untuk mencegah cacing jantung (heartworm).

Obat ini memiliki fungsi membasmi parasit dengan mempengaruhi sistem syaraf dan otot nya, sehingga menyebabkan parasit mati karena sistem tubuhnya terganggu.

Ivermectin menjadi obat yang perlu diperhatikan dalam pemberiannya, karena dosis yang digunakan sangat kecil sesuai dengan kebutuhan nya serta berat badan tubuh kucing maupun anjing.

Penggunaan berlebihan, tidak sesuai dosis, dan usia akan menyebabkan kondisi keracunan pada anjing maupun kucing.

Ada juga beberapa obat lain yang penggunaannya bersama dengan ivermectin bisa memberikan interaksi obat yang antagonis, yang menyebabkan peningkatan resiko neurotoxicity (keracunan sistem syaraf).

Tentu permasalahan mengenai obat, interaksi obat, dosis obat dan lainnya dokter hewan yang lebih paham karena diajarkan secara khusus saat proses pendidikan.

Selain itu, pemberian ivermectin pada anjing yang sensitive terhadap obat ini bisa memberikan efek yang signifkan terhadap sstem syaraf anjing tersebut.

Hal ini dikarenakan ivermectin dalam proses distribusi obat di dalam tubuh melalui pembuluh darah, salah satu nya masuk juga ke daerah selaput otak.

Pada beberapa anjing yang mengalami mutasi genetik, terdapat ras yang memiliki kelainan pada blood brain barrier (sawar darah otak), sehingga memudahkan obat masuk ke daerah otak yang menyebabkan kelainan pada sistem syaraf bahkan kematian.

Kondisi yang paling mengkhawatirkan adalah pada saat ini belum ada antidota atau antiracun yang spesifik untuk ivermectin.

Sehingga yang bisa dilakukan saat keracunan adalah meminimalisir kondisi nya agar tidak terlalu menyakitkan untuk anjing maupun kucing.

Apa yang terjadi kalau melakukan suntik asal ivermectin ?

Overdosis sangat mungkin sekali terjadi, gejala yang muncul merupakan gejala umum keracunan seperti :
1. muntah
2. kejang
3. mata tidak merespon
4. lemas
5. mengerang kesakitan
6. tidak nafsu makan
7. dehidrasi

Ivermectin dapat diberikan secara oral (melalui mulut) maupun suntikan.

Jika keracunan terjadi setelah diberikan melalui oral bisa kita mengurangi penyerapan obat di dalam tubuh dengan memberikan karbon aktif (norit), harapannya racun bisa terikat di karbon aktif.

Tapi tetap perlu penanganan dokter hewan, karena perlu diberikan juga terapi cairan jika dibutuhkan untuk menetralisir racun tersebut.

Namun , jika pemberiannya secara suntik, penyerapannya akan lebih cepat, biasanya gejala kejang akan lebih cepat terlihat, perlu segera diperiksakan ke dokter hewan untuk mengurangi kondisi kejangnya.

Anjing apa saja yang sensitif dengan ivermectin ?

Ivermectin untuk beberapa jenis anjing ini tidak boleh sama sekali diberikan, dikarenakan terdapat mutasi gen yang menyebabkan fungsi blood brain barrier (sawar darah otak) tidak berfungsi dengan baik.

Paling banyak kemungkinan mengalami mutasi ini yaitu anjing ras collie. Beberapa anjing lain bisa diberikan dibawah pengawasan dokter hewan.

Usia anjing yang terlalu muda pun tidak bisa diberikan ivermectin karena blood brain barrier (sawar darah otak) yang belum sempurna.
Jenis anjing yang tidak bisa diberikan ivermectin yaitu :

Jenis anjing yang tidak bisa diberikan ivermectin: Sumber : Kayle
Beberapa jenis anjing yang tidak bisa diberikan ivermectin: Sumber : Kayle

Lalu, untuk penanganan yang tepat untuk infeksi akibat jamur pada kucing dan anjing  apa ya ?

#1. Pemeriksaan secara menyeluruh

Pemeriksaan dilakukan oleh dokter hewan secara menyeluruh pada anjing dan kucing, dilakukan juga teknik diagnosa yang sesuai untuk kondisi kulitnya.

Hal ini dilakukan untuk menegakkan diagnosa yang tepat, karena biasanya kondisi penyakit kulit memilki gejala klinis yang sama tapi penyebabnya berbeda. Kalau sudah dipastikan penyakt jamur, maka perlu diberikan treatment yang tepat.

Baca juga : penyakit kulit pada anjing kucing

#2. Pemberian obat anti jamur

Obat anti jamur bisa dberikan secara topikal berupa pemberian salep yang mengandung senyawa antijamur.

Pemberian obat secara oral (minum) juga bisa diberikan untuk infeksi ini.

Selain itu, terapi mandi juga bisa diaplikasikan jika kondisi infeksi sudah cukup parah.

Bukan suntik jamur ya.

#3. Peningkatan daya tahan tubuh anjing dan kucing

Infeksi jamur tak jarang merupakan infeksi yang berulang terjadi. Hal ini dikarenakan jamur akan sangat mudah berkembang saat kondisi tubuh menurun terutama saat kondisi kulit lembab akibat pengaruh lingkungan.

Bisa juga terjadi karena terlalu lama melakukan pengobatan dengan antibiotik, menyebabkan juga jamur bisa berkembang.

Jadi, kita perlu juga memberikan suplemen yang juga bermanfaat untuk kesehatan kulit seperti minyak ikan, atau suplemen mineral, vitamin lainnya yang khusus untuk kucing dan anjing.

Probiotik seperti yoghurt, probiotik serbuk (lacto b, lactercon, bisa juga klik disini ya ), kefir bisa juga meningkatkan sistem imun karena bisa memperbaiki keseimbangan flora atau bakteri di usus.

Usus terdapat kelenjar pertahanan (payer patches) yang sangat bermanfaat bagi daya tahan tubuh dan menghalau bakteri penyebab penyakit di usus. Jadi kesehatan usus dan saluran pencernaan juga penting untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh termasuk kulit.

Mencampurkan buah dan sayuran ke makanan anjing juga bagus untuk meningkatkan daya tahan tubuh nya. Seperti yang kita ketahui, buah dan sayur mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh anjing.

Baca juga : buah yang aman untuk anjing

#4. Menggunakan VCO (virgin coconut oil)

VCO atau minyak kelapa merupakan salah satu sumber asam lemak yang baik dan bermanfaat untuk kulit. Bisa membantu menjaga kelembaban kulit, biasanya kalau terinfeksi jamur, kulit anjing dan kucing jadi kering.

VCO dioleskan ke kulit yang kering akan membantu kulit jadi lebih lembab, rambut jadi cepat tumbuh karena kulit menjadi lebih sehat.

VCO yang pure, bisa juga dikonsumsi, jadi aman kalau terjilat.

 

Infeksi jamur dermatofita (ringworm) bisa menular loh !

Infeksi jamur pada anjing dan kucing bisa menular ke manusia, terutama jamur dermatofita yang menyebabkan ringworm. Sehingga, penting sekali untuk memberikan treatment yang tepat untuk kucing dan anjing.

Gejala klinis yang muncul pada manusia yaitu gatal dan ada luka melingkar pada bagian kulit serta kulit berkerak.

Jika pemilik tertular infeksi jamur sebaiknya segera konsultasikan dengan dokter.

Contoh Ringworm Pada Manusia
Contoh Ringworm Pada Manusia

Perlu diperhatikan, jika ingin memberikan obat untuk anjing dan kucing kita.

Walaupun dijual secara bebas, penggunaannya terlihat mudah, sebaiknya tetap konsultasikan dengan dokter hewan.

Jika memang tidak ada akses dokter hewan karena keterbatasan daerah yang memang belum semua dijangkau oleh dokter hewan, akan lebih baik menggunakan bahan yang alami dan aman seperti vco.

 

*P.S Jika ada yang ingin ditanyakan/didiskusikan jangan sungkan bertanya melalui komentar di bawah ini ya.
Jangan lupa juga share artikel ini agar informasinya bisa bermanfaat bagi orang lain.

Drh Puspasari Respatiningtyas.
https://tanyadokterhewan.com
Referensi :

Mealey K. 2016. [ask the experts] mdr1 gene mutations & drug therapy (pdf file). clinciansbrief.com

Odunayo A, Kerl ME.2012. Ivermectine toxicosis in dog (pdf file). cliniciansbrief.com
Plumb DC.2008. Plumb veterinary drug handbook 6th edition. Blackwell publishing : Iowa

Steenbergen VM. 2005. Proper use of ivermectin in cats (pdf file). Toxicology brief
Sykes JE, Papich MG.2014. Antifungal drugs . Di dalam : Canine and feline infectious disease. Elsevier: missouri

 

57 comments

siang dok saya mau tanya obat untuk anak kucing sekitar 2.5 bln yang terkena jamur apa dok? soalnya jamurnya sudah menyebar seperti ruam dan ketombe bulunya botak dok?

Pakai yg aman seperti vco bisa, tapi sebaiknya segera periksakan ke dokter belum tentu juga terkena infekai jamur. Bs juga terkena infeksi parasit lainnya

Dok mau tanya,kucing q terkena virus,sdah tak bwa ke dokter hewan,dan di suntik dan sdah di beri obat,sampai saat ini buang air besarnya msh sedikit2,dan untuk makan cuma di spet susu saja,gak mau trus pertanyaan saya itu apakah bsa sembuh ya dok,dan pengobatannya gmna

Selamat malam, Dokter.

Saya ingin bertanya pada Dokter. Sudah dua hari ini, kucing saya lemas, demam, tidak mau makan, dan mencret. Perkiraan saya karena lusa sebelumnya dia makan makanan yang mengandung bawang putih (kalau bawang merah saya belum bisa memastikan). Saya baru tau kalau bawang tidak baik bagi kucinh setelah searching di google. Saya bingung harus bagaimana. Karena, beberapa artikel mengatakan kalau kucing saya terkena anemia. Lalu, penanganannya harus bagaimana ya, Dok? Dan apabila harus dibawa ke dokter hewan, kira-kira biaya yang dikeluarkan berapa ya?

Terimakasih atas perhatiannya.

Pagi Dok…saya mau konsultasi Dok…anjing saya jenis pom…seminggu yg lalu mulai tidak mau makan…terus saya perhatikan dia kq mulai nabrak sana sini kalau jalan…spt tidak melihat gitu Dok…

Sudah diperiksakan ke dokter? Satu minggu nafsu makan menurun seharusnya menjadi perhatian untuk kita sbg owner.

Selamat pagi dok. Mohon bantuannya dok, kucing saya sudah 2 hari kaki belakangnya tidak bisa menopang tubuhnya, sehingga kucing saya hanya diam disatu tempat, kalaupun jalan hanya 1/2 langkah itupun kaki belakangnya harus diseret. Secara keseluruhan tidak ada perubahan, baik nafsu makan yg baik, dan tidak muntah. Kucing saya sakit apa ya dok? Terima kasih sebelumnya dok.

Kalau ada rasa sakit, luka, cedera dibagian kaki tentu tdk bisa menapak dengan baik. Itu perubahan yang berarti loh, kenapa bilang tidak ada perubahan? Padahal ada kondisi tdk bisa melangkahkan kaki. Segera periksakan ke dokter y

Selamat siang dok, saya mau bertanya perihal kucing peliharan saya, saya memiliki kucing jenis persian medium 7Bulan. Kucing saya akhir-akhir ini sedang sakit. Pada awalnya kucing saya telat di beri makan kurang dari 1hari karena kehabisan pakan, biasanya kucing saya di beri makan royal canin akan tetapi saya ganti pakan ke Proplane, setelah itu saya beri dia makan secukupnya, keesokan harinya saya mandikan kucing saya. Lalu dia malah lesu dan mencret2. Setelah 2hari masih mencret2 saya bawa ke Dokter hewan, dia hanya di beri suntik mencret dan suntik anti parasit jelas dokternya, obat yang di bawa pulang hanya obat cacing tablet, dan bedak anti jamur, yg di berikan jika setelah memandikan kucing. Tetapi setelah 4hari kucing saya masih mencret2, di tambah muntah-muntah, kucing saya ini masih mau makan. Saya bawa lagi ke dokter hewan yang berbeda, dokter mendiagnosis bahwa kucing saya terkena deman, lalu kucing saya di suntik demam dan di beri obat kapsul penurun demam, dan di beri Makanan basah Ad. Setelah itu saya beri makan basah ad dan obat penurun demam. Esoknya kucing saya masih muntah2 dan mencret di tambah tidak mau makan sama sekali, baik makanan kering atau makanan basah ad. Saya bingung kucing saya setelah di bawa ke 2 dokter hewan kondisinya malah semakin parah. Akhirnya saya putuskan untuk memberi air kelapa dan madu kepada kucing saya, dan langsung mau makan, ada kemajuan. Dan saya stop pemberian obat penurun panas karena dari artikel yang saya baca obat Tersebut dapat memicu kucing muntah. Dan setelah 3 hari dari pemberian kucing saya air kelapa dan madu, kucing saya kembali tidak nafsu makan di tambah di kedua telinganya keluar cairan, di area pantat kucing basah bekas kucing bab, ketika saya bersihkan memakai tisu kucing saya mengeong seperti kesakitan. Dan kucing saya kembali lesu, mencret.

Pemberian obat yang sudah diresepkan dokter perlu dilakukan dan diberikan sesuai resep dokter. Pergantian maupun penambahan terapi harus diberikan sesuai dengan rekomendasi dokter. Krn kalau tidak tuntas dalam penanganannya progress persembuhannya akan sulit, ketika berpindah dari dokter yang satu dan lainnya, ada baiknya juga memberitahukan terapi yg sebelumnya sudah diberikan. Apakah itu dilakukan? Pengobatan juga mesti sabar dan telaten, tdk bisa terburu2. Penting sekali untuk memperbaiki kondisi tubuhnya terlebih dahulu dgn memberikan makanan yang baik dan sesuai.

sore drh. puspasari respatiningtyas… saya punya anak kucing berusia 3 bulanan.. sekarang sedang kena penyakit scabis (sdh sy bw ke petshop utk mandi jamur dan suntik jamur) yang mau saya tanyakan setelah itu utk rawat jalannya dirumah harus gmn ya dokter puspasari?

Suntik jamur itu tdk ada y, silahkan baca kembali artikelnya. Penting untuj konsultasi dgn dokter untuk mendapatkan terapi yg tepat. Scabies dan infeksi jamur sangat berbeda penyebabnya, jd treatment nya juga berbeda. Terlalu muda juga usianya untuk mendapatkan treatmenf scabies secara injeksi.

kalau tidak ada secara genetik gemuk cukup sulit untuk gemuk, tdak perlu gemuk asal sehat saja.

dok saya mau tanya kalo kitten usia 3 bln punggungnya ada kebotakan berbentuk lingkaran juga di belakang kuping awalnya berkerak seperti ketombe kulit mengelupas disertai bulunya.. saya gak tau itu infeksi jamur atau bkn awalnya kering kulitnya saya tkut kelebihan ksh vitamin nutri plus gel krn setiap hari.. nah kondisi sperti ini boleh vaksin tidak ya dok? terimakasih

dok yogurt memang boleh diberikan kepada kucing? kalo boleh tau, jenis yogurt apa yang baik untuk kucing dan pemberian nya apakah berkala atau aman setiap hari diberikan kepada kucing? sudah tentu pasti yogurt plain kah dok? terima kasih sebelumnya mengenai info nya dok, sangat berguna untuk saya. ?

Selamat malam dok, kucing saya umur dua bulan terkena jamur. Sebaiknya diberi apa ya dok biar sembuh? Kemudian apakah umur segitu boleh dimandikan dengan shampo anti jamur dan kutu? Terimakasih

Sudah dijelaskan di artikel ya, silahkan dibaca. Sebaiknya untuk mandi terapi perlu konsultasi dgn dokter ya

Selamat sore dokter.. Saya mau tanya..
Kucing saya dari kmrn kurang nafsu makan, nah hari ini sama sekali gamau makan dan minum, terus tadi akhirnya saya suapin susu yg dicampur madu beberapa sendok. Nah pas udah dikasih susu+madu itu, gak brp lama dia muntah dan dimuntahannya ada cacing.
Kira2 kucing saya kenapa ya dok?
Terimakasih 🙂

Dok saya punya kucing 4 bln , sudah sebulan ini kena jamur, tadinya cma sedikit di blakang telinga tp sekarang udh nyebar kemana mana, pdahal udh tak obatin pake salep dan obat semprot dr dokter trus jg dah rutin mandi obat setiap mnggu tp kok mlah tmbh bnyk, udh tak jmur jg tiap pgi , kandang jg slalu tak bersihin pke disinfektan, gmna solusinya ya dok? Makasih

Apakh dipastikan itu krn infeksi jamur? Ada kemungkinan infeksi lainnya atau alergi? Atau daya tahan tubuhnya gak bagus jd mudah terinfeksi jamur lagi

Dok kitten2 saya baru umur 1 bulanan tp ada yg terkena jamur/scabies udh lumayan parah, udh saya olesin VCO tp tidak ada perubahan. Cara mengatasinya gimana ya? Soalnya kasihan udh mulai botak. Terima kasih

Perlu diperiksakan lebih lanjut apakah terkena scabies atau terkena jamur. Krn keduanya berbeda

Assalamualikum dok, saya mau tnya. Saya punya anak kucing berumur 1 ban lebih. Anak kucing saya mata nya berair terus dan bola mata nya hampir tdk nampak, flu, batuk, dan kurang nafsu makan. Besok hari nya mata nya agak susah di buka dok,Itu kira2 kenapa ya dok? Kalau bawa ke dokter biasa nya biaya nya brpa ya dok?

sebaiknya segera diperiksakan ke dokter terutama kitten sgt rentan terinfeksi virus maupun bakteri, untuk biaya tergantung klinik dan dokternya, juga tindakan yg dilakukan.

Dok saya mau nanya,kucing saya berusia 1 tahun 5 bulan sudah haampir 3 hari dia terus2an pipis sembarangan,setelah di cek pipisnya itu ada darahnya. Kira-kira itu masalahnya kenapa ya dok?lalu cara mengobatinya bagaimana? Terimakasih

Dok saya mau nanya sekitar 3 hari yang lalu kucing saya suntik rabies nah setelah beberapa jam dia jadi lemas dan gamau makan sampai sekarang apakah itu wajar setelah suntik rabies dok? Mohon bantuannya

perlu dilakukan pengambilan peluru nya, walaupun senapan angin juga kalau masuk ke otot bs melukai

Dok saya mau tanya, kucing saya terkena jamur, sudah dimandikan dengan machiko medicated shampoo, awalnya sih ada perubahan jadi rontok gitu jamurnya,tinggal sisa sisa kyk ketombe,tp malah nyebar ke hidung dan dkt mata padahal tadinya hanya sekitar telinga. Lalu saya harus bagaimana ya dok?
Saya bingung klo dibawa kedokter hewan saya tidak ada biaya dok?

memang sebaiknya diperiksakan untuk tau betul penyebabnya jd penanganannya tepat. krn penyakit kulit gejalanya serupa tp penyebabnya berbeda

Siang dok…
Saya punya kucing anggora terkena jamur dok
Di bagian kuping dan kaki nya..
Krn gatal dia selalu menggaruk nya dok sampai2 berdarah..
Obat jamur kucing apa ya dok?
Apakah harus ke dokter hewan?

Selamat pagi dok.. Dok karena pengetahuan sy yg minim kmrn saat nganter kucing saya di vaksin sy bilang sama dokternya kalo dia garuk garuk aja karna ada kutu. Lalu dokter menyarankan di suntik anti parasit dlm dan luar (yg kurang paham). Lalu sy tanya emang blh dok.. Dokternya blg boleh. Lalu saya iyakan. Yg mau sy tanya dok.. Kucing saya baru berumur 3 bulan. Apakah akan terjadi efek samping kedepannya? Soalnya setelah suntik gaada efek apaapa.. Tetep aja suka garuk garuk. Kayaknya kutunya ga hilang

gatal memang salah satu gejala klinis adanya kelainan pada kulit, penyebabnya bisa kutu, jamur, alergi, dan lainnya. untuk suntik anti parasit sebenarnya bagusnya dilakukan usia 4 bulan, tapi mungkin dokternya punya pertimbangan lainnya. bisa juga diberikan obat tetes anti kutu atau menggunakan shampoo

malem dokter mau tanya
kucing saya umur 3 bulan dok
nah d anusnya itu kadang ada set brwarna putih kecil
bukan cacing dokter lbih sperti ulat putih d buah yg busuk itu lo
kucing saya kenapa ya dok?
trimakasih

belatung atau larva lalat juga bsa menghinggapi kitten kalau anus nya tdk dibershkan dengan benar. cacing juga mungkin saja, sebaiknya konsultasikan segera ke dokter

dok,saya mau tanya tetangga saya punya kucing usia 2.5 blan karena ada jamur(gudik) gak banayk kemudian di suntik wormectin.. yang dosisnya 0.02 di berikan 0.1 kemudian ke esokan harinya kucing sempoyongan dan tidak bisa berjalan normal seperti ototnya terganggu kemudian pupil nya agak melebar pasda siang hari.. penanganannya bagaimana ya dok.. mhon di jawab terima kasih

Mungkin mengalami keracunan. Krn ivermectin untuk kitten sgt beresiko obatnya bs menyebabkan kerusakan syaraf di otak krn masih belum sempurna sawar otaknya terutama kalau dosisnya berlebihan. Infeksi jamur juga tdk tepat diberikan suntikan ini, krn ini bukan untuk jamur tapi untuk parasit seperti tungau, jadi penyuntikan ini wajib dilakukan oleh dokter tdk bs asal. Sebaiknya sgr periksakan ke dokter ya

Dok,saya mau tanya tetangga saya punya anak kucung usia 2 bulan menderita jamur sedikit di kulitnya, kemudian di injeksi wormectin,,, 0.1 pdhal dosisnya 0,02 pas beberapa jam disuntik kucing masih sehat tapi keesokan harinya kucing sempoyongan dan tidak bisa berjalan dan lemah, penanganannya gmn ya dok toloong.. kasihan kucingnya.. apa nanti bisa berjalan lagi

jamur itu tidak bisa di suntik dengan ivermectin. sudah saya jelaskan di artikel, apalagi kalau yg suntik bukan dokter. fungsinya wormectin atau ivermectin itu untuk infeksi parastit bukan jamur. juga sebaiknya diberikan diatas 4 bulan, usia 2 bulan bisa keracunan.

Selamat malam dok.. Setelah di suntik anti parasit kucing saya tetap banyak kutunya (tidak berpengaruh). Jika saya ingin memberikan obat tetes, sebaiknya digunakan berapa hari setelah suntik anti parasi dok? Dan saat kemarin di suntik anti parasit bersamaan si kucing di vaksin dok.. Apakah akan berpengaruh pada hati/ginjalnya? Lebib baik apa yg harus dilakukan? Karna pinjal pinjalnya bertebaran di sekeliling rumah skrg. 🙁 terimakasih dokter sebelumnya

bisa diberikan kapan saja, pemberian vaksn mmg sebaiknya tdk bersamaan dgn obat lainnya krn bisa menyebabkan tubuh kurang optimal membentuk antibodi. untuk penanganan pinjal di rumah sebaiknya gunakan disinfektan tapi perlu hati2 penggunaannya krn biasanya racun untuk kucing

Dok kucing saya matanya selalu keluar kotoran dan itu cuma sebelah doang dok, itu kenapa ya dok? Warna belek nya hitam dok dan itu selalu muncul dok

Jenis kucingnya apa? Untuk kucing hidung pesek spt persia, himalaya, mata berair sgt wajar krn saluran air mata nya tertekan oleh bentuk rahang yg pendek. Tapi bs juga adanya kotoran mata krn ada iritasi dan alergi. Jika menimbulkan radang, memerah, gatal, sebaiknya konsultasikan segera ke dokter

siang dok,
Saya punya anjing beagle umur 3 bulan kurang 3 hari. sekitar 3 hari lalu anjing saya disuntik anti jamur. Apakah benar boleh ? kemudian setelah suntik itu saat pulang kerumah anjing saya tetap garuk2. sudah saya kasih pakai e-collar supaya buntutnya tidak digigit. Kulitnya ada seperti bentol bentol merah di pergelangan kakinya dan diperutnya ada seperti bercak merah bundar seukuran diameter 2cm. sudah ke 3 dokter. yang pertama bilang alergi, yang kedua bilang demodek, yang ketiga bilang scabies. Menurut dokter saya harus melakukan tindakan apa lagi ya dok >

tergantung jenis bahan yang disuntikkan, jika memang yang disuntikkannya vaksin antijamur itu boleh (harganya biasanya cukup mahal), jika yang disuntikannya obat antiparasit boleh juga jika memang ada indikasi infeksi parasit bukan jamur (tapi ini bukan suntik jamur, tapi suntik antiparast).

jadi perlu dipastikan dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut, jika ada scabies atau demodex bisa dilakukan pemeriksaan dengan mikroskop.

untuk selanjutnya tanya jawab dilakukan disini ya
Hi, saat ini kami memiliki fitur baru halaman tanya jawab agar lebih mudah menjawabnya dibandingkan di komentar. Silahkan tulis pertanyaan anda di Konsultasi Dokter Hewan Online

Sore dok,kucing saya berjamur di ujung ekornya,entah digaruk apa di gigit smp berdarah,gmn cara menyembuhkannya?trimakasih

Leave a Reply

*